STEVE GARAGE PEKANBARU: “THE BABY” ‘S DAY OUT

3025

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (42)“The Baby” Steve Garage is back! Setelah sempat absen pada Sentul Drag Race 2014 seri kedua, akhirnya Stefen Teo pemilik Steve Garage Pekanbaru sekaligus tuner dari EG6 “The Baby”, kembali membawa Honda Civic Estilo EG6 yang sempat mencetak rekor 7,671 detik pada 201 meter di Kota Semarang ini, untuk meramaikan scene All Motor di Indonesia dalam event Sentul Drag Race 2014 seri ketiga.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (2)Setelah mengudara selama 1 jam 15 menit dari Surabaya saya pun tiba di Jakarta dan dijemput oleh M. Wasrik, joki EG6 “The Baby” pada Sentul Drag Race 2014 seri ketiga. Karena saat itu sudah Sabtu dini hari, kami pun memutuskan untuk langsung menuju hotel yang terletak di dekat Sentul International Circuit, dan juga membeli sesuatu untuk camilan di restoran fast food yang malam itu sangat dicari-cari keberadaannya.

DAY 1 – QTT DAY

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (3)Sabtu, 30 Agustus 2014 sekitar pukul 9 pagi kami memutuskan untuk berangkat dari hotel dan mengikuti Scrutineering dan juga QTT. Dan saya pun mulai wara-wiri untuk melihat mobil para peserta yang mengikuti proses scrutineering. Untuk seri ketiga ini Steve Garage Pekanbaru mengirimkan 2 mobil, yaitu EG6 “The Baby” milik Angger AV dan juga Subaru Impreza WRX STi yang populer disebut version 10 milik Billy.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (5)Dan juga Honda Civic Nouva EF baru beberapa hari yang lalu dibeli oleh M. Wasrik dari Chandra Supernova dan langsung diikutkan pada Sentul Drag Race 2014 seri ketiga hari itu. Ini merupakan first debut pembalap yang terkenal akan reaction time nya yang bagus ini dalam menggunakan Civic EF miliknya di Sentul.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (4)Beberapa pembalap dari Steve Garage pun mulai mengisikan form untuk kemudian diserahkan kepada panitia.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (8)Tidak lupa M. Wasrik meminta untuk foto disamping EG6 “The Baby” dan juga tunernya atau the man behind EG6 “The Baby” yaitu Stefen Teo, dari Steve Garage Pekanbaru, ada juga Azry tuner asal MZZ Motorsport Malaysia yang juga merupakan teman dari Stefen Teo, ingin mengetahui bagaimana scene motorsport di Indonesia khususnya drag race.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (9)Pada event Sentul Drag Race 2014 seri ketiga ini EG6 “The Baby” bertanding di 3 kelas yaitu kelas bracket 11 detik, kelas bracket 12 detik dan juga bracket 13 detik. Subaru Impreza WRX STi version 10 yang juga dikirim langsung dari Pekanbaru ini bertanding di kelas bracket 13 detik dan bracket 14 detik. Ini merupakan first debut Billy dalam bertanding di lintasan 402m di Sentul International Circuit, sebelumnya ia hanya bertanding di lintasan 201m di Pekanbaru saja. Sedangkan Civic EF milik M. Wasrik bertanding di kelas bracket 15 detik dan bracket 16 detik.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (1)Setelah scrutineering selesai, kami pun segera bergerak menuju pit 41 yang sudah disediakan untuk Steve Garage dan mempersiapkan EG6 “The Baby” untuk QTT. Wajah lucu dan imut “The Baby” pun tidak lagi terlihat lucu ketika bodi bagian depan yang sudah one piece ini dilepas dan mesin B20 yang terpasang pada mobil ini dinyalakan untuk warming up.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (38)Yang ada hanya keganasan suara mesin pure N/A B20 VTEC 2.0L bertenaga 333.5 horsepower buatan Steve Garage Pekanbaru yang pernah membuat rekor baru 7,671 detik pada 201m  dan tentu saja hungry for 11 second pada lintasan 402m. Untuk spesifikasi mesin B20 buatan Steve Garage Pekanbaru ini menggunakan head B16a, camshaft Skunk2 Pro3+, klep Supertech Flatface, per klep Skunk2 Pro Series, retainer Skunk2 Titanium, Lost Motion Assembling Skunk2, Intake Edelbrock VictorX Portmatch, Injector Clinic 340cc, Super 90 engine block, packing head Cometic, oil pump Toga. Sedangkan untuk engine management Steve Garage menggunakan P28 ECU with Dastek Unichip Q+ Piggyback with Launch Control and VTEC Modul.