NUVOLKS SURABAYA 2ND ANNIVERSARY: WEEKEND CRUISE AND PHOTO COMPETITION

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (22)Percaya atau tidak, hari ulang tahun selalu menjadi hari yang paling dinantikan dalam setiap tahunnya apalagi bagi anda yang tergabung dalam komunitas mobil, karena akan selalu ada agenda untuk merayakan hari jadi komunitas walaupun hanya sekedar morning/midnight run, weekend cruise, or just having brunch after run. Namun, komunitas water-cooled society Nuvolks Surabaya mempunyai cara khas untuk merayakan hari jadinya, tidak hanya melakukan weekend cruise all the way to Batu, Malang, tetapi juga dengan mengadakan Photo Competition di kota yang berjarak sekitar 90 kilometer dari Surabaya tersebut.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (1)Dan sebagai fotografer sekaligus car enthusiast, surely it would be my another passionate automotive weekend. Setelah mengetahui jika tanggal 28 Februari – 1 Maret 2015 adalah agenda Nuvolks Surabaya 2ND anniversary, saya pun langsung meninggalkan Malang dan bergerak kembali ke kota asal saya yaitu Surabaya untuk mempersiapkan peralatan fotografi saya dan mengikuti serangkaian acara perayaan hari jadi Nuvolks Surabaya yang kedua ini.

IMG_0002 copyHari itu saya ditemani oleh Founder Perfourm.com, Nyonk dan ditambah lagi Werdha, seorang videographer yang pernah membuat video dokumenter untuk event HELL YEA!! Perfourm Open Drift Practice 2014, yang hari itu bertugas untuk membuat video acara perayaan hari jadi Nuvolks Surabaya yang kedua.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (3)Perjalanan kami pada hari Sabtu, 28 Februari 2015 dimulai dari garasi Kevin, salah satu member Nuvolks Surabaya yang menggunakan Volkswagen Golf Mark V, untuk take video awal dari perjalanan Nuvolks Surabaya 2ND Anniversary hari itu.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (2)Werdha yang sudah siap pun langsung beraksi dengan Mirrorless Camera Sony A7S miliknya dan melakukan proses pembuatan video didalam garasi Kevin, sedangkan saya hanya memotret beberapa aktivitas untuk behind the scene.

IMG_0025 copySetelah sekitar 1 jam berada dirumah Kevin untuk take video, kami pun memutuskan untuk bergerak menuju rest area tol Sidoarjo yang merupakan tempat berkumpulnya anggota Nuvolks Surabaya hari itu sebelum weekend cruise menuju Batu, Malang.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (11)Pemberhentian kedua kami yaitu Rest Area Toll Sidoarjo yang merupakan checkpoint Nuvolks Surabaya, kedatangan saya pun rupanya sudah disambut oleh sebanyak 17 rabbit (julukan Volkswagen Golf) mulai dari barisan Volkswagen Golf mark V sampai mark VII, mulai dari TSi sampai Golf R.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (12)Ada Sport Compact Coupe andalan Volkswagen yang bentuknya (menurut saya) hampir mirip seperti Honda Estilo, yaitu Volkswagen Scirocco. Mobil yang memiliki body sport dan teknologi TSI 6-speed DSG yang berhasil mendongkrak penjualan produk Volkswagen pada Indonesia International Motor Show pada tahun 2012 ini memang sekarang mulai banyak diminati oleh premium car enthusiast.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (8)Jika ada pecinta kecepatan dan kurang puas dengan Volkswagen Scirocco TSI, saya sarankan anda untuk memilih Volkswagen Scirocco R yang merupakan varian tertinggi untuk Volkswagen Scirocco. R stand for Racing, 2.0 L engine, 261 horsepower 6.000 rpm.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (4)Salah satu moodboster saya pagi itu adalah Volkswagen Golf GTI Mark V milik Hendranata salah satu member Nuvolks Surabaya yang mungkin bisa jadi the prettiest parking car I have ever seen. Why? Because bagged. Ya, rabbit mark V berwarna hitam yang dipasangkan dengan shiny gold BBS LM-R ini telah menggunakan Accuair Air Lift Performance yang bisa disetting untuk kondisi paling rendah dari mobil ketika sedang parkir. It might be low guys, but it aint slow.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (5)You can’t go wrong with this.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (9)Setelah sebentar melihat-lihat line up dari Nuvolks Surabaya, ternyata ada tamu 6 mobil yang kebetulan sedang melakukan morning run dan kemudian memutuskan untuk mampir ke Rest Area Toll Sidoarjo, Here comes the SpeedFreak Surabaya.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (10)Salah satu showstopper nya pagi itu adalah Nissan Skyline GT-R R34 V-Spec II dengan color code Midnight Purple yang mesin RB26DETT nya telah dipasangkan dengan HKS 2.8L Stroker Kit.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (7)Ada juga beberapa pasukan hachi-roku dari 86ID Surabaya yang datang dengan 3 mobil pagi itu. Ohayou Gozaimasu!

