FROM TEGAL WITH SAF AUTO SERVICE GARAGE

4788

Bengkel SAF Tegal (6)

Tegal. Mendengar kata kota Tegal pasti yang ada di pikiran Anda adalah bahasa Tegal  yang  ga di kapak-kapakne menjetat dewe yak?,Cici Tegal, Limbad, sate kambing, tahu aci, ataupun Kasino dari Warkop DKI. Well, ternyata ada yang lebih hot dari pada sate kambing ataupun bahasa Tegal yang membuat Anda senyam senyum atau tertawa  sendiri karena mendengar  dialek atau logatnya yang mungkin kalo jadi comikus di stand up comedy tanpa mbayol pun semuanya pada geerrrr alias tertawa.Yang hot from Tegal adalah sebuah bengkel mobil balap. Da fug. Saya saja kaget, apalagi Anda pasti kaget bukan kepayang mendengar di kota sekecil itu ada bengkel balapnya. Ya saya tidak bercanda jika bilang ada bengkel balap di kota yang jauh dari aktifitas gas pol ini. Bengkel itu bernama SAF auto service. Dan inilah liputan saya di sela-sela mudik membahas rencana lamaran adik saya, di kota Tegal laka-laka (jalan-jalan). Tapi ingat saya bukan orang Tegal, Tegal adalah kota ke-4 papa saya bertugas sewaktu saya SD (4-6) hingga SMP kelas 1(92-95), lalu pindah ke Surabaya (disini saya mendapatkan nama Nyonk). Setelah pensiun, papa saya membangun tanah yang dibelinya sewaktu bertugas, dan membangunnya dengan alasan dekat Jakarta (asal papa saya). Jadilah mulai 2004 saya mudik ke Tegal. Begitu critane inyonk kie.Lol

Bengkel SAF Tegal (11)Saya tahu kalo di tegal ada bengkel balap SAF dari Mas Dicky si raja RWD Jawa Timur yang juga merupakan salah satu customer SAF untuk Corolla KE70 nya (slalom). Sebenarnya gampang saja menemukan bengkel ini, namun karena letaknya agak Tegal coret (diluar Tegal dikit), maka bengkel ini terasa jauh.Jika dari arah Tegal, jalan 5 km dari gapura kota Tegal atau SPBU muri dengan 100 toilet (cocok buata acara pipis masal,lol) kearah timur atau Pemalang, ada traffic light, belok ke kiri,lalu jalan sekitar 6 km melewati sawah dan kawan-kawannya. Lalu di sebelah kiri sebelum Indomart sampailah Anda di bengkel SAF. Saya tidak menyangka di tempat yang sekecil dan se ndeso ini, ada bengkel yang bermain-main dengan Haltech dan 4AGE 20 valve. Memangnya Haltech dan 4AGE 20 valve nya mau di swap ke odong-odong atau pembajak sawah?lol. Lengkapnya di  Jl. Garuda no.26, Babakan Kramat, Tegal. Kalo nyasar telpon saja Mas Sentot di 087737807704

Bengkel SAF Tegal (36)

Setelah kurang lebih menempuh perjalanan sekitar 30 menit dengan motor adik saya yang tidak mau di gas pol, tibalah saya di bengkel SAF yang cukup sederhana dan bersih untuk ukuran sebuah bengkel di sebuah pedesaan.

Bengkel SAF Tegal (37)

Kedatangan saya pun langsung disambut oleh 2 buah KE70 yang sedang di re-tuning oleh Mas Sentot.

Bengkel SAF Tegal (3)

KE70 yang berwarna kuning ini untuk slalom, sedangkan yang berwarna putih untuk sprint rally. Mas Sentot memang terkenal dalam dunia perretroan karena keahliannya men tuning dan men swap engine di mobil jadul sekelas Corolla KE30 peanut ataupun KE70.

