SENTUL DRAG RACE 2015 RD.1

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (158)

Pesta terbesarnya para dragster di Indonesia pun telah dimulai, yaitu Sentul Drag Race 2015 yang memasuki babak kick off atau seri 1 di musim balap 2015 ini. Kejuaraan yang meskipun tidak berlabel atau embel-embel sebagai kejurnas atau kejuaran nasional ini, namun gaung atau gengsinya melebihi label kejuaraan nasional. Inilah satu-satunya proving gound atau arena pembuktian bahwa Anda tak hanya jago kandang atau daerah saja, tapi juga jago seluruh Indonesia Raya, meskipun urusan menang, kalah, dan jebol nomor kesekian. Dan sebanyak 500 starter pun bertarung untuk membuktikan siapa yang akan menjadi tercepat di Indonesia.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk

Aroma kompetisi pun mulai terlihat semenjak hari Sabtu, 18 April 2015, dimana semenjak tengah malam atau Sabtu dini harinya antrian para peserta sudah mulai tampak di area parkir tribun Sentul Circuit.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (3)

Mulai dari privater, club, team, bahkan  peserta dari luar kota Jakarta dan sekitarnya pun ikut meramainkan event tahunan yang diadakan oleh Sentul Circuit ini.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (17)

Namun sayangnya acara QTT Sabtu siang itu terhenti dengan turunnya hujan yang cukup deras di lintasan.

 

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (15)

Namun di tengah deras nya hujan, saya pun menemukan sebuah mobil yang mengingatkan saya pada masa atau jaman saya muda dulu alias SMA. Yaitu sebuah Daihatsu Feroza

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (16)

Sebuah mobil yang pernah ngehits atau booming di jamannya, dimana aliran stance belum ada dan yang ada hanya ada satu nama “ceper mampus” atau “ ceper celup”. Mungkin Anda akan menyebutnya sebagai generasi cupu atau udik or maybe ndeso karena belum mengenal istilah static. But trust me guys, we totally have fun dengan yang namanya potoong per, coak sasis, sama per daun dibalik.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (26)

Setelah sekitar 1 jam an lebih hujan turun, saya pun mulai berkeliling pit untuk mengabsen satu persatu peserta drag race seri 1 ini.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (30)

Dari pasukan turbo Pro Drag  kota Bandung menurunkan 4 buah mobil keong nya yang akan bertarung dari kelas 12 detik  hingga FFA.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (64)

Jika pada tahun lalu Epo III yang dipiloti oleh Reindy Riupassa ini berwarna biru, maka pada seri pembuka tahun ini di rubah warnanya menjadi kuning

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (65)

Tak hanya racing car yang wara wiri di area pit line Sentul circuit, namun stance car juga terlihat wara wiri di area ini

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (28)

The Baby is back. Dengan Baju, cat, dan livery baru nya. Dan tentu saja top hood exhaust nya. EG6 hijau pastel yang berasal dari bengkel Steve Garage Pekanbaru ini kembali beraksi di lintasan 402 Sentul setelah body dan enginenya diperbarui lagi.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (68)

Bukan hanya sektor eksterior dan interiornya saja yang di refresh, termasuk juga dari main course  atau hidangan utama dari sebuah mobil drag race. Mesinnya pun menggunakan B20 Vtec Hybrid, yang  jeroannya terdiri dari  B16 portmatch flowbenc head,Skunk2 Pro 3 cam shaft, Injectors Clinics, Deatchwrks fuel pump,  dengan otak P28 yang didoping dengan Dastek Unichip Q+. Lalu tenaganya disalurkan melalui S89 custom gear ratio transmission kepada Weld racing rims yang dibaluit dengan M & H slick tire. hasilnya, mesin B20 vtec hybrid ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 330 hp/285 nm. “Penggunaan Top exit exhaust ini memberikan extra tenaga yang terlihat pada grafik dyno ketika kita sedang melakukan dyno test. Walaupun kecil, namun header model ini bisa memperbaiki grafik pada dyno test, yaitu lebih cembung”, terang Stefen Teo  dari Steve Garage Pekanbaru.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (66)