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (15)Karena sinar matahari semakin menyengat, it means cuaca semakin panas, saya pun memutuskan untuk meninggalkan area parkir dan masuk kedalam untuk bertemu dengan para member Nuvolks Surabaya yang tampaknya sudah siap untuk melanjutkan perjalanan menuju Singhasari Resort Batu, Malang.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (14)Namun sebelum meninggalkan Rest Area Toll Sidoarjo, Nyonk yang hari itu sebagai produser untuk pembuatan video Nuvolks Surabaya 2ND Anniversary menyempatkan untuk mewawancarai Mr. Michael Martanegara, Ketua Nuvolks Surabaya. Beliau menjelaskan ingin memberikan sesuatu yang baru untuk Nuvolks Surabaya dalam perayaan hari jadi yang kedua ini. Jika pada tahun sebelumnya Nuvolks Surabaya mengadakan Nuvolks Photo Competition di Surabaya Town Square, maka kini giliran Kota Malang yang menjadi tempat diadakannya Nuvolks Photo Competition mengingat Malang adalah kota wisata terdekat dari Surabaya.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (16)Komunitas water-cooled society Nuvolks Surabaya ini diresmikan pada 22 Desember 2013 dengan sekitar 20 member yang menggunakan berbagai varian dari Volkswagen itu sendiri mulai Volkswagen Golf TSI hingga GTI, mark 5 hingga mark VII, Scirocco TSI hingga Scirocco R.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (13)Anggotanya pun rata-rata masih tergolong muda dan pecinta kecepatan tentunya. Diikuti dengan personalisasi pada masing-masing mobilnya yang menggunakan berbagai merk aftermarket dari Volkswagen seperti APR Tuning, Revo Technik.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (17)Setelah cukup mewawancarai Nuvolks Surabaya, kami pun juga memberikan kesempatan kepada teman-teman dari Speed Freak Surabaya untuk memberikan ucapan selamat didepan kamera lengkap dengan make a wish untuk Nuvolks Surabaya.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (18)Dan juga memberikan kesempatan untuk teman-teman dari 86ID yang juga telah hadir di checkpoint Rest Area Toll Sidoarjo untuk menghantarkan Nuvolks Surabaya yang akan segera bergerak menuju Batu, Malang.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (6)Cuaca pagi itu juga membuat mood saya semakin baik karena cerah dan langitnya tidak membuat saya mati gaya (abu-abu).

