SPEED MATSURI •HONDA FUNDAY•

IMG_0345 copy

Setelah pada artikel sebelumnya saya menceritakan perjalanan saya dari awal sampai akhir bersama MRT Racing Team pada event Speed Matsuri •Honda Day•, kini giliran saya untuk menceritakan bagaimana keseluruhan event yang diselenggarakan oleh Goodrides x Banana Auto yang dihadiri oleh lebih dari 300 peserta ini.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (3)Awalnya event ini diagendakan pada hari Minggu dan dinamai Speed Matsuri •Honda Sunday•, namun sekitar 1 minggu sebelum hari H ada halangan dan menyebabkan panitia harus memajukan event ini sehingga menjadi hari Sabtu dan diikuti dengan perubahan nama menjadi Speed Matsuri •Honda Funday•. Sabtu, 16 Mei 2015 pada pukul 7 pagi panitia pun sudah mulai open gate bagi para peserta yang sudah mengantri.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (1)Dalam antrian pun saya menemui beberapa mobil yang terbilang rare di Indonesia, yang bahkan tidak akan anda jumpai setiap harinya. Seperti Honda Civic EK two doors yang mungkin hanya ada satu di Indonesia Raya ini.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (2)Another rare Honda, two doors Civic EK… Namun yang satu ini bukan sedan tetapi hatchback…

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (17)Ada juga 3rd gen Honda Civic Type R FN2R yang merupakan saudara seangkatan dari Honda Civic FD2R yang sepertinya sudah siap untuk memulai hot lapping.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (15)Berbagai jenis Honda pun hadir dan berpartisipasi pada event Speed Matsuri •Honda Funday• yang menurut saya merupakan the best event of the year, mulai dari rare Honda yang tidak akan anda lihat setiap harinya, sampai dari mobil yang selalu anda lihat dijalanan kota anda.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (4)Namun tentu saja Honda yang basic nya sebagai daily car ini sudah diberikan treatment khusus yang memang dipersiapkan untuk event Speed Matsuri •Honda Funday• yang diselenggarakan di Sentul International Circuit. Dan sebagai totalitas, ada salah satu komunitas bernama Jazz Fit Club yang mobilnya menggunakan livery seragam khusus untuk menghadiri event ini.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (13)Selain itu ada juga mobil balap touring yang biasanya dipakai untuk berkompetisi pada ISSOM yang bertugas sebagai sweeper pada hari itu, Honda Civic Genio EG9 dari tim ENEOS Gilabalap.com.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (19)Para peserta yang datang semakin banyak, dan panitia yang semalaman tidak tidur karena mempersiapkan acara ini pun kembali bekerja keras demi lancarnya event Speed Matsuri •Honda Funday• hari itu.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (12)Sementara itu saya pun sibuk sendiri berjalan kesana kemari untuk kembali mengeksplor Sentul International Circuit dengan kamera saya setelah beberapa bulan belakangan ini belum saya kunjungi.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (6)Walaupun pada event Speed Matsuri •Honda Funday• ini juga diadakan car meet up untuk brand Honda, namun yang lebih ditonjolkan adalah kegiatan track day itu sendiri mengingat event ini diselenggarakan di satu-satunya sirkuit bertaraf internasional di Indonesia. Dan berbicara tentang racing, kita tidak bisa begitu saja melewatkan helm yang memang menjadi salah satu aksesoris untuk pengaman pada saat hot lapping di sirkuit.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (16)Ketika berjalan disekitar pit saya pun menyempatkan untuk memotret beberapa helm yang diletakkan diatas mobil milik peserta yang sudah siap untuk memulai sesi trackday.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (5)Bagi beberapa peserta trackday yang mempunyai basic sebagai pembalap, helm bukanlah hanya sekedar aksesoris safety yang dipakai dan diletakkan begitu saja, melainkan sebagai identitas dirinya sebagai pembalap dan sebagian besar memang menyamakan tema livery mobil dan helmnya.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (18)Sebelum peserta track day memasuki lintasan dan memulai love story dengan mobilnya di track sepanjang 4,12 kilometer ini, beberapa mobil yang bertindak sebagai sweeper dan pace car pada event Speed Matsuri •Honda Funday• pun mulai turun memutari sirkuit untuk melakukan sterilisasi.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (8)Sementara itu di area parkir mobil, beberapa car club yang mendaftarkan diri sebagai participant untuk car meet mulai berdatangan dan menata mobilnya masing-masing.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (22)Satu persatu mobil yang hari itu berpartisipasi sebagai pace car dan sweeper pun mulai turun ke lintasan untuk melakukan gladi bersih. Salah satunya yaitu Honda Civic Estilo EG6 B18 milik Muda Mulyana.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (26)Lalu Honda Civic Ferio EK two doors hatchback dari Aragosta Indonesia.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (48)Beberapa saat kemudian giliran para peserta Speed Matsuri •Honda Funday• memulai track day, peserta yang berjumlah 70 starter ini dibagi menjadi beberapa kelompok dan dilepas secara bergantian, tujuannya agar para starter ini dapat lebih leluasa dalam mempelajari teknik-teknik mengemudi di dalam lintasan.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (21)Dan pagi itu saya ditemani oleh fotografer dari Goodrides.co Eka yang sepertinya sibuk sendiri dengan vapor nya hari itu.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (47)Sebagian besar starter yang berpartisipasi pada sesi trackday memang tidak memiliki latar belakang pembalap sehingga masih banyak yang awam tentang mengemudi di sirkuit, maka dari itu sebelum seluruh starter memulai hot lapping, ada pengarahan yang diberikan oleh Rizal Sungkar dari Rifat Drive Lab agar kegiatan trackday berjalan lancer.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (20)Panitia Speed Matsuri •Honda Funday• pun juga menempatkan cone-cone di area lintasan untuk mengarahkan peserta yang belum hafal tentang bagaimana racing line yang benar di Sentul International Circuit.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (49)Namun ada juga beberapa peserta yang memiliki basic pembalap dan berkompetisi pada ISSOM, salah satunya yaitu Sendy dengan Honda Jazz GK5 miliknya dari tim ABM Motorsport.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (54)Hari semakin siang, sinar matahari semakin panas, panitia yang terdiri dari Goodrides crew dan juga Banana Auto crew pun juga semakin sibuk dalam mengontrol kelancaran Speed Matsuri •Honda Funday• hari itu.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (23)Honda Jazz…… Honda Jazz everywhere….

