THE GRAND OPENING OF AUTOBACS INDONESIA (AUTOBACS AR HAKIM SURABAYA)

1679

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (18)

Autobacs Indonesia (Autobacs AR Hakim, Surabaya) secara resmi beroperasi di Indonesia pada tanggal 10 november 2015 yang lalu, yang secara tidak sengaja bertepatan dengan Hari Pahlawan. Yang dimana gerai pertama atau perdananya terletak di kota Surabaya bukan di Jakarta, yang secara tidak langsung merupakan kota pahlawan. Apalagi gerai pertama Autobacs di Jepang pertama kali dibuka juga di kota terbesar ke-2 di Jepang, yaitu Osaka, bukan Tokyo

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (7)Acara grand opening Autobacs Indonesia itu diadakan cukup meriah dengan mengundang beberapa tamu khusus dari rekanan Autobacs seperti perwakilan dari produsen produk dan juga pabrikan mobil dari Jepang. Dan tentu saja beberapa komunitas atau club mobil di kota Surabaya. Mulai dari Mitosi atau Mitsubishi Outlander Sport Indonesia.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (3)Pajero Indonesia One (PI1)

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (2)Immortal Auto Community

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu SulistyoSurabaya Euro Car Community atau SECC

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (6)Dan perwakilan dari Nuvolks Surabaya yang merupakan ex club dari Kevin Tanojo yang merupakan Manager Marketing dari Autobacs AR Hakim Surabaya. Dan juga club Mercedes Benz W211

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (9)Acara grand opening ini mengambil tempat dilantai 1 yang merupakan area pit atau service. Dimana area pit yang terdiri dari 3 car lift ini di sulap menjadi area grand opening yang dipenuhi oleh para tamu undangan, komunitas atau club mobil, dan juga media.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (8)Acara grand opening Autobacs Indonesia atau gerai pertamanya di Indonesia ini terhitung special karena dihadiri langsung oleh petinggi Autobacs Seven, Co. Ltd. yaitu Setsuo Wakuda, Representative Director and Chief Executive Officer dari Autobacs Seven, Co. Ltd. Naoyuki Koyama, Officer of Overseas Business Palnning Department Autobacs Seven, Co. Ltd. Yang juga dihadiri oleh Jusak Kertowidjojo, Presiden Direktur dari PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. Dan Willianto Husada, Presiden Direktur PT Autobacs Indomobil Indonesia

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (10)Sambutan pertama pun dibuka oleh Soetedjo Tanojo, selaku pemilik gerai Autobacs AR Hakim Surabaya

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (11)Lalu sambutan ke-2 dilakukan oleh Setsuo Wakuda dengan cara khas Jepang, yaitu memberikan penghormatan terlebih dahulu kepada para undangan

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (13)Representative Director and Chief Executive Officer dari Autobacs Seven, Co. Ltd ini pun memberikan sambutannya kepada undangan dalam rangka pembukaan Autobacs yang pertama di Indonesia yang sudah direncanakan dari tahun 2011.” Indonesia memang sebagai pasar yang amat menjanjikan potensi yang tinggi . Sesudah ini akan terus berkembang orang yang mampu memiliki mobil . jadi memang dilihat dari pemetaan itu kami memang menyadari bahwa kami masuk ke Indonesia sebenarnya terlambat, tapi daripada tidak pernah.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (14)Memang tiap negara punya warna sendiri-sendiri atau punya kebutuhan sendiri-sendiri yang dilihat dari kebutuhan otomotif, dan juga berapa uang yang orang mau bayarkan untuk otomotif itu tidak sama. Memang kali ini di Indonesia kami tidak membawa konsep dari Jepang, tapi kami membuat konsep baru yang sesuai dengan kondisi di Indonesia di abad ke-21. Jadi memang berbeda dengan konsep kami yang di Jepang (supermarket). Di Indonesia sendiri Autobacs lebih memberikan pendekatan secara personal kepada customernya.” Ungkap Wakuda san.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (12)Pada saat memberikan kata sambutan pada acara grand Opening Autobacs Indonesia Setsuo Wakuda dibantu oleh Djoni Sutanto, Direktur PT Autobacs Indomobil Indonesia yang menerjemahkan sambutan Wakuda san ke dalam bahasa Indonesia.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (15)Sambutan ke-3 pada sore hari itu diberikan oleh Jusak Kertowidjojo, Presiden Direktur dari PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. Kehadiran Autobacs di Indonesia sendiri tidak bisa dipisahkan atas peran serta group Indomobil. Dimulai dengan terbentuknya PT Autobacs Indomobil Indonesia, yang merupakan joint venture antara Autobacs Seven Co., Ltd, Jepang dengan PT Central Sole Agency, yang merupakan subsidiary dari PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. pada tanggal 22 Juli 2013

