MINI SURABAYA : FUN UNZIPPED

1220

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (85)

Mr. Bean mungkin punya banyak fans yang bloody freak akan tingkah laku pantomimnya si Rowan Atkinson, si boneka Teddy yang merupakan bbf (best boyfriends) nya si Bean, dan tentu saja si mini cooper hijaunya yang bolak balik membuat saya dan milyaran orang di dunia ini ingin memiliki mobil Bean tersebut. Setiap masa ada generasinya, dan setiap generasi ada masanya. Masa si Mr. Bean pun sudah berlalu, and welcome to the Mr. Italian Job era. Mobil yang dulunya hanya bertuliskan mini, kini ditambahkan CAPS LOCK : ON dalam mengetiknya menjadi MINI. And it’s time to unzipped the new MINI in Surabaya.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (90)

Bertempat di LenMall Surabaya, brand kendaraan premium ikonik sepanjang masa yang merupakan saingan dari si VW Beetle ini akan membuka cabang dan menyebarluaskan virus fun to drive ala MINI di kota terbesar nomer 2 di Indonesia ini

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (8)

Rabu, 25 Juni 2014 saya pun datang ke showroom MINI Surabaya, dan bertemu dengan orang yang saya kenal cukup lama di dunia otomotif dari tahun 2012 yang lalu, dan kini menjadi kepala cabang MINI Surabaya. Please welcome…Dheny Atmaja.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (4)

Karena ini adalah acara launching atau grand opening MINI Surabaya, jadi saya bisa melihat behind the scene dari persiapan yang dilakukan oleh MINI pusat. Seperti salah satu staf MINI Jakarta yang menghiasi salah satu pilar pada showroom MINI Surabaya.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (5)

Dimana dia memanfaatkan tetesan cat yang menetes kebawah itu untuk artnya berupa racing line MINI nya. Bisa dibilang, seorang seniman sejati akan memanfaatkan media yang ada disekitarnya untuk membuat sebuah karya seni. And I think she did.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (6)

Jika si VW kodok atau combi identik dengan dunia hippies atau flowers generations (genersi bunga), maka mini cooper identik dengan dunia British yang kental dengan  aksen brith rock atau pop dan juga pop art nya. Gen itu pun kembali diwariskan kepada generasi mini berikutnyam yaitu MINI. Dan yang namanya art menjadi semacam menu wajib dalam mendesain sebuah showroom MINI oleh Maxindo selaku diler resmi MINI di Indonesia. Termasuk di kota Surabaya, mulai dari rolling door nya.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (7)

Aksen di dindingnya dengan tall’o’meter

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (2)

Hingga kain penutup New MINI yang sebentar lagi di launching di kota Surabaya. Semuanya harus sesuai tema.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (13)

Termasuk juga desain showroom MINI dari luar yang terlihat eye catching. MINI Surabaya sendiri terletak di LenMarc Mall, dan menempati area seluas 135 meter persegi di mall yang terletak di kawasan Surabaya Barat ini

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (10)With wide open sky

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (9)Dan bagian yang paling saya sukai adalah gambar anjing bulldog yang menyambut para tamu atau penggemar setia MINI dengan gonggongannya “woof..woof” yang berarti selamat datang di MINI

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (11)

Karena ini adalah the best part atau scene dari MINI Surabaya, jadi banyak orang yang ingin mengabadikan dengan background woof woof ini. Termasuk Joe Surya selaku owner dari Maxindo ini.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (14)Dan juga tentu saja saya. Sayangnya saya tidak punya tongsis alias tongkat narsis

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (17)Acara lounching MINI Surabaya yang bertema MINI Surabaya. FUN Unzipped ini bertujuan untuk meningkatkan visibiltas brand premium ini di kota Surabaya. Mengingat kota Surabaya adalah kota terbesar ke-2 di Indonesia yang dimana pasar untuk brand asal England ini cukup besar

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (16)Acara dimulai dengan makan siang bersama ala western food, dimana saya mengambil menu makanan Italian fettuccini carbonara  dengan French fries dan slice of meat serta orange juice

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (18)Setelah acara makan siang bersama, acara pun dilanjutkan dengan acara grand opening MINI Surabaya yang di secara resmi dibuka dengan pembukaan pintu rolling door Showroom MINI Surabay oleh para petinggi MINI Indonesia, Maxindo, dan juga MINI Surabaya

