2014 DRIFT CAMP : GOYANG KARAWANG

3840

Drift camp karawang 2014-perfourm (71)

Ironis. Itulah kira-kira kata yang tepat untuk menggambarkan tentang dunia motorsport yang menjadi idola di Indonesia pada akhir 2000an hingga 2000 awal. Somesay karena tidak adanya lagi event kejurnas membuat para pembalapnya banting stir atau bahkan meng”big sale”kan mobilnya untuk minggat ke motorsport yang lainnya. But somesay, seperti layaknya hukum alam”only the strongest can survive” orang-orang yang mengaku drifter ini sudah teruji iman ataupun imronnya untuk tidak berpindah ke rumput tetangga dan tetap membakar ban. Ya meskipun bumi gonjang-ganjing, ataupun dunia motorsport di rumput tetangga lebih bling-bling atau menggoda. Dritf Camp 2014 : Goyang Karawang yang diadakan oleh IDC atau Indonesia Drift Community adalah bukti kalo drifting itu masih ADA.

drift camp karawang 2014-perfourm.com--bayu nyonk (2)

Sebelum berangkat ke kota Karawang, siangnya saya sempat mampir dulu ke bengkel Garden Speed untuk memphoto 2 mobil Martin dari MRT Racing Team yang rencananya akan dikirim ke Surabaya untuk mengikuti event old & new drag race 2014-2015 di Kenpark Surabaya

drift camp karawang 2014-perfourm.com--bayu nyonk (4)

Somesay, jalan menuju kota Karawang tak sebanyak dan semudah jalan menuju ke China.Tapi Alhamdullilah, saya pun di antarkan oleh Martin dan juga Audi dari Ultra Racing Indonesia menuju ke kota Karawang.

drift camp karawang 2014-perfourm.com--bayu nyonk (3)

But this is Jakarta, and sore jam 4 alias jam pulang kantor hujan pula. Martin pun sempat stress bahwa estimasi perjalanan kami dari Cilandak menuju kota Karawang akan ditempuh selama sekitar 2 jam-an lebih. Dan dimana-mana totally macet. Sementara saya, woles and santai. Saya duduk manis di kursi penumpang tengah sebuah SUV Lexus RX350 yang empuk dan nyaman.

drift camp karawang 2014-perfourm.com--bayu nyonk (7)

Kami pun tiba di kota Karawang lebih dari 1 jam yang diestimasikan oleh mbah Google, yaitu 3 jam yang penuh dengan traffic jam meskipun itu di dalam tol (jam 9nan). Tanpa pikir panjang, sebuah medium tenderloin steak with mass potatoes hinggap di perut kami ber-3. Ya meskipun rasanya lebih tepat seperti semur daging.

drift camp karawang 2014-perfourm.com--bayu nyonk (8)

Sekitar jam 10 an setelah makan malam steak rasa semur daging tadi, saya pun menuju ke arena test drive Techno Mart-Galuh Mas samping Mall Karawang Central Plaza Karawang, tempat dimana IDC akan mengadakan acara Drift Camp 2014 pada hari Sabtu, 20 Desember 2014 yang lalu.

Drift camp karawang 2014-perfourm

D-DAY

Jam 7 pagi, saya pun langsung meluncur ke arena driftland nya kota Karawang bersama si ketua penyelenggara, Denny “The Bonex”Pribadi dari IDC atau Indonesia Drift Community yang merupakan pembalap touring team Total Motorsport.

Drift camp karawang 2014-perfourm (2)

Ternyata ada beberapa peserta yang telah tiba dari kota Jakarta pada Sabtu pagi itu.

Drift camp karawang 2014-perfourm (4)

Entah dia secara walk in (Love this Cefiro with the body kit. Sugoi !)

Drift camp karawang 2014-perfourm (5)

Ataupun digendong

Drift camp karawang 2014-perfourm (7)

Welcome to the Karawang driftland alias arena test drive Techno Mart-Galuh Mas samping Mall Karawang Central Plaza Karawang yang merupakan arena test drive yang juga bisa disulap menjadi arena latihan slalom, gokart, pasar senggol (roadrace), ataupun pasar malam

come-and-join-us-drift-camp-goyang-karawang-201412021453525352

Ini adalah layout dari drift land di kota Karawang yang di desain oleh Denny Pribadi. Panjang lintasan dari start hingga finish mencapai 250 meter dengan tipikal track berkarakter medium speed dengan 6 clipping point didalamnya, bukannya high speed seperti biasa yang dibikin olehnya. “ Track drift camp kali ini saya buat untuk para drifter pemula, agar para pemula bisa cepat beradaptasi dengan tracknya” terang Denny.