Dari kota Jakarta sendiri ada juga pejuang All Motor, yaitu Supernova dengan Honda Civic EF9 atau Honda Civic Nova yang akan memulai 1st debutnya di seri perdana Sentul Drag Race 2015

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (63)

Dan tentu saja Hulk Supernova EG6 yang tampaknya akan turun full di musim balap 2015 ini. It’s good to know bahwa satu persatu monster all motor di Indonesia back in business, yang berarti tahun ini Sentul akan semakin berisik dengan suara cam shaft dan exhaust nya yang khas all motor sewaktu v-tec just kicked in ya.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (27)

Tak ketinggalan juga Casper, si Hantu yang well tidak juga ramah ini akan kembali head to head dengan pasukan turbo AWD seperti Lancer Evolution yang merajai di kelas FFA.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (74)

This is bloody awesome 849 HP H22T engine bay. Yang jelas jika Anda datang melihat langsung si Casper ini di pitnya, maka Anda akan menemukan bahwa engine bay ini anti debu dan noda. Kenapa? Karena setiap saat engine bay ini selalu di lap. There you go, now u already know the dirty little secret of Casper engine bay.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (76)

Dan  speerti kata saya tadi bahwa si Casper yang bisa dibilang tidak begitu ramah kepada pilotnya, maka khusus untuk menjinakkan si hantu putih ini Pedang memakai jimatnya. Yaitu Ghostbusters II t-shirt….dengan kata lain “who’s your daddy?”

B16 AP Speed 2015 Sentul Drag race rd.1. Perfourm.com. bayu Sulistyo (35)

Tapi yang paling fenomenal dari seri 1 kemaren adalah penampakan pertama kali atau 1st debutnya sebuah karya terbaru dari bengkel AP Speed Jakarta. Yaitu sebuah EG6 yang dipersenjatai dengan K24 lengkap dengan ITB (Individual Throtle Bodies) dan tentu saja top hood exhaust. EG6 itu bernama Spongebob B16 AP Speed EG6 Ver. 2.

B16 AP Speed 2015 Sentul Drag race rd.1. Perfourm.com. bayu Sulistyo (11)

Spongebob yang dimiliki oleh Adhe dari kota Palu, Sulawesi Tengah ini mengupgrade Spongebobnya dari yang hanya B20 ke K24 yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 450 HP/ 420 Nm. Drag cartel camshaft, Hood exit exhaust , cam sprocket. Lalu bernapas melalui Individual Throttle Bodies Pro-Jay 66 mm RC Injector beurkuran 750cc dengan DW fuel pump. Lalu yang bertugas sebagai otak dari mesin ini adalah Hondata K-Pro

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (67)

Selain Spongebob, ada juga monster AWD yang memang dibuat untuk menjadi yang tercepat di kelas FFA atau mungkin Indonesia. Setelah menciptakan Jun CT9A, dan AMS CT9A. Kini Engine+ menciptakan Mickey Mouse

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (20)

Evo milik Luckas yang merupakan tuner dari Engine+ ini dipersenjatai dengan mesin 4G63T yang sudah di stroker kit  Tomei menjadi  2.3 Lt  dan bernapas melalui Turbo Garret serta di otaki oleh Haltech PS 1000 ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 750 WHP.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (24)

Sementara gearbox nya . Maka Luckas memilih Pfitzner gearbox atau PPG

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (78)

Sayapun melihat beberapa race suit tergantung di depan pit Engine+ dan juga Steve Garage. Well that’s good news. Itu berarti propaganda Perfourm dalam hal safety can be cool sedikit demi sedikit mulai terwujud. Perfourm memang dari awal sedang mengkampanyekan penggunaan race suit berserta gear lainnya (gloves and shoes) dan full face helmet yang berlivery

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (70)

Minggu pagi yang cerah disaat kebanyakan orang menyeting burung piaran mereka, well beberapa orang di pit Sentul sedang menyeting mobil mereka.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (79)

