RACE DAY : THE TIGER ROARING IN SEPANG DRAG BATTLE 2013 – ROUND 2 , MALAYSIA

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (15)

The Race day is here. Sabtu, 11 Mei 2013 menjadi sejarah bagi dunia drag race Indonesia. Untuk ke-2 kalinya di Indonesia, salah satu team dan putra bangsa Indonesia mengikuti event drag race di luar negeri dengan mengirimkan mobil yang  dari dan made in Indonesia.  Yaitu Haji Dadang dari team Veory Power dengan Nissan GT-R R35 yang diberi nama The Tiger. the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (1)

Setelah Anda mengikuti artikel saya mengenai apa saja persiapan The Tiger mulai dari mencari workshop untuk di sewa (day 1 ,8 Mei) , fitting roll cage, hingga over houl ala orang Indo dengan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam). Akhrinya The Tiger is ready to roaring in Sepang Circuit.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (2)

Sesaat setelah The Tiger sampai di pit no. 8 Sepang Circuit, sang pilot Haji Dadang a.k.a Haji Balap pun tiba di lokasi. Kali ini pak Haji datang dengan sahabatnya yaitu mertua dan cucu dari Mantan Perdana Menteri Malaysia,  Mahatir Mohamad.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (3)

Thanks to Dennis from Kuraz Motorsport who help me put the Perfourm sticker on the Tiger.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (4)

Tiger pun masuk ke area scrutineering untuk  melakukan scrut  atau pemeriksaan kelayakan dan safety sesuai dengan regulasi drag race Malaysia.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (5)

Roll cage atau safety ok. Namun pada bagian engine,tempat oli power steering atau minyak rem tidak tertutup dengan reservoir tank jacket atau jacket yang berfungsi untuk menutupi atau melindungi tempat oli atau minyak dari suhu panas exhaust yang dapat menyebabkan kebakaran. Tapi Akina dari Kuraz Motorsport pun tak kehabisan akal, dengan langsung meminta sarung tangan salah satu crew Veory Power dan menutup bagian tersebut dengan sarung tangan yang made in Bandung bukan Nismo  Japan.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (6)

Sewaktu scrut berlangsung, tiba-tiba anak Verly yang bernama Veory pun muncul di Sirkuit. Dan, aaahhh…. Saya jadi ingat dan kangen orang tua saya melihat kejadian ini. Maklum Verly  juga sudah tidak bertemu anaknya sekitar 1 mingguan. So sweet isnt’it?

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (7)

Setelah di nyatakan lulus scrutineering, Haji Dadang dan The Tiger pun mendapatkan nomer start A5 yang berarti, akan bertarung di kelas A atau kelas paling tinggi atau FFA nya Drag di Malaysia.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (9)

Sebelum race di mulai pada jam 9 malam, time to have dinner. Saya pun dinner di office pit 8 yang dirubah menjadi prasmanan dengan dengan menu Malaysian food.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (10)

Pit 8 di Sepang Circuit pun dirubah menjadi Veory Power pit lengkap dengan banner tim, dan juga tentu saja bendera sang saka merah putih yang di letakkan di atas pintu pit, yang menandakan bahwa kita dari, bangga, dan berjuang demi bangsa Indonesia. Saya kira Haji  Dadang sekarang  sudah seperti seorang atlet olahraga nasional yang bertanding di luar negeri, lengkap dengan sang saka merah putih.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (11)

Pak Haji pun sudah berganti pakaian dari casual ke Alpinestar race suit yang special order langsung ke pabriknya, dengan adanya logo the Tiger pada suit nya.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (48)

Dan untuk Helmet nya, pak haji memlih Simpson seri Bandit, lengkap dengan glove dan balaclava nya.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (52)

Dan special order Sparco H. Dadang The Tiger shoes berwarna hitam dan kuning. This guy got stle lah.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (12)

Sesaat sebelum dilakukan practice, Pak haji pun  memimpin langsung doa bersama  dengan seluruh crew Veoy Power.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (17)

