PORSCKIT SURABAYA : SHOWDOWN IN HIN

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (68)Porsckit Surabaya is back. Setelah terakhir saya bersama club ini pada tahun 2013 dengan agenda Very Early Morning Run alias mengejar 1st flight. Saya pun kembali lagi menemani club yang mulai berdiri dari tahun 2002 ini pada acara auto contest Hot Import Night 2016 di kota Surabaya.

porsckit surabaya morning run (22)Yang saya maksud dengan very early morning run adalah call crew nya pada jam 2 pagi di sebuah gas station lalu dilanjutkan dengan morning run, yang rally point 1 nya di sebuah ruas jalan tol Surabaya-Mojokerto yang baru saja diresmikan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo.

porsckit surabaya morning run (23)But, thanks to Porsckit saya bisa mengambil photo sunrise yang pertama buat saya yang tampak begitu cantik dengan degradasi warnanya.

F10 Crew Surabaya Morning Run. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (96)Porsckit yang dulu saya kenal dan tahu di masa awal kejayaan mereka yaitu 2000 awal hingga pertengahan 2000an, berisi mobil-mobil JDM style ala Fast Furious, kini berubah dari a boy menjadi a gentleman club. Yaitu mengganti mainan mobil Jepangnya dengan Euro Car.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (70)Porsckit car club Surabaya adalah sebuah club oldschool dari kota Surabaya. Mulai berdiri semenjak 2 Februari 2002 atau jaman saya masih masih baru minginjakkan kaki di bangku kuliah (semester 4). Dan dari 3 club besar yang selalu merajai auto contest di Surabaya (Zapt, Porsckit), hanya Porsckit yang lolos dari seleksi alam, dan menjadi club mobil auto contest tertua di kota Surabaya yang masih eksis hingga hari ini.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (36)Dari tahun ke tahun setiap ada event auto contest di kota Surabaya, mereka pun tak pernah absen. Ditahun 2016 ini, Porsckit pun kembali ke ajang kontes kecantikan mobil dengan sejumlah 17 mobil modifnya.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (60)Namun karena space yang terbatas , akhirnya area display club yang biasanya selalu ada sofa dan juga rigging serta stage ini hanya di susun seperti sebuah car meet.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (59)Dari 17 mobil Porsckit yang ikut, 4 diantaranya adalah mid –size luxury car BMW seri 5 yang berkode F10 ( 523i dan 528i). Bisa dibilang semenjak 2015 anak-anak Porsckit yang dulunya adalah JDM Boys kini beralih menjadi Bimmer.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (37)Dan salah satu alasan kenapa anak-anak di Porsckit yang semuanya juga member dari F10 Crew ini fall in love dengan mid-size luxury car generasi ke-6 dari seri 5 adalah karena mereka sedang menggandrungi 4 door saloon, dan juga fun to drive. Modifnya pun terhitung gampang, contohnya seperti F10 milik Jeffry sang ketua Porsckit ini. Anda tinggal memasangkan parts yang plug and play seperti 3D Design add on BMW F10, carbon fiber side mirror, Dry carbon M Performance. Dan akhirnya Vorsteiner VFF103 yang dibalut dengan Falken Azenis FK435 sebagai high heelsnya. Dan dengan bantuan Brembo GT 380 8 pot, Jeffry pun bisa dengan mudah menghentikan laju mobil yang bertenaga 201 hp ini.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (40)Selain itu F10 dinilai performance dapat (plug and play), comfortnya juga dapat, dan tentu saja stylish. Dan dari 4 F10 yang ada, 3 diantaranya menganut aliran murdered out alias black in black alias serba hitam.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (4)Murdered out dipilih karena warna hitam terlihat classy dan juga sporty, serta elegant di F10 tunggangan mereka. Juga terkesan misterius..

