TIMETOATTACK SEPANG! 2013 ROUND 1 – MALAYSIA

1516

time to attack sepang ! 2013 round 1 (85)

Everything happen for a reason atau kalo mau lebih tepatnya yaitu jodoh tak kan lari kemana.  Time Attack atau cabang motorsport baru yang beken dengan cepat-cepatan mengelilingi suatu circuit dalam 1 lap ini, menjadi pujaan hati saya selain drifting dan drag race. Setelah impian saya untuk meliput time attack di Sentul International Circuit Indonesia, tak pernah kesampaian. Saya pun malah diberikan kesempatan untuk bisa meliput event Time Attack yang jaraknya  a thousand  miles from home. Time To Attack Sepang 2013 round 1 yang diadakan pada tanggal 19 Mei 2013 yang lalu.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (9)

Ini adalah minggu ke-2 saya di Malaysia, jadi mau tidak mau lidah dan perut saya sudah mulai bersilahturahmi dengan makanan Malaysia. Pagi itu saya sarapan dengan kalo tidak salah Nasi hainan bebek dengan es teh yang bahasa gaulnya di Malaysia bernama Tea o ice.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (3)

Tak sengaja sewaktu saya sedang breakfast, sekumpulan Godzilla pun parkir di food court tempat saya breakfast.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (7)

Tapi Nissan GTR R35 yang terkenal dengan trademark Godzilla atau Gundam look like ini, terlihat so made in USA dengan Superhero asal Negara Uncle Sam ini. Yang satu ini call Iron man GTR

time to attack sepang ! 2013 round 1 (5)

Hijau. Anda pasti tahu superhero mana yang mempunyai livery berwarna hijau ini, asal bukan kolor hijau saja. Lol

time to attack sepang ! 2013 round 1 (6)

Mean green, mean Hulk. Love the Hulk airbrush on the hood. Yah bisa jadi mesin VR38DETT nya mempunyai strength atau kekuatan layaknya seperti Hulk yang sedang roaring dengan tenaga sebesar. Dengan tenaga sebesar itu Anda bisa crushin mobil apa saja yang Anda temui di jalan dan circuit.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (4)

Nice rims.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (8)

Dan saya pun berkempatan berkenalan dengan para GTR owner Malaysia yang biasa nongkrong di ATS Automobile garage

time to attack sepang ! 2013 round 1 (11)

Setelah menyantap hidangan breakfast plus lunch, saya pun naik taksi menuju ke Sepang International Circuit yang jaraknya sekitar 1 jam dari kawasan Sunway. Hujan mengiringi langkah saya ketika keluar dari daerah Sunway, saya sempat sedih karena takutnya di Sepang juga hujan. Karena jika hujan saya tidak bisa memphoto. Just for your info, jika Anda naik taxi ke Spang, normally biayanya adalah 50-70 RM (Ringgit Malaysia) dari Sunway atau kota Petaling Jaya. Biasanya ada supir taxi yang semaunya mematok harga 100 RM bahkan lebih (1 RM = Rp. 3.100). Saya pun pergi menuju ke Sepang dengan perasaan sedih, karena The Tiger tidak bisa mengikuti event Supercar Fun Drag Racing.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (48)

Setelah 1 jam perjalanan dari Sunway, saya pun tiba di Circuit kebanggaan orang Malaysia ini. Dan Alhamdulliah saya pun disambut dengan cuaca yang terhitung sangat cerah sekali. Karena terburu-buru (saya tiba di lokasi jam  15:00 an), saya pun tak sempay memphoto acara epic stance yang digelar di parking lot belakang Sepang. Tapi saya menemukan 3 buah old school box car racer ini sedang beristirahat setelah bergymkana ria.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (27)

Ah…guess who’s back with a new car FT86? The Tofu boy aka Takumi Fujiwara. Sayangnya rimsnya tidak menggunakan RS Watanabe 8 spoke seperti AE86 nya.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (12)

Sampailah saya ke meja panitia acara Timetoattack Sepang! Untuk melaporkan ready for duty

time to attack sepang ! 2013 round 1 (123)