Drift camp karawang 2014-perfourm (3)

Denny pun tidak sendrian dalam membuat soal pada hari itu. Dia pun dibantu oleh Pak Kecil (bertopi) salah satu Marshal didikannya. Pak Kecil ini dulunya adalah seorang tukang parkir di depan JIEXPO. Denny pun menawari dirinya dan beberapa teman-temannya (tukang parkir, ojek, polisi cepek, pengangguran) di sekitar area JIEXPO) untuk dilatih menjadi drift marshal.  Pelatihannya pun bermacam-macam, mulaari pembagian job atau tugas, pembuatan track sesuai denah, hingga evakuasi kecelakaan mobil di track yang harus selesai dalam tempo waktu hanya 5 menit saja. Pak Kecil dan teman-temannya ini sering terlibat di Kejurnas bahkan Formula Drift Indonesia.

Drift camp karawang 2014-perfourm (6)

Selain Pak Kecil, Denny juga dibantu oleh Teguh yang bertindak sebagai seksi sibuk merangkap sekretaris. Teguh pun memberikan saya yang jauh-jauh datang dari Surabaya berupa IDC t-shirt untuk saya dan juga Adhyasaka. Thanks bro…

Drift camp karawang 2014-perfourm (8)

Karena ini letaknya di outdoor dan cukup lumayan jauh dari mall, dan tentu saja tidak ada tempat berteduh selain tenda panitia dan paddock. Ritual pertama yang wajib dan selalu saya lakukan adalah fuel up the tank. Ingat, saya pernah sakit gejala tipes gara-gara melewatkan S.O.P ini (Standart Operating Procedure).

Drift camp karawang 2014-perfourm (9)

Sekitar jam  9nan, beberapa peserta pun mulai berdatangan. Termasuk yang rada surprise ketemu saya adalah juara nasional ETCC 3000 master 2014, Aria KJA yang membawa BMW E36 Touringnya untuk bersideways ria.

Drift camp karawang 2014-perfourm (11)

Dan juga saya nanti adalah Jureq dengan BMW E30 nya yang LCDC alias Low Cost Drift Car. Saya penasaran dengan mainan tuner muda ini yang tetep bisa ngesot walaupun modifnya minim. Supaya orang-orang diluar sana ngeh, bahwa drifting tidaklah semahal yang mereka kira.

Drift camp karawang 2014-perfourm (13)

Dengan hanya membayar sebesar Rp.350.000, Anda bisa mengikuti acara drift camp yang diadakan mulai jam 10 pagi hingga 6 sore ini + paddock. Disamping itu Anda juga bisa belajar langsung dari para pro drifter yang mengikuti event ini.

Drift camp karawang 2014-perfourm (12)

Lanjut setelah registrasi peserta, para peserta mulai melakukan ritual diawal event balap, yaitu memasang stiker sponsorship yang ikut mendukung acara ini. Antara lain GT Radial, Total Lubricants, Kratingdaeng, Brembo, dan Ferodo.

Drift camp karawang 2014-perfourm (91)

“Siapa bilang mobil tua nggak ngepot!!” damn right. Faktanya di Indonesia yang dipakai buat drifting adalah mobil 95 kebawah seperti Cefiro, E30, E36, KE70, dan Cressida.

Drift camp karawang 2014-perfourm (14)

Ada ritual menarik dan wajib dilakukan oleh siapapun itu yang memasang sticker Perfourm di mobilnya. Maka dia harus narsis gila ketika mencopot sticker tersebut. Cuma Evan dari Achilles Drift team ini tampaknya shy shy cat alias malu-malu kucing

Drift camp karawang 2014-perfourm (19)

Namun, spertinya shy shy catnya berubah menjadi doggy ketika melihat Aria sedang memasang sticker Perfourm di E36 nya.

Drift camp karawang 2014-perfourm (31)

Mobil pesertanya pun beragam, mulai dari para pemula dengan Toyota Cressida  Mark II (X70) ataupun Nissan Cefiro A31 yang modifikasinya masih tergolong ringan.

Drift camp karawang 2014-perfourm (16)

Masuk ke pro ada  Nissan Silvia S14  milik Edwin

Drift camp karawang 2014-perfourm (17)

Lalu ada Danny Ferdito dari team GT Radial dengan Nissan 200 SX  nya yang di swap dengan RB25DET

Drift camp karawang 2014-perfourm (18)

Beberapa team besar pun ikut menikuti ajang open practice day ini, salah satunya adalah Achilles Drift Team yang menurunkan 3 drifternya pluas 3 “this is hardcore” Cefiro A31 nya.

drift camp karawang 2014-perfourm.com--bayu nyonk

Ada Evan dengan Skyfiro nya yang sudah di swap dengan RB25DET

Drift camp karawang 2014-perfourm (88)

Lengkap dengan tulisan “Asu Kabeh !!!”

