SWEET ESCAPE WITH DCAB INDONESIA SURABAYA CHAPTER

2208

Dcab-Indonesia-Surabaya.Perfourm.com.Bayu-SulistyoLibur telah tiba..libur telah tiba..horey..horey..horey. Mungkin sepenggal refrain dari lagunya Penyanyi yang sudah tidak kecil lagi tapi jadi gadis cantik, yaitu Tasya, yang menggambarkan betapa senangnya hati saya ketika diajak oleh Andre yang merupakan salah satu anggota Showrockboyo Sideways (Perkumpulan Drift Surabaya) untuk beroff road ria dengan DCAB ID Surabaya Chapter (club Double Cabin di Indonesia)

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu SulistyoPerkenalkan tumpangan saya pada hari itu, yaitu sebuah Ford Ranger Wildtrack

DCAB Indonesia Surabaya Chapter.Perfourm.com.Bayu SulistyoFord Ranger Wildtrack ini merupakan versi special dari Ford Ranger berkode chasis T6 yang diberikan keistimewaan dari Ranger biasa. Seperti grill hitam, bumper special dengan lampu foglamp,tray bar, Ford Custom 18’inch rims, dan juga bagian interiornya yang berbeda dengan versi biasa.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (32)Mesinnya pun dipersenjatai dengan 2.2 L Duratorq TDCi (“PUMA” ZSD-422) diesel engine 6AT (88 kW and 285 Nm; 92 kW and 330 Nm or 110 kW and 375 Nm). Andre pun meraa kurang puas dengan performa mesin ini membawanya ke Andy SP Garage Surabaya dan memberikan sedikit operasi berupa penggantian custom down pipe hingga exhaust berserta piping intercooler nya plus open air filter. And somesay gearbox dari Dcab ini sama dengan yang dipakai di Ford Mustang Ecoboost dan Ford F150

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (4)Hasilnya mobil seberat 2,5 ton yang hanya dipersenjatai mesin sebesat 2.2 Lt ini tarikannya atau performanya jauh diatas Ford Ranger Wildtrack yang mengusung mesin 3.2 Lt (147 kW and 470 Nm). Bahkan mekanik resmi bengkel Ford mengakui performanya dan tidak merusak garansi. Itulah sebabnya sewaktu memulai touring bersama DCAB, saya meminta Andre berada di urutan ke-3 dari 6 mobil yang ikut dari Surabaya. Supaya kakinya tidak gatal untuk flat out.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (6)Pada hari Sabtu itu kami pun berjalan dari kota Surabaya menuju ke air terjun Coban Putri di kota Batu, Malang dengan melalui jalur alternative alias bukan jalan utama provinsi dengan pemandangan rumah atau bangunan disepanjang jalan. Tapi ini benar-benar jalan short cut menuju kota Batu.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (12)Ibaratnya seperti sebuah lagu yang berbunyi “naik naik ke puncak gunung tinggi tinggi sekali” dimana kiri kanan kulihat banyak pohon cemara dan kawan-kawannya, seperti itulah perjalan kami up hill melewati hutan Cangar.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (5)Dan tentu saja saya pun menemukan beberapa hairpin atau tikungan selama perjalanan yang mirip sekali dengan gunung Akinanya si anak bakul tahu Takumi Fujiwara nya Initial D

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (10)Setelah perjalan kami penuh dengan pendakian atau uphill, tibalah kita di bagian paling atas dari hutan Cangar. Kami pun beristirahat sebentar sambil menunggu beberapa teman yang tertinggal dibelakang ataupun menyusul

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (8)Somesay di hutan cangar ini masih terdapat beberapa hewan liar yang sering menyebrang jalan seperti babi hutan, kijang, ataupun kera. Bahkan Macan Tutul. But I love this place serasa melihat Touge atau balap up hill atau downhill di pegunungan Jepang.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (11)Terlebih lagi saya biasanya liputan di sebuah sirkuit yang dimana-mana ditumbuhi hutan beton. Jadi bisa melihat mobil jangkung dengan pengemudi yang hanya memakai kaos layaknya mau ngetrip serta pepohonan hijau dan rindang. Membuat saya fresh..

