THE 22th INDONESIA INTERNATIONAL MOTORSHOW 2014

1341

iims'14-perfourm (31)

Yes I know, artikel ini mungkin terbilang sudah basi atau expired kareda sudah berada di external hard disk saya selama hampir 2 bulan lamanya (18-28 September 2014) karena jadwal liputan saya yang padat, dan banyaknya artikel yang line up dalam list saya. Tapi tak menghentikan saya untuk memasukkan file ini ke laptop saya dan menghangatkannya lagi untuk Anda. Maklum di 22th Indonesia International Motorshow 2014 ini saya datang sebagai privater, bukan undangan dari apm seperti sebelum-sebelumnya.

iims'14-perfourm (4)

Langkah saya hendak masuk ke dalam hall utama JIEXPO JAKARTA, terhenti akan sebuah Sukairan di booth BRQ atau Broquet.

iims'14-perfourm (3)

Bukan sembarang Sukairain, namun ini adalah salah satu species Gojira langka di dunia, yaitu Nissan Skyline R33 Nismo 400R yang diproduksi pada tahun 1997. Kenapa langka, karena rencananya akan diproduksi sejumlah 100 unit, tapi ternyata Nismo hanya memproduksi sebanyak 44 unit saja sebelum produksi R33 dihentikan pada tahun 1998. R standing for Racing. Aerokit nya juga tergolong special di jamannya seperti wider fenders, side skirts, a new rear bumper, a new front bumper with bigger air scoops, and a redesigned bonnet and rear spoiler made of carbon fiber. 400R ini juga di lengkapi dengan rims 18×10 Nismo LM-GT1s

iims'14-perfourm (2)

Alasan kenapa huruf R artinya Racing adalah mesin RB26DETT di bore dan stroke up lagi oleh REINIK menjadi 77.7 mm stroke crankshaft (73.7 mm stock), forged 87 mm pistons (86 mm cast stock), upgraded rods, polished ports, high lift camshafts, upgraded oil system, larger exhaust manifolds and higher output turbochargers menjadi RB-X GT2. Tenaganya pun membengkak menjadi 400 HP/470 Nm, tapi bisa melonjak menjadi 500 HP jika disetting pada high boost. Top speednya sekitar 300 km/h, dengan akselerasi dari 0-97km/h hanya dalam tempo waktu 4 detik saja.

iims'14-perfourm (6)

Saya pun bertemu dengan juragan Sukairain ataupun Gojira bahkan brand Mine’s di Indonesia, yaitu Hans dari ART Jakarta. Saya pun bercerita bahwa 2 monster Mine’s sudah saya pernah saya naiki, dan rasakan performanya.

iims'14-perfourm (5)

Dia juga menjelaskan bahwa seluruh mobil yang keluar dari bengkelnya atau ART seperti Nissan Skyline, R35 GT-R, atau bahkan Mine’s menggunakan produk Broquet fuel catalyst. Alat ini berfungsi untuk bekerja untuk menstabilkan kualitas bahan bakar sehingga otomatis bisa dipakai pada rasio kompresi mesin (CR) kendaraan berapapapun angkanya , mengurangi oksidasi dan meminimalkan pertumbuhan mikroorganisme untuk menghasilkan tenaga dan yang lebih baik. Bahkan mampu meningkatkan penghematan bahan bakar kendaraan minimal 15%, dan meningkatkan tenaga kuda dan kecepatan putaran (akselerasi) motor sampai 30%. Bahkan Hans sendiri bilang kalo alat ini membantu chief mechanicnya Mine’s Japan dalam menyetting mobil-mobil Mine’s di Indonesia.

iims'14-perfourm (7)

Begitu masuk ke dalam hall JIEXPO saya pun langsung disambut dengan Honda NSX Concept yang kabar burungnya akan mulai diproduksi pada tahun 2015, tapi beberapa team sudah menggunakannya untuk balapan touring Super-GT Japan kelas GT-500 di awal musim 2014 ini. Terlihat seperti all new Honda Odyssey apa Honda Odyssey yang terlihat seperti NSX.

iims'14-perfourm (66)

Kalo urusan JDM memang pabrikan eyang Soichiro Honda ini memang jagonya, terutama dalam urusan model atau spg nya yang look so JayDeyEm to. Seperti kata ladies ini “Keep Calm and drive Honda”

iims'14-perfourm (10)

