GOOD BYE OILCOOLED GUYS..HERE COME’S THE NUVOLKS SURABAYA

913

nuvolks Surabaya (10)

Jika  pada tahun 60’s , 70’s, dan 80’s , dunia dan kaum hippies serta yang pasti orang tua Anda mabuk kepayang dengan yang namanya VW beetle atau kodok yang oldschool and oilcooled. Well, move away Herbie, here comes the Nuvolks with the watercooled. Wibik…

nuvolks Surabaya (8)

Pada hari Sabtu beberapa minggu yang lalu saya diudang oleh komunitas mobil yang berisikan line up mobil-mobil terbaru dari dari pabrikan Jerman, Volkswagen, yang sudah berevolusi dari oilcooled menjadi watercooled. Generasi  terbaru hippies Volkswagen itu bernama NuVolks.

nuvolks Surabaya (2)

Saya dan Adhypun menuju ke sebuah japanese food restaurant untuk bertemu dengan para anggota NuVolks Surabaya, sekaligus lunch. Dan sebagai appetizernya adalah kacang khas Jepang  yang bernama edamame. Kalo di Indonesia namanya kacang polong kali ya?

nuvolks Surabaya (3)

Meet Hendra, dia adalah korlap atau kordinator NuVolks Surabaya. Mungkin Anda sebelumnya sudah mengenal Hendra dengan Honda Accord Euro R CL7 dari team Myb Racing team Surabaya. And he looks so hungry for that tempura.

nuvolks Surabaya (4)

NuVolks merupakan  sebuah komunitas para penggemar mobil Volkswagen yang sudah menggunakan watercooled (pendingin air atau radiator,  bukan oli seperti VW kodok) yang pertama kali dibentuk di kota Jakarta pada  3 Oktober 2007. Dan saat ini total anggotanya mencapai  237 member, dan tersebar di  5 kota besar di Indonesia (Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, dan Surabaya).

nuvolks Surabaya (7)

Lunch time…waktunya menikmati chiken katsu saya bersama Adhy. Itadakimasu…

nuvolks Surabaya (30)

NuVolks Surabaya sendiri terbentuk pada September 2011. Dan saat ini anggotanya sendiri sudah mencapai  20 mobil.

nuvolks Surabaya (31)

Kebetulan saat itu saya bertemu dengan Deden dari Cello Audio System yang kebetulan juga mempunyai VW Golf. Lalu layaknya seperti tugas para mak comblang pada umumnya, saya pun memperkenalkan Deden kepada korlapnya NuVolks Surabaya. Dan akhirnya Deden pun berminat untuk bergabung dengan club ini. I just show you the door my friend…

nuvolks Surabaya (25)

Anggota NuVolk sendiri berisi mobil-mobil keluaran terbaru dari Volkswagen yang sudah menggunakan system pendingin air (radiator) bukan oli cooled  seperti VW Kodok lama. Seperti  Golf, Polo, Caravelle, Touareg, Tiguan, Touran,  New Beetle, Scirocco, Eos, dan lain-lain. Jadi jangan kuatir akan terjadi acara dorong mendorong sewaktu konvoi atau touring.

nuvolks Surabaya (20)

Anggotanya sendiri terdiri dari mulai dari mobil VW yang hanya light tuning pada sektor eksterior atau kaki-kakinya saja.

nuvolks Surabaya (21)

Hingga yang totally oem atau original equipment manufacture  alias masih ting-ting.

nuvolks Surabaya (9)

Hingga VW yang modifikasi masuk ke kelas heavy weight

nuvolks Surabaya (28)

Jarang memang orang yang memakai dan memodif mobil pabrikan Jerman ini di Surabaya. Karena memang dari segi harga mereka termasuk premium class, dan juga ribet atau susahnya mencari aftermarket part buat mobil Euro ini. Tapi ditangan NuVolks ini, tak ada kamus Achtung (bahaya in Germany) dalam memodifikasi mobil ini.

nuvolks Surabaya (10)

Tapi sekali Anda bisa memodifikasi mobil ini, maka sama halnya Anda mendandani salah seorang supermodel dari Jerman. Sama seperti Anda meminum Beer dan Wine secara bersamaan. Maka Anda akan membuat orang lain menjadi mabuk kepayang melihat Golf MK6 yang tampak begitu manis walaupun hanya bermodal heels atau rims nya saja.

nuvolks Surabaya (12)

Mobil yang terkenal dengan julukan Rabbit ini, bisa dibilang menjadi primadonanya para car enthusiast di seluruh dunia yang sudah bosan dengan mobil Sushi atau Jepang yang beraliran JDM. Dan ingin mencari something new dengan aliran yang new pula bernama Stance. Namun tetap terlihat aristocrat ala Euro car.

nuvolks Surabaya (13)

Anda tak perlu ton’s of carbon fiber, ton’s of stickers, and ton’s of racing part. Yang Anda butuhkan untuk si Rabbit ini adalah a nice and clean rims and coilover.  ADV1 rims will looks hot here

nuvolks Surabaya (17)