Karena mereka tahu saya dari Indonesia, official acara yang diadakan oleh zerotohundred.com ini menerima saya dengan hangat. Dan mempersilahkan saya untuk bertemu ketua panitia event ini, yaitu Angeline. Angeline pun menyambut saya dengan hangat dan memberikan saya Media pass serta 1 buah goodie bag yang berisi majalah, t-shirt, dan sticker. Thanks lah. Tapi dia juga bertanya where’s the Tiger? Dan saya pun berkata The Tiger can not join this event.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (16)

Time To Attack Sepang! Merupakan acara rutin tahunan yang diadakan oleh Zerotohundred.com, sebuah webiste otomotif yang cukup berpengaruh di Malaysia. Dan yang specialnya lagi round 1 ini, diadakan bertepatan dengan peluncuran Zerotohundred magazine edisi 1 atau 1st issue. Akhirnya setelah 10 tahun di dunia maya, mereka bisa kita pegang di tangan kita. Terdengar cukup berani untuk membuat nyata sebuah website, dimana banyak media cetak yang pada k.o atau kolaps gara-gara cost productionnya tinggi dan tko melawan media online. Jujur saja, saya sendiri pun punya impian membuat nyata Perfourm.com menjadi sebuah majalah. Kapan? Heaven knows guys…heaven knows.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (78)

Jika si Superhero Silver Surfer sudah bosan pusing-pusing (jalan-jalan) dengan papan seluncur nya,mungkin ini adalah mobil daily usenya. Godzilla with chrome stickers.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (62)

Hey I meet you again Silvia. Ya, ini adalah Silvia S15 dari Garage R Singapore yang pada tahun lalu saya sempat memphotonya di bengkel Garage R Singapore bersama teman saya Erik Ie. Sepertinya mobil ini bertambah kekar saja. Sayangnya saya tidak bertemu dengan Lester Wong sang owner Garage R Singapore. Jika saya bertemu lagi mungkin saya akan dibuatkan a cup of  hot cappuchino tuned by Lester Wong.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (63)

Engine nya masih terlihat sama seperti tahun lalu. Masih 500 hp  SR20DET under the hood.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (14)

Anda tahu betapa saya fall in love dengan yang namanya RWD atau rear wheel drive car. Di tengah banyaknya Honda boys dengan Honda Civic Type R FD2R, ternyata masih ada Nissan Silvia S13 yang digunakan untuk time attack.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (15)

Wrong fitment I guess.  Saya selalu jatuh cinta dengan mobil RWD yang bodynya sudah dimelarin dengan wide body, hingga terlihat kekar. Dan tentu saja wide rimsnya. So sekseh.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (18)

Setelah beberapa menit saja saya tiba di lokasi, ternyata babak penyisihan time attack sudah selesai, dan berganti dengan acara Super car fun drag race. Dan Anda tahu apa arti kata Super car di sini, super car, super engine, super performance, super look, dan tentu saja super expensive. Dari kubu continental atau European car seperti biasa diwakili oleh wide-body SL55 AMG dan  Ferrari 360 Challenge Stradale

time to attack sepang ! 2013 round 1 (25)

Dari kubu Japanese car sendiri, hanya diwakili oleh the one and the only Nissan GTR R35 aka The Godzilla. Ini lah alasan pihak Nissan membangun mobil seharga 2 Milyar ini, untuk bertarung melawan super car dari benua Eropa dan Amerika.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (20)

Dan satu persatu super car tersebut line up di garis start. Bukan pemandangan biasa yang sehari-hari kita bisa lihat, it’s Godzilla on parade

time to attack sepang ! 2013 round 1 (23)

Welcome to the heaven guys. Sangat di sayangkan The Tiger tidak bisa join Super Car Fun Drag Race.So Sad to hear that guys.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (22)

The Drag King of The Day , dari team Neverland dengan  McLaren MP4-12C yang mampu mencetak waktu 10.42 secs

time to attack sepang ! 2013 round 1 (24)

Well..so far yang saya lihat mesin 3.8 lt VR38DETT yang stocknya mampu menyemburkan tenaga sebesar 500 hp, mampu melesatkan Godzilla dan meninggalkan super car Eropa lainnya dari terhitung garis start. Kali ini korbannya adalah sebuah Ferrari 458

time to attack sepang ! 2013 round 1 (21)

And trus me, sangat amat menyenangkan bisa melihat the Mighty Godzilla saling head to head di lintasan sepanjang 402 m Sepang international Circuit Malaysia.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (29)

