HELL YEA! PERFOURM OPEN DRIFT PRACTICE RAMADHAN 2014: KEEPIN’ IT REAL

1245

 

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (20)Setelah pada tahun 2013 HELL YEA! Perfourm Open Drift Practice Ramadhan mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari para penggemar drifting di Kota Surabaya, akhirnya pada tanggal 20 Juli 2014 HELL YEA! Perfourm Open Drift Practice kembali kami adakan. Dan penyelenggaraan Perfourm Open Drift Practice ini sengaja ditepatkan saat bulan ramadhan sama seperti tahun lalu yang juga bisa jadi ajang ngabuburit bagi para drifter maupun penggemar drift di Kota Surabaya.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (1)Sekitar pukul 11 siang, saya dan Founder Perfourm.com Nyonk sudah stand by di Kenjeran Park untuk menyiapkan tempat latihan. Bima, salah satu anggota Showrockoyo Sideways datang lebih awal hari itu. Dan sambil menunggu beberapa anggota lainnya yang belum datang, kami pun memutuskan untuk membuat soal drifting dengan papan tulis kecil.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (8)Panasnya Surabaya siang itu pun tidak menggoyangkan niat kami untuk tetap mengadakan drifting di Surabaya, apalagi pada hari itu kami sedang menjalankan ibadah puasa seperti pada saat Perfourm Open Drift Practice Ramadhan tahun lalu. Pada Perfourm Open Drift Practice Ramadhan tahun 2014 ini, kami mendapatkan sponsor dari Ultra Racing berupa 10 buah cone yang digunakan untuk tambahan saat latihan. Terimakasih Ultra Racing Indonesia atas support nya terhadap drifting di Surabaya.

Hellyea! ramadhan 2014 (41)Selain Ultra Racing, ada juga produk pelumas Prince Lubricants yang masih melakukan perkenalan terhadap Showrockboyo Sideways dan juga Perfourm.com dan berencana untuk menjadi partner.

Hellyea! ramadhan 2014 (11)Jika pada artikel sebelumnya, HELL YEA! Perfourm Open Drift Practice Ramadhan 2014 ini tertulis 11 anggota yang datang untuk latihan, ternyata pada saat hari H beberapa anggota ada yang tidak hadir. Yang datang lebih awal hari itu adalah Bima dengan RX8 SE3P yang langsung memutuskan untuk membuka latihan pada hari itu.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (25)Bima pun sudah terlihat lancar melakukan doughnut dan angka 8 dengan RX8 SE3P miliknya

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (2)Tak lama kemudian Mike datang juga dengan mobil yang sama dengan Bima RX8 SE3P pun langsung memulai latihan. Setelah beberapa bulan terakhir Showrockboyo Sideways tidak melakukan latihan drifting, akhirnya pada tanggal 20 Juli 2014 kemarin mereka bisa mengobati kaki yang sudah gatal karena berbulan-bulan tidak drifting. Hell Yea!

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (6)Memang sponsor Perfourm Open Drift Practice tahun ini tidak sebanyak tahun kemarin, but show must go on. Kami, Perfourm.com sebagai penyelenggara Perfourm Open Drift Practice memang berusaha untuk menjaga eksistensi drifting yang sudah beberapa tahun belakangan ini dikenal di Surabaya.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (11)Dan jika biasanya latihan drifting yang kami adakan di Kenjeran close for public, maka pada tanggal 20 Juli 2014 kemarin kami mengadakan latihan drifting yang open for public dimana para penggemar drifting dan juga RWD boys di Surabaya bisa melihat bagaimana suasana pada saat Showrockboyo Sideways latihan.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (16)Hari itu kami juga kedatangan beberapa teman-teman dari Cefiro Indonesia Surabaya, dan salah satu anggotanya pun memutuskan untuk mencoba drifting dengan Nissan Cefiro A31 miliknya yang telah di engine swap menggunakan RB20DET, tetapi karena gardan nya belum menggunakan LSD maupun LAS, maka terlihat susah ngepotnya seperti yang terjadi pada Cefiro A31 SR20DET milik Jopi.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (17)Hando, salah satu anggota Showrockboyo Sideways yang sudah lama tidak latihan karena Subaru BRZ nya sudah dijual pun menyempatkan untuk datang, namun hari itu dia datang dengan brand new BMW 435i Coupe miliknya.

