B16 AP SPEED : THE FORCE AWAKENS

2042

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (95)Seri ke-2 ISSOM atau Indonesia Sentul Series Of Motorsport kembali bergulir di awal bulan April 2016 ini (1-3 April’16). Dan kembali memanggil team-team balap di Indonesia untuk kembali bertarung di sisa 2 seri yang dipertandingkan di musim balap 2016 ini. Team B16 AP Speed termasuk salah satu team yang pada musim balap tahun ini terhitung dari seri 1 yang lalu tampil dengan pasukan perangnya yang semakin lama semakin membengkak jumlahnya akibat migrasi dari drag race.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (139)Dan bagi saya, round 2 kali ini sama seperti round 1 yang lalu. Dimana aktifitas saya dimulai dengan bangun pagi (jam 5.30), mandi, berangkat bersama Daddy dari bengkel AP Speed di Jakarta Timur, registrasi di media booth, lalu duduk santai di pit AP Speed sambil melihat jadwal qtt hari ini dan juga race day besok hari.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (18)Dan mungkin hanya di Indonesia, Anda menemukan sebuah rak helm yang juga berisi tempat sarung yang digunakan oleh para pembalap AP Speed untuk sholat di masjid yang terletak di belakang parking lot.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (27)Berbicara mengenai helm, H.M Kurdi atu pembalap asal pulau Madura ini pun menambah lagi koleksi helmnya dengan sebuah helm Arai yang sudah diberikan livery barunya yang berwarna pinky boy. Saya lebih suka Bell Helmet nya daripad Arai yang ini.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (2)Sementara bagi helm M.Herdy, helm Sparco carbonnya hanya ditambahi dengan sticker Motul dan Perfections Window Film yang mensupportnya pada musim balap tahun ini.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu SulistyoCrew AP Speed pun terlihat sedang sibuk mempersiapkan beberapa mobil pembalapnya yang masih mengalami kendala pada bagian kaki-kaki setelah melakukan official practice day yang dilakukan pada hari Jum’at kemaren. Para crew pun dituntut harus bisa menyelesaikan pekerjaan ini sebelum waktu qtt tiba, yaitu sekitar jam 10:00 (Qtt HJSC)

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (28)Akhirnya setelah GK5 ini selesai dibangun pada tahun 2015 dan bersemayam di garasi rumah Rio untuk waktu yang cukup lama, di seri ke-2 ini GK5 bernama Kiara ini pun keluar dari kandangnya untuk bertarung di Honda Jazz Speed Challenge.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (29)Rio pun melengkapi Kiara GK5 nya dengan Sparco Circuit LF FIA Motorsport bucket seat yang sudah HANS friendly. Tak ketinggalan Schroth racing harness, dan juga juga 6 points rollcage menhiasi mobil yang baru datang dari showroom langsung dibawa ke AP Speed untuk di modif sesuai dengan regulasi HJSC.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (32)Sementara sang adik, Rian Risky masih setia dengan mainan oldschoolnya, yaitu sebuah Honda Jazz GE8 yang pada tahun lalu sering mengantarkannya ke atas podium ke-2 di promotion class.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (34)Dari lintasan 402 m Sentul Drag Race dengan ke-2 EG6 All Motor mereka, kini duo kakak beradik asal kota Suroboyo ini mencoba side by side dalam satu lintasan di balap touring Honda Jazz Speed Challenge 2016.

AP-Speed-ISSOM-rd.2-2016.PerfourmJika pada seri sebelumnya, Civic EF9 ala Kanjo ini hanya berdiam diri di dalam pit AP Speed, maka pada seri kali ini Iik Sudiro sang owner pun siap bertarung di kelas STC 1 (1600 – Retro). Anda pasti tidak percaya bahwa dulunya Nouva ini merupakan mobil stance dengan part oem Honda EF9 pada semua bodynya (restorasi), kini dipotong sana sini dan bim salabim jadilah dia mobil balap.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (144)Bahkan saking maniaknya dengan parts oem atau JDM, Iik bahkan memesan langsung spoiler atau wing belakangnya langsung dari Osaka kanjo Performance.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (143)Dan supaya aroma mobil balap Osaka Loop nya lebih kerasa, maka Iik pun membuat tire bomb pada Advan Neova AD08R yang membalut SSR TypeC 15’inch. Bahkan nomor startnya pun dibuat anti mainstream atau tidak mengikuti pakem ISSOM.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (19)Untuk kaki-kakinya Iik memilih K Sport 380mm Super 8 Pot Brake kit yang dikawinkan dengan Aragosta coilover

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (147)Untuk interiornya sendiri, Nouva yang sering memenangkan acara stance meet ini terpaksa harus diet mati-matian untuk bisa mengejar power weight to ratio yang bagus. Lemak-lemak yang tidak penting dibuang, dan berganti dengan 6 point rollcage, Recaro bucket seat, Simpson harness, dan Sparco steering wheels. Dan bisa dibilang saya selaku suka dengan dashboard mobil tahun 90’an kebawah yang masih terlihat seperti mobil bukan seperti cockpit pesawat tempur dengan tombol digital dimana-mana.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (146)Untuk dapur pacu nouva yang diberi nama Buricak Burinonk ini, Daddy atau Bang Apre dari AP Speed memilih sebuah mesin B16 untuk melungsurkan mesin 1.300 karburator D13 nya. Hasilnya tenaga sebesar 265 hp dipersiapkan untuk bertarung di kelas STC 1600

