FROM MEDAN WITH MEDAN AUTOFEST SERIES III 2015

5043

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (18)
Horas bah! Akhirnya untuk yang ke-2 kalinya saya bisa mengucapkan salam khas orang Batak atau Medan setelah pada November 2014 yang lalu saya mengunjungi kota Medan untuk Meliput grand opening Ton’s Garage Medan. Akhirnya pada 25 Januari 2015 yang lalu saya pun mengunjungi lagi kota terbesar ke-3 di Indonesia yang terletak di provinsi Sumatera Utara ini untuk meliput Automotive rave party nya kota Medan, yaitu Medan Autofest Series III 2015.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (26)

Departure People

Tak ada yang lebih menjengkelkan ketika kita ketinggalan pesawat. Yes, that’s guy is me. Sekiranya saya berangkat pada hari Jum’at pagi jam 06:05, tetapi saya tiba di meja check in pada jam 05:31 dengan kondisi pesawat sudah mundur dari belalainya. Dengan berat hati saya membeli tiket lagi yang di diskon 10% (dari tiket lama saya), alamat dompet saya berubah menjadi kopiah atau peci. U knowlah, ini ke Medan bung bukan ke Jakarta. Benar saja, pesawat singa terbang itu memperbolehkan penumpangnya masuk jam 7:15, lalu kemudian mundur dari belalainya jam 7:30 an, dan akhirnya take off jam 08:00 nan (jadwal terbangnya memang jam 08:00). So guys, jangan main-main lagi dengan si Singa Terbang ini, teman wartawan saya yang di Jakarta sudah pada ketinggalan pesawat. Saya pun naik pesawat Surabaya-Kualanamu (Medan) via Batam. Kini Anda tahu bagaimana pulau Singapore menjadi semakin lebar dan banyak bangunan-bangunan tingginya dengan melihat photo ini.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (41)

Setelah menempuh perjalan sekitar 2 jam 15 menit ke pulau Batam, lalu Batam ke Kualanamu atau Medan selama 50 menitan. Akhirnya saya tiba di Kualanamu International Airport Medan dan disambut oleh Litowongso (kiri) dan juga Denny dari Independent Event Organizer Medan.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (56)

It’s good to be back in this amazing airport. Saya rasa Kualanamu adalah salah satu airport terbaik di Indonesia, mirip dengan Changi Airport Singapore dan KLIA 2 Malaysia. Some say airport di kota Makassar dan Bali yang baru juga awesome. Kita akan mengetahuinya soon.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (116)

But 1st stop….makan. Saya benar-benar kelaparan hari itu. Tidak tidur alias begadang hanya supaya tidak ketinggalan pesawat, namun akhirnya ketinggalan juga. Menunggu di airport 2 jam, lalu terbang lagi selama 3 jam. Saya rasa saya bisa makan orang. Untungnya ini Medan, kota surganya para pecinta kuliner seperti saya. Saya pun diajak Lito ke warung Sop sum-sum langsa. Saya sudah puasa kolesterol selama 2 bulan untuk moment seperti ini.

medan autofest seris3, perfourm.com,bayunyonk

Saya rasa ini adalah makanan paling berat alias heavy weight yang pernah saya makan mengingat ini adalah tulang kaki lembu bukan sapi atau kambing. Incarannya adalah sum-sum yang terletak ditengah tulang tersebut

Medan-Autofest-series-3-Perfourm

Baru kali ini saya makan sop dengan disertai sedotan dan pisau. Ternyata ada 2 cara untuk menikmati tulang kaki lembu tersebut. Anda bisa menyedot sum-sumnya dengan sedotan, atau lupakanlah pisau, dan unleash your darkside dengan menjadi guk-guk atau Spike nya Tom & Jerry

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (101)

Dengan perut kenyang dan kepala yang sudah dub step atau high rev karena makan sop tulang lembu, saya pun mampir sebentar di kantor Independent Event Organizer yang terletak di jalan Setiabudi pasar 1. Dimana para crew nya sedang sibuk mempersiapkan event Medan Autofest seri 3 yang akan diselneggerakan pada hari Minggu besok, 25 Januari 2015 di Lanud Soewondo.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (71)

Well..ini cukup menarik. Baru kali ini saya menemukan panitia balap serapi ini. Daftar nomor start yang tersedia pun terpampang di dinding untuk memudahkan kita dalam memilih nomor start

