HELL YEA! MOVEMBER

1374

Hell yea! Movember Perfourm (65)

2 Bulan lamanya, saya, anak-anak Showrockboyo Sideways, dan juga drifting enthusiast kota Surabaya tidak meneriakan kata “Hell Yea”. Akhirnya pada tanggal 16 November 2014 yang lalu Perfourm kembali lagi mengadakan acara bakar ban bersama atau Perfourm Open Drift Practice. And it’s good to be back…

Hell yea! Movember Perfourm (12)

And the good news is, hampir setiap Perfourm mengadakan open drift practice selalu saja ada peserta atau mobil baru yang datang ikut bakar ban bersama. Dan kali ini kami kedatangan sebuah Toyota FT86 milik Very dari SP Garage yang sudah di lengkapi dengan carbon hood, Tein Suspension, full Ultra Racing parts, tapi mesin F20 nya masih standart.

Hell yea! Movember Perfourm (4)

Bima yang datang duluan dengan Mazda RX8 nya  memulai latihan pada hari itu dengan latihan doughnut atau O. Bima bisa dibilang salah satu anggota Showrockboyo Sideways yang terhitung paling bersemangat untuk datang dan latihan agar cepat bisa.

Hell yea! Movember Perfourm (10)

Andy yang merupakan salah satu pioneer drifting di kota Surabaya ini pun kembali berdansa dengan Nissan Skyline R34 yang baru saja di upgrade dengan HKS Camshaft durasi 272 dan masih dalam tahan fine tuning.

Hell yea! Movember Perfourm (7)

Gojira ini pun tampak lebih bertenaga ketika mememulai berdansa di sore hari itu. Dengan tenaga dari mesin RB26DET yang disalukan melalui Wedsport 19’inch yang dibalut Achilles ATR Sport 2 ini, Andy mulai berdansa dengan Sukairainnya, bahkan dia mulai menggila dengan mencoba drifting sedekat mungkin dengan pembatas jalan di area Kenpark Surabaya ini.

Hell yea! Movember Perfourm (11)Lepas dari run awalnya, Andy yang merupakan tuner dan juga owner dari SP Garage Surabaya ini langsung mendinginkan mesin nya dengan cara menyemprot radiator dan intercoolernya dengan air supaya suhunya turun. Bisa dibilang cuaca di Surabaya pada saat itu mendung namun cukup membuat Anda ingin buka baju

Hell yea! Movember Perfourm

Kami juga kedatangan beberapa club mobil Surabaya yang pada hari itu tertarik untuk melihat drifting lebih dekat lagi.

Hell yea! Movember Perfourm (33)

Mereka adalah BMW Car Club Indonesia Surabaya Chapter. Semoga someday ada beberapa drifter dari club BMW yang dari sono nya sudah mengadopsi RWD ini

Hell yea! Movember Perfourm (31)

Beberapa car enthusiast kota Surabaya, seperti  Indonesia Exotic Car Spotters atau IECS juga hadir pada sore hari itu.

Hell yea! Movember Perfourm (43)

MINI Cooper S JCW Edition dari Indonesia MINI Club Surabaya

Hell yea! Movember Perfourm (16)

Dan tentu saja Boyromance antara Surabaya Euro Cars Community dengan Cefiro Indonesia

Hell yea! Movember Perfourm (26)

Dan juga 86.ID Surabaya yang merupakan club baru yang berisikan Toyota FT86 dan juga Subaru BRZ yang tampaknya kedepannya akan membuat Surabaya membara dengan aksi sideways nya.

Hell yea! Movember Perfourm (22)

Verry yang merupakan anggota terbaru dari Showrockboyo Sideways ini melengkapi FT86 nya dengan Scion FR-S emblem, Buddy Club tail lights,  Full UR chassis enforcement, dan Greedy exhaust membuatnya terlihat semakin gahar.

Hell yea! Movember Perfourm (17)

Apalagi ditambah dengan black Work CRK rims yang dibalut dengan Advan Neova AD08R membuat mobil ini terlihat seperti Bat Mobile. Andy pun pada sore hari itu menjadi Sensei para drifter baru Surabaya

Hell yea! Movember Perfourm (19)

Dan mengajarkan beberapa pelajaran basic drift seperti U-turn dan juga doughnut atau o

Hell yea! Movember Perfourm (14)

Atau mungkin sedikit berdemo dengan cara membuat FT86 manual ini berdansa hingga ban yang terhitung compound nya lebih soft daripada AD08 ikut berasap.