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (42)Saya juga melihat club yang awalnya dipenuhi dengan para JDM Boys ini berubah menjadi European Guys alias mobil-mobil pabrikan Jerman.Hal ini dipicu dengan hobby baru anak-anak Porsckit yang suka night cruise di jalan tol Surabaya, dan bagi mereka lebih fun pake Euro car.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (43)Alasan lainnya yang membuat Euro car meng knock out JDM car adalah masalah performancenya. Disektor engine biasanya Euro car sekelas VW, BMW, Audi, ataupun Benz enginenya sudah dipersenjatai dengan turbocharger, jadi performance dari mesin bawan pabrik performancenya sudah mumpuni untuk diajak berolahraga malam atau pagi. Beberapa anggota Porsckit juga terlihat sedang memodif mobil mereka, seperti VW Golf MKVI yang masih bertitel #unfinishedproject.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (44)Yang cukup uniknya dari #unfinishedproject ini adalah pada bagian hood nya yang dibuat meniru hoodnya Mitsubihi Lancer Evolution yang vent atau lobang udaranya dibuat sesuai dengan mesin 2.0 L4 TSI yang sudah di doping dengan pedal box dan full Milltek exhaust system.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (34)Dan 3 dari 17 mobil Porsckit yang turun di HIN Surabaya ini adalah masih belum bisa beranjak dari mainan mobil Jepang mereka, yaitu Subaru WRX STI GV, Toyota FT-86, dan Honda S2000

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (45)Dan tentu saja legend yang akhirnya reborn , yaitu FT-86

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (61)Satu-satunya sport car sedan dengan wing yang cukup tinggi dari mobil lainnya adalah sebuah Subaru WRX STI

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (53)STI ini pun dipersenjatai dengan STI body kit dan Work WheelsEmotion XT-7 yang dibalut dengan ban Toyo Proxes R888

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (33)Dari JDM boys kita beralih ke Euro boys dengan sebuah sportcar dari pabrikan Jerman, yaitu Audi TT MK2 yang merupakan generasi ke-2 dari keluarga Audi TT. Audi TT yang menggendong mesin 1.8 Lt 4 cylinder 20 valve TFSI (161 HP) sudah di modif pada bagian eksteriornya dengan body kit custom dengan BBS CHR yang dibalut Michelin Pilot Sport dan Brembo 8 pot 355 (F) dan 4 pot 345 .

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (96)Sebagai seorang penggila motorsport, tentu saja saya selalu jatuh hati dengan mobil 2 pintu atau coupe karena terlihat lebih sporty. Tak terkecuali dengan BMW 435 M edition yang tongkrongannya dibuat menjadi lebih swag atau elegan stance dengan hanya mengganti rimsnya saja

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (75)Dan untuk menunjang penampilan swag nya, 435 ini pun dibekali dengan sebuah brand yang mungkin begitu nge hits nya di dunia persilatan stance, yaitu Rotiform 20’inch yang dibalut dengan Toyo Proxes T1S. Dan untuk membuatnya menjadi lebih low, H&R lowering kit pun bersemayam didalam fender nya.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (46)Its bling bling time.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (47)Dari Biem kita beralih ke rivalnya yaitu Mercedes Benz dengan Mercy E230 W210 yang dipersenjatai dengan Works Eurolone 19 inch yang dipegang oleh D2 Air Suspension system hingga membuat Benz ini bagged.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (48)Dari W210 kita beralih ke adiknya, yaitu W211.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (49)Untuk bertarung dengan M5 , Benz pun mempersenjatai E55 AMG ini dengan mesin 5.439 cc V8 supercharged yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 469 hp. Gruppe M carbon kevlar intake pun ditambahkan untuk mempercantik dan menambah performance dari mesin V8 ini

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (51)Dari W211 kita akan naik lagi ke C207 yang masih satu keluarga di E class.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (50)C207 coupe ini merupakan AMG Edition yang di percantik lagi dengan Rennen Forged Wheels spec W212 yang dibalut dengan Toyo T1R. Suspensi oem nya pun diganti dengan BC Coilover