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (16)Setelah acara opening speech dari para petinggi Autobacs dan juga Indomobil, acara pun dilanjutkan dengan peresmian yang dilakukan secara simbolis yaitu pembukaan tirai logo Autobacs oleh Setsuo Wakuda, Representative Director and Chief Executive Officer dari Autobacs Seven, Co. Ltd. (kiri atas), dan Jusak Kertowidjojo, Presiden Direktur dari PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (kanan atas). Yang dilakukan secara bersamaan dengan pengguntingan pita yang dilaksanakan oleh Soetedjo Tanojo, selaku pemilik gerai Autobacs AR Hakim, Surabaya, diapit oleh Willianto Husada, Presiden Direktur PT Autobacs Indomobil Indonesia (kiri). Dan Naoyuki Koyama, Officer of Overseas Business Palnning Department Autobacs Seven, Co. Ltd. (kanan bawah)

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (18)

Dan akhirnya PT Autobacs Indomobil Indonesia pada hari Selasa, 10 November 2015, dengan resmi membuka gerai perdananya di Indonesia yang berlokasi di Jalan Arif Rahman Hakim 60, Surabaya. (Gerai Autobacs AR Hakim, Surabaya).

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (50)Gerai Autobacs AR Hakim, Surabaya yang bernuansa otomotif butik ini merupakan “Automotive Lifestyle Center” yang terdiri atas dua lantai. Yaitu lantai 1 sebagai area PIT Services, dan lantai 2 berupa gerai yang menyediakan aksesoris mobil, yang sebagian besar didatangkan dari Jepang. Dan Anda akan serasa berbelanja di mall bukan lagi di sebuah bengkel karena interior atau suasananya nya sangat mewah dan nyaman.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (46)Ada sekitar 7 tema di Autobacs Surabaya, yaitu Convenient Care , Mom & baby, Look Different, Her World , Cozy Long Drive, First Aid,  dan Basic. Dengan total varian nya mencapai 1200 varian dengan 9000 barang. Hendra dari Myb Racing team yang sering pulang pergi ke jepang sendiri cukup surprise akhirnya Autobacs bisa buka di Indonesia, terutama di Surabaya “Konsepnya berbeda dengan yang di Jepang, lebih nyaman dan mewah di Indonesia, kalo di Jepang lebih mirip supermarket. Dan juga kalo di Jepang racing parts nya lebih banyak” ungkap Hendra.

Autobacs Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (25)Produk-produk yang sebagian besar berasal dari Jepang, disajikan dalam beberapa tema yang diusung dari kehidupan sehari-hari orang Indonesia, untuk memudahkan pelanggan memilih barang, dan juga menambah wawasan akan adanya produk-produk baru, karena “Yang tidak kita pikirin, ternyata dipikirin dengan detail oleh orang Jepang”. Misalnya, untuk mereka yang akan bepergian jarak jauh, tersedia tema “Cozy Long Drive”,

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (48)Untuk mereka yang hobby membuat mobilnya tampak beda atau dimodifikasi, ada tema “Look Different”.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (31)Sedangkan untuk kaum wanita yang ingin mengekspresikan feminitasnya lewat dunia otomotif, tersedia tema “Her World” yang cantik warna-warni. Tak lupa untuk para calon ibu dan ibu yang berkendara dengan bayi/anak kecilnya, barang-barang yang dibutuhkan terkumpul di satu sudut “Mom & Baby” yang juga dilengkapi dengan Nursery Room yang nyaman dan bernuansa lembut.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (44)Autobacs Surabaya pun semakin berbenah dengan menambah beberapa parts aksesoris mobil yang sebelumnya tidak ada yaitu wheels atau velg yang letaknya bersebelahan dengan ban. Anda bisa menemukan O. Z Racing rims ori made in Italia di sini.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (38)Autobacs Surabaya (AR Hakim)  juga menyediakan alat peraga supaya bisa lebih menyakinkan kepada customer bahwa barang yang dibelinya adalah tepat dan berguna dengan melihat perbedaan pada alat tersebut. Seperti fungsi dari Soft99 Glaco yang berfungsi membuat pandangan Anda lebih jelas pada saat berkendara di tengah hujan lebat.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (62)Dan juga salah satu bagian khusus untuk menyambut musim hujan, yaitu Stay Clear in Rain (Glass Care) dengan berbagai macam parts, akseosris, dan perawatan kaca mobil Anda.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (47)Ada pula beberapa perlengkapan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) atau Emergency terbaru yang baru saj datang dari Jepang