Drift camp karawang 2014-perfourm (84)

Move away 1UZFE here comes the VH45DE. Ada tren baru yang tampaknya sedang in di Indonesia yang dibawa oleh Achilles Drift Team, yaitu penggunaan V8 Engine. Bukan 1UZFE yang sudah terlalu mainstream, namun VH45DE yang dicomot dari mobil Infinity Q45 atau Nissan President Limousine. V8 ber cc 4.5 Lt ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 278 hp/292 lb.ft  Satu terpasang di A31 milik Lucky Reza

Drift camp karawang 2014-perfourm (85)

Dan satu lagi terpasang di A31  milik Akbar Rais.  ++ nya dari mesin V8 yang diproduksi pada tahun 1989 ini adalah  crankshaft  dan connecting rods terbuat dari Forged steel (1UZFE hanya terbuat dari besi),  cc lebih besar 500 cc daripada 1UZ (4.000 cc), dan lebih powerfull dari 1UZFE ( VH non vtc 278 hp, 1UZ non vvti 261 hp, VH vtc 310 hp 1UZ vvti 290 hp

Drift camp karawang 2014-perfourm (93)

Namun beberapa drifter masih setia dengan 1UZFE nya. Contohnya  dari Bandung yang men swap Cressidanya dengan 1UZFE

Drift camp karawang 2014-perfourm (23)

Sementara Rio SB malah mengupgrade mobil yang hanya dianggap sebagai “daily use car”nya dengan terompet sebanyak 6 buah alias ITB pada 1UZFE nya pada BMW E36 nya.

Drift camp karawang 2014-perfourm (22)

See, hanya “daily use car” right?

Drift camp karawang 2014-perfourm (21)

Tapi tak selamanya drifting terdengar seperti horsepower war layaknya Formula Drift atau D1 GP, lengkap dengan mesin dari yang inline 6, V8, V10 atau bahkan V12. Deep down below tdari empatnya berasal atau “know your roots” aka grassroots. Embrio real drifter lahir dari mobil dengan segala keterbatasannya dan ke underpowerannya, yaitu real deal daily use car. Contohnya Jureq dari K8 Engineering ini hanya memodif E30 dengan  modifikasi internal head M43B18, header 4-2-1, downpipe 2,5 inch, Borla exhaust, Ecu standart dengan chip, suspension depan pake full E36 323i custom supension, sementara belakangnya Edelbrock suspension (untuk Jeep Wrangler). Untuk gardannya memakai LAS bukan LSD. Total budgetnya adalah sekitar 16 jutaan . Sementara yang saya lihat di Soreang dan Bandung. Mereka lebih LCDC ( Low Cost Drift Car) pada Nissan Cefiro A31 nya yaitu hanya memporting and polish headnya, custom header and exhaust, potong per suspension, lalu LAS pada gardan. Saya tanyakan total biayanya hanya 7 jutaan.

Drift camp karawang 2014-perfourm (32)

Tapi walaupun hari itu sifatnya open drift practice, namun Indonesia Drift Community mempunyai peraturan tersendiri, yaitu adanya scrutineering pada setiap mobil peserta. Hal ini akan bertujuan agar para drifter pemula terbiasa dengan peraturan lomba baik kejurnas atau pun internasional. Sehingga ketika mereka mengikuti event bertaraf nasional ataupun internasional, mereka tidak kaget dan tidak gagal sewaktu proses scrutineering. Scrutineering hari itu dipegang oleh Amroe yang dulu mantan IMI.

Drift camp karawang 2014-perfourm (86)

Dan selain mobil balap, sayapun terobesesi pada satu benda yang bernama helmet, terutama full face helmet. Karena saya menyukai benda yang berfungsi untuk melindungi kepala ini terlihat sangat personal atau pribadi. Ini adalah Pyrotech Helmet milik Akbar Rais dari Achilles Drift Team yang cukup simple liverynya.

Drift camp karawang 2014-perfourm (87)

Sementara rekan satu teamnya Evan, terlihat sedikit nge-pop  liverynya pada OMP helmetnya

Drift camp karawang 2014-perfourm (24)

1st stop before you hit the track is early briefing. Sebanyak 32 drifter dari kota Jakarta, Bandung, Garut, Serang, Tangerang, Bekasi, Depok, dan Bogor terdaftar sebagai peserta Drift Camp 2014 : Goyang Karawang. Mereka pun terlihat sangat serius dalam mengikuti early briefing yang diadakan oleh orang yang punya hajatan pada hari itu.

Drift camp karawang 2014-perfourm (25)

Yaitu Denny Pribadi. Seorang sembalap atau sembarang dibalap mulai dari touring, slalom, gymkhana, drifting, hingga rally. So kenapa dia bisa berada di depan para pro drifter untuk malah memberikan early briefing? Ternyata selain menjadi seorang pembalap yang mempunyai “license to race”, arek Suroboyo ini juga mempunyai “licence drifting” alias sebagai RC atau pimpinan lomba ataupun juri yang dikeluarkan oleh IMI Pusat.