Dan yang pasti Anda sudah tahu jika seorang mekanik memegang obeng lalu membungkuk sambil mengutak-ngatik mesin, sudah dipastikan dia sedang menyeting karburator 4 barrel nya. This is the original taste of horse power and motorsport.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (80)

Memasuki ke area waiting zone, mata saya tertuju dari si mungil Honda Brio yang look so damn stance dengan Enkei RPF-1 rimsnya.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (83)

Sepertinya Honda Brio ini lebih cocok line up di acara car limbo atau beat the bump daripada line up di garis start.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (12)

But this is motorsport, semua orang bisa bersenang-senang dengan mobilnya sendiri, and its legal.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (45)

Bahkan dengan sebuah mobil niaga atau untuk ngejar setoran pun Anda bisa juga ngejar best time Anda di lintasan 402 meter ini. Seperti Giovani Pahlevi dari team IKC feat DMS dengan Daihatsu Granmax nya yang berhasil keluar sebagai juara 2 di kelas 18 detik dengan best timenya 18.047 detik.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (49)

Bahkan beberapa orang pun membawa mobil dari masa lalu untuk bernostalgia di lintasan, yaitu sebuah Daihatsu Feroza. Sebuah mobil yang menjadi mobil anak gaulnya anak remaja di di tahun 90 an hingga awal 2000an, posisinya tergantikan setelah muncul mobil sejuta umat. Toyota Avanza dan Honda Jazz. Aank dari team Felix kota Cikarang pun terpaksa harus gigit jadi akibat waktu tempuhnya brake out 1 detik ketika ia mengikuti bracket 19 detik, yaitu 18 detik. Padahal 50 meter sebelum garis finish gas sudah di lepas. Mesin 1.6 Lt nya dipersenjatai dengan Kangoro cam shaft 280, Jun valve springs, High comp piston, DCN5 two barrel, Jacobson coil, dan flywheel  dibubut. Banyak brand jadul terlihat disini.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (86)

Satu-persatu jago kandang dari luar kota Jakarta dan Jawa Barat mulai datang untuk membuktikan bahwa mereka tidak hanya tercepat di kampung halamannya saja atau jago kandang, namun juga mampu bersaing di tingkat nasional. Yaitu Toyota Yaris milik Kevin Oktavian dari club Exit Surabaya yang di Surabaya merupakan juara di kelas minibus dengan waktu  ET 9.6 detik. Walaupun enginenya trouble sewaktu bertanding, dan meraih hasil yang tidak memuaskan. Namun saya tetap salut atas semangatnya untuk keluar dari kandang dan ikut bertarung di tingkat nasional yang bukan hanya kado kandang.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (53)

Dan untuk yang ke-4 kalinya saya melihat adegan yang “do not try this at home”. Hood nya benar-benar pop the hood ketika sesaat setelah melewati garis start. Pembalapnya pun langsung berimprovfisasi dengan tetap mengendarai mobilnya dengan cara mengintip dari sela-sela  hoodnya. Level : genius.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (47)

Setelah populasi Honda Civic EG6 atau Estilo sudah mulai rare atau langka dan tentu saja mahal dengan harga yang tidak masuk akal untuk mobil setua itu (diatas 80 jutaan). Penggantinya adalah Honda Genio, Honda Nova atau EF, dan tentu saja Honda City Type Z yang bisa dibilang harganya cukup murah dan bodynya terhitung lebih ringan daripada mobil-mobil Honda kelahiran tahun 2005 ke atas (ES atau FD)

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (57)

Seperti Andrew Yudha dari team Gading Tuning/Pardhia Motor yang berhasil keluar sebagai juara ke-2 di kelas bracket 14 detik dengan best timenya 14.032 detik

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (14)

Beberapa sport car dari pabrikan Honda juga mengiktui event kali itu seperti Honda  Integra DC5

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (59)

Dan juga S2000

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (82)

