ACHILLES RADIAL ADGP 2015 : PART 2, END

1696

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (307)Dari babak QTT kemaren yang dimana posisi teratas dalam pengumpulan point diraih oleh Brendon Greaves dari WA Performace Australia (S15) dengan total point 88, sementara di posisi ke-2 nya di raih oleh drifter Indonesia, yaitu Rio SB dari GT Radial Drift Team (A31) dengan total point 80. Waktunya kita beralih ke babak Top 32 dimana sebanyak 24 drifter dari dalam dan luar negeri akan head to head untuk menjadi DK atau Drift Kingnya ADGP 2015 ini.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (143)Sabtu pagi nya (19/12), track pun terlihat basah dan terdapat genangan di beberapa tempat. Well Tadi malam memang Jakarta diguyur hujan yang cukup deras. Dan ini adalah hari ke-4 saya dan Adhy berjemur di JIEXPO, mulai dari 2 hari kehujanan dan akhirnya 2 hari terakhir kepanasan. Tak ada yang bilang ini adalah pekerjaan yang mudah, hanya ganteng sedikit ,..cekreek!

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (145)Para drifter pun sedang bersiap-siap untuk melakukan babak latihan atau pemanasan sebelum masuk ke babak top 32

ADGP 2015 Perfourm.com Adhyasaka Hutama day 2 (1)Para marshal pun sudah menempati pos perang mereka masing-masing dengan membawa 2 buah bendera berwarna hijau dan merah. Hijau berarti balapan aman atau bisa dilaksanakan (sirkuit aman). Dan bendera merah berarti balapan dihentikan sementara, sirkuit masih belum aman.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (148)Amandio yang pada kali ini mempiloti 200SX milik Demas Agil ini berusaha tampil agresif ketika hendak memulai inisiate di tikungan atau clipping point pertama, hingga membuat 2JZ nya menyemburkan back fire. Amandio sendiri menduduki peringkat terbaik ke-5 dengan point 73,5 pada QTT kemaren

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (150)Akibat dari hujan semalam menyisakan genangan air di beberapa tempat, terutama di tikungan pertama yang terdapat genangan air cukup dalam hingga membuat S14 Dipo Dwiki dari team BSI Drift seperti sedang melewati water splash dalam event rally

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (154)Tampaknya ini adalah bad day nya untuk si Daigo Saito, setelah beberapa kali run akhirnya JZX100 nya mengeluarkan asap putih yang cukup tebal dari bagian exhaust dan mesinnya. Sepertinya kali ini shit happen bagi Daigo.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (155)Benar saja, ketika saya mendatangi paddocknya Daigo, si drifter ini duduk sambil meratapi sebuah benda yang dipegangi nya.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (157)Ternyata Daigo sedang meratapi sebuah benda yang tampak seperti stang piston atau conrod yang terlepas dari dalam mesin 2JZ nya. Sepertinya mesin 2JZnya jebol, bisa jadi terkena water hammer ketika melewati genangan tadi ataupun mesin nya sudah tidak fit.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (159)Oleh karena itu dari kemaren saya melihat Daigo tidak seagresif seperti yang di saya liat di video drift nya.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (158)No Daigo No Drift party, karena mesinnya jebol menjadi No Daigo, No drift party for you today.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (161)Tak jauh dari paddocknya Daigo, tampak crew dari Amandio sedang membongkar turbo 2JZ nya yang jebol akibat practice hari ini. Crew pun bekerja keras untuk segera mempersiapkan 200 SX nya Amandio sebelum babak Top 32 di mulai

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (162)Jadilah ke-2 drifter yang mana sang Sensei Daigo Saito dan sang murid, Amandio berjalan berdua menuju tribun. Ya mungkin saja mereka membicarakan kesialan mereka hari hari ini. Amandio sendiri bisa berbicara bahasa Jepang, oleh karena itu dia gampang sekali menerapkan ilmu yang diajarkan oleh sang sensei Daigo Saito. Bahkan menurut Takahiro Ueno pembalap D1 GP Jepang yang merupakan senseinya Michael (drifter Surabaya), Amandio adalah copy pastenya Daigo.. 100 %. Karena Ueno pernah bertarung melawan Amandio di D1 GP Japan, dengan kemenangan pada Amandio ( Drift or Die).

