2015 ISSOM RD.6 : THE WET FINAL BATTLE RACE

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (73)Musim balap ISSOM atau Indonesia Sentul Series of Motorsport 2015 akhirnya memasuki seri pamungkasnya, yaitu seri ke-6 yang di adakan pada tanggal 27 November hingga 29 November 2015 yang lalu. Wet race pun mewarnai seri yang menjadi penentuan title juara umum dan nasional di setiap kelas yang bertitel kejurnas atau kejuaraan nasional. Inilah final battle dari event balap mobil terbesar di Indonesia, yang diadakan di Sentul International Circuit

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (2)Inilah enaknya punya mobil balap yang bertanding di Honda Jazz Speed Challenge ataupun Honda Brio Speed Challenge, yaitu masih bisa digunakan sebagai mobil harian. Bahkan beberpa peserta masih menggunakan AC di dalamnya, padahal AC bisa dibilang menambah beban putaran mesin walaupun tidak digunakan sewaktu race ( mesin ikut memutar compressor AC). Bensinnya pun memakai Pertamax Plus atau Shell V-Power.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (3)Minggu pagi, cuacapun masih cerah dan matahari masih mau menampakkan dirinya. Beberapa mobil pun tampak sedang Sunbtahing atau berjemur menikmati sinar matahari di pagi hari yang konon ceritanya banyak mengandung vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang ini.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (9)Gerry Nasution bisa dibilang sebagai seorang pembalap senior yang sangat menghargai orang-orang terdekatnya dengan ikut mengenang mereka yang telah meninggal dengan menempatkan space khusus di mobil balapnya. Pada tahun lalu di saat dia kehilangan mekanik nya yaitu M. Noer dia meletakkan nama M. Noer di helm dan juga kaca samping BMW E30 nya dan juga helmnya. Kini setahun berlalu, ibundanya yaitu T.H Nasution mengahadap sang Ilahi 2 minggu sebelum ISSOM seri 6. Founder BMWCCI inipun menempatkan nama sang ibunda tercinta  di kaca samping mobil balap BMW E36 nya. Jika Cinta Ibunya sepanjang jaman, maka cinta Gerry Nasution sepanjang jaman dan sepanjang lintasan dia akan balapan bersama ibunda tercintanya

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (35)Saya baru ngeh kalo Steering wheelnya E36nya Gerry Nasution seperti ini, yaitu terpotong dibagian atas, hingga mirip seperti steering wheelnya F1. Mungkin alasan yang tepat adalah supaya bisa melihat shifting light yang terletak di Haltech race dashnya.