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (203)Sementara naik 1 kelas diatas STC 1600, ada EG6 milik M. Herdy yang bernama Shakyra yang sudah siap bertempur kembali di kelas STC 2100 dan juga STC open.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (145)Jika pada seri yang lalu mesin B18 nya menggunakan Hondata coil pack retrofit system atau satu busi satu coil, maka pada seri ini Daddy memutuskan untuk kembali ke jenis pengapaian standartnya yaitu memasang kembali distributornya karena penyakit mbrebetnya masih kumat di seri pertama kemaren. Mesin bertenaga 310 hp ini pun mendapatkan pelumas barunya berupa Motul 300V 5W-40  Ester Core Technology dari pihak Motul Indonesia.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (35)Tepat jam 9 pagi, atau 45 menit sebelum qtt HJSC dimulai, seluruh pembalap HJSC dan juga HBSC dikumpulkan terlebih dahulu oleh panitia Honda untuk memberikan early briefing sebelum para pembalap mulai melakukan qtt.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (36)Hal ini dimaksudkan untuk saling berkenalan satu sama lainnya, terutama pembalap baru yang pada seri ke-2 kali ini freshman atau new kid on the blocks nya cukup banyak. Di early briefing ini juga panitia memberikan rules do and don’t nya kepada semua pembalap, terutama pembalap yang baru kali ini mengikuti HJSC atau HBSC seperti Rio Bramantio. Tujuaannya agar dari qtt hingga race day besok bisa berjalan dengan lancar, aman dan semua orang bisa kembali lagi ke dalam pit dengan selamat.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (37)Selesai early briefing, ke-2 kakak beradik ini pun langsung bersiap-siap sebelum race dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Maklum saja, ini bukan seperti Anda bermain bom-bom car atau naik odong-odong, selama sekitar 20 menit Anda akan melakukan babak qtt. Dan selama 20 menit badan dan kepala Anda akan dihajar dengan g-force, dehidrasi dari hasil suhu cockpit yang bisa mencapai sekitar 50? Celcius. Ditambah lagi Anda mengenakan racu suit, balaclava, gloves, helmet. Anda mungkin bisa kehilangan sekitar 2,5 kg/race nya.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (39)Yang jelas badan dan mental Anda harus siap terlebih dahulu sebelum Anda mulai masuk ke dalam cockpit mobil Anda.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (41)Jika sang adik, Rian, memilih sebuah Simpson Bandit helmet yang sudah diberikan corak atau livery camouflage

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (42)Maka sang kakak atau Rio lebih memilih sebuah Stilo ST5 GT Carbon denga yellow chrome shields. Terlihat badass bukan?

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (40)Jika pada seri kemaren atau pertama kelas Honda Jazz Speed Challenge di ikuti oleh Aik atau Faathir Ath Thaariq dengan Fani Arsyad, maka seri kali ini posisi Fani digantikan oleh 2 temannya yang sama-sama berasal dari kota Surabaya dan club Myb Racing, yaitu Rian dan Rio. Sementara di Honda Brio Speed Challenge formasiny masih tetap, yaitu ada H.M Kurdi atau Jikur dan Novin Syah di Brio 1200

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (46)Tapi sebelum mereka memulai babak qtt,Rio RB pun memutuskan untuk mengajak photo bersama Rio SB dari team Honda Racing Indonesia yang merupakan sama-sama pemilik nama Rio. Inilah kopi darat mereka semenjak sekian lama berkenalan dan akrab di dunia maya atau sosmed.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (44)Well ketegangan pun sedikit terjadi pada Rio, yang notabene baru kali ini turun balap touring langsung melakukan QTT day. Walaupun jauh hari dia sudah berlatih seharian, namun ini adalah debutnya dilepas secara bersamaan dengan peserta lainnya. Dan Daddy atau Bang Apre pun bertugas untuk mendampingi Rio.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (92)Bahkan saking gugupnya, tali pengikat helmnya pun sampai salah pasang, hingga akhirnya sang adik pun membantu memakaikan tali pengikat sang kakak.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (93)Well, ini dia duo kakak beradik yang tumbuh dan besar di dunia balap drag race kota Surabaya dan Sentul Drag Race kini side by side. Siapa yang tidak senang bisa 1 race dengan saudara sendiri (adik atau kakak). It’s a brotherhood goals.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (95)“Rian…im your brother” Saya masih ingat ketika saya sedang memphoto ini sang adik Rian berteriak “woy..woy..ini bukan F1 woy…bukan Rio Haryanto woy..kacanya kok ditutup”

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (100)Well, mereka berdua pun sudah masuk ke dalam cockpit Honda Jazz masing-masing dan bersiap untuk meninggalkan area waiting zone menuju kedalam track.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (47)Dan bagi Rian yang sudah kenyang pengalaman di HJSC pada tahun 2015 yang lalu, seri ini adalah comebacknya ke lintasan balap touring setelah seri 1 kemaren absen. Posisi terbaiknya adalah  podium ke-2 di promotion class di tahun 2016 yang lalu.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (108)Oleh karena itu diapun didaulat sebagai pembuka jalan atau guide untuk memberitahu racing line dan braking zone sang kakak yang berada dibelakangnya. Walaupun Rian sendiri terakhir membawa GE8nya pada saat race di seri ke-6 tahun lalu, namun secara jam terbang, dia lebih unggul dari sang kakak yang baru 1 hari latihan beberapa minggu sebelum seri ke-2 ini.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (51)Namun sayangnya karena Rian juga ingin mendapatkan posisi start atau grid yang bagus, terpaksa dia harus flat out. Rio pun tertinggal jauh dibelakangnya dan terjebak dalam traffic, sementara di depannya adalah rekan satu teamnya Aik.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (5)Setelah melakukan sekitar 25 menit waktu qtt, Novin Syah Hussain berhasil mendapatkan waktu 2:04.371, dan akan memulai start pada grid ke-33 pada race day esok hari.