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (163)Lain lagi dengan Si rockstar kita Ikhsan Utama yang mempunyai prinsip Just ain’t care selama dia bersideways ria dengan Nissan Cefiro A31. Kalo saya lihat selama ini, Ikhsan lah satu-satunya drifter Indonesia yang tampak life and breath dengan dunia driftingnya. Dia tampak enjoy dan fun baik diluar dan di dalamDengan tampang yang bengal, skill drift yang mumpuni, dan atraksi menghiburnya. Saya berpikir dia layak disebut rockstarnya drift Indonesia. And he got balls to…

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (165)Beberapa peserta Elite Battle Royal pun tampak sudah mulai berdatangan di area car meet yang terletak di samping track drift.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (168)Akhirnya babak top 32 pun dimulai. Sebanyak 23 drifter (minus Daigo Saito) pun tampak line up di garis start. Sebanyak 7 pembalap pun mendapatkan golden ticket ke Top 16 tanpa harus bertarung atau tandem terlebih dahulu. Yaitu Brendon Greaves, Danny Ferdito, Amandio, Gordon, Andy Gray, Rob Whyte, dan Rio SB ). Sebenarnya Daigo juga mendapatkan wild card, namun karena mobilnya jebol, jadi dia tidak bisa melanjutkan lagi ke top 16.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (177)Di Top 32 ini ternyata mempertemukan 2 drifter yang dari team yang sama yaitu Zharfan dengan juara AMF seri 3 dan juara umum AMF 2015, Evan Pratama dari Fresh Fruits Achilles Radial. Duel ini pun dimenangkan oleh Evan yang memang terlihat menguasai jalannya pertandingan. Sementara Zharfan sendiri terbilang masih new kids on the block di dunia drifting.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (185)Setelah biasanya 2 Cefiro ini bertemu di lintasan balap touring Sentul (Super Car Championship), Mimo pun akhirnya bertemu dengan Regi di top 32. Mimo yang baru saja mendapatkan kembali wangsit atau ilmu drift nya, akhirnya harus mengakui ketangguhan Regi dari GT Radial AHT Garage. Regi pun masuk ke top 16.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (189)Dika CH pun bertemu dengan mantan satu teamnya dulu di Achilles Drift Team, yaitu Armando atau Dido yang dulunya sama-sama mempiloti sebuah Skyfiro Achilles Radial. Kini mereka pun berbeda kubu, Dika di Achilles dan Dido di GT Radial. Akhirnya pertarungan ini dimenangkan oleh Armando atau Dido. Dido pun berhak maju ke top 16.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (181)Chandra pun harus berjuang menaklukan si rockstar Ikhsan Utama di babak top 36. Berbekal mobilnya Ryhan, Chandra dari team HTJRT yang mana merupakan singkatan dari namanya sendiri (Haji Tjandra Racing Team), bertarung dengan Ikshan yang tampak lebih advantage darinya. Ikhsan dari team Joger Achilles ini pun akhirnya berhak masuk ke top 16.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (182)Dipo Dwiki pun bertemu M. Farhan di top 32 ini. Farhan yang pada qtt kemaren berada di posisi terbaik ke-14 berhasil menundukkan Dipo yang pada QTT kemaren berada di posisi terbaik ke-19. Farhan pun berhasil masuk ke top 16.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (179)Chris Day akhirnya bisa mengikuti top 32 setelah JZX100nya mengalami kerusakan yang cukup parah pada hari kemaren (practice day), dan tak bisa mengikuti qtt day. Di top 32 drifter Australia ini bertemu dengan Muhammad Zaiham Hamdan atau Bullzai dari Malaysia dengan Nissan Cefiro A31 nya. Pertarungan inipun dimenangkan oleh Bullzai dari Malaysia

ADGP 2015 JKT.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (4) Sebenarnya kalo dilihat pembalap rookie asal Australia ini mempunyai skill yang cukup mumpuni. Namun mungkin ini adalah 1st debutnya bertanding di luar kandang (Australia), dan juga kaget dengan track di Indonesia, serta lawannya adalah Bullzai  (Malaysia) yang sudah mempunyai jam terbang lebih tinggi (pernah drifting di mana saja ataudiluar Malaysia). Tapi ya this is race, ada yang menang dan ada yang harus pulang.

ADGP JKT 2015.Perfourm.com.Bayu SulistyoM. Fadil dengan S13 nya pun harus mengakui Rengga Mahendra yang berada 3 tingkat diatasnya pada perolehan point qtt kemaren. Duel ini pun dimenangkan oleh Rengga, dan Rengga pun berhak masuk ke top 16.

ADGP-2015-Taniguchi-and-Robbie.perfourm.com.Bayu-SulistyoPertarungan terakhir yang memperebutkan tiket ke top 16 adalah 2 drifter asal Jepang yang sama sama bertarung di Formula Drift Japan, kini peta pertarungan pindah ke ADGP Indonesia.

ADGP 2015 Perfourm.com Adhyasaka Hutama q (3)Taniguchi yang baru kali ini mengaspal di Indonesia (Setelah AMF kemaren), menyerah kepada Robbie yang sudah katam atau hapal dengan sirkuit di JIEXPO ini (Formula Drift Asia).

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (175)Robbie pun berhasil masuk ke top 16.

ADGP 2015 Perfourm.com Adhyasaka Hutama day 2 (10)Setelah melakukan top 32, ADGP pun break sebentar untuk makan siang dan juga persiapan sebelum top 16. Saya pun mulai berjalan menyusuri car met bertema Elite Royal Battle yang di ikuti oleh 100 mobil yang beruntung.

