#RIOHARYANTOF1: INDONESIA MENUJU F1

Rio-Haryanto F1All right guys. Siapa yang ingin ada pembalap Indonesia di Formula 1? Saya yakin 100 % Anda pasti langsung menjawab ingin. Apakah Anda ingin melihat pembalap kebangsaan Indonesia berada dalam starting grid, disebutkan nama dan negaranya oleh komentator F1 di tengah siaran langsung, dan naik ke atas podium kemenangan dengan sang saka Merah Putih berkibar yang di iringi dengan berkumandangnya Indonesia Raya. Semua yang saya sebutkan tadi atau mimpi Anda tadi bisa terwujud, dan sedang dalam proses menjadi kenyataan. Rio Haryanto, seorang pembalap muda asal kota Surakarta atau Solo ini selangkah lagi bisa berada didalam cockpit sebuah Formula 1. Namun 1 langkah bagi Pembalap muda yang berusia 22 tahun yang saat ini tergabung dengan team Campos Racing di GP2 Series (1 level di bawah F1) untuk bisa bergabung dalam Manor F1 team begitu berat dan sangat mahal.  Rio harus menyetor  budget yang cukup besar, yaitu sekitar 250 – 400 Milyar/tahun. Jelas sangat besar, ingat ini F1, rantai teratas dalam rantai makanan atau piramida motorsport roda 4.Sebuah mobil balap yang teknologinya sama dengan pesawat lur angkasa NASA (1 mobil seharga 125 milyar rupiah), dengan kegiatan sirkus keliling dunianya hingga mencapai 19 race/musim (per tahun). Sementara ini sponsor utama Rio hanya Pertamina, dan dibantu dengan Garuda Indonesia dan Kiky belum bisa menutupi  harga yang ditawarkan oleh Manor F1 Team tersebut.

Rio-Haryanto-menuju-F1Untuk urusan prestasi, pria yang sudah mulai mengharumkan nama Indonesia di pentas internasional semenjak berusia 6 tahun bisa dibilang cukup membanggakan. Dari 9 dari 11 race GP2 Series 2015 ini, Rio berhasil naik podium sebanyak 5 kali, 3 diantaranya adalah podium 1. Dengan kurang 2 seri lagi, Rio berada di posisi ke-3 umum dalam pengumpulan point GP2 Series 2015. Oleh karena itulah Rio dilirik oleh Manor F1 team. Padahal Anda tahu sendiri di F1 hanya terdapat 11 team saja dengan masing-masing team hanya punya 2 kursi. Dan lebih parahnya lagi setiap tahunnya paling banter hanya 1 atau 2 pembalap baru yang bisa duduk dikursi itu. Atau bahkan semua kursinya sudah sold out alias terisi, dengan kata lain tidak menerima pembalap baru.

rio-haryanti-official-fanpage-fb Rio Haryanto sudah meminta dukungan kepada Presiden Republik Indonesia, yaitu Bapak Joko Widodo. Dan Responnya juga positif yaitu Beliau mendukung Rio untuk maju ke F1. Namun sampai saat ini belum ada hasilnya. Just for your info guys, biasanya diluar sana pembalap F1 dibantu atau di dukung oleh negaranya tersebut. Bagaiamana dengan Anda? Anda juga bisa membantu langkah Rio menuju ke F1 dengan membantu berdonasi atau menyumbang untuk membooking 1 seat di team Manor F1 untuk Indonesia bisa datang langsung ke situs www.kitabisa.com/IndonesiaF1. Walaupun masa penggalangan dana sudah berakhir Sabtu (31/10/2015) yang lalu dan baru terkumpul dana Rp 71.268.816. (dari 250 Milyar), namun deadline  tim Manor Marussia  diundur dua atau 3 minggu lagi. Jadi ini adalah kesempatan kita untuk melihat pembalap Indonesia, kesempatan yang mungkin tak datang untuk yang ke-2 kalinya. Ya meskipun kita tahu balap mobil atau F1 tidak sepopuler, seheboh, dan sefanatik bulu tangkis dan sepakbola, tapi setidaknya berikanlah kesempatan untuk pembalap muda ini membawa nama Indonesia di balap Formula One yang mungkin kesempatan ini tak akan datang lagi bagi Indonesia.Kita mungkin sudah pernah gagal menjadi tuan rumah F1 pada tahun 90’an (Sentul Circuit), kini waktunya kita punya seorang pembalap F1 Indonesia untuk yang pertama kalinya.  Kita semua tahu racing itu kejam karena membuat dompet kita terlihat seperti jurang. Motorsport adalah cara paling gampang merubah uang menjadi suara, semakin banyak uang yang Anda keluarkan, semakin kencang dan larinya mobil Anda (paling mahal F1). Jika memang uang tersebut berubah menjadi suara dan asap, maka setidaknya suara dan asapnya mampu mengharumkan nama Indonesia dan mengumandangkan Indonesia Raya  di pentas dunia. I N D O N E S I A    R A Y A !

Untuk berdosasi dan info lebih lanjut bisa membuka di link berikut ini

www.kitabisa.com/IndonesiaF1

Note : Setiap 1 rupiah yang Anda sumbangkan , Akan membuat 1 langkah maju Bangsa Indonesia menuju ke dalam cockpit F1.

 

Photo : Rio Haryanto official fanpage (FB)

Sumber berita : Berbagai sumber (kompas.com, bola.com)

 

-Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!