IIMS 2015 : THE ABANDON SHIP

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (39)Habis manis, sepah dibuang. Itulah mungkin peribahasa yang tepat untuk menggambarkan keadaan sebuah Auto Show yang pada asalnya menjadi sebuah Auto Show terbesar se Asia Tenggara, dan menjadi primadona atau idol bagi setiap car enthusiast hingga ATPM untuk beramai-ramai membuat ajang tahunan ini ramai seperti pasar malam. Indonesia International Motor Show pada tahun ini tampak sangat amat berbeda dengan  tahun lalu akibat berpisah dengan Gaikondo ( Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) setelah dari tahun 1986 mereka bersama. Ibarat sebuah kapal, dia ditinggalkan oleh para penumpangnya, meskipun kapal tersebut tidak sedang dalam keadaan akan tenggelam. Namun sang capten yaitu pihak Dyandra Promosindo berusaha untuk mengembalikan pamor IIMS seperti tahun-tahun sebelumnya.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu SulistyoKebetulan saja sewaktu IIMS dan GIIAS 2015 diadakan, posisi saya waktu iti sedang ngetem di Jakarta akibat transisi setelah balap touring (ISSOM) menuju ke Sentul Drag Race seri yang lalu. Untuk yang pertama saya akan mengunjungi IIMS terlebih dahulu. Saya pun bertanya kepada mbah Google mengenai akses ke Jie Expo yang terletak di Jakarta Utara. Ternyata cara paling murah dan gampang menuju kesana adalah naik busway dari Kampung Melayu lalu turun di halte daerah Monas terus oper ke busway khusus ke Jie Expo atau IIMS yang rute ini khusus di buat untuk IIMS. Busway yang mengantarkan saya ke IIMS ini hanya di isi 4 orang, 1 driver, 1 petugas busway, dan saya beserta 1 penumpang.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (2)Dengan membayar tiket sebesar 40 ribu rupiah (hari biasa), saya pun mulai memasuki area hall JIE Expo. Biasanya atau tahun lalu ketika kita mulai masuk ke dalam area pameran, kita disambut oleh seorang SPG yang cantik. Tapi sayangnya pada IIMS kali ini, saya pun disapa oleh si Kitt dari film era 80’an Knight Rider. Basic dari smart car jaman bahula yang bisa berpikir dan ngomong ini adalah sebuah Pontiac Firebird buatan tahun 1986. Ini adalah konsep terbaru dari IIMS yang tidak hanya menghadirkan mobil baru saja, tapi menghadirkan mobil iconic dari film, motorsport, ataupun sejarah.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (3)Ketika saya melihat interior atau cockpit yang biasa di piloti oleh si David Hasselhoff, terasa seperti melihat sebuah cockpit Millennium Falcon yang dipiloti oleh si Han Solo dan si Chewbacca. Yang pasti si Kitt lebih unggul daripada si Millennium Falcon, karena si Kitt bisa ngomong dan bisa berpikir sendiri.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (14)Dan begitu saya masuk ke dalam hall utamanya yang biasa langsung amazing karena disambut oleh booth Honda yang head to head dengan booth Toyota yang dua-duanya sama-sama menjadi super saiya di event itu alias besar dan heboh. Kini sepertinya adem ayem saja, bahkan booth Honda yang biasa di handle langsung oleh ATPM nya yaitu PT. Honda Prospect Motor, kini hanya dihandle oleh dealernya yaitu Honda Jakarta Center. Melihat booth Honda ini seperti melihat booth Honda di ajang auto show di kota saya sendiri, yaitu Surabaya.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (4)Booth Toyota nya pun menghilang dan digantikan oleh booth the Avengers atau Garasindo yang berisi mobil pabrikan Jeep (USA), Alfa Romeo dan Fiat (Italia). Well seperti kali ini head to headnya bukan lagi antara JDM vs JDM lagi, tapi JDM vs USDM feat Italiano