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (14)Kamipun mulai melanjutkan perjalan menuju ke kota Batu berjarak kurang lebih 101 Km dari kota Surabaya. Kami pun mulai melintasi area perkebunan rakyat yang lengkap dengan tikungan yang berkelok-kelok ala Initial D.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (16)This is it..ini lah yang saya rindukan selama ini selama setahun saya bekerja dari kota ke kota dan sirkuit ke sirkuit, sebuah pemandangan pegunungan yang khas dengan udaranya yang dingin dan segar, serta pemandangan hijau dimana-mana.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (15)Jujur saja saya bukan seorang beach boy atau anak pantai, saya lebih suka pergi ke pegunungan daripada pantai. Ya mungkin kalo ke pantai hanya sekedar melihat Sunrise dan Sunset saya suka. Apalagi melihat adek adek yang memakai bikini. Because im happy….

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (17)Tibalah saya dan rombongan di kota Apel alias Batu, Malang. Disana kami pun bertemu dengan beberapa anggota DCAB Indonesia yang berasal dari kota Malang dan sekitarnya, bahkan Nissan Navara ini berasal dari Jakarta.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (18)Kamipun langsung menuju ketempat meeting point yang ke-2 di daerah kota Batu. Dan untuk mencapai meeting point tersebut kami harus sedikit bergoyang-goyang dengan jalanan yang sedikit light offroad ini.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (23)Beberapa mobil pun mulai menyusul kami yang sudah sampai diatas bukit area meeting point.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (26)Tibalah kami di meeting point kami yang berada diatas bukit kota Batu, Malang lengkap dengan landscape pegunungan dan udara dingin serta cuaca galaunya (kadang mendung kadang cerah)

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (27)Well guys, trust me is not your ordinary a car meet place. Ini adalah tempat car meet yang cukup keren dan anti mainstream dibandingkan dengan acara car meet lainnya. Yaitu di diatas sebuah bukit dengan dikelilingi oleh pegunungan dan city view kota Batu dan Malang.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (28)Dan bagi Anda yang kakinya sudah gatal untuk menggunakan pilihan 4WD pada Dcab Anda , mungkin bisa mencoba beberapa tanjakan yang lumayan tinggi.

Dcab-Indonesia-Surabaya.Perfourm.com.Bayu-SulistyoDan beberapa senior di club ini pun mungkin sudah terbiasa atau tau sela untuk melibas lintasan ringan seperti ini. Double Cabin + bull bars + MT Tires = Perfect.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (45)Tapi bagi para new kids on the block atau anak baru, arena yang terlihat gampang namun susah ini bisa menjadi ajang “plonco” atau tes uji nyali bagi para anggota baru. Namun beda dengan Andre yang malah inisiatif sendiri bermain-main dengan Wildtracknya yang hanya berbekal ban oem HT atau Highway Terrain tires saja(ban jalan raya). Namun mungkin karena performance enginenya yang sudah di upgrade, Andre pun pede menerabas rintangan yang ke-2 (lebih tinggi/terjal dan full tanah) tersebut dengan mudah dan sekali percobaan saja mobil seberat 2,5 ton ini bisa naik ke atas

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (29)Yang pada akhirnya dia berhasil meraih bendera DCab Indonesia