Dan juga terlihat betapa powerfullnya mesin 3.8 lt V6 VR38DETT di depan mata kita.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (26)

Tapi mobil dari pabrikan Jerman pun tak tinggal diam, mesin AMG extra 2 pistons (V8)  pun  tampak  begitu powerfullnya pada Mercedes Benz SL55 AMG. Bhakan mampu mengalahkan the prancing horse beberapa meter sebelum finish.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (28)

Siapa bilang 4 door sedan saloon tidak bisa berlari kencang?Buktinya  Mecedes Benz E63 AMG performance package dengan mesin 549 hp V8  5.461 cc twin turbo bisa berlari dengan kencangnya. Dan sekali lagi..gemuruh khas mesin V8 AMG..roarrr…time to attack sepang ! 2013 round 1 (30)

Setelah acara Supercar Fun drag race selesai saya pun kembali menuju ke pit, untuk berburu Godzilla. Dan ternyata saya berada di sarang Godzilla. Lebih dari 20 GTR berada di dalam pit ini.  Great Scoot !!!

time to attack sepang ! 2013 round 1 (31)

Lanjut setelah  acara Super car fun drag racing, race pun kembali dimulai dengan Time Attack European Car. Dan jujur saja saya baru pertama kali ini liat mobil 2 door dari pabrikan Perancis ini, Renault Megane RS250. Sebuah sedan hatchback yang dibekali dengan mesin 265 ps 1998 cc DOHC 16 valve Turbocharged.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (33)

Satu persatu mobil pabrikan Eropa ini pun line up di pit line menunggu lampu hijau dari race control untuk masuk kedalam circuit.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (32)

Meet Akina Teo from Kuraz Motorsport with his little tiny winy bike. Well Akina tampaknya sudah bisa pusing-pusing (jalan-jalan)  di  Sepang dan mempersiapkan diri untuk time attack dengan EK9 nya. Maklum dia merupakan salah satu official Super car fund drag racing yang baru saja diselnggarakan tadi.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (36)

Well..well..guess who’s here? It’s the lady drift Leona Chin from team Ultra Racing with her  new race car, Porsche Cayman s, and new sponsor.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (35)

Damn..Leona look so damn hot with that Simpson Diamondback helmet. Seperti biasa, saya meminta Leona untuk berpose. Dan pembalap wanita sembalap (sembarang dibalap, gymkhana, drift, touring, dan time attack) ini berpose ala Tiger. Dan yang jelas suaranya bukan roaring atau mengaum, tapi malah “meow”. Lol.  Padahal Alpinestar glovesnya sudah seperti tangan macan atau tiger.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (38)

Wanita yang memulai di dunia motorsport dengan Nissan Silvia RPS13 untuk drifting ini, mulai memacu memacu Porsche Cayman S nya dengan sangant kencang sekali, meskipun yes it’s stock engine and car . Lalu brake untuk memasuki R1 (tikungan pertama)

time to attack sepang ! 2013 round 1 (37)

Menuju S downhill

time to attack sepang ! 2013 round 1 (40)

Lalu menghilang di balik bukit bendera Malaysia. She’s so fast. Namun belum cukup cepat untuk bersaing di GT Cars. Leona Chin hanya mampu berada di posisi ke 7 dari 8 peserta yang semua nya pria dan menggunakan fully tuned European car. Best time nya adalah 02.56.053 detik. Sekitar  -22 detik dari the champion Tengku Djan Ley.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (41)

Dibelakang Leona Chin ada sebuah BMW E36 M3  berwarna putih yang melakukan sedikit aksi sideways di R1, setahu saya hanya ada satu pembalap yang terkenal melakukan aksi sideways dan grip sewaktu circuit attack. Siapa lagi kalo bukan The Dorikin Keiichi Tsuciya. Tapi, lupakan soal si Dorikin, karena kita sedang berada di Malaysia. So Anda bisa menebak siapa melakukan aksi sideways yang singkat, namun tetap mempunyai speed untuk keluar dari R1 ini.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (113)

