DATING WITH ENGINE+ MOTORSPORT AT SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT – PART 2. RACE DAY

1367

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (29)Setelah pada hari sebelumnya EVOJUN dan EG6 Casper mengikuti scrutineering dan dilanjutkan QTT pada event drag race round 2 di Sentul International Circuit Indonesia, akhirnya tibalah pada hari yang saya tunggu yaitu race day dimana setiap pembalap akan bersaing dalam memperoleh catatan waktu terkecil dengan mobil balapnya pada track lurus 402 meter. Tentu saja 2 monster milik ENGINE+ yaitu EVOJUN dan EG6 Casper yang berkompetisi pada kelas FFA atau Free For All (di Surabaya kelas FFA sering disebut kelas neraka) akan memberikan persaingan ketat kepada setiap kompetitor. And the show must go on, walaupun pada hari sebelumnya lensa tele saya mengalami kerusakan sehingga tidak dapat digunakan.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (19)Here we go. Pagi itu saya mengawali dengan berjalan-jalan disekitar Sentul untuk melihat sekitar area sirkuit, saya juga membayangkan euforia nya pada saat sirkuit yang sudah berumur belasan tahun ini menjadi tuan rumah untuk balapan A1 Grand Prix pada tahun 2005-2006 dan 2006-2007. Pada tahun tersebut saya masih duduk di bangku SMP.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (10)Saya pun tidak lupa berjalan di area grandstand yang merupakan tempat para penonton melihat pembalap yang sedang bertanding dan melihat kesibukan para mekanik dari setiap tim balap. Sebelumnya saya belum pernah berkesempatan untuk datang ke Sentul International Circuit, tetapi sekalinya saya berkesempatan datang kesini saya tidak datang sebagai penonton yang duduk di grandstand melainkan saya datang ke Sentul International Circuit bersama dengan tim besar yaitu ENGINE+. Why? Because race photographer.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (4)Lalu saya sadar bahwa saya tidak sedang berada dalam event A1 Grand Prix melainkan saya sedang berada dalam event drag race, saya pun kembali berjalan ke pit 30 yang merupakan pit milik ENGINE+ untuk melihat persiapan dari mekanik yang sedang mempersiapkan setiap mobil yang akan bertanding hari itu, khususnya EVOJUN.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (1)Persiapan pada EG6 Casper pun juga dilakukan oleh mekanik ENGINE+.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (16)Sambil menunggu antrian start untuk kelas FFA yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, ternyata hari itu ENGINE+ telah mengundang tuner Haltech Indonesia yang cukup eksis dan mempunyai nama di kalangan  pembalap dan tim balap di Indonesia.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (15)Siapa lagi kalau bukan Ovi Sardjan. Seorang tuner Haltech Indonesia dari KS Nusa Motorsport yang hari itu khusus datang ke pit 30 Sentul International Circuit Indonesia untuk melakukan tuning pada EG6 Casper sebelum bertanding. Berbagai mobil balap dalam divisi touring, off road, drag , drift, rally yang ECU nya menggunakan Haltech sudah pernah ditangani oleh Ovi Sardjan.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (14)Para mekanik ENGINE+ yang hari itu sedang bersemangat pun segera mengontrol tekanan angin pada ban sebelum dipasangkan ke EVOJUN dan EG6 Casper.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (18)Lalu selanjutnya mengisi JAZ fuel tank dengan high octane VP Racing. Kandungan octane pada VP Racing yang digunakan adalah 120 octane. One does not simply adalah mengisi high octane fuel VP Racing sambil merokok. What the….

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (2)Setelah persiapan yang dilakukan selesai, EVOJUN menunggu giliran untuk maju ke garis start dan saya pun sedikit bersantai dengan duduk didepan pit sambil memandangi wajah aggressive dan killer dari Mitsubishi Lancer Evolution IX JUN yang pernah mencetak best time 9,935 detik pada 402 meter ini. OMG, who doesn’t love Evo?!!