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (5)Pasukan Alfa Romeo yang dibawa oleh Garasindo ini pun mengandalkan sport car bernama Alfa Romeo 4C. 4C ini merupakan sedan coupe small, lightweight, rear wheel drive sports car yang dipersenjatai dengan mesin 1.750 lt 4 cylinder turbocharged yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 240 hp. Kemampuanya bisa berlari dari 0 – 100 km/jam hanya dalam waktu 4,5 detik. Sementara top speednya mencapai 258 km/jam. Tapi sayangnya si mobil seharga 2 Milyar ini tidak dilengkapi dengan power steering dengan alasan supaya bisa diet (ringan) dan biar terasa sensasi berkendaranya. Alias biar seterong tangannya.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (15)Pabrikan Datsun pun ikut meramaikan hall A dengan sebuah Datsun GO Panca yang sudah di modifikasi pada sector eksterior dengan body kit, OZ rims, dan livery. Sementara pada interiornya tampak sudah mengalami weight reduction dengan adanya 6 point roll cage dan 2 bucket seat. Sepertinya mobil ini siap untuk bertarung di Indonesia Touring Car Championship atau ITCC di ISSOM pada kelas 1.200 cc (bertarung dengan Honda Brio, Mitsubishi Mirage, dan Suzuki Splash). Semoga saja..

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (16)Mungkin jika Anda sayang anak, Anda bisa membeli mobil Datsun Go+ supaya anak Anda betah dirumah dan tidak mengajak mandi bola di mall.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (17)Ford Motor Indonesia pada event kali ini juga menghadirkan amunisi terbarunya untuk bertarung di kelas compact car atau sedan kecil uatu the New Ford Focus. Tampilannya pun membuat saya takjub, alias terpesona ala Aston Martin. Kenapa begitu, coba saaja lihat dari head lamp dan juga grill nya yang kenal dengan Aston Martin DBSnya si James Bond. Tapi yang uniknya generasi ke-3 Ford Focus ini dipersenjatai dengan EcoBoost technology 1.5-litre turbocharged four-cylinder yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 148 dan 177 hp (Lebih besar daripada Honda Jazz yang hanya 120 hp) Dan ditawarkan dari Rp 403juta hingga 485juta.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (58)Di booth Mercedes Benz pun menampilkan beberapa line upnya seperti E 400 Estate AMG. Wagon premium dari pabrikan Jerman ini dilengkapi dengan AMG Sports body kit, AMG 18 inch rims, AMG brake kit sytem, full LED, atap panoramic, serta suspensi sport dengan RIDE CONTROL, dan tentu saja mesin 333 dk V6 dengan transmisi otomatis 7-percepatan 7G-TRONIC. Yang performanya 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,4 detik, top speednya pun mencapai 250 km/jam.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (56)Pada event auto show yang diadakan pada tanggal 20 Agustus – 30 Agustus 2015 yang lalu hanya mampu menarik 28 merek roda empat. Yaitu Alfa Romeo, Audi, BMW (Arys Auto Gallery & Alvin Motor), Chevrolet (Nusantara), Chrysler, Datsun, Dodge, Ferrari (Alvin Motor), Fiat, Ford, Honda, Harrier (Arys Auto Gallery & Alvin Motor), Hyundai, Isuzu (Autocipta), Jaguar, Jeep, KIA, Lamborghini (Alvin Motor), Land Rover, Lexus (Arys Auto Gallery & Alvin Motor), Mazda (Nusantara), Mercedes-Benz, MINI (Maxindo), MOPAR, Nissan, Porsche (Arys Auto Gallery & Alvin Motor), SRT, Suzuki (Sun Motor), Toyota (Astrido), Volkswagen. Yang dimana sebagian besar adalah dealer bukan APM (Agen Pemegang Merek). Sementara pada tahun lalu sebanyak 36 merek kendaraan (semuanya APM) ikut meramaikan IIMS 2014. Jadi bisa dibilang hijrah masal ke Gaikindo Indonesia International Motor Show 2015.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (54)Jadi saya merasa kesusahan mencari SPG cantik yang biasanya berhamburan di setiap mobil di booth-booth ATPM, kini terlihat condong menurun.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (13)Dan jika kita berbicara mengenai dealer, maka di IIMS 2015 ini yang muncul adalah dealer-dealer mobil mewah sekelas Ferrari dan Lamborghini bermunculan di hall A

