MEDAN RACER DAY OUT 2015

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (32)Horas bah. Untuk ke-3 kalinya dalam tahun 2015 ini saya pun diundang untuk liputan sebuah event drag race di kota terbesar ke-3 di Indonesia, yaitu Medan. Dan senang rasanya untuk yang ke-3 kalinya bisa berada di kota surganya kuliner dan ibukotanya rally Indonesia. Bersama Enjoy Management saya pun meliput event Medan Racer Day Out yang diadakan di Lanud Soewondo Medan, pada hari Minggu, 22 November 2015 yang lalu. Dan merupakan event race penutupan di akhir tahun 2015 di kota Medan dengan stater mencapai 260.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (2)Belajar dari pengalaman saya yang dulu, ketika saya pernah pacar ketinggalan pesawat dan pernah membeli tiket pesawatnya yang seharga ke Kuala Lumpur. Saya pun request pesawat yang siang daripada pesawat pagi. Maklum saya baru packing dipagi hari. Kami siang saya pun berangkat menuju ke kota Medan dari Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (3)Setelah sekitar hampir kurang lebih 5 jam (take off jam 12 siang, landing di KLO jam 5 sore) berada di dalam pesawat dengan duduk di bucket seat (di depan emergency exit). Tibalah saya di Kualanamu International Airport yang merupakan airport baru yang menggantikan Polonia Airport.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (4)Dan saya pun akhirnya bertemu lagi dengan Litowongso teman yang sudah mengundang saya ke kota Medan sebanyak 3 kali. Lito pun ditemani oleh Zulfi yang merupakan teman satu team di Enjoy Management.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (174)Sayapun mulai mengikuti agenda Enjoy Management untuk mengurus perijinan kepada pihak Lanud Soewondo, yaitu menemui Kadisops Pangkalan TNI Angkatan Udara Soewondo, Letkol Pom Satrya Dharma Wijaya. Kali itu saya bersama ketua panitia atau ketua Enjoy Management, Yaitu Fauzan Abdi (dua dari kiri).

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (6)Lalu kemudian interview di sebuah radio di Medan oleh ke-4 tim inti Enjoy Management dalam rangka mempromosikan rave partynya para speedfreak kota Medan yang bisa dibilang menjadi hiburan di kota tersebut.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (8)Selesai Interview, waktunya saya untuk berwisata kuliner di kota Medan. Medan adalah sebuah kota yang penuh dengan berbagai macam kuliner yang ter influence mulai dari masakan jawa, melayu, India, dan Cina. Jadi jika Anda ke Medan pastikan Anda berwisata kuliner. Contohnya pada siang hari itu saya diajak oleh Lito ke Bakso yang menurut saya bukan bakso, tapi lebih kepada sop daging sapi.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (9)Bagaimana tidak, pentol atau baksonya Cuma 3 biji, sisanya potongan daging dan lemak yang menghiasi mangkok saya (porsi dagingnya hampir sama dengan seukuran 1 steak). Rasanya juga super greget karena tanpa mecin. Harus saya akui ini menjadi salah satu menu favorit saya di Medan, dan wajib makan lagi.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (11)Setelah makan siang yang super greget, saya pun bersama tim Enjoy Management menuju ke bengkel BarSpeed yang menjadi tempat pendaftaran drag race dan drag bike. Hari itu hari Jum’at atau malam Sabtu, dimana batas pendaftaran terakhir pendaftaran, karena besok pagi hingga sore sudah diadakan proses scrutineering di lanud Soewondo. Namun semakin malam-semakin ramai peserta yang mendaftar di tempat ini.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (13)Lagi-lagi perut saya keroncongan. Akhirnya para tim Enjoy Management pun mengajak saya untuk menikmati hidangan makan malam di Wajir yang merupakan seafood terkenal di kota Medan. Dan saya pun serasa di Singapore atau Malaysia.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (14)Tentu saja hidangan favorit saya adalah Kepiting asam manis yang selalu saya pesan ketika saya datang ke kota Medan, Untuk urusan seafood, Medan memang tidak terkalahkan.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (177)Lalu di akhiri dengan tempat favorite saya di Medan, yaitu Ucok Durian

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (176)Anda bisa membayangkan setelah makan seafood yang beroktan tinggi, lalu dilanjutkan lagi dengan makan durian yang oktannya lebih tinggi daripada seafood. I think my vtec is already kickin ya atau boost saya sudah naik 2 bar. Tapi inilah culture dari Medan. Everbody love to eat and love the cholesterol. And i love it..so much. Bayu banget…Itulah kenapa saya paling suka jika diundang ke Medan.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (18)SCRUTINEERING DAY