ADGP 2015 Perfourm.com Adhyasaka Hutama day 2 (9)Beberapa mobil premium seperti Audi R8 yang sudah di modif pun ikut meramaikan acara ini

ADGP 2015 Perfourm.com Adhyasaka Hutama day 2 (7)Dan tentu saja si drop it like its hot alias stance car dengan aliran bagged dan deep dish rims yang membuat si Fairlady menjadi cinta tanah air.

ADGP 2015 Perfourm.com Adhyasaka Hutama day 2 (8)Atau mungkin aliran static yang el classico

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (197)Setelah babak top 32 selesai waktunya kita masuk di jam istirahat atau break yang di lanjutkan dengan meet and greet dengan ke-24 drifter yang mengikuti ADGP 2015 ini. Tampak para pengunjung pun berbaris rapi dengan membawa merchandise ataupun benda yang mau ditandatangi oleh para drifter

ADGP 2015 Perfourm.com Adhyasaka Hutama umbrella girl (1)Begitu juga dengan para umbrella girls atau race queen yang sudah line up di belakang para drifter.

ADGP 2015 Perfourm.com Adhyasaka Hutama day 2 (13)Senang rasanya bisa hadir di autograph session dan bertemu dengan para drifter yang biasanya saya jumpai di garis start dan paddock, kini duduk berjejer rapi.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (199)Dan dengan bermodalkan sebuah spidol dan juga senyum maut nan ramah, mereka menyapa para pengunjung yang meminta tanda tangan.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (201)Moment ini juga pun bukan hanya dimanfaatkan oleh para fans atau pengunjung yang ingin berphoto dan meminta tanda tangan dengan drifter idola mereka. Tapi juga dimanfaatkan dengan baik dan benar oleh para drifter untuk modus dengan para umbrella girl yang berada di belakangnya. Zharfan sepertinya menang banyak daripada Ikhsan yang mupeng.

ADGP 2015 Perfourm.com Adhyasaka Hutama day 2 (14)Dan juga line up para pembalap Australia

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (195)Well, para drifter Indonesia sepertinya harus membeli kaca mata seperti Brendon Greaves supaya terlihat lebih greget

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (196)Dan juga duet pembalap Jepang Taniguchi dan Bullzai

ADGP 2015 Perfourm.com Adhyasaka Hutama day 2 (12)Dan tentu saja trio lestari Achilles Radial Drift Team, Daigo, Amandio dan Robbie

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (193)Dan orang yang paling sibuk menandatangani berbagai macam barang mulai dari handuk, kaos, rc drift, majalah, hingga photo bersama adalah Daigo Saito. Tentu saja dia drifter yang paling diincar banyak pengunjung pada hari itu.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (200)Termasuk salah satu pembalap atau perally nasional Indonesia, yaitu Rifat Sungkar yang rela mengantri untuk mendapatkan tanda tangan Daigo Saito. Rifat Sungkar sendiri pernah mengikuti kompetisi yang sama bersama Daigo di Formula Drift Asia 2010 dan 2011. Dimana Daigo juara 1 dan Rifat diposisi ke-4 (FD Malaysia 2010).

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (202)Tapi menurut saya yang shine bright like a diamond ya race queen ini. She’s so jdm look..dengan warna super white championship.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (208)Setelah acara meet and greet, acaranya pun lanjutkan dengan acara opening ceremony ADGP 2015 yang diikuti oleh 24 drifter, official, marshal, dan juga pihak sponsorship dihadapan para penonton.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (207)Bisa di bilang Mogu Mogu Achilles Motorsport Festival 2015 dan ADGP 2015 ini sebagai drift parteh terbesar di Indonesia setelah drift mati suri. Achilles Radial pun kembali berusaha menghidupkan drifting dengan AMF nya di 3 kota besar yaitu Jogyakarta, Surabaya, dan Jakarta. Kemudian disambung dengan Asian Drifting Grandprix. Bahkan dalam event kali ini disediakan total hadiah sebesar Rp400juta. Hadiah utama terbesar dalam satu seri balapan motorsport, sebesar USD7,500 (Rp100 juta) akan diberikan untuk juara pertama.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (211)Mendekatkan lagi antara para penonton atau fans drifting Indonesia dengan para drifter atau idolanya

ADGP 2015 Perfourm.com Adhyasaka Hutama day 2 (22)Drifting is fun…drifting is sportainment