Drift camp karawang 2014-perfourm (26)

Hari itu dia membuat sebuah soal sepanjang 250 meter dengan tipikal track berkarakter medium speed dengan 6 clipping point didalamnya. Track ini bukannya  berkarakter high speed seperti biasa yang dibikin oleh Denny

Drift camp karawang 2014-perfourm (28)

Track ini memang dibuat untuk para drifter pemula, agar para pemula bisa cepat beradaptasi dengan tracknya

Drift camp karawang 2014-perfourm (29)

Alasannya simple agar semakin banyak lagi drifter-drifter muda atau pemula yang bermunculan karena mereka tidak kerepotan ketika mengikuti suatu event walaupun levelnya hanya sebatas latihan. Bayangkan saja jika Anda yang baru bisa U-turn atau doughnut (itupun kadang-kadang jadi dan kadang-kadang ngga) dipaksakan untuk mengikuti soal pro. Yang ada hanya bisa jadi penonton, karena stress berat gagal terus di inisiate pertama.

Drift camp karawang 2014-perfourm (30)

Karena hakikatnya adalah drifting is fun. Drifting is not motorsport at all, it’s all about good times all around with you and your car,  plus with your friends. Anda tak akan bisa drifting jika tidak ada orang yang mengajari Anda, ataupun mengkoreksi gaya Anda ketika mengesotkan mobil tersebut. Dan seperti biasa ritual ana-anak drifting Jakarta dan juga Hell Yea! Perfourm Open Drift Practice, yaitu photo loncat. Dan Drift Camp 2014 : Goyang Karawang berhasil meng inisiate event drifting yang telah lama pingsan.

Drift camp karawang 2014-perfourm (151)

Orang pertama yang akan memulai debut di track kota Karawang ini adalah Pro Drifter Indonesia yang tergabung dalam GT Radial drift team yang juga pembalap touring di Honda Racing Indonesia

Drift camp karawang 2014-perfourm (58)

Rio yang dikenal dengan julukan the Smokey Rio ini tampil cukup agresif dengan BMW E36 nya yang sudah diswap dengan 1UZFE with itb’s. Suara khas V8 nya pun menggelegar ketika dia melakukan doughnut sebanyak 2 kali.

Drift camp karawang 2014-perfourm (36)

Lalu kemudian keluar dan mendekati cliping point yang terletak di outer sehingga dia harus memaksakan rear bumpernya cukup tipis ke batas jalan tanpa mengurangi speed, angle sama linenya.

Drift camp karawang 2014-perfourm (33)

Drifter ke-2 adalah Evan

Drift camp karawang 2014-perfourm (68)

Dengan Skyfiro yang di lengkapi RB25DET Evan pun mulai melakukan goyang Karawangnya. Mobilnya sangat stabil dan nurut kepada Evan, bahkan hanya mobil Evan sajalah yang mampu mengeluarkan asap yang cukup banyak pada hari itu.

Drift camp karawang 2014-perfourm (67)

Dan tampakya gelar the Smokey hari itu jatuh ke tangan Evan. Saya sangat suka dengan penampilan Evan hari itu, bersih dan rapi mainnya. Juga mobinya yang full livery, powerfull, nurut, serta ton’s of smoke.

Drift camp karawang 2014-perfourm (48)

Bersiap di belakang Evan ada rekan satu teamnya, yaitu Akbar Rais dengan Nissan Cefro A31  yang dilengkapi dengan VH45DE

Drift camp karawang 2014-perfourm (34)

Pembalap dengan nickname ucok ini bisa dibilang tutor atau senseinya drifter Surabaya. Karena terhitung sekitar 2 kali pria ini menginjakkan kaki di kota Surabaya dan memberikan pelajaran kepada anak-anak Surabaya.

Drift camp karawang 2014-perfourm (38)

Akbar Rais pun beraksi dengan Cefiro A31 nya yang sudah di swap dengan VH45DE V8 engine. Suaranya menggelegar layaknya V8, namun somehow mobil ini keliatan seperti berat sekali atau tidak lincah. Speednya juga kurang kencang, tidak sekencang Cefiro bermesin inline 6 lainnya. Mungkin habit nya di JIEXPO atau track yang lebih luas.

Drift camp karawang 2014-perfourm (46)

It’s a bird, it’s a plane, no..it’s super crab. Saya sempat kaget dengan Cefiro merah yang tiba –tiba keluar dengan super angle yang mentok njedog dog (mentok mampus).

Drift camp karawang 2014-perfourm (50)

Ternyata yang berada di balik kemudi dari Cefiro merah idaman saya ini adalah Rio SB yang sedang memberikan pelajaran “how to make some smoke and super angle” pada Gigih yang masih masuk di kelas Drift star atau pemula

Drift camp karawang 2014-perfourm (40)

Jika pada jaman dulu saya melihat Danny Ferdito drifting dengan Toyota Soarer UZZ30 nya maka kali ini Danny menggunakan 200SX yang tak mau kalah dalam bersuper angle ria.

Drift camp karawang 2014-perfourm (57)

Lebih muda daripada Nissan 200SX, ada Edwin dengan Nissan Silvia S14 yang terlihat cukup kencang keluar dari bundaran setelah melakukan 2 kali doughnuts dengan cukup manis.