ISSOM RD.6 2015.PERFOURM.COM.Bayu Sulistyo (141)Bambang Seto Dari Bar Speed yang biasanya membawa sebuah Datsun 510 yang dipersenjatai dengan mesin K20A Type R dengan 4 barrel, kini membawa senjata lamanya lagi. Yaitu sebuah Honda Civic Integra DC5 Type R yang dilengkapi dengan K20A lengkap dengan ITB nya. So if you wanna race, Anda pasti membutuhkan sebuah mobil balap lengkap dengan powerful engine laksana mesin roket yang bisa mengantarkan Anda yang pertama ke garis finish. Mungkin terlihat simple hanya body mobil dan mesin saja, tapi sebenarnya complicated untuk urusan sebuah mobil balap.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (39)Anda harus merelakan interior mobil Anda di obrak-abrik (dibuang yang tidak penting) dan ditanamkan roll cage hingga membuat mobil Anda tampak seperti sebuah penjara ketimbang sebuah mobil. Well, tentu saja semua itu ada alasannya. Program diet atau weight reduction bertujuan untuk mengejar power to weight ratio alias semakin enteng mobil Anda maka ya bisa semakin kencang mobil Anda. Sedangkan penjaranya atau roll cage nya bertujuan melindungi Anda dari berbagai macam benturan, baik dengan sesama mobil ataupun tembok pembatas lintasan. Saya sudah sering lihat dimana besi ini menyelamatkan banyak nyawa orang di lintasan, jadi akan lebih baik Anda tidak memakai pipa ledeng (galvanis), tetapi pipa besi seamless (Minimal 6 titik). Safety 1st guys.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (6)Keseimbangan atau balance di mobil balap juga penting supaya mobil lebih enak di ajak menikung. Oleh karena itu hampir semua team walaupun sudah melakukan spooring (meluruskan kembali kedudukan keempat roda mobil sesuai dengan kriteria dan type mobil, pembalap atau setingan chamber) dengan teknologi 3D di toko ban tapi tetap melakukan spooring ulang dengan berbekal benang dan besi panjang. Karena this is motorsport, dengan kata lain mobil disiksa menikung dengan kecepatan tinggi, maka spooringan pun bisa berubah lagi. Kalau tidak di spooring maka mobil jalan mobil tidak akan lurus, dengan kata lain Anda akan kerepotan sewaktu menikung, karena steering wheels terasa berat, sehingga waktu Anda terbuang percuma di tikungan.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (14)Aero kit juga berperan penting untuk menjaga mobil balap Anda untuk tetap lengket dengan lintasan. Jika Anda berbicara mengenai sistem aerodynamic atau aero kit yang downforcenya gila-gilaan, Anda harus belajar dari mobil Lamborghini Gallardo Super Trofeo Asia.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (13)Faktanya ‘down force trim’ bisa di adjust ke 128kg untuk ‘low down force mode’ dan bisa dinaikkan lagi menjadi 160kg untuk ‘high down force mode’ Sementara additional air intakes dan outlets nya bisa meningkatkan kapasitas pendinginan mesin hingga sekitar 50 % . Bahkan paket aero kit special buatan Maurizio Reggiani, Kepala R&D Lamborghini ini terhitung cukup sempurna untuk mobil yang diperknalkan untuk musim balap 2013 ini. Yaitu membuat si banteng ini menjadi sebuah mobil balap yang sempurna dengan sebuah paket aerokit yang tidak hanya bisa meningkatkan downforce, dan meningkatkan cooling performance saja, tapi juga mampu mengurangi berat mobil sebesar 25 kg yang membuat si Lambo ini menjadi seekor banteng liar namun tetap terkontrol.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (38)Selain di kelas Lamborghini Super Trofeo yang aerokit nya bisa di bilang levelnya amazing, ada satu kelas yang tampaknya sudah menuju gerakan sadar aero kit, yaitu kelas Euro 3000. Dimana beberapa peserta sudah mulai memperhatikan pentingnya aero kit seperti penggunaan over fender bentuknya yang fungsional untuk mengejar downforce namun tetap manis (form follow function), canard, front bumper, rear bumper beserta diffuser, dan tentu saja gt-wing. Tentu saja semuanya ada hitungannya dan sudah melalui test.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (7)Jika mesin Anda sudah ganas dan brutal dan body mobil Anda sudah ringan dan dipersenjatai dengan aerokit yang sangat aerodimanis hingga membuat Anda bisa merasakan dijambak oleh yang namanya G-Force serta menempel ke lintasan. Masalah selanjutnya yang timbul akibat kecepatan tersebut adalah bagaimana membuat mobil Anda stabi, terutama bisa berhenti. Jawabannya adalah coilover dan tentu saja brake kit system. Mulai dari 2 way hingga 4 way (coilover), hingga dari 4 pot hingga 12 pot atau piston yang mampu membuat rotasi bumi ikut berhenti.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (25)Power is nothing without control. Anda boleh mempunyai mesin terkencang, body teringan dan paling aerodimanis, dan suspension termahal dan paling rigid. Tapi jika Anda salah memilih ban, semua item yang Anda investasikan pada mobil balap Anda akan sia-sia. Karena ban adalah sebuah media yang meneruskan tenaga dari mesin melalui segala macam mekanikalnya ke lintasan. Anda akan kehilangan sepersekian detik di setiap tikungan atau pun track lurus akibat pemilihan ban Anda. Achilles Radial pun menciptakan ban barunya, yaitu ATR K-Sport dengan tradwear 140 (soft compound) yang terbukti mampu mempertajam waktu para pembalap dari 2 hingga 4 detik dari catatan waktu yang lamanya.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (40)Karena kebutuhan ban yang cukup banyak pada ISSOM, maka beberapa pabrikan ban seperti Achilles Radial pun menyediakan mobile tyre changer. Dan gratis bagi pengguna ban Achilles.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (33)Saya pun kembali berkeliling ke area pit Sentul dan menemukan ada 1 buah Honda Brio yang livery nya cukup unik didalam pit Garden Speed. Yaitu Honda Brio milik Aji Stok yang memplesetkan si Michelin man atau Bibendum dengan Ngangenin. Setahu saya Michelin sering dipelesetkan menjadi Ngeselin.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (24)Saya pun mulai berburu salah satu gear balap favorit saya, yaitu helm

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (15)Saya pun menemukan Arai helmet milik pembalap senior Jimmy Lukita dari team ABM Motorsport muncul dengan livery yang cukup girly yaitu pink. Well I guess the old man become a pinky boy.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (85)Silas Andrianto dari team ABM Motorsport akhirnya kembali lagi ke lintasan bersama BMW E30 nya yang bernama Cengek yang tampangnya bisa di bilang lebih mirip Hotwheels diecast treasure hunt daripada mobil nya Mas Boy. Silas pun sudah memenuhi persyaratan dari pihak scrutineering Sentul supaya bisa lolos scrut yaitu dengan membuat hood dari one pieces nya dan juga menambahkan plat besi 50 mm pada bagian firewall nya.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (10)Sementara Evan Pratama atau Mr. Cuan mulai seri ke-5 kemaren mulai memperkenalkan young racer movementnya yang bernama Fresh Fruits beserta Fresh Fruits Livery yang tampak memang benar-benar segar khas livery balap mobil 90’an.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (32)Dari young racer movement, kita beralih ke oldschool racer movement. Saya pun tidak sengaja menenmukan sebuah sticker salah satu team motorsport Indonesia pada era sekitar 80’an hingga 90’an ( Mulai dari Sirkuit Ancol, Sirkuit Sentul, dan Rally). Yaitu Humpuss Racing Team atau Humpuss Motorsport yang merupakan sebuah team balap yang di miliki oleh Tommy Soeharto, anak dari mantan Presiden RI yang ke-2, Soeharto. Saat ini Humpuss Racing Team mempunyai team junior yaitu Humpuss Junior Racing Team yang merupakan sebuah tim baru yang akan bertarung di Formula Masters China Series (FMCS) dengan line up pembalap juniornya Darma Mangkuluhur Hutomo (15 tahun) dan Yasuo Senna Iriawan (17 tahun). Dan yang bertindak sebagai Manager Humpuss Motor Sport, yaitu pembalap senior Chandra Alim.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (43)Selain Lamborghini Gallardo Super Trofeo, ada juga supercar yang ikut meramaikan ISSOM, yaitu Ferrari F430 pada kelas F430 Competizone dan Porsche Carrera pada Euro 3000.

