100 YEARS OF BMW : THE ULTIMATE DRIVING MACHINE

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (15)Alles Gute zum geburtstag Bayerische Motoren Werke AG. Alias Selamat ulang tahun BMW yang ke 100 tahun. Dari sebuah perusahan pembuat mesin pesawat terbang yang lahir pada 7 Maret 1916 yang lalu, kini 100 tahun kemudian brand ini menjelma menjadi salah satu brand mobil yang paling berpengaruh di dunia. Lebih dari 680 club BMW di seluruh dunia pun merayakan ulang tahun “The Ultimate Driving Machine” ini. Termasuk juga BMWCCI atau BMW Car Club Indonesia yang merupakan satu-satunya organisasi payung (umbrella) dari seluruh organisasi (chapter/register) club BMW di Indonesia.

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (18)Gelaran b’day party nya yang ke-100 ala BMWCCI ini diadakan pada tanggal 12 Maret 2016 yang lalu dan mengambil tempat di Bumi Perkemahan Cibubur. Dan yang cukup surprise nya, Indonesia merupakan negara pertama yang merayakan 1 abadnya BMW setelah Jerman.

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (25)Acara yang dihadiri sekitar 400 mobil BMW dari sekitar 22 chapter ini mempunyai tema one passion, one community. “Harapan saya pada acara ulang tahun 100 tahun BMW ini yaitu gimana kita atau club bisa menjadi melebur menjadi satu sama temen-temen komunitas tanpa baju yang masing-masing kita banggain, yang sesuai dengan temanya perayaan kali ini yaitu one passion..one community” ungkap Asido Regazzoni selaku ketua panitia dari event ini.

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (22)Tak hanya BMWCCI pusat saja yang melakukan perayaan b’day partynya BMW ini, namun beberapa chapter seperti kota Surabaya dan Jogyakarta ikut membuat perayaan ini di masing-masing kota. Walaupun beberapa anggotanya sudah berumur, namun mereka tetap young at heart atau evergreen, bahkan gadun.

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (27)Khusus untuk kota Jakarta dan sekitarnya, perayaan kali ini dilakukan di Bumi Perkemahan Cibubur dengan berkonsep car meet up atau gathering saja. Walaupun hanya berkonsep seperti “one make race” dengan di isi hiburan yang cukup sederhana (games dan acoustic band), namun acara ini mampu menyedot animo para pengguna BMW mulai dari club atau komunitas dari berbagai kota di sekitar Jakarta. Seperti BMWCCI Jakarta, Banten, Bogor, dan bahkan Bandung, juga Cirebon.

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (12)Di acara ini juga mereka membuat angka 100 lengkap dengan bendera Indonesia yang terbuat dari 4 warna mobil BMW, yaitu biru muda, biru tua, merah, dan putih. Sekitar 82 mobil BMW dari berbagai jenis, tipe dan tahun membuat formasi angka 100 dan dibawah angka 100 adalah bendera Indonesia. Sayangnya formasi ini hanya bisa di lihat dari udara saja.

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu SulistyoPada bday party kali ini BMWCCI juga mengajak beberapa owner mobil BMW yang masuk dalam kelas heritage atau classic untuk di display dalam rangka respect your elders. Mulai dari BMW 1939 BMW 328 roadster yang sudah pulang duluan, hingga BMW idaman saya BMW 2002.

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (8)Dan tentu saja salah satu spesies BMW yang cukup langka di Indonesia, yaitu BMW 8 series (E31). Mobil yang disebu-sebut sebagai one of BMW best failed experiments ini menggendong mesin V12 5.0 Lt berkode M70B50 yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 300 PS (221 kW; 296 hp). Tapi buat saya, monster V12 BMW ini belum bisa membuat saya greget. Yang paling bikin saya greget adalah Indonesia pernah punya BMW 3,5 Lt CSL 1976 alias BMW Batman wing yang kini sudah minggat pulang kampung ke Eropa, setelah pada akhir tahun 1970an merajai sirkuit Ancol dengan livery rokok Bentoel.