Drift camp karawang 2014-perfourm (72)

Setelah beberapa kali mencoba, Edwin yang masuk dalam kelas rookie ini sukses menyelesaikan run nya dengan sempurna.

Drift camp karawang 2014-perfourm (66)

Cliford is on fire. Hari itu selain Evan dan Rio SB yang membuat bbq dengan rear  tires nya yaitu Cliford yang merupakan salah satu drifter yang masuk di kelas rookie

Drift camp karawang 2014-perfourm (55)

Masuk agak belakangan ada Lucky Reza dengan Cefiro yang dulunya memakai SR20DET ini menjadi V8 engine yaitu VH45DE. Tapi sepertinya kondisi mobil Lucky kurang fit pada hari itu, mobilnya terlihat berat dengan di iringi suara mesin yang terdengar seperti mesin V8 yang sedang bengek atau sesak napas.

Drift camp karawang 2014-perfourm (128)

Chandra Timothy pun bersiap-siap di area start menunggu sang marshall memberikan jalan kepadanya untuk masuk ke track

Drift camp karawang 2014-perfourm (64)

Chandra yang memakai mesin standart RB20DET ini terlihat sebagai salah satu peserta yang menurut saya paling teladan, pantang menyerah, dan tentu saja energizer bunny. Dari awalnya dia masih belum ngeh dan sering spin out ketika mencoba menaklukan track ini. Lama kelamaan dia pun semakain lihai dan mulai menguasai permainan. Speednya pun meningkat seiring line, dan angle yang pelan-pelan dia temukan sendiri.

Drift camp karawang 2014-perfourm (132)

Sampai akhirnya dia menyelesaikan track sepanjang 250 meter ini dengan mulus dan secara katam atau hapal.  Ini baru namanya drifter teladan dan tahu artinya benar-benar memanfaatkan ajang latihan ini untuk belajar

Drift camp karawang 2014-perfourm (61)

Ngomong-ngomong soal LCDC atau Low Cost Drift Car, mari kita berkenalan dengan Panca salah satu Drifter dari Swag People  kota Bandung yang pada tahun 2013 yang lalu saya pernah lipuut ketika sedang night street drifting di kota Soreang, Bandung. Pada bagian engine RB20E nya saja hanya di porting and polish, dengan custom header dan exhaust, open air filter, lalu gardan atau differential nyadi L.A.S. Sedangkan kaki-kakinya custom, alias potong per. Tak ada branded stuff didalam mobil ini, tapi hasilnya seperti yang Anda bisa lihat disini.

Drift camp karawang 2014-perfourm (41)

Sementara sebuah Nisaan Cefiro warna putih tampak begitu agresif ketika keluar dari bundaran. Ada yang tahu siapa nama drifter ini?

Drift camp karawang 2014-perfourm (111)

Datang dari kota Bandung, Cressida Swag People yang dilengkapi dengan 1UZFE ini tampaknya belum menyatu dengan pembalapnya. Pembalapnya masih berusaha untuk meng ‘unleash the beast”. Ada yang tahu siapa dia?

Drift camp karawang 2014-perfourm (60)

Tak semua peserta berhasil mulus melewati clipping point pertama, Nabil pun harus berakhir di tengah pulau jalan ketika mencoba inisiate

Drift camp karawang 2014-perfourm (56)

Masuk ke barisan Euro, ada Aditya Putro yang tampak agak extra kerja keras membuat mas boy nya bersideway ria.

Drift camp karawang 2014-perfourm (43)

Jureq pun tampak full throttle dengan mobil mas boy yang hanya mampu memuntahkan tenaga sebesar 87 whp ini. Walaupun under power and under budget Jureq tetap bisa bersideways ria

Drift camp karawang 2014-perfourm (53)

Ternyata sang juara nasional ETCC 3000 Master gatal juga ingin mencoba mobil yang masih setingan touring Sentul ini bersideways ria. Namun sayang karena E36nya setingan grip bukan drift, beberapa kali Aria harus spin, bahkan nyungsep di pulau jalan

Drift camp karawang 2014-perfourm (54)

Tapi entah kenapa, setelah  sempat hard parking di tengah bundaran. Aria pun  terlihat sedikit emosi  dengan full throttle BMW E36 yang engine dan suspensionnya setingan untuk touring atau grip. Namun akhirnya akibat emosi tersebut mobil yang awalnya under steer dan sangat grip ini bisa juga sideways.

Drift camp karawang 2014-perfourm (71)

Waktunya untuk memanaskan mesin 1UZFE nya Rio SB. Rio pun tampil semakin agresif ketika hood E36 mulai dibuka. Dan mobilnya pun tampak semakin gahar dengan V8 dan itb yang terlihat pada bagian engine bay nya.

Drift camp karawang 2014-perfourm (75)

Dan akhirnya gelar the smokey rio kembali lagi ketangannya.