AP SPEED ISSOM 2016 rd.1. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (174)M. Kurdi atau Jikur berhasil mencetak best time 2:03.117, dan akan berada pada grid ke-26 HBSC. Sementara di qtt ITC atau Indonesia Touring Car, Jikur akan start di grid ke-26 (2:03.358)

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (62)Sementara di HJSC, Aik atau Faathir Ath Thaariq berhasil mencetak waktu 2:01.892 dan akan memulia start pada grid ke-16. Di qtt ITC, Aik akan start di posisi grid ke-18 (2:01.392)

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (67)Sementara yang cukup mengejutkan, Rio R. Bramantio yang notabene baru kali turun qtt dan baru sekali latihan berhasil mendapatkan waktu yang lebih cepat daripada Aik, yaitu 2:01.600 (selisih – 292’ sec dari Aik)

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (83)Rio pun mendapatkan modal untuk race day pada keesokan harinya dengan start dari grid ke-20. Rio pun berhasil mencetak top speed 117.4 km/jam, juga lebih cepat 3’ dari Aik (117.1 km/jam)

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (60)Sementara sang adik atau Rian hanya membutuhkan beberapa lap saja untuk kembali mengingat racing line yang membawanya ke podium ke-2 promotion class pada tahun 2015 yang lalu. Berbekal Honda Jazz lama atau GE8, Rian berhasil mencetak waktu terbaik ke-8 dengan catatan waktunya 1:57.471, yang membawanya start pada grid ke-8

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (110)Yang cukup mencengankan adalah top speed yang berhasil di cetak Rian pada saat QTT itu yaitu 121.5 km/jam, yang dimana menjadi GE8 tercepat diantara dominasi GK5. Untuk qtt ITC Rian berhasil mencetak waktu 1:58.229, dan akan start pada grid ke-12.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (120)Namun sayangnya sang kakak atau Rio mengalami insiden ketika sedang melakukan qtt di Indonesia Touring Car Championship. Rio pun sempat terlibat body contact dengan M. Fadil dari team HTJRT di L2 hingga menyebabkan Rio melintir lalu bagian kanan belakang mobilnya mengantam tembok pembatas.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (124)Dan  membuat kaca belakang GK5 nya pecah dan body bagian kanan belakangnya remuk beserta rimsnya.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (122)Hingga membuat Rio tidak bisa melanjutkan qtt. Saya yang kebtulan berada di S kecil yang sedang menunggu Rio untuk memphotonya pun merasa curiga karena sampai qtt ITC berakhir, dia pun tidak lewat dihadapan saya. Dan ketika saya menuju ke R2, dugaan saya benar, dia mengalami insiden.” Kejadian itu begitu cepat, aku tadi masuk L2 terlalu keluar, tiba-tiba dari dalam muncul Fadil, aku ya reflek banting ke kanan, dan sepertinya sedikit out masuk gravel, dan dalam keadaan panic dan tidak melepas gas, stir ta banting lagi ke kiri, dan tau-tau melintir menabrak body bagian kanan belakang Fadil , dan berakhir di tepi lintasan setelah menghantam tembok pembatas. Benturannya keras sekali sampe leherku sakit” terang Rio yang menceritakan kronologinya di pos sambil terbata-bata karena masih shock.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (121)Sang Adik atau Rian pun langsung bergegas menuju ke lokasi kejadian bersama M. Herdy. Namun sayangnya mereka berdua berada di bagian dalam lintasan, dan tidak bisa menyebrang karena qtt mash berlangsung. Dan Anda bisa menebak, yang terjadi adalah kepanikan seorang adik yang berteriak keras kepada kakaknya untuk menanyakan kabarnya.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (123)Beberapa saat kemudian Rio pun dijemput oleh M. Herdy, sementara Rian bersama M. Arief dari team RHU (HBSC 1300), dan Asrul Mubin team RHU (HJSC Promotion class) menuju ke lokasi kecelakaan.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (129)Well kerusakan yang dihasilkan akibat berciuman dengan tembok pembatas lintasan pun bisa terbilang cukup keras hingga membuat rimsnya menjadi robek, dan kaca belakang pecah, serta trunk nya penyok.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (84)Sesampainya di pit, Rio pun menceritakan kronologis insiden yang dialaminya kepada team AP Speed

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (125)Curhatnya pun didengarkan langsung oleh sang adik, Rian, M. Herdy, dan juga Daddy atau Bang Apre. Mereka pun mulai membuat simulasi atas curhatan Rio tersebut. Pelajarann yang didapat Rio kali itu adalah tetap tenang dan berusaha mengendalikan mobil sebisa mungkin. Sebenarnya strategi Rio di 1st debut nya ini sudah bagus dan bijak, dia ingin bermain aman alias tidak mau terlibat dog fight dengan mobil di belakangnya. Alias dia selalu memberikan jalan atau mempermudah bagi mobil di belakangnya yang ingin menyalip. Baginya dia ingin merasakan atmosfir balapan ramai-ramai bersama peserta lainnya, supaya mendapatkan feelingnya.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (126)Dari tegang karena melintirnya Rio di L2 membuat kami semua kelaparan, tampi yang namanya rejeki selalu ada saja. Baim yang merupakan dragster dari team Supernova dan juga pembalap Brio 1300 ini berulang tahun pada hari Jum’at kemaren. Pria yang hobby bulking atau wisata kuliner ini membawakan makanan untuk tim AP Speed

