SPEEDFREAK : JDM RULES IN HIN SURABAYA

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (75)Boys never grow up. They just get older and their toys get more expensive and more faster. Mungkin itulah kata-kata yang tepat bagi Speedfreak Surabaya yang mengspesialisasikan club nya sebagai club pecinta kecepatan dengan bumbu JDM car yang sangat kental di dalamnya. Terlebih lagi pada event HIN Surabaya yang lalu, club yang berdiri sekitar 3 tahun yang lalu ini mengeluarkan armada perangnya yang sebagian besar JDM car dengan level rare atau dream cars.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (70)Speedfreak ini sebagai wadah atau komunitas bagi para penggemar sport car dan tempat sharing info menganai a to z about sport car. Terutama sportcar dari negeri matahari terbit Jepang alias JDM Car. Dan pada event HIN Surabaya kali ini mereka pun menurunkan 13 JDM Car dan 1 Euro Car.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (21)Dan Anda pasti maksud dan tujuan dari lampu sorot yang di arahkan ke beberapa engine bay yang hood nya di buka, yaitu horsepower dan juga high performance engine under the hood. Speedfreak bisa dibilang sebuah club yang fokus pada high performance car dan juga engine, namun tetap daily use.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (36)Dari Daily Car hingga rare JDM race car, yaitu sebuah Mugnn Motul Honda Civic Si race car yang habitatnya di Indonesia hanya sejumlah 3 buah. Dan seluruh parts yang menempel di body Wonder ini adalah original Mugen Power Japan Parts dari jamannya.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (11)Wonder yang dulunya merupakan touring car dan pernah bertarung di dari Macau GP, Shah Alam Circuit Malaysia, hingga Ancol Circuit Indonesia yang dipiloti oleh pembalap senior Aswin Bahar. Ketika mobil ini pensiun, mesin ZC 1.600 DOHC dikirim kembali ke Mugen Power Jepang. Engine baynya pun di isi kembali dengan mesin B18 yang dipersenjatai dengan Toda Vtec killer camshaft yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 260 hp untuk bertarung di lintasan drag dengan best timenya 13.1 detik (402 m)

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (39)Dari Vtec kita beralih ke mesin boxer dari pabrikan Subaru, yaitu Subaru BRZ yang sudah di persenjatai dengan custom Rocket Bunny V1 Aero kit yang memaksa Samuel harus memotong fender depan dan fender depannya supaya aero kit buatan Kei Miura ini bisa fit di body mobil. Beberapa custom dry carbon dan STI part pun memenuhi body BRZ ini.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (38)Dibalik wide body Rocket Bunny ini pun terdapat Advan Racing TCIII 18’inch yang dibalut dengan Falken Azenis yng dipegang oleh ISC coilver, dan juga Brembo GT 8 pot braking system.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (12)Mesin boxer BRZ yang berkode FA20 2.000 cc yang standartnya mampu memuntahkan tenaga sebesar 200 hp ini di upgrade lagi dengan Greddy T158Z Turbo Kit, HKS blow off, FIE Titanium header, FIE downpipe, FIE catback exhaust valvetronic with remote, ECU reflash by Ecutech, Transmission Module reflash by PP Performance. Hasilnya si bunny ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 275 bhp dengan boost 0,45 bar.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (75)Masuklah kita ke barisan the mighty Gojira yang merupakan barisan mobil legend dari daratan JDM. Pada kali ini Speedfreak melepaskan 3 Gojira nya dari 9 Gojira yang mereka punya, mulai dari R32, R33, R34, hingga R35. Satu species Gojira yang bisa terbilang paling powerfull pada saat itu adalah Mines R34 GT-R yang bisa di bilang mobil idaman alias cinta sejati saya.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (73)Gojira yang berkode sasis BNR34 ini mempunyai warna yang cukup special yaitu midnight purple III yang populasinya di dunia hanya berjumlah 300 biji. Terlebih lagi Gojira ini merupakan R34 yang sudah di tuning oleh Mines Motorsport, sebuah tuner spesialis GTR yang melegenda. Mine’s ESTA III suspension pun bersanding dengan Volk Rays TE37 18’ yang dibalut dengan Yokohama Advan neova AD08R berserta Brembo GT 8 pot Braking system. Sementara untuk menunjang aero nya dipasaangkan MiNe’S Air Scoop, MiNe’S Carbon Trunk Spoiler, Carbon Rear Wing Adapter.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (10)Fokus utama dari Mine’s dalam mentuning segala macam mobil adalah mengenai balance antara power dan juga handling. Jika suspensionnya sudah memakai Mines ESTA coilover maka, mesin inline 6 2.600 cc berkode RB26DETT ini pun dirubah menjadi single turbo dan dibengkakkan lagi dengan 2.8L TOMEI engine, NISMO GT Engine Block, Tomei Procam Camshaft, Naprec Throttle body, Sard 800 cc Injectors, HKS TO4Z Turbo Kit, yang di otaki oleh A’PEXi Power FC Engine Computer + A’PEXi FC Commander. Yang jelas Gojira ini belum pernah di dyno test oleh Rian, tapi perkiraan saya adalah sekitar 500-700 hp, yang dimana Rian pernag menggeber GTR ini di Sentul Circuit dan mendapatkan angka diatas 200 km/h di straight nya (lintasan lurus dari R12 hingga R1)

