EDITOR’S NOTE: ALL THE BEST THINGS IN 2014

1373

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (9)Beberapa saat lagi tahun 2014 akan berganti menjadi tahun 2015, berbagai persiapan pun dilakukan untuk menyambut perayaan tahun baru 2015. Begitu juga dengan saya yang sedang duduk di depan laptop untuk mempersiapkan sebuah artikel tentang perjalanan saya di dunia automotive photography bersama Perfourm.com di tahun 2014 ini. So many photos to share, so little time. Kata itulah yang mewakili perasaan saya ketika saya membuka folder portofolio tahun 2014 di laptop saya, banyak sekali foto yang ingin saya share kepada anda semua pembaca setia Perfourm.com, namun karena terbatasnya waktu, saya pun mengambil beberapa foto dalam my favourite journey untuk kemudian saya ceritakan.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (5)My favourite trip in 2014, dimulai pada awal tahun 2014 dimana saya mendapatkan undangan dari MBN Rally Team untuk meliput tim ini selama 2 hari berturut-turut pada event Speed Master Championship seri 1 yang diselenggarakan di Sirkuit LANUD Suryadharma Kalijati Subang, Jawa Barat.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (4)Event yang diikuti sekitar 172 peserta ini benar-benar mengejutkan saya. Tidak sia-sia saya menempuh perjalanan sekitar 4 jam dari Jakarta dengan naik bus antar kota. Berbagai jenis mobil pun meramaikan event ini, ada beberapa mobil yang benar-benar membuat saya falling in love saat berada di Sirkuit LANUD Suryadharma Kalijati Subang ini. Mulai dari Ford Fiesta R2 dari BCMP Rally Team yang dibangun dari pabriknya khusus untuk balapan alias for racing use only.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (6)Mitsubishi Lancer Evolution X dari Pertamina Prima XP Rally Team. Mitsubishi Lancer Evolution memang diklaim sebagai mobil yang sudah memiliki gen rally sejak generasi pertama diciptakan. Saat itu saya memang benar-benar terkejut melihat mobil-mobil yang bertanding di event Speed Master Championship seri 1, sangat berbeda dengan event rally yang ada di Jawa Timur. Dan yang lebih membuat saya terkejut adalah Mitsubishi Lancer Evolution X dari Pertamina Prima XP Rally Team ini dipiloti oleh Ria Sungkar, ibunda dari pereli terkenal Rifat Sungkar dan Rizal Sungkar.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (9)Tidak lengkap rasanya jika menampilkan sebuah foto dari Mitsubishi Lancer Evolution tidak diikuti dengan Subaru Impreza WRX STI yang merupakan rivalnya di dunia rally, karena selain Mitsubishi Lancer Evolution, banyak juga Subaru Impreza WRX STI yang ikut bertanding di sirkuit kebun singkong ini. Salah satunya yaitu Subaru Impreza WRX STI N16 dari Jakarta Ban Motorsport.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (7)Beberapa wajah lama alias mobil retro pun juga ada yang ikut bertanding pada Speed Master Championship seri 1 ini salah satunya Suzuki Cultus dari Yans Speed yang bisa dibilang mbah nya Swift. Senang sekali rasanya melihat mobil-mobil tua masih bertanding dalam event rally yang merupakan event balap tersulit.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (10)Selain Suzuki Cultus, ada juga BMW E30 M3 dari Jakarta Ban Motorsport yang mengikuti event Speed Master Championship seri 1. Ini merupakan awal dari love story saya bersama BMW E30,