Bengkel SAF Tegal (5)

Yang membuat saya bingung pada KE70 berwarna kuning ini adalah tampangnya yang rada aneh, body KE70, tapi tampangnya kok Daihatsu Charmant. Setelah saya tanyakan kepada mas Sentot, ternyata ini body KE70, tapi bersurat Charmant. Oalah begitu toh, hebat juga dokter Sentot ini menfacelift  si DX.

Bengkel SAF Tegal (6)

God bless this 8 spoke RS Watanabe rims. RS Watanabe merupakan salah satu rims favorit saya dan menurut saya jodoh atau pasangan sejatinya old school box racer car sekelas KE70 dan under 90’s car. KE70 ini menggunakan 15’inch  8 spoke RS Watanabe rims yang dipadukan dengan Achilles 123 untuk front tires, sedangkan untuk rear tiresnya ada GT radial Champiro SX2. Specialnya lagi didalam RS Watanabe ini ada brake kit system lengkap dengan tromol  (depan belakang) yang cukup besar untuk sebuah KE70, namun murah dan pakem untuk brake kit system gado gado atau kanibal ala mas Sentot.

Bengkel SAF Tegal (19)

Interiornya sendiri, so 90’s abis. Oem seat yang di bekled atau cover ulang dengan bahan kulit dan tanpa head rest. Benar=benar jaman 90’s.

Bengkel SAF Tegal (20)

Ternyata mas Sentor bukan hanya mem facelift tampang dari KE70 ini ke Charmant saja, tapi hingga dashboard nya juga dig anti dengan produk oem mobil yang masih satu saudara dengan KE70 ini. Saya pribadi lebih suka dengan dashboard nya Charmant ketimbang punya KE70. Anda pasti bertanya, buat apa indicator sebanayak itu di cockpit ini. Masa mesin jadul 5K 1.5 Lt saja butuh instrument sebanyak ini?

Bengkel SAF Tegal (4)

Tampang tua, tapi napas muda. Mungkin lebih tepatnya tua-tua  keladi atau Portugal (perkumpulan orang tua ugal-ugalan). Jantung tua 5K yang sudah bersemedi semenjak tahun 80 ini, digantikan dengan mesin  1600 cc, DOHC, Injection, 20 valve, dan itb (individual throttle body). Jelas langit dan bumi perbedaanya dengan mesin 5K. Silver top ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 128 rwhp (rear wheel horse power). Walaupun tenaga yang dihasilkan naik sekitar 68 hp (stock 4AGE 20 valve 160 hp), namun block mesin nya tetap menggunakan chairman dengan internalnya dari silver top. Sedangkan gearbox dan gardan atau differential nya tetap menggunakan oem chairman. Saya beritahu my dirty little secret, dulu (2005) saya pengen punya mobil drift, saya jual carry GT-R saya, beli 4AGE 20 vlave gara-gara kena kompor Keiichi Tsucyia dan si bocah bakul tahu Takumi dengan AE86 nya, pengen beli body KE70 tapi harganya sudah pedes seperti harga bawang putih. Project impian saya menswap silver top ke KE70 pun wasalam, gara-gara penggila retro yang latah atau musiman. Dan  7 tahun berlalu, saya pun melego 4AGE saya dengan Canon 550D yang saya gunakan saat ini. Sedih, namun akhirnya saya bisa bertemu dan memphoto project mobil drift saya yang nanti kelihatan seperti ini.

Bengkel SAF Tegal (26)

Dan otak pintar dari mobil tua tapi berjantung muda ini adalah sebuah otak senilai 11 juta rupiah yang bernama Haltech PS 500. No wonder this 4AGE 20 valve can scream into 128 rwhp.

Bengkel SAF Tegal (23)

Untuk ukuran sebuah bengkel di tempat yang ndeso ini, tools nya terbilang cukup lengkap dan canggih.