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (67)The Gojira brotherhood..Rio and Rian.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (37)Dari Mines R34 kita beralih ke tunggangannya Takeshi Nakazato’s dari team Night Kids yang berasal dari komik atau kartun Initial D. Nissan Skyline R32 GTR V-Spec ini pun terhitung cukup langka di Indonesia, apalagi di Indonesia paling banyak beredar yang R34 Menurut saya Gojira milik Ferry yang bertenaga sekitar 276 hp ini bisa dibilang GTR favorit saya dalam hal bentuk bersama dengan R34.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (72)Gojira ke-2 milik Ferry yang ikut pada HIN kali itu adalah sebuah Nissan Skyline R34 GT-R V-Spec II yang berwarna midnight purple yang pada bagian kaki-kakinya dipersenjatai dengan HKS Hypermax IV suspension, Rays CE28n 18×10.5 ET, Nitto NT-01 275/35/18, dan Endless 6 pot brake kit front with 355mm disk brake

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (13)Pada bagian enginenya, tenaga Gojira ini sudah dibengkakkan lagi dengan beberapa parts dari HKS Japan, seperti HKS 2.8 Stroker kits, HKS T04Z turbo kits, HKS piping kits, HKS fuel rail, HKS header, HKS air filter, HKS EVC, HKS Fcon Vpro, HKS electronic valve timing, Okada plasma quad ignition, Sard injector 700 cc, Nismo intercooler, Calsonic radiator, yang hasil pembakarannya dibuang melalui Blitz NUR spec exhaust kit.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (24)Disamping R34 GTR V-Spec II Midnight Purple terdapat sebuah mobil bersama Fairladynya, yaitu Nissan Fairlady Z34 yang berwarna sun burnt orange

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (23)Fairlady ini pun di persenjatai dengan Gruppe M RAM air system, Amuse Titam intake pipe, Tomei Extreme exhaust manifold Ver.2, Tomei Straight front pipe, dan Amuse Power House R1 Titan extra. Untuk kaki-kakinya Ronald menunggunakan Advans RS 19 inch x 10 yang dibalut dengan Toyo Proxes R1R, dan juga King Spring Lowering kit yang bertugas membuat si wanita sexy ini terleihat lebih rebah.

 

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (22)Bukannya race queen nya saja yang ala JDM, bahkan beberapa anggotanya, termasuk ketua dari Speedfreak ini mencoba menghadirkan beberapa Japanese Nostalgic Car yang terbilang legend dan juga rare untuk ukuran mobil JDM di Indonesia , bahkan dunia. Yaitu sebuah mobil yang menempatkan 3 kali juara dunia Formula 1, Ayrton Senna sebagai test drivernya Honda NSX atau Acura NSX.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (54)Guys..meet the Acura NSX yang lahir pada tahun 1991. NSX sendiri menurut saya adalah 1 dari 4 JDM heroes yang paling greget dan legend yang pernah dibuat, yaitu NSX, Mazda RX 7 (FD3S), Toyota Supra JZA80, dan Nissan Skyline R34 GT-R. NSX sendiri berarti New Sportcar Experimental yang bodynya terbuat dari all-aluminum body. Dan menurut saya ini adalah the one and only NSX di kota Surabaya.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (55)Untuk bagian Exterior dari legend car ini Ferry sang ketua Speedfreak tetap mempertahankan bentuk OEM nya, namun beberapa bagian seperti front lips, side skirt, dan rear diffuser diganti dengan Xcess JDM. Suspensinya oem nya pun digusur dengan HKS Hypermax III coilover yang memegang SSR Type C yang lebarnya belang, yaitu 18×8 (front)with Toyo 225/40/18 19×10.5 (rear) with Toyo 265/35/19

