BLACK COAT, WHITE SHOES, BLACK HAT, GT-R. YEAH. THE BOY’S A TIRE BOMB

2071

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (29)

Tire bomb atau Tire stencils adalah salah satu trend yang saat ini sedang booming di scene car culture di berbagai belahan dunia, akhirnya mampir di Indonesia. Jujur saja sudah sejak lama saya ingin membuat tire bomb semenjak saya pertama kali lihat mobil Super-GT lalu kemudian Porsche RWB nya Nakai-san. Namun apa mau dikata saya sudah tidak punya mobil lagi. Akhirnya setelah ngidam bertahun-tahun, mimpi itu terwujud. Bukan pada mobil sejuta umat, namun pada sebuah mobil yang cuma ada 1 di dunia, dan juga mobil yang di tuning oleh tuner Sukairain atau GTR favorit saya..Mine’s Japan.

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (16)

Yes, it’s the mighty Mine’s Destrier Ultra 001/001 GT-R. Seluruh body Gojira ini pun ditutupi oleh plastic dan kertas koran agar sewaktu menge-bom mobil seharga 4 kali nya GT-R standart ini tidak terkena bodynya.

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (2)

Pertama-tama kita persiapkan dulu sticker atau stencilnya terlebih dahulu yang sudah di bikin sesuai dengan ukuran ban, seperti diameter dan profilnya. Karena sudut melengkungnya sticker ini mengikuti diameter ukuran ban kita, semakin pas dengan profil bannya, maka akan semakin bagus hasilnya.

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (13)

Dan seperti biasa, the man behind the wheels atau the stickers itu  adalah si Eric Caprin dari Caprin Racing Stickers Surabaya. Teman lama saya semenjak bermain skateboard dari kelas 1 SMA ini (1997) sudah tampak bakatnya dari jaman kita bermain skateboard dulu, terlihat dari skateboardnya yang rada nyeleh dengan sticker playmates dimana-mana. Namun karyanya yang paling fenomenal di Indonesia atau bahkan di dunia adalah,  The Gold Member Lamborghini Aventador LP700-4 yang dilapisi sticker berwarna emas. Menjadikan si banteng asal Surabaya itu serasa di Miami atau Dubai. Jika Anda kelewatan liputannya bisa mencoba searching di Perfourm, keywords nya gold Aventador.

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (5)

Karena ini menempelkan sticker pada media yang tidak umum, yaitu karet ban. Maka persiapannya juga terbilang extra, yaitu membersihkan permukaan ban dengan sabun supaya lapisan nya menjadi bersih dari debu dan terutama silicon dari penghitam ban yang membuat sticker dan plastic dip nya susah untuk menempel pada permukaan ban. Lalu sticker dipanaskan dengan korek api supaya menempel sempurna pada ban.

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (6)

Setelah sticker menempel dan sekitar area ban di tutupi oleh koran bekas, maka tibalah waktunya untuk fire in the hole atau boombardier.

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (7)Caprin kali itu tidak menggunakan pylox seperti kebanyakan orang, dia memilih menggunakan plastic dip sebagai bahan bomb stickernya

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (14)Plastic dip dipilih karena hasilnya cukup bagus menempel pada permukaan ban dan juga tahan lama daripada pylox.

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (15)

Jadilah stencil atau  tire bomb bertuliskan Mine’s GT-1000. Iwan memilih menggunakan Mine’s GT-1000 untuk menandakan bahwa Gojira nya ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 1000 HP, sama seperti badges HKS GT-800, namun ini di ban nya.

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (10)

Karena ini adalah brand tuner dunia dan Iwan bisa dibilang perfectionist, jadi huruf S pada tulisan Mine’s harus juga berwarna merah. Maka Caprin pun menutupi area di sekeliling huruf S, lalu memborbardir huruf S tersebut dengan plastic dip berwarna merah.

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (12)

Lalu merapikannya tulisannya dengan melukis ulang dengan menggunakan tusuk gigi.

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (18)

Eng ing eng…jadilah Mine’s GT-1000 bomb stickers pada 20’inch Dunlop SP Sport Maxx GT 600

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (20)Iwan pun tampak tersenyum ketika melihat tire bomb nya sudah jadi

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (22)

Dan salah satu alasan lagi kenapa Caprin menggunakan plastic dip, yaitu tahan akan cuaca seperti panas dan juga air. Seperti Anda lihat sendiri Scirocco itu made in plastic dip mulai dari cat body hingga cat pada rimsnya.

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (25)

Terhitung dari jam 8 Caprin mengerjakan tire bomb pada Gojira ini, dan sudah sekitar jam 12 malam dia baru menyelesaikan  4 buah tulisan Mine’s GT-1000. Sama seperti pemasangan sticker gold chrome pada Aventador yang lalu, ayah dari 2 orang anak ini juga mengalami trial dan error.

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (23)

Jika pada pemasangan sticker emas pada Aventador Caprin dibantu oleh istrinya yang sedang hamil tua, maka kali ini dia di temani oleh anaknya yang bernama Timmy yang passion akan dunia otomotif sangat tinggi. Well just like the quotes, like father like sons. Anyway Timmy juga tepat jam 12 malam ulang tahun. So tire bomb pada mobil yang hanya ada 1 didunia ini , bisa jadi kado dari ayahnya nya yang tak terlupakan. Apalagi jika sudah dewasa dan melihat photo dan artikel ini.

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (21)

Tire bomb yang ke-2 adalah Perfourm. Saya cukup surprises Iwan ingin memakai logo Perfourm pada acara tire bomb nya. Thanks bro.

