ARYA KARISTIANTO : RUNNER UP EURO 3000 PROMOTION CLASS 2015

1573

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (9)Tak terasa sudah 2 tahun Perfourm bersama pembalap muda Arya “The Flying Kid “ Karistianto di ajang balap mobil touring Indonesia, yaitu IndonesiaN Sentul Series of Motorsport. Dan di seri ke-6 ISSOM 2015 ini, saya pun kembali menjadi saksi pertarungan bocah berumur 17 tahun ini berjuang untuk ke-2 kali nya meraih title runner up Euro 3000 (Master dan Promotion Class). Dengan pasokan ban baru Achilles Radial, livery helm dan livery mobil yang baru, Arya pun menutup musim balap 2015 ini dengan finish di podium 1 Euro 3000 Promotion Class.

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu SulistyoQTT DAY

Sabtu, 28 November 2015. Arya pun akan memulai agenda seri terakhir ISSOM 2015 dengan melakukan QTT day. Inilah pertama kalinya saya melihat langsung livery barunya berupa Fresh Fruit yang didominasi oleh warna putih dan hijau. Kalo saya pribadi, saya lebih suka liverynya yang lama, atau AHT Garage yang terkesan rebel, atau wild , young and free

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (2)Para mekanik AHT Garage pun masih punya PR yang harus di selesaikan sebelum mobil ini meninggalkan pit untuk memulai babak QTT yang dijadwalkan pada siang hari ini

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (3)Akhirnya Arya pun mendapatkan ban barunya berupa Achilles Radial ATR K-Sport dari pihak Achilles Radial mulai dari seri 5 dan 6 ini. Sebelumnya di seri 3 dan 4 masih menggunakan Achilles 123S namun rivalnya menggunakan ATR K-Sport yang membuatnya tertinggal.

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (4)Untuk liverynya sendiri, bocah yang baru berusia 17 tahun ini mulai memakai livery Fresh Fruit semenjak seri ke-5 yang lalu bersama para pembalap muda lainnya seperti Evan Pratama (Team Achilles Motorsport), Zharfhan (D’Spec Motorsport), Regi (AHT Garage)

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (5)Jika dulu perenutan gelar juara umum Euro 3000 Master 2014 bersama Aria KJA, maka pada tahun ini duel gelar juara umum Euro 3000 Promotion adalah Suraj D’Spec Motorsport versus Arya.

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (7)Arya pun mulai melakukan qtt Euro 3000 yang di mulai pada jam itu dengan cuaca yang cukup cerah. Tampak memang Arya merasa comfort dan nyaman dengan ban barunya ini. ATR K-Sport nya memang memberikan grip yang lebih ketika dia melibas tikungan dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (9)Arya pun berhasil menjalani qtt yang akan membawanya ke start atau grid ke-17 pada race day esok hari.

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (11)RACE DAY

Minggu, 29 November 2015. Hari terakhir di seri ke-6 pun tiba. Para mekanik AHT Garage pun kembali mengecek untuk yang terlahir kalinya BMW E36 milik The Flying Kid, dan melakukan fine tuning sebelum race

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (12)Salah satu sponsor yang masih setia mensponsori Arya dari tahun 2014 adalah Perfections Window Film yang merupakan merek kaca film yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (13)Meet the Fresh Fruits boys. Di barisan line up pembalap mudanya ada Arya dan Zharfan, dan juga rata-rata anggota nya di isi oleh sebagian besar notabene adalah para drifter nasional (Fadil, Regi, dan Evan Pratama).And they so wild, young, and free…also bromance.

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (14)Well, tak ada salahnya untuk satu kali lagi berpelukan sebagai tanda sportifitas dan saling menghargai untuk bersaing secara sehat di dalam dan luar lintasan bersama Suraj.

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (17)Gap antara Suraj dan Arya adalah 6 mobil, Arya grid ke-17, sementara Suraj grid ke-11. So, bisa dipastikan dia harus go all out untuk mengejar Suraj yang berada 6 mobil di depannya jika ia ingin naik ke atas podium 1 Euro 3000 Promotion class diakhir musim balap 2015 ini.

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (22)Well, cuaca pada saat Euro 3000 berlangsung terasa sejuk alias mendung dengan keadaan lintasan yang basah setelah diguyur hujan pada beberapa jam yang lalu. Euro 3000 bisa dibilang salah satu kelas yang pesertanya banyak dan menjadi favorit dibawah STC (Super Touring Car)

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (23)Arya pun lantas sudah bersiap di grid ke nya. Untuk lintasan yang basah ini, Arya pun mengganti ban Achilles ATR K-Sport nya dengan Achilles Radial 123S yang mempunyai keuntungan di  dry and wet grip (bisa digunakan di lintasan kering dan basah). Sementara ATR K-Sport lebih cocok atau mempunya grip yang berlebih di lintasan kering dibandingkan basah.