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (57)Body all-aluminum semi monocoque unit body yang membuat body menjadi ringan sekitar 200 kg daripada body berbahan besi, membuat Honda tergoda membenamkan sebuah mesin 3.0 Lt V6 DOHC vtec yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 290 bhp dengan sistem penggerak Mid engine rear wheel drive. Ferry pun hanya menambahkan MagnaFlow downpipe dan MagnaFlow exhaust.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (56)Sementara pada bagian buritannya NSX NA2 rear wing pun ditambahkan pada bagian wingnya.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (58)Ferry yang juga juga ketua SF ini bisa dibilang sebagai seorang JDM freak, JDM goals nya adalah mengumpulkan keluarga besar the mighty Gojira atau Skyline, mulai dari KGC10, R32, R33, R34, dan R35.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (49)“ as long as JDM DNA, saya akan memburu dan mengoleksi. Dan NSX bisa dibilang sebuah legendnya mobil Honda dari tahun 90’an yang merupakan top of the line dari pabrikan Jepang ini, dan juga bentuknya timeless atau everlasting (abadi). Mungkin kedepannya saya akan sedikit memodifikasi dengan menambahkan body kit, lalu mengecat ulang, dan tentu saja memodifikasi mesin V6 nya” terang Ferry.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (68)Dari inline six dan V6, kita beralih ke JDM heroes lainnya yang tak kalah legend atau iconic daripada NSX dan GT-R, yaitu Lancer Evolution. Kebetulan pada event kali itu Speedfreak menurunkan 2 Lancer Evolution IX, 1 Evo VIII, dan 1 buah Epo III.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (14)Dan sekali lagi main menu dari ubahan mobil yang mempunyai DNA rally ini adalah pada sektor engine bay nya yang berupa mesin 4G63T nya yang sudah di modified dengan racing part. Salah satunya adalah CT9A ini yang telah di bengkakkan menjadi 2.3 Lt dengan stroker kit, JE Pistons, dan seperangkat HKS parts seperti camshaft, camgear, titanium retainer, valve springs,Intercooler, silent exhaust, Apex’I RX6 turbo kit,Apex’I downpipe, FIC Injectors 1200 cc,   dan akhirnya semuanya diotaki oleh Haltech Ecu Plugin Evo 9. Power yang dihasilkan pun mencapai 352 whp/327 Nm.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (78)Untuk kaki-kakinya HKS Hipermax III coilover bersanding dengan Volk Rays ZE40 18 x 8.5 yang dibalut dengan ban Nitto 01 yang sticky wicky DOT-R compound.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (79)Turun satu umur dari Evo IX, kita beralih ke sebuah Evo VIII yang dibangun oleh bengkel Elysium Autotech Surabaya yang pada awal kelahirannya dibangun sebagai mesin perang di atas mesin dyno contest. Dipersenjatai dengan 2.3 lt yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 603 whp boost 2,2 bar (VP Racing), dan 423 whp boost 1,3 bar (Pertamax plus). Walaupun hanya sebagai dyno war machine, bagian eksteriornya pun dipercantik dengan Volk Rays RE30 yang dibalut dengan Toyo T1R yang dipegang oleh HKS Hipermax III coilover.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (15)Di tahun 2016 ini Evo VIII ini pun bangkit kembali dari tidur nyenyaknya. Kali ini 4G63T nya down grade menjadi 2.1 lt. stroker kit yang special order dari salah satu tuner di USA.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (46)Evo IX ke-2 yaitu sebuah CT9A berwarn silver yang pernah mencicipi panasnya lintasan 402 meter Sentul Drag Race. Evo ini pun dipermanis dengan Varis carbon lip, side skirt, hood, dan carbon ganador mirror. Untuk kaki-kakinya Aragosta coilover memegang SSR type C yang dibalut dengan Toyo Proxes R888

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (47)Didalam engine bay nya terdapat mesin 4G63T yang sudah dibengkakkan lagi kapasitas mesinnya menjadi 2.300 cc yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 620.6 hp dengan boost 2.3 bar. Hasilnya mesin racikan Wisesa Motorsport ini  mampu meraih best time 12.5 detik di Sentul Drag Race (402 meter)

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (45)Dari Evo kita beralih ke Epo atau Lancer lokal yang di convert menjadi Evo lengkap dengan mesin 4G63T,AWD, dan juga body kitnya. Mungkin sekilas Anda langsung mengingat Epo III ini mirip seperti besutannya Jacky Chan di film Thunderbolt.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (41)Dari Epo 4 cylinder kita ke rotary master, dimana ada dua rotor master atau legend dari pabrikan Mazda, yaitu Mazda RX8 dan juga sang legend masterpiece dari Mazda, yaitu Mazda RX-7 FD3S Spirit R