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (10)Interior nya pun juga dilakukan diet besar-besaran alias weight reduction agar ringan. EG6 “The Baby” yang dikirim menggunakan towing truck dari Pekanbaru menuju Jakarta ini sempat diletakkan di bengkel Sigma Speed untuk fine tuning dan juga persiapan Sentul Drag Race 2014 seri ketiga ini.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (12)Civic EF yang baru beberapa hari yang lalu dilunasi ini pun juga terlihat segera melakukan persiapan untuk memulai QTT.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (6)Mesin D16 yang terpasang ini mampu memuntahkan 180 horsepower, pada seri kedua lalu Civic EF yang juga bertanding di kelas bracket 15 detik dan bracket 16 detik ini  best time nya 15,1 detik pada 402m.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (13)Sedangkan Subaru Impreza WRX STi yang diparkirkan bersebelahan dengan Mitsubishi Lancer Evolution IX CT9A ini sepertinya sudah siap untuk melakukan QTT.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (37)Billy mengatakan bahwa dia belum banyak melakukan ubahan pada sektor mesin di mobilnya, untuk first debutnya di event Sentul Drag Race 2014 seri 3 ini dia memasangkan Unichip Engine Management, blow off HKS, Perrin Performance untuk pipes pada seluruh sektor mesin, dan juga Cusco strut bar. Saat tiba di Sigma Speed, dia pun juga sempat melakukan dyno dan hasilnya 407 horsepower. Best time mobil ini saat masih standar pada lintasan 201m di Pekanbaru yaitu 9,2 detik.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (16)Saat akan memulai QTT, sang tuner Stefen Teo pun menemukan  kejanggalan pada blok mesin B20 yang bermerk S90 milik EG6 “The Baby” yang menyebabkan ia sempat berpikir dua kali untuk mengikuti QTT atau tidak. Ada retak halus di blok mesin B20 yang terpasang di EG6 “The Baby”.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (17)Maka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akhirnya mekanik Steve Garage memutuskan untuk covering bagian yang retak halus menggunakan lem. Tetapi sebelum itu, header dan isi radiator haruslah dikuras terlebih dahulu.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (15)Sementara itu, Stefen Teo sang tuner dari EG6 “The Baby” pun sibuk mencuci bodi depan dari EG6 “The Baby” yang belum dicuci sejak berangkat dari Pekanbaru dengan towing truck.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (14)Hari itu saya juga menyapa pembalap Team Perfourm Motorsport, Arya Karistanto and the gang yang baru beberapa minggu yang lalu Did Not Start karena BMW E36 yang digunakan untuk bertanding di Euro Touring Car Championship mengalami trouble sehingga membuat dirinya tidak bisa mengikuti balapan.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (20)Sambil menunggu EG6 “The Baby” yang sedang dalam perbaikan, M. Wasrik pun memutuskan untuk memulai QTT dengan Civic EF miliknya. Untuk seri ketiga ini, Civic EF milik M. Wasrik langsung dipakai oleh 5 pembalap sekaligus. Pada kelas bracket 16 detik ada H. Fiar bernomor start 182 dan Citra bernomor start 185. Sedangkan pada kelas bracket 15 detik ada M. Wasrik bernomor start 184, Angger AV bernomor start 183 dan Dikki bernomor start 166. Best time Civic EF ini pada saat QTT yaitu 15,548 detik.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (23)Kembali pada pit 41, retak halus pada blok mesin sudah ditangani, kini EG6 “The Baby” Steve Garage pun siap untuk melakukan QTT. Mekanik dari Steve Garage langsung mengecek ulang pemasangan header yang baru saja dipasangkan kembali.