Drift camp karawang 2014-perfourm (79)

The ultimate tandem atau fighting hari itu jatuh pada 2 pro drifter Indonesia ini, yaitu Evan dan juga Rio SB. Sama-sama pro nya, dan sama-sama agresif dalam angle, speed, dan linenya. Tapi kalo saya melihat  Evan sedikit advance dalam hal angle nya.

Drift camp karawang 2014-perfourm (80)

Tandem pun berlanjut, dari Evan Rio pun kembali bertandem dengan Akbar Rais. Kali ini V8 wars antara 1UZFE with itb (Rio) dengan VH45DE (Akbar) pun terdengar meraung-meraung. Kali ini saya memberikan advance kepada Rio karena angle, speed, dan line nya lebih advance dari pada Akbar.

Drift camp karawang 2014-perfourm (136)

Gatal sebagai panitia, Denny pun tak tahan ingin mencoba track yang dibuat sendiri.

Drift camp karawang 2014-perfourm (81)

Di awal-awal mencoba lintasannya, Denny agak belepotan dengan KE70. Maklum sama seperti Aria KJA dengan BMW E36nya, KE70 bermesin 4AGE Turbo  bertenaga 280 hp ini semuanya masih setingan touring. Jadi Denny pun berusaha extra keras untuk membuat mobil ini membuang pantatnya. Lama-kelamaan pria asal kota Surabaya ini berhasil.

Drift camp karawang 2014-perfourm (143)

KE70 yang diboost 0,9 bar ini pun bersideways ria

Drift camp karawang 2014-perfourm (105)

Tepat jam 12 siang, waktunya untuk para drifter, panitia dan marshal makan siang. Cuaca Kota Karawang yang pada awalnya panas, berubah menjadi mendung. Tapi cuaca mendung ini dimanfaatkan oleh penduduk kota Karawang yang memadati  arena test drive Techno Mart-Galuh Mas samping Mall Karawang Central Plaza Karawang untuk masuk dan berkeliling di dalam paddock

Drift camp karawang 2014-perfourm (92)

Saya pun bertemu lagi dengan anak-anak Swag People Inc. dari kota Bandung. Jika Anda ingta, sya pernah meliput mereka di kota Soreang pada malam hari dimana hampir semua drifter dari kota Bandung dan sekitarnya mengadakan rave party drift di tengah malam.

Drift camp karawang 2014-perfourm (89)

Ternyata benar dugaan saya pada Cefiro milik Lucky Reza yang sewaktu run tadi terdengat seperti tidak fit. Kali tidak salah mobil ini hanya run beberapa kali saja. Ternyata ada mesinnya mengalami masalah yaitu metal atau bearingsnya kena, sehingga membuat performancenya drop.

Drift camp karawang 2014-perfourm (94)

Jika para drifter dan panitia sedang beristirahat, tidak halnya dengan mobil tire changer dari GT-Radial yang malah tampak sibuk mengganti ban-ban para drifter yang menggunakan ban merek GT Radial. And it’s free…

Drift camp karawang 2014-perfourm (103)

Ada yang special pada hari itu, yaitu sewaktu jam istirahat seluruh panitia dan drifter berkumpul di tenda panitia

Drift camp karawang 2014-perfourm (100)

Ternyata pada hari itu IDC atau Indonesia Drift Community merayakan ulang tahunnya yang ke- 6 tahun.

Drift camp karawang 2014-perfourm (102)

Dalam sambutannya, Bpk. Anang selaku penasehat dan pelindung IDC dan juga merupakan Ayahanda dari Rio SB memberikan apresiasi atas kerja keras IDC dalam memajukan dan membuat olahraga drifting tetap ada di Indonesia melalui ajang drift camp. Beliau juga berharap agar kedepannya IDC bisa tetap mengadakan event drifting supaya Drifting tetap eksis atau ada.

Drift camp karawang 2014-perfourm (101)

Indonesia Drift Community adalah sebuah komunitas atau perkumpulan yang berisi club-club drifting di Indonesia. Yang pada dasarnya menjadi fasilisator  untuk dapat membuat regulasi drifting di Indonesia. Atas dasar menjadi wadah bagi mereka yang mempunyai passion yang sama dalam drift, mempersiapkan suatu event drifting secara matang dan profesional, dan juga kegiatan drifting tidak dianggap aksi berbahaya maka pada tanggal 20 Desember 2008 dibentuklah Indonesia Drift Community. Adapun visi dari IDC ini yaitu menjadikan Drifting sebagai salah satu olah raga otomotif di Indonesia yang akan mempunyai jenjang karir bagi drifter menjadi professional. Dan misi dari IDC adalah menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, serta menyiapkan regulasi dan membuat kompetisi yang regular. Sehingga IDC ini menjadi lebih dikenal dan jauh dari tanggapan orang tentang cabang olahraga yang berbahaya.