The Tiger pun didorong menuju area waiting zone oleh seluruh crew Veory Power. Dan sepanjang perjalanan dari pit hingga area waiting zone, The Tiger pun menjadi pusat perhatian dan photo para pengunjung dan peserta Sepang Drag Battle.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (15)

Love the race suit.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (19)

The Tiger yang di lengkapi dengan 1.100 hp (dyno terakhir sabtu pagi) VR38DETT yang dilengkapi dengan special order Boost Logic GT360GTX turbo kit, Dodson gearbox, Syvecs ecu, dan  15’inch  c compound M/T  slick tires is ready to rumble in Malaysia.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (16)

Inilah 1st debut Pak Haji bersama the Tiger di luar Indonesia, dan bisa di bilang dialah orang yang ke-2  kalinya drag race di luar negeri dengan membawa mobil langsung dari Indonesia. Mungkin dia bukan atlet Bulutangkis atau sepakbola,  tapi dia adalah duta Indonesia dalam bidang Motorsport, terutama di Drag Race.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (20)

Dan kalo saya lihat beban mental pak Haji sepertinya sama dengan atlet-atlet bulu tangkis atau sepak bola Indonesia yang bertanding di luar Indonesia.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (22)

Mungkin karena terlihat begitu tegang menghadapi 1st debut nya di luar Indonesia dan membawa nama bangsa Indonesia, Pak haji tidak merasa nyaman dengan Simpson balaclava, lalu melepasakannya dan memilih untuk langsung menggunakan Simpson bandit helmet.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (23)

The Tiger pun maju menuju batas akhir dimana area harus streril dari crew dan pengunjung. Tempat dimana final check oleh para marshal atau official mengecheck safety pembalap (harness dan helmet), dan formulir peserta.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (24)

Untuk safety dan juga comfort yang  terakhir di lakukan oleh pak Haji, adalah memasang Simpson gloves.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (36)

Lalu disinilah garis atau titik terakhir saya bisa mengantarkan Pak Haji dan the Tiger, karena selepas area ini adalah waiting zone utama dan garis start. Dan bahkan media pun tidak boleh masuk ke area itu.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (25)

Dan the Tiger pun bersiap-siap di garis start untuk memulai pertarungannya di track sepanjang 402 meter  yang jaraknya ribuan kilometer dari tempatnya berasal, Bandung.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (26)

The Tiger pun berhasil melesat meninggalkan christmas tree merek Race America dan juga pesaing di sebelah kirinya. Namun pada saat high rev. atau rpm atas sepanjang jalan The Tiger gasnya mbrebet ( atau tersendat-sendat). Walaupun tersendat-sendat atau mrebet, The Tiger berhasil memecahkan rekor practice yang sebelumnya di pegang oleh peserta asal Malaysia dengan Proton Wira (9,8 detik), yaitu 9,6 detik. Itu berarti the Tiger berhasil mempertajam catatan waktu resminya di indonsia, yaitu 9,7 detik. Dan semua penonton di Sepang pun bergemuruh atau bersorak riang untuk The Tiger yang berhasil mencetak waktu tercepat di practice.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (28)

And suddenly, pit no. 8 tempat kandang The Tiger menjadi ramai karena berhasil mencetak waktu tercepat di practice, yaitu 9,6 detik. Dan setelah mereka mendatangi kandangnya The Tiger, mereka baru sadar kalo GTR ini berasal dari Indonesia, bukan dari negara mereka sendiri atau Malaysia.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (27)

Kalo saya lihat perasaan pak Haji saat itu, gado-gado. Campur aduk, antara senang dan gelisah atau cemas. Not so well lah. Senang mungkin karena berhasil mencetak waktu tercepat sewaktu latihan dan membuktikan bahwa Indonesia bisa mencetak waktu 9 detik pada 1st debut nya. Cemas atau gelisah atau bahasa gaulnya anak jaman sekarangadalah galau. Galau karena problem pada rpm atas atau high rev yang mengganggu target Verly dan pak Haji yang mengincar GTR  Holly Land , yaitu 8 second atau setidaknya 9 kecil.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (29)