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (22)Dan sang tuner Stefen Teo yang akrab disapa koko Steve ini sedang mengecek tekanan ban M/H drag slick tire pada EG6 “The Baby” agar mendapat traksi pada saat start.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (27)Setiap orang di dalam pit 41 melakukan kesibukannya tersendiri, termasuk Angger AV yang sedang melakukan persiapan sebelum memulai QTT dengan memakai OMP First-S Shoes miliknya.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (24)Dan tidak lupa mengencangkan setelan Takata seat belt yang terpasang pada Bride semi bucket seat di EG6 “The Baby” sebelum bergerak menuju waiting zone.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (28)Setelah itu, Angger AV yang mendapat giliran pertama untuk start dengan EG6 “The Baby” pun langsung bergerak meninggalkan pit 41 dan menuju garis start untuk memulai QTT.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (26)Billy yang juga akan memulai QTT pun tidak lupa berkonsultasi dengan tuner nya yaitu Stefen Teo, karena ini merupakan event pertamanya di Sentul International Circuit.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (29)Setelah itu, saya dan Stefen Teo mulai berjalan dari pit 41 menuju garis start untuk mengawal EG6 “The Baby” yang sudah sampai di waiting zone terlebih dahulu.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (30)Pada saat itu, satu lintasan sedang ditutup oleh panitia karena beberapa menit yang lalu Mitsubishi Lancer Evolution IX CT9A Tiegan milik Wisesa Motorsport mengalami trouble ketika akan start.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (34)Sehingga menyebabkan antrian panjang di waiting zone karena menunggu giliran start yang hanya diperbolehkan satu-persatu mobil.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (31)Akhirnya mau tidak mau, para peserta pun harus sabar menunggu antrian untuk QTT.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (33)Hingga beberapa saat kemudian EG6 “The Baby” semakin dekat dengan garis start. Untuk membuat mobil ini tetap rapat pada barisan pun dengan cara didorong, dan juga tidak ada space untuk melakukan burn out di waiting zone karena antrian yang sangat panjang dan padat.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (35)Setelah sabar menunggu, akhirnya EG6 “The Baby” Steve Garage bisa memulai QTT dengan lancar. Total ada 4 pembalap yang bertanding menggunakan EG6 “The Baby” ini. Stefen Teo bertanding pada kelas bracket 11 detik bernomor start 190 dan bracket 12 detik bernomor start 191, M. Wasrik bertanding pada kelas bracket 12 detik bernomor start 195, Angger AV bertanding pada kelas bracket 12 detik bernomor start 196 dan bracket 13 detik bernomor start 197, H. Fiar bertanding pada kelas 13 detik bernomor start 192. First run, pada saat QTT Angger AV berhasil mencetak waktu 12,523 detik.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (32)Tidak jauh setelah EG6 “The Baby” memulai first run QTT, ada Subaru Impreza WRX STi version 10 milik Billy yang juga sedang dalam antrian untuk memulai QTT.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (25)Pada seri ketiga ini, Subaru Impreza WRX STi version 10 milik Billy mengikuti kelas bracket 13 detik dan bracket 14 detik. Saat QTT, pria asal Pekanbaru yang mengaku pembaca setia Perfourm.com dan juga suka melihat akun instagram anak-anak I-SPEC Surabaya ini berhasil mencetak waktu 14,061 detik.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (36)Giliran kedua adalah Stefen Teo, pemilik Steve Garage Pekanbaru yang juga menjadi seseorang dibalik EG6 yang pernah mencetak rekor baru 7,671 detik pada akhir tahun 2013 di lintasan 201m. Sebelum meninggalkan pit 41 dengan EG6 “The Baby’ ia pun tidak lupa memasangkan Sparco Balaclava dan juga Shoei X-Twelve Daijiro miliknya.

