DATING WITH THE SPEEDFREAK SURABAYA

1134

SF MEET-Perfourm (35)

Sudah lama saya tidak dating atau berkumpul dengan beberapa club ataupun car enthusiast di kota Surabaya karena jadwal liputan saya yang pada merayap dan selalu away dari kota buaya ini. Dan kebetulan 2 hari setelah saya tiba di kota Surabaya, saya pun diajak untuk berkumpul dengan para JDM enthusiast di kota ini, yaitu Speed Freak.

SF MEET-Perfourm (2)

Sayapun datang ke sebuah mall dikawasan Surabaya Barat, tempat dimana sekitar 7 mobil anggota Speedfreak sudah terparkir rapi di area valet parking. Kita skip dulu mobilnya, karena seluruh anggota SF sudah berada di foodcourt.

SF MEET-Perfourm

Meet the Speed Freak guys. Club yang umurnya hampir 1 tahun ini sudah terlihat semakin besar dan membesar dengan bergabungnya beberapa anggota baru. Bisa dibilang pertumbuhan populasi sport car di ibukota Jawa Timur ini grafiknya meningkat.

SF MEET-Perfourm (19)

Satu-satunya kekurangan kita di Surabaya atau Jawa Timur adalah tidak adanya sebuah sirkuit. Jadilah kebanyakan dari para car enthusiast khususnya yang speed lover atau pemilik sport car hanya  mengandalkan janjian ketemuan atau kumpul-kumpul di area parkir mall.

SF MEET-Perfourm (3)

Padahal rata-rata sport car di Surabaya hampir semua sektornya (interior, eksterior,kaki-kaki, dan engine) sudah di modified atau di tune.

SF MEET-Perfourm (26)

Peraturannya simple, selama Anda mempunyai mobil yang sudah di tune atau modif entah itu performance ataupun fashion, Euro ataupun Japanese, sport car ataupun SUV, selama Anda easy going dan seorang machine head.  Saya pikir tak ada masalah

SF MEET-Perfourm (5)

Lama tak berkumpul dengan JDM heroes ini, saya pun menemukan bahwa keluarga SF semakin banyak dengan hadirnya beberapa anggota baru. Seperti Mitsubishi Lancer Evolution IX MR CT9A

SF MEET-Perfourm (4)

Sebuah Scoobie atau Subaru Impreza WRX STI Hatchback GRB

SF MEET-Perfourm (6)Dan tentu saja…The Black Bird Nissan Fairlady 370Z Z34  dengan Nismo body kit

SF MEET-Perfourm (24)

Dan tentu saja Anda tahu apa arti dari sebuah nama Speedfreak yang menurut mbah Google ataupun buku translate Inggris manapun, artinya tetap pecinta kecepatan.

SF MEET-Perfourm (15)

So That’s why I’m gonna pop the hood.

SF MEET-Perfourm (12)Dalam engine bay FT86 milik Darell yang biasa digunakan untuk drifting ini saya menemukan sebuah mesin boxer 2.0 Lt yang berkode FA20 yang OEM pabriknya hanya mampu mengeluarkan tenaga sebesar 200 hp , dibengkakkan lagi menjadi sekitar 260-300 HP dengan bantuan doping dari HKS Supercharger

SF MEET-Perfourm (7)Pada mesin Blackbird 370Z, saya menemukan mesin 3.7 LT VQ37VHR V6 yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 332 hp berkat sistem VVEL yaitu  Variable Valve Event and Lift untuk throttle yang lebih responsif dan juga torsi pada rpm bawah(lebih powerful daripada 350Z, 311 hp ) yang sudah diganti HKS  piping beserta open air filternya. Serunya lagi front strutbar si Z ini memakai Nismo front strutbar

SF MEET-Perfourm (9)

Jika hampir sebagian besar anggota SF mengendarai sebuah sedan 4 door ataupun 2 door hatchback bahkan coupe lengkap dengan AWD beserta turbochargernya. Maka salah satu anggota, bahkan salah satu founder atau pendiri SF menggunakan sebuah SUV keluarga dalam sportcar SF ini.

SF MEET-Perfourm (11)

Walaupun hanya sebuah family SUV, namun dalam urusan performance, Erwin sang pemilik yang juga salah satu pendiri SF tidak mau kalah. Beberapa parts dari HKS, sperti HKS Fcon ID, HKS Racing suction, HKS muffler bolt on, Flex piping intercooler, dan R-Speed downpipe front pipe dan center pipe. Membuat SUV ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 213 Hp/506 Nm

SF MEET-Perfourm (22)

Sementara di barisan sudut kiri dari Pajero Sport milik Erwin berjejer pejuang turbocharger dengan ke-4 kaki sakti alias AWD nya. Mulai dari si Scoobie hingga si Sukairain atau Gojira.