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (86)

Begitu juga dengan layout lokasi event beserta list area paddock drag race dan drag bike serta area contest mobilnya. Sangat memudahkan kita untuk memilih paddock atau lokasi kita

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (27)

Jauh-jauh dari kota Jakarta dan Cianjur, team B16 AP Speed pun tiba di kota Medan dengan EG6 B20 milik Selva yang baru saja di upgrade performancenya setelah mengikuti seri ke-5 Sentul Drag Race 2014 pada bulan November yang lalu. Dan yang sebagai rekan duet Selva besok adalah M. Herdy dan juga Oyot yang tampak sedang sibuk mempersiapkan EG6  ini.

Medan autofest series3,perfourm.com,bayu nyon (2)

Lanjut malamnya kami mengadakan Durian parteh sebagai tanda M. Herdy dan Oyot secara resmi sudah afdol datang ke kota Medan. Maklum ini adalah kunjungan pertama kalinya mereka ke Medan.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (57)

Scrutineering Day

Sabtu, 24 Januari 2015. Dimulailah acara scrutineering yang dimulai pada jam 9 pagi hingga sore hari di area parking lot Lanud Soewondo medan. Scrutineering pada hari itu dibagi menjadi 3 bagian. Bagian pertama atau tempat pertama kali mobil masuk yaitu registrasi ulang, lalu pengambilan sticker, lalu yang terkahir adalah scrutineering mobil baik itu engine dan kelengkapan safetynya.

Medan autofest series3,perfourm.com,bayu nyon (3)

Litowongso yang bertugas sebagai penanggung jawab Drag race pun memanfaatkan pengalamannya bertanding di beberapa kota di Indonesia, termasuk Sentul dan Surabaya dalam mengorganisir agar semua hal dari scrutineering hingga race day berjalan dengan lancar.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (72)

Scrutineering hari itu sama seperti scrutineering di event-event drag race manapun juga. Kenapa? Karena saking mainstream nya mobil Honda yang digunakan untuk drag race. Mulai dari hatchback hingga sedan.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (87)

Dan untuk kota Medan, team B16 AP Speed juga mempunyai perwakilannya disana dengan sebuah EG6 putih yang dimiliki oleh Selva. Bisa dibilang untuk pulau Sumatera team yang bermarkas di daerah Duren Sawit Jakarta ini memiliki team di kota Jambi dan Medan, sementara di pulau Sulawesi di kota Palu.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (131)

Medan juga memiliki pasukan all motornya, dan tentu saja dengan Honda Civic. Saya melihat bagaimana bentuk dan cara mereka memodif seluruh sector mobil drag mereka, terutama selain engine, yaitu penampilan. Ada yang bagus dan rapi layaknya mobil-mobil drag race di pulau Jawa. Namun adapula yang masih amburadul.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (102)

Setiap kali melihat hood yang seperti ini saya selalu ngeri-ngeri sendiri. Mungkin atas nama weight reduction pengambilan tulang pada bagian hood atau fiber hood syah syah saja. Namun demi alasan safety, sebaiknya baut-bautnya dikencangkan dan juga hood pin. Karena saya sudah sering melihat hood nya lepas dan menghantam kaca depan sehingga menutupi pandangan pembalapnya.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (58)

Selain scrutineering bagi drag race, pada hari itu jugasedang berlangsung loading bagi para peserta auto contest, dan seperti biasa habitnya TKCI atau Toyota Kijang Club Indonesia dimanapun cabangnya, pastilah ada Kijangnya yang dibuat ceper mampus.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (43)

Entah itu Kijang lama ataupun baru, yang penting low as a lifestyle.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (73)

Sampai –sampai mereka meninggalkan bekas dari bagian under carriage mereka. Sepertinya itu dari gesekan oil pan. Bahkan ketika berjalan bau kampas gosong pun tercium sangat amat jelas.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (117)

Dan bahkan untuk yang sampai dalam tahap ceper mampus banget, untuk mencapai area contest yang terletak di shelter pesawat tempur Yaris ini harus dibantu dengan potongan kayu supaya tetap bisa jalan.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (28)

Lalu acara Scrut hari itu ditutup oleh briefing panitia untuk para peserta drag race. Kadangkala kita menyepelekan briefing seperti ini, tapi rugi di kita apabila sewaktu atau setelah race kita tidak punya kekuatan untuk bisa memprotes karena tidak mengikuti briefing dari panitia sebelum lomba.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (76)

