PERFOURM DRIFT PRACTICE: WE’RE DOING WHAT WE CAN RIGHT NOW, AND STILL PUSHING

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (22) copySepinya event drifting di Indonesia membuat beberapa drifter mulai meninggalkan mobilnya dan ada juga yang mulai banting setir dengan berkompetisi pada balapan touring. Some say drifting sudah tidak seperti masa jayanya dulu sekitar tahun 2011-2013, some say drifting sudah perlahan tenggelam ditengah-tengah padatnya event motorsport seperti drag, slalom, rally, maupun touring. Beberapa event yang diselenggarakan puluhan kilometer di pinggiran ibukota pun tetap saja dihadiri oleh drifter-drifter yang memang masih setia dan masih menginginkan adanya drift di Indonesia.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (3) copyMeanwhile in Surabaya, sejak bulan November 2011 dimana drifting pertama kali diperkenalkan kepada para car enthusiast di Surabaya, ternyata tidak menemui jalan buntu. Drifting pun disambut dengan baik oleh para car enthusiast di Surabaya dan setelah event Drift Tutor 2011 diselenggarakan, beberapa mobil pun sudah mulai dibangun dan dipersiapkan khusus untuk latihan drift.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (1) copyFoto diatas adalah dimana saya dan Nyonk pertama kali bertemu dengan Akbar Rais, Lucky Reza dan Dika CH pada event drift pertama di Surabaya atau bisa dibilang our very first drift event in da town dan terjun secara langsung untuk meliput keseluruhan acara Drift Tutor 2011.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (2) copyDan juga duduk di passenger seat untuk merasakan drifting bersama dengan pro drifter asal Jakarta, Akbar Rais dalam Nissan Cefiro A31 RB25DETT milik Lucky Reza.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (4) copyBeberapa tahun berjalan, kami pun menjuluki komunitas drifting di Surabaya ini Showrockboyo Sideways. Pada awalnya kami memang belum menemukan tempat latihan yang cocok dan seringkali latihan drift dilaksanakan di jalan umum ketika tengah malam dan beberapa kali juga pernah menyewa lahan parkir untuk latihan bersama.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (7) copyHingga pada tahun 2013 Kenjeran Park kami rasa merupakan tempat yang pas untuk latihan, kami pun mulai menertibkan diri untuk tidak melakukan street drifting lagi dan mencoba untuk lebih serius dengan menyewa lahan yang luas untuk latihan.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (15) copyDan saya mewakili Perfourm.com tentunya terus mengusahakan diri untuk hadir dalam setiap latihan dan memberikan report kepada para pembaca dan pecinta drifting tentunya, sejak masih sering latihan dijalanan (street drifting) hingga Showrockboyo Sideways memutuskan untuk rutin latihan di Kenjeran Park.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (19) copyTepatnya sejak tahun 2012, kami (Perfourm.com) mengumpulkan berbagai jenis mobil RWD di Surabaya yang berpotensi untuk dipakai nge-drift dan hal ini mendapatkan respon yang baik dari pemilik mobil RWD. Hingga pada pertengahan tahun 2012 kami mengadakan sebuah RWD meet yang diikuti oleh belasan mobil drift dari Surabaya tentunya. Dalam pertemuan tersebut kami membahas tentang perencanaan rutin latihan drifting untuk meningkatkan skill dan juga mengundang pecinta drifting dan pemilik mobil RWD di Surabaya yang mau bergabung.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (25) copyPada tahun 2013, untuk pertama kalinya kami mengadakan Perfourm Drift Practice dan terus mengabarkan kepada pembaca dalam bentuk foto dan tulisan tentang perjuangan kami dalam mengawal perkembangan dan kemajuan drifting di Surabaya.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (11) copyPerfourm Drift Practice sendiri kami adakan hampir setiap bulan dan bersifat close practice, artinya kami hanya latihan seperti biasa dan pemberitahuannya pun hanya kami berikan kepada anggota Showrockboyo Sideways yang sudah terkumpul dalam grup sebuah social media.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (23) copyBerbeda dengan Perfourm Open Drift Practice yang kami adakan kira-kira setiap 3-5 bulan sekali dan bersifat open for public, artinya kami akan mengabarkan kepada pecinta drifting di Surabaya dan pemilik mobil RWD yang ingin bergabung untuk datang dan menikmati latihan drift yang terbuka untuk umum ini. Perfourm Open Drift Practice sendiri biasanya akan kami kabarkan lewat website Perfourm.com, Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan BBM.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (6) copyAs long as you’re drift enthusiast, kami akan persilahkan untuk datang dan jika para penonton yang datang ingin mencoba sensasi naik di mobil drifting sebagai passenger akan kami persilahkan, it’s free! Anggap saja sebagai rasa terimakasih kami telah mendukung drifting di Surabaya dengan datang dan melihat bagaimana Showrockboyo Sideways beraksi.