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (214)Memberikan entertainment yang tidak mungkin ditemukan di motorsport lainnya. Well kalo yang ini mungkin para drifter nya harus di direct atau di sutradarai, saya pun menyruh si Ikhsan untuk naik ke atas mobilnya dan gila-gila an. Indonesia need drifter like this…untuk meng entertaint kita.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (205)Dan menghadirkan drifter kelas dunia ke Indonesia. Seperti Taniguchi dari Jepang yang saya kerjain untuk bertingkah ala genk motor Jepang Bozosoku. Dan dengan tampang songong ala Bozosoku Jepang dia pun bergaya persis seperti di internet. Taniguchi sendiri bilang kepada saya kalo dia ampun-ampun dengan lintasan JIEXPO ini lebih susah daripada Odaiba Jepang dengan banyaknya pasir, basah, serta bergelombang. “Lebih enakan jadi Juri saja, ternyata susah juga drifting di sini” kata Taniguchi san yang pernah menjadi juri di Drift War 2015 yang lalu.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (213)Terutama bisa menghadirkan 2 orang brand ambassador Achilles Radial yang sudah terkenal di seluruh dunia, yaitu Daigo Saito dan Robbie Nishida dari Achilles Drift Team Jepang. Dan para pengunjung dan fans nya pun tampak begitu gembira bisa melihat dan bertemu langsung dengan idolanya ini yang biasanya hanya bisa dilihat dari youtube atau internet. Daigo dan robbie terakhir kali ke Indonesia pada saat Formula Drift Asia 2012 yang mengantarkannya menjadi juara 1 dan juga juara umum FD Asia 2012.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (220)Asian Drifting Grandprix sendiri merupakan pelebaran dari dari Australian Drifting Grandprix yang sudah mulai ada semenjak tahun 2011 di Australia. Kini ditahun 2015 dan 2016, para crew Australia  Drifting Grand Prix pun mulai melebarkan sayapnya untuk memasuki kawasan asia dengan membuat Asian Drifting Grand Prix yang sponsor utamanya adalah pabrikan ban asal indonesia, Achilles Radial.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (216)Di belakang para crew ADGP Australia juga berdiri beberapa orang Indonesia yang membantu kelancaran acara tersebut, seperti Akbar Rais yang pada kali ini gantung stir mewakili M Slide.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (217)Ketua marshal dan marshal nya ditempati oleh orang Indonesia yang dipimpin oleh Amroe

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (218)Ada kisah yang menarik dan juga mengharukan yang mungkin Anda tidak jumpai di media lain. Yaitu saya menemukan bahwa si Rio SB sedang meneteskan air mata atau berkaca-kaca ketika lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Itu artinya kita bisa tahu seberapa besar rasa cinta tanah airnya hingga membuatnya menangis.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (219)”Minat terhadap olah raga drifting di Indonesia sendiri juga relatif tinggi, rata-rata berasal dari usia muda, yakni belasan hingga 30-an tahun. Secara total Indonesia memiliki kurang lebih 100 drifter dari semua kelas, dan 20 di antaranya adalah drifter profesional,” ujar Zein. Dia menambahkan bahwa kegiatan drifting ini sempat menurun pada tahun 2013 dan 2014, namun di tahun 2015 kompetisi drifting kembali memanas. ”Sambutan yang kami dapat di Jawa Tengah dan Jawa Timur sangat antusias, meski baru pertama kali acara drifting diadakan di kedua kota tersebut. Puncaknya ADGP 2015 yang baru pertama kali diadakan di Asia menjadi kesempatan bagi drifter lokal untuk menunjukkan kemampuannya,” ungkap M. Zein Saleh Marketing Manager Achilles

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (223)Dan inilah ke-16 drifter yang masuk ke babak top 16 dimana terdapat 9 drifter lokal Indonesia yang akan head to head dengan 7 drifter internasional untuk memperebutkan hadiah utama sebesar USD7,500 (Rp100 juta) yang haduiah utama terbesar dalam satu seri balapan motorsport.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (224)Dan tentu sebelum masuk kedalam top 16, Perfoum pun meminta kepada seluruh drifter untuk melakukan Jump Victory ala Perfourm. Just for your Info guys, gaya ikhsan “breakdance geje” tidak berubah dari seri pertama di Jogya, Surabaya , hingga Surabaya. But we love it.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (227)Acara kali itu di tutup dengan aksi doughnut yang dilakukan oleh Dido

ADGP 2015 Perfourm.com Adhyasaka Hutama day 2 (23)Dan juga Brandon Greaves Stroms…

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (234)Para marshal dan para rekan photographerpun sudah standby di pos masing-masing, termasuk Adhy yang memilih berada di tengah lapangan.