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (127)Yaitu 2 loyang ukuran besar Nasi Kebuli khas timur tengah yang high octan alias full kambing. Rasanya? Mantaaff…kita semua suka. Thank you Baim, and Wish u all da best.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (131)Puas menyantap nasi , saya pun melanjutkan untuk memburu Iik Sudiro yang sedang melakukan hot lapnya di qtt. Namun sayangnya qtt untuk STC 2 (1600 – retro) di iringi dengan turunnya hujan yang cukup deras hingga membuat Iik tidak bisa memberikan best time yang maksimal dari 265 hp B16 nya. Iik pun harus puas di start di grid ke-6 dengan best timenya 1:57.077

ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (34)Karena hujan yang cukup deras, race director pun memutuskan untuk membatalkan qtt STC 1 (2100 – 3500) karena alasan cuaca yang buruk.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (21)Akhirnya EG6 yang sudah siap tempur ini kembali berhibernate di pit AP Speed. Hasil keputusan race director untuk penentuan starting grid besok adalah dengan sistem arisan atau kocokan. Dimana para pembalap yang mengikuti official practice (Jum’at) gridnya diambil berdasarkan hasil latihan kemaren. Sementar untuk yang tidak mengikuti official practice day, para pembalapnya mengambil nomor, dan nomor tersebut merupakan nomor grid untuk race day besok hari. Sayangnya M. Herdy mendapatkan nomor 21 yang berarti dia harus start dari grid ke-21 dari 33 starter.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (132)Karena hujan yang masih cukup deras, dan juga ini malam minggu yang berarti tol Bogor – Jakarta padat merayap. Jadilah saya dan team menghabiskan malam yang konon katanya malam indah malam wakuncar (waktu kunjung pacar). Tapi kenyataannya, sejauh mata memandang hanya crew AP Speed yang mayoritas lekong sedang mengetes kampas rem atau brake pad shoes baru

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (137)Membuat tire bomb

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (26)Membuka parcel dari Motul Indonesia yang berisi Motul 300V Power 5W-40 Ester Synthetic Racing Car Engine Oil untuk melumasi mesin 310 hp B18 EG6 milik M. Herdy ini. Motul 300V merupakan jenis oli mesin yang special diciptakan oleh Motul untuk memenuhi keperluan balap mobil ataupun mobil berperforma tinggi. Sebuah oli yang diciptakan dari hasil kolaborasi dengan para tim R&D pabrikan kendaraan otomotif sebagai ‘Laboratorium Hidup’ di ajang balapan internasional, seperti MotoGP, World Superbike, Supercross, Motul FIM Ice Speedway Gladiators World Championship, Rallycross, 24 Hours of Le Mans, FIA World Endurance Championship, Super GT, Drift, GT Asia, dan masih banyak lagi ini

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (25)Oyod yang merupakan Head Mechanic dari AP Speed pun menuangkan sebanyak 4 liter Motul 300V 5W-40 kedalam mesin B18 ini. Oli 5W-40 yang merupakan 100% Synthetic racing oil yang menggunakan formula  Ester Core Technology. 5W-40 Power direkomendasikan untuk balap jarak pendek seperti touring, Rally, ataupun GT.  Oli yang digunakan oleh Subaru World Rally Team (WRC), Formula Renault (Open wheel cars), dan masih banyak lagi team balap di dunia. Gradenya yang 5W-40 membuat perputaran oli di dalam mesin bertambah sempurna, dan mempercepat naiknya rpm (mencapai peak power). Sementara formula  Ester Core technology membuat mesin lebih bertenaga dan responsif,  suhu mesin menjadi lebih dingin karena minim gesekan, dan oli menjadi tahan lama karena lebih sedikit terbakar.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (133)Dan tentu saja kesibukan lainnya di dalam pit AP Speed pada malam Minggu kelabu itu adalah memperbaiki GK5 milik Rio yang melintir dan menghantam tembok pembatas di L2. Langkah pertama adalah mengetahui apakah jarak jumbo antara roda depan dan belakang berubah atau tidak, mengingat benturan yang cukup keras pada roda bagian belakang. Ternyata setelah di ukur, roda belakang geser ke kiri sekitar 2 cm (tidak lurua dengan roda depan)

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (135)Rio pun menyaksikan proses resparasi mobil yang belum pernah diajak jalan-jalan olehnya (dari dealer langsung dikirim ke bengkel)

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (134)Prosesnya pun mirip seperti sebuah mobil drift yang sedang terkena wall tap yang dimana bagian bagasinya rusak parah. Namun untuk kasus GK5 ini tergolong ringan daripada mobil drift dimana untuk melurusukan bagian yang penyok saja dibutuhkan sebuah mobil SUV sekelas Ford Everest untuk menarik bagian yang penyok. Dan dengan peralatan seadanya    pasukan katak B16 AP Speed ini mulai memperbaiki mobil Rio.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (136)Dan sekitar 2 jam an kondisi bagian belakang GK5 ini sudah terlihat rapi, dimana carbon trunk yang akan menggantikan oem trunk bisa terpasang dengan sempurna.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (138)Untung saja Rio jauh-jauh hari sudah mempersiapkan carbon trunk nya, sehingga dia tidak perlu pusing mencari trunk penggantinya. Trunk belakang pun sudah terpasang dengan sempurna, langkah selanjutnya adalah membuat kaca nya yang terbuat dari acyliric.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (31)RACE DAY