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (27)Civic FD everywhere…..

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (52)Salah satu ide penyelenggaraan Speed Matsuri •Honda Funday• sendiri muncul karena melihat bahwa brand Honda dinilai merupakan brand yang memiliki jutaan konsumen loyal di Indonesia baik new Honda maupun old Honda.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (66)Para peserta trackday yang menggunakan new Honda seperti Honda Jazz pun juga tidak sedikit…

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (69)Begitu juga old Honda… Meskipun anda sekarang mempunyai brand new cars yang setia menemani anda setiap harinya maupun untuk morning run pada weekend, ketika anda melihat 90s Honda seperti Honda Estilo EG6 maupun sejenisnya dengan mesin D series atau B series lewat, pasti ini akan mengambil perhatian anda dan anda sendiri pun tidak akan membuang muka.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (68)Old Honda never die, it’s just keep getting faster…

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (65)Everyone has so much fun!

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (70)V-TEC……….

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (71)…..JUST……..

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (72)……KICKED IN YO!!!!

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (53)……KICKED IN YO!!!!

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (56)Setelah sekitar 2 jam saya berdiri di tepi lintasan dan memotret mobil peserta yang berpartisipasi trackday, saya pun memutuskan untuk berjalan ke area car meet yang pesertanya juga merupakan Honda boy.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (55)Selain trackday, Goodrides dan Banana Auto juga memasukkan agenda car meet dalam event Speed Matsuri •Honda Funday•, dan participants car meet hari itu mencapai ratusan mobil baik yang sudah berumur puluhan tahun sampai Honda keluaran terbaru. As long as it’s Honda, you can join the party.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (7)Saya pun mulai menyempatkan untuk melangkahkan kaki dan memotret beberapa mobil yang berpartisipasi pada car meet Speed Matsuri •Honda Funday•. Mulai dari Honda Civic SB3 yang terkenal dengan sebutan seterikaan ini. So fresh…

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (41)Lalu stanced Honda Civic EF berwarna merah yang satu ini. I love this car.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (43)Does anyone know this wheel?

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (34)Kemudian versi sedan dari Civic EF yang di Indonesia dikenal dengan nama Grand Civic, sepertinya saya sering melihat mobil ini di social media dan website-website otomotif Jakarta.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (37)Honda CR-X with Enkei RPF1 and powered by B Series engine…. Like I said. Speed Matsuri •Honda Funday• ini dihadiri oleh ratusan pecinta Honda atau bahkan Honda Freak di Indonesia, saya pun melihat mulai dari mobil yang sering saya jumpai setiap harinya sampai mobil yang jarang atau bahkan belum pernah saya temui sebelumnya.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (31)Lalu USDM style Honda Civic Estilo EG6 dengan BBS RS…

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (32)Another USDM style Honda Civic Estilo EG6.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (33)Mulai dari USDM style, JDM style, sampai Original pun ada di Speed Matsuri •Honda Funday•.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (40)Salah satu mobil yang membuat saya berdiri lama dan terdiam sambil memandangi setiap sudutnya. Honda Integra Type R DC2 berwarna putih dengan Work Meisters ini. I’m in love…

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (42)Boosted Honda Civic Ferio EK sedan.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (46)Yang saya tahu R-Kups Garage selalu menunjukkan totalitasnya dalam melakukan personalisasi terhadap mobilnya, saya tahu itu sejak melihat Honda Civic EF sedan beberapa tahun lalu yang sekarang sudah berganti dengan Honda Civic Ferio EK dengan bodykit, side skirt, grill, wing, hingga interiornya full Mugen. Velg nya pun juga menggunakan rare Mugen RNR.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (45)Day dreamin’….