Jauh dari hingar bingar pabrikan mainstream drag race sperti Honda, Toyota, dan  Mitsubishi. Sebuah Mazda RX8 SE3P yang dipiloti oleh M. Hidayat SE dari team Abunawas Technica berhasil keluar sebagai juara 1 di kelas bracket 16 detik dengan best timenya 16.008 detik. Rotary Powah…

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (120)

Di kelas 15 detik sebuah Toyota Fortuner dari pasukan cumi-cumi atau diesel power Rev Engineering berhasil menyabet podium 2 oleh Marcel Caecar dengan best timenya 15.081 detik. Fortuner ini bertenaga 355 hp  dengan boost mencapai 2,5 bar yang diotaki oleh  ecu-shop dan bernapas melalui turbo rhf 5.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (84)

Frans Hildebrand atau Nyo-Nyo dari Rev Engineering   pun bersiap di dalam cockpit sebuah Isuzu D-Max

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (85)

Double Cabin bertenaga sebesar 350 hp ini pun melesat dari garis start dengan gigi 2

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (48)

Dengan boost yang mencapai 2,5 bar  dan ecu ecu-shop di dalamnya Nyo-Nyo berhasil mencetak waktu 15.1 detik

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (99)

Masuk ke kelas 13 detik dimana aroma pertarungan antara pasukan all motor Honda dengan pasukan turbo Epo atau Evo pin dimulai. Abdul Aziz dari team Felix Auto Club Cikarang dengan LancerGLXi Turbo yang di doping dengan NOS (308 HP) FWD ini hanya mampu masuk ke time 13.5 detik.

B16 AP Speed 2015 Sentul Drag race rd.1. Perfourm.com. bayu Sulistyo (175)

Sementara si undisputed champion atau juara bertahan 4 kali berturut-turut kelas bracket 13 detik, Tomahawk B16 AP Speed EG6 yang dipiloti oleh Rio Bramantio pada event kali ini harus puas duduk di podium ke-3 dengan best timenya 13.258 detik.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (9)

Yang cukup mengejutkan adalah juara 2 di kelas bracket 13 detik adalah sebuah mobil SUV  Honda Mobilio yang dipiloti oleh Chandra dari team Supernova dengan best timenya 13.133 detik. Sementara juara 1 nya diraih oleh Indrajaya dengan Toyota Starlet turbo dari team GSS Engineering dengan best timenya 13.012 detik.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (13)

Honda Civic EF9 milik Baim dari Supernova mengalami kendala pada gearboxnya hingga tidak bisa mendapatkan best time terbaiknya

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (90)

Waktunya kita untuk masuk ke kelas neraka bracket 12 detik, dimana menjadi tempat pertarungan monster all motor dengan pasukan turbo Evo atau Epo. Dimana pasukan all motor akan berusaha untuk bisa brake out dari kelas 12 detik dan masuk ke area 11 detik atau holly land nya all motor Indonesia.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (41)

Alvin Faiz Damanik dari team Supernova Dasa Ananda dengan Hulk Supernova EG6 hanya mampu meraih podium ke-4 di kelas bracket 12 detik dengan best timenya 12.584 detik

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (119)

Motorsport bisa menjadi permainan yang menyenangkan ataupun menegangkan, namun bisa berubah menjadi menyeramkan jika sudah berhubungan dengan high speed. Dari situlah munculah beberapa gear atau perlengkapan yang berfungsi untuk meminimkan resiko terjadinya cidera pada pembalap. Seperti roll cage, tabung pemadam kebakaran, dan tentu saja race suit berserta kelengkapannya. Beberapa orang masih memakai baju dugemnya untuk masuk ke dalam cockpit 13 sec, 12 sec, atau FFA car nya.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (103)

Dan beberapa orang lagi sudah mulai sadar dalam hal safety dengan memakai race suit dengan perlengkapannya seperti balaclava, gloves, shoes, dan juga full face helmet.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (133)

 