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (3)Sejak saat itu melihat BMW E30 M3 yang dipiloti oleh Rino Oestara ini bertanding di Sirkuit LANUD Suryadharma Kalijati Subang, saya pun mulai jatuh hati pada mobil ini namun hingga sekarang saya menulis artikel ini, saya belum juga diberi kesempatan untuk memiliki satu buah BMW E30.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (8)Selain mobil berjenis sedan yang mengikuti event rally yang menjadi liputan pembuka pada musim balap 2014 di Perfourm.com, ada juga kelas yang diikuti mobil 4×4 dan ini merupakan foto favorit saya.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (12)Beberapa bulan setelah Speed Master Championship seri 1, saya pun kembali mendapatkan undangan dari MBN Rally Team untuk mengawal tim ini pada sebuah event rally, namun kali ini tidak harus dengan melakukan perjalanan berjam-jam karena event ini diselenggarakan di Sidoarjo, Jawa Timur.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (11)Dalam event East Java Rally Championship putaran 1 yang diselenggarakan di Sirkuit Rally Lingkar Timur Sidoarjo ini saya kembali bertemu dengan beberapa orang-orang yang saya temui di Subang, diantaranya MBN Boyke, Mago Sarwono, Adi Wibowo, Ginanjar Pastika, Indie Fiancoko, Robby Sanger, dan Agus yang beberapa diantaranya merupakan pereli dan navigator yang bertanding pada APRC dan juga WRC. Seperti yang anda lihat pada foto diatas, pereli senior Mago Sarwono melewati belokan dengan sideways dan no hands!

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (13)Mentas dari lumpur dan tanah, kembali ke aspal. Saya mendapatkan undangan dari Nuvolks Surabaya untuk meliput run dari Hotel Majapahit menuju Surabaya Town Square untuk merayakan anniversary Nuvolks Surabaya dengan mengadakan kompetisi photo contest (model) untuk umum.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (14)Saya dan Founder Perfourm.com, Nyonk (tengah) pun diminta untuk ikut menjadi juri dalam kompetisi foto model yang diselenggarakan Nuvolks Surabaya ini, dengan didampingi oleh Angga Raditya yang merupakan fotografer dan jurnalis otomotif dari Jakarta. Beberapa saat setelah saya bertemu dengan orang ini, saya melihat mobilnya sedang diulas di sebuah website otomotif, and it’s BMW E30 dengan tampilan stance. Bro, did we just became a bestfriend? LOL

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (15)My favourite trip selanjutnya adalah pada event TOP 1 Indonesia Offroad Competition yang diselenggarakan di area gunung kapur Bangkalan, Madura. Animo masyarakat Madura terhadap olahraga offroad ternyata sangat baik.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (16)Beberapa bulan kemudian saya dikagetkan oleh chat BBM dari teman saya Bhramanto yang juga merupakan pembalap drag race dari GAR Power Yoedha Tuning Surabaya yang berisi ajakan untuk mengawal dirinya dalam event drag race yang ada di Cilacap, perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (18)Saya yang sedang libur kuliah saat itu pun langsung meng-iyakan ajakan dari Bhram untuk melakukan road trip dari Surabaya menuju Cilacap.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (17)Perjalanan selama 14 jam dengan menggeret mobil balapnya Mitsubishi Lancer GLXi dari Surabaya menuju Cilacap pun kami lalui dengan semangat karena masing-masing belum ada yang pernah kesana. Balapan yang berjudul road trip ini pun diakhiri dengan membawa piala juara 5 pada kelas 3.1 b sedan bagasi.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (19)Tahun 2014 juga menjadi level up bagi saya karena merupakan awal perjalanan saya menuju Sirkuit Sentul untuk memenuhi undangan dari Luckas D Titanium yang merupakan tuner dan pembalap dari ENGINE+ Motorsport.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (21)Kunjungan pertama saya ke Sirkuit Sentul tidak lain adalah untuk memberikan exclusive report kepada pembaca setia Perfourm.com tentang ENGINE+ yang pada Sentul Drag Race seri 2 saat itu bertanding dengan menggunakan dua mobil andalannya yaitu Mitsubishi Lancer Evolution IX CT9A JUN dan juga Honda Estilo EG6 Casper.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (20)Disana saya bertemu dengan Founder Perfourm.com, Nyonk. Orang yang membantu saya untuk mewujudkan first trip saya menuju Sirkuit Sentul, orang yang sudah sejak 2012 bolak-balik Surabaya-Sentul untuk mengawal tim B16 AP Speed pada setiap seri event drag race 402m yang diikuti.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (22)Sekali lagi saya katakan, atmosfir event balap disana memang berbeda sekali dengan di Jawa Timur khususnya Surabaya, pada event drag race 402m di Sirkuit Sentul saya melihat populasi Mitsubishi Lancer Evolution sangat subur.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (23)Saat itu saya juga sekaligus berkenalan dengan pasukan All Motor Indonesia yang semuanya adalah Honda Estilo EG6 dengan mesin B Series maupun D series yang bertanding dikelas bracket 14 detik, 13 detik, dan 12 detik.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (24)Ketika sebagian orang masih tertidur pulas karena malam minggu nya yang kelewat asyik, saya pun mendapat morning call dari Indonesia MINI Club Surabaya untuk diajak morning run menuju sebuah rumah makan dengan menu andalan Bebek nya di kota seberang.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (25)Dengan menempuh perjalanan sekitar 1 jam melewati jembatan Suramadu, saya pun sampai di pulau dengan Indonesia MINI Club yang sudah kelaparan dan siap untuk melahap sarapan anti-mainstream yaitu nasi bebek yang mana terkenal dengan high cholesterol.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (26)Dan ini adalah foto favorit saya saat itu.