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (57)Termasuk juga mereka memboyong mobil yang fresh from the oven dari pabriknya di Sant’Agata Bolognese, Italia. Yaitu sebuah Lamborghini Huracan LP 610-4 yang diberi label harga sebesar Rp 10 miliar (off the road)

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (11)Kurang puas dengan si banteng, bagaimana dengan sebuah kuda jingrak yang termasuk rare alias hanya diciptakan sebanyak 400 unit di seluruh dunia. Yaitu Ferrari Enzo. Sebuah supercar yang namanya berasal dari founding fathernya Ferrari, yaitu Enzo Ferrari. Rumornya ada 4 Enzo yang ada di Indonesia, itu dulu tapi tidak tahu sekarang.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (7)Belum puas dengan Enzo, lalu bagaimana dengan La Ferrari yang merupakan supercar Ferrari dengan teknologi hybrid KERS (Kinetic Energy Recovery System) yang teknologinya diadopsi dari mobil F1 Ferrari. Dan jumlahnya hanya 499 ekor didunia.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (9)Jika kita bilang ini adalah Supercar, maka dia super dalam segala hal. Mesin nya saja adalah sebuah mesin yang dicomot dari Ferrari 140 yaitu V12 6.300 cc yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 789 hp. Belum lagi didoping dengan KERS yang mampu membengkakkan tenaganya sebesar 161 hp menjadi 950 hp. 0-100 km/jam nya hanya butuh wakttu dibawah 3 detik, dan top speednya mencapai 350 km/jam. Superb….

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (19)Selain menampilkan mobil baru sejuta umat hingga super car yang limited edition, IIMS 2015 juga menampilkan beberapa mobil yang menjadi icon dalam sebuah film dari Hollywood atau pun Indonesia. Seperti muscle car yang diambil dari film Fast and Furious, yaitu sebuah Dodge Charger R/T yang menjadi mobil iconnya Dominic Toretto yang diperankan oleh Vin Diesel di Fast and Furious.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (20)Dodge Charger R/T versi Torreto merupakan Dodge Charger dari tahun 1970 yang sudah di tuning. Toretto menggunakan mesin V8 Supercharger + NOS yang dapat menghasilakn tenaga hingga 900 tenaga kuda. One last ride bro..one last ride..

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (47)Dari Dodge Charger R/T nya si Torreto kita akan beralih lagi ke Chevrolet Chevelle SS nya yang masih juga dari si Torreto.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (48)Sebenarnya saya lebih suka muscle car yang digunakan selain si Torreto dalam film Fast and Furious. Seperti muscle car idaman saya yaitu sebuah Ford Mustang GT 500 yang di juluki Eleanor dari fim Gone in 60 Seconds. This car is so Murican.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (40)Satu lagi muscle car favorit saya yang terlihat sedikit rebel. Yaitu Dodge Charger yang di juluki General Lee dari film Dukes of Hazzard. Lupakan menengenai Bo dan Duke dengan adegan drifting dan over jumpnya bersama the General. Yang jelas I want dat jumbo mambo red hot chilly blonde sexy Daisy Duke. Yeeehaaa….