Drift camp karawang 2014-perfourm (104)

Dan pada ulang tahunnya yang ke-6 tahun ini 1st cake nya dipersembahkan kepada Bpk. Anang selaku penasehat dan pelindung IDC oleh Hadaris selaku ketua IDC. Dan setelah itu b’day cake for everybody..

Drift camp karawang 2014-perfourm (95)

Tak membutuhkan waktu lama bagi para drifter ini untuk kembali ke lintasan dan membakar ban. Jauh di ujung lintasan Evan dan Rio pun mulai membakar ban.

Drift camp karawang 2014-perfourm (96)

Ini adalah duo drfiter yang menggunakan ban dan team yang berbeda. Jika Evan menggunakan Achilles ATR Sport smoke drift tires yang berwarna ungu

Drift camp karawang 2014-perfourm (97)

Sementara Rio SB menggunakan ban GT-Radial Champiro SX-2

Drift camp karawang 2014-perfourm (99)

Dan jika Anda biasanya selfie hanya di café ataupun tempat public lainnya, well Achilles Drift Team mempunyai cara selfie yang anti mainstream. Yaitu selfie di tengah mobil drifting yang dipiloti Evan yaang sedang melakukan big dougnut.

Drift camp karawang 2014-perfourm (98)

Dan tentu saja ada konsekuensi setelah itu, yang barusan saja selfie menjadi crew  nya Evan dalam memban tu mendinginkan radiator yang terletak di trunk atau bagasi.

Drift camp karawang 2014-perfourm (133)

Jika tadi Gigih berada di jok penumpang dan diajak taxi drift oleh Rio SB, maka kali ini dia kan run mempiloti mobilnya sendiri

Drift camp karawang 2014-perfourm (107)

Dan hasilnya, amazing. Gigih pun tampaknya benar-benar menyerap ilmu yang diberikan oleh Rio SB. Terbukti dengan run nya yang sangat bagus dari satu run ke run yang lainnya. Angle, Speed, dan line nya pun semakin bagus. Dan tentu saja Gigih pun tak ragu-ragu untuk full throttle.

Drift camp karawang 2014-perfourm (129)

Well semua orang tampaknya menikmati acara drift camp kali ini

Drift camp karawang 2014-perfourm (134)

Hanya dengan membayar sebesar 350 ribu Anda bisa drifting all day long.

Drift camp karawang 2014-perfourm (130)

Dan tampaknya yang paling menikmati hari itu adalah Bioy  dari kota Bandung dengan Suzuki Futura pick upnya. Did I said pick up drifting?

Drift camp karawang 2014-perfourm (144)

Challenge accepted ! Believe me guys, pick up yang biasanya sebagai alat angkut sayur mayur hingga kambing ini benar-benar bisa ngesot. Dan bukan hanya sekedar drift di beberapa titik, Tapi Bioy benar-benar membuat pick up kuning Banana ini ngesot sepanjang jalan. Lihat saja super angle nya. IDC memang sedang mengusahakan dibukanya kelas baru di cabang drifting, yaitu retro drift dan pick up drift.

Drift camp karawang 2014-perfourm (159)

Hari itu  juga saya bertemu dengan salah satu drifter yang banting stir menjadi pembalap touring, yaitu Ikhsan.

Drift camp karawang 2014-perfourm (109)

Biasanya saya melihat dia di kelas Super Touring bersama pasukan Cefiro lainnya seperti Mimo dan Reqi

Drift camp karawang 2014-perfourm (45)

Maka kali ini tak ada tikungan yang tidak di sideways oleh nya.

Drift camp karawang 2014-perfourm (115)

Sore itu para drifter benar-benar memnafaatkan waktu sebaik mungkin, maklum saja langit diatas kota Karawang sudah mulai gelap gulita dan gluduk-gluduk

Drift camp karawang 2014-perfourm (118)

Tapi suara petir dan awan yang begitu gelap tak menghentikan para drifter ini untuk memanfaatkan sisa waktu latihan pada hari itu. Seperti Allen Yong yang tiba agak belakangan karena habis dyno terlebih dahulu sebelum berangkay ke Karawang.

Drift camp karawang 2014-perfourm (117)

Termasuk juga Kurniawan yang tampaknya semakin menggila di sesi ke-2 ini.

Drift camp karawang 2014-perfourm (126)

Saya serasa di Ebisu Circuit jika melihat photo ini.

Drift camp karawang 2014-perfourm (112)

Tapi tak ada yang menghentikan kegilaan Evan yang membakar ban sepanjang jalan.

Drift camp karawang 2014-perfourm (113)

Eh..maksud saya sepanjang lintasan

Drift camp karawang 2014-perfourm (124)

Sepertinya pihak IDC sukses menyelenggarakan acara ini. Karena acara ini akan sedikit berbeda karena  digelar di tengah kota dan pinggir jalan utama kota Karawang, yang tentu saja akan membuat adrenaline para drifter semakin membara, karena akan disaksikan langsung oleh masyarakat umum atau para pengunjung mall. Dan tampaknya it works.

