ODHI MUHAMMAD : ROLLER COASTER IN AMF SURABAYA

Odhie Muhammad AMF Surabaya 2015.Perfourm.com.Bayu SulistyoAMF Surabaya atau seri ke-2 dari gelaran Mogu-Mogu Achilles Motorsport Festival 2015 yang diadakan pada tanggal 15-16 Agustus 2015 yang lalu ini memberikan kesan tersendiri bagi para drifter. Terutama bagi para drifter kota Jakarta yang notabenenya pada event kali ini harus keluar kandang dan menempuh jarak sekitar 675 km. Berdebu, paving, panjang, dan panas adalah kesan yang keluar dari hampir seluruh drifter yang bertarung pada event kali itu. Dan pada AMF Surabaya, Perfourm pun menemani Odhi Muhammad dari team Exclusive Achilles Radial

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (36)Meet Odhi Muhammad pembalap dari team Exclusive Achilles Radial yang saya kira umurnya sudah seumuran drifter-drifter lainnya (diatas 20 tahun), ternyata teman satu sekolah dan mainnya Arya “The Flying Kid” Karistianto dari AHT Garage. Alias baru berumur sweet seventeen atau 17 tahun.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (34)Weapon of choice atau kendaraan yang digunakan oleh Odhie adalah sebuah Nissan Cefiro A31 yang dibangun di Exclusive Garage Jakarta. Full size sedan ini pun sudah di berikan Exclusive Garage custom body kit, ISC Coilover, dan juga livery khas Achilles Radial yang didominasi dengan warna ungu dengan pattern atau motif pixel ala game 80’an.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (23)Pilihan mesinnya pun jatuh pada sebuah mesin Nissan RB25DET bukan 2JZ. Mesin ini pun mampu memuntahkan tenaga sebesar 250 hp yang dirasa sudah sebagai bekal Odhi untuk bersaing di kelas rookie.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (35)Pembalap berusia 17 tahun ini mulai terjun di dunia drifting semenjak berumur 14 tahun yang lalu pada event Kejurnas 2013 yang turun di kelas rookie. Hasilnya? Pada seri ke-2 Kejurnas 2013, pria yang hobby bermain bola dan travelling ini menduduki posisi ke-10 sewaktu QTT. Tapi kandas di pertarungan Best 32 ketika tandem dengan Evan Pratama rekan satu teamnya di Exclusive Achilles Radial.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (59)“Drifting menurut gue jauh lebih menarik daripada balapan yang lainnya. Ada unsur fun, tegang, kompetisi, dan juga entertain di dalamnya. Ya kurang lebih freestyle nya balap mobil” terang Odhie ketika ditanya alasannya menjadi drifter

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (46)AMF Surabaya sendiri merupakan event ke-5 yang diikutinya semenjak pertama kali berada dibalik kemudi Nissan Cefiro A31nya, dan mulai membakar ban di Kejurnas 2013 yang lalu.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (63)Dan juga menjadi event pertama nya setelah sempat vakum 1 tahun karena sibuk sekolah.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (52)Track sirkuit Surabaya yang berada di parkir barat Lenmarc Mall ini pun memberikan tantangan tersendiri untuk Odhi berupa permukaan lintasan yang terbuat dari paving atau cone block. Yang secara notabene licin dan berdebu.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (65)Odhi pun mengakui kalo track kali ini cukup menantang dirinya yang barusan saja gantung stir karena sibuk Sekolah. “ Tracknya licin karena dari paving. Kalo suasananya sih enak, anginnya lebay atau kenceng, tapi berasa seperti di luar negeri karena view nya gedung-gedung” kesanya.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (8)Odhi pun mempunyai trick atau cara untuk menghadapi lintasan licin dan berpasir ini. Yaitu tekanan angin pada ban nya dibuat rendah supaya telapak ban lebih menempel atau grip ke permukaan lintasan. Namun karena tracknya membikin tekanan angin naik terus (panas), maka setiap 4 kali run tekanan anginnya dicek.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (6)Pria penghobi travelling ini pun memulai official practice day pada Sabtu siang dengan keadaan turbo yang mulai melemah. Walaupun turbonya melemah, tak menyurutkan semangat Odhi untuk melibas track yang dianggapnya seru dan panjang ini.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (55)Bahkan Odhi malah memanfaatkan licinnya lintasan untuk membantu dirinya mendapatkan angle dan speed yang lebih tinggi mengingat turbo pada mesin RB25 nya sudah tidak sehat atau maksimal lagi.