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (19)Tidak lama kemudian, pasukan Nuvolks Surabaya yang sudah siap untuk melanjutkan perjalanan pun segera bergerak untuk konvoy melewati Toll Sidoarjo menuju Exit Toll Porong.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (20)Sebanyak 17 mobil Volkswagen Golf dan Scirocco berbaris di sepanjang jalan tol. Saya yang pada hari itu mengawal barisan Nuvolks Surabaya sekaligus sebagai dokumentasi tentu saja tidak menyia-nyiakan momen kelinci berbaris yang biasanya hanya ada satu tahun sekali ini.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (21)Traffic jalan tol pagi itu masih belum terlalu padat, it means saya masih bisa bergerak kedepan barisan dan kemudian kembali kebelakang barisan untuk mengambil foto rombongan Nuvolks Surabaya ini dengan media car yang telah disediakan khusus untuk Perfourm.com.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (29)Dan bergerak mendekati Volkswagen GTI Mark VII berwarna putih dengan gold BBS RX-R wheels. Dayum!

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (28)Lalu bergeser ke bagian depan rombongan Nuvolks Surabaya dan mendekati Volkswagen Golf R mark VI yang merupakan varian tertinggi dari Volkswagen Golf, dengan mesin 2.0 L yang menghasilkan output sebesar 256 horsepower.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (22)Setelah sekitar 15 menit saat saya sedang asyik mengeluarkan setengah badan saya dari jendela mobil untuk memotret satu-persatu mobil dalam barisan, tiba-tiba rombongan Nuvolks Surabaya pun terpecah dan hampir seluruh rombongan gone wild alias mulai menginjak pedal gas dalam-dalam dan bermain high-rev dengan masing-masing mobilnya. Mendadak jalan tol terkena Rabbit Attack…

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (30)Saya yang saat itu sedang menikmati photoshoot di jalan tol dengan Canon EOS 1000D dan lensa tele 70-300mm pun mulai panik dan bingung karena hampir seluruh rombongan baik Nuvolks Surabaya, 86 ID Surabaya maupun Speed Freak Surabaya sudah terpecah. Terlebih lagi Nyonk, yang merupakan the man behind the wheel of media car (Grand Livina) sedikit kesusahan mengejar rombongan karena media car yang performa nya jauh dibawah Volkswagen Golf, Volkswagen Scirocco, dan teman-temannya ini.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (23)Ternyata ketika saya melakukan cek ulang dan mengurut satu-persatu folder foto Nuvolks Surabaya 2ND Anniversary, barulah saya tahu aktor dibalik ruwetnya rombongan konvoy sexy rabbit ini. Nissan 350Z Fairlady berwarna Le Mans Sunset milik salah satu member Speed Freak Surabaya tiba-tiba keluar barisan karena melihat lajur kanan yang kosong dan kemudian mulai gas pol meninggalkan barisan Nuvolks Surabaya.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (24)Rombongan Nuvolks Surabaya yang tidak tahan melihat pantat Nissan 350Z Fairlady ini pun seakan-akan seperti mendengar perintah “Bubar barisan, GRAK!!!”.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (25)Satu-persatu member Nuvolks Surabaya langsung tancap gas dan mengikuti Nissan 350Z Fairlady ini.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (26)Konvoy iring-iringan Nuvolks Surabaya, 86 ID Surabaya, dan Speed Freak Surabaya yang hening dan santai ini mendadak berubah menjadi seperti adegan Need For Speed, Maximum Tune or whatever you say. Jika anda memperhatikan foto diatas, rombongan Volkswagen dan satu Toyota FT-86 Supercharged yang hendak mengejar Nissan 350Z Fairlady tiba-tiba mendapat sapaan dari Nissan Skyline GT-R R34 V-spec II dari kiri.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (27)Di bagian belakang barisan, ada satu lagi Nissan 350Z Fairlady yang terlihat ingin memangsa rabbit mark VI didepannya. Diikuti dengan boxer fighter Subaru Impreza WRX STI GD berwarna putih dibelakangnya.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (31)Saat sedang memotret konvoy yang berkecepatan kurang dari 80 kilometer per jam dan tiba-tiba berubah menjadi konvoy yang kecepatannya hampir 200 kilometer per jam, disitu kadang saya merasa sedih.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (32)Kejadian lucu yang tidak terduga ini membuat saya sedikit berpikir, bagaimana jika media car yang tadinya Grand Livina diganti dengan Volkswagen GTI juga agar tetap bisa mengejar ketika morning run?