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (2)Pagi hari sebelum race yang dijadwalkan di mulai pada jam 8 pagi bisa dibilang jam-jam nya sibuk bagi sang mekanik dan crewnya untuk mempersiapkan mobil para pembalap. Terlebih lagi bagi mereka yang masih mengalami penyakit pada saat qtt (sehari sebelumnya)

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (37)Well tapi buat mobilnya yang sudah sehat dan siap perang, mungkin sang mekanik bisa adem ayem. Tapi bagaimana dengan pembalapnya yang masih trouble pada badannya? Mungkin memanggil tukang pijet ke pit bisa menjadi jalan tuntas.

AP Speed ISSOM rd.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (14)Oleh karena itu disarankan untuk cukup makan, istirahat, terutama tidur bagi semua pembalap yang hendak menghadapi qtt ataupun race day. Bahkan waktu latihan pun. Dan juga disarankan sebelum masuk ke dalam mobil balap, para pembalap harus melakukan pemanasan atau peregangan otot-otot terlebih dahulu supaya ototnya lemas sewaktu balapan dan tidak kaget terkena g-force selama kurang lebih 30 menit.

IMG_5230Race 1 pun dibuka oleh Mercedes Benz Club Indonesia Championship yang diikuti oleh 19 pembalap yang dijadwalkan berlangsung selama 10 laps atau 39,65 km

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (30)Vidi Achmad Dwiputra dari team Ponso Racing Team pun hadir dengan livery baru yang membalut Mercedes Benz W124 300 E nya. Vidi pun berhasil finish I urutan ke- 4 (umum) dan berhasil meraih podium ke-2 di kelas B4 dengan best timenya 2.00.827

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (41)Tomi Hadi dari team Gaspol Racing Team berhasil finish di urutan ke-2 dan menduduki podium ke-2 di kelas FFA dengan best timenya 1:57.664

IMG_7615Sementara finish terdepan dan juga merebut podium 1 di kelas FFA nya adalah Hari Darma Manopo dari team Mercedes W202 Motorsport dengan best timenya 1:48.811. Hari Darma bisa dibilang penguasa baru MBCI Championship dengan W202 merah yang dulunya pernah di piloti oleh Dodi Saputra.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (17)Race ke-2 adalah Euro 2000, satu persatu para pembalap pun berjalan menuju area waiting zone. And it’s look cool jika melihat para pembalap berjalan dengan race suit beserta helmet dan hans nya.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (20)Swag people detected !

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (42)Jika Gerry Nasution mengenang almarhum Ibunda tercintanya dengan meletakkan nama sang Ibu di kaca samping , maka lainnya halnya dengan Raden. So far ini adalah race gear paling favorit saya, yaitu helm dan HANS milik Raden Gempita dari team Sumsel Bi-Tech Performance yang pada kali itu harus puas finish di urutan ke-9 (umum) dan ke-4 Euro 2000 Master dengan best timenya 1:57.429

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (18)Euro 2000 sendiri bisa dibilang kelas favorit yang starter nya cukup banyak (28 starter). Berbagai macam mobil dari pabrikan Eropa pun memenuhi grid di kelas ini. Mulai dari BMW, Mercedes Benz, hingga Peugeot.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (19)Pembalap muda Zharfan Rahmadi dari team D’spec Motorsport berhasil finish di urutan ke-5 (umum) dan naik ke podium ke- 3 kelas Euro 2000 Master dengan best timenya 1:55.062

2015 ISSOM-rd.6.perfourm.com.bayu-SulistyoWell, Achilles Radial pun tampaknya go all out pada seri pamungkas ISSOM dengan menghadirkan line up umbrella girls nya yang hot lengkap dengan costumnya yang look so damn sexy.

AP Speed ISSOM rd.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (52)Dan sepertinya memang umbrella girl memang dibutuhkan untuk cuaca cerah sajam tapi juga untuk musim hujan pada saat ini dimana kemungkinan besar balapan akan berlangsung secara wet race. Cuaca pada pagi menjelang siang itu pun berubah menjadi awan hitam pekat yang menutupi langit Sentul.

AP Speed ISSOM rd.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (53)Dan yang kebagian jackpot adalah para peserta di kelas Honda Jazz Speed Challenge dan Honda Brio Speed Challenge yang notabenenya banyak disi oleh pembalap baru atau freshman. Seperti Rian Risky dari team B16 AP Speed yang setelah 5 seri absen kembali lagi ke HJSC dan disambut oleh wet race. Padahal pembalap asal Surabaya ini masih buta dengan wet race, jadi ini adalah 1st debutnya di wet race.

AP Speed ISSOM rd.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (54)Langit pun mulai mendung, dan dengan diringi suara petir, hujan pun mulai turun walupun hanya gerimis. Paniti pun memutuskan mengumpulkan seluruh peserta HJSC dan HBSC di area waiting zone. Mereka pun memberikan aturan main berupa headlights beserta lampu kota harus dinyalakan sebelum memasuki lintasan. Dan panitia akan mengawasi jalannya balapan, jika kondisi benar-benar buruk, maka balapan akan dihentikan atau dipandu dengan safety car.