Meet the Prince of Drift atau DK nya Malaysia, Tengku Djan. Setelah beberapa hari yang lalu saya hanya sempat melihat S13 nya di dyno di kawasan Sunway,tapi today saya bertemu dengannya dan melihat aksi drift attacknya pada cornering yang seharusnya dia lakukan dengan  grip mode. Mungkin next time saya bisa memphotonya beraksi dengan S13 nya di Formula Drift. Dan pada race kali ini, Tengku Djan dari team X1R keluar sebagai juara 1 dikelas GT Cars dengan BMW E36 M3 nya dengan catatan waktu 02.33.2576 detik. Grip +  Drift Attack = Champion !

time to attack sepang ! 2013 round 1 (58)

Gemuruh mesin B, F, dan K series pun mulai meraung dimana-mana. Setelah European class, waktunya untuk Natural Aspirated. Dan Anda tahu siapa pasukan NA yang paling banyak di sini atau di dunia , none other than Honda Boys. Love that S2000 with J’S Racing body kit

time to attack sepang ! 2013 round 1 (45)

Satu persatu Honda boys pun line up di pit lane untuk menunggu green light dari race control. Mulai dari DC5, FD2R, AP2,  CL7, EG6, dan EK9. Semuanya ada disini. Dan Malaysia adalah surganya untuk Type R, terutama FD2R.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (65)Ada pembalap yang tegang sewaktu menunggu green light untuk memasuki track

time to attack sepang ! 2013 round 1 (43)

Namun ada juga yang chill out.time to attack sepang ! 2013 round 1 (47)

Race pun dimulai. Dengan dimulai dengan melakukan warm up di lap 1, lalu time to attack di lap 2. Seketika Sepang Circuit tampak seperti Honda one make race. Berbagai macam mobil pabrikan Eyang Soichiiro Honda ini saling berebut mencetak sebagai the fastest of the day. Mereka semua diberikan 25 menit  untuk melakukan hot lappin atau time attack dalam 1 sessions. Jujur saja ini jarak terjauh yang bisa saya capai dengan kamera Canon 55oD dengan lens kit standartnya.  Sementara para photographer yang laiinya memakai gear diatas 60D dengan lensa yang lebih mirip seperti bazoka atau machine gun. And here i’am with my lil cricket camera.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (55)

Taj Madira dengan EG6 nya keluar sebagai juara k-3 di kelas Super Street NA-FF dengan catatan waktunya 02.34.258 detik.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (52)

EK9 dari the hottest Honda Boys club in Malaysia, Pentagon. Chris Tan dari Pentagon dengan EK9 nya berhasil keluar sebagai juara ke-2 di kelas Street NA-FF dengan catatan waktunya 02.35.221 detik.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (51)

Alan Wong dari Pentagon dengan FD2R nya berhasil meraih podium juara pertama di kelas Super Street NA-FF dengan catatan waktunya 02.31. 340 detik.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (53)

Dan Honda S2000> Dan saya tidak tahu siapa orang behind the wheels.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (54)

Dari kubu Toyota juga tidak mau kalah dengan menurunkan the legend yang pernah berjaya di tahun 80’an, tak lain dan tak bukan Hachiroku atau AE86.  Michael Liew dari Team Craft Motorsport hanya berhasil menduduki posisi ke 9 di kelas Street NA-RWD  dengan catatan waktunya 02.59. 539 detik . Sepertinya si Takumi sudah bergabung dengan tim balap Red Suns.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (57)

Dan juga mobil baru dari anak si bakul tahu, yaitu Toyota FT86.  Kenny Lee dari team Wing Hin Motorsport keluar sebagai juara ke 3 di kelas Street NA-RWD dengan catatan waktunya 02.39.539 detik

time to attack sepang ! 2013 round 1 (59)

Selesai race Natural Aspirated class, sayapun kembali pusing-pusing di daerah pit Sepang Circuit. Dan saya menemukan sebuah Z33 atau 350Z yang body silvernya diberikan accent atau vocal point pada stripping berwarna orange. Simple tapi manis lah.time to attack sepang ! 2013 round 1 (60)

Di atas mobil Z33 tersebut terdapat Helm beserta HANS nya milik the man behind the wheels, Torres Christian Georges dari team N1 Racing yang hanya mampu berada di posisi ke 5 di kelas Super Street NA-RWD dengan catatan waktunya 02.37.704 detik. Saya memang paling suka untuk memphoto helmet para pemabalap, karena helm tersebut menurut saya sesuatu yang bersifat pribadi dan juga sekaligus seni. Anda bisa tahu taste atau history seorang pembalap dari sini.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (75)