Race Day

Minggu pagi, 25 Januari 2015 di bagian Shelter Lanud Soewondo ini pun di isi sebanyak 28 mobil yang beradu di auto contest

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (61)

Dan yang paling eye catching ada sebuah Subaru Impreza WRX yang di wrapping ala mobil dinesnya mbah Google Map.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (119)

Ada juga mobilyang terhitung fresh from the oven, yaitu the all new Toyota Yaris yang sekilas bentuknya mirip dengan Subaru Impreza hatchback. Jika Subaru tadi di wrapping ala mobil dinasnya Mbah Google Map, maka Yaris di ini di diberikan livery ala camouflage lengkap dengan rimsnya yang stance.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk

Stance here, there, and everywhere. Contest kali ini bisa di bilang menjadi partynya para stance lover kota Medan. Dengan hadirnya beberapa mobil stance terbaik di kota ini. Seperti Nissan Livina yang look so damn low

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (46)

Lengkap dengan rat hood nya dan pesan dari Bapaknya yang ternyata gaul juga

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (16)

Aliran rat rod alias mobil berkarat memang tampaknya sedang happening di kota Medan. Jika Livina tadi hanya mengadopsi pada hoodnya saja, maka Toyota Kijang dari TKCI Medan ini mengaratkan seluruh body Kijang kapsul nya ini berserta ceper mampusnya. “Salam Ceper” katanya

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (92)

Untuk kontes mobil kali ini mendatangkan 2 orang juri yang ternyata satu kota dengan saya, yaitu Surabaya. Yaitu Chandra dari tabloid Ototrend dan juga Rudi.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (47)

Karena ini adalah the biggest automotive rave partynya kota Medan, jadi tak hanya mobil 1:1 saja yang ada disini, termasuk juga beberapa hobby yang berbau otomotif terutama mainan

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (49)

Seperti para penggemar Tamiya yang juga tak mau kalah menggelar lomba balap Tamiya di sirkuitnya dan juga body contest. Saya baru tahu kalo body Tamiya ini bisa diganti dengan body mobil beneran, saya kira Cuma bisa body seperti di film Dash! Yonkuro (jaman saya SD tahun 90’an awal)

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (62)

Dan juga RC touring

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (32)

Yang ternyata benar-benar touring dengan sirkuit yang cukup panjang dan berkelok-kelok. Saya salut dengan para pembalapnya yang bisa negbut lalu menikung dengan kecepatan yang cukup tinggi, namun tetap grip atau stay on the track. Top Speednya sendiri ada yang dari 48 km/jam hingga ada yang sampai 200 km/jam. Great Scoot!

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (34)

Jika tadi itu mainan Remote Control yang grip, maka sekarang kita beralih ke balapan gripnya 1:1 alias slalom.  Walaupun yang saya lihat hanya 1 mobil ini saja dengan 9 peserta yang meng gang bang mobil ini, tetapi show must go on.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (88)

Dan masuklah kita ke dalam hidangan utama dari event Medan Autofest Series III ini yaitu drag race. Dimana lintasan drag race kali ini menggunakan lintasan penghubung antara runaway dengan area parkir pesawat sepanjang 201 meter. Team Independent organizer selaku panitia penyelenggara event tahunan ini pun merubah shelter dan area parking lot pesawat menjadi sebuah play ground bagi para car enthusiast.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (90)

Saya pun berkeliling ke area paddock untuk melihat seberapa jauh para tuner dan pembalapnya memodifikasi mobilnya. Terutama yang menjadi sorotan saya adalah penampilan mobil tersebut, apalgi engine bay yang sering di abaikan oleh para tuner dan pembalapnya. Ternyata ada beberapa tuner atau pembalap yang benar-benar memperhatikan estetika atau kebersihannya. Mulai dari EG6 bermesin D16

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (81)

Hingga engine swap ke B18 yang engine baynya sudah tampak seperti EG6 di kota Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Seperti B18 milik M. Akbar Hutasuhut dari Kokomoto Enginering

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (60)

Yaitu bersih dan rapi, serta bermain dengan warna. Saya pribadi cukup senang melihat pemandangan ini, karena memang tujuan saya dengan Perfourm ini untuk menyebarkan virus “ mobil balap harus cantik seperti mobil auto contest” alias tuning with attitude

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (75)