Mogu-Mogu AMF Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (3)Bahkan dirinya pun merasa fun alias ketagihan dengan track yang cukup panjang dan unik pemandangannya ini. “Serasa sedang drifting di Odaiba, Tokyo Jepang” katanya

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (2)Practice day yang berlangsung hingga malam minggu itu dimanfaatkan benar-benar oleh Odhi untuk bisa menguasai track. Speed, line, dan anglenya pun sudah semakin membaik daripada latihan di siang hari tadi. Driving stylenya pun sudah menjadi lebih agresive. Namun sayang ada sedikit masalah pada mesinnya. Pada saat Odhi melakukan run tiba-tiba muncul percikan api dari bawah mesin. Ternyata setelah diselidiki ada oli mesin yang bocor, dan kemudian menyambar bagian exhaust atau header, sehingga menyebabkan timbulnya percikan api

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (62)RACE DAY

Mayoritas atau kebanyakan drifter di seluruh dunia berasal dari grassroots, begitu juga di Indonesia. Jika kita lihat silsilah pro drifter Indonesia, mereka semua berasal dari jalanan yang mana  young, wild, and free also full throttle ahead alias gas pol. Itu adalah basic skill atau bakat alami yang dimiliki oleh semua pembalap yang mulai dari bawah.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (61)Namun menurut Odhi, selain suka grassroots, harus di akui dirinya lebih suka dengan event resmi. “Kalo di jalanan bisa kapan saja. Kalo event resmi jarang, paling setahun bisa dihitung dengan jari.Selain itu event resmi lebih tertata, dan yang jelas suasana atau euphorianya kan lebih competitive. Namun tetap fun ala drift jalanan” terangnya

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (10)Minggu, 16 Agustus 2015 akan menjadi hari penting bagi Odhi untuk bisa membuktikan ke orang tuanya bahwa dia layak di support atau diberikan green card untuk tetap sideways. Bisa dibilang dulunya Odhi merupakan salah satu dari drifter jalanan atau grassroots yang bermain di perempatan atau bundaran di kota Jakarta dan sekitarnya. Namun karena alasan safety, Orang tuanya lebih mendukung Odhi untuk turun event resmi atau track karena dianggap lebih aman daripada drifting di jalanan.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (14)Odhi pun mulai bersiap di garis start untuk memulai babak qtt nya.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (15)Dimana pada babak qtt itu dia akan diberikan kesempatan sebanyak 3 kali run oleh para juri

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (21)Odhi pun memulai run 1 atau practice nya dengan mencoba bermain aman di hadapan ke-3 juri. Run pertamanya pun dilakukan dengan mulus

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (18)Tapi begitu masuk di run ke-2 yang merupakan babak qtt atau sudah mulai di nilai oleh para dewan juri. Odhi pun mulai tampil agresive ketika mulai melibas track.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (7)Speed nya pun mulai ditambah, hingga akhirnya membuat angle dan line nya pun semakin bagus

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (12)Beberapa outer clipping pointnya pun di libasnya dengan angle yang cukup besar dengan asap dimana-mana.

Mogu-Mogu AMF Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (4)Run ke-2 dan ke-3 yang merupakan babak qtt pun dilalui Odhi dengan penuh nafsu alias go all out.Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (78)Walaupun bermain penuh dengan nafsu, namun dewi fortuna masih memihak pada pembalap ini. Meskipun turbo tiba-tiba melemah, namun Odhi tetap gas pol menyelesaikan 3 run nya itu. Dirinya juga tidak merasakan ketegangan sewaktu qtt, malah nafsu

Mogu-Mogu AMF Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (9)Waktu yang ditunggu pun tiba. Yaitu pengumuman hasil qtt yang bisa diibaratkan sebagai raport bagi masing-masing pembalap yang sudah melakukan 2 kali run. Masing-masing pembalap pun terlihat tegang menunggu para dewan juri mengumumkan hasil qtt mereka, termasuk juga Odhi

Mogu-Mogu AMF Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (7)Jika di drift jalanan yang menilai adalah teman-teman sendiri dan tanpa point dan ranking. Maka di event resmi ada orang yang menilai skill Anda. Di AMF Surabaya ada 3 juri yang memberikan penilaian, yaitu Wanbro (Malaysia), Dean Zen (Indonesia), dan Loy Ay (Malaysia). Dimana ke-3 juri tersebut merupakan formasi tetap dari dewan juri pada AMF rd.1 Yogyakarta yang lalu. Dan akhirnya Odhi pun berhasil duduk di peringkat ke-5 dari 18 peserta yang terdiri dari drifter rookie dan pro

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (22)Odhi pun tak menyangka akan bertengger di posisi ke-5 overall. Maklum saja dia merasa masih muda (17 tahun) dibawah para drifter-drifter lain yang secara notabenenya adalah mas-mas nya. Dan setelah pengumuman ranking dan nilai, para dewan juri pun mengumumkan best 16 beserta rekan tandem atau head to head nya. Dia pun mendapat jatah untuk melayani Adi Indiarto yang merupakan salah satu pembalap speed offroad.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (24)Well, sebelum masuk ke babak best 16 atau babak dimana penuh ketegangan antara 2 drifter yang akan side by side atau door to door. Yang dimana pada best 16 nanti Odie akan melawan Adi Indiarto. Ada kalanya kita ber chill out dulu di acara opening ceremony AMF Surabaya. Odhi pun berphoto dengan Ahmad Fadil yang akan sepiring berdua alias satu mobil berdua akibat Nissan S13 nya driveshaft nya lepas dan tak mampu melanjutkan babak qtt.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (25)And also with the ///Mecin Power a.k.a Evan Pratama, teman satu teamnya di Exclusive Achilles Radial.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (26)Baginya ini adalah pengalaman pertamanya bertanding di luar kota

AMF Surabaya 2015 rd.2. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (4)Apalagi bisa berkumpul dan drifting bersama teman-teman seperjuangannya dari kota Jakarta. Memberikan suasana dan semangat baru bagi dirinya. Maklum saja dari semenjak drifting pertama kali ada dan dipertandingkan di Indonesia, tempatnya hanya di kota Jakarta saja.