Bengkel SAF Tegal (28)

Dan line up produk Oil yang ditawarkan cukup banyak pilihannya dan beragam. Anda pasti bingung, lakukah oli-oli ini di sebuah pedesaan? Atau memangnya mesin penggiling padi atau mesin pembajak sawah pakai full synthetic oil? Jawabannya adalah laku juga, meskipun perputarannya agak lambat.

Bengkel SAF Tegal (29)

KE70 yang ke-2 saya temukan di bengkel SAF adalah KE70 yang digunakan untuk sprint rally.

Bengkel SAF Tegal (21)

Spion tanduk, head light bunder yang soo  damn jadul, beserta avco dan lampu sorot atau Halogen. Jadilah Anda bergaya ala old school box sprint rally car racer.

Bengkel SAF Tegal (12)Jangan lupakan juga mud flap atau kepet dan classic old school rimsnya. Tapi menurut saya Enkei Rally rims ini kurang jadul atau pas di pasangkan di KE70. Karena rims yang dicomot dari  Toyota Kijang tahun 90’an (oem rims) ini kurang menyatu dengan body KE70. Lebih cocoknya menggunakan Enkei Compe rally, Enkei 8 spoke atau blimbing, Potenza, Dunlop, ataupun Advan

Bengkel SAF Tegal (1)

Untuk bagian buritannya ada duck tail jadul yang terbuat dari karet beserta rear bumper yang juga terbuat dari karet.

Bengkel SAF Tegal (16)

Interiornya sendiri tergolong cukup rapi dengan roll cage, sparco semi bucket seat and 4 point harness.

Bengkel SAF Tegal (14)Kerapian juga terlihat dari pemasangan instrument indicator, engine cut off, dan juga sekering nya yang diletakkan jadi satu di bawah dashboard dekat dengan tuas porseneling

Bengkel SAF Tegal (15)

Sebentar-sebentarr, kayanya saya pernah lihat e-brake knob atau tuas hand rem itu. Dimana ya? Apakah itu pegangannya payung, atau sapu, atau malah kain pel?

Bengkel SAF Tegal (17)

Suspension nya sendiri menggunakan STD coilover

Bengkel SAF Tegal (7)

Sedangkan dapur pacu dari KE70 ini adalah 4AGE 20 valve yang sudah mendapatkan sentuhan aftermarket racing part, sehingga mampu memuntahkan tenaga sebesar 140 rwhp. Seperti  Tomei Poncam, Toda flywheel, yang disalurkan ke drive train Lancer GSR lama melalui T-50 gearbox (AE86) yang dilengkapi dengan TRD close ratio.

Bengkel SAF Tegal (22)

Sumber napas dan tenaga dari 140 rwhp 4AGE 20 valve berwarna putih ini, Tomei Poncam camshaft 264 duration.

Bengkel SAF Tegal (8)

Mesin 4AGE 20 valve baik yang silver top (160 hp) ataupun black top (180 hp), merupakan engine yang mempunyai spec atau performance untuk race, lebih tepatnya diciptakan mendekati spec dan performance mesin legendaries 4AGE 16 valve mereka di balapan single seater Formula Atlantic yang mampu memuntahkan tenaga hingga hamper 300 hp (n/a). 16 valvenya lalu di sempurnakan menjadi 20 valve, dengan memberikan 1 valve tambahan pada in nya sehingga menjadi 3 valve. Ditambah lagi VVTI, dan  itb atau individual throttle body yang membuat mesin comotan dari AE111 ini bisa berteriak hingga 11.000 rpm. Dan suara yang dihasilkan sangat amat seksi, suara v-tec Honda saja kalah seksi. Jadi ingat sama si bakul tahu Bunta, ketika mengajarkan anaknya how to drive your 20 valve kepada anaknya si Takumi.

Bengkel SAF Tegal (13)

Sementara Toda flywheel dan Tomei Poncam dirasa kurang cukup, mas Sentot pun mendoping otak dari 20 valve bertenaga 140 rwhp ini dengan ecu stand alone Haltech PS 500.