Ahhh…..tak ada yang mampu menarik hati saya di paddock kali itu selain duo RWD ini, yaitu Nissan Cefiro A31 dan juga Honda S2000 dari team ERD Racing

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (14)

Sekitar jam 9 pagi, garis start pun dibuka untuk 13 kelas yang dipertandingkan pada hari itu. Mulai dari bracket 12 detik hingga Pro Stock atau FFA, bahkan ada kelas khusus Diesel 1000 s/d 2500cc

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (59)

Ada satu trend yang sedang happening di kota Medan, terutama di anak-anak drag race nya yaitu penggunaan tire paint pada ban mobil mereka.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (15)

Dan yang paling banyak di tire paint adalah ban jenis pabrikan Toyo Proxes R888 ataupun R1R. Lebih simple karena tinggal mewarnai saja letter atau huruf yang sudah tercantum di ban, daripada di tire bomb.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (93)

Karena ini ibu kotanya Rally di Indonesia, maka saya pun melihat beberapa pembalap seperti Selva dari team B16 AP Speed memakai half face helmet nya lengkap dengan intercomnya.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (63)

Tapi tetap yang saya incar adalah helm fullfacenya. Beberapa pembalap pun sudah memakai helm fullface yang kalo saya bilang lebih safety dan macho untuk motorsport.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (30)

Entah itu mau polos atau pun sudah diberikan livery ataupun gambar. Di Medan sendiri, sebagian besar para pembalapnya menggunakan Simpson Helmet, cukup berbeda dengan tren helm yang ada di pulau Jawa

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (29)

Kampanye helmet saya awal mulanya dimulai dari team B16 AP Speed. Dari team yang berasal dari daerah Duren Sawit Jakarta ini, saya menyebarkan virus betapa pentingnya penggunaan fullface helmet dan juga pemberian livery atau corak pada helm pribadi mereka. M. Herdy pun yang memulainya, dan dibuat sewaktu gila-gilanya piala dunia 2013 dimana dia mati-matian mendukung team Jerman.Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (44)

Tapi ada yang unik juga di Medan. Jika para granpa atau kakek-kakek pada hari Minggu duduk manis dirumah sambil bercengkrama atau menggendong cucu mereka, well lain dengan granpa yang satu ini. Somesay beliau tidak pernah absen dalam setiap event drag race.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (118)

Granpa bernama Bachtiar ini bertarung dengan mobil yang bisa dibilang ya sebelas dua belas dengan umurnya, yaitu Mercedes Benz Mini 200  1975 atau yang lebih dikenal dengan nama Mercy jempol. Sayangnya granpa yang mengikuti kelas bracket 11 detik ini cukup jauh dari angka 11,000 yaitu 11,7 detik.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (103)

Kelas yang cukup unik dan tidak ada di gelaran balap drag race di pulau Jawa yaitu dibukanya kelas Diesel 1000 s/d 2500 cc. Pesertanya pun cukup banyak, dengan mobil yang tergolong berbody segede gaban lengkap dengan fogging berwarna hitamnya ketika lari seperti cumi-cumi

Medan autofest series3,perfourm.com,bayu nyon

Keluar  sebagai juara 1 di kelas diesel power ada Erik yang mencetak best timenya 09,919 detik. Yang diikuti oleh rekan satu mobil Inovanya, yaitu Hendra di posisi ke-2 dengan best timenya 09,935 detik.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (120)

Karena Medan dikenal sebagai ibukotanya balap rally, jadi tak heran juga beberapa peserta menggunakan mobil rally atau off road mereka untuk mengikuti drag race

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (48)

Di kelas City Car, M. Reza dan juga Yulio dari Project Twenty membabat habis posisi 1 dan 2 dari tangan Myb Racing Medan yang hanya berhasil meraih posisi 3 hingga 5.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (106)

Pendi Ginting dari team Sebu Tuning Medan dengan Civic EF Hatchback atau Nova nya hanya mampu bertengger di posisi ke-5 di kelas bracket 10 detik dengan best timenya 10,352 detik.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (45)

Kalo Anda bisa lihat disini tracknya sangat wide open space alias lapang sekali. Maklum saja ini adalah akses atau jalan menuju runaway atau lintasan utama tempat landing dan take off nya pesawat terbang. Namun musuh utamanya adalah hembusan angin yang cukup kencang yang bisa meningkatkan gaya drag sehingga memperlambat mobil. Rizky Radityo dari RMB Samurai Garage  dengan Honda Citynya berhasil keluar sebagai juara 1 di kelas bracket 11 detik dengan best timenya 11.018 detik