Sabtu pagi, 21 November 2015 setelah saya mabuk seafood akibat kuliner semalam. Saya pun menuju ke lanud Soewondo yang terletak di tengah kota Medan yang dulunya merupakan bandara aktif Polonia. Walaupun tadi malam batas waktu pendaftaran terakhir, namun karena ini Medan bung ! alias banyak peserta seperti drag bike adalah peserta dari luar kota yang jaraknya sangat jauh. Maka Sabtu pagi itu atau saat scrutineering pendaftaran baik drag bike an drag race masih dibuka.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (16)Satu persatu peserta drag race pun mengantri untuk melakukan registrasi ulang, pengambilan nomor start dan scrutineering. Saya pun melihat ada beberapa mobil baru di kota Medan, yaitu sebuah Honda Civic FD1 yang sudah di doping dengan turbo lengkap dengan side exit exhaust.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (17)Dan saya pun menemukan pemandangan yang unik di acara scrutineering ini, yaitu sebuah VW Combi menjadi service car dan menggendong bagi sebuah vespa yang dijadikan sebagai motor drag drace. Di Surabaya juga seingat saya ada sebuah VW Combi yang berubah menjadi mobil toeing, dimana yang ditowing adalah sebuah VW Beetle atau Kodok untuk drag race,

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (19)Acara scrutineering pun sempat terhenti akibat hujan deras yang mengguyur kota Medan

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (20)Ketika sore menjelang dan seluruh peserta sudah di scrutineering, panitia beserta RC (Racing Committee) mengadakan briefing peserta mengenai race besok pagi. Satu diantaranya adalah penerapan 1 heat saja, apabila cuaca tidak mendukung atau hujan.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (21)Karena di Medan budaya atau adatnya kental dengan Islam Melayu Deli yang sangat kental. Panitia dari Enjoy Management pun melakukan doa bersama anak yatim piatu di sebuah masjid di area Lanud Soewondo

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (22)Tujuanya adalah untuk berbagi dengan anak yatim piatu dan juga berdoa bersama mereka supaya acara atau event besok berjalan dengan lancar, aman, dan selamat. Love that happy face…

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (23)Magrib pun tiba di kota Medan, cuaca pun berubah menjadi cerah setelah hujan yang cukup deras menciptakan sebuah pemandangan sunset dengan siluetnya di ujung runaway lanud Soewondo atau Polonia ini.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (49)RACE DAY

Minggu Pagi, 22 November 2015. Suasana di lanud Soewondo pun masih basah akibat hujan deras yang mengguyur kota Medan pada tengah malam. Para peserta drag race pun mulai datang untuk mengikuti babak qtt (kelas bracket ) dan juga race day.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (57)Peserta pun mulai menempati paddock yang disediakan oleh panitia. And for your info jumlah peserta drag race atau staternya mencapai 260 stater, bahkan aslinya adalah 300 stater. Namun karena takut jika racenya tidak bisa selesai sebelum sore hari, maka panitia dan RC memutuskan dibatasi hingga 260 stater. Dan so far sejauh mata memandang, weapon of choice nya tetap Honda.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (56)Populasi EG6 atau Estilo yang turun pada hari itu juga cukup banyak. Salah satunya adalah sebuah EG6 yang tampak manis dengan warna merah yang bersepatu ENKEI Sports ES-TARMAC

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (134)Bahkan saya menemukan sebuah Honda Estilo lengkap dengan plat nomer yang asli E 571 LO. Dan mungkin saja bandan rims nya sedang dipinjam oleh temannya untuk berlaga di drag race, sehingga hanya ban yang menompang bodinya.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (159)Saya pun melanjutkan jalan-jalan pagi saya dari paddock ke paddock, dan menemukan salah satu helm yang sudah di berikan sentuhan livery. Helm ini milik Syauqi Riyadhi atau Aden dari team Sebu Tuning Medan

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (59)Aden pun mempiloti sebuah EG6 atau Estilo yang dipersenjatai dengan mesin B20 yang sudah dimodif dengan pencapaian best timenya adalah 8,7 detik (201 meter). Jika Anda melirik ke head cover nya maka Anda akan menemukan #RingRoadWarrior. Ring Road adalah nama jalan di daerah Medan yang kerap dijadikan tempat balap liar dan taruhan baik mobil dan motor. Yang uniknya mobil ini tidak pernah turun di ring road, namun sang pilotnya atau ownernya (Aden) sering turun di ring road menjadi joki dari berbagai mobil.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (58)B20 nya pun di otaki oleh Hondata yang pada kali itu di sedang di tuning oleh Yohan Powiono dari Tons Garage Medan. Yohan pun kali itu mendapat PR untuk mencari penyakit brebet pada rpm atas mobil ini.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (135)Saya pun kembali berkeliling di area paddock untuk menemukan sesuatu yang unik. Saya pun menemukan sebuah Honda Civic Ferio EK dengan balutan warna biru tua dengan carbon fender dan carbon Mugen wing beserta Saya pun kembali berkeliling di area paddock untuk menemukan sesuatu yang unik. Saya pun menemukan sebuah Honda Civic Ferio EK dengan balutan warna biru tua dengan carbon fender dan carbon Mugen wing beserta Rays Gram Lights 57V Wheels