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (25)Tampaknya selain Evan Pratama yang memutar lagu atau playlist sewaktu balap, ada juga Arya yang tampak sedang memilih-milih lagu untuk dijadikan soundtrack atau back sound race nya seperti video game. Just for your info saya sarankan Anda kalau ngebut jangan pakai lagu rock, dub step, atau dugem, karena semua itu malah membuat Anda lambat padahal perasaan Anda tambah cepat. Tapi pilihlah lagu smooth jazz atau instrument. Karena menurut penelitian dengan metode di ruang simulasi, para subjek disuruh mengemudi sambil ditutup matanya dan diperdengarkan berbagai macam aliran music. Peraturannya adalah batas kecepatannya adalah 70 km/jam. Music rock, disco, atau yang menghentak hanya hanya bermain dikisaran dibawah 70 km/jam (ada yang diatasnya sedikit). Namun music jazz atau instrument mampu membuat si pengemudi menginjak pedal gas hingga 80 km jam hingga 90 km jam (karena terhanyut atau baper (terbawa perasaan).

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (19)Cuaca yang mendung ini juga menyebabkan satu masalah lagi untuk Arya, kacamatanya pun terlihat sering mengembun. Maka dia harus membiasakan diri mengelap kacamatanya ketika sedang flat out.

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (45)Pembalap bernomor start khas 274 ini pun langsung tancap gas meninggalkan grid ke-17 nya

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (28)Dan melewati satu persatu  peserta dari kelas diatasnya yaitu Master dan Pro, untuk memburu Suraj yang berada di posisi 1 Euro 3000 Promotion Class.

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (38)Tak membutuhkan waktu lama untuk  lama Untuk Arya untuk bisa naik ke posisi ke-14 atau 3 posisi daripada posisi awalnya yaitu 17.

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (44)Arya pun sempat terlibat dog fight dengan Silas Andrianto dari team ABM Motorsport dengan custom E30 nya yang tampak lebih rigid di tikungan ketika berhasil melibas Arya dari sisi dalam

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (40)Arya pun terlibat juga dog fight dengan Abimanyu Kameshwara dari team Segoro Kidul Eba Racing yang juga tergabung dalam Fresh Fruits. Namun Abimanyu yang masuk di kleas Euro 3000 Master berhasil unggul di depan Arya dan finish di urutan ke-12 (umum) dan naik ke podium ke-2 di kelas Euro 3000 master dengan best timenya 1:51.372

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (36)Arya pun kembali berusaha mengejar ketertinggalannya dengan flat out di sisa lap yang tersedia. Tak perduli dengan lintasan yang belum kering, bocah 17 tahun ini tetap tampil agresif untuk mengamankan posisi no.1 nya setelah memanfaatkan kesalahan Suraj yang sempat melintir.

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (46)Beberapa kali terlihat over steer atau terlihat drifting akibat terlalu memaksakan E36 nya ketika melibas tikungan.

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (41)Akhirnya the Flying Kid pun finish di urutan ke-14 umum dan berhasil meraih podium 1 di kelas nya yaitu Euro 3000 Promotion dengan best timenya 1:51.806.

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (34)Menyusul di belakangnya, yaitu Evan Pratama dari team Achilles Motorsport yang finish di urutan ke-17 (umum) dan berhasil naik ke atas podium ke-4 Euro 3000 Promotion dengan best timenya 1:56.164

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (47)Akhirnya di seri pamungkas ETCC atau Euro 3000 Promotion Arya berhasil naik kembali ke atas podium 1, setelah beberapa seri hanya mampu berada di podium ke-2 dibawah Suraj. Kini Suraj pun finish di urutan ke-5, namun Suraj tetap keluar sebagai juara umum Euro 3000 Promotion. Sementara Arya menjadi runner upnya. Dipodium ke-2 ada Eudie RDM dsri RG Motorsport, posisi ke-3 A.A Erga dari RG Motorsport, dan ke-4 ada Evan Pratama dari Achilles Motorsport. Yang specialnya lagi di seri pamungkas ini, Arya mendapatkan tamu istimewa yaitu ayahandanya Ari Karistianto yang didaulat untuk membagikan piala di kelas Euro 3000 Promotion.

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (48)Dan untuk yang ke-5 kalinya Arya dan Evan yang tergabung dalam Fresh Fruits berhasil naik keatas podium Euro 3000 Promotion secara bersamaan.

Arya karistianto ISSOM rd.6.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (43)6 Kali bertanding, 5 kali naik podium, 3 kali podium 1, 2 kali podium ke-2, dan 1 kali D.N.F (Did Not Finish) di seri ke-5. The Flying Kid pun menutup musim balap 2015 nya sebagai runner up juara umum Euro 3000 Promotion Class. Persis seperti tahun lalu dimana dia juga harus puas sebagai runner up Euro 3000 Master Class. Its a happy ending for this 17th years old boy..

Terima kasih untuk para sponsor yang telah mensupport Arya di musim balap 2015 nya ini bersama Team Perfourm Motorsport

– Perfections Window Film

– Drive M7 Energy Drink

– Achilles Radial

– Millers Oils Indonesia

– Ultra Racing Indonesia

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURM  and you can be on Perfourm live on the website

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!