Bengkel SAF Tegal (18)

Ini dia Mas Sentot, mekanik sekaligus owner dari bengkel SAF Tegal. Pria yang dulunya asli kota gudeg Jogjakarta ini, memilih mengalahkan ego nya sebaagai pria yang hobby otomotif dengan pindah ke pinggiran kota Tegal demi istri nya  tercinta yang merupakan anak tunggal. Jujur saja saya terharu dan terkesan  mendengar cerita bagaimana the power of love bisa mengalahkan the horse power.

Bengkel SAF Tegal (31)

Semuanya berasal dari sebuah mobil kodok ini. Dimana pria yang dulunya hanya mengotak-ngatik mobil pertamanya berupa Lancer SL sprint rally di halaman kos-kosannya ini (tahun 94). Di tahun 2010, Mas Sentot kebagian job pertamanya  untuk membuat engine dari si kodok ini enak, awet, dan serasa mobil Jepang. Akhirnya Beetle tahun 73 ini di pasangkan seperangkat direct fire, cdi custom, dengan coil dari mobil Mitsubishi, dan MSD spark plugs. Jadilah si kodok ini afr (air fuel ratio) nya ideal, di rpm bawah atau idle nya tidak lagi rich (boros bensin), dan  mampu berlari hingga 140 km/jam. Bonusnya tetap segar bugar dan awet muda hingga sekarang. Weebeek….

Bengkel SAF Tegal (2)

Lalu karena pemilik kodok tersebut puas dengan hasil kerja mas Sentot, pemilik Beetle yang bernama Anton akhirnya memberikan modal kepada mas Sentot untuk membuka sebuah bengkel. Maka ditahun 2012 berdirilahbengkel  SAF yang merupakan kepanjangan dari Sentot, Anton, dan Fanny (saudara mas Sentot yang merupakan mak comblang dengan Anton).

Bengkel SAF Tegal (24)

Ibaratnya bisnis kunci utamanya adalah sebuah kepercayaan. Mas Sentot pun diuber atau tetap di percayakan untuk menghandlle beberapa mobil balap slalom atau sprint rally milik customernya yang letaknya a thousand miles dari rumah si customer, dan bahkan customernya sendiri belum pernah datang langsung ke bengkelnya mas Sentot. Kepercayaan customernyaa juga memberikan impact yang positif dengan berhasil menjuarai beberapa seri kejurnas slalom. Diantaranya Dwi Cahyo dengan Colt T SS pick up yang keluar sebagai juara 1 di kelas pick up, dan Icha Rizka dengan GE8 yang keluar sebagai juara 2 di kelas wanita. Semuanya berasal dari Banyumas Slalom Team.

Bengkel SAF Tegal (27)

Berkah dari race demi race yang selalu dimenagkan oleh mobil hasil modifikasinya, nama Mas Sentot pun mulai meluas. Customer rumahnya cukup jauh dari bengkel SAF, mulai mengirimkan mobil balapnya yang sebagian besar mobil retro terutama KE70. Mulai dari Purwokerto, Semarang, Purbalingga, Jogja, Solo, Jakarta, dan akhirnya KE70 nya mas Dicky Surabaya. Ketika di tanya kenapa lebih memilih Haltech, pria yang ramah ini menjawab karena love at the 1st sight nya adalah Haltech, meskipun ada yang namanya mega squirt, AEM, Motec, dan lain-lain. Dia tetap setia dengan Haltech yang dianggap nya semua kebutuhan yang dia butuhkan ada di dalamnya. Sedangkan untuk run atau tuning Haltech di atas mesin Dyno, mas Sentot harus memboyong mobil customernya ke Purwokerto atau Semarang, bahkan Jakarta. Dan Anda tahu jika di Jakarta ada masternya Haltech di KS Nusa. Ovi Sardjan as a Haltech Masta.