AP Speed ISSOM rd.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (59)Benar saja, baru saja para pembalap masuk ke dalam mobil, hujan pun mulai turun dengan derasnya. Disinilah mental sm fisik saya sebagai motorsport photograper di uji. Saya yang notabene sedang tidak fit alias kena flu dan demam dari tadi malam, akhirnya memutuskan untuk tetap bertarung memburu photo dibawah hujan deras walaupun saya sedang sakit. Dan juga gambling dengan kamera saya yang basah kuyub, karena jika camera saya rusak. well, itu berarti game over karena saya tidak bisa bekerja (this is my only one camera i have, Canon 550D)

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (52)Dan akhirnya sekitar 27 pembalap pun harus start dibawah guyuran hujan yang cukup deras.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (59)Hingga akhirnya ketika balapan baru berlangsung 2 lap hujan pun mulai menggila dan turun dengan derasnya, hingga membuat siang hari itu berubah menjadi seperti malam hari.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (60)Hingga pada akhirnya Rio SB dari team Honda Racing Indonesia yang berada di posisi 1 mengangkatkan tangannya keluar dari jendela kepada RC tanda dia tidak bisa melihat kedepan akibat hujan yang turun dengan derasnya alias buta. Sementara Andrew Haryanto dari Honda Bandung Racing Team berada di posisi ke-2 dibelakang Rio.

AP Speed ISSOM rd.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (70)Akhirnya safety car pun masuk ke dalam lintasan karena ada insiden kecelakaan di dalam sirkuit.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (68)Setelah safety car masuk kembali ke dalam pit, sebanyak 25 dari 27 pembalap pun kembali melanjutkan balapan di bawah guyuran hujan yang cukup deras.

AP Speed ISSOM rd.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (71)Rian Risky Putranto dari team B16 AP Speed akhirnya bisa menyelesaikan wet race pertamanya dengan finish di posisi ke-20 (umum), dan berhasil naik keatas podium ke-3 HJSC promotion class. Walaupun sempat terkena pinalty akibat masalah e-brake yang tidak mau lepas sewaktu hendak warm up lap, dan juga mengemudi tanpa bisa melihat apa-apa akibat hujan deras. Pembalap Surabaya ini berhasil mencetak best time 2:14.676 di 1st debutnya pada wet race.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (58)Ada fakta yang menarik dan unik serta lucu di pada wet race yang terjadi di HJSC dan HBSC kali ini. Ternyata beberapa pembalap yang menggunakan Honda Brio bahkan pembalap baru (rising star) bisa finish dalam 5 besar. Selidik punya selidik ternyata mobil balap mereka masih dipersenajatai dengan AC alias masih berfungsi, sepertinya ini mobil harian juga. Jadi mereka terhindar dari yang namanya embun pada kaca depan mobil mereka, balapan pun tidak kehujanan karena tidak perlu membuka jendela. Jadi ya seperti mengemudikan mobil harian ditengah hujan, la wong tidak bisa ngebut. Contohnya orang yang beruntung itu adalah Yulianto Adi dengan Honda Brio 1300 nya yang berhasil finish ke- 4 (umum) dan podium 1 Brio 1300 dengan best timenya 2:06.760. ( 1,2,3, dan 5 Honda Jazz)

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (67)Sementara si rising star Rasyid M Bilal dari team Rev Engineering bisa dibilang sebagai Rain Master Junior di HJSC. Bilal yang biasanya finish di luar 5 besar, kini bisa finish di urutan ke-3 (umum) di belakang Andrew Haryanto (Honda Bandung Racing Team) dan Rio SB (Honda Racing Indonesia). Bilal pun berhasil merebut podium 1 HJSC Rising Star dengan balapan full AC pada GK5nya. Best timenya adalah 2.05.606. Bilal juga berhasil menjadi juara kedua umum HJSC 2015 rising star dengan 64 point dan hadiah uang tunai Rp 15.000.000 beserta trofi.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (66)Sementara finish ke- 2 di HJSB adalah Andrew Hartanto dari Honda bandung Center Racing team yang menempel ketat Rio SB dari lap awal. Andrew pun berhasil naik ke podium 1 kelas promotion dengan best timenya 2:00.673 dan juga berhasil menyabet sebagai juara umum kelas promotion.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (70)Sementara sang rain master kali ini, yaitu The Smokey Rio SB dari team Honda Racing Indonesia yang berhasil finish di depan Andrew Haryanto (HBRT) yang finish ke-2. Rio yang finish 1 ini berhasil mencetak waktu 2:00.426 detik. Drifter inipun berhasil mengumpulkan 90 point dan enam kemenangan beruntun pada musim balap HJSC 10 tahun 2015 sehingga berhasil keluar sebagai juara umum HJSC 2015 dengan hadiah uang tunai Rp 30.000.000 dan trofi