ADGP 2015 Perfourm.com Adhyasaka Hutama (4)Pertarungan pertama di top 16 ini pun dibuka oleh Ikhsan Utama melawan Brendon Greaves. Pertarungan ini pun berjalan sengit dan imbang. Buktinya walaupun ikhsan menggunakan Cefiro yang bisa dibilang under power daripada Greaves, bisa menempel ketat drifter Australia tersebut. Bahkan para juri memberikan OMT atau One More Time kepada ke-2 drifter ini.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (235)Namun pada waktu OMT, shit pun happen pada Ikhsan. Cefiro yang dipiloti Ikhsan mendadak berhenti di 2 tikungan terakhir ketika mengejar Greaves.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (333)Bak aksi drifter luar negeri yang baru saja mengalami insiden di tengah lintasan, Ikhsan pun keluar dari mobil dan melambaikan tangannya kepada dewan juri dan para penonton tanda dia game over. Setelah melambaikan tangannya Ikhsan pun lantas tiba-tiba bersujud di tengah lintasan sambil memegang kepalanya. Ikhsan pun tak henti-hentinya memegang kepalanya yang masih terbungkus helm tanda kecewa akan performa mobilnya. Memang dari awal ketika saya tanyakan kenapa tidak latihan, Ikhsan menjawab hemat mesin. Ternayata Ikhsan sudah memprediksi mesinnya tak bakal berumur panjang.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (30)Next Battle adalah Robbie Nishida yang pada top 32 berhasil menjegal rekan senegaranya yaitu Atsushi Taniguchi dari team Kuja Motorsport, Robbie pun berhasil masuk ke top 16.

ADGP 2015 Perfourm.com Adhyasaka Hutama x (2)Di Top 16 ini Robbie harus bertarung dengan Denny Ferdito dengan Rocket Bunny 200SXnya dari team GT Radial Drift Team yang mendapatkan wild card ke top 16.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (230)Robbie pun berhasil memenangkan pertarungan  dengan Denny dan melaju ke top 8

ADGP 2015 Perfourm.com Adhyasaka Hutama (5)Armando pun bertemu Brent Gordon di Top 16, namun sayangnya semua tak berjalan sesuai rencananya.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (241)Armando atau Dido pun harus mengalami insiden yang membuatnya harus terhenti di top 16. Nissan Cefiro A31 nya melebar dan bagian belakangnya menghantam beton pembatas hingga membuat rear bumper dan trunknya hancur berantakan. Sementara Brent Gordon dari PSA Ski Boats dengan S14 nya yang dalam posisi chase berusaha mengindar dari Cefiro milik Dido. Brent Gordon pun berhasil memetik 1 tiket ke top 8 berkat kesalahan yang dilakukan oleh Dido.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (242)Meet the hero of the day ataupun super hero pada event final battle AMF atau pun ADGP, yaitu petugas forklift yang bisa dibilang hampir berapa run sekali pasti mendapat panggilan darurat untuk segera beraksi membereskan kekacauan yang dibuat oleh para drifter pada beton pembatas yang sudah disusunnya secara rapi.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (174)Anda bisa membayangkan seberapa keras impact yang dihasilkan oleh mobil-mobil yang bertenaga di atas 400 hp itu hingga membuat beton pembatas itu seperti cookies yang renyah. Dan tentu konsekuensinya jika Anda mencium beton pembatas ini adalah mobil sedan salon Anda berubah menjadi hatchback.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (243)Dari Dido versus Brent Gordon kita menuju pertarungan selanjutnya antara Andrew Gray JZX100 versus M. Farhan A31.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (92)Andrew Gray pun berhasil mengalahkan Farhan dan masuk ke top 8.

ADGP 2015 Perfourm.com Adhyasaka Hutama day 2 (24)Regi pun harus kewalahan menghadapai serangan yang dilakukan oleh Rob Whyte dengan 350Z nya yang menyerangnya secara aggressive mulai dari inisiate pertama, hingga akhirnya terjadi body contact antara Regi dengan Rob.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (244)Regi yang terlalu melebar membuat speednya melambat hingga akhirnya Rob yang sejak dari awal menempel ketat Regi tak bisa menghindari benturan pada body bagian depan. Juri pun memutuskan Rob Whyte maju ke babak selanjutnya atau top 8.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (255)Jika Tadi drifter Indonesia yang di serang secara aggressive, maka kali ini giliran Amandio dengan 200 SX nya yang menyerang secara aggressive Muhammad Zaiham Hamdan (BullZai) dari Malaysia.

ADGP 2015 Perfourm.com Adhyasaka Hutama (6)Karena saking aggressive nya Amandio menyerang Bullzai hingga membuat body contact pada A31 Bullzai. Bahkan fender sebelah kanan Dio pun sampai remuk.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (254)Seperti yang saya bilang tadi, Dio merupakan copyan nya Daigo ketika sedang bertarung di lintasan. Amandio pun akhirnya berhasil masuk ke top 8, dan menjadi drifter Indonesia yang pertama kali masuk ke perdelapan final ini.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (37)Rio SB pun tampak bersiap sedia di dalam cockpit 1000 HP A31 nya yang sudah dimodifikasi hingga membuatnya duduk di pilar B untuk membuat center of gravity nya berada pas ditengah atau pilar B. keuntungannya adalah weight distribution nya bisa menjadi 50:50. Apalagi pada bagian trunk atau bagasinya di isi oleh radiator, sementara di engine bay nya hanya mesin saja. Itulah yang membuat mobil si Smokey Rio ini anteng atau balance dan grip ketika diajak bersideways ria dalam kecepatan tinggi.