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (158)Dan juga sebuah Toyota Hilux yang tampangnya hanya bisa saya temukan dan lihat ketika liputan Speed Offroad saja. Namun ternyata ada juga Hilux di kota Medan yang sudah dipersenjatai dengan top mount intercooler dan coilover.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (62)Jika Anda berbicara mengenai motorsport Medan terutama drag racenya, maka tak bisa di lepaskan dari Ton’s Garage boys. Bisa dibilang mereka adalah team drag race yang sudah menasional dan juga terhitung kuat dan cepat di kota Medan. Track recordnya juga mereka sering bertanding di lintasan 402 meter Sentul International Circuit dan naik podium dengan All Motor Honda Civic EG6 ataupun Evo

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (54)Team yang bermarkas di Medan ini memang di support oleh Wisesa Motorsport Jakarta dan juga Togi dari GE Racing. Wisesa Motorsport yang bertugas merebuild engine, sedangkan Togi bertugas untuk mentuning ECU Motec nya.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (60)Begitu juga dengan EG6 yang dulunya bernama Thor ini juga mendapatkan sentuhan tangan dari Wisesa Motorsport dan juga Togi. Mesin B20 nya mampu memuntahkan tenaga sebesar 320 hp.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (64)Sama halnya di pulau Jawa, para dragster juga memilih pabrikan Jepang, yaitu Honda sebagai weapon of choice nya. Mulai dari Civic generasi ke -4 (Civic EF atau Nouva), EG (Estilo atau Genio), hingga generasi ke-6 yaitu EK (Civic Ferio)

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (61)And everybody loves the Mugen Power rims. Mulai dari Mugen MR5, Mugen RNR, dan Mugen M7.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (48)Lintasan sepanjang 201 meter dengan jarak pengereman sekitar 200 meteran pun sudah siap. Track ini pun merupakan sebuah lintasan yang terbuat dari beton khusus untuk airport dan menghubungkan antara apron (tempat parkir pesawat) dengan runaway. Walaupun basah sehabis hujan besar tadi malam, tapi saya yakin masih grip. Dan Anda akan mendapatkan pemandangan yang bagus ketika sedang memacu mobil Anda ke garis finish, yaitu pemandangan kota Medan.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (26)Sebanyak 17 kelas pun akan dipertandingkan hari ini yang akan di ikuti oleh sekitar 260 stater. Beberapa peserta pun mulai melakukan qtt atau test track bagi para peserta yang bermain di kelas bracket.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (33)Satu persatu peserta pun mulai menaklukan lintasan yang masih basah itu

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (39)Well karena kota Medan bisa dibilang sebagai home of rally nya atau ibukota rally nya Indonesia, maka tak heran beberapa pembalap seperti Reza Rizky dari team Twenty Motorsport yang memakai helm half face Stilo WRC Des yng dilengkapi dengan intercom.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (40)Namun sayang nya Reza pun gagal naik podium dengan Toyota FT-86 nya.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (35)Irzan Ginting atau Pak Haji dari team PHDT (Pak Haji Drag Team) dengan Honda Civic EK atau Ferionya berhasil merebut podium ke-3 di kelas bracket 11 detik dengan best timenya 11.094 detik.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (34)The one and only Nissan Cefiro A31 yang di persenjatai dengan RB25DET ini berhasil keluar sebagai juara 1 di kelas bracket 9 detik dengan best timenya 09,506 detik yang dicetak oleh Johan dari team ERD Common Rail.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (43)Di kelas Pro Stock team Penomindo berhasil menyapu bersih 3 podium dengan seluruh pembalapnya. Yaitu Andrew Boy di podium 1 dengan best time 9,251 detik (EG6), lalu di podium ke-2 ada TM Ryandava Rizky dengan best time 10,475 detik (EF), dan akhirnya di podium ke-3 ada Boby Dalimunthe dengan best time 10,658 detik (EF). Di kelas bracket 10 detik juga M. Aditya Kosasih dan Radinal Rusman dari team Penomindo berhasil merebut podium ke- 4 dan 5.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (51)Ada yang unik dari scene drag race kota Medan yang mungkin tidak di miliki oleh kota lain. Yaitu ikutnya pembalap yang mungkin lebih tepatnya saya panggil mbah atau eyang karena mungkin umurnya sudah sama dengan papa saya alias ABG (Angkatan Babe Gua), yaitu Pak Jenggot dari D’Speed Racing Team Medan.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (30)Sudah 3 kali saya datang dan meliput event drag race di kota Medan, dan sudah 3 kali saya selalu bertemu dengan beliau dengan sebuah Mercedes Benz 200 nya yang berwarna silver. Walaupun Pak Jenggot dan mobilnya sebelas dua belas, namun beliau tetap dog fight dengan para pembalap muda yang notabene memakai mobil yang jauh lebih muda dari Benzya.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (31)Selidik punya selidik karena penasaran kenapa Pak Jenggot memilih sebuah Benz 200 daripada mobil yang jauh dari muda daripada Mercy jempolnya. Ternyata Pak Jenggot merupakan mekanik mobil khusus Mercedes Benz. Jadi bisa dibilang cinta mati sama Benz.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (87)Jika Anda mencari populasi mobil sejuta umat seperti Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia di lintasan drag race. Mungkin Anda datang ke tempat yang tepat, yaitu kota Medan.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (89)Karena di kota Medan, terutama di kelas 3.3 Minibus 1 s/d 2000 cc ini didominasi dengan mobil yang identik dengan mobil rental atau jasa taxi online.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (139)Ini adalah kelas favorit di kota Medan selain kelas bracket 11 dan 12 detik.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (38)Gindo Sinaga dari team Kokomoto Engineering berhasil keluar sebagai juara ke-3 di kelas 3.3 minibus 1 s/d 2000 cc dengan best timenya 10.813 detik