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (72)Meet Rasyid M Bilal dari team Rev Engineering dan Rio SB dari team Honda Racing Indonesia yang bisa dibilang Rain Master pada HJSC seri 6 itu.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (64)Well melihat HJSC berjalan dengan kondisi wet race, dan juga lintasan sudah terlanjur basah, maka mau tidak mau mekanik dan crew dari Lamborghini Super Trofeo menggantikan ban slickynya dengan ban basah atau wet tyres.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (74)Bahkan crew dari S Motorsport sampai-sampai menggosok permukaan ban Yokohama Advan AD08R nya dengan sikat besi supaya permukaannya kasar dan berpori. Tujuannya yang pasti agar ban mendapatkan grip yang lebih. Saya tidak tahu apakah cara ini mujarab atau tidak.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (76)Ibaratnya di musim hujan banyak burung wallet berterbangan di udara ataupun kodok bernyanyi bersau-sautan karena akan turun hujan. Maka jika di ISSOM, jika para race queen dari Lamborghini ini sudah posisi berdiri dan berjejer rapi, itu berarti si banteng akan segera bertanding.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (77)Terdapat 7 banteng yang bertanding pada race kali itu. Dan Anda tahu jika Banteng ini keluar dari kandang nya dan masuk kedalam grid, yang pasti ibaratnya gula dan semut. Para pengungjung ISSOM pun langsung memadati area pit lane.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (78)Selain karena embel-embel super car nya yang menjadi chicks magnet bagi para pengungung, race queen nya pun juga menjadi guys magnet ketika sedang menjalankan tugas kenegaraanya membawa grid number.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (81)Harus saya akui Lamborghini Super Trofeo ini bisa di bilang menjadi mobil yang paling eye catching atau paling dibagus untuk diphoto oleh kami para motorsport photographer.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (83)Ibaratnya dia seorang wanita, maka dia adalah seorang wanita super duper cantik dengan predikat super model yang tubuhnya penuh dengan lekukan khas tubuh wanita (s curve). Dimana setiap senti tubuh Gallordo ini sangatindah dan menggoda layaknya tubuh seorang model.ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (79)Apalagi mereka bermain air atau basah-basahan beramai-ramai lagi selama 15 lap. Isn’t that sexy guys?

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (84)Yang uniknya lagi dari kelas ini adalah masing-masing pembalap harus masuk kedalam pit (pit in) untuk melakukan pit stop baik itu untuk istirahat, minum, pengencangan lug nut, pengecekan tekanan ban, ataupun pergantian ban. Biasanya mereka melakukannya di pertengahan lap, antara lap ke-6,7, atau 8 dari 15 lap. Dan yang paling saya suka adalah suara ketika mereka mulai masuk ke dalam pit hingga keluar, yaitu suara mesin yang di kasi limiter untuk melewati area pitline (pit lane limiter). Andrew Haryanto dari team Lamborghini Jakarta Smartfren berhasil finish 1 dan menguasai balapan ini dengan best timenya 1:37.247

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (13)Masuklah kita di kelas yang dipenuhi dengan pembalap senior atau old school dan juga pembalap mudanya swag people. Di barisan line up pembalap mudanya( Arya dan Zharfan) rata-rata disi dari team Fresh Fruits yang sebagian besar notabene adalah para drifter nasional (Fadil dan Evan Pratama).And they so wild, young, and free…also bromance.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (89)Bandingkan saja dengan pose para pembalap senior ini, jauh terlihat lebih formal dan sedikit bromance. Ini adalah 3 pembalap yang berbeda generasi. Hendy Prabowo (tengah), Sunny TS (kiri), dan Wing Baroto (kanan)

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (90)Beberapa pembalap senior pun tampak tampil dendy sekali dengan sepatu baru mereka yang terlihat eye catching. Seperti Ahmad Sadewa dari team D’Spec Motorsport dengan Adidas Daytona nya.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (91)Menunggu memang adalah suatu aktifitas yang paling membosankan di dunia. Terlebih lagi jika Anda menunggunya di area waiting zone, A.A Erga dari team R.G Motorsport saja sampai terlihat melamun yang cukup lama dengan tatapan mata yang kosong.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (92)Beberapa orang seperti Sunny TS pun terlihat berdoa terlebih dahulu sebelum mulai menyalakan mesin Porsche Carrera nya. Dan doanya pun cukup lama dan panjang. Keselamatan adalah nomor satu, menang atau podium hanyalah sebagai bonus nya. Intinya Anda melakukan ini karena Anda cinta dengan motorsport, suka akan darah Anda yang mendesir dan jantung Anda yang berdetak kencang mengikuti rpm mobil Anda.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (98)Sunny yang pada seri ke-6 ini berhasil berada di posisi 1 dengan merebutnya dari tangan Hendy Prabowo (P1 qtt) pun dibayang-bayangi oleh 6 mobil yang selalu dog fight atau menempel ketat dari seri pertama ISSOM 2015, yaitu Rudy SL, Dodi Saputra, Ahmad Sadewa, Hendy Prabowo, dan Agung Nugroho.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (100)Jika Anda berbicara mengenai Euro 3000, maka yang ada hanya lah pertarungan dogfight antara se sama BMW bermesin M3

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (99)Dan tentu saja M Power melawan 3.6 L Flat 6 Porsche Carrera. Mungkin Anda tidak akan melihat mobil asli M series yang dogfight disini dengan Porsche, tapi And abisa melihat dan mendengar raungan khas mesin 3.0 L inline 6.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (97)Ya walaupun Mercedes Benz tidak punya taji di kelas Euro 3000 Master alias keok dengan M series dan Porsche, rival BMW ini paling banyak mengisi slot Euro 3000 Novice. Seperti Davi Saputra dari team Ponsco Racing Team dengan MB W124 320E hanya mampu finish di posisi ke-19, namun berhasil merebut podium ke-2 di Euro 3000 Novice dengan best timenya 1:59.847. Just for your info saja gap antara Devi dengan Sunny TS (Porsche Carrera) 26.226 detik