Hell yea! Movember Perfourm (23)

Dari FT86 manual milik Verry, Andy pun beralih ke FT86 matic milik Andre, dan memulai menjadi Sensei nya pada hari itu

Hell yea! Movember Perfourm (20)

Mobil yang mengadopsi ISC coilover tampak terlihat sangat understeer hingga membuat sang owner Andre dan Andy kesusahan untuk membuat FT86 ini over steer atau membuat pantatnya. Hingga Akhirnya Andy memutuskan untuk menambah speed ketika melakukan doughnut dan free style.

Hell yea! Movember Perfourm (25)

Ternyata gejala under steer ini akibat kombinasi ban yang salah pada FT86 matic dengan mesin standart. Yaitu pada ban belakangnya menggunakan Achilles ATR Sport, dan ban depannya menggunakan Toyo Proxes 4. Belajar dari pengalaman Hando yang menggunakan BRZ matic yang menggunakan ban Achilles ATR Sport 2 baru pada ban belakangnya. Untuk FT86/BRZ matic dan standart yang ingin mencoba drifting sebaiknya menggunakan ban mobil yang compoundnya tidak terlalu soft dan juga sebaiknya tidak menggunakan ban belakang yang baru beli langsung diajak sideways. Akibatnya bisa ditebak, sudah mobil under power, matic pula, tambah sengasara pakai ban baru.

Hell yea! Movember Perfourm (27)

Sementara Nauval tampak terlihat lebih relax dan fun to drift FT86 nya. Maklum FT86 milik peslalom ini masih OEM pabrik, dan good news nya adalah it’s manual. Walaupun under power, namun jika mobil ini manual, maka Anda bisa drifting dengan mobil barunya Takumi Fujiwara ini.

Hell yea! Movember Perfourm (28)

Nauval dan Andy pun terlibat tango atau tandem drifting  dengan doughnut di tengah-tengah lintasan.

Hell yea! Movember Perfourm (30)

Ada salah satu calon drifter Surabaya yang berasal dari car enthusiast yaitu Arka dari Indonesia MINI Club Surabaya, yang pada hari itu ikut serta mencoba FT86 milik Nauval

Hell yea! Movember Perfourm (29)

Pria yang basically berasal dari arena gokart ini melakukan 1st debutnya dengan FT86 milik Nauval. Tapi yang cukup membuat saya dan anak-anak Showrockboyo Sideways geleng-geleng adalah, dia bisa melakukan doughnut dan bermain free style. Padahal dia belum pernah melakukan ini sebelumnya. Sepertinya saya menemukan mad mike ke-2 di kota ini. Alias berbakat. Rencana kedepannya a BRZ.

Hell yea! Movember Perfourm (2)

Bima pun kembali memperlancar pelajaran basic driftnya, dan tampaknya doughnut nya sudah semakin sempurna dengan doughnut dari O besar ke O kecil dan sebaliknya.

Hell yea! Movember Perfourm (50)

Terhitung ada sekitar 5 mobil yang mengikuti Perfourm Open Drift Practice pada kali itu, yaitu 3 FT-86, 1 Mazda RX8, 1 Nissan Skyline R34. Bisa dibilang acara kali ini di dominasi oleh FT86, setelah beberapa kali latihan didominasi oleh Mazda RX8.

Hell yea! Movember Perfourm (32)

Dan selalu dan tetap yang menjadi idol nya adalah si Sukairain atau Gojira. Maklum saja ini adalah the one and only species Sukairain di Indonesia yang keluar dari pakem dunianya, yaitu drifting

Hell yea! Movember Perfourm (38)

Selesai mendinginkan mesinnya, Andy pun memulai 2nd run nya pada hari itu dengan melakukan inisiate dari samping lintasan dengan kecepatan yang cukup tinggi. Wide angle steering modification dan camber kit upper arm Cusco dan Whiteline membuat Sukairain ini bisa membuka angle lebih lebar dari pada standartnya.