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (35)DCab Indonesia atau Double Cabin Indonesia adalah suatu komunitas para pecinta Mobil berbasis Double Cabin dari berbagai macam merek dan tipe. Komunitas ini terbentuk sejak tanggal 28 Oktober 2007 hingga sekarang yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia dengan jumlah anggotanya mencapai 350 an.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (34)Anggotanya sendiri memakai beberapa jenis Double Cabin yang beredar di Indonesia seperti, Ford Ranger, Nissan Navara, Toyota Hilux, Mitsubishi L200/Triton, Mazda BT-50, Chevrolet Colorado, dan lain-lain.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (38)Well mungkin inilah salah satu kelebihan dari Double cabin yang bisa mengangkut 4 atau 5 orang penumpang di depan dan bak di belakang yang volume atau ukurannya cukup besar hingga bisa menampung sebuah UTV.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (42)Dan satu lagi kelebihannya, yaitu bisa pergi atau mbolang kemana saja dia mau tanpa takut dengan masalah ground clearance, karena ground clearance nya sudah cukup tinggi untuk melibas apapaun yang ada didepannya. Apalagi bila ditambahkan suspension dan kaki-kaki yang mumpuni beserta rims juga Mud Terrain tires. Tak ada tempat yang tak bisa dijelajahi oleh mobil ini. Anyway, saya baru tahu nama band Incubus dijadikan merk velg.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (46)Apalagi beberapa brand ban dalam negeri juga sudah mengeluarkan ban MT yang cukup terjangkau namun performancenya bisa diadu dengan brand luar negeri, seperti Achilles Radial X-MT yang cocok sekali melibas lintasan yang extrem sekalipun.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (39)Sebagian besar anggota Dcab Indonesia adalah orang yang sudah berumur ataupun berkeluarga, jadilah moment seperti ini digunakan sekaligus untuk berpiknik ria bersama keluarga mereka

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (37)“Bunch of people who loves and owns a pick-up truck and love to drive their trucks (almost) anywhere.. Let’s get lost.. …and have fun!!”. Terdengar badass sekali jargon mereka

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (41)Tapi terlihat menyenagkan sekali jika kita mengendarai sebuah mobil kesayangan kita dan pergi ketempat yang tidak bisa dijamah oleh mobil sejuta umat