Verly sang mekanik langsung memeriksa keadaan mobil. Lalu setelah itu dilakukan pelepasan Top Secret Intake untuk membersihkan HKS spark plugs

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (30)

Heat  1 pun segera di mulai, dan Pak Haji pun langsung memasuki cockpit atau ruang kerjanya. Dengan dibantu Akina, Pak haji pun bersiap-siap menuju ke garis start untuk melakukan heat  1

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (31)

The Tiger is ready for the 2nd run and the official race.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (61)

Kali ini kondisi pengunjung sirkuit Sepang pun bertambah banyak, dari sewaktu practice tadi. Dan menurut saya lebih ramai dari pada di Sentul Circuit Indonesia atau bahkan drag di Surabaya pun. Satu-satunya yang bisa menandingi ramainya penonton ini adalah acara Road race ataupun tanggapan dangdut.lol. ini lah bukti bahwa drag race di cintai dan di gemari oleh masyarakat di Malaysia. Bahkan selain F1, acara motorsport lainnya sepi pengunjung.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (32)

Karena waktu sudah mepet, Pak Haji pun langsung menuju garis start tanpa di dampingi oleh crew Veory Power. Dan saya pun berlari mengiringi Pak Haji dan The Tiger dari belakang. Jujur saja, saya baru tahu rasanya seperti apa panasnya persaingan antara Indonesia dan Malaysia dalam sepak bola, bulu tangkis, dan apapun itu. Bahkan sampai ke drag race. Sepanjang jalan menuju ke garis start, semua mata tertuju kepada The Tiger. Bukan memberikan standing applause, tapi malah mencemooh  dengan kata “wooooo” sepanjang jalan menuju garis start.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (34)

Mungkin inilah beban mental yang dipikul atau di rasakan oleh para atlet nasional Indonesia yang bertanding  di luar negeri, terutama di negara  Malaysia. Dari track record ke-2 negara ini bertanding apa saja, selalu saja berujung pada suasana yang panas. Saya cuma heran, kenapa hal ini sampai terjadi, bahkan di drag race. Yang notabenenya bukan major sport seperti sepak bola ataupun bulu tangkis. Tetap saja kami mendapatkan perbuatan yang tidak menyenangkan, padahal we came in peace, dan untuk bertanding.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (35)

The Tiger masuk ke area terakhir yang bisa saya temani untuk memulai heat  1 di kelas A Sepang Drag Battle 2013 round 2.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (33)

The Tiger pun melaju menuju area waiting zone utama  dengan beban harus lebih baik dari practice nya, yaitu 9,6 detik. Sedangkan kita tahu bahwa ada problem mbrebet pada rpm atas nya.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (37)

The hottest battle is about to begin. Ini dia duel pertama dan juga paling panas dari event drag race malam itu. Yaitu 2  mobil tercepat di event tersebut bertemu dalam heat ke 1, yaitu The Tiger Veory Power GTR R35 dari Indonesia yang mencetak the fastest car dengan catatan waktunya 9,6 detik. Sedangkan mobil tercepat ke-2 berasal dari kubu Malaysia, yaitu Daihatsu Charade powered by 4G63T plus AWD  dengan catatan waktunya 9,959 detik. Kalo saya liat memang Daihatsu Charade ini sengaja menunggu pak Haji yang masuk ke area start pada menit-menit terakhir, untuk bisa satu run dengan The Tiger.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (38)

Start pun di mulai, dan tampak The Tiger mengalami problem sewaktu start, yaitu mbrebet (tidak lancer gas nya), dan akhirnya mobil kecil yang dipersenjatai dengan 4G63T plus AWD itu langsung meloncat ke depan The Tiger. Ini ibaratnya  di pertandingan tinju antara kelas bulu melawan heavy weight. GTR mempunyai berat sekitar 1.800 kg dengan horsepower sebesar  1.100 hp (last dyno di Malaysia), sedangkan si Charade mempunyai berat sekitar 800 kg dengan tenaga sebesar 700 hp. You do the math of this power weight to ratio lesson.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (39)