Hellyea! ramadhan 2014 (56)Selain salah satu anggota Cefiro Indonesia yang juga bergabung dalam latihan, ada juga Nouval dan Kahfi yang siang itu datang dan bertanya pada saya bagaimana cara untuk ikut latihan. Feel free to join selama mobil anda RWD dan bersedia ikut membayar sewa tempat latihan.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (21)Mereka berdua pun langsung setuju dan mengikuti latihan pada hari itu dengan menggunakan FT86 Manual Transmission. Akhirnya ada juga FT86 manual yang ikut bergabung dalam latihan, beberapa FT86 dalam Showrockboyo Sideways semuanya bertransmisi automatic. Welcome to the club, bros!

Hellyea! ramadhan 2014 (23)Mike yang merupakan murid dari pembalap D1 Grandprix Takahiro Ueno pun juga sempat sharing dengan Kahfi dan Nouval tentang drifting dan juga memberikan tutor.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (27)Jika pada latihan sebelumnya Darell menggunakan BMW 640i F13 untuk latihan drifting, maka hari itu dia kembali menggunakan FT86 Automatic Transmission miliknya untuk latihan. Meskipun mobilnya bertransmisi automatic, Darell tetap semangat untuk mengikuti latihan.

Hellyea! ramadhan 2014 (15)Dia pun sudah bisa mengontrol mobilnya dan melakukan doughnut dengan mulus. Sampai-sampai dia mengangkat satu tangan saat melakukan doughnut.

Hellyea! ramadhan 2014 (2)Dan Grandpa’s car Benz E320 dengan mesin inline 6 217 horsepower yang pada latihan sebelumnya absen karena sedang maintenance, akhirnya pada Perfourm Open Drift Ramadhan 2014 kemarin bisa ikut dalam latihan.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (28)Sama seperti pada saat latihan off season, Dani TJ pun kembali melakukan fogging dan mengeluarkan asap yang sangat banyak dengan Benz nya, namun untung saja hari itu ban nya tidak sampai pecah.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (18)Kemudian latihan dilanjutkan oleh Mike yang memutuskan untuk doughnut memutari FT86 milik Darell yang diparkir ditengah track.

Hellyea! ramadhan 2014 (4)Setelah itu Darell dan Mike pun melanjutkan latihan dengan melakukan duet memutari cone.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (33)Darell yang terlihat sangat semangat untuk latihan drifting hari itu pun mencoba untuk melakukan doughnut dan membuat angka 8 lagi.

Hellyea! ramadhan 2014 (22)Salah satu penggemar drift dan pembaca setia Perfourm.com yang hadir lalu meminta kami untuk memotret dirinya berdampingan dengan FT-86 milik Darell.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (20)Beberapa saat kemudian, giliran Andy SP Garage dengan Skyline R34 miliknya untuk berdansa memutari cone-cone yang sudah tertata.

Hellyea! ramadhan 2014 (9)Dan sama seperti pada latihan-latihan sebelumnya, R34 milik Andy SP Garage pun mengeluarkan asap yang sangat banyak. Burn baby burn!

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (26)Setelah melakukan pemanasan, Andy pun langsung menyemprot radiator Skyline R34 miliknya dengan air agar temperatur nya tetap terjaga dan tidak mengalami overheat.

Hellyea! ramadhan 2014 (12)Para penggemar drifting di Surabaya pun terus berdatangan hari itu untuk melihat Perfourm Open Drift Practice Ramadhan.