Bengkel SAF Tegal (30)

Pasti ada suka dan duka nya mempunyai bengkel di pedesaan yang jauh dari hingar binger drag strip ataupun kehidupan grassroots. Dukanya menurut mas Sentot adalah jauh dari customer itu sudah pasti, karena orang Tegal sendiri tidak ada yang main balapan, dan juga untuk urusan spare part racing harus di belain sampai ke Jakarta dengan naik kereta api. Wajar memang, memangnya di tegal ada yang jual Haltech F9 yang bisa mensetting fuel only ini buat tracktor sawah atau mesin penggiling padi?lol. Anyway Haltech ini dijual dengan harga 3 juta nego, tapi tanpa wiring and in good condition.

Bengkel SAF Tegal (25)

Juga ada supercharger comotan dari 4AGZE eks MR2 atau AW 11 yang masih in good condition, ditawarkan seharga 4,5 juta rupiah. Jelas saja perputaran part mobil yang pasti dianggap “opo kui” (apa itu) oleh sebagian orang di Tegal atau di daerah bengkelnya, terasa lambat, bahkan stuck. Parahnya lagi, jika mas Sentot hendak run atau road tuning di jalan, haruslah diatas jam 12 malam, itupun harus mencari jalan di tengah sawah yang jauh dari rumah penduduk.

IMG_0028

Ya walaupun banyak dukanya, tetapi rejeki sudah ada yang ngatur. Ibaratnya  magic words nya si Tukul yang berbunyi wong ndeso rejeki kuto (orang desa, tapi rejeki kota). Setiap bulannya dia dan 2 orang pegawainya (lulusan STM dan seorang kernet angkot) selalu saja ada 1 mobil balap yang ditangani bersama dengan 60 mobil yang di tune up atau services.

Bengkel SAF Tegal (32)

Hari sudah sore, waktunya saya berpamitan kepada mas Sentot. Tak lupa juga saya menitipkan mobil kesayangan papa saya, Opel Blazer untuk dirawat di bengkelnya. Pulang dari bengkel SAF, sayapun mampir ke PAI atau Pantai Alam Indah yang tidak indah-indah banget, tetapi menjadi sejarah pertama kalinya saya belajar mengemudi mobil, tapatnya Toyota kijang pick up sewaktu saya SD kelas 6.

Bengkel SAF Tegal (34)

Tak lengkap rasanya jika di kota Tegal Anda tidak menyantap salah satu signature food dari kota ini, yaitu sate kambing muda. Dan tak lupa pengiringnya adalah tahu aci. Itulah yang saya lakukan setelah dari PAI dan mas Sentot, makan malam dengan adik saya dan temannya di salah satu sate kambing terkenal di Tegal.

Bengkel SAF Tegal (33)

Daging kambing yang masih muda ini sangat lah empuk, tidak mengeluarkan  bau kambing, dan juice atau cairannya itu sangat banyak . Disajikan di atas hot plate, supaya tetap panas. Lalu dimakan dengan cara dicampurkan ke saos kecap yang dilengkapi bawah merah, tomat, dan cabe. Lalu melting di mulut…. Hmmmmmm…. Mamamia. Enak tenan…. Sadaaap. Ngiler atau mupeng ya? Syukurin.

Bengkel SAF Tegal (10)

So, jika Anda yang tinggal di daerah Tegal dan sekitarnya dan masih bingung mencari bengkel atau mekanik untuk meningkatkan performa mobil Anda. Anda bisa mendatangi Mas Sentot di bengkel SAF, jl. Garuda no.26, Babakan Kramat, kota Tegal. Kalo  wrong way Anda bisa menelponnya di 087737807704. Mungkin Anda berpikir artikel ini adalah advertorial atau iklan, hell no. Saya cumalah seorang car enthusiast yang senang berbagi info dengan car enthusiast lainnya, lagi pula apa salahnya menolong teman sendiri yang lokasi cukup terpencil biar lebih maju. Can lah

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

*Like us at our FB fanpage

 

Comments

comments!