AMF Surabaya 2015 rd. 2 Surabaya. Perfourm.com.Bayu SulistyoOpening ceremony pun telah selesai. Dari fun mode Odhi pun beralih ke war mode untuk bersiap menghadapi Adi Indiarto di best 16

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (16)Odhi pun merasakan ketegangan yang bukan main ketika berada side by side dengan Adi Indiarto di garis start.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (44)Maklum saja ini ada event pertama nya setelah 1 tahun vakum dari dunia drifting

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (27)Namun begitu lepas dari garis start rasa grogi dan tegangnya pun langsung hilang ketika melakukan inisiate yang dimana di run 1 ini Odhi lead dan Adi chase. Namun sayangnya penyakit turbonya kembali kumat yaitu turbo nya lemah alias tidak ngeboost sehingga menyebabkan mobil cenderung under steer karena tidak mempunyai daya atau power untuk bisa membuang pantat atau bagian belakang mobil (over steer). Akibatnya Odhi pun harus berjuang di depan dengan kondisi mobil yang setengah NA dengan speed yang tidak tinggi dan angle yang kurang besar.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (28)Di beberapa titik Odhi kadang mendapatkan powernya kembali hingga bisa membuatnya bersideways ria dengan speed, angle, dan line yang cukup bagus. Namun beberapa saat kemudian penyakitnya pun kumat. Adi yang yang biasa bermain di lintasan speedoffroad alias grip juga terlihat sedang berjuang dengan Nissan Cefiro V8 nya untuk membuat mobilnya menjadi oversteer. Dan juga mengejar Odhi yang gap nya cukup lebar.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (30)Di run ke-2 dimana Adi lead dan Odhi chase keadaan pun mulai membaik di inisiate pertama. Dua – duanya pun tampak berdansa bersama melewati meja dewan juri di belakangnya. Namun Odhie pun mengakui bahwa dari 1st run nya tadi dia direpotkan oleh mobilnya sudah berubah menjadi mobil NA (natural aspirated) alias no boost, hingga membuat mobillnya menjadi under dan susah untuk di control.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (31)Puncaknya adalah ketika keluar dari tikungan dimana posisi mobil sedang benar-benar dalam angle yang cukup besar dan bersiap untuk switching, Odhi pun menyundul Adi dari belakang yang akhirnya membuat mobil Adi berputar. Selidik punya selidik ternyata Nafsu Odhi saat itu sedang tinggi-tinggi nya, namun tidak memperhatikan keadaan mobilnya yang sedang loyo turbonya

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (45)Dan berakhir sudah perjalanan Odhi di AMF Surabaya akibat insiden tersebut. Juri pun memberikan advantage kepada Adi Indiarto akibat kejadian body contact dari belakang tersebut. Langkah Odhi pun terhenti di best 16.

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (33)Walaupun gagal di best 16 akibat nafsu membaranya, Odhi pun tidak lantas bersedih. Baginya inilah motorsport, ada yang kalah dan menang. Apalagi mengingat dia sudah setahun tidak pernah menarik e-brake. Tapi yang namanya drifting haruslah fun, and that’s why malamnya sebelum final battle antara Ichsan dan Lucky Reza yang dimenangkan oleh Lucky Reza. Odhi pun kembali ke dalam cockpit Cefironya untuk bermain….Gang Bang.

Odhi AMF Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu SulistyoBagi  Odhi selain gang bang alias drifting secara beramai-ramai ini adalah menu wajib baginya. Dimana pada malam hari itu dia pun ber gang bang ria bersama Akbar Rais dan Farhan. Side by side..and door to dorr membakar habis ban yang ada di mobil mereka. Saya pun merasakan langsung seperti apa gang bang itu. Yang jelas lebih greget daripada hanya menonton JAV Idol.

Odhi AMF Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (2)“Tak ada yang lebih menyenangkan dari drifting selain bergang bang ria bersama teman-teman. Mengingatkan gw pada drift jalanan atau grassroots. Rasanya wild, young and free banget”

Odhi AMF Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (3)“ Drifting sendiri bagi gw yaitu menyalurkan hobby atau kesenangan atau bisa juga menyalurkan emosi dalam cara yang fun

Odhie AMF Surabaya 2015 rd.3.perfourm.com.Bayu Sulistyo (3)Dan yang jelas gw harus belajar menahan nafsu untuk gas pol” tutup Odhi.

 

-Bayu Sulistyo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!