Hellyea! ramadhan 2014 (13)Louis, salah satu anggota Showrockboyo Sideways yang sudah lama absen dalam latihan drift pun juga ikut datang dengan Nissan Cefiro A31 miliknya yang sudah dipasang dengan DMAX body kit.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (24)HELL YEA! Perfourm Open Drift Practice Ramadhan hari itu ternyata kembali mendapat apresiasi yang sangat baik dari para penggemar drifting di Surabaya. Jika anda mengadakan suatu acara dan acara tersebut mendapatkan apresiasi yang sangat baik dan juga ramai didatangi oleh orang-orang, tentu anda akan sangat senang. Dan untuk selanjutnya, Perfourm.com akan terus mengadakan Perfourm Open Drift Practice dalam beberapa bulan sekali.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (22)Hando yang sepertinya sudah kangen latihan drifting pun akhirnya memutuskan untuk mencoba drifting dengan BMW 435i Coupe miliknya, yang saya lihat pada saat itu mobil ini susah sekali diajak drifting, tidak segampang Subaru BRZ nya yang dulu. Mungkin karena kaki Hando juga sudah kaku tidak pernah latihan drift.

Hellyea! ramadhan 2014 (26)Dicky ZU, seorang peslalom andalan Jawa Timur juga menyempatkan untuk datang dan mengikuti latihan pada hari itu dengan menggunakan Corolla DX KE70.

Hellyea! ramadhan 2014 (29)KE70 miliknya sudah di engine swap dengan 4A-GE 20V Blacktop lengkap dengan Individual Throttle Body.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (50)Tanpa basa basi, orang yang dijuluki dengan master RWD Surabaya ini pun langsung melakukan drifting dengan KE70 miliknya.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (49)Dan juga doughnut memutari cone.

Hellyea! ramadhan 2014 (49)Toyota Corolla DX KE70 yang sudah dioperasi wajahnya menggunakan Daihatsu Charmant ini sering sekali mengikuti kompetisi-kompetisi slalom nasional. Jika anda penggemar slalom pasti anda tidak asing dengan mobil ini.

Hellyea! ramadhan 2014 (33)Bengkel Olimart Surabaya pun juga datang dan mengikuti latihan hari itu dengan Nissan Cefiro A31 yang sudah di engine swap dengan RB26DET.

Hellyea! ramadhan 2014 (28)Project drift car RB26DET powered Nissan Cefiro A31 milik Olimart Surabaya ini memang sudah berjalan cukup lama, namun baru beberapa waktu lalu mobil ini siap dipakai latihan drifting dan pada Perfourm Open Drift Practice Ramadhan hari itu Cefiro A31 milik Olimart Surabaya siap untuk burn some tires.

Hellyea! ramadhan 2014 (36)Namun sedikit permasalahan pada power steering yang tidak berjalan dengan lancar menyebabkan handling Cefiro A31 ini tidak bagus dan susah untuk diajak drifting.

Hellyea! ramadhan 2014 (31)Dicky ZU yang tampak penasaran dengan Cefiro A31 Olimart Surabaya pun langsung mencoba untuk drifting.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (44)Hasilnya? Pembalap yang sering dijuluki master RWD Jawa Timur ini pun dapat melakukan doughnut dengan mulus dan lancar.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (46)Walaupun power steering nya tidak bekerja dengan baik sehingga susah counter steer, namun Dicky ZU tetap berusaha untuk mengendalikan Cefiro A31 ini.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (53)Binar ZT yang hari itu juga hadir dalam Perfourm Open Drift Practice pun juga ikut mencoba Cefiro A31 milik Olimart Surabaya ini.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (54)Dan sepertinya dia sudah kangen dengan Cefiro A31 RB25DET miliknya yang baru saja laku.

Hellyea! ramadhan 2014 (51)Meet Race, anak kedua dari Binar ZT yang namanya kelewat balap yaitu Racing Annadan Binar atau anda bisa memanggilnya Race. Inilah akibatnya jika motorsport sudah mendarah daging di orang tua anda atau benar-benar “racing is in my blood”, sejak kecil anda sudah diajak ke playground. Race, are you racing?

Hellyea! ramadhan 2014 (18)Dani TJ yang pada hari itu sudah terlihat lancar drifting dengan Benz E320 yang baru saja selesai maintenance pun mengalami sedikit accident.

Hellyea! ramadhan 2014 (17)Pada saat melakukan doughnut tiba-tiba mobilnya understeer.