adhyasaka-hutama---all-the-best-things-in-2014-with-Perfourm-(27) copySelain itu, di tahun 2014 Perfourm.com juga secara rutin mengadakan Perfourm Drift Practice di Kenjeran Park, baik closed drift practice maupun open drift practice. Event ini sudah diselenggarakan oleh Perfourm.com sejak tahun 2013 hingga saat ini, untuk kedepannya harapan kami yaitu akan tetap mewadahi para drifter maupun calon drifter yang berasal dari Kota Surabaya dan sekitarnya untuk latihan drift bersama.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (52)Tak lengkap rasanya event drifting tanpa Andy, drifter dari Kota Surabaya yang sudah mengikuti latihan drift sejak pertama kali adanya drift di Surabaya dengan Nissan Skyline R34 RWD miliknya.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (30)Another favourite trip, saat saya mengawal sebuah merk pelumas mesin asal Malaysia yang juga menjadi sponsor terbesar untuk event Hot Import Nights 2014 yaitu Prince Lubricants. Perjalanan saya bersama Prince Lubricants saat itu menuju event Hot Import Nights 2014 di Kota Solo, saya pun bertemu dengan Female DJ Leng Yein yang berasal dari Negeri Jiran yang juga merupakan official DJ for Hot Import Nights 2014.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (29)Namun ada kejadian yang membuat saya sedikit ilfeel dengan pihak Hot Import Nights yaitu ketika admin akun Instagram @hinofficial meng-upload beberapa foto milik saya yang diambil dari artikel HIN Solo di Perfourm.com tanpa menyertakan credits to, dan yang lebih membuat saya ilfeel lagi yaitu beberapa foto yang di upload di akun instagram tersebut di crop sehingga tidak terlihat watermark nya.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (31)Love story saya di Sirkuit Sentul ternyata berlanjut ketika saya tahu pada Sentul Drag Race seri 3 saya diundang oleh M. Wasrik yang saat itu bertanding dengan Steve Garage Pekanbaru dengan menggunakan salah satu mobil andalannya yaitu Honda Estilo EG6 The Baby.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (35)Saya pun kembali bertemu dengan beberapa mobil hardcore yang juga bertanding pada lintasan sepanjang 402m ini salah satunya yaitu Volkswagen Beetle atau VW Kodok Jagal.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (32)Lalu Holden Torana dari Garage Extreme yang telah dibekali dengan mesin Chevy V8 Smallblock, lengkap dengan Hoosier Slick Tires yang super duper besar dan lebar dan juga parachute yang menempel di bagasi. Australian Muscle.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (33)Juga bertemu dengan old skool JDM car Honda Civic SB3 dengan livery MOTUL nya. So damn good!

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (39)Event sprint rally rupanya sedang naik daun pada tahun 2014 ini, setelah East Java Rally Championship seri 1 yang diadakan di Sidoarjo, saya pun kembali mendapat undangan untuk meliput East Java Rally Championship seri 2 yang diadakan di Sirkuit Bumi Marinir Karangpilang Surabaya yang memiliki panjang 6 kilometer.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (41)Banyak sekali kejadian yang dialami oleh pereli yang bertanding saat itu, mulai dari temperatur mesin yang overheat, engine mounting yang anjlok, blok mesin pecah, mobil yang terguling, hingga UTV Polaris yang tercebur kedalam danau ditepi lintasan. Wajar saja jika banyak sekali yang berpendapat bahwa rally memang menjadi salah satu balapan yang paling berbahaya dan juga susah.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (40)Some say rally is one of the hardest races in the world, but some say it’s a great way to having fun!