Tapi saya tidak bisa calm melihat salah satu reinkarnasi Monster Supra yang akan dilahirkan kembali untuk bertarung lagi dengan rivalnya seperti Gojira dan juga NSX, yaitu Toyota FT-1. Tampang depannya saja sudah jauh berbeda dengan rivalnya, sudah tampak seperti mobil balap LeMans tahun 90’an. Dan tentu saja F1

iims'14-perfourm (13)

Lekuk body bagian sampingnya juga terlihat lebih indah dan sexy dibandingkan dengan R35 dan NSX.  Bentuknya masih ada garis bulatnya, tidak seperti R35 dan NSX yang cenderung kotak seperti robot. Ya walaupun pilar A,B, dan C  sebelas dua belas dengan R35 dan NSX. Namun bagi saya body FT-1 ini masih berbentuk mobil dan so damn sexy.

iims'14-perfourm (11)

Lebih sexy lagi ketika kita melihat pantatnya. Pantatnya pun terlihat semok atau lebar, mirip seperti pantatnya Lexus LFA yang di tambahkan rumus film scion fiction. Exhaustnya pun terletak menyatu dengan rear bumpernya di bawah taillights. Yang memberikan rear diffusernya terlihat cantik dengan stop lamp ala F1. Jangan lupakan juga wingnya. Sugoi….

iims'14-perfourm (12)

Overall mobil ini terlihat sempurna bagi saya atau kalo kata Keiichi atau Mana-P dalam D1 GP, Hyakuten! (100/sempurna). Namun yang membuat saya bingung, kenapa seluruh body mobil ini atau chasingnya seperti mobil Tamiya alias 1 pieces. Bagaimana kalo kita hendak memodif body kitnya, apa mesti dibawa ke Kato-san LB-Performance, Rocket Bunny, atau Nakai-san RWB untuk di potong-potong bodynya

iims'14-perfourm (8)

Saya rasa cukup LCGC sekelas Agya saja yang perlu dipotong-potong bodynya seperti RWB ataupun Rocket Bunny.

iims'14-perfourm (64)Dalam urusan spg atau model, tentu saja Honda dan Toyota yang juga head to head dalam hal boothnya, tak mau kalah dengan Honda

iims'14-perfourm (9)

Mereka juga menghadirkan the best girls in da town

iims'14-perfourm (65)

Dan tentu saja JDM girls

iims'14-perfourm (14)

Booth Daihatsu pun tak mau kalah menghadirkan Sirionnya yang sudah di modif ala ALTO atau All Terrain Off Road ini lengkap dengan warna camouflage beserta bulbar nya.

iims'14-perfourm (16)

Daihatsu juga menampilkan Roadster andalannya yaitu Daihatsu Copen. Ini adalah generasi ke-2nya semenjak pertama kali di produksi pada tahun 2002. Mesinnya sendiri berupa 658cc 3 cylinders 12 valves DOHC intercooler turbo yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 47 kW/92 Nm.

iims'14-perfourm (15)

Masih di kelas city car atau kalo di Jepang sana di sebut Kei Car. Beberapa pabrikan juga menampilkan demo carnya berupa mobil LCGC yang sudah dimodif seperti Daihatsu Ayla GT Concept

iims'14-perfourm (63)

Datsun GO yang dimodif ala touring car lengkap dengan aerokit, rims, dan jangan lupakan juga AP Racing brake kit system dari mobil yang hanya bermesin 1.2 Lt 3 cylinder yang hanya mampu memuntahkan tenaga sebesar 68 hp/104 Nm

iims'14-perfourm (46)

Masih dari negara tempat Datsun Go dilahirkan pertama kali di dunia, yaitu India, ada pabrikan Tata Motors yang tak mau kalah mem pimp my ride Tata Vista nya dengan tampilan ala touring car. Sepertinya ini adalah kendaraan masa depannya Inspektur Vijay. Jika Anda anak tahun 80 atau 90’an Anda pasti kenal dengan pak Polisi yang selalu wara wiri menggunakan Suzuki  Jimny atau Kutrik dengan atap terbukanya di film India.

iims'14-perfourm (17)