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (91)

Sakral Hasby P dari G.W.S Racing Team dengan Honda Civic EK Ferio B20 nya hanya mampu bertengger diposisi ke-3 di kelas bracket 10 detik dengan best timenya 10,246 detik.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (19)

Sementara 1 detik lebih cepat dari kelas bracket 10 detik, ada Anggi Aulia dari team Joker/ANT Tuning dengan EG6 nya yang hanya berhasil duduk di podium ke-3 di kelas bracket 9 detik dengan best timenya 09,453 detik

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (17)

Pada posisi ke-2 di kelas bracket 9 detik di raih oleh Oyot dari team B16 AP Speed Jakarta dengan waktu 9,344 detik (EG6). Juara 1 diraih oleh Nendra Waka dari team J1 Racing dengan Mitsubishi Galant  dengan waktu 09,195 detik

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (107)

Sementara Syauqi Riyadi Syahri dari team CV. Mubarok PHDT Sebu Tuning yang merupakan juara umum sementara sampai seri 2, tampak full throttle di seri ke-3 ini untuk kembali mengumpulkan point lagi supaya mengamankan posisinya sebagai juara umum 3 seri. Hasilnya, Syauqi pun berhasil keluar sebagai juara ke-4 di kelas 2.1 C sedan 1501 s/d 1700 cc dengan best time 09.079 detik. Dan juara ke-4 di kelas 2.2 sedan 1701 s/d 2000 cc dengan best timenya 09,041 detik.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (3)

Race of the day bisa dibilang milik EG6 hitam dan putih ini. Bisa dibilang ini adalah epic battle of the daya antara M. Akbar Hutasuhut dari team Kokomoto Enginering Medan yang berusaha menghadang laju pasukan B16 AP Speed Jakarta dengan EG6 berwarna putih.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (2)

Sebanyak 3 kelas EG6 hitam dan putih ini bertarung (2.1C, 2.2, dan FFA). 3 pembalap B16 AP Speed tumbang ditangannya (Oyot, Selva, dan Arjun). Namun sayang dia harus berhadapan dengan pembalap utama dari team B16 AP Speed, yaitu M. Herdy yang akhirnya merajai 3 kelas bergengsi di event kali ini yaitu juara 1 di kelas 2.1C, 2.2, dan FFA.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (5)

M. Akbar Hutasuhut dari Kokomoto Enginering pun harus puas duduk di podium ke-2 di kelas 2.1C dan 2.2 dengan best timenya 8.697 detik

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (33)

Sementara M. Herdy pun berhasil mencetak the fastest of the day di Medan Auto Fest series 3 kali itu, yaitu 08,658 detik.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (78)

Di kelas FFA ternyata ada juga mobil impian saya Nissan Cefiro A31 yang kembali ke jalan yang lurus. Dengan bermesin RB25DET Johan dari team ERD hanya mampu bertengger diposisi ke-5 di kelas FFA dengan best timenya 09,824 detik.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (122)

Tidak kalah seru dengan race car yang berpacu dalam lintasan 201 meter, meanwhile di area parking lot saya pun menemukan beberapa mobil yang tampak sedang hard parking atau duduk manis di parkiran. Seperti Mazda RX-8 silver yang tampak legit ini

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (18)

Dan juga sebuah EG6 dengan aliran stance nya yang hanya duduk manis di bawah pohon disaat teman-temannya sedang full throttle di dalam lintasan drag race.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (20)

Talking about sexyback selain EG6, di Medan Autofest seri 3 di gelar juga lomba modeling. So dengan kata lain hampir seluruh wanita cantik dan model kota Medan Ada disini.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (64)

Mulai dari catwalk

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (52)

Hingga berpose di depan kamera.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (67)

Anda tahu kenapa saya lebih memilih berselfi ria ketimbang memphoto lomba model yang sedang berlangsung. Jawabanya yang didepan saya adalah lomba model pria, itulah sebabnya orang disekeliling saya tertawa ketika melihat ulah saya. Aneh juga rasanya kalo saya memphoto lalu mengupload model lekong.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (123)