ADGP 2015 Perfourm.com Adhyasaka Hutama day 2 (25)Rio yang pada top 16 ini bertarung melawan Rengga Mahendra pun sempat dibuat kerepotan oleh Rengga hingga dia melakukan kesalahan yang membuat juri memberikan OMT atau One More Time kepada 2 drifter ini.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (252)Namun pada akhirnya pertarungan OMT itu dimenangkan oleh Rio SB, dan Rio pun berhak maju ke top 8 menemani Amandio yang sudah masuk duluan.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (68)Senang rasanya melihat Monsta machine ini bisa masuk ke top 8 dan ikut bersaing dengan Amandio untuk merebut podium 3 besar demi Indonesia.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (261)Akhirnya setelah pertarunga di top 16 kita mendapatkan 8 drifter yang akan bertarung head to head di top 8, yaitu Brent Gordon, Andrew Grey, Rob Whyte, Brendon Greaves, Robbie Nishida, dan 3 drifter Indonesia yaitu Amandio, Evan Pratama, dan Rio SB. Selagi para drifter break untuk mempersiapkan mobil mereka, Ariel beserta anggota Noah pun mencoba bersideways Ria dengan taxi drift yang dipiloti oleh Dika CH, Fadil, dan Mimo. Ini adalah warm up lap sebelum Noah tampil sebagai binatang tamu di penutupan AMF dan ADGP 2015 yang akan berlangsung malam hari.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (258)Dan selagi para drifter mempersiapkan mobilnya untuk top 8, dan juga para ladies sedang mengelu-ngelukan Ariel Noah yang sedang cuap-cuap di tengah lintasan. Bagi kami photographer atau media, ini lah waktu yang tepat untuk beristirahat atau memejamkan mata sebentar. Terutama bagi kami di Perfourm yang selalu standy by memberondong dari tepi lintasan mulai dari acara dimulai, ini adalah waktu yang sangat mewah bagi kami. Sebentar namun sangat berharga untuk sekedar melepaskan mata kami dari view finder kamera.Nobody said its was an easy job become a motorsport photographer.,,it’s a thug job.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (6)Di Top 8 Amandio berhasil menundukkan Evan Pratama yang membuat Amandio melaju ke top 4

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (265)Andrew Gray pun bersiap-siap melakukan babak top 8 nya, kali ini dia akan melawan Brent Gordon dari Australia dengan Nissan S14 V8 nya.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (263)Akhirnya Andrew Gray pun berhasil melaju ke top 4 setelah mengalahkan Brent Gordon yang bisa dibilang mobilnya lebih powerfull daripada Andrew.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (267)Rob Whyte pun tampak sudah line up di garis start dan akan memulai pertarungannya di top 8.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (268)Sebelum bisa masuk ke babak semi final atau top 4, drifter Australia itu harus menghadapi dahulu salah satu drifter terbaik dan tersadis di Indonesia, yaitu the Smokey Rio SB. Rio SB tentu saja ingin masuk ke dalam top 4 dimana dia akan bertemu clash of titans nya Amandio di semi final.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (271)Tapi sebelum bisa menghadapi Amandio di top 4 dia harus menyingkirkan Rob Whyte yang di hadapinya di top 8. Ke-2 drifter ini pun lepas dari garis start dan langsung bertarung mulai dari tikungan pertama