Setelah menikmanti malam minggu kelabu bersama crew AP Speed di dalam pit Sentul, tibalah kita Minggu pagi dimana race day akan berlangsung.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (149)GK5 milik Rio yang kemaren bagian belakangnya tidak berbentuk, kini sudah terlihat wujud “emergency” nya yang ditambahkan sticker “luka” tepat pada bagian yang terluka.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (154)Rian pun kedatangan tamu yang cukup jauh pada hari itu, yaitu Eric Caprin dari Caprin Racing Surabaya yang datang bersama anaknya Timmy. Eric merupakan orang mendesain dan mengecat livery di helm Simpson Bandit milik Rian.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (153)Sekitar jam 10 pagi tim pun berkumpul di dalam pit AP Speed untuk melakukan doa bersama yang dipimpin oleh Daddy atau Bang Apre.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (151)Tradisi doa bersama ini dilakukan sebelum pembalap AP Speed mulai meninggalkan pit untuk melakukan race. Dan race yang pertama bagi tim ini adalah HJSC dan HBSC yang akan dilakukan pada race ke 3 pada jam 10:30 – 11:00 (10 lap/30 menit)

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (160)Yang dimana dalam kelas ini akan turun sebanyak 6 pembalap AP Speed, yang terdiri dari 2 pembalap Honda Brio Speed Challenge (H.M Kurdi dan Novin Syah, 2 di kanan), dan 3 pembalap Honda Jazz Speed Challenge, yaitu Faathir atau Aik, Rian Risky, dan Rio R. Bramantio

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (162)Dan khusus bagi Rio Bramantio hari ini adalah hari yang cukup special dan juga mendebarkan baginya, maklum saja pada saat qtt kemaren dia sudah harus berkenalan terlebih dahulu dengan tembok pembatas sirkuit Sentul. Namun karena semangat boneknya yang cukup tinggi, race must go on. Dia pun dengan seksama mendengarkan early briefing yang dilakukan oleh panitia HJSC tentang aturan main yang menyangkut do and don’t selama race, alias mengingatkan sekali lagi kepada para pembalap.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (164)Bahwa di race kali ini pesertanya mencapai 38 peserta, dan beberapa diantaranya banyak pembalap baru atau baru pertama kali turun di balap toruing terutama HJSC atau HBSC. Jadi panitia meminta bermain bersih, jangan ngotot, dan saling menjaga satu sama lainnya. Supaya race kali ini bisa berlangsung dengan lancar, aman, dan selamat tanpa terjadi insiden.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (158)Rian Risky “Suro dan Boyo” pada helm Simpson Bandit nya.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (166)Para pembalap AP Speed pun mulai bersiap-siap memasuki mobil perang mereka, mulai dari Aik

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (165)Rian Risky

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (167)Rio yang tampaknya sedikit kesusahan dan belum terbiasa mengikatkan tali helmnya yang kali ini dibantu oleh M. Herdy.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (169)Sementara duo HBSC Brio 1200 Novin Syah

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (170)Dan H. M Kurdi pun sudah bersiap sedia di dalam cockpit Brio 1200 mereka

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (208)Rombongan pembalap pun mulai memasuki area grid atau garis start, dimana para crew AP Speed sudah bersiap-sedia berdiri di grid masing-masing pembalap untuk memudahkan pembalapnya masuk ke dalam grid start nya.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (209)Termasuk juga Daddy atau Bang Apre sang tuner dari AP Speed yang ikut mneyambut para pembalapnya di grid

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (172)Rio pun mulai mendatangi grid ke-20 yag ditandai oleh M. Herdy. Sangat penting sekali bagi crew untuk membantu para pembalap sewaktu memasuki box grid. Karena itu merupakan patokan bagi pembalap untuk kembali lagi setelah melakukan warm up lap. Jika sang pembalap sampai keluar dari area box grid maka akan diberikan sangsi.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (178)Rio pun kini sudah berada di di posisi start nya atau grid ke-20 pada race day kali ini. Dan dia sudah bersiap sedia melakukan 1st debut race nya di Honda Jazz Speed Challenge seri ke-2 2016 ini.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (214)Terlepas dari insiden melintirnya dia di L2 yang mengakibatkan rusaknya body bagian belakang mobilnya yang mengakibatkan sedikit trauma, namun semangatnya untuk kembali mengikuti race tetap berkobar. Terlebih lagi dia ingin satu race dengan sang adik, Rian Risky

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (176)Sementara sang adik sendiri, Rian Risky bisa dibilang sebagai pembalap touring yang berbakat. Dalam 1st debutnya di tahun 2015 yang lalu, Rian pun berhasil langsung naik ke atas podium HJSC promotion class. Dan bahkan beberapa kali dia absen balapan dan kembali balapan lagi dengan tanpa latihan sama sekali (langsung qtt dan race day), dia juga berhasil naik ke atas podium.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (175)Baginya balapan adalah hobbynya di sela pekerjaannya. Jika tidak bentrok dengan jadwal pekerjaannya, dia akan kembali berada di dalam cockpit GE8 nya. Yang harus saya akui, ingatan pria cukup tajam akan racing linenya, walaupun dia absen balapan 4 bulan dan tanpa latihan sama sekali langsung qtt dan juga race day.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (215)Sementara kakak beradik Sadat dan Aik, tahun ini sang kakak yang biasanya satu race bareng sang adik di Sentul Drag Race bersama EG6 all motor bernama Rainbow, kali ini hanya mendampingi sang adik untuk bertanding di ISSOM. Mungkin rencananya tahun depan dia akan mendampingi sang adik turun di HJSC.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (180)Race pun mulai berlangsung. Rio yang start dari grid ke-20 melorot ke posisi ke-30 dimana dibelakangnya dipenuhi oleh peserta Brio 1200. Memang start kali ini posisi gridnya tidak dipisah seperti seri kemarena (berdasarkan kelas), namun pada kali ini selama dia menjadi yang tercepat di qtt dia berhak atas grid sesuai dengan urutan yang tecepat.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (191)Dengan trunk carbon dan bagian belakang sebelah kanan yang “luka” Rio pun menyelesaikan race perdananya di HJSC promotion class dengan finish ke-24 (umum), dan ke-6 HJSC Promotion class dengan best timenya 2:02.168