The sickest Scoobie,  Team LTM 9tro Subaru Impreza WRX STI GD. With tons of aero kit, sticker, and horse powa.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (68)

Dan orang yang berada dibalik STI ini ada Gerald Tan dari Singapore.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (69)

Dan karena mobil ini tergabung dalam 9tro team, sayapun mencari big boss nya 9tro yang terkhir kali saya bertemu  dengannya pada tahun 2011 di Jakarta. Saya pun menemukannya di belakang pit. At last we meet again brotha…

time to attack sepang ! 2013 round 1 (67)

Well siapa bilang mekanik di dominasi oleh kaum pria. Saya pun menemukan gadis ini sedang mengganti ban mobil Renault Megane RS250

time to attack sepang ! 2013 round 1 (116)

Sepang International Circuit bisa di bilang sirkuit yang cukup panas. Letaknya yang berada di bawah garis khatulistiwa, sudah menajdi jaminan untuk bisa membuat mobil dan drivernya mencapai titik boiling dan over heat. Suhu pembalap yang memakai race suit lengkap pun bisa mencapai 38 degrees  bahkan lebih , dan suhu di track sendiri mencapai 60 degrees dengan tingkat kelembapan sekitar lebih dari 75 persen.  Padahal mereka harus melalui sirkuit sepanjang 5.548 km. Spa or sauna sir?

time to attack sepang ! 2013 round 1 (61)

Right or left guys? club Neverland pit.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (66)

Atau kalo McLaren MP4- 12c dan Porsche Cayman belum bisa memuaskan Anda, bagaimana dengan limited edition The DMC  Lamborghini Aventador LP900-SV 50th Anniversary of Lamborghini kit. Dan yang specialnya lagi mobil ini adalah nomor 1 dari 10 kit  yang dibuat oleh  DMC Germany. Rules nya sangat gampang, kit yang tidak bisa Anda dapatkan dengan cukup menggesek credit card Anda ini, harus melalui persetujuan oleh team DMC mengenai mobil, lokasi, owner danwarna mobilnya sesuai dengan “10 of 10” kit kriteria. Dan setiap kit hanya akan tersedia dalam 1 bentuk atau hanya untuk satu body Lambo. Kita tak akan pernah melihat kit ini ada kembarannya, kecuali kalo ada orang gila yang mau mengcopy pastenya. Dan yang agak nylenehnya, menurut DMC, anda haruslah seorang yang mempunyai DMC’s regular Molto Veloce kit sebelum Anda bisa memiliki LP900 SV limited Edition Kit seharga 25,000 euros atau sekitar Rp.325.ooo.ooo (1 euro=Rp.13.000). Kalo ingin naik ke stage 2, maka Anda harus menyiapkan dana sebesar 35.000 euros (for only the front and rear bumper). Great scoot!!

time to attack sepang ! 2013 round 1 (73)

Lalu  masuklah kita ke Supercars dan GTR class, dimana para pesertanya disi oleh super car yang sekilas kalo kita lihat seperti sedang menonton mini Super GT. Arthur Lo/Shaun Yip dari team Ascendant Motorsport keluar sebagai juara 1 di kelas ATS Automobile GTR class dengan catatan waktunya 02.21.976 detik. And this is the fastest car of the day.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (71)

Sedangkan GT Auto dengan GTR nya hanya mampu bertengger di posisi ke -4 dengan catatan waktunya 02.25.152 detik dengan Raymond Liew yang berada behind the wheel.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (72)

McLaren MP4 -12c dari club Neverland ini berhasil mencetak waktu 02.24.848 detik dan berhasil mengantarkan Jason Tan menjadi yang tercepat atau juara 1 di kelas Club Neverland Supercars.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (76)

Super car class pun telah usai, waktunya saya pusing-pusing lagi di area pit. Kali ini saya tertarik untuk mendatangi area sekitar hall of fame. Banyak orang baik pengunjung ataupun peserta time to attack Sepang! Yang melakukan photo di balik hall of fame tersebut. Dan saya pun menjadi tukang photo keliling mereka.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (77)