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (33)Mark V? Mark VI? Mark VII? Which one do you choose?

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (34)Selepas Exit Toll Porong, Speed Freak pun berpisah dari rombongan dan bergerak pulang, dan mengucapkan selamat jalan pada Nuvolks Surabaya. Mungkin morning run yang pagi itu dimulai oleh salah satu member Speed Freak bisa jadi adalah surprise untuk Nuvolks Surabaya di hari jadi nya yang kedua?

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (37)Perjalanan dilanjutkan menuju checkpoint selanjutnya yang terletak di Pandaan, untuk makan siang dan mengistirahatkan kaki kanan, dan juga mengistirahat mobilnya masing-masing.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (36)Mr. Michael Martanegara, Ketua Nuvolks Surabaya pun sempat bercerita lucu tentang bubarnya iring-iringan saat di jalan tol dan berubah menjadi morning run.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (40)Setelah berhenti untuk makan siang sekitar 1 jam, kami pun melanjutkan perjalanan menuju Singhasari Hotel & Resort yang merupakan tujuan akhir dari iring-iringan Nuvolks Surabaya. Bedanya, setelah makan siang ini rombongan Nuvolks Surabaya melanjutkan perjalanan dengan santai dan tenang tidak seperti ketika di jalan tol.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (39)Dan karena selepas meninggalkan Pandaan sampai kawasan Lawang diguyur hujan deras, maka saya pun berniat untuk mengistirahatkan kamera saya dan save my shutter count dengan duduk manis sambil menikmati perjalanan. Sayangnya saya lupa foto selfie dengan Nyonk, Founder Perfourm.com dan juga Werdha, Videographer yang saat itu berada satu mobil dengan saya.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (41)Semakin mendekati tempat tujuan, hujan berhenti dan saya pun kembali melakukan aksi keluar jendela media car untuk memotret barisan Nuvolks Surabaya ini.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (44)Traffic yang cukup ramai hari itu menyebabkan beberapa member Nuvolks Surabaya terpisah dari rombongan. Maklum, pada akhir minggu Kota Batu dan Malang seringkali menjadi destinasi untuk wisata dan wisatawan yang paling banyak adalah dari Kota Surabaya dan sekitarnya.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (42)Karena beberapa member Nuvolks Surabaya ada yang ketinggalan dan terpecah dari barisan, maka rombongan pun memutuskan untuk berhenti sejenak untuk menunggu agar mobil yang ketinggalan kembali masuk dalam barisan.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (43)Dan tidak lama kemudian rombongan pun kembali bergerak dengan kawalan Polisi menuju destinasi akhir yaitu Singhasari Hotel & Resort.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (45)Sekitar 15 menit kemudian tibalah Nuvolks Surabaya di Singhasari Resort & Hotel dengan disambut oleh beberapa member Nuvolks yang berasal dari kota Malang. Hujan reda, langit cerah, Nuvolks Surabaya pun siap untuk melanjutkan agenda 2ND Anniversary ini.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (55)Beberapa member Nuvolks Surabaya yang telah tiba di Singhasari Hotel & Resort pun ada yang langsung beristirahat, ada yang menuju restoran untuk makan siang, dan ada juga yang masih asyik menikmati dinginnya sore hari di Batu, Malang sambil mengobrol santai sesame pecinta Volkswagen.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (56)Ada juga yang sibuk mendinginkan mesin mobilnya setelah menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari Kota Surabaya.