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (52)Dan akhirnya line up Euro car ini ditutup oleh BMW 645Ci E63 yang telah di modif dengan seperangkat M6 body kit, Vorsteiner lips, custom diffuser dan ducktail, dan HRE 21’inch rims yang dibalut Michelin Pilot Sport. Sementara untuk performancenya, Gruppe M Carbon intake bersanding dengan Meisterschaft Exhausts.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (16)Apalah artinya jika ikut autocontest tanpa sebuah icon car atau mobil jagoan yang dibangun untuk bertarung dengan mobil contest dari club lainnya. Porsckit pun menurunkan 3 mobil jagoannya, yaitu Scirroco, CLK, dan E90. Dimana ke-3 Euro car ini menganut aliran stance (bagged)

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (68)Meet the new look of Erwin Scirroco. Body Scirroco ini pun di pasangkan custom bumper Scirroco R model terbaru lalu dilebur dengan Gold rush color hingga membuatnya terlihat seperti gold member.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (14)Dan yang menjadi jodoh yang tepat sebagai high heels nya adalah Work Meister 19 inch yang terlihat manis sekali berada di fender yang juga berisi 355 6 pot Brembo brake kit . Dan tentu saja Air lift air suspension 4 point yang membuat Rocco ini cinta tanah air.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (15)Erwin pun cukup jeli menggabungkan unsure elegant dengan sport di mobil ini dengan menambahkan aksen carbon pada hood nya yang terbuat dari dry carbon. Sementara jika Anda pop the hood Scirroco ini, maka Anda akan menemukan mesin 210 hp 2.0 Lt turbo yang di re-tuning lagi dengan remap Revo stage 2, Neuspeed intake, Neuspeed air filter, dan Garret Intercooler.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (32)Next stop is BMW E90 320i yang hampir seluruh bagian tubuhnya dibuatkan custom body kit mulai dari front and rear bumper, sideskirt, hingga carbon roof spoiler . Body E90 ini pun dilebur dengan warna orange xirallic keluaran Spieshecker.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (103)Untuk mempertegas kesan sport elegant nya, Yossi pun menambahkan M3 fender pada body E90 ini. Sementara Universal Air Air Suspension 4 point solenoid bertugas untuk membuat seri 3 ini menjadi low dan sekaligus memegang Work VSXX 19 inch yang dibalut Accelera PHI. Mesin 148 hp 2.0 Lt 4 cylinder ini pun telah di porting and polish dengan tambahan Full system rep quad exhaust Eisenmann.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (29)Mungkin saya tidak perlu lagi menjelaskan panjang lebar mengenai apa aliran modifikasi yang di anut oleh Mercedes Benz CLK 240 Avantagarde yang mempunyai plat nomer B 846GED ini.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (58)Yes its Stance..and the good news is..it’s a bagged car lengkap dengan julukannya Dat ass.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (107)CLK 240 ini bisa dibilang sebagai mobil stance paling eye catching di HIN Surabaya, alasannya adalah pemilihan perpaduan antara warna body dengan rimsnya.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (54)Body coupe ini di lebur dengan Blue pearlescent yang sudah di modif dengan wide body dan beberapa part Carlsson bodykit, dengan warna emas pada rims 19×12 et-45 (rear).

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (78)Did I said 19×12 et-45 (rear) ? Yes its real guys. Marco pun memilih Kranze LXZ dengan spec 19×10.5 et 14 (front) dan 19×12 et-45 (rear) yang dibalut dengan Toyo DRB (front) dan Toyo T1S (rear). And spec rimsnya tadi merupakan original spec bukan rebuilt custom spec wheels.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (77)Bahkan rims ini pun mempunyai kegunaan ganda atau multifungsi, yaitu sebagai tempat duduk. Dan untuk membuat body CLK ini duduk, Marco menggunakan Air Suspension Universal Air (4channels solenoid with airbox wireless stick controller) yang dipadu dengan KW V2 suspension dan AMG Big brake kit 6 pot.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (101)Its Marco playin with airbox wireless stick controller