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (274)Run 1 antara Rio dan Rob pun berjalan ketat dan seru. Bisa dibilang ini adalah tandem of the day pada event kali itu. Semua penonton yang ada di sini mendukung Rio dengan memberikan tepukan supaya berharap Rio yang memenangkan pertarungan ini.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (70)Namun sayangnya ketika run ke-2 dimana Rio lead dan Rob chase, Rio pun melintir hingga membuat Rob finish duluan. Atas kesalahan Rio itu, Rob pun berhasil masuk ke top 4.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (4)Well, there’s goes my hero kembali ke paddock sebagai pahlawan, walaupun gugur dipertarungan Rio pun harus puas sampai di babak top 8.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (277)Kita pun semakin dekat dengan babak final, dimana dari ke-24 drifter kini hanya tersisa sebanyak 4 drifter yang sudah bertarung meenyisihkan sebanyak 20 drifter lainnya. Top 4 ini di isi oleh 3 Andrew Gray, Brendon Greaves, Rob Whyte, dan akhirnya 1 drifter Indonesia, Amandio. 3 dari 4 drifter ini adalah Achilles Drift Team, dan uniknya lagi semua drifter ini memakai ban Achilles Radial pada mobil mereka masing-masing. Tak ada salahnya mereka ikut flash mob bersama Mogu-Mogu sebelum mereka bertarung lagi di top 4 atau babak semi final ADGP 2015.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (278)But first…let’s take wefie.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (281)Brendon Greaves pun memanaskan ban Achilles 123S nya di area waiting zone, tanda dia sedang bersiap sedia untuk maju ke medan perang top 4.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (284)Lawannya kali ini di top 4 adalah Amandio yang bisa dibilang akan memberikan perlawanan yang extra ketat dari start hingga finish.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (334)Well Jika Amandio bisa menyingkirkan Brendon di pertarungan ini maka dia bisa masuk ke babak final untuk bisa bertemu dengan Rob Whyte atau Andrew Gray. Tapi yang perlu di ingat bahwa Brendon Greaves adalah terbaik 1 pada saat qtt kemaren. Jadi nobody said it would be an easy job for Amandio.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (291)Terlebih lagi mobil Dio yaitu 200SX nya setelah mengalami kendala pada turbo nya, performance dari mobilnya kalo saya lihat menurun. Dio jadi tidak bisa mengeluarkan asap yang banyak dan juga agresif.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (292)Pertarungan pun berlangsung sangat ketat, dimana ke-2 drifter ini sama-sama ngototnya untuk menang. Namun bisa dibilang mobil Brendon yang sehat memberikan advantage kepadanya untuk bisa go all out daripada Amandio.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (295)Dan akhinrya Amandio pun tumbang di top 4, dia pun harus mengakui Brendon dan memberikan tiiket babak final ke drifter Australia itu. Saat ini harapannya cuma 1 untuk bisa naik podium, yaitu bertarung untuk memperebutkan podium ke-3.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (335)Masuk lah kita ke pertarungan ke-2 di top 4 yang mempertemukan 2 drifter asing, yaitu Andrew Gray (Skotlandia) dan Rob Whyte (Australia).

ADGP 2015 Perfourm.com Adhyasaka Hutama day 2 (26)Ke-2 drifter ini merupakan drifter dari Achilles Drift Team yang bertarung di dua negara yang berbeda, yaitu Jepang dan Australia.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (300)Rob Whyte yang merupakan drifter terbaik ke-7 pada saat QTT ini pun bertarung dengan Andrew Gray yang merupakan drifter terbaik ke-3 (QTT). Namun entah kenapa lagi-lagi Ausie Boy dengan V8 supercharger di 350Z nya tampil begitu sempurna. Padahal bisa dibilang Andrew juga memberikan perlawanan yang cukup sengit dari start hingga finish.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (302)Drifter dari team Achilles Motul Drift Team Australia ini pun berhasil melibas Andrew Gray dan berhak maju ke babak final dimana dia akan bertemu rekan satu negaranya dan juga musuh bebuyutannya Brendon Greaves dari WA Performance Australia.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (309)The girls is back in action. The JDM super white championship girl pun sudah berada di depan garis start, itu berarti babak final dan perebutan juara ke-3 akan segera dimulai. By the way..ada yang tahu siapa nama JDM girls ini?lol

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (283)Sangat menarik sekali melihat bagaimana asap yang dihasilkan sewaktu memanaskan ban atau burn out di area burn out zone bisa membuat sore hari itu mendadak menjadi berkabut dengan asap pekatnya.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (2)Waktunya untuk pertarungan memperebutkan podium ke-3 antara Andrew Gray (Skotlandia) versus Amandio (Indonesia). Yang uniknya style drifting mereka hampir sama, karena sama-sama menimba ilmu drift di Jepang. Namun kalo soal ke agresifan atau drift hard or die, Amandio 1 level diatas Andrew.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (298)Seluruh penonton pun bersorak mendukung Amandio untuk bisa meraih podium ke-3 di babak semi final yang semuanya di isi oleh drifter luar negeri ini.

ADGP 2015 Perfourm.com Adhyasaka Hutama x (1)Pertarungan antara ke-2 drifter dari Achilles Drift Team ini pun berlangsung cukup sengit. Saya sendiri sampai bingung untuk menentukan siapa pemenangnya. Masing-masing drifter ini sudah membuktikan bahwa Sensei mereka sudah mengajarkan mereka dengan baik.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (312)Dan sekali lagi Brendon Greaves pun memanaskan ban Achilles Radial 123S dengan berprinsip “tires are evil, they must be burn”. Brendon tampaknya paling menjanjikan performanya dari practice day hingga top. Baik dari segi skill, performa mobil, dan juga asap yang dihasilkan.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (33)Tapi jangan langsung menaruh seluruh taruhan Anda pada Brendon Greaves, karena ada juara ADGP 3 kali , Rob Whyte yang akan mencoba meng knock out Brendon di babak final ini.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (293)Yang saya dengar dari para panitia ADGP Australia, ke-2 drifter ini bisa dibilang clash of titans atau musuh bebuyutan di setiap seri event drift di Australia. Bahkan mereka berdua sering terlibat duel di dari top 32 bahkan sampai final.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (306)Eye contact pun terjadi antara kedua drifter ini..sepertinya what happen in Australia stay in Australia tidak berlaku di sini.