Yes I know guys, Anda pasti berpikiran bahwa race suit beserta tetek bengeknya adalah mahal. Tapi untuk sebuah keselamatan atau nyawa Anda itu adalah harga mati diatas segala-galanya. Jalan tengahnya Anda bisa membeli produk race suit ternama untuk gokart atau pun produk lokal yang harganya sekitar 1,5 juta rupiah, desainnya Anda bisa desain sendiri lagi sesuai kesukaan Anda. Disamping Anda lebih safety dan nyaman, dan juga terlihat lebih keren , macho, dan tampak seperti pembalap sungguhan. Dan tentu saja HP Anda naik drastis..Handsomepower.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (114)Tapi orang paling bertanggung jawab pada race kali itu adalah pimpinan lomba yang di pegang oleh Arief Budiarto. Yang rela berlari dari garis start hingga jarak sekitar 100 meter dari garis start hanya untuk memastikan bahwa di dalam lintasan tidak ada benda asing yang bisa mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (91)

Di kelas 12 detik tampak sebuah EG6 dari kota Pekanbaru yang bernama Baby Steve Garage EG6 yang pada event kali hadir dengan livery barunya, dan tentu saja mesin B20 yang sudah di refresh oleh Stefen Teo dari Steve Garage Pekanbaru

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (93)

“Saya berharap tahun ini The Baby bisa masuk ke holy land atau 11 detik, karena kita sudah terlalu lama di waktu 12 detik”. Ungkap Stefen dari Steve Garage Pekanbaru.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (92)

Angger pemilik dari si Baby pun tak sabar ingin segera masuk ke area 11 detik atau holy land.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (96)

Namun sayangnya nya harapan mereka untuk masuk  ke holy land belum tercapai saat ini.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (154)

Stefen Teo hanya mampu mencetak best time 12.358 detik dan berada diposisi ke-7 di kelas bracket 12 detik.

B16 AP Speed 2015 Sentul Drag race rd.1. Perfourm.com. bayu Sulistyo (65)

Sementara Flash B16 AP Speed EG6 pada event kali ini gagal masuk ke holy land atau 11 detik. Namun ke-2 kakak beradik atau two brother racing , Rio dan Rian berhasil menguasai podium di kelas 12 detik. Yaitu Rian Risky berhasil keluar sebagai juara 1 dengan best timenya 12.516 detik. Sementara kakaknya atau owner dari Flash, Rio, harus puas duduk di podium ke-5 dengan best timenya 12.326 detik.

B16 AP Speed 2015 Sentul Drag race rd.1. Perfourm.com. bayu Sulistyo (72)

Sementara Rainbow B16 AP Speed dengan 2 kakak beradik yaitu Aik dan Fahd terpaksa tidak bisa melanjutkan balapan mereka ke heat ke-2 karena engine nya mengalami masalah. Namun best time Rainbow di raih oleh M. Herdy di heat 1 yaitu 12.403 detik.

B16 AP Speed 2015 Sentul Drag race rd.1. Perfourm.com. bayu Sulistyo (68)

Spongebob atau K- Series full modified yang pertama di Indonesia ini harus puas dengan waktu 12.128 detik yang membuat M. Herdy dari team B16 AP Speed duduk di podium ke-3 kelas bracket 12 detik.

B16 AP Speed 2015 Sentul Drag race rd.1. Perfourm.com. bayu Sulistyo (146)

Turun dengan membawa mesin K-series full modified membuat EG6 ini seperti sedang berjalan di red carpet, dimana puluhan kamera dan ratusan mata memandangnya. “Bedanya B- Series dengan K-series adalah, jika B-series setelah start bisa di tampol atau gas penuh (dapat traksi), maka di K-series setelah start harus di urut. Waktu shifting ke gigi2, ban juga lama tidak mau napaknya” terang M. Herdy yang masih mencari sela terbaik untuk menjinakan monster Spongebob ini.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (42)

Selain EG6 atau Honda Estilo yang dipersenjatai dengan all motor engine, beberapa EG6 juga dipersenjatai dengan turbo yang melekat pada engine nya. Coki dari Progresive  Bandung terlempar cukup jauh dari area 12.000 yaitu 12.992 detik.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (102)

Bluefin EG6 is back. Setelah absen 1 tahunan akibat Welliem konsen pada Epo V nya di tahun 2014 yang  lalu, kini pejuang kelas bracket 13 detik ini kembali lagi ke medan pertempuran 13 detik.