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (36)Diatas nya kelas Novice ada kelas Promotion, yang dimana Arya Karistianto dari team AHT Garage berhasil merebut podium 1 dari tangan Suraj dengan best timenya 1:51.806. Arya pun juga berhasil keluar sebagai runner up juara umum Euro 3000 Promotion.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (102)Naik 1 kelas lagi diatas Promotion, yaitu kelas Master, Silas Andrianto harus mengakui keperkasaan Hari Darma Manopo dengan Mercedes Benz W202 AMG nya yang merebut podium 1 dari tangan Silas. Silas pun harus puas di podium ke-2 Master dengan best timenya 1.49.473. harus saya akui, E30 yang bernama cengek ini handling jauh lebih rigid daripada E30 lainnya bahkan E36 atau E46 dan bahkan Porsche. Karena E30 ini dibangun untuk mengejar low center gravity dan juga 50:50 weight distribution (mesin dan posisi driver mundur dipilar B), membuat mobil ini mampu menikung dengan tajamnya tanpa terlihat limbung.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (95)Akhirnya Sunny TS dari team Top Group berhasil finish diurutan pertama dan menduduki podium 1 di kelas Euro 3000 Pro dengan best timenya 1:44.912. Sunny TS pun juga berhasil keuar sebagai runner up juara umum Euro 3000 Pro. Sementara juara umumnya adalah Rudy SL dari team Jakarta Band Motorsport.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (103)Ada satu insiden yang terjadi di saat akhir balapan. Yaitu tiba-tiba E46 A.A Erga dari team R.G Motorsport menabrak E46 milik Ivan Dumais dari tem Private Auto Garage pada tikungan S besar. Hingga membuat roda belakang sebelah kanan E46 milk Ivan patah dan terlempar ke lintasan.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (106)Ivan Dumais yang merupakan pembalap dari kota Surabaya ini pun terpaksa berjalan kaki menuju pit meninggalkan mobilnya yang rusak di tikungan S besar. Ivan yang bertanding di kelas Euro 3000 Master ini pun gagal finish atau Did Not Finsh. Best timenya pada race kali itu adalah 1:54.542

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (107)Oh hi..hello there. Dan umbrella girl Achilles Radial pun beraksi di depan mobil 5 besar Euro 3000 Pro. I don’t know ya guys tapi selama saya dinas di Sentul dari tahun 2013 hingga 2015 ini saya tidak pernah melihat umbrella girls seperti umbrella girlsnya Achilles Radial yang sebelah kiri.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (109)Mungkin karena fitment antara wardrobe Achilles Radial dengan body kit sang model proper, dan membuatnya terlihat….stance atau bahkan hellaflush.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (112)Well lupakan soal hellaflush dengan konsep function follow form nya, maka jika Anda di motorsport yang benar adalah form follow function. Fitment terbaik bagi mobil balap adalah fitment berdasarkan setingan yang pas (mesin dan gearbox) untuk meneruskan tenaga dari mesin ke lintasan. Karena salah fitment, maka performance pun berkurang. Love the Go Devin Go spidol….cute

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (119)Bertarung seorang diri di kelasnya B1, Denny Pribadi dari team Total Motorsport keluar sebagai juara 1 di kelas B1 Super car Championship dengan best timenya 1:58.229

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (113)Devin Gani dari team S Motorsport dengan Lancer Evolution IX CT9A nya berhasil finish diurutan ke-9 (umum) dan naik keatas podium ke-2 di kelas Super Car Championship B2 (2000cc) dengan best timenya 1:49.956

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (117)1 kelas di atas Devin, yaitu B3 ada Wahyu Kumoro atau Mimo dari team Garden Speed Wiens Ophjaya yang keluar sebagai juara 1 dengan best timenya 1:48.136

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (116)Di kelas A2 SL Gold ada Uthan M.A Sadikin dari Achilles Racing Team yang harus puas di podium ke-3 dari 3 F430 Competizone yang ikut bertarung di Super Car Championship. Uthan pun mencetak best time 1:44.776

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (80)Gagal di Lamborghini Super Trofeo karena D.N.F atau Did Not Finish. Ananda Mikola berhasil kembali membuktikan sebagai yang tercepat di kelas SCC dan juga sirkuit Sentul. Yaitu dengan finish 1 dan menyabet podium 1 di kelas A1 SL- Platinum dengan best timenya 1:32.252

AP Speed ISSOM rd.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (96)Kalo itu tadi FFA nya mobil Supercar dan turbo, kini kita beralih ke FFA nya all motor atau natural aspirated nya ISSOM, yaitu Super Touring Car Championship. STCC ini merupakan kelas dengan peserta terbanyak di dalamnya, banyangkan saja ada sekitar 44 Peserta yang akan saling dog fight selama 12 lap. M. Herdy B16 AP Speed pun berhasil mencuri pole position atau P1 dari temannya Dodi Saputra ABM Motorsport. Ini adalah pole positionnya yang ke-2 di tahun 2015 ini. Uniknya P1 Herdy dilakukan 2 kali sebagai pembuka (seri 1) dan penutup (seri ke-6). Sementara di posisi ke-2 ada M.Ichsan dari Eneos Gilabalap.

AP Speed ISSOM rd.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (103)Dan seperti biasa jalannya kelas neraka ini diringi banyak drama layaknya telenovela. Aksi salip menyalip atau dog fight di setiap tikungan, dan tentu saja insiden kecelakaan yang membuat si patwal atau safety car harus masuk dan mengawal peserta hingga sampai 2 kali. Herdy pun terpaksa harus kehilangan posisi 1 nya yang direbut oleh Dodi Saputra dengan BMW V8 nya.