Hellyea! ramadhan 2014 (19)Kemudian Benz E320 ini menabrak dan tersangkut beton pembatas jalan, dia pun sempat memaju-mundurkan mobilnya.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (30)Lalu saya melihat ada air coolant yang menetes dari radiator, ternyata benturan yang cukup keras menyebabkan radiator Benz milik TJ bocor.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (29)Selain itu, lampu bagian depan kiri dan juga besi penyangga bemper pun juga tidak lepas dari benturan keras. Hal ini menyebabkan dirinya tidak bisa melanjutkan latihan, saran saya untuk latihan selanjutnya agar memasangkan bash bar pada bagian depan mobil ini seperti pada Cefiro A31 milik Randy sehingga dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi akibat benturan keras.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (31)Mobil pun diparkir di area paddock dan semua orang lalu berkumpul ingin melihat apa saja yang terkena benturan yang baru saja terjadi. TJ pun tampak bingung dan akhirnya beberapa saat kemudian dia memutuskan untuk pulang lebih awal.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (34)Lalu latihan dilanjutkan oleh Andy SP Garage dengan Skyline R34 RB26DET yang sudah tidak in reyen lagi melainkan sudah sangat siap untuk diajak drifting.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (39)Ini adalah latihan kedua semenjak Skyline R34 milik Andy selesai in reyen. Akhirnya lagi-lagi para penggemar drifting di Surabaya bisa melihat Skyline R34 ini kembali beraksi di Kenjeran Park yang merupakan tempat latihan drifting rutin bagi Showrockboyo Sideways.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (40)Memang sepertinya Skyline R34 ini terlahir untuk drifting, mengingat pada tahun 2011 saat adanya drifting pertama kali di Surabaya, mobil inilah yang menjadi satu mobil diantara dua mobil drift pertama di Surabaya yang mengikuti event drifting pertama di Surabaya.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (35)Kemudian pada tahun 2012 Takahiro Ueno ke Surabaya untuk menjadi juri lomba RC Drift se Asia dan dilanjutkan dengan Ototuned Drift Meet (sebelum ganti nama menjadi Perfourm.com) dan mobil ini menjadi mobil favorit Takahiro Ueno.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (37)Dari tahun ke tahun, upgrade yang dilakukan Andy SP Garage terhadap mobil ini ternyata arahnya sudah terlihat jelas. Nothing but drift.

Hellyea! ramadhan 2014 (24)Jika anda sedang melihat Skyline R34 dengan mesin RB26DET inside drifting dihadapan anda, pasti yang anda lakukan pertama adalah mengambil smartphone anda lalu mengaktifkan kamera atau video dan mulai mengambil gambar maupun video. Welcome to the 21st century.

Hellyea! ramadhan 2014 (16)Tire marks. Tire marks everywhere…

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (23)Pada hari itu, Olimart Surabaya tidak hanya membawa Cefiro A31 RB26DET, tetapi ternyata juga didampingi dengan Skyline R34 GT-S berwarna putih yang ketika mobil ini datang, saya kira ini adalah Skyline R34 milik Andy SP Garage. Skyline R34 GT-S milik Olimart Surabaya ini menggunakan RB25DET neo dan ECU nya sudah menggunakan HKS Fcon pro. Kabar baiknya mobil ini adalah RWD yang sangat potensial untuk diajak drifting, dan kabar buruknya adalah hari itu mobil ini tidak going sideways. Maybe next time?

Hellyea! ramadhan 2014 (25)Sementara itu, Bima sedang membantu menyemprot radiator Skyline R34 milik Andy SP Garage setelah beberapa menit drifting.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (52)SBO TV yang pada hari itu datang untuk liputan pun tidak lupa mewawancarai Founder Perfourm.com Nyonk yang berperan sebagai penggerak drifting di Surabaya dan penyelenggara event HELL YEA! Perfourm Open Drift Practice Ramadhan 2014.

Hellyea! ramadhan 2014 (40)Setelah sesi wawancara selesai, Binar ZT pun back on the track namun tidak lagi dengan Cefiro A31 Olimart Surabaya tetapi menggunakan Cefiro A31 yang juga milik salah satu anggota Showrockboyo Sideways yaitu Louis.

Hellyea! ramadhan 2014 (45)Taxi drift sudah menjadi tradisi pada HELL YEA! Perfourm Open Drift Practice. Maka dari itu pada setiap event drifting yang diadakan oleh Perfourm.com, pasti pada akhir sesi latihan penonton akan diberikan kesempatan untuk memilih drift car mana yang akan ditumpangi, dan juga tidak dipungut biaya.