Tak lengkap rasanya jika sebuah event automotive rave party tanpa adanya event car meet. Hampir seluruhh club mobil kota Medan pun berkumpul di area parkir pesawat di Lanud Soewondo Medan ini.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (109)

It’s a crazy automotive rave party, ya hampir miriplah dengan race war nya Fast and Furious.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (124)

Dengan ribuan penonton …everywhere.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (94)

Mungkin di era Fast and Furious atau Ja Rule belum mengenai istilah car limbo. Tapi pada saat ini hampir dipastikan bahwa setiap ada acara meet pasti ada acara car limbonya. Dan tentu saja selalu heboh dengan gaya mereka sendiri-sendiri

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (79)

Peraturannya cukup gampang, bikin mobil Anda serendah mungkin ketika melewati garis atau limbo. Terserah caranya seperti apa, semua cara adalah halal, yang penting mobilnya bisa melewati.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (35)

Tapi menurut saya hal yang menyenangkan dari pekerjaan saya yang selalu keliatan seperti orang sedang liburan atau jalan-jalan melulu ini, selalin bisa mengenal wisata kuliner lokal, dan car culturenya. Yaitu bisa bertemu dengan teman-teman baru dari berbagai belahan Indonesia

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (36)

Mulai dari anak-anak Project’s Twenty dan Sebu Tuning

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (96)

Hingga Kokomoto Enginering dan 2 orang teman dari Ton’s Garage Medan yaitu Dorand dan Yorik (2 orang di sebelah kiri)

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (7)

Selain Nissan Cefiro yang membuat saya horny, ada lagi RWD yang membuat saya jatuh cinta dengan mobil pabrikan Jerman ini, Yaitu sebuha BMW E30 yang di lengkapi dengan M-Tech Body kit plus sebuah OZ Racing rims yang cukup langka. Saya sendiri mencari jenis rimsnya ini pun tidak ketemu, ada yang tahu?

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (89)

Tak lupa saya juga hari itu datanng ke Medan juga kulakan atau berjualan kaos Perfourm. Animonya pun cukup bagus. Bebrapa pembalap Kokomoto Enginering pun membeli kaos saya, seperti M. Akbar Hutasuhut. Dan seperti biasa saya memberikan sticker untuk dipasangkan di kaca samping EG6 nya dengan ritual dia yang harus melepasnya

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (22)

Saya sampai lupa minta kaos teamnya. Mungkin next time saya bisa minta sticker dan kaos nya Kokomoto Racing untuk koleksi pribadi saya.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (95)

Ada juga Muhammad Roofid yang jauh-jauh hari sudah stand by kedatangan saya ke kota Medan, dan ke Medan Auto Fest untuk membeli kaos Perfourm. Karena dia menanyakan soal mobil-mobil B16 AP Speed dan perkembangannya (rajin membaca Perfourm). Saya pun memberikannya bonus berphoto bersama pembalap utama B16 AP Speed, M. Herdy dan juga Oyot.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (110)

Ada juga anak Myb Racing Medan yang memborong kaos saya. Thanx guys.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (66)

Saya juga berkesempatan untuk kenal lebih dekat pasukan B16 AP Speed cabang Medan yang di komandani oleh Selva sang owner EG6 putih ini (baju hitam).

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (82)

Surprise nya saya didaulat untuk menyerahkan piala pada kelas yang paling banyak pesertanya yaitu sebanyak 45 peserta di kelas bracket 11 detik . Karena kelas yang diikuti hampir seluruh pembalap kota Medan, maka saya pun memberikan hadiah tambahan kepada Rizky Radityo dari team RMB Samurai Garage yang berhasil keluar sebagai juara 1 yaitu sebuah Perfourm basic t-shirt midnight blue

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (97)

Di kelas bergengsi 2.1 C keluar sebagai juara 1 ada M. Herdy dari B16 AP Speed Jakarta, lalu juara ke-2 oleh M. Akbar Hutasuhut dari Kokomoto Racing, juara ke-3 juga diperoleh  Kokomoto Racing oleh pembalapnya yang bernama M. Arif Hutasuhut yang merupakan adik dari si Akbar, lalu juara ke-4 diraih oleh Syauqi Riyadi Syahri dari team CV. Mubarok PHDT Sebu Tuning. Dan akhirnya juara ke-5 di raih oleh Selva Raj dari team B16 AP Speed Medan. Bahkan posisi juara ini sama dan tetap tidak berubah untuk kelas 2.2

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (112)