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (43)Salah satu pencapaian Perfourm.com pada tahun 2014 selain mengadakan Perfourm Open Drift Practice adalah dengan mengadakan event yang sedang diminati oleh para car enthusiast di Indonesia yaitu Car Meet.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (44)Event car meet ini kami beri nama SHOW UP! Perfourm Meet. Setelah sukses dengan SHOW UP! Perfourm Meet pertama yang diadakan pada malam hari (after hour meet), kami pun kembali mengadakan SHOW UP! Perfourm Meet yang mengundang seluruh car enthusiast yang berasal dari Surabaya dan sekitarnya untuk berkumpul pada hari Minggu pagi. You know, while nights are the busiest time, a Sunday Morning with no rain always be the right time.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (45)Event yang diramaikan dengan car limbo dari Hellastance Surabaya ini mengundang respon yang sangat baik dari para car enthusiast di Surabaya dan sekitarnya. Untuk kedepannya, Perfourm.com akan kembali mengadakan SHOW UP! Perfourm Meet tentunya dengan suasana dan tema yang berbeda yang jauh lebih menarik dari sebelumnya. See you guys!

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (46)Kunjungan saya ke Sentul Drag Race seri 5 pada bulan November 2014 sekaligus menjadi kunjungan penutup saya ke Sirkuit Sentul untuk tahun 2014. Saat itu saya datang ke Sentul Drag Race seri akhir atas undangan dari Welliem Surya untuk exclusive report dirinya pada event tersebut dan juga mengulas tentang bengkel ABS Performance yang merupakan bengkel tempat maintenance Epo V Redbull miliknya.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (49)Saya pun kembali bertemu dengan para drag race enthusiast dan hingga kunjungan ketiga saya ke Sirkuit Sentul untuk meliput event drag race, saya masih melihat habitat Mitsubishi Lancer Evolution yang kuat disini. Salah satunya yaitu Mitsubishi Lancer Evolution VI Tommi Makinen Edition.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (47)Di tahun 2014 ini saya juga menyaksikan secara langsung bagaimana rekor lama dalam dunia persilatan drag race telah dipecahkan. Rekor baru yang dipegang oleh Steve Garage Pekanbaru yaitu 9,767 detik pada 402m. Akankah rekor ini dipecahkan pada tahun 2015?

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (48)Saya pun juga menyempatkan diri untuk foto bersama pembalap B16 AP Speed yang juga merupakan project #teamperfourmmotorsport. Kolaborasi yang dilakukan Perfourm.com dengan B16 AP Speed sudah berjalan kira-kira 2 tahun.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (50)My favourite trip pada tahun 2014 diakhiri dengan morning call yang saya dapat dari Indonesia MINI Club Surabaya untuk meliput perjalanan End Of Year Run bersama NuVolks Surabaya dan 86ID Surabaya. Morning run yang diselenggarakan Indonesia MINI Club Surabaya ini dimaksudkan untuk morning run penutup pada tahun 2014.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (51)Dengan melakukan morning run yang menurut saya benar-benar “run”, perjalanan ini finish di Taman Dayu Golf Club & Resort yang terletak di Pandaan, sekitar 1 jam dari Surabaya. A fresh morning run to close this year.

adhyasaka hutama - all the best things in 2014 with Perfourm (36)Bisa dibilang tahun 2014 ini merupakan tahun yang cukup sibuk bagi saya untuk membagi jadwal kuliah dan juga “weekend business” dengan berbagai tim balap maupun komunitas mobil dalam berbagai event motorsport di Indonesia.

IMG_0007 copyNamun sebagai automotive journalist, saya tentu saja menanti-nantikan apa yang akan terjadi di tahun 2015, tentang ajakan untuk liputan dan semuanya yang berhubungan dengan event motorsport.

Semoga tahun 2015 yang telah kita nanti-nantikan menjadi tahun yang lebih baik bagi kita semua.

LEVEL UP!

 

Adhyasaka Hutama

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!