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (28)Dan sebagai bentuk ucapan terima kasih Autobacs Surabaya kepada para tamu dan undangan acara Grand Lounching, Autobacs memberikan voucher belanja senilai Rp. 250.000,00 yang hanya berlaku pada hari itu juga. Para tamu dan undangan pun terlihat antusias untuk menggunakan voucher belanja tersebut untuk berbelanja di Autobacs Surabaya.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (30)Beberapa anggota Immortal car community dan juga Mitosi atau Mitsubishi Outlander Sport Indonesia tampak memborong beberapa produk perawatan untuk mobil mereka.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (20)Saya pun melanjutkan exclusive interview dengan ke-2 petinggi Autobacs Seven, Co. Ltd, yaitu  Setsuo Wakuda, Representative Director and Chief Executive Officer dari Autobacs Seven, Co. Ltd (kanan). Dan Naoyuki Koyama, Officer of Overseas Business Palnning Department Autobacs Seven, Co. Ltd. (tengah). Dengan di bantu oleh Djoni Sutanto, Direktur PT Autobacs Indomobil Indonesia yang membantu kami untuk menerjemahkan pertanyaan saya dan rekan media lainnya, dan juga jawaban Wakuda San.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (22)Suasanya interview pun menjadi lebih cair dan hangat ketika saya bilang kalo saya adalah penggemar balapan touring khas Jepang, yaitu Super GT yang dimana Autobacs bertindak sebagai sponsor utamanya. Wakuda San pun langsung menunjukkan photonya bersama para pembalap ARTA (Autobacs Racing Team Aguri), si dorikin atau drift king Keiichi Tsuchiya (sebagai team director ARTA), dan juga mantan pembalap F1 Jepang sekaligus Producer atau Team Principal dari ARTA yaitu Aguri Suzuki.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (23)Photo itu diambil di saat perayan ulang tahun Aguri San yang ke-55 tahun dengan sebuah b’day cake ala Autobacs Japan. Sugoi…

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (24)ARTA (Autobacs Racing Team Aguri) sendiri dibentuk pertama kali pada tahun 1997, dan langsung menggandeng Autobacs menjadi sponsor utama ARTA. ARTA sendiri dibentuk sebagai pusat pelatihan para pembalap Jepang untuk bisa menghadapi kompetisi sekelas F1. Team terbesar di Jepang ini pun berkompetisi di berbagai cabang motorsport seperti Formula Nippon, Super GT, Indy Racing League, All Japan Formula Three Championship, Formula Challenge Japan, dan Karting World Championship.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (25)Saya pun bertanya kepada Wakuda San , bahwa saya mengenal Autobacs sendiri dari motorsport yaitu Super GT (JGTC) dan D1 Grandprix. Apakah mungkin Super GT bisa juga di adakan di Indonesia? terlebih lagi balapan tersebut pernah mampir di Malaysia dan sekarang di Thailand. “ Seperti race yang besar itu karena biaya yang besar dan itu bisa terwujud jika ada support atau dukungan dari para pabrikan mobil seperti Toyota, Honda, dan Nissan. Malaysia sudah mulai mundur dari Super GT, karena sekarang manufacture nya berpusat di Thailand, karena itu yang berikutnya di Thailand. Dan di Indonesia sekarang pertumbuhan mobil baru 1 juta/tahun nah ini masih kurang. Kalo pertumbuhan mobil cepat, tentu saja merek-merek besar tersebut akan punya bisnis lebih besar lagi di Indonesia. Dan akan lebih gampang lagi untuk diajak kerjasama. Saat ini belum. Tapi tiap-tiap manufacture tersebut sudah membuka side manufacturenya di Indonesia, sehingga kedepannya Super GT mungkin sekali di adakan di sini setelah mereka besar dan dananya ada” Ungkap Wakuda San. Diakhir interview beliau pun berjanji akan memberikan saya merchandise atau goods nya ARTA. Arigato Gozaimasu Wakuda san.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (34)Selesai melakukan exclusive interview dengan Wakuda San acara dilanjutkan dengan makan malam bersama yang diawali dengan pemotongan nasi tumpeng yang dilakukan oleh Soetedjo Tanojo, selaku pemilik gerai Autobacs AR Hakim. Yang kemudian memberikan ujung atau puncak (potongan pertama) kepada Setsuo Wakuda, Representative Director and Chief Executive Officer dari Autobacs Seven, Co. Ltd