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (185)Sementara sang adik, Rian Risky yang start dari grid ke-8 harus berjuang melawan para seniornya yaitu kelas rising star. Rian pun terlibat dog fight dengan salah satu pro drifter Indonesia Regi Fiandisa dari team HTJRT yang sama-sama menggunakan GE8, dan start 2 grid dibelakang Rian Risky.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (189)Rian pun harus mengakui jam terbang Regi yang sebelumnya membesut 2JZ Nissan Cefiro A13 di kelas Super Car Championship. Rian pun harus puas finish di urutan ke-10 (umum) dibelakang Regi. Sementara di promotion class Rian berhasil finish ke-2 dengan best timenya 1:57.527

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (71)Faathir Ath Thaariq finish di urutan ke-17, naik 4 peringkat dari start ke 21. Di Promotion class Aik Finish ke-5 dengan best timenya 2:01.202

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (3)Di Honda Brio 1200 Novin Syah finish di urutan ke-27 (umum), dan ke-6 Brio 1200 dengan best timenya 2:04.274

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (187)Dan akhirnya untuk yang pertama kalinya H.M Kurdi atau Jikur finish di urutan ke-21 (umum) dan pertama di kelas Brio 1200 dengan best timenya 2:03.253

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (194)Dan yang perlu Anda ketahui bahwa race kali ini finishnya dilakukan dengan cara di kawal oleh safety car karena terjadi sebuah insiden kecelakaan. Bisa dibilang race HJSC dan HBSC kali ini sudah berubah menjadi medan pertempuran yang hardcore dan brutal seperti layaknya Super Toruing Car yang memaksa Safety car sapai masuk 3 kali ke lintasan hanya untuk race yang Cuma 12 lap. (HJSC 10 lap)

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (197)Dan orang yang paling bahagia setelah bendera finish dikibarkan adalah H. M Kurdi yang untuk pertama kalinya berhasil keluar sebagai juara 1 di kelas Brio 1200.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (196)Dan untuk si Rian Risky, well dia sudah membuktikan kalo ingatan dan skill nya masih ada setelah terakhir naik GE8 nya pada bulan November yang lalu (seri 6 ISSOM 2015, juara ke-3), dengan berhasil finish di posisi ke-2 di tengah gempuran GK5.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (199)Sementara sang kakak atau Rio. Ini adalah hari dimana dia berhasil goal nya pada debut perdana nya di balap touring, yaitu berhasil finish dengan selamat. Ya walaupun dia dihantui atau masih trauma dengan insiden yang dialaminya kemaren. Dan tak ada yang lebih baik dari pelukan hangat seorang adik kepada kakaknya setelah finish.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (204)Rian pun berhasil naik ke atas podium ke-2 di kelas HJSC promotion class, yang dimana podium 1 di isi oleh Hendra Bonank dari team G.O.T Speed, dan podium ke-3 Hendra Widjanarko dari team Speedy Motorsport.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (205)Sementara H. M Kurdi atau Jikur untuk yang pertama kalinya berhasil merasakan podium 1 di kelas Brio 1200 setelah beberapa kali harus puas di posisi ke-5 besar. Pembalap asal pulau Madura inipun sudah jatuh bangun, salto di R1, menabrak tembok pembatas di S besar sebelum akhirnya bisa naik ke atas podium 1 Brio 1200.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (224)Sementara di ITC atau Indonesia Touring Car kelas 1200 (Kejurnas), H.M Kurdi atau Jikur harus kembali ber dog fight dengan Irvan Fauzig dan juga Ricky Dianto untuk memperebutkan podium ke-3 di kelas ini. Hasilnya, Jikur pun berhasil memenangkan dog fight dengan Irvan dan berhasil finish di urutan ke-22 (umum), dan ke-3 di kelas 1200 dengan best timenya 2:04.646

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (239)Faathir ATH atau Aik yang pada seri 1 kemaren berhasil naik ke atas podium ke-3 kelas 1600 max (pemula) kali ini harus puas finish di urutan ke-16 (umum), dan ke-7 1600 max dengan best timenya 2:01.802

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (237)Sementara Rian kembali terlibat dog fight dengan rivalnya utamanya di kelas promotion yang kali ini sudah naik kelas ke Master, yaitu Andrew Haryanto dari Honda Bandung Center.Rian pun harus mengakui keunggulan Andrew yang memakai GK5 yang turun di kelas 1500 (Rian 1600 max) yang berhasil finish didepannya (ke-9).