2015-sentuldrag-race-rd.-1.perfourm.bayu-sulistyo

Bluefin EG6 is back. Setelah absen 1 tahunan akibat Welliem konsen pada Epo V nya di tahun 2014 yang  lalu, kini pejuang kelas bracket 13 detik ini kembali lagi ke medan pertempuran 13 detik. Dan sepertinya ia sedang konak berat ketika mengendarai bluefilm ini eh bluefin.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (116)

Mesin B16 yang sudah di upgrade dengan racing piston, conrod, dan tentu saja si sakti Owen Turbo sehingga membuat EG6 ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 476 hp/400 Nm. Akbatnya engine mount nya jebol sewaktu qtt day. Race day pun harus dilaluinya dengan waktu 14 an. Jauh dari kelas yang di ikutinya, yaitu 13 detik.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (147)

Edo Liando dari team MET (Mantap Engine Tuner) dengan EG6 nya berhasil keluar sebagai juara ke-2 di kelas bracket 12 detik dengan best timenya 12.491 detik

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (105)

Tampak yang sedang bersiap-siap di area waiting zone adalah Casper Engine+ EG6. Tak akan pernah bosan melihat EG6 berwarna putih putih ini lengkap dengan willy bar nya. Bloody awesome

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (108)

Pedang pun bersiap untuk menjadi ghostbuster pada siang hari itu

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (110)

Pedang memulai startnya pada siang hari itu dengan berjuang melawan masalah traksi pada mobil FWD 849 HP ini.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (145)

Hasilnya Casper ini hanya mampu meraih best timenya 11.7 detik karena tidak mendapatkan traksi di awal start.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (87)

Berbicara mengenai traksi, tampaknya Lighting McQueen Shift Engineering EG6 yang dipersenjatai dengan SR20DET harus dipegangbagian belakangnya ketika sedang melakukan burn out.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (88)

Maklum saja EG6 ini adalah EG6 anti mainstream, yaitu RWD yang pada asalnya dibangun untuk berdansa atau drifting.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (61)

Hasilnya EG6 RWD ini hanya mendapatkan waktu 14 detik karena pantatnya tidak bisa diam alias goyang dumang melulu.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (129)

Sementara Frans Hildebrand atau Nyo-Nyo dari Rev Engineering bernasib kurang beruntung, Toyota Corolla AE111 yang dipersenjatai dengan 500 hp 3SGTE hanya mampu mencetak waktu 13.0. padahal kelas yang diikutinya adalah bracket 12 detik. Maklum saja mobil ini adalah FWD, sehingga yang ada ketika ngeboost di 1,4 bar, mobilnya tidak mendapatkan traksi

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (122)

Begitu kita masuk di kelas FFA, aroma AWD yang didominasi oleh pasukan Epo dan EVo pun mulai tercium di area waiting zone.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (142)

Wiwi dari Sigma Speed pada race kali itu berhasil bertengger diposisi ke-3 di kelas FFA dengan best timenya 10.560 detik

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (130)

Sementara Willy Wijaya dari team Bossy Factory Indonesia dengan Evo IX nya berhasil mencetak waktu 10.991 detik, dan membuatnya bertengger diposisi ke-4 di kelas FFA.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (107)

Di kelas FFA ini kita juga bisa melihat pertarungan abadi antara 2 mobil yang pertarungannya dimulai di dunia rally hingga sirkuit, yaitu Evo melawan STI.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (104)

Dimana pembalap Evo tampak sangat serius dan keren sekali dalam hal helmet.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (109)

Sementara pembalap Scoobie atau STI ini tampak begitu woles dan aroma rally nya masih terasa. Seperti Om Sonny tuner dari Abunawas Technica ini.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (112)

