EURO CAR BIG DAY: A TRULY AUTHENTIC EUROPEAN ATMOSPHERE

2134

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (13)European car rupanya sedang naik daun di Indonesia, beberapa event meet yang diselenggarakan di kota-kota besar banyak sekali dihadiri oleh pemilik mobil pabrikan Eropa. Karena melihat hampir sebagian besar para car enthusiast yang berada di Surabaya telah jatuh hati kepada mobil Eropa, maka BMW Car Clubs Indonesia E30 Register pun mengadakan sebuah event meet yang bertujuan untuk mengumpulkan seluruh European car enthusiast yang ada di Surabaya dengan mengadakan event Euro Car Big Day di sebuah parking lot di kawasan Surabaya Barat.

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (19)Jika beberapa waktu lalu saya dan Nyonk, Founder Perfourm.com bertidak sebagai media sekaligus penyelenggara pada event SHOW UP! Perfourm Meet dan juga HELL YEA!! Perfourm Open Drift Practice, maka pada event Euro Car Big Day ini, kami datang sebagai media partner.

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (4)Dan sebagai seorang fotografer sekaligus car enthusiast, saya pun tidak bisa hanya berdiri dan diam ketika melihat puluhan eyecatching car yang terparkir. Walaupun cuaca Kota Surabaya hari itu sangat panas, saya pun tetap berjalan kesana kemari untuk melihat-lihat mobil yang benar-benar hit me right in the feel seperti koleksi dari Stillrod Surabaya ini, mulai dari 1953 MG TD yang benar-benar seperti baru saja keluar dari pabrik alias perfect condition.

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (3)Hampir seluruh bagian dari mobil ini sudah mengalami restorasi baik eksterior maupun interior, saya sendiri pun tidak bisa mencari goresan sekecil apapun pada 1953 MG TD berwarna merah ini.

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (2)MG sendiri adalah singkatan dari Morris Garage, sebuah car company asal Inggris yang didirikan oleh W. R. Morris dan menciptakan sports car sejak first debutnya dalam pasar automotive pada tahun 1920.

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (5)Bergeser ke sebelahnya, ada sports car asal Inggris yang diciptakan oleh Austin Motor Company pada era revolusinya tahun 1959 sampai 1969 yaitu Austin Healey 3000 mark II yang populer dengan nama The Big Healey. Austin Healey 3000 adalah mobil terbaik dikelasnya pada masanya dan berkali-kali memenangkan kejuaraan balap mobil di Eropa, hingga saat ini beberapa event balap mobil klasik di Eropa masih menggunakan Austin Healey 3000 sebagai andalan.

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (6)Tetapi di Indonesia, di Surabaya lebih tepatnya, mobil ini hanya diparkir digarasi saja dan hanya keluar jika ada event-event tertentu. Sang pemiliknya pun mungkin sudah cukup puas dengan suara mesin Austin Healey 3000 setiap paginya saat mobil ini melakukan cold start. There has never been a better time to be a classic car enthusiast, right?

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (8)Another Austin Motors, The Classic Black London Taxi Cab Austin FX4. Mobil yang diproduksi oleh Austin Motor Company pada tahun  1950-an ini bermesin diesel 2178cc dan menggunakan transisi automatic Borg Warner. Sambil melihat mobil ini, saya pun menyempatkan diri untuk memutarinya sambil menengok kedalam interior mobil ini. Jika anda semua penonton setia serial FAKE TAXI, anda pasti tidak asing dengan mobil ini. You know, boys will be boys. LOL

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (7)Tidak jauh-jauh dari London Taxi Cab Austin FX4 ada Jaguar XJ6. Tipe XJ adalah semacam full-size, luxury cars yang diproduksi British Automobile Company (Jaguar). Jaguar XJ6 ini adalah yang tipe XJ seri 3 dan diproduksi tahun 1979.

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (11)Tidak lama kemudian saya pun melihat sebuah 1967 MINI Panel Van hingga tiba-tiba saya berpikir tentang sebuah event Cars And Coffee di Irvine, Dallas yang hampir semua peserta datang menggunakan classic cars.

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (28)Tidak lengkap rasanya sebuah event european car enthusiast day tanpa dihadiri oleh Germany Classic Cars seperti 1967 Volkswagen Beetle Left Hand Drive yang suspensinya sudah dipendekkan hingga hampir bergesekan dengan tanah.

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (22)Dan juga vintage E28 BMW dengan Alpina Wheels. Dayum…

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (12)Lagi-lagi saya harus menghentikan langkah kaki ketika saya mengarahkan pandangan ke sebuah BMW E30 M40 dengan color code White Arctic yang terparkir dibawah pohon dengan dikelilingi banyak orang disampingnya. I mean, what’s so special?

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (33)Saya yang belum lama ini memang sedang jatuh hati pada BMW E30 pun memutuskan untuk mendekat dan melihat sesuatu yang istimewa dari mobil ini, saya pun dipersilahkan oleh sang pemilik untuk melihat bagian interior dari mobil ini. Jok depan dan belakang masih terbungkus dengan plastic, doortrim, dashboard, seluruhnya pun masih utuh dan original. Ketika saya lihat speedometernya, ternyata BMW E30 M40 milik salah satu anggota BMW Car Clubs Indonesia ini masih menunjukkan angka 79841 km. What!? Artinya, selama 24 tahun mobil ini hanya berjalan tidak lebih dari 100.000 kilometer. Mobil low mile age ini hanya keluar garasi kalau servis bulanan dan isi bahan bakar saja, selebihnya hanya menjadi garage queen.