Dan meninggalkan Pak Haji dan The Tiger di belakang nya.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (40)

Pak Haji pun berusaha mengejar ketinggalannya dengan si Charade, namun sayang sepanjang lintasan 402 meter ini, penyakit The Tiger di waktu latihan kumat lagi, bahkan bertambah parah mbrebet nya. Dan akhirnya Pak Haji pun tak bisa mempertajam catatan waktunya dari sesi latihan, bahkan kalah dengan 2nd fast car of the day dari Malaysia.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (41)

Dan seluruh penonton yang berada di tribun d pit bersorak gembira melihat Daihatsu Charade atau jagoan mereka berhasil mengalahkan mobil dari Indonesia, bahkan mematahkan catatan waktu The Tiger di practice (9,6 detik) yaitu 9,4 detik.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (42)

Setelah keluar dari cockpit The Tiger, Pak Haji pun tampak begitu feeling not so good. Beberapa kali beliau mondar-mandir  kesana kemari, seperti orang kebingungan , yang harus menerima kenyataan pahit ini. Bahwa The Tiger nya kalah dalam kondisi tidak fit.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (47)

Sampailah saya melihat kenapa pak Haji begitu galau tingkat dewa, yaitu catatan waktunya adalah 12,496 detik. Cukup jauh dari time yang pertama, yaitu 9,6 detik. Dan memaksa Pak Haji harus puas duduk di posisi ke 5 dari 8 peserta kelas A. Sementara pesaingnya yang notabenenya 2nd fast car, menjadi the fastest car of the day, 9,441 detik. Dan membuat Charade itu bertengger di posisi 1.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (43)

Mungkin rasanya  seperti dihantam  ton’s of  G-force in your head jika Anda merasakan apa yang dirasakan oleh Haji Dadang ini. Sedih, malu, marah, atau apapun namanya. Yang jelas this man having a super duper ultra extra heavy  bad night. Fiuh…what a name lah.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (44)

I don’t know, apa yang membuat this Godzilla can not roaring very well. Tapi  menurut Verly sang mekanik, problemnya pada ECU yang mengatur fuel pump untuk bisa mensuplai bensin secara maksimal ke ke-6 injector.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (46)

The Tiger pun langsung di pindahkan menuju ke bagian belakang pit, untuk mendapatkan perbaikan. the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (51)

Crew Veory Power pun langsung bekerja keras memperbaiki masalah tersebut, karena kini tersisa tinggal 1 ticket untuk memperbaiki catatan waktu nya, yaitu heat ke-2. Sebelum babak knock out. Time is ticking here.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (50)

Sementara para crew veory Power bekerja extra fast untuk berusaha menghilangkan penyakit mbrebet atau tersendat-sendat pada high rev nya.  Pak Haji tampak sedang berbincang-bincang atau discuss dengan seluruh team Kuraz Motorsport mengenai apa yang terjadi di event ini. Sebuah team yang dimana memanage kami selama berada di Malaysia, mulai dari shipping, hotel, pendaftaran, race day, hingga antar jemput kami dari hotel ke workshop, bahkan menjemput saya pada jam 3 pagi di airport.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (58)

Beberapa menit kemudian, race atau heat ke-2 pun segera akan di mulai. The Tiger masih dalam perbaikan, pada sektor  ecu dan juga kabel fuel pump. Dan semua orang di dalam pit pun ikut tegang dalam waktu yang cukup sempit ini. Para pengunjung pun sudah mulai memadati area samping the Tiger.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (57)

Begitu pula dengan beberapa pengunjung di depan pit, yang sudah mulai berkumpul menanti The Tiger keluar dari kandangnya dan beraksi kembali.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (56)