Di booth Mitsubishi juga tak mau kalah dengan pabrikan lainnya, kali ini mereka memajang city car asli buat balap, yaitu Mitsubishi Mirage FBRT. Mirage yang di bangun oleh FBRT atau Firna Bosowa Rally Team ini rencananya akan ikut event  sprint rally di kelas N12. Modifikasi yang dilakukan oleh FBRT hanya pemakaian piggy back untuk meningkatkan kinerja mesin, dan bagian kaki-kaki  yang sesuai aturan main di kejurnas sprint rally.

iims'14-perfourm (18)

Sementara pembalap yang akan berada di cockpit ini adalah tiga kali juara Indonesia dan masuk 5 Besar kejuaraan dunia FIA-PWRC 2012. Serta tahun lalu jadi juara nasional. Dia adalah Subhan Aksa dengan didampingi oleh navigatornya Akbar Hadianto

iims'14-perfourm (19)

Untuk urusan mobil concept, Mitsubishi memboyong sebuah mobil yang bernama Mitsubishi Concept AR yang berarti Active Runabout. Maksudnya bahwa MPV enam penumpang yang dipersenjatai dengan sistem hybrid Belt Start Generator yang meliputi mesin MIVEC tiga silinder turbocharged direct-injection berkapasitas 1.100 cc, yang dipadukan dengan sistem hybrid ringan ini manuvernya selincah sebuah SUV.

iims'14-perfourm (22)

IIMS 2014  juga kedatangan sebuah mobil yang menjadi bintang di di film Transformers: Age of Extinction dan Captain America : The Winter Soldier, yaitu sebuah 460 bhp (340 kW) LT1 6.2 L V8 engine, Chevrolet Corvette Stingray convertible.  Saya lebih menyukai si kakeknya generasi ke-7nya ini, yaitu 1966 Corvette Sting Ray Convertible atau 1976 Corvette Stingray Coupe. Lebih Sexy dan lebih made in USA banget.

iims'14-perfourm (57)

Dipojokan booth Chevrolet ini saya melihat segerombol pengunjung sedang senyam senyum sambil melihat ke arah jendela putih. Pikir saya pada gila orang-orang ini berdiri sambil pake kacamata dan earphone melihat ke jendela sambil mesam mesem sendiri.

iims'14-perfourm (56)Oalah ternyata mereka sedang menonton film yang tak kasat mata alias Invisible Movie. Hanya dengan kacamata khusus ini, Anda kan bisa melihat invisible Movie banyak bercerita tentang fitur-fitur mobil Chevrolet yang dikemas dengan humor

iims'14-perfourm (59)

Namun sayangnya kacamata itu tidak bisa beroperasional invisible pada model di sebelah Suzuki Hustler yang tampak lucu dan imut ini. Hustler terkesan retro karena sentuhan desainnya yang kotak dengan headlightsnya yang bundar. Ukurannya sebelas dua belas dengan Wagon R Cuma agak besaran ini, panjang 3,3 meter dengan lebar 1,4 meter dan tinggi 1,6 meter. Sayangnya mobil ber mesin 658 cc dengan tenaga sebesar 38 kW di 6.600 rpm dan torsi 63 Nm di 4.000 rpm tidak dijual. Alias JDM only.

iims'14-perfourm (58)

It’s OK, yang penting saya bisa memphoto SPG Suzuki yang look so JDM ini juga. Seingat saya dia dulu jaga di booth Subaru

iims'14-perfourm (60)

Jika Anda sudah bosan dengan JDM girl, jangan kwatir di IIMS Anda juga bisa melihat IDM girls alias Indonesia Domestic Market yang tak kalah dengan JDM girls

iims'14-perfourm (61)

Termasuk juga dalam urusan senyum yang khas senyuman Indonesia

iims'14-perfourm (26)

Meanwhile di area outdoor IIMS, ada sebuah big black box seluas 750 meter persegi yang menjadi booth MINI.

iims'14-perfourm (27)Dan tentu saja menjadi booth yang anti mainstream  dengan kegilaan ala Englishman in Jakarta lengkap dengan ciri khas nya flying MINI

iims'14-perfourm (24)

Dan juga desain nya yang mengadopsi pop art yang kental dengan aura bloody Brith Pop or Brith Rock. Setiap sudut dan area, tak lepas dari  sentuhan art. Oleh karena itu tak heran jika tahun ini booth MINI ini berhasil menjadi undisputed champion  atau juara bertahan untuk booth favorit pengunjung dibawah 1000 meter persegi dari tahun 2012.