The Baby Steve garage eg6 (3)Dan bergerak menuju waiting zone sebelum maju ke garis start.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (7)Pada saat QTT, tuner sekaligus pembalap yang bertanding pada kelas bracket 11 detik dan bracket 12 detik menggunakan EG6 “The Baby” ini berhasil mencetak waktu terbaiknya yaitu 12,000 detik.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (18)Tidak lama kemudian saya memutuskan untuk kembali ke pit 41 dan M. Wasrik sudah menunggu giliran untuk berduet dengan EG6 “The Baby” yang sedang kembali menuju pit.

The Baby Steve garage eg6QTT ketiga kalinya untuk EG6 “The Baby” dipiloti oleh M. Wasrik, pembalap asal Semarang, Jawa Tengah yang pada seri kedua lalu berduet dengan tim Hot Wheels Manado ini mencetak waktu 12,165 detik.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (42)Sekitar pukul 5 sore QTT pun selesai dan waktunya EG6 “The Baby” untuk kembali ke pit 41 dan beristirahat agar siap pada saat race day.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (39)Sambil menunggu kembali ke hotel, saya yang sudah kelaparan memutuskan untuk mengisi perut yang sudah keroncongan dengan Nasi Uduk dan Ayam Goreng yang ada.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (40)Sementara itu Angger AV sedang asik dengan rokok ramah lingkungan yang belakangan ini sedang booming dikalangan perokok yang disebut Vape.

day 1 - Steve Garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (43)Sekitar pukul 7 malam saya dan rombongan Steve Garage pun kembali ke hotel dan meninggalkan EG6 “The Baby’ di pit 41 yang sedang beristirahat untuk race day hari Minggu, 31 Agustus 2014.

 