Di kelas FFA sedikit berubah, namun tetap M. Herdy dari B16 AP Speed yang berada di podium 1, lalu di ikuti oleh Andrew Boy Hutabarat dari team Sebu Tuning di posisi ke-2, di posisi ke-3 ada Selva Raj dari team B16 AP Speed, lalu diposisi ke-4 ada Arjun Kumar dari team B16 AP Speed, dan akhirnya Johan dari team ERD di posisi ke-5

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (126)

Dan karena berada di podium 1 di 3 kelas yaitu 2.1C, 2.2, dan FFA. M. Herdy dari team B16 AP Speed keluar sebagai juara umum Medan Autofest seri ke-3 ini.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (8)

Jika juara seri ke-3 jatuh ke tangan orang Cianjur, Jawa Barat. Maka juara umum dari 3 seri Medan Autofest 2014 ini jatuh ke tangan local hero dari kota Medan sendiri. Yaitu Syauqi Riyadi Syahri dari team CV. Mubarok Sebu Tuning dengan kendaraannya EG6. Syauqi pun berhak memperoleh hadiah utamanya berupa 1 buah motor trail

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (50)

Walaupun acara sudah berakhir, namun beberapa peserta car meet tetap saja wara-wari di area paddock dengan isi penumpang melebihi kapasitas yang disarankan.  But it’s nice, mobil mereka jadi semakin cinta tanah air.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (38)

Malam harinya setelah acara lomba lip sync, para penari pun naik ketas panggung untuk menarikan tari tradisional Melayu Deli  yang bernama Tari persembahan yang mengiringi datangnya Walikota Medan, Drs. H. Dzulmi Eldin, S. MSi dan juga Komandan Pangkalan TNI AU Soewondo Medan, Kolonel PNB Surya Chandra Siahaan

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (53)

Syauqi Riyadi S. dari team CV. Mubarok Sebu Tuning dengan EG6 B20 (best time 8.772 dtk) nya berhasil merebut gelar Juara Umum Medan Autofest series 2015 setelah melalui 3 seri yang dijadwalkan dari tahun 2014 hingga 2015. Syauqi pun menerima piala Walikota Medan yang diserahkan langsung oleh Walikota Medan, Drs. H. Dzulmi Eldin, S. MSi dan juga Komandan Pangkalan TNI AU Soewondo Medan, Kolonel PNB Surya Chandra Siahaan

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (113)

Dan tentu saja sebuah motor trail sebagai hadiah utama pengumpul point terbanyak dari seri pertama.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (23)

Tidak sia sia mobil dan M. Herdy serta Oyot datang jauh-jauh dari kota Jakarta untuk mengikuti event ini. Hasilnya, M. Herdy keluar sebagai juara umum seri ke-3 dari Medan Autofest. Dan juga jika di total, maka team ini berhasil mengumpulkan sebanyak 9 piala.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (68)

Setelah acara resmi penyerahan piala Walikota Medan, well it’s time to dance with the Female DJ. Yes it’s after race party dengan our lovely FDJ Dhany Bee.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (83)

When i said bee, it meen she float like a butterfly, and sting like a bee.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (24)

One full day rave automotive rave party (drag bike, drag race, slalom, auto contest, bike contest, car meet, remote control and Tamiya) and one stop entertainment stage (band competition, dance competition, virtual dj competition, model competition, and lip sync competition), Independent Event Organizer  ini telah sukses menyelenggarakan event auto rave party yang mampu menyedot sebanyak 4.500 pengunjung kota Medan.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (39)

3 seri sudah berlangsung dari tahun 2014 dan akhirnya ditutup di awal tahun 2015 ini, benar-benar suatu pencapaian yang luar biasa bagi seluruh crew Independent EO dari awal seri. Jadi ketika tugas mereka selama 3 seri telah usai, ada waktunya untuk go all out  merayakannya.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (54)

Yang berarti work hard, and party hard.. and it’s a wrap.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (69)

Saya pun menutup jam kerja saya dari jam 8 pagi muter-muter Lanud Soewondo hingga jam 11 malam dengan Sate Padang. Isinya 5 sate daging kambing + 5 sate usus sapi + 5 sate sum sum kalo tidak salah. Rasanya ambooo… rancak bana…hoaaaa

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (128)