AP Speed ISSOM rd.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (105)Rian Risky Putranto dari team B16 AP Speed yang pertama kalinya mengikuti STCC ini pun tampil begitu agresif dari mulai start denga menyalip beberapa mobil di depannya yang mempunyai cc mobil lebih besar dari GE8 nya. Namun sayangnya beberapa lap sebelum race berakhir, mesin L15A mengalami kendala hingga memaksa pembalap Surabaya ini memasukkan mobilnya ke dalam pit.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (131)Ingat ketika saya bilang ini adalah kelas FFA nya All Motor atau Natural Aspirated? Itu berarti semua mobil baik itu old school atau pun baru, injeksi ataupun carburator, 1600 hingga 3500 cc, semua bebas bertarung di kelas ini. Dan yang paling menyenangkan adalah melihat mobil retro ikut di kelas ini.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (124)Dimana kelas ini banyak di ikuti oleh Japanese Nostalgic Car seperti Daihatsu Charment, Toyota KE70 atau DX, Toyota Starlet KP61, dan Datsun 510. Dn rata-rata mereka telah dipersenjatai dengan mesin baru yang powerful, beserta body kit atau aero kit yang memaksa mereka memakai rims yang super lebar. And its looks good. Adi Wicaksono dari team Yans BIM Speed dengan Datsun 510 nya (SR20) berhasil duduk di podium ke-5 di kelas Retro STC 2000 dengan best timenya 1:57.789

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (130)Diatas Adi ada Achmad Muzobar atau C’aem dari team Jakarta Ban Motorsport dengan Toyota Starlet KP61 nya berhasil duduk di podium ke-4 di kelas STC 1600 dengan best timenya 1:56.335

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (127)Ismail Ekadana dari Dan’s Racing Team pun harus puas diposisi ke-6 dan terlempar dari podium 5 besar di seri pamungkas ini. KE70 yang dipersenjatai dengan mesin Honda F20C 4 barrel harus puas bertengger di posisi ke-6 Retro STC 2000 dengan best timenya 1:56.256

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (126)Dan yang mungkin medapatkan gelar sebagai the fastest and the strongest Retro car di ISSOM atau Sentul, adalah Toyota KE70 atau DX milik Bambang Hutomo dari team Jakarta Ban Motorsport. KE70 yang dipersenjatai dengan 3SGE Beams ini perlahan-lahan waktunya naik dari 1:49, 1:48, hingga akhirnya di seri ke-6 ini mencetak best time 1:47.699 yang membuatnya bertengger di podium 1 Retro STC 2000 dan finish diurutan ke-5 (overall). Bisa dibilang ini adalah the one and only Retro car yang bisa masuk ke area holly land retro car, yaitu under 1:50. Robert Paul dari team Garden Speed dengan Alfa Romeo GTV nya hanya mampu bermain di area 1:50 dan 1:51

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (123)Di depan Bambang Hutomo ada Bambang Seto dari team Bar Speed dengan Honda Civic Integra Type R DC5 tampak mulai mengejar 2 Honda Civic didepannya (Ichsan dan Herdy). DC5 yang dipersenjatai dengan K20AR ITB ini berhasil finish ke-4 (umum) dan berhasil naik ke podium ke-3 STC 2100 dengan best timenya 1:48.552.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (125)Ichsan dari team Gila Balap Eneos pada seri ke-6 ini harus puas finish dibelakang M. Herdy atau ke-3 dengan Honda Civic Genio nya yang mulai seri ke-6 ini di back up oleh Engine + bukan R Speed lagi. Ichsan pun berhasil naik keatas podium ke-3 (umum) dan ke-2 STC 2100 dengan best timenya 1:47.045

AP Speed ISSOM rd.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (102)Akhirnya setelah 5 seri bertarung denga segala macam kendala mulai dari braking system hingga mesin di musim pertama nya bertarung di ISSOM 2015. M. Herdy akhirnya bisa finish di urutan ke-2 atau di depan rival utamanya yaitu M. Ichsan yang hanya mampu finish ke-3 di belakangnya. Dari seri 1 hingga ke-5 Herdy menang selalu kalah dogfight dengan Ichsan, namun di seri ke-6 ini performa M. Herdy dengan mesin 310 HP B20 baru dan juga didukung oleh pemilihan ban yang tepat, yaitu Achilles ATR K-Sport 15 inch. Herdi mampu menembus waktu 1:45 detik sewaktu official practice day, dan 1:46 di qtt, hingga akhirnya mencetak best time 1:46.085 sewaktu race day dan naik ke podium ke-2 (overall STC), dan 1 di kelas STC 2100.

ABM Motorsport issom rd.6 2015. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (27)Akhirnya setelah 12 laps penuh drama Dadi Saputra dari team ABM Motorsport berhasil finish yang 1 untuk yang ke-6 kalinya di Super Touring Car Championship ini. Dodi juga berhasil merebut podium 1 di STC 3500 dan BMW STC 3500 dengan best timenya 1:44.191

AP Speed ISSOM rd.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (110)Dan untuk yang ke-3 trio libels STC ini kembali naik ke atas podium STC secara bersama-sama. Dodi Saputra yang menyabet gelar juara umum kelas Super Touring Championship (STC) 3500 BMW STC 3500, dan Open Class STC