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (12)Tiba-tiba pandangan saya teralihkan dengan kedatangan Lamborghini Aventador LP700-4 yang hari itu ternyata juga berkompetisi pada event drag race round 2. Mobil bermesin V12 6.5L 700 horsepower yang dapat berakselerasi hanya 2,9 detik dari 0-100 km/h ini berkompetisi pada kelas FFA.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (13)Ada 2 banteng yang ikut dalam event drag race round 2 pada kelas FFA saat itu, jika yang tadi adalah Lamborghini Aventador LP700-4, maka yang satu ini adalah Lamborghini Aventador LP720-4 50th Anniversario limited edition dan hanya diproduksi 200 unit saja diseluruh dunia. Mesin V12 6.5L yang terpasang juga lebih besar 20 horsepower dari Lamborghini Aventador LP700-4. Tampak seorang tuner dari Lamborghini Jakarta sedang melakukan tuning.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (47)Aktivitas saya disekitar garis start dimulai ketika kelas bracket 12 detik dimulai. Luckas yang hari itu berkompetisi dengan menggunakan Subaru Imprezza WRX STi sedang bersiap di garis start.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (48)Pada kelas bracket 12 detik ini Luckas yang bernomor start 367 menggunakan Subaru Imprezza WRX STI Spec C EJ20 yang telah dipasangkan stroker kit TOMEI 2.2L dan bertenaga 400 WHP. Sedangkan pemilik mobil tersebut, Hendra Hadi bernomor start 366.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (17)Pemilik dari Subaru Imprezza WRX STI Spec C EJ20, Hendra Hadi berhasil mencetak waktu 12,799 detik pada heat pertama. Sedangkan Luckas, tuner sekaligus pembalap dari ENGINE+ berhasil mencetak waktu 12,715 detik pada heat pertama.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (5)Beberapa saat kemudian, dimulailah kelas FFA dimana mobil-mobil yang mempunyai horsepower besar bertanding pada straight 402m track dan berusaha untuk mencetak waktu terkecil dari rivalnya. Termasuk EVOJUN milik ENGINE+ yang sudah keluar dari pit 30 dan bergerak menuju garis start.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (22)Setelah pada hari sebelumnya EVOJUN having a bad QTT day yang disebabkan oleh straight cut dog box transmission nya yang seringkali susah masuk ketika perpindahan dari gear 3 ke gear 4 dan menyebabkan mesin 4G63T JUN drag spec over rev terus menerus, para mekanik ENGINE+ yang dikomandani Luckas pun lembur untuk melakukan pengecekan sekaligus melakukan setting pada sequential shifter. Hasilnya, EVOJUN siap untuk melakukan run yang pertama pada race day.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (23)Ketika sampai pada waiting zone, Rendi Vin yang saat itu start pertama kali menggunakan EVOJUN menyempatkan untuk berdoa agar diberi keselamatan dan kelancaran pada 402 meter ke depan dan menghasilkan catatan waktu dibawah 10 detik kecil ataupun dibawah 10 detik.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (24)Setelah itu dia pun segera bersiap untuk maju ke garis start, namun sebelum itu dia mengencangkan Sealbelt Takata dan juga helm Shoei Helmet X-Twelve Reverb miliknya.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (28)Kemudian bersiap maju ke garis start untuk memulai pertarungan. Bau khas wangi dari VP Racing pun tercium oleh saya yang saat itu berdiri dibelakang EVOJUN.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (29)Kemudian setelah lampu hijau pun mobil yang bertenaga 828,2 horsepower ini langsung melesat meninggalkan garis start dan meninggalkan asap tebal yang disebabkan oleh over spin ban depan dari EVOJUN.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (30)Hampir sejauh 50 meter EVOJUN masih saja over spin.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (31)Yang saya tahu pada saat Mitsubishi Lancer Evolution IX JUN ini mencetak best time 9,935 detik pada 402m di Sentul, kendala yang masih menjadi pr adalah over spin pada roda depannya.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (8)Untuk race day, Luckas pun juga sudah mengaktifkan Nitrous Oxide Systems yang pada saat QTT sengaja tidak dipakai. Setting yang dilakukan pada NOS melalui Haltech Engine Management yaitu otomatis bekerja pada 5500 rpm sampai dengan 7000 rpm untuk membantu spooling turbo agar lebih cepat.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (21)Dibelakang EVOJUN, EG6 Casper sedang melakukan persiapan di waiting zone, terlihat mekanik ENGINE+ sedang melakukan pengecekan tekanan angin pada big doughnut Hoosier slick tires. Nitrous Oxide Systems yang terpasang pada EG6 Casper juga telah disetting melalui Haltech Engine Management System untuk otomatis menyala pada 4500 rpm sampai dengan 7000 rpm.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (25)Adi yang bernomor start 368 yang merupakan sang owner dari monster EG6 Casper sedang memasangkan Arai Helmet nya.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (32)Beberapa saat kemudian EG6 Casper mulai maju ke garis start. Tekanan angin di Hoosier slick tires yang terpasang pada EG6 Casper telah di set sebesar 6 psi, sampai-sampai ban nya terlihat seperti kempes.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (33)Tiba-tiba kabar buruk terdengar dari Walky Talky milik panitia di sekitar garis start yang diinformasikan bahwa Mitsubishi Lancer Evolution IX milik ENGINE+ mengalami kebakaran setelah sebelumnya asap tebal muncul pada saat Oey Rendi hampir menyentuh garis finish. Saya saat itu masih berdiri di garis start menunggu EG6 Casper yang sudah stand by pun ikut bingung. Posisi braking zone yang letaknya jauh dari garis start menyebabkan saya tidak bisa meninggalkan garis start, apalagi saat itu  saya tidak kebagian sepeda motor jadi saya berjalan dari pit 30 ke garis start.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (34)Seketika race pun dihentikan untuk beberapa menit karena pihak panitia tadi mendapatkan informasi bahwa ada pecahan dari bagian mesin EVOJUN yang terjatuh di lintasan, pihak panitia langsung melakukan pengecekan pada lintasan dan mencari pecahan mesin tersebut agar tidak mengganggu pembalap lainnya.

