WHEN SURABAYA GONE MAD IN RAMADHAN NIGHT

1391

night race in ramadhan surabaya (7)

The heat is on. Meskipun musim balap 2014 sedang memasuki off season karena berada di dalam bulan puasa atau Ramadhan, well guys tidak demikian dengan kota Buaya atau Suroboyo ini. Ada pengecualian di kota terbesar ke-2 di Indonesia ini. Bahkan di bulan Ramadhan ini kegiatan  motorsport terutama di roda 4 yaitu Drag Race dan Drifting semakin menggila. Di drifting ada HELL YEA!Perfourm Open Drift Practice. Sementara di drag race bahkan ada 2 EO yang basicly berasal dari drag racer yang mengadakan event drag race setiap malam minggu di satu tempat yang sama, dan tracknya bertetanggan, yaitu SRP dan SDC. Ibaratnya bulan Ramadhan yang full berkah, dragway mereka juga pun kedapatan berkah dengan selalu full oleh peserta. And this how we party in Surabaya.

night race in ramadhan surabaya (11)

Seperti kata Toretto dalam Fast Furious 5, “This is Brazil”. Well dengan bangga saya akan bilang “This is Suroboyo rek”. Hanya dengan membayar entry list sebesar Rp. 100.000/ mobil (peserta) penonton Rp. 10.000/mobil), Anda akan akan masuk ke arena dragway yang kental dengan aroma grassroots nya. And yes baby, no cop, and it’s legal guys. And you knows guys, disaat tempat dugem atau party tutup, satu-satunya tempat dugem yang tersisa adalah drag race di area Kenjeran Park. Oleh karena tidak heran jika, si penyelenggara mendapatkan THR di selama bulan Ramadhan. Terhitung hampir sekitar 50-100 mobil yang start pada setiap malam minggu, belum ditambah oleh drag bike.

night race in ramadhan surabaya (2)

Entry list nya juga beraneka ragam, mulai dari pejuang V-tec dan i-vtec Honda yang merupakan pasukan paling mainstream. Hingga yang terhitung rare one, seperti Subaru Legacy Wagon’97

night race in ramadhan surabaya (6)

Dan sang adik Subaru Forester 2.5

night race in ramadhan surabaya (12)

Dari Boxer powa dengan All-Wheel Drive turbo intercoolernya, ada juga yang terhitung punya biji agak besar dengan bermain dengan mobil pick up nya.

night race in ramadhan surabaya (16)

Dari pick up, kita beralih ke aliran yang sedang booming di Surabaya, yaitu gerakan cinta tanah air dengan stance nya.

night race in ramadhan surabaya (5)

Well guys, selama tidak ada polisi tidur dan jalannya sepulus paha member JKT48, saya yakin stance lover akan berteriak “i-vtec just kicked in ya”

night race in ramadhan surabaya (15)

Pemain mainstream atau terbanyak pada event yang merupakan ritual rutin setiap bulan puasa ini adalah daily use car, atau paling mentok 10 seconds car (201 meter)

night race in ramadhan surabaya (10)

Namun beberapa orang menganggap malam hari ini sebagai ajang dyno test berjalan, dengan mencari setingan mobil yang pas dan tentu saja best time nya.  Caranya? Dengan memakai ban perang mereka…doughnuts.

night race in ramadhan surabaya

Dan tentu saja mesin V-tec mereka yang hungry for horse powa. Saya melihat ada pemandangan yang menarik di Surabaya, terutama pada style para machine head ini dalam  “pimp my ride” mobil balap mereka. Ekteriornya semakin rapi dan bagus, begitu pula interiornya. Dan tentu saja engine bay nya. Seperti B20 milik  Septiano dari Tomcat Tuning feat. Jangkar Miring Surabaya ini. Ternyata propaganda saya dari Sentul Drag Race bersama B16 AP Speed sampai juga di Surabaya.

night race in ramadhan surabaya (9)

Dan juga mesin paling mainstream atau idola di kalangan drag racer di Jawa Timur dan Jawa Tengah, yaitu D-Series (D16) sudah mulai bersolek cantik mengikuti B-series. Seperti milik Daus dari SCS Autosport

night race in ramadhan surabaya (17)

Dari yang single throttle, hingga four barrel carburetor milik Endeng dari Kukar feat G5 dan Yoedha Tuning Surabaya.

night race in ramadhan surabaya (13)

Well, beberapa mobil kelas berat atau hardcore sukses melakukan uji coba mereka. Namun beberapa masih tertahan di area parking untuk mendapatkan perbaikan.

night race in ramadhan

Seperti B20 milik Khresna dari GAR Power Surabaya yang mengalami trouble pada pengapiannya. Best time dari B20 stock ini adalah 8,7 detik (201m) pada seri Kejurnas yang lalu.

night race in ramadhan surabaya (3)

Mobil Drag race sekelas EF atau EG6 yang sudah merupakan kelas hardcore atau heavy weight tuned untuk turun dikelas 2.1 (stock modif 1000-1700 cc), bracket 9 detik, ataupun FFA non turbo merupakan  chicks magnet pada malam hari itu. Alasannya simpel…suara khas mesin Honda dengan high lift camshaft ketika berteriak.

night race in ramadhan surabaya (4)

Satu persatu mobil 9 seconds car ini mulai melesat meninggalkan garis start. Daus pun mendapatkan timenya 9.1 detik

night race in ramadhan surabaya (8)

Di ikuti oleh Kukar EF yang walaupun pada malam hari itu trouble pada karburatornya, hanya berhasil meraih time 9,4 detik. Sementara best timenya adalah 9.0 detik.

night race in ramadhan surabaya (14)

Sementara Septin dengan EG6 berwarna merahnya berhasil mencetak waktu 8,4 detik dan 8,5 detik. So guys, inilah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh kota Surabaya, yaitu event drag race setiap malam minggu bahkan semakin wild di bulan puasa. Dan sekarang Anda tahu kenapa drag racer kota Surabaya dan sekitarnya adalah seorang tukang jambret dan sikil linggis (kaki linggis). Karena mereka setiap malam minggunya latihan drag race lengkap dengan timer dan lampu berstandar kejurnas. practice make perfect right?

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm

 

 

Comments

comments!