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (135)Sementara M. Ichsan walaupun kali itu dia harus puas finish ke-3 umum dan ke-2 di belakang Herdy pada kelas STC 2100, namun dia pulang dengan membawa 3 piala dengan 1 gelar juara umum. Ya, Ichsan pulang dengan piala juara 3 STC Umum, juara ke-2 STC 2100, dan sebuah piala juara umum STC 2100 2015.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (75)Dan orang yang paling bahagia selama 4 seri terakhir ini (seri 3,4,5,dan 6) adalah M. Zein Saleh, Marketing Manager Achilles Radial. Ban baru dari Achilles Radial yaitu ATR K-Sport mendapatkan respon atau antusias yang sangat tinggi dari para pembalap atas  performa yang sangat bagus ,dengan berhasil mempertajam waktu tempuh para pembalap dari 2 hingga 4 detik. ATR K-Sport juga berhasil mengantarkan beberapa pembalap yang menggunakannya mencentak pole position, fastest lap, new circuit record lap, dan podium di berbagai kelas ISSOM 2015.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (132)Masuk di kelas Old skool Racing Championship yang merupakan kelas yang mempertandingkan mobil-mobil jadul lengkap dengan mesin original atau oem nya yang sudah dimodifikasi (tidak diperbolehkan engine swap). Jadi ini benar-benar balapan seperti pada jaman dulu atau jadul. Dan saya baru tahu kalo Datsun kuning yang dipiloti oleh Dedy Nazar dari team Gazpoll Racing Team ini bernama Datsun Curut (jawa) atau kalo diartikan dalam bahasa Indonesia berarti Tikus. Setelah saya minta wangsit kepada mbah Google ternyata Datsun Curut adalah Datsun Sunny 1000 Sedan Sport Deluxe kelahiran tahun 1967. Datsun yang dipersenjatai dengan mesin A10 988 cc 4 cylinder OHV ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 56 ps/76 Nm. Jaman dulu mobil ini kalo sehat top speednya bisa mencapai 135 km/jam. 47 tahun kemudian Dedy Nazar mencetak best time 2:34.895 dan berhasil naik keatas podium ke-3 di kelas 1300 cc/OSC 1.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (26)Naik 1 tingkat dari kelas Old skool Racing Championship ada Kelas Retro Touring Car Championship. Dimana para pembalapnya pun sudah bersiap-siap untuk memulai race yang merupakan race terakhir ini.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (133)Retro Touring Car Championship merupakan kelas FFA nya bagi mobil-mobil retro yang sudah dimodif mobilnya dengan menghalalkan engine swap dari 1600 cc hingga 2000 cc

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (138)Di kelas ini juga Anda bisa melihat pertarungan sengit beberapa The best European Retro car seperti BMW idaman saya , yaitu BMW 2002 yang dipiloti oleh ada Uthan M.A Sadikin dari Achilles Racing Team dogfight dengan Datsun Sunny.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (137)Ataupun sebuah Alfa Romeo GTV yang dipiloti oleh the Legend Robert Poul, yang merupakan pemegang record drag race Indonesia yaitu 9,2 detik (402 meter), dan juga penguasa kelas ini.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (134)Jika Anda suka dengan Japanese Nostalgic Car seperti Datsun 510, well ini adalah kelas tepat untuk melihat si box car racer melaju dengan mesin SR20 4 barrel

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (139)Jika Anda hanya bisa melihat mobil ini pada kemasan hotwheels yang berukuran 1:64 dengan embel-embel BRE, treasure hunt alias mahal. Saran saya sebaiknya Anda datang ke ISSOM di Sentul Circuit. Selain bisa melihat mobil mainan Anda ngebut, Anda juga bisa berphoto bersama 1:1 nya.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu SulistyoISSOM seri 6 sudah berakhir, itu berarti seluruh seri dari ISSOM di musim balap 2015 ini telah berakhir. Tak terasa selama 6 seri, dan absen 1 seri (seri ke-5) saya sudah meliput event balap mobil terbesar di Indonesia ini. Dan selama 5 seri ini pun saya sudah seperti seorang marshal yang berkeliling sirkuit sepanjang 4,12 km ini untuk menemukan photo dan angle terbaik dari ISSOM untuk Anda. Ya meskipun saya di seri ke-6 melaksanakan tugas dalam keadaan sakit, dan selesai race day, langsung bed rest selama 1 minggu. But it was fun…

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (73)Saya dan Perfourm mengucapkan banyak terima kasih kepada ABM Motorsport dan juga Paul Montolalu dari ABM Enterprise yang sudah berkenan menjadikan Perfourm sebagai official media partner ISSOM 2015. Bisa dibilang ini adalah pencapaian terbesar Perfourm di usianya yang baru menginjak 2 tahun dengan berkibarnya bendera Perfourm di sirkuit kebanggaan banga Indonesia, Sentul Internasional Circuit. Padahal jujur mimpi saya adalah ditahun ke-4 saya ingin menjadi media partner ISSOM, karena saya ingin mempromosikan balap touring Indonesia ke masyarakat Indonesia dan seleuruh dunia. Tapi ternyata rejeki anak sholeh, pucuk dicinta ABM Enterprise pun tiba dan meminang Perfourm, dan jadilah photo yang seperti Anda lihat ini.

AP Speed ISSOM rd.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (90)Dan terima kasih banyak kepada Rian Risky dan kakaknya Rio R. Bramantio (Surabaya) dari B16 AP Speed yang telah mensupport penuh  saya selama 5 seri sehingga saya bisa datang, meliput, dan menghadirkan ISSOM 2015 kehadapan Anda.AP Speed ISSOM rd.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (114)Juga keluarga besar team B16 AP Speed yang menjadikan pitnya sebagai rumah ke-2 saya di sirkuit Sentul.

ISSOM RD.6 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (82)Sampai berjumpa lagi di musim balap 2016 ini. Happy new year guys. And hope this year will be better than the last year. Keep racing guys. See ya soon at the finish line…

 

-Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURM  and you can be on Perfourm live on the website

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!