DAY 2 – RACE DAY

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (5)Besoknya, sekitar pukul 8 pagi saya dan rombongan Steve Garage sudah berada di pit 41 dan ikut melihat persiapan dari EG6 “The Baby” untuk memulai heat pertama di kelas bracket 13, bracket 12, dan bracket 11. 19 liter VP Racing Fuel pun siap untuk diisikan ke tangki bahan bakar EG6 “The Baby” ini.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (1)Seperti biasa, saya pun melakukan ritual menempelkan stiker Perfourm.com pada kedua sisi kaca EG6 “The Baby” untuk menambah 10 hp atau handsome power dari setiap pembalapnya.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (2)Dan sambil menunggu para mekanik dari Steve Garage mempersiapkan EG6 “The Baby”, ketiga pembalap yang kemarin mengikuti QTT menggunakan EG6 “The Baby” memanggil saya dan meminta untuk difoto dengan background EG6 “The Baby”.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (3)Beberapa saat kemudian, waiting zone untuk kelas 16 detik pun dibuka. H. Fiar yang bernomor start 182 langsung berangkat menuju waiting zone untuk bertanding di heat pertama pada kelas bracket 16 detik.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (7)Sayangnya pada heat pertama H. Fiar mencetak waktu 15,998 detik dan dinyatakan break out sehingga tidak bisa mengikuti heat kedua.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (37)Citra, adik dari M. Wasrik yang juga bertanding di kelas bracket 16 detik menggunakan Civic EF ini langsung bersiap menuju waiting zone setelah H. Fiar kembali ke pit 41.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (15)Pada heat pertama Citra mencetak waktu 16,257 detik dan memperoleh posisi 15. Dan pada heat kedua dia mencetak waktu 16,293 detik yang harus membuatnya puas hanya naik 2 peringkat menjadi peringkat 12.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (9)Dikki Mahardika yang juga ikut dalam kelas bracket 16 detik pun siap menuju waiting zone sebelum start.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (11)Nasib kurang beruntung dialami pembalap asal Jawa Tengah ini, catatan waktunya 15,886 detik pada kelas bracket 16 detik yang menyebabkan dia tidak bisa mengikuti heat kedua karena breakout.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (12)Lanjut pada kelas bracket 15 detik, ada Angger AV yang juga merupakan owner dari EG6 “The Baby” sedang berada di waiting zone dan menunggu waktu start.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (13)Angger AV harus puas berada di posisi 14 pada kelas bracket 15 dengan catatan waktu 15,410 detik. Saat heat kedua penampilan Angger AV terlihat kurang maksimal dikarenakan kopling mobil yang selip dan ia pun tidak memperoleh catatan waktu yang memuaskan alias breakout.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (14)Pembalap keempat yang memakai Civic EF ini adalah pemiliknya sendiri, M. Wasrik yang bertanding di kelas bracket 15 detik.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (8)Catatan waktu M. Wasrik pada heat pertama yaitu 15,133 detik dan pada heat kedua 15,238 detik yang menyebabkan M. Wasrik harus puas menempati posisi keenam pada overall kelas bracket 15 detik. Permasalahan selipnya kopling mobil pada saat heat kedua menyebabkan performa mobil kurang maksimal.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (16)Tidak lama kemudian, kelas bracket 14 detik pun dimulai. Billy yang sudah siap untuk start pun segera bergerak dari pit 41 menuju waiting zone dengan didampingi satu mekanik dari Steve Garage. Lihat saja, saking siapnya pembalap yang bertanding di kelas bracket 14 detik dan bracket 13 detik menggunakan Subaru Impreza WRX STi version 10 407 hp ini sampai menurunkan kaca helm nya karena takut masuk angin.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (18)Di kelas bracket 14 detik pembalap asal Pekanbaru ini breakout sehingga tidak bisa mengikuti heat kedua.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (39)Sedangkan pada kelas bracket 13 detik, saat heat pertama Billy tampil dengan percaya diri dan berhasil mencetak waktu 13,362 detik. Namun perasaan grogi karena baru pertama kali bertanding di Sentul International Circuit menyebabkan dirinya hanya berhasil mencetak waktu 13,875 detik pada heat kedua. Saat saya tanya, dia mengatakan bahwa saat start dirinya lupa mematikan AC mobilnya yang menyala dari saat menunggu di waiting zone.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (4)Sambil menunggu giliran EG6 “The Baby” berangkat menuju waiting zone saya memutuskan untuk berjalan ke pit 41 dan melihat koko Steve yang sedang sibuk mempersiapkan GoPro untuk dipasang di EG6 “The Baby”.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (6)Begitu juga Angger AV dan M. Wasrik yang sibuk mengganti update social media seperti BBM, Twitter, Instagram, Path dan lain-lain.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (17)Tidak lama kemudian, Angger AV yang mendapat giliran pertama start pada kelas bracket 13 detik menggunakan EG6 “The Baby” pun langsung berangkat menuju waiting zone.