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (138)Sementara di podium ke-4 dan ke-5 di duduki oleh team Asbro Tuning dengan pembalapnya Aulia WP (ke-4, 10,926 detik), dan Imam Pramana (ke-5, 10,965 detik)

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (70)Selain mobil sejuta umat di Medan juga ada orang yang cukup gadun dengan membawa mobil yang gadun ke tengah lintasan. Yaitu sebuah Mercedes Benz C Class C200 berwarna hitam

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (81)Dari gadun kita kembali lagi ke lintasan dimana Nanok Rychie dari team Tokek AMS Medan dengan Honda Civic Nouva EF nya bertarung di kelas 3.1B Sedan 1401 s/d 1500 cc, dan berhasil merebut podium ke-3 dengan best timenya 10.652 detik.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (92)Di Medan yang juga terkenal dengan banyaknya motorcross di perkebunan kelapa sawit, membuat beberapa peserta menggunakan motrcross helmet

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (142)And it looks good.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (52)Atau mungkin half face helmet dengan sapu tangan ala outlaw biker.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (148)Atau mungkin chrome half face helmet

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (83)Diatas Nanok Rychie ada Baginda Harizqi NST dari team Addict Engineering dengan Honda City Type Z nya yang berhasil keluar sebagai juara ke-2 di kelas 3.1B Sedan 1401 s/d 1500cc dengan best timenya 10.359 detik. Baginda juga berhasil keluar sebagai juara ke- 3 di kelas 3.1C Sedan 1501 s/d 1700cc (10.265), dan juara ke-5 di kelas 2.1B Sedan 1401 s/d 1500cc (10.246)

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (132)Jangan kaget bila suatu hari nanti Anda berkesempatan untuk balapan di Medan, dan melihat begitu banyaknya orang di area waiting zone yang seharusnya clear area. Well guys..welcome to Medan. Yang Anda lihat ini bukanlah penonton, namun joki gandeng atau pembalap yang menunggu mobil yang sedang start alias Gangbang.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (86)This is Medan. Dan gangbang dalam 1 mobil adalah sah dan legal di Medan. Anda bisa melihat sendiri bagaimana mobil Honda City Type Z ini di gangbang berame-rame dengan 12 nomer start di kaca belakangnya.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (80)Akan tetapi walaupun digang bang habis-habisan Type Z berwarna biru dari team Kokomoto Engineering tersebut tetap bisa meraih podium. Yaitu podium 1 di kelas 3.1B Sedan 1401 s/d 1500 dengan waktu 09.545 yang dicetak oleh Pantas Sianturi. Serta juara ke-1 dan 2 dikelas 3.1C 1501 s/d 1700 cc, yang disabet oleh Gindo Sinaga (9.393) dan Pontas Sianturi (9.459)

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (73)Tak hanya Honda Civic Type Z saja yang berlaga di ajang Medan Racer Day Out 2015, beberapa Honda Civic EK atau Ferio dengan tampilan mulus pun ikut meramaikan race kali ini. Seperti Ferio dari team CV. Mubarok PHDT Sebu Tuning.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (65)Dari kelas gasoline atau bensin kita beralih ke kelas diesel power atau kelas Diesel 1 s/d 3000cc.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (108)Dimana yang menjadi rajanya adalah Andri dari Sebu Tuning dengan Toyota Innova nya yang berhasil keluar juara 1 dengan best timenya 09.911 detik dan di podium ke-2 ada Ronny Sulistio dengan best timenya 10.206 detik.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (156)Sementara di posisi atau podium ke-3 nya di duduki oleh Andri Harun Srg dari team Twenty denga Mitsubishi Strada Triton nya dengan best timenya 11.492 detik

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (90)Selain para Avanza yang bertarung di kelas bracket 12 hingga 11 detik, beberapa city car seperti Honda Jazz GE8 dan Suzuki Swift pun ikut bertarung di kelas nerakanya Medan ini.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (85)Syauqi Riyadi Syahri dari team CV. Mubarok PHDT Sebu Tuning dengan Suzuki Swiftnya berhasil keluar sebagai juara 1 di kelas City Car 1 s/d 1500 cc dengan best time nya 10.196 detik