Supaya saya bisa juga di photo seperti mereka. Lol

time to attack sepang ! 2013 round 1 (79)

Meet Ms. Angeline Lee sebagai Ketua panitia acara Time To Attack Sepang! yang menerima saya dengan hangat dan memperbolehkan saya memasuki area waiting zone drag race yang tidak boleh dimasuki. And thanks  for the  goodie bag and the t-shirt Angeline.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (114)

Pialanya  Time To Attack sungguh super duper keren. Man.. I wish I got one lah. Dan para pemenang Time to attack Sepang akan mendapatkan voucher sebesar 450RM atau sekitar Rp. 1.395.000.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (13)

Sayapun kembali melanjutkan acara pusing-pusing saya di pit Sepang, dan karena dari tadi saya psuing-pusing terus sampai saya pusing. Akhirnya saya memutuskan beristirahat dan minum di pit yang di dalamnya berisi gabungan tim yang kalo saya bilang brotherhood. Ada ST Wangan, Millenium Motorsport Asia, Kuraz Motorsport, dan juga Looney Tuned. Dan saya sangat diterima disini, dan serasa seperti rumah sendiri. Bratha lah.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (81)

Ini adalah EK9 nya Akina Teo yang digunakan untuk bertarung di kelas  time attack machines 2000 cc below. But just for your info, Ek9 ini merupakan mobil teammates atau bukan mobil utamanya Akina Teo. EK9 milik Akina Teo ditabrak sewaktu mengikuti acara Saturday night fever semalam sebelumnya, yang menyebabkan EK9 nya mengalami kerusakan yang cukup parah. Bahkan saking besar impact atau benturan samping tersebut, Akina pun merasakan sakit pada leher nya sewaktu terkena g-force sewaktu memasuki tikungan sewaktu race.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (80)

Meet Akina Teo pembalap dari team ST Wangan daan Kuraz Motorsport. Orang yang sudah menjemput saya di pagi hari buta, dikala saya terdampar di KLIA airport, tanpa tahu siapaun di Malaysia, tanpa sim card handphone  Malaysia, dan tidak tahu siapa yang harus dimintai bantuan untuk menjemput (tim veory power sudah tidur semua). Tapi berkat update status saya di facebook yang terbilang curhat dan galau, saya pun mendapatkan perhatian dari Akina. Padahal hampir setahun saya berteman dengan Akina di FB tanpa ada chat atau komunikasi sama sekali (saya meng add dia karena dia pembalap Malaysia). Tapi tak disangka ksatria saya ini menjemput saya dengan kereta kuda besi Daihatsu Sirion milik istrinya pada jam 3 pagi. Thanks bratha, your  da man.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (82)

Race pun segera dimulai. Tampak Hugo yang merupakan salah satu teman satu team Akina membantu Akina memasangkan HANS pada pundak Akina.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (83)

Wink style from Akina Teo. Ah Akina main mata sama saya guys. Lol

time to attack sepang ! 2013 round 1 (84)

Tepat di sebelahnya Akina Teo ada Akzal Benyamin dari team Looney Tuned yang mengendarai Mitsubishi Evolution VIII yag bertarung di kelas Street Turbo-AWD. No full face helmet and no 6 or 4 points racing harness? No problemo.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (85)

Akina pun bergegas meninggalkan pit nya menuju pit lane.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (90)

Well sebentar lagi saya akan menyaksikan secara langsung Akina in action, bukan lagi di youtube. Yang katanya Leona Chin, Akina sering mengendarai EK9 nya hanya dengan satu tangan. Sedangkan 2 tangan hanya pada Spark Motorsport S15.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (89)

Tepat di belakangnya Akina, CT9A milik Akzal dari team Looney Tuned keluar dari pit.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (86)

Monster circuit lainya pun terlihat sedang bersiap-siap untuk memasuki track, salah satunya adalah STI yang bernama BatMan dari team LTM 9tro.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (87)

Dan meet the man behind the 9tro STI, Mr. Gerald Tan. Seorang pembalap terkenal dari Singapore yang sudah melalanglang buana mencicipi berbagai race car dan circuit di Asia dan Eropa.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (92)