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (19)Dari kiri ke kanan : Joe Surya – Owner of Maxindo, Jentri Izhar – Head of MINI Indonesia, Nyoman Tresna – Director of Maxindo, dan Dheny Atmaja – Branch Manager of MINI Surabaya

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (21)

Dalam sambutannya, Jentri Izhar selaku Head of MINI Indonesia mengatakan “MINI telah menerima respon pasar yang luar biasa sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011. Dengan desain inventif, mutakhir, dan sensasi ala “go-kart” yang khas, MINI telah dikenal lebih dari sekedar kendaraan premium. MINI merupakan pilihan gaya hidup bagi semua penggemar MINI. Dan Showroom konteporer baru di kota Surabaya ini membuktikan komitmen MINI untuk menghadirkan tempat khusus bagi semua penggemar setia MINI di Surabaya, dan juga memperkenalkan gaya hidup menyenangkan yang identik dengan brand MINI,” Tambah Jetri.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (22)

Setelah melakukan opening speech, Head of MINI Indonesia ini mempresentasikan atau memperkenalkan keluarga baru di jajaran MINI Indonesia, yaitu New MINI yang baru saja di luncurkan pada     yang lalu. Desainnya eksteriornya sendiri back to basic, atau kembali lagi ke tampang original MINI yang timeless namun sporty khas MINI.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (23)

Grand opening sudah, opening speech sudah, kini waktunya untuk New MINI beraksi bersama model kondang Surabaya ini. See, bahkan dress code si model sendiri menggambarkan soul dari MINI, young and wild khas aliran British Rock atau punk.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (24)

Namun tetap elegant

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (26)

Dan aristocrat  dan juga anggun ala bangsawan Inggris sana.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (27)

Well guys, melihat New MINI dan model ini membuat saya tak sabar lagi ingin mencoba atau test drive…

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (12)Si New MINI yang telah disediakan oleh MINI Surabaya

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (28)

Saya sudah pernah mencoba berada didalam MINI Cooper dari yang biasa hingga GP, oleh karena itu Dheny Atmaja selaku branch Manager MINI Surabaya menyarankan saya untuk mencoba new MINI saja. Dan beliau juga mengingatkan saya untuk dandan ala MINIman, mengingat bad habbit saya yang selalu memakai celana pendek khakis+polo shirt+kets ketika liputan. So here I am dengan style ala MINIman atau MINI Swag.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (29)

Namanya hanyalah MINI, namun ketika kita didalam New MINI ini, saya merasa sama seperti didalam mobil lainnya. Bahkan terasa lapang dan sporty. Pilar A nya pun semakin landai atau rendah daripada varian sebelumnya atau pun dengan mobil lain, sehingga sudut pandang pengendara jauh lebih sempit namun  sudutnya sesuai dengan sudut vertikal antara jalan dengan langit. Pertama-tamanya mungkin agak sedikit kaget dengan sempitnya sudut pandang atas bawah pada kaca depan atau tinggi pilar A nya. Ya seperti naik mobil chop top.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (30)

Karena saya adalah pria yang bertipekal classic guy with motorsport inside. Yang menjadi pusat perhatian saya adalah selain interior ya juga Engine. New MINI seat memakai semi bucket seat yang menurut saya sangat pas memeluk body saya yang tidak six pack ini, bahkan malah serasa bucket seat. Driving positionnya juga pas di genggaman. Dan saya suka ketika mengendarai new MINI ini dengan sunroof dibuka dan tentu saja flat out alias gas pol. Saya pun merasakan akselerasi yang spontan dari mesin 2.0 Lt 4 cylinder twin-turbo yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 192 hp/280 nm dengan 6-speed sport Automatic.  Sensasi mengendarainya persis seperti road legal Go-Kart. Satu hal yang saya tidak sukai hanya turbo lag nya saja yang kurang responsive ketika kita membejek dari rolling start ke posisi flat out atau gas pol. Namun setelah berada di rpm atas, dan twin turbonya berputar cukup kencang, shiftingnya terasa halus dengan 6-speed sport automatic. Suspensionnya juga agak keras, khas road legal go-kart yang handlingnya responsive.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (31)