ENGINE+ sentul drag race rd (5)Luckas yang saat itu berdiri di garis start mendampingi Ferdi dan EG6 Casper pun juga jadi panik dan bingung.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (35)Setelah beberapa menit, pihak panitia akhirnya menginformasikan kalau lintasan aman dan race bisa dilanjutkan, Adi langsung kembali bersiap-siap. Luckas yang sepertinya setengah pusing karena EVOJUN mengalami trouble lagi pun juga ikut membantu memasangkan Takata Safety Belt.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (36)Adi yang bernomor start 368 memperoleh peringkat 6 pada heat pertama yang catatan waktu nya 11,826 detik.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (37)Lalu sesaat setelah EG6 Casper start pada heat pertama saya pun memutuskan untuk beralih ke braking zone untuk melihat keadaan EVOJUN, dan bertemu dengan EG6 Casper yang sedang digeret oleh baby sitter nya yang setia menemani dalam setiap event drag race yaitu Honda Freed service car.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (38)Shit just got happen. Beginilah keadaan EVOJUN yang sedang berada di braking zone menunggu service car datang menjemput, hampir seluruh bodi nya menjadi warna putih seperti birthday boy yang baru saja diberi surprise tepung terigu oleh teman-temannya. Pengecekan dan setting ulang sequential shifter yang dilakukan para mekanik ENGINE+ pada malam sebelum race day nyatanya masih menyebabkan mesin 4G63T JUN drag spec ini over rev.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (40)Mesin yang sejak QTT day mengalami over rev tersebut akhirnya K.O, blok 4G63T JUN drag spec pecah dan menyebabkan oli mesin menyembur dan mengenai header, berdasarkan data loq panas dari pipa header sampai knalpot pada saat itu sekitar 870 derajat celcius. Tentu saja dalam suhu temperatur sebesar itu oli pasti menyala dan header juga pasti membara.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (39)Dalam hal ini pihak ENGINE+ akan mengkonsultasikan permasalahan ini langsung kepada pihak pembuat gearbox dan sequential shifter yang bermarkas di Australia. Karena kerusakan mesin 4G63T bukan berasal dari setup mesin itu sendiri melainkan berasal dari transmisi nya.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (20)Setelah melihat keadaan EVOJUN, saya pun berlari kembali menuju waiting zone karena EG6 Casper akan kembali start pada heat pertama dengan pembalap kedua nya yaitu Ferdi bernomor start 369.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (41)Beberapa mekanik ENGINE+ yang mendampingi sampai waiting zone pun melakukan pengecekan dan menata ulang parasut yang terpasang pada EG6 Casper agar dapat difungsikan kembali.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (43)Meanwhile on the other side, Lamborghini Aventador LP700-4 yang sedang berada di waiting zone pun tiba-tiba dikelilingi banyak orang, ada yang hanya sekedar ingin melihat dari dekat, ada yang ingin menyentuh, tapi saya rasa paling banyak orang mendekati mobil tersebut adalah untuk memotret sekaligus selfie dan kemudian tentu saja di upload ke account nya di media social. Catatan waktu Lamborghini Aventador LP700-4 pada 402m ini 12,311 detik, sedangkan saudaranya Lamborghini Aventador LP720-4 50 anniversario catatan waktunya 12,626 detik.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (44)Beberapa saat kemudian Ferdi yang telah bersiap-siap untuk memulai heat pertama nya pun segera maju ke garis start.

