DAY 3 IN MALAYSIA : FITTING THE ROLL CAGE

1088

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (17)

Hari ke-3 saya di Malaysia, merupakan hari yang menurut saya terberat dari hari ke-2 atau pertama. Karena di hari ke-3 ini ada 3 tempat yang saya datangi secara nonstop dan tidak tidur dari hari ke-2. Yaitu port atau pelabuhan untuk unload the Tiger, over houl the engine di GT Auto Service, dan akhirnya fitting roll cage di Ultra Racing factory. And trust me saya seperti a walking zombie at this day.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (8)

It’s 8 o’clock in the morning semenjak crew Veory Power dan GT Auto mulai bekerja menurunkan mesin VR38DETT ini pada jam 9 malam tadi untuk install Boostlogic Turbo kit. Dan mesin The tiger masih tetap stay on the ground.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (9)

Sementara orang lain sudah tidur, mandi, dan mulai beraktifitas. Kami sendiri belum tidur sama sekali. Sepertipepatah pantang tidur sebelum naik mesinnya.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (3)Akhirnya sekitar jam 8:30 pagi. Boostlogic Godzilla Garret turbo kit ini berhasil terpasang dengan sempurna di mesin V6 ini.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (4)

Proses memasukkan engine VR38DETT ini pun dimulai

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (5)Proses pemasangan kembali engine yang menggunakan car lift pun terhenti karena ada sesuatu yang dirasa kurang fit pada engine bay GTR ini.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (10)Turbo Garret nya dirasa terlalu mepet ke bagian pinggir engine bay. Sehingga jika dipaksakan akan membuat turbo nya kalah karena bersentuhan dengan body di area engine bay.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (6)Bang Denk, yang merupakan salah satu tim mekanik dari Veory Power yang sejak semalam belum tidur sama sekali pun terlihat terukatau pusing atau umet tujuh keliling karena masalah space turbo kit ini. padahal boostlogic sudah menyatakan kalo penginstallan part ini tanpa perlu ada perubahan body engine bay.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (7)The only way to make it fit to the engine bay without cut anything in engine bay is adjust the turbo. Caranya adalah turbo pertama-tama di longgarkan posisinya , lalu dipukul dengan palu. Bukan palu besilah, tapi palu karet. Atau Anda akan mengsmackdown turbo kit seharga 230 juta ini.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (15)

Dan akhirnya mesin the Tiger dengan seperangkat Boost logic Godzilla Garret Turbo kit sudah kembali ke dalam engine bay nya. Terhitung 12 jam, kami menurunkan dan menaikkan engine ini.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (16)Setelah semu bagian vital pada engine The tiger sudah terpasang semuanya. Throttle VR38DETT yang bermerek Top Secret dan juga intake nya, ditutup dengan laban plastuik untuk menghindarkan benda asing yang memasuki intake. Karena The Tiger akan langsung dibawa menuju Ultra Racing Factory untuk fitting Roll cage.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (17)

Kami pun terlambat sekitar 2 jam dari jadwal semula dari finish install mesin, dan membawanya ke Ultra Racing pada jam 8 pagi. tak menunggu lama, The Tiger pun langsung di angkut menuju markas Ultra Racing untuk Roll cage fitting.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (19)kami pun sampai ke markasnya Ultra Racing Malaysia, dan sesegera mungkin The Tiger di masukan ke tempat workshop UR untuk dilakukan fitting roll cage.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (20)Hal pertama yang dilakukan oleh teknisi UR adalah mencopot Bride bucket seat dan juga hal-hal yang mengganggu pemasangan roll cage.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (21)Mnegukurnya atau fitting. Sama seperti fitting baju kita.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (22)

Mengukur sudut atau angle dari pilar B GTR ini.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (23)

Lalu mengaplikasikan sudut dari pilar B tersebut pada sebuah pipa  CDS (cold drawn steel) atau seamless pipe. Membentuknya hingga sampai pada sudut yang sesuai dengan pilar B nya.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (24)Setelah proses pembentukan sudut pilar B, saya tak tahu apa yang terjadi setelah itu. Yang saya tahu, saya lapar, haus, ngantuk, capek, dan tidak sholat Jum’at. Yang ada saya malah makan maggie atau indomie gorengnya Malaysia, dan segelas es lechy plus limon, yang..ahhhhhhh segar dan comelnnye.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (25)Setelah makan, saya sempat balik ke pabriknya Ultra Racing, dan saya sukses tertidur di lantainya. Mungkin karena kasihan melihat saya, Akina yang juga salah satu pembalap dari team Ultra Racing Malaysia, mengajak saya untuk tidur di ruang lobby markas dari UR ini. Dingin, dan nyaman. Great scoot, thats the most bad ass tripod in the world guys. it can make your picture more rigid and stiff result. Lol

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (26)Di lobby UR juga kita bisa membaca magazine yang jumlahnya ratusan, juga ada all you can take stickers. Saya sempat mengambilnya, ya katakanlah lebih dari satu, tapi berhubung malu ambil kebanyakan, yang saya ambil warnanya item semua. lol.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (27)Kembali ke pabrik dari UR Malaysia, saya pun terkejut dengan menemukan bahwa roll cage 6 point The Tiger sudah jadi bahkan sudah berwarna putih seperti warna khas produk-produk Ultra racing Malaysia. yang saya tahu, hari ini jadwalnya hanya roll cage fitting, sedangkan jadinya baru besok pagi. The Ultra Racing selaku salah satu sponsor The Tiger di Malaysia, memberikan special service for this GTR.