Hellyea! ramadhan 2014 (43)Tujuannya yaitu agar para penggemar drifting yang juga merupakan supporter utama HELL YEA! Perfourm Open Drift Practice juga bisa benar-benar merasakan apa itu drifting dan bagaimana rasanya duduk disamping drifter yang sedang latihan.

Hellyea! ramadhan 2014 (44)Mike yang dengan senang hati memberikan tumpangan pun mengajak penumpangnya untuk drifting beberapa menit dan melakukan improvisasi. What? No hand drifting!?

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (47)Sejenak Kenjeran Park pun tertutup asap tebal.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (48)Gentlemen. This is HELL YEA!

Hellyea! ramadhan 2014 (21)Teman baru kami, Nouval dan Kahfi pun rupanya belum juga puas latihan dan ingin terus drifting dengan FT-86 manual yang kata Mike handling nya sangat baik.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (32)Mungkin ban cadangan perlu dibawa untuk latihan selanjutnya agar jika ban nya sudah rata bisa langsung ganti ditempat dan melanjutkan latihan.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (51)Kemudian Darell masuk kedalam track dan melakukan duet ala FT-86.

Hellyea! ramadhan 2014 (48)Dicky ZU dengan Corolla DX KE70 4A-GE 20V Blacktop berwajah Charmant pun kembali turun ke track untuk drifting pada menit-menit terakhir.

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (55)Rotary boy yang satu ini mulai terlihat lancar drifting dengan RX-8 SE3P nya. Are you ready for the next Perfourm Drift Practice, Bim?

adhyasaka-perfourm open drift practice-surabaya (57)Meskipun Skyline R34 Olimart Surabaya hari itu tidak drifting, setidaknya lebih baik diparkir berdampingan seperti ini. Siapa tahu mungkin virus drifting memang benar-benar bisa menular.

Hellyea! ramadhan 2014 (57)Sebelum acara diakhiri, kami pun memutuskan untuk foto bersama mobil-mobil anggota Showrockboyo Sideways yang tersisa hari itu. Namun ada yang sudah memutuskan untuk pulang terlebih dahulu sebelum latihan berakhir karena ada keperluan.

Hellyea! ramadhan 2014 (60)Untuk kedepannya Perfourm.com dan Showrockboyo Sideways akan terus mengadakan HELL YEA! Perfourm Open Drift Practice beberapa bulan sekali dan juga mewadahi bagi para RWD boys yang ingin bergabung untuk latihan drift bersama.

Hellyea! ramadhan 2014 (61)Lalu foto bersama drifter dari Showrockboyo Sidewas dan juga crew dari SBO TV.

Hellyea! ramadhan 2014 (64)Setelah satu persatu drifter dan penonton meninggalkan Kenjeran Park, Darell pun berpamitan kepada Andy SP Garage untuk pulang dengan cara memutari Skyline R34 milik Andy yang masih terparkir ditengah-tengah.

Hellyea! ramadhan 2014 (66)Lalu Andy SP Garage juga melakukan doughnut beberapa kali dengan latar belakang sunset Kota Surabaya, kemudian langsung meninggalkan Kenjeran Park.

Hellyea! ramadhan 2014 (67)Sebagai after race party, Saya bersama Founder Perfourm.com Nyonk yang sudah kelaparan memutuskan untuk berbuka puasa dengan Seafood yang terkenal enaknya se Surabaya ini.

Hellyea! ramadhan 2014 (68)Kerang asam manis pedas, cumi goreng kering mentega, dan juga cah kangkung. Dayum!

Hellyea! ramadhan 2014 (65)Perfourm.com mengucapkan terimakasih kepada Showrockboyo Sideways, Ultra Racing Indonesia, SBO TV, Indonesia Exotic Cars Spotters, dan juga para pecinta drift di Surabaya yang sudah datang dan mensupport berjalannya HELL YEA! Perfourm Open Drift Practice Ramadhan 2014.

And see you next HELL YEA! Perfourm Open Drift Practice

 

Adhyasaka Hutama

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!