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (36)Honda Accord Wagon SiR CH9 yang sempat saya temui di Surabaya, ternyata domisilinya sudah berpindah ke Jakarta dan sekitarnya.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (38)Honda Accord Wagon SiR CH9 yang sempat saya temui di Surabaya, ternyata domisilinya sudah berpindah ke Jakarta dan sekitarnya.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (44)Another Honda Integra DC5R, track use only?

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (30)Tidak hanya sedan yang memiliki 2 pintu dan 4 pintu saja yang berpartisipasi dalam car meet pada event Speed Matsuri •Honda Funday• hari itu, tetapi ada juga mobil berjenis MPV Honda Freed yang menjadi peserta car meet dan tentunya sudah dimodifikasi dengan aliran stance dan menggunakan CCW LM5T. Nice Freed!

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (39)Honda CR-Z with Enkei RPF1. Looks good.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (35)Salah satu Honda yang memiliki gerak roda belakang diantara ratusan Honda yang memiliki gerak roda depan, yaitu Honda S2000.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (57)BMW E36 325 with SSR Type C, spotted!

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (9)BMW E36 318 Cabriolet with OZ Futura, spotted!

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (59)Selain trackday dan juga car meet, pada event Speed Matsuri •Honda Funday• yang diselenggarakan di Sentul International Circuit ini juga diadakan agenda untuk fun drag race dimana para peserta yang hadir dalam Speed Matsuri •Honda Funday• dipersilahkan untuk memacu mobilnya di lintasan sepanjang 402 meter. Dan saya pun menjumpai EG6 Casper H22T 800 horsepower dari ENGINE+ yang merupakan EG6 paling brutal yang pernah saya temui.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (63)Saya pun juga bertemu Luckas D Titanium, tuner mobil balap ENGINE+ yang juga pernah mengundang saya untuk berangkat ke Sentul International Circuit dan meliput EG6 Casper dan EVOJUN CT9A dalam event Sentul Drag Race tahun 2014 lalu.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (62)Kegiatan fun drag race ini tentunya hanya sebagai pelengkap saja dan just for fun, jadi segala jenis mobil yang hadir dalam event Speed Matsuri •Honda Funday• boleh mendaftarkan diri, as long as it’s Honda.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (58)Like I said, as long as it’s Honda.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (60)Beberapa mobil yang tadinya hanya hadir untuk berpartisipasi pada car meet akhirnya bergerak menuju waiting zone untuk mengantre pada saat fun drag race dimulai.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (61)Memang sampai saat ini menurut saya belum ada yang bisa mengalahkan kuatnya nama Honda di ajang drag race di Indonesia. Hal ini terbukti jika anda datang pada event-event drag race baik itu event kecil maupun bertaraf nasional. Dan Honda Civic Estilo EG6 masih menjadi andalan para drag racer.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (76)Di akhir acara, seluruh mobil peserta yang berpartisipasi dalam acara Speed Matsuri •Honda Funday• pun dikumpulkan dan dilepas untuk memutari Sentul International Circuit, 1 lap.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (77)Walaupun peserta Speed Matsuri •Honda Funday• ada yang sudah meninggalkan Sentul International Circuit namun masih banyak sekali yang menunggu untuk masuk ke track secara bersamaan.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (78)Beberapa saat kemudian ratusan peserta yang memutari Sentul International Circuit ini kembali ke garis start dan diarahkan untuk memberhentikan mobilnya karena mobil seluruh peserta yang berjejer di dalam lintasan akan difoto untuk kenang-kenangan.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (80)Event Speed Matsuri •Honda Funday• yang dihadiri oleh ratusan peserta pecinta Honda dari Jakarta dan sekitarnya ini pun membuat wajah-wajah panitia yang tadinya terlihat lesu dan capek tiba-tiba berubah menjadi bahagia.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (74)Seketika rasa lelah karena harus begadang sejak beberapa hari sebelum hari H pun hilang….

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (79)Bagaimana tidak bahagia kalau tiba-tiba ada segerombolan model yang mengajak untuk selfie…………

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (75)Ada juga panitia yang sudah tidak kuat menahan rasa lelah setelah seharian berkeliaran di Sentul International Circuit demi kelancaran acara Speed Matsuri •Honda Funday•.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (81)Pada puncak acara, foto bersama adalah hal yang wajib dan tidak bisa dilewatkan.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (82)Dan langsung dilanjutkan dengan selfie bersama dengan panitia dari Goodrides dan Banana Auto.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (85)Saya pun menyempatkan untuk memotret MC dua wanita yang seharian menyemangati peserta dan panitia dengan bersuara di sekitar area pit selama berlangsungnya acara Speed Matsuri •Honda Funday•, kedua pembalap wanita yang hari itu mendadak jadi MC adalah Alinka Hardianti dan Diandra Gautama.

Goodrides Speed Matsuri Honda Funday Adhyasaka Hutama Perfourm (83)See you next event, guys!

 

Adhyasaka Hutama

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

 

Comments

comments!