SF MEET-Perfourm (10)

Good news nya lagi, para anggota SF ini sudah sadar diri untuk mempersolek bagian engine baynya dengan beberapa part-part aftermarket yang notabene selain bisa menambah Horse Power juga bisa menambah Handsome Power. Seperti Subaru Impreza WRX STI GRB milik Albert yang sudah di lengkapi dengan berbagai macam racing parts dari Jepang seperti Tomei unequal headers downpipe, Blitz front mount intercooler, HKS, Cusco, AEM, Zero/Sport/Tial, Greedy, dan lain-lain.

SF MEET-Perfourm (13)

Pada Evo IX MR milik Rony ini malah sudah di stroker menjadi 2.3 Lt dengan racikan gado-gado berupa Billet Manley Crankshaft, Carrillo Conecting Pro H Beam, JE Piston, HKS valve springs, HKS retainer titanium, HKS cam gear, HKS Camshaft, yang bernapas melalui HKS GTII turbo dan Ralliart intercooler piping, serta di doping oleh Dastek unichip piggyback. Hasilnya Evo IX MR ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 550 hp (pertamax plus)

SF MEET-Perfourm (14)

Surabaya bisa dibilang sedang dilanda virus Subaru, bahkan petinggi Motor Image selaku atpm Subaru di Indonesia mengatakan bahwa penjualan mobil SUV nya kalah telak dengan STI di kota Surabaya. STI Spec UK milik Ferdian ini juga tak mau kalah dengan anggota SF lainnya dalam urusan modif. Brand HKS  termasuk yang paling banyak menghiasi enginebay dari GV milik Ferry ini, seperti HKS Legamax exhaust system, HKS downpipe, HKS turbo manifold, HKS Open Filter, HKS Boost meter, HKS EVCs, dan juga Perrin radiator cover, timing belt cover, serta pitch mount. Coilovernya sendiri menggunakan D2 Coilover.

SF MEET-Perfourm (33)My eyes on you Gojira….saya hapal tatapan mata dari mobil 2 pintu ini. Seperti sebuah tatapan seorang wanita cantik nan binal ala model iklan Guess atau Victoria Secret, yang roaarrr

SF MEET-Perfourm (18)

Yes it’s a Nissan Sukairan R34 GT-R V-Spec II Midnight Purple dengan kaki-kakinya yang berupa Rays CE28n 18×10.5 ET +22 yang dibalut dengan Nitto NT-01 275/35-18, dengan HKS Hipermaxx IV sport coilover yang membuat Sukairan ini grip di lintasan. Midnight purple ini hanya di produksi sebanyak 300 unit di dunia. Saya melihat ada 2 di Indonesia, 1 di Jakarta dan 1 di Surabaya. Dan uniknya dua-duanya sama -sama dimiliki oleh arek Suroboyo.

SF MEET-Perfourm (16)

Masuk ke dalam dapur pacunya, RB26DETT nya di lengserkan dengan sebuah RB28DET (stroker kit) yang didalamnya terdapat HKS 2.8L stroker kit yang bernapas melalui HKS T04Z turbo kits beserta piping, fuel rail, air filter, dan Nismo Intercooler. Injectornya sendiri menggunakan Sard 700cc dengan Calsonic Radiator.Sementara penyalur tenaga mesin sekitar 500 whp ini ke sistem Altezza atau AWD nya adalah Ogura 1000F triple plate clutch.

SF MEET-Perfourm (30)

Walaupun umurnya belum sampai 1 tahun, namun club yang merupakan sarang dari JDM sport cars di kota Surabaya ini sudah mencapai 25 orang dan terus bertambah.

SF MEET-Perfourm (29)

Erwin yang mobilnya hanya sebuah mobil SUV yang hanya punya embel-embel Sport dibelakangnya (Pajero Sport), yang juga selaku pendiri SF ini tidak merasa minder dengan anggotanya yang lain yang notabenenya mobil sport asli. “Minder itu ada waktu pas ngumpul, soalnya mobil saya paling aneh, namun selama kita tetap pada satu paham atau aliran yaitu speed freak, saya rasa suara turbo kecil di Pajero Saya sudah serasa Evo atau Skyline”, kata Erwin.

SF MEET-Perfourm (31)

Saya ada julukan untuk pria berkacamata ini atau Ferry, yaitu Mr. Sukairain. Kenapa? Karena bisa dibilang pria ini mempunyai peternakan Nissan Sukairain R34 GT-R sebanyak 3 buah. Yaitu, R34 GT-R V- Spec II dan 2 ekor R34 GT-R V-Spec II Nur 2 buah. Dan rencananya akan semakin beranak pinak. Sukairain as a fuck..i guess.

SF MEET-Perfourm (35)

Yang jelas tak ada R35 dalam kamus atau daftar belanjaannya Mr. Gojira ini. Yang ada hanya R32, R33, dan R34. R35 pernah dimilikinya, namun driving sensation inline 6  dan juga blow off dari R34 nya membuat Mr. Sukairain ini melego R35nya. Dan tentu saja bentuk dari R34 ini lebih Abadi dan berkarakter JDM banget. And he love to make back fire dari Blitz NUR Spec exhaust kit

SF MEET-Perfourm (36)

Oyasumi Nasai Gojira…..

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

 

Comments

comments!