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (49)Lalu ada GMV Vendura, sebuah Van pabrikan GMC dari tahun 1983 yang digunakan sebagai markas berjalan dari serial tv the A-Team.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (38)Well jika mobil the A-Team bisa berjalan, bagaimana dengan Ford Anglia 105E Deluxe yang tampil dalam film Harry Potter and The Chamber of Secret.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (23)Dari mobil si Harry Potter yang melawan you know who dengan genk kegelapannya, kini ada mobil si the dark knight alias Batman. Batmobile yang hadir di IIMS 2015 merupakan replika dari mobil yang digunakan oleh Michael Keaton sebagai Batman dalam film Batman (1989), dan juga Batman Returns (1992). Versi asli dari batmobile yang dipajang di IIMS ini merupakan mobil yang dimodifikasi oleh Anton Furst berdasarkan sasis mobil Chevrolet Impala

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (22)“ih takut..mobilnya mirip sama orangnya” Itulah kata-kata yang keluar dari mulut beberapa wanita ketika melihat mobil baru Dono dalam film Warkop DKi “Gengsi Dong” 1979. Mobil yang dibeli Dono yang merupakan anak juragan Tembakau yang terhormat di desanya tersebut adalah sebuah Pontiac Chieftain lengkap dengan modifikasi yang mereflesksikan si empunya atau Dono, yaitu gigi tongosnya.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (25)Jika biasanya di bagian outdoor dari hall Jie Expo di isi oleh MINI dan BMW (tahun lalu) beserta teman-temannya Optimus Prime (truck). Maka pada tahun ini saya lihat panitia berusaha untuk mengisi space yang kosong dengan mengundang beberapa komunitas dan bengkel modifikasi untuk mendisplay mobil terbaik dari mereka. Seperti sebuah Toyota Crown MS60 Coupe (1971 -1974) yang merupakan generasi ke-4 dari keluarga Toyota Crown

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (27)Disebelah Crown ada sebuah Chevrolet Camaro SS yang mungkin lebih familiar dengan sebutan Chevrolet Yenko. Jika Anda fans berat Fast and Furious anda pasti hapal dengan mobil yang dikendarai Paul Walker di akhir film ini. Yes guys, this is the car.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (28)Jika Anda penggemar custom car well, Anda mungkin jatuh cinta dengan VW Beetle atau kodok yang sudah di modif hot rod oleh builder asal kota Yogyakarta, yaitu Retro Classic Cycyle. Dan namanya adalah W Beetle Hot Rod The Cakil. Dan saya pikir mobil ini terlihat sangat amazing dengan detil dan modifikasinya yang tergolong simple namun trust me guys its complicated. Saya mau sekali mengendarai kodok ini jalan-jalan sore, dengan kacamata Rayben aviator, kaos putih polos, shorts, converse shoes, dan rambut dan jenggot serta kumis sedikit lebat. Rebel…

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (29)Tapi harus saya akui, saya kalah jauh atau T.K.O atau K.O dengan para orang tua yang memakai baju adat Jawa Beskap lengkap dengan blankon. Terlihat so.. swag.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (33)Di sebelah si kodok Cakil ada builder bernama Holiday yang mendisplay sebuah Ford yang beromakan Hot Rod dengan sentuntuhan rusty. Tapi ketika saya selidiki ternyata alirannya adalah Patina. Patina itu sendiri merupakan kondisi berubahnya warna (menjadi pudar atau bertambah gelap) dan penampilan suatu material (terutama logam) karena adanya pengaruh dari usia, tingkat oksidasi yang terjadi dan unsur senyawa kimia yang menjadi campuran logam (atau kayu) tersebut. Perubahan ini lebih dikarenakan pengaruh alami dan bukan dikondisikan. Karena itu Patina akan muncul pada barang-barang yang berusia tua.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (30)Selain seorang car enthusiast dan motorsport lover, saya juga suka dengan yang namanya custom bike. Bagi saya custom bike itu lebih keren, macho, dan berkarakter daripada Sport Bike ataupun Harley Davidson.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (31)Termasuk juga Elders Garage yang memboyong motor balap Honda CB77 yang tampangnya seperti belum pernah menyentuh lintasan sama sekali. Love it…