ADGP 2015 Perfourm.com Adhyasaka Hutama (7)(1)Peta pertempuran pun pindah ke Indonesia, dimana 2 drifter terkuat Australia ini saling bertarung dengan masing-masing mobil yang dipersenjatai dengan V8 supercharged ini. Dan ternyata betul, pertarungan kali ini benar-benar clash of titans dan benar-benar pertarungan kelas berat. Ke-2 drifter ini sama-sama aggressive ketika berada dalam posisi lead ataupun chasse.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (307)Hingga akhirnya juri pun memberikan OMT (One More Time) kepada meraka ber-dua.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu SulistyoHingga akhirnya pertempuran itu selesai ketika di babak OMT di 2nd run, dimana Rob Whyte yang dalam posisi lead melakukan kesalahan denga melintir atau spin out. Mungkin karena saking kerasnya tekanan atau attack yang dilakukan oleh Brendon Greaves hingga membuat Rob melakukan kesalahan ini. Well…itu berarti selamat datang podium ke- 2 kepada Rob Whyte.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (226)And hello 1st podium to Brendon Greaves. Akhirnya Asian Drift Grand Prix rd.1 ini milik Brendon dari team WA Performance Australia. Diapun meraih flawless victory dalam event kali ini.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (314)Flawless Victory atau kemenangan tanpa cela atau sempurna maksudnya adalah diawali dengan sebagai terbaik 1 pada saat QTT dengan meraih point tertinggi yaitu 88. Dan diakhiri atau ditutup dengan gelas sebagai juara 1 atau Drift King nya ADGP 2015 ini dengan membawa pulang hadiah uang senilai $ 7.500 atau sekitar 100 juta rupiah. Sementara juara ke-2 diraih oleh rekan satu negaranya Rob Whyte yang memperoleh hadiah berupa uang senilai $ 5.000, dan akhirnya our local hero , Amandio di podium ke-3 yang membawa pulang hadiah berupa uang senilai $ 2.500

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (313)Senang rasanya ada satu podium yang direbut oleh salah satu local hero Indonesia, yaitu Amandio. Walaupun sempat mengalami kendala jebolnya turbo sewaktu latihan sebelum top 32, dan performa mobilnya yang menurun, Amandio tetap Drift or die demi menyelamatkan 1 podium untuk Indonesia. Maklum saja Amandio dikepung 3 drifter internasional.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (316)Tak ada yang tahu rasanya sebagai orang ke-4 yang hanya bisa berdiri di tanah daripada di podium sambil memandangi ke-3 orang yang tertawa bahagia memegang cek raksasa dan piala kemenangan selain Andrew Gray. Drifter asal Skotlandia itupun harus puas sebagai juara ke-4 setelah dirinya di kalahkan oleh Amandio di perebutan podium ke-3.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (319)Brendon Greaves selain mendapatkan piala juara pertama dan cek senilai $ 7.500 juga mendapatkan hadiah berupa menjadi artis dadakan. Brendon pun diserbu oleh para penonton yang dari pagi hari setia menononton jalannya ADGP dari top 32 hingga final battle. Dengan senyum ramahnya dia tak henti-hentinya ajakan melayani photo bersama dan selfie dari para pengunjung yang memenuhi podium kemenangan.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (320)Termasuk saya dengan tampang muka gosong

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (321)Tapi walaupun tampang saya gosong dan lebih cocok disebut cowo metromini daripada cowo metrosexual, buktinya ke-3 Top 1 race queen ini tetap menatap kearah saya dengan tatapan rawrrr nya. Mungkin alasannya saya habis ketularan 500 HP nya Brendon Greaves tadi… Handsome Power

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (324)Dan orang yang paling bahagia pada saat itu adalah Amandio.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (325)Perjuangan atau podium ke-3 Amandio juga tak bisa lepas dari pada pro drifter Indonesia lainnya, yaitu Demas Agil dari GT Radial Drift Team yang sudah menyewakan mobilnya untuk Amandio. “Team boleh beda dan yang pasti kita kalo bertemu di event pasti bersaing untuk juara. Tapi kalo sudah urusan demi Indonesia Raya, saya wajib membantu teman saya ini supaya Indonesia tidak kalah dengan bangsa lain “ kata Demas Agil

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (326)ADGP dan AMF kali itu ditutup dengan penampilan band bintang tamu Noah yang membawakan beberapa lagu andalannya di bawah guyuran hujan. Beberapa penggemear Noah pun serasa menonton private konser Noah karena tidak perlu membayar, hanya bermodalkan membeli minuman mogu-mogu saja.

ADGP 2015. Perfourm.com. Bayu Sulistyo (323)So guys, sekian dulu liputan saya dan Adhy dari kami di Perfourm.com. Sampai berjumpa di next ADGP 2016 dan juga AMF 2016. Keep sideways guys…!

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURM  and you can be on Perfourm live on the website

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!