Kini masalahnya pun semakin rumit, GTR nya tak mau di gas hingga lebih dari 3000 rpm, ketika sudah mulai menyentuh 3000 rpm, kemudian turun kembali kebawah 3000 rpm. Pak Haji juga memberitahukan bahwa  dari run terakhir atau heat 1, antara engine dengan transmission tidak menyatu atau syncrone. Ini lah rumitnya gearbox dari GTR, karena biasanya mobil biasanya mempunyai formasi engine, gearbox, drivesaft, lalu differential atau gardan. Kalo GTR formasinya adalah, Engine, drivesaft, gearbox, lalu differential. Dan gearbox GTR sangat rentan atas kerusakan, tetapi bagian paling sakti dari mobil berkode R35 ini.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (74)

The problem dari masalah mbrebet padfa hign rev nya adalah, dari 4 buah fuel pump yang ada, hanya 1 fuel pump yang bekerja. So you know lah, how a 1100 hp engine very thirsty.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (77)

Dan masalah yang cukup rumit adalah kabel fuel  standartnya GTR diganti dengan kabel dan relay biasa oleh Toby dari GT Auto. Yang mungkin maksudnya untuk sebagai pengaman fuel pump. Namun sayang sepertinya it doesn’t work, malah membuat masalah.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (78)

Padahal menurut Verly, mereka sebelumnya selama  ini menggunakan  kabel oem GTR tidak ada masalah dengan fuel pump problem, hingga kemudian kabel fuel pump oem GTR  nya ditambahkan relay. Dan ketika engine dan transmissionnya atau gearbox nya hendak di synscronise atau di kalibarasi dengan menggunakan program COBB, ternyata COBB nya tidak ada. Karena menurut Toby dari GT Auto COBB tidak diperlukan lagi untuk kalibrasi transmission dan engine, karena sudah menggunakanm  ECU sycvecs. Padahal  menurut Verly, COBB masih diperlukan untuk mensetting ulang gearbox dan enginenya.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (66)

Pria yang dulunya seorang crosser  ini hanya bisa tertunduk lesu di depan GTR nya. Race suit sudah dipakai nya, dan siap untuk beraksi , tapi tak begitu dengan The Tiger.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (62)

Keadaan semakin sepi dan sepi di pit no. 8, karena heat ke-2 atau race yang ke-2 sedang berlangsung. Dan semua pengunjung tertuju pada kelas paling bergengsi dan tercepat di Malaysia. Namun the Tiger masih diam tak beranjak dari tempatnya.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (70)

Pak Haji yang sudah siap untu race pun kembali terduduk terdiam sendirian  di tepi pit.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (71)

Pria yang berumur sekitar 43 tahun ini tertunduk lesu, menghadapi situasi  yang dihadapinya di mala m itu. Siapapun itu dan darimanapun datangnya orang itu, ketika dihadapkan dalam kondisi seperti ini, akan merasa very very very very extra super duper down. Apalagi jika sudah datang sejauh ini, bertanding di Negara orang, dan membawa nama bangsa Indonesia. Saya memang dulunya sering menghujat para pemain bulutangkis atau sepakbola Indonesia yang terlihat bermain seperti anak kecil dan kalah. Padahal mereka sudah besar dan dewasa dalam hal pengalaman. Namun sekarang saya meminta maaf kepada mereka, karena tidak mudah untuk bertanding dengan membawa nama bangsa sendiri. Terlebih lagi jika Anda tahu hubungan antara Indonesia dan Malaysia agak sensitive. Dan malam ini saya menyaksikan di hadapan saya sendiri secara live pula. Dan mungkin buat Anda yang dulunya disuruh naikin bendera merah putih atau disuruh upacara bendera saja sudah malas, tapi coba jika Anda mendengar ada nama Indonesia di luar negeri. Secara mendadak semangat patriotisme dan cinta tanah air Anda langsung membara. Saya pernah mengalaminya di Singapore, dan kali ini di Malaysia.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (79)

Terlebih lagi  ketika marshal atau official dari Sepang Circuit membagikan, hasil dari kelas A yang sudah officially close atau berakhir race nya. Dan yang tersisa adalah babak final atau knock down seperti sepakbola. Dan Haji Dadang dan The Tigernya di beri gelar D.N.F (did not finish)