iims'14-perfourm (25)

Dan tentu saja Tama the beat. Meet the Beast yang membuat saya selalu tak berkedip ketika melihat JCW edition ini (John Cooper Works). New MINI JCW and MINI JCW Paceman. Sesuai judulnya, ke-2 MINI ini merupakan anggota keluarga MINI yang ganas, tentu saja yang terganas adalah GP edition.

iims'14-perfourm (34)Face to face dengan booth MINI di area outdoor ada sang big bos nya MINI, yaitu BMW. 2 booth yang masih dalam 1 group ini memang bersengkokol untuk anti mainstream di IIMS 2014 ini. BMW sendiri menempati luas 1.050 meter persegi  ini juga mendapatkan penghargaan sebagai booth favorit pilihan pengunjung untuk kategori booth ukuran 1.000 – 1.300 meter persegi

iims'14-perfourm (28)

Tentu saja dengan desain booth yang seperti pavilion ini, didalamnya dipastikan akan berisi produk BMW terbaru yang super greget. Yaitu sport car hybrid andalan BMW, yaitu BMW i8

iims'14-perfourm (29)

Bodynya sendiri terbuat dari sel penumpang plastik yang diperkuat dengan serat karbon (CFRP). CFRP disebut 50 persen lebih ringan dari baja namun lima kali lebih kuat dan material paling ringan dan dapat digunakan untuk kendaraan yang disertai keamanan. Sementara untuk dapur pacunya, BMW i8 menggunakan mesin bensin tiga silinder TwinPower Turbo dengan High Precision Direct Petrol Injection serta VALVETRONIC fully variable valve control dan turbocharging. Mesin berkapasitas 1.500 cc itu mampu mengeluarkan daya maksimum 231dk. Selain mesin bensin, BMW i8 juga memiliki motor listrik dengan teknologi BMW eDrive yang merupakan motor sinkron hybrid dengan pengendali daya elektronik dan modul pengisian terpadu yang disertai modus generator untuk rekuperasi. Daya maksimumnya mencapai 131dk. Gabungan tenaga dari kedua penggerak tersebut adalah 362dk dengan torsi maksimum gabungan mencapai 570 Nm. Akselerasi bisa dicapai dalam waktu 4,4 detik untuk jarak 0-100 km/jam. Kecepatan pun diklaim mencapai 250 km/jam dengan konsumsi bahan bakar kombinasi 47,6 km/liter.

iims'14-perfourm (68)

Are you ready guys…

iims'14-perfourm (32)

Tidak usah ditulis juga, penyakit asma saya secara triptonic  langsung kambuh begitu melihat BMW M235i coupe ini.  Mesin inline 6 3.0 Lt  twin scroll turbo nya mampu memuntahkan tenaga sebesar 326 hp/450 Nm mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam tempo waktu 4,8 detik. Good news is, its RWD. Bad news is, it’s a matic and Rp 928 juta (OFR)

iims'14-perfourm (33)

Selain M2, BMW juga menghadirkan saudara kembarnya merupa BMW M4 yang good newsnya its 3.0 Lt inline 6 cylinder twin scroll turbo yang mampu ngeboost hingga 18.1 psi dengan horse powernya mencapai 430 hp/500 Nm dengan gearbox nya yang membuat saya mesam-mesem, yaitu 6 speed manual. It’s a hot papa drift car. Sayangnya harganya juga ikutan hot, yaitu sekitar 1,799 Milyar.

iims'14-perfourm (30)Drive your lil Biem 1st kids, baru kalo sudah besar bisa nyetir BMW ayahnya. Inilah yang membuat kita menjadi seorang machine head, karena dari kita kecil secara tidak sadar orang tua kita sudah memanjakan kita dengan hal-hal yang berbau otomotif, meskipun itu hanya sekedar mainan.

iims'14-perfourm (37)

Mamamia is back. PT. Garansindo Inter Global menghadirkan Alfa Romeo 4C yang terbilang sebagai sport car yang bentuknya cukup unik, wajah depannya terlihat seperti burung berpelatuk. Tapi harus saya akui pabrikan asal Italia ini membuat bentuk mobil ini  bentuknya cukup sexy, cantik, dan menggoda untuk dicoba.

iims'14-perfourm (36)