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (3)Beberapa komunitas single tuner BMW seperti Alpina Society Club juga hadir dengan membawa armada perangnya berupa mobil BMW yang sudah di pimp ala Alpina Burkard Bovensiepen GmbH.

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (6)2 diantaranya yang membuat saya ngiler adalah BMW type E21 serie 320i Alpina kelahiran 1975 dan BMW E28 520i 1982 yang semuanya dipersenjatai dengan velg, body kit, ducktail, hingga livery.

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (4)Alpina yang katanya merupakan tuner termahal di BMW ini, bisa dibilang single tuner yang berhasil memadukan unsur sporty namun terlihat elegant dengan sedikit sentuhan classic yang tak akan lekang dimakan jaman. Kabar buruknya, showroom Alpina terdekat adalah Singapore.

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (5)Beberapa pembalap ETCC atau European Touring Car Championship pada balap touring ISSOM tampak hadir disini, seperti Abimanyu Kameswara dari team Segoro Kidul Racing Team yang biasa membesut E36 dan E46 di Euro 3000 (kanan).

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (14)Dan Juara Nasional ETCC Euro 3000 Master 2014 Aria Ramadhan dengan designer muda Anjiasmara

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (15)Yang pada hari itu datang dengan BMW type E21 serie 320i. Damn, i love this car.

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (11)Well, jujur saja saya memang penggemar Biem terutama varian M series nya, apalagi E30 M series nya yang menurut saya box car racer DTM paling sexy dari daratan Eropa selain monster rally group B.

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (26)“E30 register merupakan salah satu club di bawah BMWCCI, dan pengurus E30 Register kali ini mengangkat tema Motorsport yang dimana clubnya mempunyai mobil balap. Karena teman-teman di E30 register antusias sekali dengan dunia balap, dan juga beberapa membernya juga berlaga di ISSOM (ETCC). Jadi karena passion mereka di motorsport, sekalian juga pembalapnya merupakan anggota dari club mereka sendiri” terang Asido Regazzoni (Ketua Panitia 100 years BMW) ketika saya menanyakan mengenai program balap E30 Register Motorsport yang sudah mulai berlangsung di seri 1 ISSOM kemaren.

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (13)Hari itu memang cuaca di Bumi Perkemahan Cibubur sedang cerah ceria dan panas. Beberapa peserta pun mulai berguguran, ada yang pulang atau ada pula yang melanjutkan gathering ini dengan mencari payung hidup untuk meneduhkan mobil kesayangan mereka.

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (23)Acara kali ini tak hanya dihadiri oleh mobil BMW yang masih OEM pabrik ataupun light weight modification. Beberapa anggotanya bahkan membawa show car nya ke acara ini. Mulai dari BMW E90 dengan killer paint and rims, hingga E36 Coupe yang dipersenjatai dengan V8 IUZFE untuk drifting. Owner BMW bisa dibilang sebagian besar masih berusia muda (20an) hingga 50an.

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (28)Dan tentu saja BMWCCI Cirebon tak lupa membawa race queen mereka

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (30)Tak hanya 1 tapi 4 race queen nya yang M series.

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (31)Saya pun bisa sampai ke acara para bimmer ini berkat goncengan teman saya Daniel dari Bosmobil. Dengan digonceng, kami berdua pun menempuh perjalan selama kurang lebih 2 jam lebih dari daerah Duren Sawit hingga Cibubur dengan menahan pantat saya yang mungkin sudah bengkak atau pegel karena perjalanan yang cukup jauh dan tentu saja ada bumbu macetnya.

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (32)2 kali 2 sama dengan 4 jam lebih saya menempuh perjalanan pulang pergi untuk meliput event ini. Dan baru kali ini saya merasakan kerasnya kehidupan jurnalis kota Jakarta dalam meliput sebuah event. Biasanya kalo saya di Surabaya perjalanan dengan motor tidak sampai membuat pantat saya pegal, mungkin alam hitungan menit telah sampai bukan hitungan jam. Tapi demi melihat acara ini saya pun rela.

BMW 100 Years by BMWCCI. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (7)100 Years of BMW, One Passion..One Community.

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!