a copySetelah beberapa tahun tidak mengunjungi Surabaya, akhirnya Akbar Rais pun kembali. Pro drifter asal ibukota sekaligus salah satu orang yang telah memperkenalkan drifting di Surabaya ini kembali kesini untuk survey lapangan/tempat yang akan digunakan untuk menyelenggarakan kompetisi drifting pertama di Surabaya pada tahun 2015 ini bersama dengan Achilles.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (10) copySelain survey lapangan, agendanya dalam mengunjungi Kota Surabaya yaitu untuk latihan drifting bersama dengan Showrockboyo Sideways, memberikan mentoring tentang teknik-teknik dalam drifting dan juga tentu saja melihat sejauh mana perkembangan drifting di Surabaya dan kesiapan Showrockboyo Sideways untuk berkompetisi di event drifting yang akan datang.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (27) copyWalaupun sempat terjadi miskomunikasi dikarenakan anggota Showrockboyo Sideways tidak memberikan konfirmasi ulang kepada Perfourm.com sebelum latihan sehingga saya pun tidak sempat membuat poster untuk latihan yang sebelumnya direncanakan open for public ini…..

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (8) copy….but show must go on dan saya pun harus tetap hadir karena saya sendiri juga ingin memperkenalkan anggota-anggota baru Showrockboyo Sideways kepada Akbar Rais yang hari itu menjadi tutornya.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (21) copySaya mewakili satu-satunya media yang turut andil dalam perkembangan drifting di Surabaya pun tentunya tidak bisa melewatkan latihan bersama ini.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (16) copyMengapa? Karena memang sejak tahun 2011 kami menginginkan drifting ada di Surabaya dan setiap Perfourm Drift Practice yang kami adakan tidak lain dan tidak bukan adalah bertujuan untuk mencetak local hero dari Showrockboyo Sideways……

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (29) copy…..yang nantinya dapat berkompetisi dengan drifter pada event nasional mewakili Surabaya. Itulah tujuan kami.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (17) copyAin’t no drifting without Perfourm.com

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (14) copyBeberapa soal drift diberikan kepada anggota Showrockboyo Sideways oleh Akbar Rais, dari situ dia akan mengerti sejauh mana anggota Showrockboyo Sideways menguasai skill drifting.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (9) copyDan seperti biasa, pada spot-spot yang susah untuk dikendalikan akan diberikan pengarahan dan teori terlebih dahulu agar tidak terlalu membingungkan.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (18) copyKemudian learning by doing.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (24) copyAgenda Perfourm Drift Practice bersama Akbar Rais beberapa waktu lalu adalah coaching clinic yang memang diadakan untuk melihat sejauh mana kesiapan Showrockboyo Sideways terhadap adanya event kompetisi drifting pertama di Surabaya.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (13) copyDirinya mengatakan paling tidak, diharapkan ada 2 atau 3 drifter dari Showrockboyo Sideways yang mewakili Surabaya dan bertanding pada event Achilles Motorsport Festival 2015. Maka dari itu pada latihan kemaren Showrockboyo Sideways sedikit lebih serius dan juga disiplin.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (26) copy“Memang tidak salah mas saya dulu jauh-jauh dari Jakarta ke Surabaya untuk memperkenalkan drifting disini, ternyata selama beberapa tahun ini perkembangan drifting di Surabaya sangat terasa.” , kata Akbar.

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (28) copyDia juga menambahkan, “Dari awal saya sudah merasa harus ada satu seri yang diselenggarakan di Surabaya, ternyata tidak salah juga saya memasukkan Kota Surabaya pada seri Achilles Motorsport Festival 2015 ini.”

Perfourm Drift Practice 2015 Surabaya - Adhyasaka Hutama (22) copyInilah yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi Perfourm.com selaku media yang sejak dulu sudah merencanakan dan juga mengawal perkembangan Showrockboyo Sideways sejak masih bermain dijalanan hingga sekarang latihan rutin di lahan yang layak dan akan sampai pada suatu event kompetisi pertama di Surabaya.

IMG_4289a copySo guys, start your engine and get ready for the real battle in Surabaya.

 

Adhyasaka Hutama

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!