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (100)Well dengan dualshock joystick ala PS ini Anda bisa membuat mobil Anda bergoyang naik dan turun di ke-4 rodanya

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (99)Dan yang jelas ekspetasi dan realita beda jauh. Yang Anda harapkan mobil Anda serlihat mobil stance dengan bagged yang swag atau greget, tetapi yang teman Anda lihat dan rasakan bisa seperti sedang naik odong-odong gaul karena bisa naik turun sendiri. Porsckit love this car.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (94)Sebagai layaknya club mobil paling tua di Surabaya (club auto contest) yang sudah memasuki kepala 14 tahun, pasang surut pun menghampiri club yang didirikan pada 2002 ini. Mulai dari anggota yang datang dan pergi, hingga kendala di saat contest. Tapi ibaratnya usia 14 tahun bagi sebuah club mobil itu adalah suatu pencapaian terbesar, karena tak banyak club mobil yang bisa bertahan lebih dari 3 tahun. Bahkan saat ini tak hanya di kota Surabaya saja Porsckit berada, namun ada juga region lainnya di kota Malang, Samarinda, dan Jakarta. Totalnya sekitar 40 orang anggota.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (86)Sedangkan di Surabaya sendiri anggota Porsckit saat ini terdapat 20 orang dengan anggota yang aktif hanya sekitar 11 orang. Beberapa program re united atau bahkan reactivated pun dibuat oleh Ketua Porsckit supaya anggota yang tidak aktif menjadi aktif kembali. Seperti mengadakan night crusing, morning run, atau hanya sekedar ngafe bersama.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (91)“Tujuan kita turun di HIN Surabaya kali ini supaya nama Porsckit tidak hilang dari dunia modifikasi di Indonesia, khususnya kota Surabaya. Kita turun juga just for fun aja. Beberapa member ada yang mengejar piala atau gelar, tapi kebanyakan kemarin anggota kami tidak mencari gelar piala atau gelar. Ya kurang lebih sebagai ajang gatheringnya kamilah di sebuah auto contest” terang Jeffry Chandra ketua Porsckit Surabaya.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (108)Well, benar saja. Beberapa anggota Porsckit pun berhasil naik ke atas stage HIN untuk menerima gelar atau piala. Dimulai dari Thomas yang berhasil meraih gelar Best Audi dengan Audi TT nya.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (110)Lalu di ikuti oleh Marco dengan Mercedes Benz CLK 240 yang berhasil memborong 2 gelar, yaitu Killer Colour dan Best Tuck.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (112)Sementara Erwin dengan VW Scirroco nya berhasil menyabet 3 gelar di HIN kali ini. Yaitu Best 3 door, Stancenation, dan tentu saja Best VW. Erwin pun berhasil mengalahkan CLK nya Marco dalam dunia persilatan stance dan bagged.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu SulistyoWell kali ini Porsckit yang biasanya memborong banyak piala, harus puas dengan 6 piala atau gelar yang diraih mereka. Tapi mereka cukup puas dengan 6 piala tersebut, karena fighter atau mobil jagoan mereka Cuma 3 mobil saja, yaitu Scirroco, CLK, dan E90.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (56)“So it doesn’t matter if we get some trophy, but we satisfied for the show” kesan Jeffry sang ketua.

Porsckit Surabaya in HIN 2016 Surabaya. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (65)Di usia nya yang ke-14 tahun ini, Porsckit pun berharap adanya regenerasi supaya ada generasi penerus legacy porsckit di dunia modifikasi Indonesia, khususnya Surabaya sebagai tanah kelahiran club ini. Dan juga juga mulai digalakkannya tuning with attitude yaitu penggunaan spec dan Original part aja, alias part asli

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!