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (31)Setelah melihat-lihat sebentar, saya pun memutuskan untuk kembali berjalan memutari area parkir yang telah disulap menjadi mini contest meet ini. Dan saya bertemu dengan drift car BMW E30 milik Binar Zero Trip yang sedang menjadi display car untuk booth Ultra Racing Indonesia di acara tersebut.

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (9)Selain BMW E30, ada juga beberapa peserta yang datang ke acara Euro Car Big Day dengan menggunakan BMW E36, tentu saja masih dengan aliran yang sama yaitu stance. Salah satunya yaitu BMW E36 berwarna putih dengan 3SDM Wheels ini.

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (1)Lalu ada juga salah satu peserta yang tampaknya sedang pusing karena mobilnya berada di area parkir UG dan susah untuk naik karena ground clereance BMW Z3 miliknya yang sangat rendah. I think u need airsus bro.

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (10)Berbicara tentang BMW, tidak lengkap rasanya jika tidak diimbangi dengan rival abadinya yaitu Mercedes Benz. Beberapa Mercy yang menurut saya menarik salah satunya yaitu Mercedes Benz W124 300E yang datang bersamaan dengan BMW E39 ini. Dat chamber…

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (14)Saya juga bertemu dengan Mercedes Benz coupe alias hanya memiliki 2 pintu yaitu Mercedes Benz CLK W208. Sayangnya, saya tidak bertemu dengan BMW coupe pada event Euro Car Big Day ini.

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (20)Beberapa teman dari Indonesia MINI Club Surabaya yang sering sekali mengajak Perfourm.com olahraga pagi alias morning run pun juga hadir pada event Euro Car Big Day ini. Walaupun anggotanya hanya hadir beberapa saja, namun tentu saja kehadiran Indonesia MINI Club Surabaya ini menambah kesan Europe pada event ini.

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (30)Jangan lupakan MINI John Cooper Works Edition milik salah satu anggota Indonesia MINI Club yang hampir tidak pernah absen dalam berbagai event meet di Kota Surabaya.

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (21)Namun saya hanya melihat beberapa water-cooled society yang hadir hari itu, salah satunya yaitu Volkswagen Golf GTI mark V stage 2 ini. Sampai akhir acara saya tidak menemui peserta yang datang dengan menggunakan Volkswagen Golf GTI lainnya.

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (16)Pada event Euro Car Big Day hari itu, saya juga bertemu dengan salah satu anggota MYB Racing Team Surabaya yang sempat berdomisili di Jakarta selama beberapa tahun, dan kembali ke Surabaya dengan membawa mobilnya yang sudah menjadi mobil eksis di Ibukota.

euro car big day 2015, Perfourm.com, Bayu Sulistyo, Nyonk (5)Volkswagen Scirocco R milik Areza Mahendra yang dibelinya di Jakarta ini sempat mengikuti beberapa event seperti morning run dan juga trackday, and probably the sexiest Volkswagen Scirocco R in town.

euro car big day 2015, Perfourm.com, Bayu Sulistyo, Nyonk (7)Volkswagen Scirocco R berwarna rising blue ini terlihat sangat cocok dipadukan dengan warna gold dan silver yang didapat dari OZ Pegasus. Ditambah dengan air suspension yang membuat tampilan mobil ini semakin terlihat sexy ketika parking mode. By the way, Volkswagen Scirocco R ini sudah mengalami upgrade pada performa dengan menggunakan aftermarket APR stage 2, dan best time ketika menjajal Sentul Circuit yaitu 1 menit 46 detik. Waktu yang sama seperti Porsche pada Euro Touring Car Championship kelas Euro 3000 Pro

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (17)Chick Magnet!

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (15)This sticker says it all….

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (18)And that fitment too…

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (24)Pada event Euro Car Big Day yang diselenggarakan oleh BMW Car Clubs Indonesia E30 Register juga diramaikan dengan car limbo yang memang belakangan ini menjadi agenda wajib pada event car meet.

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (25)Peserta car limbo pun tentunya hanya mobil yang memiliki ground clereance rendah alias mobil ceper, mobil yang mengikuti car limbo diukur pada tiang yang telah disediakan oleh panitia, yang paling pendek lah pemenangnya.

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (29)Yang saya suka adanya car limbo pada setiap event meet adalah tidak adanya aroma kompetisi yang kental, it means seluruh low car enthusiast turut bekerja sama untuk menambah berat bobot mobil dari peserta sampai mobil terlihat sangat pendek.

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (27)It’s all just for fun.

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (23)Jika mobil yang akan melewati tiang ukur sudah penuh dan low enough, maka peserta lainnya pun menunggu di tiang ukur dan memberi semangat kepada seluruh orang yang ada didalam mobil sambil berteriak “digoyang bos! Digoyang bos!”. LO

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (26)Everybody just want to have fun!

Euro Car Big Day 2015 Adhyasaka Hutama Perfourm (32)Me too…

euro car big day 2015, Perfourm.com, Bayu Sulistyo, Nyonk (13)Pada akhir acara, sebelum acara ditutup pun saya mengajak para panitia Euro Car Big Day 2015 untuk foto bersama sebagai kenang-kenangan.

euro car big day 2015, Perfourm.com, Bayu Sulistyo, Nyonk (12)Dan saya pun memutuskan untuk selfie bersama Nyonk, Founder Perfourm.com tepat di depan wall of fame Euro Car Big Day 2015. One selfie doesn’t hurt, right!?

 

Adhyasaka Hutama

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!