Steve Pramudita dari team Abunawas Technica dengan Subaru WRX STI nya berhasil keluar sebagai juara ke-5 di kelas bracket 13 detik dengan best timenya 13.366 detik.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (121)

Diposisi ke-5 di kelas FFA di tempati oleh Sabastian Pramudita dari team Firna Rangers dengan best timenya 10.995 detik.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (56)

Reindy Riupassa pun memulai musim 2015 ini dengan cukup baik, yaitu berhasil naik ke atas podium ke-2 di kelas FFA. Pembalap dari team Pro Drag Racing ini berhasil membukukan best timenya 10.604 detik.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (135)

Rendi Vicensius pun bersiap-siap untuk memulai 1st debutnya bersama Evo milik Luckas yang projectnya sempat terbengkalai selama 2 tahun ini

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (136)

Yang membuat saya bingung orang yang menjadi pilot dari Micky Mouse ini adalah si Rendi bukan si Luckas. Seperti pada status di pathnya yang berbunyi “ bangun mobil sendiri selama 2 tahun, sekali balapan yang joki orang lain, #gwmahgtuorangnya”

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (138)

Rendi pun mulai melesat dari garis start dengan cukup baik. Sepertinya Rendi gampang beradaptasi dengan Mickey ketimbang dengan JUN ataupun AMS.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (137)

Sementara di belakangnya atau di garis start tampak Luckas sang owner Mickey juga tuner dari Engine+ sedang berdoa dari semenjak rendi mulai memasuki garis start hingga memasuki 100 meter nya.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (141)

Evo bertenaga 750 hp whp yang dilengkapi dengan Tomei 2.3 stroker kit dan Pfitzner dog box sequential gear box melesat dengan mulus sepanjang 402 meter. Rendi pun berhasil mencetak waktu 09.745 detik

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (139)

Begitu  Rendi menyentuh garis finish dengan waktu 9.745 detik. Luckas  pun langsung bersorak gembira atas waktu yang ditempuh oleh Rendi.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (158)

Kegembiraanpun berlangsung di pit Engine+ dimana Rendi setelah race tadi langsung disiram dengan air es oleh para para anggota Engine+ atas prestasinya hari itu. Dan yang paling membanggakan adalah Rendi berhasil menembus atau memecahkan rekor the fastest Evo in Indonesia yang sebelumnya dipegang oleh Stefen Teo dari  Steve Garage Pekanbaru (Red Ants EVO IX) dengan best timenya 9.76 detik pada tahun lalu. Sementara di peringkat ke-3 ada Welliem dari ABS Performance dengan Redbull Epo V (9.76 detik)

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (160)

Selain meraih gelar juara 1 di kelas FFA, Rendi juga berhasil meraih gelar the fastest of the day dengan membukukan waktu 09.745 detik. Juara 2 di raih oleh Reindy Riupassa  dari team Pro Drag dengan waktunya 10.604 detik, juara ke-3 oleh Wiwi dari Sigma Speed dengan best timenya 10.560 detik. Juara ke-4 diraih oleh Willy Wijaya dari team Bossy Factory Indonesia dengan best timenya 10.991 detik. Dan juara ke-5 diraih oleh Sabastian Pramudita dari team Firna Rangers dengan best timenya 10.995 detik.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (162)

Perfourm pun memberikan cinderamata atau rewards kepada para pembalap yang pada hari itu mencetak sebagai the fastest of the day berupa Perfourm t-shirt. Yang dimana untuk the fastest turbo kali itu jatuh ketangan Rendi 09.745 detik

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (164)

Dan untuk fastest all motor jatuh ke tangan M. Herdy dari team B16 AP Speed yang mencetak waktu 12.128 detik dengan Spongebob B16 AP Speed EG6.

2015 Sentul Drag Race rd.1. Perfourm.com. Bayu Sulistyo nyonk (163)

Round 2 akan segera tiba. And the heat is on.. Pertempuran di all motor dan juga FFA akan semakin seru dan sengit dengan hadirnya beberapa monster. See ya on round 2 guys….

 

-Bayu Sulistyo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!