Desain dashboard, steering wheel, dan indokatornya juga unik ala MINI. Biasanya indicator speedometer MINI di gabungkan jadi satu di Navigation system professional display yang berukuran 8.8”  hinga terlihat seperti jam dinding berjalan, kini dipisah hingga speedometernya mirip speedometer racing aftermarket Defi. Dan yang saya suka juga LED lights ring nya berubah ubah sesuai dengan mood si pengemudi, alias moody. New MINI Cooper S juga dilengkapi dengan Steering wheel controls dan paddle shift ala F1.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (40)

Tapi buat Anda yang truly classic guy, bisa memilih the New MINI Cooper yang back to basic atau original dengan chrome grill nya.  New MINI Cooper yang memakai 136 hp  1.5 Lt 3 cylinder twin power turbo ini di bandrol dengan harga 594 juta. Sementara fuel consumptionnya adalah 21 km/l

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (42)

Buat yang ingin ber wild ria dengan AWD nya MINI, bisa memilih MINI Contryman S 4ALL JCW Edition atau ALL4 Racing.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (38)

MINI ALL4 atau MINI Countryman S 4ALL JCW Edition merupakan salah satu varian dari MINI yang out of the box karena menggunakan sistem penggerak AWD atau All-Wheel Drive. Makanya karena mobil ini out of the box, maka habitatnya juga off road, alias the toughest long distance rally on planet, yaitu Rally Dakar (pemenang rally dakar 2013) . Karena JCW atau John Cooper Work Edition maka hampir semua bagian di upgrade menjadi lebih racing, terutama di bagian engine yang menjadi 218 hp dengan mesin 1.6 Lt Twin Turbo power. Harganya juga ikut out of the box yaitu 1.053 M.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (39)

Tak hanya menjual mobil MINI saja, di showroom yang memiliki desain yang serupa dengan MINI showroom pusat (Pondok Indah, Jakarta) ini, para MINI lovers bisa juga membeli aksesoris untuk MINI mereka di area John Cooper Works.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (34)

Lalu ada ada area MINI lifestyle yang menjual berbagai macam akesoris dan koleksi yang berbau MINI.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (37)

Hampir disetiap sudut MINI Surabaya ini penuh dengan sense of art, seperti yang terdapat pada gambar di area MINI lifestyle ini. Gambar ini menggambarkan bahwa Maxindo sebagai diler resmi MINI di Indonesia membawa atau memperkenalkan brand MINI dari kota Jakarta ke hadapan public kota Surabaya.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (35)

Desain etalase MINI lifestylenya juga bloody awesome. Saya memang bukan orang seni, tapi desain pop art ini sungguh keren. Dengan background berwarna hitam atau gelap, lalu dimunculkan warna terang seperti merah, orange, dan hijau sebagai vocal point membuat mata kita langsung tertuju kedalam box tersebut.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (36)Dan box tersebut berisi sepatu Puma MINI edition. Selain sepatu, MINI Lifestyle juga menjual beberapa merchandise seperti tas, helmet, t-shirt, dan apa saja yang berbau MINI

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (32)Desain merchandise atau pun apparel MINI yang simple namun looks cool on you ini, menjadi aksesoris kebangsaan para pemilik mobil MINI, ataupun menjadi daya tarik tersendiri bagi fans MINI

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (33)

Why? Because it’s look bloody cool and bloody awesome in you. Ya mungkin menaikan +10 HP Anda..Handsome Power.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (91)

Ngomong-ngomong soal Handsome Power, saya akan mengulas New MINI Cooper S yang barusan saja saya test drive tadi. Yang jelas saya masih terpesona akan bentuk, performa, driving sensation, dan tentu saja warna volcanic orange nya. Dibandingkan dengan New MINI Cooper, perbedaan paling mencolok pada bagian depannya adalah air scope dan juga front bumpernya.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (47)

Masuk kedalam interiornya Anda akan disapa oleh sport seat yang terlihat seperti kursi biasa, namun serasa semi bucket seat. Suasanya juga fun dengan panorama glass roof di atas Anda, menjadikan cabinnya terlihat lebih lapang.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (49)

Tombol Engine start/stop memberikan sensasi ala race car pada new MINI ini

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (50)