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (72)Sementara Mazda 2 dari ANT Tuning ini berhasil menguasai 4 podium kelas city car 1 s/d 1500 cc yang tersisa. Yaitu podium ke-2 hingga ke-5 yang di isi oleh beberapa pembalap dari team yang berbeda. Pada podium ke-2 diraih oleh Hedzi Kurmazi dari team Kokomoto Engineering dengan best timenya 10.512 detik. Sementara di posisi ke-3 ada Aulia WP dari team Whiskers Medan dengan best time 10.564 detik. Di posisi ke-4 ada Emkel Ninta Ginting dari ANT Tuning dengan best timenya 10.586 detik. Dan akhirnya di posisi ke-5 ada Jefri Sipahutar dari team ANT Tuning dengan best timenya 10.670 detik

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (157)Masuklah kelas dimana bisa dibilang kelas yang cukup langka diadakan dan mungkin sudah lama punah di pulau Jawa namun hidup lagi di kota Jambi dan Medan. Yaitu kelas khusus wanita 1 s/d 2000 cc. Ada sekitar 6 wanita yang bertarung di kelas ini.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (109)Dan dari ke-6 wanita yang bertarung ada satu wanita yang berhijab di dalam sebuah mobil Toyota Yaris dari team Ground. Dia adalah Inggit Laras AN

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (110)Walaupun berhijab namun soal urusan flat out, Inggit pun terbukti menjadi yang tercepat diantara ke-6 wanita tersebut. Inngit pun berhasil naik ke atas podium 1 kelas wanita dengan best timenya 10.973 detik

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (111)Sementara di belakang Inggit ada Ananda A.N Siloen dari team F.O.V yang sedang bersiap di garis start.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (112)Namun sayangnya Ananda dengan Suzuki Baleno nya hanya mampu bertengger di podium ke-4 dengan best timenya 11.686 detik

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (118)Medan menang sedang musim hujan, dan hampir setiap hari kota Medan diguyur hujan. Namun pada hari itu ternyata pawang hujannya cukup sakti untuk bisa membuat cerah atas area Lanud Soewondo, sementara di sekelilingnya yang ada hanyagumpalan awan yang cukup pekat dan gelap.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (126)Saya pun berisitirahat untuk membeli makanan untuk makan siang saya, dan akhirnya saya berhenti di tenda Burger Muzi untuk membeli burgernya. Tapi ternyata saya dapat all you can eat alias gratis sebanyak yang saya mau makan. Thank you Boneng for the burgers

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (125)Selain mengadakan Drag race dan drag bike, Enjoy Management juga mengadakan acara car meet kecil-kecilan yang berlokasi di depan hanggar Lanud Soewondo. Acara car meet itu di ikuti oleh sekitar 14 mobil. Cukup sedikit, karena pada hari yang sama juga terdapat acara auto contest.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (119)Dari ke-14 mobil tadi 8 diantaranya berasal dari 1 club yang sama, yaitu Baleno Club Medan yang menurunkan 8 mobil anggotanya.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (120)Tak mau kalah dengan Baleno Club Medan, ke-6 mobil lainnya juga saling beradu untuk memperebutkan mini contest yang diadakan oleh panitia.Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (121)Jika di pulau Jawa mobil rally berupa Mitsubishi Lancer GTI sudah terlalu mainstream, maka di kota Medan Anda bisa bertemu dengan Mitsubishi Colt atau Mirage yang merupakan versi hatchback atau 3 door dari Lancer GTi atau GLXi lokal. Mesinnya pun sama dengan Lancer GTi yaitu 1.8 Lt 4G63 4 cylinder.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (127)Saya pun cukup surprise dengan Honda Civic EG6 milik Selva dari team AP Speed yang pada event kali ini tidak mengikuti race namun hanya menjadi peserta car meet, padahal pada EG6 ini pernah mencetak best timenya 8,6 detik di Lanud Soewondo. Estilo ini pun berhasil merebut awards berupa best paint, best rims, best engine, best JDM.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (128)Sepertinya ada orang yang hendak bermain remote control dengan Collin McRae di dalamnya. Sang legenda rally Collin McRae memang pernah merasakan ganasnya WRC Indonesia (1996-1997) yang mengambil tempat di sekitar daerah kota Medan dan Danau Toba.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (129)Lupakan soal Remote controlnya, mari kita melihat sexy dancer. Lagipula dari tadi pagi sepanjang mata saya memandang hanya ada mobil, pelek, mesin, dan pria dimana-mana. Waktunya saya untuk kembali ke habitat aslinya menjadi seorang pria sejati dengan menonton sexy dancer.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (130)Namun tak hanya saya saja yang menonton sexy dancer pada sore hari itu, tapi para pembalap dan juga pengunjung juga tak mau melewatkan oasis di tengah Lanud Soewondo itu.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (123)Dari sexy dancer saya pun beralih ke SPG di tenant nya.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (122)Ada satu kejadian yang membuat saya ikut sedih pada hari itu. Yaitu ada seorang peserta yang masih duduk dibangku SMA tiba-tiba dijemput paksa oleh Ibunya karena disuruh pulang beserta mobilnya oleh ayahnya (karena ketahuan mengikuti drag race). Padahal dia berhasil masuk ke heat ke-2 dan menyingkirkan puluhan peserta lainnya. Game Over for this kid. Tapi setidaknya poto ini adalah kenangan-kenangan baginya.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (91)Litowongso yang merupakan salah satu panitia dari Enjoy Management terlihat sedang asyik berduan dengan salah satu penyiar radio yang ternyata mereka sedang mengadakan live report