Walaupun kecil, namun kecil-kecil cabe rawit adalah pepatah yang tepat untuk 4C ini. Alfa 4C menggunakan mesin mid engine berkapasitas 1750 cc 4 cylinder direct injection Turbo Petrol Engine, 6 speed Alfa TCT dual dry clutch transmission. Dengan mesin tersebut mobil ini bisa berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 4,5 detik. Body Monocoque seluruhnya menggunakan carbon fiber yang mamamia beratnya, yaitu hanya 895 kilograms dengan  harga sekitar Rp2 miliar.

iims'14-perfourm (38)Tak hanya 4C saja yang mamamia, model beserta Alfa Romeo Giuletta. Hatchback asal italia ini ini dibekali mesin 1.400 cc Turbocharged MultiAir yang bertenaga 140 hp. Tenaga itu disalurkan ke roda dengan menggunakan transmisi TCT twin clutch. Dan mampu berakselerasi dari 0 – 100 km/jam hanya dalam tempo 7,7 detik. Top speed dari mobil seharga Rp.499 Juta ini mencapai 220 km/jam

iims'14-perfourm (39)

Ada lagi mobil Eropa yang menggoda saya yang berumur bintang 3 ini, yaitu Audi S3 berwarna merah meronta ini. Audi S3 Sedan ini bermesin 2.0 Turbo FSI Quattro bertenaga besar, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 300 hp dengan torsi 380 Nm. Akselerasinyapun mencapai 4,9 detik (0-100 km/jam) dengan top speed mencapai 250 km/jam. Dayum !

iims'14-perfourm (40)

Tentu saja saya juga terpikat dengan para gadis di booth Fiat  yang sedang mengadakan lomba Selfie. Tak ada salahnya salahnya untuk selfie diantara lovely models ini.

IMG_2500

Fiat juga membawa Fiat 500 Sport yang  tampilan eksterior dan interiornya ala Abarth yang sudah dimodifikasi. Fiat 500 masih menggunakan mesin 1.4 Lt 100 hp/141 Nm. Harganya juga tak semahal Abarth ataupun MINI, yaitu Rp 365 juta (OFR).

iims'14-perfourm (43)

Jika tadi BMW dengan line up M Power dan juga i8 nya, maka dari rivalnya ada Mercedes E 63 AMG S. Mobil ini megusung konsep AMG “One Man, One Engine”, alias 1 mesin dikerjakan oleh 1 mekanik ini. dibekali dengan mesin berkapasitas 5.461 cc yang mampu melesat hingga 585 hp dengan torsi maksimal 800 Nm. Harga yang ditawarkan mencerminkan kemewahan fitur dan teknologi yang didapatkan, yaitu sebesar Rp 3,039 miliar off the road. Now that’s OMG !

iims'14-perfourm (44)

Di booth Benz sayapun tertarik dengan koleksi die cast asli dari pabrikan berupa team F1 Mclaren Mercedes dan juga Mercedes AMG Petronas.

iims'14-perfourm (42)

Tak mau kalah dengan Mercedes-Benz dalam urusan F1, booth Renault bahkan membawa replica mobil F1 sebagai pemanis booth mereka. Saya masih ingat betapa menyesalnya saya ketika pada tahun lalu saya tidak datang ke booth Renault karena ada veteran F1 asal Perancis  yang hadir pada saat itu, yaitu Alain Prost .

iims'14-perfourm (45)

Jagoan Renault pada daily car pun muncul dengan Megane RS, ini adalah ibarat versi Type R nya pada Honda. Sedan coupe ini  dibekali oleh mesin 265 dk/360 Nm 2.0 Lt turbo yang akselerasi 0-100 km/jam mencapai 6.665 detik untuk mobil pesaing VW Scirocco seharga Rp. 609 juta ini.

iims'14-perfourm (41)

Dari kubu Volkwagen yang membuat saya tertarik adalah VW Golk MK VII ini

iims'14-perfourm (47)

Datang dari daratan Inggris, ada sport car Jaguar F-Type R Coupe. Sepintas tampang depannya mirip dengan Ferrari California. Tapi mesin V8 Jaguar’s  5.0-litre  supercharged nya ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 540 hp. Jaguar mengklaim, F-Type R Coupe sanggup akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam tempo 4,2 detik. Menariknya, konsumsi BBM-nya terbilang cukup baik, dengan konsumsi BBM kombinasi sebesar 9,0 km/l. Sebuah paduan yang pas untuk sportscar harian seharga 4 Milyar ini.