Mr. Gerald pun membawa STI BatMAn  nya menuju area waiting zone. Love that body kit

time to attack sepang ! 2013 round 1 (93)

Dan seperti biasa, rival abadinya STI adalah Evo. Dibelakang Gerald STI ada CT9A yang hampir seluruh bodynya sudah diganti dengan carbon and GT Wing. Scoobiehunters.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (104)

Dibelakang CT9A ada CP9A atau evo VI.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (109)

Dan yang paling terakhir di antara rombongan evo ada Subaru impreza WRX STI spec C GD yang siap memburu Mitsu Kid. Evohunters! time to attack sepang ! 2013 round 1 (98)

Satu persatu peserta pun melesat untuk mencetak waktu tercepat dan terbaik di Sepang Circuit. Dari kubu Mitsu Kid atau evo pun saling berlomba mencetak best time nya. Dimulai dari CT9A milik Akzal Benyamin dari team Looney Tuned.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (99)

CT9A atau evo VIII

time to attack sepang ! 2013 round 1 (112)

CP9A atau evo VI milik Paul de costa  dari team MLOC yang berhasil mearih waktu  tercepat ke 8 dengan catatan waktunya 02.44.171 detik

time to attack sepang ! 2013 round 1 (105)Black mamba  CT9A.  it’s back to black

time to attack sepang ! 2013 round 1 (97)

Dan akhirnya CT9A atau evo IX yang full carbon

time to attack sepang ! 2013 round 1 (95)

Sementara di belakang Mitsu Kid,  ada scoobie boys yang memacu mesin boxer nya sekencang mungkin untuk bisa menyaingi mesin 4G63T nya evo.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (96)

Satu persatu evohunters ini memburu catatn waktu evo, salah satunya adalah Gerald Tan dari Singapore yang tergabung dalam tim  LTM 9tro. This is the sickest and the beast evohunters of the day. Gerald  berhasil keluar sebagai yang tercepat dan meraih podium yang pertama di kelas time attack machine 2000cc above dengan catatan waktunya 02.22.242 detik. Beda 1 detik lebih lambat dengan The fastest car of the day, Ascendant Motorsport GTR.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (91)

Ada juga Subaru Impreza WRX STI yang terlihat daily use car tapi performance nya seperti race car.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (102)

Rata-rata STI yang digunakan untuk time to attack ini adalah yang model GD, sedangkan versi GR hanya 2 unit, malah yang versi sedan nya atau GV tidak ada. Membawa nama besar Subaru pun tak lepas dari livery khas  mobil pabrikan Fuji Heavy Industries ini, warna biru dan livery khas Subaru World Rally Team.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (94)

Dari kubu RWD boys atau Nismo menurunkan Nissan S13 atau 180SX.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (110)

Dan yang pasti sangat susah sekali melawan gejala over steer pada setiap tikungan yang ada di Sepang , karena power tenaga mesin yang cuku besar hingga mampu membuat pantat mobil bergoyang. Love this Garage R S15.  Jansen Tan dari team HKS Garage R Singapore berhasil mencetak waktu tercepat ke-2 setelah rekan satu negaranya Gerald Tan dengan catatan waktunya 02.22. 441 detik .

time to attack sepang ! 2013 round 1 (111)

Rotary boys atau Mazda RX7 FD3S ini juga ikut bersaing dengan mobil All-wheel drive dan RWD lainnya. David Ho dari RX7 club Malaysia berhasil mencetak waktu tercepat ke- 2 dengan catatan waktunya 02.46.735 detik.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (100)

Sementara the lone langer  Honda boys Akina Teo dengan EK9 nya terus memburu monsta AWD dan RWD yang dipersenjatai dengan turbo kit. Sedangkan EK9 nya hanya dipersenjatai dengan 180 whp K20 2,0 Lt i-Vtec.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (103)

Walaupun hanya dipersenjatai dengan lil monster K series engine, Akina pun terus memacu mobilnya memburu setiap AWD dan RWD di setiap tikungan Sepang Circuit. Dan akhirnya Akina berhasil mencetak waktu tercepat dan meraih podium 1 di kelas Time Attack Machines 2000cc below dengan catatan waktunya 02.36.494 detik

time to attack sepang ! 2013 round 1 (83)