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (44)RX-8 milik Leo ini sudah dilengkapi dengan seperangkat Varis Aero kit dengan sentuhan custom Varis carbon hood yang membuatnya terlihat gahar berkat hood vent yang cukup besar dan agresif. Dibalik hoodnya pun tersimpan mesin Renesis 13B-MSP yang sudah dimodif ringan oleh SP garage Surabaya dengan menambahkan custom turbo kit, Kamax TD05H-20G turbocharger, full custom aluminium intercooler pipe, custom exhaust system dengan single output, RE Amemiya spark plug wires, dan akhirnya diotaki oleh Greedy profec boost controller, dan Greedy E-Manage Ultimate. Hasilnya mesin rotary ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 200 whp/300 nm dengan boostnya hanya 0,8 bar untuk matic car.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (82)Sementara sang legend FD3S memakai beberapa parts RE Amemiya. Mesin 13B twin turbonya pun sudah di berikan sentuhan modifikasi ringan oleh SP Garage Surabaya seperti custom full exhaust system, power fc Apex’i stand alone, dan SARD radiator cap 1.5 bar. Walaupun Spirit R ini hampir semua OEM kecuali rimsnya yang memakai Gram Lights 57 Extreme yang dibalut dengan Achilles Radial Sport 2, Michael atau Madmike yang tergabung dalam Surabay Drift Society sering mengajak FD ini drifting.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (43)Dan barisan terakhir dari line up mobil JDM SF adalah sebuah Toyota Supra GA70 MK 3 yang dipersenjatai mesin 1G-GTE 2.0 Liter twin turbo yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 210 ps. Kondisi Supra generasi ke-3 ini masih dibiarkan stock. Namun pada bagian rimnya diganti dengan Advan RG 1.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (5)The one and only anggota SF yang menjadi Euro guys, adalah Hendra dengan VW Golf GTI MKV sudah di modif dengan aliran stance lengkap dengan air suspensionnya. Rabbit ini pun menjadi Rabbit yang menurut saya adalah seekor kelinci terbaik di Indonesia. Terbaik mulai dari eksterior, interior,hingga mesinnya.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (6)Kekuatan utama dari Rabbit ini adalah pada bagian kaki-kainya yang mengandalkan air suspension bermerek Air Lift Performance yang dikawinkan dengan KONI sport adjustable yang membuat CCW Classic 18?x8-9 terbenam dibalik fender nya. Walaupun bagged car, namun untuk urusan performance Rabiit ini terhitung beringas dengan modifikasi yang rada heavy weight pada engine 2.0 Lt turbocharged. AWE Tuning K04 Turbo Kit, Audi S3 Injector, Audi R8 Rev E ignition Coils, Eurojet v2 Intercooler, dan di otaki oleh Stage3 Bluefin Superchips. Merupakan beberapa performance parts yang bersembunyi dibawah hood MKV ini.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (31)Walaupun hanya turun 13 mobil dari 30 anggotanya, namun karena semangat kebersamaan yang ingin berkumpul bersama setelah kesibukkan bekerja , dan juga ingin berpartisipasi atau tetap eksis di dunia otomotif Indonesia, khususnya kota Surabaya. Ke-13 anggota SpeedFreak ini pun menyempatkan diri mengeluarkan JDM heroes mereka dari garasi rumah mereka supaya bisa memberikan warna pada ajang HIN kali ini.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (63)SF memang identik dengan JDM cars tapi tidak menutup kemungkinan bukan JDM vars juga bisa ikut. Bahkan sebanyak ke-30 anggotanya datang dari background yang berbeda-beda namun tetap pada satu DNA, yaitu High Performance JDM cars lovers. Ada drifter (Michael “Mad Mike”), pembalap touring dan drag race (Rian, Rio, dan Daniel), pembalap speedoffroad (Putu), pembalap slalom (Raditya) dan kolektor (Ferry dan Budi)

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (33)“Yang bikin SF kompak karena misi dan misi kita sama, yaitu sesama car enthusiast, saling berbagi info seputar mobil, aksesoris, mesin, dan modifikasi. Satu sama lain saling mengisi bukan memprovokasi atau jor-joran” jawab Ferry H Suganda, selaku ketua Speedfreak Surabaya ketika ditanya mengenai resep SF bisa tetap eksis dari tanggal 14 Juli 2013 yang lalu.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (84)Dan hasilnya, Speedfreak pun berhasil memenangkan 14 piala atau gelar dari HIN Surabaya.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu SulistyoDan rata-rata ke-14 piala tersebut tidak jauh-jauh dari hal-hal yang berbau JDM dan juga racing.

Speedfreak Surabaya HIN Surabaya 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (2)Sebanyak 14 piala atau gelar dari HIN Surabaya ini bisa dibilang sebagai kado awal di ulang tahunnya yang ke-3 yang akan di adakan pada bulan Juli besok di kota Surabaya. Rencananya club ini akan mengadakan car meet, touring, lalu charity.

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!