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (93)Masuklah kita ke puncak acara Drag Race yaitu kelas bergengsi sekaligus neraka, yaitu 2.1C Sedan 1501 s/d 1700 cc yang di ikuti oleh mobil-mobil balap tercepat di kota Medan. Seperti Thor Wisesa Sebu Tuning EG6 ini.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (106)Di Medan bisa dibilang hanya ada 7 team yang merupakan team hardcore yang mempunyai mobil yang bisa ikut bermain di kelas ini (2.1C dan 2.2C) dan mempunyai waktu tempuh 9 hingga 8 detik. Yaitu Wisesa Sebu Tuning, Ton’s Garage Racing, CV. Mubarok PHDT Sebu Tuning, Kokomoto Engineering, Auto Garage, ERD Common Rail, dan SPBU TFR Racing. Wisesa Sebu Tuning dan Ton’s Garage Racing bisa dibilang merupakan team terkuat di kota Medan. Ditambah jam terbang mereka juga sudah cukup tinggi dengan sering mengikuti Drag Race di Sentul International Circuit.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (140)Well karena ini adalah kelas tertinggi di drag race medan, dan juga mobilnya yang digunakan sudah full heavy metal dengan suara yang cukup nyaring dan keras menjadikan kelas ini mendapatkan perhatian dari para peserta lainnya dan juga penonton. Area pinggir lintasan pun penuh dengan sekejab.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (101)EG6 bertenaga 320 hp ini pun langsung melesat meninggalkan garis start. Dorand Lie dari Wisesa Sebu Tuning pun berhasil mencetak waktu 08.894 detik yang mengantarkannya ke podium ke-2 di kelas 2.1C Sedan 1501 s/d 2000 cc

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (153)Sementara Syauqi Riyadi Syahri dari team CV. Mubarok PHDT Sebu Tuning berhasil keluar sebagai juara 1 di kelas 2.1C 1501 s/d 2000 cc dengan mengendarai Thor Wisesa Sebu Tuning EG6 yang mencetak best timenya 08.667 detik.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (149)Joki ke-3 dari Thor Wisesa Sebu Tuning EG6 adalah Yorick.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (98)Yorick pun berhasil mencetak waktu 08.995 detik yang mengantarkannya ke podium ke-3 di kelas 2.1C 1501 s/d 2000 cc.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (79)Andrew Boy pun melesat dengan EG6 berwarna kuning dari team CV. Mubarok PHDT Sebu Tuning dengan kendala brebet di mesinnya.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (117)Namun sayangnya Andrew melakukan suatu kesalahan hingga membuat Estilo yang dia piloti keluar dari lintasan. Ternyata berdasarkan kamera GoPro di yang diletakkan di dalam cockpit, Andrew masih menginjak pedal gas setelah garis finsih, bahkan memasukkan gear nya hingga ke gigi 4. Mungkin dalam keadaan panik mendapati mobil yang dipilotinya melaju kencang sementara batas pengereman sudah dekat, dia pun menginjak gas dalam –dalam lalu menarik e-brake yang akhirnya membuat EG6 berwarna kuning tersebut melintir keluar lintasan.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (114)Untung saja tanah yang berada di luar lintasan bisa membuat EG6 yang di piloti Andrew bisa berhenti. Andrew (ke-2 dari kanan) keluar dari mobil dengan selamat dan tanpa luka sedikit pun. Mungkin ini bisa dijadikan pelajaran bagi teman-teman dragster dimana pun juga. Bahwa garis finish adalah batas terkahir Anda menginjak pedal gas dalam-dalam atau bersaing dengan lawan di lintasan sebelah Anda. Tak ada gunanya Anda menambah gas atau menaikkan gear setelah garis finish, karena waktu Anda sudah tercatat sesaaat setelah Anda mennyentuh sensor di garis finish. Yang ada Anda bisa mencelakakan diri Anda, lawan Anda, dan marshal yang berjaga di tepi lintasan.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (144)The one and only pejuang kelas ini yang menggunakan mobil di luar pabrikan Honda adalah M. Taufik dari team SPBU TFR Racing dengan Daihatsu Winner yang merupakan eks Polomas Jakarta.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (147)Namun sayangnya M. Taufik pun mengalami kendala pada mesin atau lebih tepatnya pada karburator 4 barrel nya hingga membuat mobilnya tidak bisa melaju dengan sempurna. M. Taufik pun harus puas duduk di podium ke-5 kelas 2.2 Sedan 1701 s/d 2500 cc dengan best timenya 13.824 detik.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (97)Diatas M. Taufik ada 2 pembalap dari Auto Garage dengan EG6 berwarna silver yang berhasil menduduki podium ke-3 dan 4 di kelas 2.2 1701 s/d 2500 cc ini. Yaitu Ricky Matondang dengan best timenya 09.815 detik (3), dan Heri Zulfikar dengan best timenya 10.208 detik (4)