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (43)Dan having fun atau bermain dengan mobil Anda dan alam pegunungan. Terdengar seperti lagunya Gwen Stefani yang Sweet Escape. Dan tentu ini adalah salah satu cara menikmati performa mobil Anda selain di on the road atau pun circuit.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (50)Tapi jangan salah , walaupun arena bermain mereka hanya berupa tanah dan pegunungan saja, mereka juga mempunyai nomor start layaknya balapan di sirkuit atau aspal. Buktinya Navara dari Jakarta ini sudah passed bertarung di berbagai sirkuit yang tidak mungkin di ikuti oleh mobil sekelas ISSOM (balap touring). Oleh karena itu saya menamakan mobil ini Dora The Explorer. And by the way yang ditutup terpal dirack atas itu adalah speaker aktif yang selalu mengumandangkan lagu campursari atau dangdut sekelas lagu   Sambel Balado dan Duo Serigala sepanjang acara berlangsung. Yah mungkin sekilas mirip orang jualan jamu, namun ini adalah hiburan bagi meraka jika sedang berkemping di dalam hutan atau meet yang jauh dari sumber listrik dan panggung.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (51)Bagi saya mungkin ini adalah nomor start paling greget yang pernah saya jumpai. Traknya tidak main-main, hampir semua gunung di pulau Jawa pernah ditaklukannya. Mulai dari Gunung Kelud hingga Gunung Bromo.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (49)Dan jika mobil balap rollcagenya di dalam maka ibarat Superman yang memakai CD atau Celana Dalam diluar kostumnya, begitu pula dengan mobil Adventure offroad yang masih bersatus mobil keluarga. Yaitu Rollar Superman. Sumpah saya tidak bohong, saya tanyakan ke mbah google, mbah ggoglenya kasi wangsit kesaya kalo namanya Rollbar Superman. Bisa jadi karena terinspirasi dari bad habitnya Superman dalam bercelana dalam.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (53)Setelah semua anggota DCab Indonesia Chapter Surabaya berkumpul semua, perjalanan pun dilajutkan menuju ke rally point utama, yaitu Air Terjun Coban Putri yang jaraknya mungkin sekitar 10-15 km dari kota Batu.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (57)Dan kurang lebih 5 km nya, kami pun memulai adventures yang sebenarnya alias get lose dari jalanan aspal menuju ke back to nature. Tantangan pertama kami berupa jalan kecil yang disampingnya terdapat jurang yang cukup dalam,mungkin dalamnya sekitar 50-100 meter. Yang pasti cukup membuat teman saya didepan berpegangan erat sambil mendadak menjadi suara GPS yang setengah marah-marah karena agak terlalu ke kiri.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (58)Saya rasa seru juga adventures ini yang dimana dalam kamus arti adrenaline dalam balap mobil pada umumnya (aspal atau sirkuit) adalah berpacu dengan kecepatan. Dengan kata lain Balapan adalah Ibadah, karena semakin cepat Anda, semakin dekat dengan Tuhan. Maka dalam kamus adventures offroad, adrenaline nya berupa rasa deg-deg an atau sport jantung ketika melewati suatu lintasan alam yang Anda sudah tahu jika perhitungan Anda tidak tepat, maka Anda akan terseret arus sungai, terjebak didalam kubangan lumpur, ataupun terbalik ketika mendaki atau masuk kedalam jurang.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (59)Dari melewati tepi jurang yang membuat teman saya yang menjadi navigator teriak-teriak ga jelas, kami pun mulai memasuki dalam hutan , dan jalan pun mulai berbentuk ala kadarnya atau apa adanya.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (63)Dan jalan yang kami lewati pun semakin dalam semakin mengecil, hingga mau tidak mau bagi Anda yang sangat sayang dengan cat mobil Anda, mungkin harus berpikir 10x lipat melewati jalan ini. Karena sepanjang jalan ini mobil Anda baikan seorang artis yang selalu disapa oleh ranting-ranting pohon dari bagian kiri dan kanan. Dan crew DCab Indonesia pun sudah mengingatkan dari awal soal bonus ini di awal sebelum perjalan ini dimulai.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (62)Bahkan saking kecilnya, mobil yang berpapasan dengan kami harus mengalah terlebih dahulu dengan parkir di tepi hutan. Yang istimewanya lagi mobil itu adalah sebuah Toyota Landcruiser FJ40 yang populasinya cukup langka, dan ini alah masih berseliweran didalam hutan hingga terlihat seperti radrod.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (70)Akhirnya setelah menempuh perjalan kurang lebih 2,5 jam dari kota Surabaya, tibalah saya dan rombongan di air terjun Coban Putri. Mobil pun diparkir dan piknik 72 pun dimulai alias gelar tikar dan makanan di tepi air terjun. Lupakan soal valet parkir di mall atau hotel, valet parkir di tepi air terjun menurut saya jauh lebih greget.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (64)So this is it guys, Air terjun Coban Putri dengan sebuah Jeep Willys setir kiri di dalamnya yang tampak sedang berendam. Tentu saja Jeep tersebut bukan property dari air terjun ini, tapi property dari seorang warga yang menjadikan air terjun ini sebagai carwash alami dan gratis pula.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (67)Dan satu lagi keuntungan double cabin yang tidak dimiliki oleh mobil jenis manapun. Yaitu Anda mempunyai sebuah container khusus yang tertutup rapat dan terpisah dari ruang cabin mobil hingga Anda bisa membawa barang atau benda yang baunya menyengat sekalipun , ya sekelas ikan dan durian tanpa perlu kwatir parfum kekinian Anda kalah telak dengan baunya.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (71)Ibarat ada gula ada semut, maka ada ikan ada bbq. Bbq party pun akan segera dimulai dengan menu ikan bakar sebagai main course nya.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (75)Well ini Benar-benar piknik 72 alias salah satu cara yang unik untuk menikmati performance mobil dengan alam, teman, dan keluarga Anda.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (68)So guys itu tadi perjalanan saya atau sweet escape saya setelah setahun penuh saya mondar mandir menikmati suasana sirkuit yang penuh dengan asap , beton, dan keruwetannya. Yang jelas pulang dari sini, saya kembali fresh.

DCAB Indonesia jawa timur.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (66)Tapi selama perjalanan pulang yang kebanyakan jalur yang tadi saya lewati berubah menjadi downhill dan parahnya lagi hujan lebat, serta deadline dari istri atau bos besar dimalam minggu mau diner di luar. Jadilah perjalanan pulang downhill kami sudah seperti anak sibakul tahu dengan mobil segede gaban ini. Dan alhasil navigator nya pun menjadi 2 (saya juga termasuk) dengan nada ala GPS yang setengah mencak-mencak.  Mama very angry. What a day.

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURM  and you can be on Perfourm live on the website

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!