Nuvolks Surabaya anniversary Perfourm.com Adhyasaka Hutama (48)Werdha yang hari itu bertugas sebagai videographer pun segera menyiapkan slider, tripod, dan Sony A7S dengan lensa Nikon manual miliknya untuk proses pembuatan video pada acara Nuvolks Surabaya 2ND Anniversary ini.

nyonkNuvolks Surabaya 2nd Anniversary Singhasari Resort batu, Malang. Perfourm.com. Bayu Sulistyo. (13)Sementara juri Nuvolks Surabaya Photo Competition, Domas dari Majalah MOTOR sedang sibuk menyeleksi dan melakukan penilaian terhadap foto yang telah dikumpulkan. Para member Nuvolks Surabaya sedang berkumpul untuk melakukan agenda wajib dalam sebuah pesta perayaan ulang tahun yaitu potong kue.

nyonkNuvolks Surabaya 2nd Anniversary Singhasari Resort batu, Malang. Perfourm.com. Bayu Sulistyo. (9)Pemotongan birthday cake Nuvolks Surabaya dilakukan oleh Agustinus, Wakil Ketua Nuvolks Surabaya, Michael, Ketua Nuvolks Surabaya, dan Glen, Kepala Cabang Volkswagen Surabaya, dan disaksikan oleh Rully Johan perwakilan dari Volkswagen Pusat Jakarta.

nyonkNuvolks Surabaya 2nd Anniversary Singhasari Resort batu, Malang. Perfourm.com. Bayu Sulistyo. (10)Setelah pemotongan birthday cake, Nuvolks Surabaya juga membuat kontes kecil-kecilan yaitu Nuvolks Awards, dimana awardsnya berupa Best Rims, Best OEM, cleanest VW, best Engine, dan  fastest VW. Akhirnya piala aclyric Nuvolks ini jatuh pada (dari kiri ke kanan): Best Rims – Liang Susanto, Cleanest VW – Paulus, Best engine – Christoper, Fastest VW – Handoko, dan Best OEM – Hilbert.

nyonkNuvolks Surabaya 2nd Anniversary Singhasari Resort batu, Malang. Perfourm.com. Bayu Sulistyo. (15)Congratulations to the winners!

nyonkNuvolks Surabaya 2nd Anniversary Singhasari Resort batu, Malang. Perfourm.com. Bayu Sulistyo. (12)Dan saya pun meminta seluruh member Nuvolks Surabaya and friends untuk berfoto bersama dengan membawa spanduk Nuvolks Surabaya 2ND Anniversary.

nyonkNuvolks Surabaya 2nd Anniversary Singhasari Resort batu, Malang. Perfourm.com. Bayu Sulistyo. (16)Kembali ke Nuvolks Surabaya Photo Competition, setelah hampir 1 jam melakukan penilaian dan penyeleksian 30 foto yang telah dikumpulkan, sang juri Domas dari Majalah MOTOR pun berhasil memilih pemenang untuk juara 1, 2, dan 3. Dan tidak lama kemudian ketiga pemenang pun diumumkan di hadapan peserta lainnya dan juga dihadapan para member Nuvolks Surabaya.

Juara pertama mendapatkan uang tunai sebesar 1.000.000 rupiah + piagam penghargaan dari Nuvolks Surabaya diraih oleh Rio.

Juara kedua mendapatkan uang tunai sebesar 750.000 rupiah + piagam penghargaan dari Nuvolks Surabaya diraih oleh Bagus.

Dan juara ketiga mendapatkan uang tunai sebesar 500.000 rupiah + piagam penghargaan dari Nuvolks Surabaya diraih oleh Arif.

3Hasil foto pemenang juara 3, Arif

wHasil foto pemenang juara 2, Bagus.

1Dan hasil foto pemenang juara pertama, Rio.

nyonkNuvolks Surabaya 2nd Anniversary Singhasari Resort batu, Malang. Perfourm.com. Bayu Sulistyo. (17)Setelah pengumuman pemenang dan penyerahan uang tunai dan piagam, saya pun meminta seluruh peserta Nuvolks Surabaya Photo Competition, ketiga model, dan seluruh member Nuvolks Surabaya untuk foto bersama sebagai kenang-kenangan.

Tidak lupa juga saya mewakili Perfourm.com mengucapkan selamat kepada para pemenang, dan Happy Anniversary yang kedua untuk Nuvolks Surabaya! See you next year!

 

Adhyasaka Hutama

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!