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (103)Dan sebagai runner up atau juara ke-2 di kelas 2.2 1701 s/d 2500 cc adalah Johan dari team ERD Common Rail dengan Honda Civic Type R FD2R yang mencetak best time 09.549 detik

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (107)Pembalap terakhir dari Wisesa Sebu Tuning yaitu Ronny Sulistio pun melesat dari garis start dengan Thor Wisesa Sebu Tuning EG6, dan berhasil mencetak waktu 08.750 detik.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (154)Ronny pun berhasil keluar sebagai juara 1 di kelas bergengsi ini atau 2.2 1701 s/d 2500 cc. Dan juga berhasil menyabet gelar sebagai the fastest of the day dengan waktunya 08.630 detik.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (183)Masih tersisa 1 mobil FFA lagi yaitu sebuah Mitsubishi Lancer Epo V yang di piloti oleh Wiwi dan juga Yohan Powiono. Yohan pun bersiap sedia untuk menjadi pilot ke-2 setelah Wiwi.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (113)Wiwi pun melesat di kelas FFA dengan Epo V yang dipersenjatai dengan 4G63T bertenaga 725 hp ini pun membakar Toyo Proxes R888 dari garis start hingga sampai 50-100 meter kedepan. Wiwi pun berhasil mencetak waktu 9 detik an.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (115)Namun sayangnya ketika giliran Yohan yang menjadi pilot nya, penyakit evo pun kumat. Yaitu transfer casenya pun jebol hingga membuat mobil tak bisa berlari. Ternyata setelah diselidiki, 4G63T yang bertenaga 725 hp ini biasanya hanya 2 bar, namun pada kali ini dibuat 2.3 bar yang mengakibatkan lonjakan tenaga yang cukup besar hingga membuat transfer case nya tidak kuat. Just for your info, Transfer case Original equipment manufacturer (OEM) hanya mampu menahan tenaga 550 – 600an hp. Diatas tenaga tesebut maka siap-siap saja beli transfer case lagi.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (160)Dengan berakhirnya kelas FFA berakhir pula event Medan Racer Day Out 2015. Saya pun menyempatkan diri untuk berkeliling area paddock untuk bertemu dengan beberapa team drag race kota Medan. Salah satunya adalah D’Speed Racing Team. Yang cukup surprise mereka membuat sticker Perfourm yang cukup besar di kaca belakang mobil mereka lengkap dengan taglinenya Perfourm, yaitu Motorsport x Whatever. Thank you so much guys….

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (161)Lalu saya pun menyapa team Tokek AMS Medan yang didalamnya terdapat seorang pembalap wanita senior kota Medan yang ikut bertarung di kelas Wanita, yaitu Netty Ginting (ke-4 dari kanan)

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (162)Dan saya pun menemukan Honda City Type Z di Tokek AMS Medan yang hanya mempunyai sticker Perfourm pada sisi kirinya saja (bonus setiap beli t-shirt Perfourm), saya pun memberikan 1 lagi sticker Perfourm supaya sisi kanannya ada stickernya. Supaya imbang dan sesuai dengan penempatan sticker Perfourm yang di kiri dan kanan mobil, bukan didepan atau belakang. Now your officially pimp by Perfourm. Sticker perfourm tersebut bisa add +10 HP (handsome power)/sticker. Itu berarti handsome power Anda naik +20 hp.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (164)Malam pun menjelang, tapi sebelum sore ini berakhir tak ada salahnya kita menikmati sekali lagi suguhan sexy dancer sebagai pelepas penat kita setelah race day tadi. Atau mungkin tambah penat?

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (166)Dari sexy dancer kita beralih ke pengumuman pemenang mini contest di Medan Racer Day Out 2015

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (170)Dari pengumuman pemenang mini contest, kita beralih ke podium kemenangan. Yang uniknya disini pihak Enjoy Management sengaja membuat podium kemenangan yang berada diatas para penonton atau sama dengan podium Sentul. Berdiri di atas podium ada 5 super woman dari kota Medan yang keluar sebagai juara kelas wanita. Yaitu Inggit Laras AN – Ground (1), Netty Ginting-Tokek AMS Tuning (2), Safira Annisa-Gapa Motorsport (3), Ananda A.N Siloen-F.O.V (4), dan Pratiwi Jana Rantha – Taci Sumut (5)