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (19)Dan bersiap untuk maju ke garis start dengan Simpson Diamondback Helmet SA2010 yang sudah menggunakan livery serasi dengan mobil balap miliknya yaitu “The Baby”.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (20)Kemudian bersiap untuk menunggu aba-aba dari panitia dan aba-aba dari lampu start.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (25)Tepat saat lampu hijau menyala Angger AV langsung memacu Honda Civic Estilo EG6 bertenaga 333.5 hp ini.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (22)Pada heat pertama kelas bracket 13 detik, Angger AV berhasil mencetak waktu 13,260 detik.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (23)Setelah giliran Angger AV, kini giliran H. Fiar yang juga bertanding menggunakan EG6 “The Baby” pada kelas bracket 13 detik. Tanpa harus kembali ke pit 41, EG6 “The Baby” pun langsung dibawa menuju waiting zone untuk dipakai start lagi pada kelas yang sama.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (24)H. Fiar yang bernomor start 192 sudah siap untuk menuju garis start dan memulai heat pertama.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (26)Pembalap dari tim Steve Garage Pekanbaru ini pun mendapatkan start yang bagus.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (21)Hingga pada saat EG6 “The Baby” berlari hampir 100 meter dari garis start, terdengar suara teriakan mesin B20 yang sangat keras dan pada saat H. Fiar melakukan shifting dari gear 2 ke gear 3, laju EG6 “The Baby” pun tidak bertambah cepat melainkan melambat.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (27)Stefen Teo dan Angger AV yang sudah stand by di waiting zone untuk menunggu giliran start pada kelas bracket 12 detik pun mulai panik dan bingung saat melihat laju EG6 “The Baby” mulai melambat dan kehilangan tenaga setelah H. Fiar melakukan perpindahan gear dari 2 ke 3. Shit just got happened.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (28)Hingga akhirnya koko Steve mendapat kabar buruk dari salah satu mekaniknya yang sedang berada di braking zone memeriksa apa yang terjadi pada EG6 “The Baby”. Dan melepas Sparco balaclava dan juga helm Shoei X-Twelve Daijiro miliknya.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (29)Dan dirinya memutuskan untuk berjalan kaki dengan perasaan kecewa dari waiting zone menuju pit 41 karena salah satu mekaniknya mengabarkan bahwa EG6 “The Baby” tidak bisa melanjutkan balapan.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (30)Beberapa saat kemudian, EG6 “The Baby” yang sudah dievakuasi oleh mekanik Steve Garage menggunakan Service Car Honda Sunter pun sampai di pit 41.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (31)Saat berada di braking zone, mekanik Steve Garage sempat memeriksa mesin dan mencari tahu apa yang menyebabkan lari EG6 “The Baby” ini tidak maksimal. Ternyata salah satu busi NGK Iriway 8 yang baru saja dipasangkan pada saat akan mengikuti QTT sehari sebelumnya hancur.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (33)Setelah itu koko Steve dan mekaniknya pun langsung membongkar mesin B20 di pit 41 dan mencari tau apalagi kerusakan yang dialami oleh EG6 “The Baby” ini.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (32)Selain busi NGK Iriway 8 yang hancur, klep mesin B20 yang terpasang pada EG6 “The Baby” putus. Awalnya Steve sempat mengira bahwa terjadi miss gear pada saat shifting gear 2 ke gear 3 yang terus dipaksakan sehingga klep pada mesin B20 ini patah.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (35)Kerusakan juga terlihat pada head B16a setelah dipisahkan dari blok mesin B20. Kerusakan pada head yang cukup parah menyebabkan komponen ini tidak bisa lagi digunakan alias harus mengganti dengan yang baru.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (34)Para pembalap dari Steve Garage pun berkumpul dan melihat rekaman dari GoPro yang telah dipasangkan pada EG6 “The Baby” sebelum start. Stefen Teo sang tuner mengatakan bahwa ternyata penyebab klep mesin B20 putus dan head B16a yang hancur dikarenakan pembalapnya tidak segera shifting ke gear 3, sehingga mesin B20 menyentuh 9000 rpm secara terus menerus saat gear 2 atau over rev yang menyebabkan beberapa komponen mesin mengalami kerusakan.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (36)H. Fiar yang terlihat shock pun langsung mengambil kursi dan duduk sambil menyaksikan mesin B20 milik EG6 ”The Baby” dibongkar.

day 2 - Steve garage Pekanbaru Sentul Drag Race 2014 - Adhyasaka Perfourm (38)Sorenya, EG6 “The Baby” pun dinaikkan ke towing truck untuk dikirim menuju Sigma Speed Jakarta. Steve juga mengatakan bahwa dirinya akan berusaha untuk segera memperbaiki kerusakan pada EG6 “The Baby” terutama untuk penggantian piston, head dan klep. Dan juga melakukan persiapan untuk Sentul Drag Race seri 4.

Tidak lupa saya pun mengucapkan terimakasih kepada Steve Garage Pekanbaru yang sudah mengundang Perfourm.com untuk hadir dalam Sentul Drag Race 2014 seri ketiga untuk team coverage. Get well soon for EG6 “The Baby” and see you all.

 

Adhyasaka Hutama

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!