Ternyata benar juga kata Leona tentang kehebatannya Akina di circuit. Well done bro. Proud of you lah.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (115)

Saya pun kembali ke dalam pit dimana saya bisa melihat catatan waktu para pembalap yang sedang melakukan hot lappin

time to attack sepang ! 2013 round 1 (101)

Beberapa mobil pun masuk kedalam pit untuk melakukan pengecekkan tyre pressure sekaligus pembalapnya bisa time out atau beristirahat sebentar. Tampak Alif Hamdan salah satu pembalap Malaysia di Porsche Carrera Cup dan World Time Attack sedang memberikan saran kepada Akzal. Sementara Ken  Chang  dari team Looney Tuned sedang mengecheck tyre pressure pada CT9A nya. Basiclly Ken ini lulusan international Business, tapi skill nya hampir sama dengan pro mechanic. Saya bertanya kepadanya apakah di kampus bisnis diajarkan how to replace your oem shock absorber dengan coilover? Jawaban pria yang pacarnya orang Medan ini cukup simple “passion my friend…passion”.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (107)

Lalu Akzal dari team Looney Tuned pun kembali beraksi di lintasan dengan CT9A nya berhasil mencetak waktu tercepat dan meraih juara pertama di kelas Street turbo-AWD dengan catatan waktunya 02.38.003

time to attack sepang ! 2013 round 1 (122)

Inilah hasil dari pada time attack, bukan hanya drifting saja yang bisa membuat  ban Dunlop Direzza Star Spec terlihat seperti habis melakukan sideways action. Padahal ban semi slick ini terpasang pada CT9A milik Akzal. But remember no pain no gain, 1st place in Street Turbo-AWD.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (84)

Akzal Benyamin very very looney tuned

time to attack sepang ! 2013 round 1 (70)

Well..well..well.. look what I found here. Tampaknya Leona sedang asyik dengan iPhone nya untuk mengupdates status dan photo-photonya di Sepang.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (118)

Dari pada lady drifter ini cuma duduk di pojokkan pit sambil autis, lebih baik saya mendayagunakan dia untuk photo session. Maklum saya belum punya photo wanita yang punya anjing piaran bernama Bubu dan hobby wisata kuliner  ini dalam race suit nya. Saya suruh  pose dengan muka serius ala pembalap, yang ada saya malah dikasi muka meledek. Hadeh…. Di belakang Leona adalah new weapons BMW E60  milik Leona yang sudah dipersenjatai dengan 280 hp  VH45DE V8 engine untuk drifting dancircuit attack. I think she’s hot with that Alpine star race suit.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (117)

Saya pun membalasnya dengan memphoto 4×6 nya yang tampak terlihat cupu sekali. Rambutnya tampak terlihat seperti orang memakai wig.cute lah.lol

time to attack sepang ! 2013 round 1 (121)

Leona pun kembali berpose ala Michael Jackson, so I call her Leona Jackson. Love that Simpson diamondback helmet.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (119)

Dan yang menemani saya dalam photo session itu adalah Dennis yang juga berasal dari team Kuraz Motorsport, ternyata tugas nya sama seperti saya, yaitu dokumentasi

time to attack sepang ! 2013 round 1 (120)

Jujur saja tahun lalu saya ingin bertemu dengan Leona di Gymkhana HIN Surabaya, but somehow saya mendapatkan tugas liputan di Pekanbaru pada hari yang sama. So I cant meet her. Tetapi setahun kemudian saya bertemu dengannya di negara asalnya Malaysia for 2 weeks, photo together, and eat the best burger leleh atau bakar in town. Xie xie for tyhe how che sing cing ping burger lah.lol

time to attack sepang ! 2013 round 1 (124)

Setelah photo bareng dengan Leona, sayapun meninggalkan Sepang Circuit dan meilhat logo Sepang F1 Circuit untuk yang terkahir kalinya. Ya sembari saya melihat nama itu, sayapun berdoa.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (125)

Semoga someday, saya bisa kembali lagi ke Circuit kebanggaan orang Malaysia ini. Mungkin dengan mobil atau pembalap dari Indonesia lagi? And meet my bratha in racing  again. Heaven knows my friends…heaven knows.  Amin.

 

 

-Bayu Sulistyo |Nyonk|

 

*Like us  on our Facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

Comments

comments!