Perubahan paling mencolok dari generasi sebelumnya adalah MINI navigation system professional display yang berukuran 8.8” ini. Jika Sebelumnya indicator speedometer berada di dalam display ini, hingga terlihat seperti jam dinding berjalan. Maka di generasi New MINI, display dan speedometer dipisahkan. Speedometernya dikembalikan ke habitat asalnya di depan steering wheel atau pengemudi. Sementara display ini ditambahkan fitur tambahan seperti MINI Connected yang memungkinkan Anda untuk eksis di social media dari dalam cockpit New MINI ini. Jangan lupakan juga Harman/Kardon premium sound system 12 speaker 410 watt ayang akan membuat Sir Sting serasa nyata di samping Anda.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (45)

Dan tibalah kita di bagian yang paling saya sukai dari si New MINI  ini. Seperti kata saya tadi I’m a classic guy with Motorsport inside, daerah engine bay menjadi area yang paling sacral bagi saya. Selain pada display di bagian interior, pada bagian engine bay, New MINI juga mengalami perubahan yang cukup full adrenaline. Para engineering MINI kini tahu apa arti kata S, dengan tidak lagi memasang mesin 1.6 Lt 4 cylinder twin scroll turbo yang hanya mampu memuntahkan tenaga 184 hp/260 nm.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (46)

Namun memberikan New MINI ini mesin baru berupa 2.0 Lt 4 cylinder twin power turbo yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 192 hp/280 nm. Dan mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 6,7 detik. Walaupun 2.0 Lt dan bertenaga badak hingga 192 hp. Namun fuel consumptionnya terbilang cukup irit untuk mobil ber cc 2.000, yaitu 19 liter/ km.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (53)

Sambil menunggu acara opening party MINI Surabaya yang diselenggrakan malam harinya, saya pun nge-time sambil menyelesaikan deadline saya dan juga ronde ke-2 dari makan siang saya di sebuah restourant yang letaknya persis di samping showroom MINI Surabaya

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (51)

If you think James Bond or Austin Power look so damn bloody gorgeous British secret agent.  Well, hari itu saya serasa menjadi secret agent M16 dengan mendapatkan satubuah media information yang bentuknya seperti kartu nama, dan jujur saya saya sendiri sampai kesusahan untuk menebak what the hell is this?

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (52)

Bahkan saya pun bekerja extra hard untuk membuka Flash Disk di dalamnya, namun saya gagal. Akhirnya salah satu staf MINI Pusat lah yang membantu saya membuka FD di dalamnya. Dan jujur saja ketika saya sampai dirumah, saya kembali lagi tidak bisa membukanya. Setelah berjuang beberapa menit, akhirnya saya bisa membuka Flash disk berukuran 8 GB yang berisi  press release dan juga photo ini.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (54)

Sunset pun mulai muncul di bagian barat kota Surabaya

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (55)

Yang menandakan we’re ready for the opening party of MINI Surabaya

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (62)

Sekitar jam 7 malam, parkiran depan LenMarc Mall Surabaya mulai dipenuhi oleh barisan MINI Cooper dari berbagai jenis. Mulai dari Cooper, Cooper S, Cabrio, Paceman, Countryman,

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (63)

Dan tentu saja favorit saya, MINI John Cooper Works GP

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (61)

Mereka semua tergabung dalam Indo MINI Club Surabaya Chapter

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (60)

Club MINI yang barusan saja berdiri pada tahun lalu ini merupakan tamu VIP atau special bagi MINI Surabaya baik itu Maxindo ataupun pihak BMW sebagai produsen mobil ini.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (64)

Karena bagi pihak MINI, club merupakan salah bagian penting dari brand image produk mereka. Oleh karana itu pihak MINI sendiri kedepannya akan mensupport club ini. Oh ya Dan jika Anda pikir owner MINI adalah orang berusia 20 tahun keatas atau setidaknya eksekutif muda, well Anda harus me MINI kan lagi range umurnya menjadi 13 tahun. Yes it’s true. Hampir sebagian besar anggota Indo MINI Club Surabaya yang total anggotanya sekitar 16 orang ini masih duduk dibangku SMA, bahkan ada yang di SMP. Dan beberapa adalah pego-kart.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (66)