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (94)

Pupuslah sudah kesempatan The Tiger untuk bisa mengharumkan nama Indonesia dan mencetak best time nya di Malaysia.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (80)

Setelah meilhat dan mengetahui race di kelas A sudah ditutup dan hanya yang tersisa  babak knock down atau final, sambil tertunduk lesu dan dengan berat langkah meninggalkan pit The Tiger.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (99)

Terlebih lagi para crew Veory Power yang sudah begadang dan bekerja seperti energizer bunny dari  hari kamis hingga Sabtu pun, seketika “tewas” atau lemas menerima kenyataan pahit  ini.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (82)

Setelah mengganti race suit nya dengan polo shirt, Pak Haji pun menggelar last brief atau lesehan bersama  dengan seluruh crew Veory Power. Pak Haji pun meminta kepada seluruh crewnya untuk bersabar, jangan menyerah, dan jadikan ini sebagai pelajaran yang berharga yang jangan sampai terulang kembali, karena ini sangat  mahal harganya. Pak Haji menyemangati crew nya untuk tetap semangat merawat Tiger, karena masih ada race berikutnya. Lebih tepatnya pada Sabtu, 19 Mei mendatang ada yang namanya Supercar fun drag race (only supercar can join this race), dan juga Sepang Drag Battle round 3, pada bulan Juni mendatang

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (87)

Setelah acara lesehan bersama dengan seluruh crew Veory Power. Pak Haji pun melakukan sesi interview dengan beberapa media yang datang dari Indonesia.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (86)

Dalam  interviewnya, Pak Haji menyatakan bahwa dia merasa kecewa dengan  Toby dari GT Auto Service Malaysia karena telah menzolimi atau mencuranginya dengan mencopot dan membawa COBB Tuning nya, dan memasang relay tambahan pada fuel pump GTR nya. Sehingga crew The Tiger tidak bisa me re-tune Engine dan gearbox dari  GTR.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (88)

Inilah COBB dan kunci serep dari GTR yang baru saja di kembalikan setelah race. kunci GTR  ini bisa dibilang adalah kunci sakti, walaupun dia keyless, kunci ini ibaratnya adalah no PIN atm bank Anda. Sekali orang  tahu PIN atm Anda, maka orang tersebut bisa berbuat apa saja pada tabungan Anda. It’s like opened a pandora box,

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (92)

Pada 2nd interview oleh para media dari Indonesia, kali ini ada pembalap Malaysia yang bernama Akina Teo, yang merupakan salah satu crew Kuraz Motorsport  yang bertindak sebagai team management atau baby sitter selama the Tiger ada di Malaysia.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (93)

Mengatakan bahwa Selama di Malaysia The Tiger akan dirawat dan diurus oleh team Kuraz Motorsport Malaysia hingga next race, yaitu Supercar Fun Drag Race yang akan digelar Minggu, 19 Mei  di Sepang Circuit.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (91)

Dan pak Haji Dadang juga meminta tolong kepada Dhayalan Renno dari Millennium Motorsport untuk  turut merawat the Tiger.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (96)

Setelah  selesai  interview, The tiger pun didorong ke rah lintanas , lalu berputar balik untuk naik ke atas  trailer. Dan banyak orang di luar sana yang masih penasaran dengan performance dari The Tiger.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (97)

So guys, Haji Dadang and The Tiger Veory Power GTR R35 will be roaring again in Sepang Circuit soon. Dan yang paling dekat adalah Supercar Fun Drag Racing pada Minggu, 19 Mei 2013 di Sepang Circuit Malaysia. Itu tadi liputan saya secara real mengenai apa saja yang terjadi di race day, dan kini Anda tahu bagaimana susahnya balapan di luar negeri.  So, dukung terus salah satu putra bangsa Indonesia yang mencoba mengharumkan nama bangsa Indonesia di Sepang Circuit Malaysia. And in motorsport, sometimes you win some, lose some, and wrecked some. But let’s make a race, not war guys. Peace….

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

Tags:

Comments