IMG_3747Dan satu hal yang membuat saya rada miris atau merinding adalah, body mobil seharga 2,5 Milyar ini di bor pada beberapa bagian floor atau lantainya untuk memasangkan roll cage nya. I mean, berapa banyak, atau adakah orang di dunia ini yang ounya GTR lalu di bor dan di potong sana sini?

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (28)Dan seperti yang saya bilang kemaren, Veory Power membuat mobil yang di dewa-dewakan oleh car enthusiast dan speed freak ini menjadi seperti mobil antik atau Honda, yang bisa di bor dan di potong sana -sini.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (29)

Dan beginilah penampilan cocpit atau interior dari the tiger dengan roll cage 6 point sesuai dengan peraturan mobil peserta drag race yang hendak ikut bertanding di Sepang Drag Battle 2013. Total cost dari roll cage yang terbuat dari seamless pipe ini adalah kurang lebih sekitar 2.800 ringgit (1 rm=Rp. 3.100 ) Malaysia. Sedangkan setiap penambahan pipa seperti untuk side X bar pada pintu samping adalah 100 Ringgit Malaysia.  Dan biasanya2-4 hari baru selesai, namun 4 jam khusus untuk The Tiger.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (31)Akina yang juga salah satu pembalap dari Ultra Racing Malaysia dan Kuraz Motorsport, sepertinya sayang sekali dengan The Tiger. Sampai-sampai dia sempat-sempatnya mencuci one pieces nya the Tiger sebelum di kirim lagi ke GT Auto. He’s a proffesional partner lah.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (30)Sekitar jam 6:30 sore, mobil yang sudah terpasang dengan 6 point roll cage mulai dibawa keluar dari pabrik UR Malaysia.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (32)Sekitar 30 menit menunggu, akhirnya mobil gendong atau trailer seharga 300 RM(1 juta)  sekali angkut ini datang, dan sesegera mungkin The Tiger langsung diberangkatkan menuju kawasan Sunway untuk finishing touch.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (33)Sekitar 45 menit perjalanan, kami pun tiba kembali di kawasan Sunway. Ada hal unik yang saya lihat di parking lot GT Auto. Ada GTR berwarna hsilver yang berada tak jauh dari The Tiger, dan ketika melihatnya, saya tak merasakan lagi aura Godzilla pada GTR berwarna silver itu. Padahal dulu-dulu setiap kali melihat R35, saya langsung bilang Jokowow gitu. I think, whos’s your daddy now?

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (1)

Setelah sampai, The Tiger pun langsung di letakkan pada posisi ke tika pertama kali di bongkar engine nya. Dan Toby pun langsung membawanya ke car lift.

IMG_3828Setelah meletakkan The Tiger di GT auto, saya  bersama Akina dan Ugi langsung tancap gas ke food court yang terletak di sekitar kawasan otomotif itu. Karena saya lapar dan haus sangat, jadilah saya memesan garlic mushroom souce beef steak dan minuman fovorit saya di Malaysia, Es lechy yang saya tambahkan sendiri buah limun di dalamnya ala Nyonk. rasa nya segaaaaaarrr sekaleee. I lve to eat food lah. Dan jika And abilangporsi es teh jumbo di Indo sudah big enaugh, well saya kena batunya ketika pesan es lechy jumbo. Saya kira takarannya sama dengan yang di Indo, ternyata 3 kali lipat isinya. lechnya sendiri sajajumlahnya hampir 1/2 dari kaleng nya. Sadappp

IMG_3831Dan sewaktu saya makan, the party baru saja di mulai. Saya pun disuruh oleh Akina untukmelihat parade mobil-mobil yang dari jauh isinya mblayer-mblayer atau gas-gas saja, dengan di iringi suara klakson atau horn terompet ala godfather theme. ternyata sekumpulan remaja Malaysia dari ketutunan bangsa India yang sedang in action. well kalo saya bilang ini baru Bosozoku nya Malaysia. nantikan liputan saya di hari ke-4 atau race day the tiger di Sepang Drag Battle 2013 (Sabtu, 11 May 2013). Only on perfourm.com. Later ..

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

Like us at perfourm fanpage FB

Follow us at Instagram and Twitter : @perfourm

 

 

 

 

 

 

 

Comments

comments!