ENGINE+ sentul drag race rdNasib kurang beruntung dialami Ferdi bernomor start 369, dia Jump Start pada heat pertama. Mesin H22T yang dapat menghasilkan boost hingga 2,5 bar ini pada saat race day heat pertama aman terkendali, tidak ada trouble yang serius baik dari mesin, transmisi atau bagian-bagian mechanical lainnya.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (46)Heat pertama selesai, saya kembali berjalan menuju pit 30 yang mendadak menjadi sangat ramai karena orang-orang yang sudah menanti EVOJUN di pit 30 dan ingin melihat bagaimana kerusakan dari salah satu monster milik ENGINE+ tersebut.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (45)Setelah kap mesinnya dibuka, orang-orang yang berada di pit 30 langsung berkumpul dan melihat kondisi 4G63T yang baru saja beberapa menit yang lalu blow engine.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (42)Istirahat makan siang selesai, heat kedua dimulai. Satu monster sudah knock out, masih tersisa satu monster lagi yang siap bertanding pada track lurus 402m yaitu the fastest FWD Honda Civic EG6 in Indonesia. Sebelum maju ke garis start untuk heat kedua, salah satu mekanik ENGINE+ sedang mengisi PWR water cooler to air intercooler dan radiator nya dengan dry ice untuk menjaga suhu agar tetap normal.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (26)Setelah semuanya ready, Adii bernomor start 368 segera maju ke garis start untuk memulai heat kedua. Saya salut dengan kebiasaan ENGINE+ yang selalu menjaga kebersihan pada setiap mobil balapnya baik pada saat QTT day maupun race day, hampir tidak ada kotoran yang menempel pada eksterior dan interior. All clean.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (27)Adi bernomor start 368 pun tampak sudah siap untuk memulai heat kedua.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (49)Pada heat kedua ini EG6 Casper baik-baik saja, tidak ada permasalahan yang serius. Hanya saja over spin pada setiap perpindahan gear sampai gear 4 masih terjadi padahal tekanan ban pada EG6 Casper sudah di set hanya sebesar 6 psi yang terlihat seperti ban kempes.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (6)Catatan waktu Adi bernomor start 368 pada heat kedua yaitu JS (Jump Start). Saat berbicara dengan saya, dia mengatakan bahwa pada saat start heat kedua dia tidak mencuri start, tepat saat dia melihat lampu hijau menyala barulah dia menginjak pedal gas. Adi menambahkan bahwa sepertinya jump start dikarenakan bumper EG6 Casper sangatlah pendek jadi pada waktu start terbaca sensor terlebih dahulu. Sedangkan Ferdi yang bernomor start 369 saat itu sudah jump start pada heat pertama sehingga tidak diperbolehkan untuk start pada heat kedua.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (3)Race day pun selesai, saya memutuskan untuk berjalan menuju pit 30 dan melihat EVOJUN yang sudah dibersihkan oleh para mekanik ENGINE+ sedang bersiap untuk dinaikkan ke truk towing.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (11)Sedangkan kakak dari EVOJUN, EVO VIII AMS yang pemiliknya wong jowo ini tidak mengalami trouble pada saat race day. Best time nya saat itu adalah 12,443 detik.

adhyasaka engineplus drag race sentul circuit race day (9)Luckas mengatakan bahwa untuk mesin 4G63T yang sudah seperti ini, ENGINE+ memutuskan untuk mengganti mesin utuh dan kepercayaan masih ditujukan pada JUN Auto karena  ENGINE+ sudah bertahun-tahun melakukan riset mesin bersama JUN Auto, jadi akan tetap dilanjutkan. Terlebih kerusakan mesin ini bukan dikarenakan problem pada setup mesin melainkan problem dari setup transmisi.

Dan saya pun tak lupa mengucapkan banyak terimakasih kepada ENGINE+ karena telah mengundang saya untuk meliput selama 2 hari dan terimakasih kepada Founder dari Perfourm.com yang telah membantu saya untuk sampai pada home of motorsport di Indonesia yaitu Sentul International Circuit. Really really having a blast weekend. Next round, maybe? Amin.

 

Adhyasaka Hutama

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!