Bonus Stage

Hati saya tidak enak kalo saya tidak memasukan hobby njajan alias wisata kuliner saya di kota Medan. Kenapa? Karena makan atau wisata kuliner djuga termasuk habitnya para car enthusiast  kota Medan, dan ternyata tangki bensin mereka besar-besar semua alias kuat makan. So jadilah kita sehati dalam urusan perut. Just for your info, setelah bulan November 2014 saya pulang dari Medan berat saya naik menjadi 66 kg dari 61 kg. Dan begitu dapat telpon untuk kembali lagi ke Medan di bulan Januari, apa yang saya lakukan. Saya mati-matian puasa kolesterol terutama bebek goreng, dan banyak makan sayuran seperti gado-gado, ruujak cingur, pecel, dan minum juice apel. Demi apa? Demi Medan bung!

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (114)

Jika pada waktu lalu saya diajak oleh genk Ton’s Garage makan di masakan padang Garuda yang ayam pop atau ayam gorengnya jawara dunia. I was totally wrong. Ternyata kedasyatan ayam pop garuda ada saingannya, dan bahkan lebih haw che sing cing ping (enak gila) dari ayam pop tersebut. Behold of the ayam goreng kampung Gumarang Jaya., Lito pun memperkenalkan saya pada ayam tida tandingannya ini, Rasanya renyah, empuk, asin-asin gimana gitu. Bikin kita nagih dan tak berhenti untuk lagi..dan lagi..dan lagi. Apalagi ditambah bumbu-bumbu atau kuah rendang. Peyek udangnya juga jawara dunia lezatnya. Totalnya saya mengahabiskan 4 potong ayam, 3 nasi putih, 1 porsi daun ubi, I piring bumbu rendang, 1 porsi sambel ijo, dan 2 peyek udang. Bukan hanya sekali saya kesana tapi sebelum pulang, saya datang lagi untuk makan. Benar-benar haw che sing cing ping lah

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (84)

Makan malam di kota Medan selalu tidak bisa dipisahkan dengan masakan sea food dan tentu saja kolesterol. Pilihannya adalah Sea food Wajir yang bisa dibilang rajanya sea food di kota Medan. Dari genk Ton’s Garage hingga Independent EO selalu menjamu saya dengan kepiting telor pedas nya yang..dayum. Kolesterol’O” meter saya pun sudah mulai dilevel tengah

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (55)

Dan akhirnya eng ing ing… setelah makan malam sea food, untuk dessert  pastilah Ucok Durian. And it’s my favorite food.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (40)

Jika saya bilang favorite apa suka, maka saya mulai memakannya mulai dari durian yang pahit hingga manis (2 pilihan, pahit apa manis). Dan di saat semuanya menyerah karena kepala mereka sudah mulai dubstep atau kena limiter, saya pun terus dan terus dan terus. Hingga tak terasa sudah mengahbiskan 4 atau 5 biji durian. Amazing. Amazing juga untuk Kolesterol’O’meter saya yang sudah lumayan tinggi.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (99)

6 hari, 5 malam di kota Medan lengkap dengan wisata kuliner kolesterolnya yang membuat berat badan saya naik lagi menjadi 70 kg( naik 4 kg dalam tempo waktu 5 hari), 1 hari penuh liputan Medan Autofest series 3. Medan memang serasa kota ke-2 saya setelah Surabaya. Rencanya dari pihak Independent EO sendiri kedepannya akan mengadakan night drag race di Lanud Soewondo pada bulan Mei 2015. And I’ll said..Bring it on boys! Dan akhirnya, kaos saya pun ludes diborong mereka.

Medan Autofest series 3-Perfourm.com, Bayu Sulistyo Nyonk (70)

Parno dengan kejadian ketinggalan pesawat seperti waktu saya berangkat ke Medan, pulangnya saya sedikit agak terlambat lagi alias (1 jam sebelum keberangkatan jam 18:45). Saya pun direct flight dari Medan ke Surabaya dengan di iringi sunset dari 13.000 kaki diatas permukaan laut. Saya yang hobby memphoto langit menemukan suatu pemandangan alam yang unik. Jika ada judul film Ketika Cinta Bertasbih, maka kali ini judulnya Ketika Awan Bertasbih. Bentuknya seperti orang yang sedang duduk dan memohon atau berdoa. Saya baru sadar kalo saya mengudara ketika orang azan Magrib berkumandang atau orang sholat Magrib. Cu again Medan..

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

 

Comments

comments!