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (37)Dan juga sate ayam dan kelapa khas kota Surabaya yang menjadi menu makan malam bgi para tamu dan undangan.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (26)Autobacs memang tidak membawa konsep tokonya seperti yang di Jepang yang lebih condong tampilannya seperti supermarket. Tapi Autobacs  membuat sebuah konsep yang baru yang sesuai dengan kondisi Indonesia pada era globalisasi ini. Karena kedepannya orang Indonesia juga akan lebih mencari sebuah toko otomotif yang nyaman,aman, bersih, dan juga lebih mementingkan kepuasan konsumen (kualitas pelayanan) dalam berbelanja sehingga mereka akan datang lagi dan lagi. Itulah yang ditawarkan Autobacs selain produk-produk made in Japan yang berkualitas tinggi. Disamping itu Autobacs juga mempunyai misi memberikan edukasi ke masyarakat Indonesia mengenai produk otomotif yang berkualitas dan tentang cara perawatan mobil dan lain-lain.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (40)Untuk memeriahkan acara grand opening, pihak Autobacs pun mengadakan Shooping race yang diikuti oleh undangan yang terdiri dari berbagai club mobil di kota Surabaya dan sekitarnya

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (41)Pada Shooping Race kali itu setiap peserta yang terdiri dari 3 team yang berbeda ini diberikan masing-masing clue atau daftar soal yang berbeda. Dan total belanjaan mereka harus berjumlah maksimal Rp3.000.000,00. Peraturannya mendekati atau pas boleh, tetapi tidak boleh brake out atau bablas diatas 3 juta. Dan mereka hanya diberikan waktu sekitar 15 menit untuk mengumpulkan 8 produk senilai 3 juta tersebut

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (42)Dan semua tim pun siap berbelanja memenuhi keranjang mereka.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (43)Ke-3 tim tersebut langsung berhamburan menyerbu rak-rak dan mencari produk sesuai dengan clue atau petunjuk yang telah diberikan kepada mereka

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (54)Setelah sekitar 10 menit mereka memenuhi keranjang mereka, akhirnya shooping race pun berakhir dengan penyerahan keranjang belanjaan panitia di meja cashier untuk dihitung siapakan team yang membawa barang yang benar sesuai dengan clue dan total belanjannya tidak lebih dari 3 juta rupiah (atau mendekati).

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (55)Dan akhirnya setelah melalui pertarungan atau race selama 15 menit dengan keranjang ditangan mereka. Keluarlah 3 tim pemenang yang pemberian hadiahnya diberikan langsung oleh Kevin H. Tanojo, Sales & Marketing Manager Autobacs A.R Hakim (Surabaya). Juara 1 shopping race diraih oleh SAGA (Surabaya Agya Ayla), juara ke-2 DGCI atau Datsun GO+ Community Indonesia, dan juara ke-3 diraih oleh Immortal car club Surabaya.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (57)Well semua undangan pun tampak happy dan senang pada malam hari itu. Beberapa dari mereka ada yang berhasil mendapatkan doorprize, dan pulang dengan tangan yang penuh dengan shooping bag.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (60)Dan bagi mereka yang menang shopping race dengan hadiah uang tunai senilai 1,5 juta rupiah. Selamat bagi SAGA (Surabaya Agya Ayla)

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (35)Di Autobacs sendiri kunci kesuksesannya selain service yang memuaskan, yaitu terletak pada karyawannya. Karena bagi mereka karyawan adalah ujung tombak  pelayanan yang terbaik dari Autobacs kepada para customer Oleh karena itu tak heran anggaran training atau pelatihan di Autobacs memakan porsi yang cukup besar.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (29)Bahkan Setsuo Wakuda yang notabene Representative Director and Chief Executive Officer dari Autobacs Seven, Co. Ltd atau orang nomor satu di perusahaan berlivery orange itu mengajak para karyawan Autobacs A.R Hakim (Surabaya) untuk duduk di depan di acara grand opening, photo bersama, bahkan bersalaman dan pamitan kepada para karyawan. Karena beliau mementingkan para karyawan.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (59)Mungkin harga yang ditawarkan lebih mahal daripada produk-produk aksesoris yang ditawarkan oleh toko lain yang nota benenya adalah produk Cina ataupun Taiwan. Namun Autobacs yang notabenenya semua produknya made in Japan tidak memilih bertanding harga, tetapi lebih pada kualitas pelayan,dan pengalaman berbelanja Anda di Autobacs mulai dari awal (datang) hingga Anda (customer ) pulang.

grand opening Autobacs Indonesia Surabaya 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (61)So guys, jika Anda ingin menikmati pengalaman berbelanja barang kebutuhan mobil Anda ala Jepang dan berbeda dengan tempat lain. Jangan lupa untuk arahkan mobil Anda ke Autobacs AR Hakim Surabaya yang terletak di Jalan Arif Rahman Hakim 60, Surabaya. (Gerai Autobacs AR Hakim, Surabaya).

 

-Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!