Drift camp karawang 2014-perfourm (127)

Dengan penonton yang membludak dan memadati hampir seluruh pinggiran lintasan, membuat para drifter ini membuat arti kata entertain pada drifting menjadi semakin kental daripada motorsport. Para drifter pun langsung memberikan entertain kepada para penonton dengan drift tandem.

Drift camp karawang 2014-perfourm (120)

Satu persatu pasangan drifter melakukan tandem, mulai dari Danny Ferdito (Lead), dan Rio SB (Chase)

Drift camp karawang 2014-perfourm (125)

Kurang puas? Tenang saja karena para drifter ini seamkin menggila dengan melakukan melakukan drifting dengan 3 mobil sekaligus. Yaitu Rio SB, Akbar Rais, dan Danny Ferdito. Dan tampaknya Rio having good times ….

Drift camp karawang 2014-perfourm (142)

Berada di tepi lintasan bersama para penonton yang membludak membuat kaki dari Denny Pribadi menjadi gatal melihat para drifter lainnya sedang panas-panasnya membakar ban. Denny pun kemudian mulai membuat super angle.

Drift camp karawang 2014-perfourm (149)

Dan seketika hujan pun mulai turun. Bukannya malah berhenti atau berteduh, Trio libels ini pun semakin menggila  dengan bersideways ria di bawah guyuran hujan

Drift camp karawang 2014-perfourm (158)

Baterai camera saya sudah kedap kedip layaknya Ultraman yang sedang letoy, memory card saya juga sudah masuk dalam hitungan jari saja jumlah photo yang bisa ditampung, Acara pun semakin mepet ke akhir acara. Saya harus melakukan ini, yaitu numpang alias taxi drift di salah satu mobil. Dan pilihan saya sore itu jatuh pada Cefiro milik Achilles Drift team ini.

Drift camp karawang 2014-perfourm (152)

Dengan pembalapnya Akbar Rais

Drift camp karawang 2014-perfourm (153)

Show me what you got bro

Drift camp karawang 2014-perfourm (157)

I’ll take the drift one

Drift camp karawang 2014-perfourm (156)

Well, sepertinya saya dan akbar mendapat lawan tandem yang sepandan yaitu Evan. Dimana belum juga mulai kami sudah mendapatkan cinderamata berupa “jari tengah”.

Drift camp karawang 2014-perfourm (154)

Evan  pun melesat duluan , dan saya dan Akbar menjadi pemburu yang mengejar Evan. Akbar yang tampak kesal dikasi cinderamata tadi berusaha menempel ketat body Cefiro milik Evan di setiap tikungan. Adegan itu pun bertambah gila dengan suara V8 yang meraung-raung di dalam cockpit. Sayangnya karena jumlah memory yang sudah menipis, saya tidak bisa mengambil poto secara membabi buta.

Drift camp karawang 2014-perfourm (155)

Well, it was an awesome chase by Akbar Rais. Suara V8 nya membuat saya gila, saya sampai bingung karena suara jantung saya berpacu keras mengikuti raungan V8.  Saya baru tau sensasionalnya drifting dengan V8 didalamnya,Tapi secara personal saya lebih suka dengan suara inline 6 with Turbo inside.

Drift camp karawang 2014-perfourm (160)

Sekitar jam sore, hujan pun turun dengan derasnya hingga membuat panitia dan marshall menghentikan acara  latihan kali itu karena lintasan sudah berubah menjadi kolam renang atau ketinggian air sudah tinggi

Drift camp karawang 2014-perfourm (161)

Akhirnya setelah dari pagi full throttle dan bakar ban sana sini, dipilihlah 4 drifter terbaik dari Drift camp 2014 : Kota Karawang. Yang dimana penilaiannya dilakukan oleh pihak IDC berdasarkan progress latihan dari pagi hingga selesai. Hadiahnya berupa cindera mata dari pihak GT-Radial, special IDC Polo shirt dan tentu saja Perfourm basic t-shirt. Mereka adalah Best 1. Rio SB (ke-2 dari kanan), Best 2-Evan (ke-2 dari kiri), Best 3- Danny Ferdito (paling kanan), dan Best 4 – mungkin ada yang tahu namanya saya lupa (paling kiri)  . hadiah pun diserahkan oleh Rizki Andromerdi, Brand Assistant Automobile, PT Gajah Tunggal Tbk. (polo shirt merah).

Drift camp karawang 2014-perfourm (108)

So guys, bagi yang absen atau tidak bisa hadir di Drift Camp 2014 : Goyang Karawang  ini jangan kuatir dan bersedih. Karena di tahun 2015 IDC akan kembali lagi mengadakan acara Drift Camp 2015 sebanyak 2 seri. Dan semoga saja tahun 2015 akan ada banyak lagi event kejurnas drifting yang berskala nasional dan juga event drifting berskala internasional. So guys… Keep drifting fun.

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

 

 

Comments

comments!