iims'14-perfourm (54)

Dari daratan hop hip USA ada Line-up sedan premium Chrysler 300C dan Chrysler 300C SRT.  Sedan mewah dari Amerika ini dipersenjatai dengan 3.6-litre Pentastar V6 engine yang menghasilkan power sebesar  292 hp/ 350 Nm. Jika belum muscle car banget, maka ada versi 300C SRT8 (hitam) yang dipersenjatai dengan  mesin 6.4-litre 392 HEMI V8 engine yang biasa digunakan oleh mobil Chrysler dengan embel-embel SRT atau performancenya (type r nya) . Dengan mesin sebeesar 470 hp ini diklaim mampu berlari dari 0-97 km/jam dibawah 4 detik. Holly cow !

iims'14-perfourm (51)

Dari daratan jepang di kelas premium sedan ada Infinity dengan Q50 nya. Infiniti Q50 dibekali dengan dua pilihan mesin, 3.500cc V6 dengan Infiniti’s Direct Response Hybrid di mana kombinasi keduanya mampu menghasilkan tenaga maksimum 350 hp/536 Nm. Buat yang tipikal green sucks, ada  mesin empat silinder 2.000cc Turbo direct injection yang mampu memuntahkan tenaga sebesar  208 hp/350 Nm. Performance, Sebastian Vettel, yang juga Juara Dunia Formula One 4 kali, terlibat langsung dalam pengembangan Infiniti Q50. eknologi canggih  yang disematkan pada New Infiniti Q50 adalah the world’s first steer-by-wire system yaitu Direct Adaptive Steering (DAS) (tersedia pada tipe 3.500cc Hybrid). DAS merupakan sistem yang menghubungkan antara lingkar kemudi dan roda melalui unit steering control khusus, menjadikan kemudi lebih sensitif serta menghasilkan respon kemudi yang cepat, sehingga memberikan pengalaman dinamis dan kenyamanan dalam berkendara. Terdapat pula pengaturan respon kemudi sesuai dengan kondisi jalan atau lalu-lintas yang sedang dilalui.

iims'14-perfourm (50)

The ride of her life akhirnya tiba juga di Indonesia, yaitu The All New Subaru Impreza WRX STI.  Sport car yang sering mendapatkan bully dari para car enthusiast karena tampangnya seperti perkawinan silang antara STI dengan Evo X ini. Bodynya terlihat lebih ramping dan gagah, berkat chassisnya yang mengadopsi Active Torque Vectoring System. Sementara mesin boxernya sendiri dilengkapi dengan DIT (Direct Injection Turbo) yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 268 HP. Tidak sabar melihatnya melantai di jalanan Surabaya, khususnya di rally.

iims'14-perfourm (53)

Behold of the Forestkenstein, perkawinan antara Subaru Forester dengan Frankenstein

iims'14-perfourm (52)

Subaru juga menghadirkan Subaru VIZIV Concept, yaitu sebuah crossover masa depan dari Subaru yang dibekali dengan mesin 2.0-liter boxer 4-cylinder DOHC turbochanged diesel. Selain membekali mesin diesel, Subaru juga sudah mengkombinasikan tenaga listrik pada VIZIC Concept, dengan teknologi Hybrid SI-Drive yang diklaim bertenaga besar dan respons akselerasi linier.

iims'14-perfourm (55)

Saya mengakhiri kunjungan saya selama 12 jam di IIMS kali itu dengan bertemu dengan beberapa teman seperjuangan saya di awal saya membuat website otomotif saya yang pertama, yaitu Wahyu dan juga Gunawan dari Bosmobil. Sudah hampir sekitar 2 tahun kami berkumpul di suatu kontes otomotif yang menyatukan kami dari berbagai media di Indonesia. Kami namakan genk kami, the Koplakz.

iims'14-perfourm (69)

Pulangnya saya melewati bagian outdoor yang di isi oleh golongannya Optimus Prime alias truck. Well, semoga tahun depan saya bisa kembali lagi ke event ini. Tentu saja secara officially diundang oleh salah satu APM. Aamiin…

 

 

Bayu Sulistyo |nyonk|

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

 

 

Comments

comments!