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (32)Bagi saya setiap personal yang mengendarai sebuah custom bike entah itu jap style atau café racer, mempunyai kepuasan tersendiri. Sama seperti jika kita sedang naik MINI Cooper yang selalu dandan stylish, maka mengendarai sebuah custom bike juga kita harus berdandan stylish tapi sedikit rebel.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (35)Di sebelah area tenda tempat 18 builder berada, terdapat sebuah tenda besar yang berisikan lapak-lapak para pedagang aksesoris mobil dan juga memorabilia nya. Seperti poster mobil ataupun mobil jadul

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (37)Hingga spare part mobil classic, pakaian, dan juga diecast.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (41)Salah satu mobil classic yang membuat saya horny adalah Austin Healey (1959-1967). Bentuknya yang bulat roadster dan classic membuat saya seperti a gentleman ketika mengendarainya. Terlebih lagi papa saya dulu pernah bercerita bahwa Eyang saya dulu pernah punya mobil ini karena diberi oleh orang Belanda yang sudah pulang kampung ke negaranya.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (50)Satu hal yang saya rindui atau kangeni dari IIMS semenkaj saya pertama kali menginjakkan kaki pada tahun 2012 adalah kue yang berbentuk seperti pie yang di dalamnya berisi daging sapi. Kue ini bisa di bilang menjadi jajanan mainstream di seluruh area IIMS, karena penjualnya tersebar di berbagai tempat.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (42)Pada kali ini IIMS tidak hanya memajang mobil baru, mobil classic, dan mobil yang pernah terlibat dalam film saja. Namun juga memajang mobil bersejarah di dunia motorsport Indonesia. Seperti mobil yang digunakan oleh Firhan Ali yang berlaga di Formula Asia. Mobil open wheel ini di lengkapi dengan mesin Ford 2.000 cc

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (46)Selain Firhan Ali, ada juga mobil Formula Asia yang pernah digunakan oleh Ananda Mikola

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (44)Lalu ada Mitsubishi Evo 10 tahun 2008 yang digunakan oleh Subhan Aksa dalam kejuaraan Asia Pasific Rally Competition

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (43)Dan akhirnya Indonesian Drag Race Record Holder (201 m dan 402 m ) Yaitu Holden Torana 1974 bermesin Chevy V-8 dengan kapasitas 7000 CC yang dipiloti oleh pembalap senior Robert Paul. Pada 201 meter, Holden Torana ini berhasil mencetak waktu 6,318 detik. Sementara di 402 meter pembalap asal Kanada ini berhasil membukukan waktu 9.278 detik. Dan masih bertahan hingga seekarang.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (53)Dan tak ketinggalan pula Koleksi mobil Presiden Indonesia (ke-1) Soekarno juga di hadirkan di hall A IIMS. Yaitu Cadillac Fleetwood Series 75 Limousine 1964, Chryler Windsor Limousine 1947, dan Buick Super 1949. Yang dimana kondisi mobil-mobil tersebut masih terawat dan original.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (63)Dan sedikit melihat keluar hall Anda bisa menyaksikan pameran alusista atau alat utama sistem senjata TNI (Tentara Nasional Indonesia). Anda bisa melihat empat jenis kendaraan perang yang dipajang yaitu Anoa, Bushmaster, Tank Leopard dan Tank Scorpio. Dan tentu saj Anda bisa menaiki dan berphoto bersama alusista kebanggan TNI tersebut.

IIMS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (61)Satu-satunya booth yang membuat langkah saya berhenti dan secara reflex mengambil kembali camera saya yang sudah bersemedi di dalam tas saya adalah booth Peugeot Scooters dengan ke-6 SPG nya yang memandangi saya ketika hendak keluar dari hall A. Mungkin mereka….ah sudahlah

 

-Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!