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (167)Dipodium kelas 2.1C Sedan 1501 s/d 1700 cc Thor Wisesa Sebu Tuning menguasai 3 podium teratas. Yaitu Syauqi Riyadi Syahri- CV. Mubarok PHDT Sebu Tuning (1), Dorand Lie – Wisesa Sebu Tuning (2), Yorick – Wisesa Sebu Tuning (3). Podium ke-4 ada Filliano Ari Akbar – CV. Mubarok PHDT Sebu Tuning (4), dan. Podium ke-5 Baginda Auto Garage (10.150)

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (168)Di Kelas 2.2 1701 s/d 2500 cc ada Ronny Sulistio dari Wisesa Sebu Tuning keluar sebagai juara 1 (08.750 detik), lalu di podium ke-2 ada Johan ERD Common Rail (9.549 detik), podium ke-3 Ricky atondang Auto Garage (9.815), podium ke-4 Heri Zulfikar Auto Garage (10.208), dan di podium ke-5 ada M. Taufik – SPBU TFR Racing (13.824). Dan suatu kehormatan bagi saya untuk bisa mempersembahkan piala pada kelas tersebut.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (172)Pada Medan Racer Day Out juga selain kejuaran per kelas juga diadakan kejuaraan umum yang memperebutkan juara umum nya seperti juara umum bracket, juara umum kelas, dan the fastest of the day. Juara umum bracket di peroleh Yogha Ardwiansyah dari team Frontal dengan total point 10 (kiri). Lalu juara umum kelas diraih oleh Syauqi Riyadi Syahri dari team CV. Mubarok PHDT Sebu Tuning dngan total point 39 (tengah). Dan akhinrya gelar the fastest of the day disabet oleh Ronny Sulistio dari team Wisesa Sebu Tuning dengan best timenya 08.630 detik (kanan)

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (179)Malam harinya saya pun melanjutkan ritual wisata kuliner saya dengan sekali lagi menyantap hidangan makan malam yang berupa seafood. Jika Anda di Medan Anda pasti akan menerima undangan makan malam berupa seafood, karena tak ada yang mengerti seafood selain kota Medan. Dan kuliner sudah menjadi budaya bagi para masyarakat atau pun car enthusiast kota Medan. Jika Anda normalnya hanya makan sehari 3 kali saja, maka di Medan bisa sampai 5 kali sehari (dini hari atau subuh masih makan di warkop). . Kepiting telor asam manis, udang goreng madu, dan ayam goreng kecap pandan menjadi menu saya malam itu. Alias haw che sing cing pinglah

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (175)Dari undangan makan malam yang pertama , saya pun pit stop ke-2 saya bersama tim Enjoy management yang mentaktir saya makan ucok durian all you can eat alias sepuasnya, karena mereka tahu ini ucok durian adalah tempat favorit saya di Medan. Malam itu sehabis makan seafood saya pun menghabiskan sekitar 4 biji durian. Saya rasa sudah seperti genderang yang mau perang alias kompresi tinggi. But i like it…

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (178)Pagi harinya sebelum berangkat ke bandara untuk menuju ke Jakarta (liputan ISSOM rd.6), saya pun menyempatkan makan ayam goreng favorit saya. Setelah tadi malam khilaf dengan seafood dan durian, pagi nya saya kembali khilaf dengan menghabiskan 5 potong ayam goreng ini. Harus saya akui ayam goreng ini ayam goreng paling enak setelalh ayam goreng sri atau pun pak soleh. Rasanya gurih, lembut, dan asin (cara makannya nasi dicampur dengan kuah gule dan rendang yang Anda dapatkan semangkuk). Yose dari Wisesa Motorsport saja sampai menelpon saya ketika dia di Medan, dan menanyakan tempat ayam goreng ini karena penasaran dengan rasanya setelah melihat liputan saya di Perfourm.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (181)4 jam sebelum pesawat saya berangkat, saya pun masih terjebak dengan wisata kuliner di kota Medan. Terutama dengan bakso daging sapi itu. Akhirnya guide kuliner saya Litowongso kembali mengajak saya ke tempat itu dan memesankan saya 2 tulang sum-sum dan iga. I’m done dengan makanan saya dan tulang sum-sum, tapi Lito pun semakin menggila. Kalo ada acara Man vs food, mungkin Litolah yang menjadi juaranya.

Medan racer day Out 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (47)Well itu tadi liputan saya di kota Medan, bersama Enjoy Management di Medan Racer Day Out 2015. Medan selalu menjadi kota motorsport yang menyenangkan bagi saya, hingga membuat website ini atau Perfourm menjadi food blogger. Maklum saja disamping motorsport, saya juga suka sekali wisata kuliner, dan travelling. Semoga tahun depan saya bisa kembali ke kota ini untuk sekali lagi meliput event drag race ataupun rally. Karena Medan adalah ibukotanya Rally Indonesia. Dan tentu saja kembali lagi untuk hunting kuliner baru. Horas bah…!!

 

-Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURM  and you can be on Perfourm live on the website

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!