Hell yea! Movember Perfourm (6)

Gojira ini ini pun terlihat stabil sekali ketika melakukan sideways.Terasa seperti di Jepang ketika melihat sebuah mobil besar dengan 2 tail lights dan gt-wing besar yang terlihat seperti jemuran ini ngesot di depan kita. Namun R34 agak sedikit tidak lincah mengingat body nya yang besar, dan juga masih dalam tahap fine tuning.

Hell yea! Movember Perfourm (40)

Tapi yang pasti Gojira milik Andy ini sudah melakukan aksi sidewaysnya dari tahun 2011 di kota Surabaya. Ketika diadakan drift camp di Armatim Surabaya yang juga di ikuti oleh Cefiro Chui dengan Cefiro A31 nya.

Hell yea! Movember Perfourm (35)

Dengan ban belakang menggunakan Achilles ATR Sport 2 berukuran 19 inch ini membuat R34 ini mendapatkan grip dan juga asap yang cukup banyak, mengingat ini adalah 19 inch rims.

Hell yea! Movember Perfourm (37)

Bahkan karena saking lamanya Andy yang ditemani Bima melakukan free style, sampai-sampai mereka ber-dua sesak napas dan kelilipan karena debu dan asap yang masuk ke dalam cabin.

Hell yea! Movember Perfourm (45)

Tibalah kami di di jam 4 sore yang berarti waktunya latihan drifting sesungguhnya, yaitu soal. Saya biasanya mengadakan latihan dari jam 1 siang sampai jam 5:30 sore. Dimana pembagiannya adalah dari jam 1 hingga jam 4, adalah latihan bagi para pemula yang ditemani oleh rookie berupa u-turn dan doughnut. Jika para rookie gatal, maka dia bisa bermain free style. Baru jam 4 sore sayapun baru membuat soal yang membentuk huruf R lengkap beserta tempat inisiate dan startnya

Hell yea! Movember Perfourm (47)

Hal ini untuk dimaksudkan supaya bagi para drifter kota Surabaya yang sudah memasuki level rookie seperti Andy, Mad Mike, Binar, Raditya, dan Dicky  latihan untuk menghadapi soal seperti yang sering dipertandingkan di Kejurda ataupun Kejurnas. Andy pun berkesempatan untuk mencoba pertama kali lintasan yang saya buat ini. Pria lulusan sekolah mesin USA ini pun mulai melakukan inisiate ke kanan lalu mencoba mendekati wall tap pada pulau jalan yang terdapat banyak penonton di belakangnya.

Hell yea! Movember Perfourm (57)

Lalu kemudian switching ke kanan

Hell yea! Movember Perfourm (46)

Dengan kecepatan sedang, R34 ini pun meluncur mulus mendekati U-turn di ujung soal yang saya buat.

Hell yea! Movember Perfourm (58)

Andy pun berhasil melewati soal R yang saya buat dengan sempurna, ya walaupun asap ban nya sedikit. Andy mengatakan bahwa R34 nya masih dalam tahap fine tuning karena baru saja mengganti camshaftnya. Tapi overall..Sugoi

Hell yea! Movember Perfourm (5)

Bima pun mencoba untuk bermain soal, namun langkahnya terhenti ketika memasuki ujung U-turn dan tidak bisa masuk kedalam tikungan. Tetapi yang salut dari Bima adalah nyalinya yang cukup tinggi, walaupun saat ini dia masih menyempurnakan teknik doughnutnya, dia sudah berani inisiate 50 meter sebelum tikungan dengan kecepatan yang cukup tinggi dengan cara menarik e-brake. Walaupun dia tahu e-brakenya tidak berjalan dengan sempurna, namun dia berhasil membuat u-turn dengan kecepatan cukup tinggi, walaupun akhirnya terhenti ketika hendak masuk ke dalam tikungan.

Hell yea! Movember Perfourm (51)

Orang ke-3 yang mencoba lintasan ini adalah Nauval dengan FT-86

Hell yea! Movember Perfourm (59)

Mulai dari Arka yang masih tergolong anak tadi sore

Hell yea! Movember Perfourm (49)

Hingga Nauval

Hell yea! Movember Perfourm (61)

Dan juga Kahfi temannya dari nauval, semuanya mencoba lintasan dengan FT86 yang masih standart pabrik ini. Dan hebatnya lagi ke-3 drifter ini berhasil menyelesaikan soalnya dengan sempurna.