Kadang lucu juga melihat tall’o’meter yang disediakan oleh pihak MINI Surabaya ini cukup presisi atau akurat dalam menebak antara korelasi tinggi badan dengan jenis mobil yang cocok atau di miliki. Seperti Iin dengan adiknya ini yang sangat pas sekali tinggi badannya dengan gambar mobil MINI Countryman, yang memang mereka berdua sehari hari naik Countryman.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (69)

Area showroom MINI Surabaya pun semakin ramai dengan tamu undangan, itu berarti sebentar lagi akan dilangsungkan opening party MINI Surabaya untuk public kota Surabaya.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (92)

Tapi sebelum Anda masuk dan join the party, Anda akan menerima 2 buah souvenir dari MINI Surabaya, yaitu gantungan kunci MINI dan juga kotak mumet atau disco box atau kubik  yang menurut saya yang IQ nya pas-pasan ini kelewat susah untuk hanya menyelesaikan 1 sisi nya saja

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (70)

Tetapi para undangan ini tidak mau menyerah dalam menyelesaikan kotak ajaib ini, bahkan beberapa orang terlihat sangat serius sekalai membuat kotak ini menjadi sewarna dalam semua sisi. Pihak MINI pun menyediakan hadiah untuk 10 orang yang berhasil menyelesaikan kotak ini selama acara opening party berlangsung. Dan saya out of the box.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (72)

Sekitar jam 8 malam, MINI Surabaya secara resmi diperkenalkan kepada public kota Surabaya oleh MINI Indonesia, Maxindo, dan juga MINI Surabaya.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (83)

Dan untuk yang pertama kalinya pihak public kota Surabaya melihat showroom MINI di kota Surabaya yang menggabungkan antara otomotif, art, dan juga lifestyle

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (73)

Dan yang menjadi show stopper atau chick magnet pada malam hari itu adalah NEW MINI Cooper S berwarna Volcanic Orange

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (74)

Warnanya yang cukup eye catching dan ngejreng  serta bentuknya yang lucu membuat mata dan kaki para undangan malam itu tertuju pada mobil seharga 782.5 juta ini.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (78)

Bahkan  pesona si Contryman S JCW Edition ini pun menjadi lebih MINI

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (82)

Jujur saja it’s the best opening party showroom mobil di kota Surabaya. Atmosphere antara otomotif, art, dan lifestyle nya lebih besar daripada mobil yang ditawarkandaripada performance nya

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (76)

Anda akan dihibur oleh seoarang DJ yang memainkan playlist yang berisi lagu ajojing favorit Anda. And sorry, no dubstep here guys.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (57)

Ini bagian paling favorit saya di acara opening party ini, yaitu makanan. Sama seperti acara cocktail party atau side pool party, selain dress code dan juga DJ, salah satu yang membuat acara ini semakin hidup adalah makanannya. Dan pihak MINI Surabaya tampaknya mempersiapkan dengan baik untuk yang satu ini. Dan saya yang sebagai kulinernosta atau “im the food hunters” berkesempatan mencicipi hampir semua menu yang disajikan pada malam hari itu. Seperti udang goreng dengan dibalut mie.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (58)

MINI Pizza dan juga MINI tortila isi daging cincang.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (68)

Jika menurut Anda  piring dirumah Anda cukup keren, bagaimana dengan piring tablet ini..bloody awesome right. Rasanya yang diatas gambar MINI ini juga bloody awesome, yaitu smoked beef dengan roti tawar yang dipanggang renyah.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (56)

Untuk dessert atau hidangan penutupnya ada coklat yang disajikan dengan cangkang gula rasa vanilla yang rasanya so sweet banget. Apalagi nampannya yang terkena euphoria world cup.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (59)

Untuk minumannya Anda bisa memilih non alcohol atau a little bit alcohol.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (80)

Mr. Joe Surya selaku Owner Maxindo ini tahu benar cara menarik perhatian saya pada malam hari itu. Yaitu dengan memakai jacket MINI WRC Team. And it’s looks so cool.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (88)

Sekitar jam 10 malam, para undangan pun mulai pulang dan meninggalkan venue.

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED (89)

Dan itu tandanya untuk saya untuk pulang kerumah mengakhiri party ini

MINI SURABAYA . FUN UNZIPPED

Dan saya pun  pulang dengan beberapa gear MINI yang look so damn bloody awesome. Thanks MINI for the merchandise…

-Bayu Sulistyo  |nyonk|

 

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm

 

 

Comments

comments!