And another ADV1 combo with Brembo brake kit system.

nuvolks Surabaya (15)

Atau mungkin yang masih ingin terlihat European car banget bisa memakai rims yang bentuknya tak berubah dari jaman saya ingusan sampai saya ingusan yang lainnya, BBS Y spoke.

nuvolks Surabaya (23)

And guys meet the B357 GTI in Surabaya atau bahkan di Indonesia. VW Golf GTI MK5 milik  Hendra. Kini Anda officialy tahu bahwa Hendra menduakan mobil Euro R atau CL7 nya dengan seekor rabbit atau kelinci blasteran Jerman.

nuvolks Surabaya (11)

Front grill dan VW badge nya di ganti dengan red and badge VW badge seharga  US$ 15.99 atau sekitar 160 ribu rupiah. Dan carbon grill with red accent seharga  £36.00 atau seharga 560 ribu. And trust me this rabbit look awesome with this red and black bagde and grill.

nuvolks Surabaya (24)

Siapa bilang cuma Honda boys aja yang bisa gonta ganti dengan red bagde nya? Si Rabbit pun bisa.

nuvolks Surabaya (16)

Untuk rimsnya Hendra memilih BBS dengan rasa Sake di dalamnya, yaitu BBS LM wrapped with Accelera tires. Jangan lupakan juga carbon lipsnya.

nuvolks Surabaya (36)

Seat nya sendiri sudah mengadopsi  Scirocco semi bucket seat yang dicomot dari VW Scirocco R.

nuvolks Surabaya (37)

Paddle shiftnya saja sudah diganti dengan aftermarket part yang memberikan aksen tersendiri.

nuvolks Surabaya (33)

Dapur pacu 198 bhp 2.0 Lt turbocharged dari Rabbit milik Hendra ini sudah di upgrade dengan carbon engine cover dengan sentuhan red accent, Fokuyama front strutbar, dan K&N intake dan open air filter. Coba liat desain unik strutbarnya yang bengkok pada sebelah kanan (kiri) mobil ini.

nuvolks Surabaya (34)

JDM breed in this Rabbit

nuvolks Surabaya (26)

Tak lengkap rasanya kalo kita ngobrol soal VW tapi tidak menyinggung top of the line atau high performance car dari pabrikan Hitler ini, yaitu Scirocco R.

nuvolks Surabaya (39)

Ini adalah top of the line nya Volkswagen untuk urusan high performance dan juga speed. Jadi apapunyang berbau performance, mobil seharga 698 juta rupiah ini punya. Mulai dari semi bucket seat.

nuvolks Surabaya (42)

Sporty cluster speedometer

nuvolks Surabaya (41)

Dan juga 19’inch 5 spoke rims beserta Brembo barke kit system juga sporty and aggressive body kit. Dan yang jadi konselir nya pada hari itu adalah Hendra, yang menjelaskan a to z tentang VW. Sepertinya dia  adalah salah satu sales dari VW. lol

nuvolks Surabaya (40)

Dan tentu saja apa artinya Scirocco R tanpa mesin 2.0 L TSI engine yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 261 hp. Ditambah lagi dengan penambahan Neuspeed intake dan K&N open air filter. Yang uniknya adalah engine covernya. Berhubung VW dan Audi adalah saudara beda orang tua, jadilah mereka bisa saling meminjam baju.

nuvolks Surabaya (19)

Dan Rabbit terkahir yang saya temui hari itu adalah Golf GTI MK6 yang dandani ala JDM style

nuvolks Surabaya (18)

Lengkap dengan Volk Rays RE30 15’inch rims wrapped with  sticky Toyo Proxes R888

nuvolks Surabaya (27)

And with APR parts inside. Best time dari Rabbit ini ketika diajak berolahraga di track sepanjang 201 m adalah 9,330 detik. And the good news is..it’s matic.

nuvolks Surabaya (43)

Semenjak berdiri pada  September 2011, NuVolks Surabaya chapter  anggota nya sudah mencapai 20 orang. Dan dengan kegiatan seperti gathering, morning run, dan touring ke luar kota. NuVolks Surabaya Chapter menjadi tempat berkumpulnya para pecinta mobil VW generasi terbaru yang menggunakan watercooled atau radiator.

nuvolks Surabaya (46)

Mulai dari top of the linenya, Scirocco R

nuvolks Surabaya (47)

Hingga the Rabbit GTI MK5

nuvolks Surabaya (48)

And menurut saya Rabbit ini memang versi EG6 nya mobil Eropa. Hanya beda bentuk, engine, dan asal atau brand. Yang sama hanya satu, born to run.

nuvolks Surabaya (1)

See you on the next episode with the Nuvolks Surabaya Chapter.

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

*Like us on our Facebook fanpage

*Follow us on Twitter and Instagram : @perfourm

 

 

Comments

comments!