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (77)Sementara Rian sendiri finish di rutan ke-10 (umum), dan ke-3 1600 max dengan best timenya 1:58.916. Dan berhasil naik ke podium ke-3

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (227)Dan Rio sendiri? Well dia kali ini tampil begitu percaya diri dan agresif daripada di seri HJSC tadi.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (217)Arek Suroboyo ini pun sudah berani untuk berdog fight ria dengan pembalap di depan atau dibelakangnya.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (229)Dan kali ini yang menjadi rival atau rekan partnernya selama 12 lap adalah Adi Wicaksono yang mengendarai Brio 1300 dan turun di kelas 1400. Walaupunke-2 mobil ini berbeda jenis, kelas, dan cc. Namun pertarungan ini cukup seru, beberapa kali Rio sempat berada didepan lalu menyalip Adi di tikungan, dan sebaliknya

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (245)Namun pada akhirnya jam terbanglah yang berbicara di sini, Rio pun harus mengakui pengalaman Adi dengan Brio 1300 nya. Adi pun finish di depan Rio (ke-17). Sementara Rio harus puas finish ke-18 dengan best timenya 2:01.964, yang berarti best timenya naik 1 detik dari best timenya di HJSC.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (246)Setelah finish pun mereka pun photo bersama untuk kenang-kenangan. Adi pun memberikan pesan kepada Rio untuk tetap berlatih supaya mengasah lagi skill nya. Senang rasanya melihat ke-2 pembalap yang terlibat dog fight bisa tertawa bersama setelah di lintasan tadi saling bertarung memperebutkan posisi terdepan. Dan kabar bagusnya lagi…its was a clean dog fight.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (249)Dan yang specialnya lagi di race day kali itu, Rian Risky berulang tahun yang ke-27 tahun . Jadi tidak salah kalo pit AP Speed dipenuhi dengan kue tart untuk Rian.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (248)Dan yang pasti bday cake war yang di pelopori oleh sang kakak sendiri.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (251)Dan tak lupa sang MC pun mengucapkan selamat ulang tahun untuk Rian Risky yang pada ITC 1600 max berhasil naik ke atas podium ke-3.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (252)Dan akhirnya pria yang hari ini tepat berusia 27 tahun itu menerima kado yang sangat special di hari ulang tahunnya, yaitu podium ke-3 di ITC kelas 1600 max, dan juga podium ke-2 HJSC promotion class.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (254)Sementara H.M Kurdi atau Jikur di ITC 1200 ini harus puas di podium ke-3. Sementara di podium 1 nya di rebut oleh teman satu kampungnya (pulau Madura) H. Machfud HM Noer.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (257)Setelah penerimaan piala di ITC, Rian pun membagikan kue tart ulang tahun nya kepada seluruh team AP Speed. It’s a bday cake parteh.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (260)Puas menikmati kue tart nya Rian, kita beralih ke kelas FFA all motor dan retronya balap touring sentul, yaitu STC 2 (1600 – Retro). Dimana ada Iik Sudiro yang akan menjalani debut perdananya di balap touring bersama Honda Civic EF9 nya. Dan karena ini adalah 1st debutnya, jadi wajar saja jika Iik mengalami demam panggung yang sangat dasyat hingga membuatnya salah tingkah selama di pit. Melihat hal tersebut seluruh team AP Speed pun lantas menyemangati pembalap yang biasa dipanggil Pak RT ini supaya “lemesin aja jangan dilawan”

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (262)Mungkin slogan “lemesin aja jangan dilawan” berlaku untuk crew AP Speed dan juga pasukan katak B16 AP Speed yang sudah nyolong start untuk berphoto bersama grid queen atau race queen nya STC.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (263)Iik pun mulai memasuki area garis start dan langsung menuju ke grid nya, yaitu grid ke-6

AP-Speed-ISSOM-rd.2-2016-okPopulasi Civic EF9 atau Nouva di balap touring ISSOM bisa dibilang cukup langka. Terhitung dalam jangaka waktu 2 tahun ini, hanya Martin dari MRT Garden Speed saja yang menggunakan civic hatchback ini. Lalu diteruskan oleh Iik dari AP Speed. Alasannya membangun Civic EF lebih susah dan mahal ketimbang membangun sebuah EG6 atau Civic diatasnya, karena spare part nya yang langka dan mahal (part body)

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (266)Iik sendiri sudah menghabiskan dana yang tidak sedikit untuk membuat body EF ini fit. Dari sebuah stance car yang dimana ketika show dia hanya diluar mobilnya, kini berubah menjadi race car dimana ketika race dia harus dibalik kemudi Nouva nya. Dan trust me guys, saya melihat Iik sangat tegang sekali. Maklum saja ini adalah 1st debut race nya, mungkin tegangnya ketika kita jaman SMA hendak menembak wanita yang kita sukai.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (10)Dan benar saja, ketakutan kami pun terjadi. Pasukan Katak B16 AP Speed yang menyebar dibeberapa area atau tikungan Sentul, melaporkan tidak melihat Iik di pos pertama pada S kecil. Ternyata selidik punya selidik, setelah start , Iik pun out ke gravel di area R3 R4 di lap awalnya.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (261)Walaupun gagal di race pertamanya dan harus berakhir di gravel di lap awal, namun dia masih menjadi pahlawan untuk ke-2 anaknya. My father, my hero.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (255)Herdy akan menjadi pembalap terakhir dari team AP Speed yang akan masuk ke dalam track pada pada hari itu.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (269)Dimana dia akan bertarung di kelas FFA All Motor STC 1 (2100 – 3500)