Hell yea! Movember Perfourm (44)

Ternyata bukan cuma jav idol saja yang bisa di gang bang, FT86 juga bisa, dan hasilnya cukup memuaskan dengan mobil yang hanya bertenaga 200 hp ini cukup fun to drift.

Hell yea! Movember Perfourm (69)

Bisa dibilang drifting  ini bisa dijadikan sebagai tempat berkumpulnya para pemilik mobil FT86/ Subaru BRZ di kota Surabaya dengan club 86.ID  didalamnya. Mengingat populasi FT86/BRZ di kota Surabaya sudah semakin bertambah

Hell yea! Movember Perfourm (68)

Kesuksesan Perfourm Open Drift Practice juga tak bisa dilpaskan dari peran media yang membantu olahraga drifting semakin dikenal luas oleh masyarakat kota Surabaya.

Hell yea! Movember Perfourm (52)

Salah satu media di kota Surabaya yang selalu mensupport Hell Yea! dan juga beberapa event meet Perfourm adalah SBOtv. Dimana dalam setiap kesempatan SBOtv dengan acara otomotifnya yang bernama Drive Thru tidak pernah absen dalam mendukung acara Perfourm.

Hell yea! Movember Perfourm (53)

Ketika Interview saya sudah hendak selesai tiba-tiba , datanglah sebuah black on black BMW M5 F10 yang langsung membuat doughnut mengintari cone yang ada ditengah lapangan

Hell yea! Movember Perfourm (54)

Bahkan pantat besar nya itu meng walltap cone yang berada di belakangnya ketika melakukan doughnut. Penonton pun bergemuruh ketika melihat aksi premium car dengan suara khas mesin 4.4 Lt V8 Turbo M series yang khas.

Hell yea! Movember Perfourm (55)

Ternyata da man behind the wheels adalah si Darel dari team Porsckit Surabaya. Hari itu Darel tidak datang dengan FT86 nya, tetapi datang dengan M5.

Hell yea! Movember Perfourm (65)

Saya pun lantas memintanya untuk melakukan One Mo Time alias OMT lagi kepada Darel untuk beraksi dengan mobil idaman saya ini. Dan hasilnya, Darel benar-benar membunuh ban Michelin Pilot  Super Sport nya dengan mesin 4.4 Lt V8Turbo yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 560 hp/502 lb-ft.

Hell yea! Movember Perfourm (67)

RIP for 295/30/20 rear Michelin Pilot Super Sport tires. Seharusnya si M5 biru milik Mad Mike tandem dengan M5 milik Darel ini. Namun sayang Mad Mike tidak hadir pada latihan kali itu.

Hell yea! Movember Perfourm (70)

Jam sudah menunjukkan sekitar jam 17:30, itu tandanya kami untuk mengakhir acara Perfourm Open Drift Practice. Kami mengakhiri acara latihan bersama itu dengan photo bersama seluruh mobil drift, kecuali si MINI JCW itu.

Hell yea! Movember Perfourm (74)

Kedepannya yang pasti kita akan lebih banyak lagi melihat FT86 dan BRZ yang akan drifting bersama di Hell Yea! Karena 2 orang pendiri atau dedengkot 86.ID Surabaya yaitu Nauval dan Darel adalah termasuk anggota Showrockboyo Sideways paling aktif latihan sekaligus tukang kompor yang mujarab.

Hell yea! Movember Perfourm (73)

Tak terasa sudah 3 tahun Showrockboyo Sideways bersideways ria di kota Surabaya. Dan dari tahun ke tahun drifter baru pun datang silih berganti dengan mobil yang anti mainstream atau di luar drift car seperti biasanya yaitu Nissan Cefiro atau pun BMW E36 atau E30. Namun tenang, next event ada sebuah BMW Z4 akan ikut Hell Yea! Driftcember

Hell yea! Movember Perfourm (72)

Selama 3 tahun atau dari 2011 saya mengumpulkan Showrockboyo Sideways yang kala itu hanya 2 orang saja, yaitu Andy SP Garage dengan R34 dan Cefiro Chui dari Loading dengan Cefiro A31 nya. Yang masih bertahan dan tetap aktif menyebarkan virus driting di kota Surabaya adalah Andy dengan R34 nya. Good bless this Gojira…. See you in Hell Yea! Driftcember. Later…

 

 

Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

 

 

Comments

comments!