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (24)

Apalagi bisa bersanding dengan tuner Sukairain atau Gojira favorit saya, Mine’s

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (27)

Karena warna atau livery antara Mine’s dan juga Perfourm sama, yaitu merah, putih, dan hitam. Maka thin red line dibawah tulisan Perfourm pun di bombardier oleh teman skateboard saya ini dengan warna merah.

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (28)Dan hasilnya…..Sugoi !!!!!

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (26)

Dan saya pun mengalami awkward moment

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (30)

Ketika kamu bermimpi mempunyai tire bomb Perfourm di salah satu mobil impianmu, namun itu mobilnya orang. Saya tidak percaya kalo hasilnya sebagus ini. Dan saya tidak percaya lagi mimpi saya akan bomb tires dengan logo Perfourm akhirnya bisa terwujud.

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (31)

Dan yang bikin tambah special pakai telornya lagi, tire bomb nya Perfourm berada di mobil yang datang dari tuner yang cukup disegani di dunia persilatan Sukairain atau pun Gojira, yaitu Mine’s Japan. Apalagi berada dalam mobil special and limited editionnya, Mine’s Destrier Ultra 001/001 R35 GT-R.

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (33)

Tire bomb sendiri asalnya dipakai oleh produsen ban sebagai billboard berjalannya pada ban yang digunakan dalam berbagai cabang motorsport, seperti Super-GT atau pun balapan touring lainnya, bahkan single seat sekelas F1. Yang paling terkenal adalah Advan dari Yokohama dan juga Bridgestone pada mobil balap Super-GT. Namun belakangan ini trend billboard pada ban ini mulai dipakai oleh beberapa tuner asal Jepang yang hasil karyanya cukup fenomenal karena pakai acara memotong dan merobek fender mobil yang cukup mahal dan langka, yaitu Rauh-Welt Begrif  (RWB) Nakai-san, dan juga LB-Performance (Liberty Walk) nya Kato-san. Dan hanya di Indonesia, dan khususnya Surabayalah ada mobil dari Mine’s yang di bomb tires. Saya berpikir, bagaimana reaksi Niikura –san  (CEO Mine’s) melihat mobilnya ini di bomb tires. Saya pikir waktunya Gojira ini menuju ke Sentul untuk hot lappin.

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (36)

Beberapa minggu kemudian, saya pun diberikan Caprin berupa mika yang sudah berukuran profil ban 195/55/15 dengan logo Perfourm di tengahnya. Yang tujuannya supaya saya bisa memborbardir ban mobil teman-teman saya yang ingin di tire bomb

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (37)Dan yang menjadi kelinci percobaan saya adalah mobil GE8 milik Fuad dari team GAR Power Surabaya. Pikir saya, tire bomb ini lebih nendang jika berada pada mobil racing atau balapStencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (38)

Karena 1st debut ini mendadak dan juga harga plastic dip yang cukup mahal sekitar 200 rban, saya pun nekat mengabaikan saran Caprin yang diharuskan menggunakan plastic dip daripada pylox. Dan karena ini malam Minggu, dan dompet saya tampak seperti jurang. Jadilah saya membeli plastic dip kw 10 nya dengan mengurangi angka 0 dibelakangnya menjadi Rp.20.000 alias pylox putih. Saya pun harus trial error dulu sebelum menyemprot ke ban ini. Dan hasilnya cukup bagus, meskipun tidak serapi yang di GT-R. Ya walaupun terlihat semburat di sana-sini, namun can lah

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (40)

Mobil yang ke-2 menjadi korban kelinci percobaan saya adalah Blackbird GAR Power EG6 milik Khrisna dari GAR Power Surabaya yang berhasil mencetak waktu 8,7 detik dengan stock B20 engine pada kejurnas dragrace Surabaya round 2 kemaren. Dan hasilnya cukup membuat saya sumringah alias big O atau puas. Tampilan EG6 yang serba hitam ini terkesan jadi keliatan gahar dengan tire bomb Perfourm yang berwarna putih pada Enkei RPF-1  dan Toyo R888 nya. Terlihat racing banget.

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm (39)

Namun sayangnya seperti pepatah orang bijak yang mengatakan ada duit ada rupa, ternyata rupa nya barang murah atau pylox tidak bertahan lama. Hanya beberapa jam saja dari penyemprotan, tulisannya mulai retak-retak dan mulai mengelupas karena terkena tekanan berat mobil pada ban. Namun dari catatan saya disini, hasilnya terlihat lebih rapi an bagus ketika baru saja jadi di ban Toyo R888 daripada Achilles 123. Kenapa? Karena dinding R888 polos tanpa ornamen garis-garis seperti 123. Dan sepertinya hasil pylox saya semburat kemana-mana.

Stencil or bomb tires Mine's destrier ultra 001001 GTR Perfourm

So…setelah mendemotrasikan kelinci percobaan saya pada Perfourm bomb tire’s akhirnya saya mendapatkan rumus yang cukup menarik.

 

Horse Power + Perfourm tire bomb = Kill All Tires.

 

Selamat mencoba guys..

 

P.S :

Stencil atau tire bomb jangan terlalu sering di berikan semir ban. Karena akan membuatnya menjadi kuning dan tampak kotor. Bila ingin tetap awet putihnya maka cara membersihkannya cukup bilas dengan sponge yang dicelupkan ke dalam sabun cuci piting saja.

 

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm

 

 

Comments

comments!