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (271)Dan seperti biasa, pembalap asal kota Cianjur ini melakukan ritual berupa berdoa disamping EG6 nya sebelum masuk kedalam cockpitnya.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (277)Dan baru kali ini lah EG6 yang mempunyai best time 1:45 ini menempati grid ke-21 alias berada di urutan belakang setelah sebelum-sebelumnya berada di grid 3 besar, bahkan pole position atau P1. Halini dikarenakan dibatalkannya qtt karena foktor cuaca yang buruk (hujan deras), sehingga race director memutuskan untuk mengambil nomor start dengan acara arisan atau dikocok.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (276)Namun team AP Speed pun tidak begitu saja menyerah , mereka pun memberikan dukungan penuh kepada Herdy untuk bisa maju ke garis depan. Mobil ini pun dipersiapkan sematang mungkin untuk bisa menghadapi 12 lap ke depan yang dimana akan menjadi balapan tersibuk bagi Herdy karena traffic di depannya yang cukup padat.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (278)Dengan P1 dipegang oleh Bambang Seto dengan DC5 nya, dan M. Ichsan yang berada 12 grid di depannya (grid ke-9). Sementara Dodi Saputra berada 8 grid dibelakangnya (grid ke-29)

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (282)Race kali ini akan menjadi race yang paling keras dalam karirnya di balap Super Touring Car Championship. Dimana dia harus melaju ke depan untuk mengejar M. Ichsan dan Bambang Seto yang merupakan rivalnya di kelas STC 2100. Sementara Dodi Saputra yang terkenal agresif ketika dog fight berada dibelakangnya yang sama-sama hendak maju ke garis depan.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (287)Herdy dengan EG6, serta Dodi Saputra dengan BMW E36 M3 nya yang di di lap 1 awal langsung tancap gas melewati traffic sebanyak 20an mobil hingga akhirnya berada di posisi 5 besar. Dan langsung berada dalam 5 besar di lap ke-1. Bambang hutomo pun tak kuasa menahan gempuran dog fight dari M. Herdy dan Dodi Saputra, dia pun harus puas finish ke-4 (umum) dan naik ke podium ke-2 di kelas STC 2100 dengan best timenya 1:52.028

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (289)Bambang Seto pun berhasil dilewati oleh Herdy , dan yang menjadi target selanjutnya adalah M. Ichan yang berada di depannya. Namun sayangnya karena penyakit mesinnya kembali kumat atau mbrebet, dia pun disalip oleh Dodi Saputra dengan BMW E36 M3 V8 nya. Dan dilap ke-3 posisi Herdy pun turun 1 peringkat ke posisi ke-3 di belakang Dodi.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (297)Di lap ke-4 M. Herdy pun berhasil naik ke peringkat ke-2 setelah M. Ichsan out dari race karena mengalami kendala pada bagian selang bensinnya.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (292)Namun sayangnya di lap-lap berikutnya, Herdy pun berhasil disalip oleh Silas B. Andrianto dengan BME E46 M3 nya yang memanfaatkan mbrebetnya EG6 Herdy untuk mengambil posisi ke-2 di belakang Dodi Saputra.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (291)Performance M. Herdy pun drop dari best timenya 1:46 menjadi 1:48 akibat permasalahan wiring atau electrical hingga membuat mesinnya tidak mau nge rev hingga 9.500 rpm (hanya kisaran 8.000 rpm)

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (300)Dan akhirnya setelah berjuang selama 12 lap yang penuh dengan drama dan mbrebet, akhirnya Herdy pun berhasil finish di posisi ke-3 (STC Open), dan pertama di kelas STC 2100 dengan best timenya 1:48.102

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (301)Akhirnya setelah 1 tahun menunggu dengan 2 kali P1 yang tidak bisa diselesaikan dengan baik karena kendala mobil, di Seri ke-2 2016 ini M. Herdy berhasil meraih podium 1 nya di kelas STC 2100.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (302)Begitu keluar dari mobil, Herdy pun mendapatkan banyak ucapan selamat dan pelukan dari seluruh tem AP Speed

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (303)Dan tentu saja pelukan dan ciuman mesra dari sang istri yang selalu setia mendampingi Herdy sewaktu balapan.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (304)It’s a good race for M. Herdy, mengingat di hari Jum’at dia tidak bisa mengikuti latihan karena mobilnya masih di dyno, sehingga dia hanya bisa latihan sebanyak 3 lap saja di sore hari. Lalu di hari Sabtunya dia tidak bisa qtt karena hujan yang cukup deras hingga memaksa race director membatalkan qtt, hingga diganti pengambilan nomor start dari sistem arisan yang akhirnya mendapatkan start dari grid ke-21. Dan akhirnya perjuangannya selapa 9 lap terakhir dengan kondisi mesin yang mbrebet (tidak mau ampai peak nya di 9.500 rpm)

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (306)Yang membawanya ke podium ke-3 di STC Open, sementara Silas B. Andrianto dari team ABM Motorsport di podium ke-2, dan Dodi Saputra dari team ABM Motorsport sebagai yang tercepat di STC Open.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (307)Dan akhirnya pembalap yang disupport oleh Achilles Radial, Motul, Perfections Window Film, dan Perfourm.com ini merasakan podium 1 nya setelah selama 1 tahun kemaren hanya berada di podium ke-2 di kelas STC 2100.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (309)Selain merasakan podium 1 STC 2100 yang manis, tak lupa juga Herdy merasakan manisnya kue tart yang tersisa dari bday cake nya Rian

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (310)Hingga membuat photo bersama seluruh team AP Speed berubah menjadi chaos

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (312)Well kombinasi antara mesin 310 hp B18 racikan AP Speed yang di lumasi dengan Motul 300V Power Racing 5W-40  Ester Core Technology, dan disalurkan tenaganya ke lintasan melalui Achilles Radial ATR K-Sport 15’inch (tradewear 140). Serta braking point yang mantap berkat Motul Dot 5.1 brake fluid mengantarkan M. Herdy ke podium ke-3 (STC Open) dan podium 1 di STC 2100.

AP Speed ISSOM rd.2 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (190)See ya on round 3 guys..

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!