RIO HARYANTO : F1 CHAMPION ON THE MAKING ?

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (23)Semua orang bisa menyetir mobil, tapi belum tentu semua orang bisa menjadi seorang pembalap. Dan semua pembalap yang hebat belum tentu bisa menjadi seorang pembalap Formula 1 atau F1. Kecuali jika di dalam garis hidup atau takdir Anda sudah tertulis di dalam. Sebuah takdir yang tertulis bagi 23 pembalap dari sekitar 7,2 Milyar penduduk dunia (CIA World Factbook Tahun 2015), yang dimana didalamnya terdapat seorang Pria asal kota Solo, Jawa Tengah yang berhasil memenuhi takdirnya menjadi seorang pembalap F1. And the good news is, cah Solo ini menjadi pembalap F1 yang pertama dari Indonesia. Cah Solo itu bernama Rio Haryanto

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (6)Terdengar seperti mimpi memang ketika saya mendapatkan kesempatan untuk bertemu secara langsung dengan pembalap berusia 23 tahun ini, maklum saja saya sering melihat dia lewat layar android saya, ataupun tv yang menempel di coffee shop yang mendadak dangdut menjadi tempat nobar F1. Berkat Zainal Abidin Satria, sang Sekjen FORWOT atau Forum Wartawan Otomotif Indonesia, saya bisa datang ke Presscon Pertamina yang berjudul ” Fastron After Race – Rio Haryanto” bersama Rio Haryanto yang diadakan pada 7 April 2016 yang lalu. Dan kebetulan posisi saya sedang di Jakarta.

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu SulistyoSo ladies and gentlemen..please welcome Rio Haryanto, Indonesia’s first Formula One driver. My 1st impression atau kesan pertama melihat cah Solo kelahiran 22 Januari 1993 ini adalah sederhana, ramah, kalem, dan untuk yang satu ini mungkin saya rada malu atau gengsi untuk mengatakannya, yaitu ganteng. Jika saya seorang wanita, maka tentu saja Rio is my target idola, pacar, bahkan suami. Tapi berhubung saya laki tulen  (Alhamdullilah masih normal) Rio yang pasti akan menjadi pembalap idola saya.

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (2)Rio yang merupakan anak ke-4 atau bungsu dari pasangan Sinyo Haryanto (mantan pembalap nasional) dan Indah Pennywati ini, bisa dikatakan lahir dari keluarga pembalap (Ayah dan kakak nya juga mantan pembalap). Rio kecil memulai karir balapnya di dunia gokart nasional dan internasional sejak berusia 6 tahun (1999). Lalu dimulailah petualangannya selama 17 tahun di dunia yang konon katanya “ the best way to convert money into noise” alias motorsport, hingga akhirnya dia berada di kasta tertinggi dari motorsport itu sendiri, yaitu Formula One bersama team asal Inggris, Manor Racing (2016)

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (5)Dari seorang cah Solo yang kalo saya lihat photo kecilnya lebih mirip sebagai bintang film Mandarin era 90’an yaitu  Bobo Ho daripada seorang pembalap (karena chubby), berubah menjadi menjadi seorang Indonesia Idol, dan mungkin juga dunia. Ini adalah fans club nya Rio yang bernama Sahabat Rio, dan ke-4 gadis ini adalah fans Rio yang beruntung mendapatkan golden ticket untuk bisa bertemu secara langsung dengan Rio sesaat sebelum press con di mulai.

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (4)Dan pada kesempatan ini 5 orang Sahabat Rio berhasil memenangkan kontes selfie yang diadakan oleh Pertamina Fastron melalui akun twitternya @OfficialFastron, bisa saling face to face, up close and personal, menanyakan apa saja ke Rio, duduk di samping Rio, membawakan Rio hasil karya tangan atau oleh-oleh mereka, ataupun meminta tanda tangan.

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (3)Atau bahkan berselfie ria bersama Rio hingga membuat sosmednya si gadis kebanjiran like dan comment baper. Semuanya Rio lakukan dengan sabar dan ramah. Bahkan konon katanya Rio dijuluki oleh para awak media asing dan penggemar F1 di luar sana sebagai pembalap paling ramah. Alias selalu jaga smile dan sabar menghadapi interview media dan permintaan tanda tangan atau photo bersama.

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (7)Ternyata ucapan atau cap “konon katanya” tersebut bukan isapan jempol belaka,saya sendiri melihat dan mengalaminya langsung yaitu disalami oleh Rio ketika dia beranjak dari fans menuju ke area press con sambil berucap “ apa kabar mas?” sambil berjabat tangan dan tersenyum kepada saya. Sayangnya posisi saya tidak bisa memphot karena menggunakan lensa tele. Tak hanya saya yang disalamin, tetapi seluruh awak media yang hadir disana di salami satu persatu. Hebat.

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (9)Lalu di mulailah sesi tanya jawab bersama Rio Haryanto oleh awak media. Memang semenjak Rio belum resmi masuk ke F1 saja, berbagai media di Indonesia bahkan dunia saja sempat heboh akan mahalnya harga 1 kursi Rio di F1, yaitu senilai 15 juta euro atau setara dengan Rp.227,1 Miliar Rupiah di tim Manor Racing. Just for your info tim-tim kecil sekelas Manor menghabiskan uang sekitar Rp 807 miliar per musimnya. Biaya ini mencakup operasional, biaya mobil, gaji pegawai dan pembalap. Sementara tim-tim atas seperti Mercedes, Ferrari, nominl sangat amazing yaitu Rp 4,3 triliun satu musimnya (1 tahun). Nominalnya hampir sama dengan APBD kota Surabaya (Rp.7,26 triliun/2015). Kenapa bisa mahal? Ingat F1 merupakan balap jet darat yang sudah seperti balapan ke luar angkasa yang bukan lagi full ac tapi full hi-tech. Seorang teman saya yang merupakan senior engineer yang pernah bertugas di balap 24hr LeMans, Indycar, WEC bilang bahwa tidak ada satupun teknologi yang sama dan bisa dipakai di mobil harian walaupun mereknya mobil harian, jaraknya bagaikan bumi dan langit. Satu mobil F1 sendiri seharga Rp 126 Miliar (2014). Yang pasti jika kita brake down satu-satu buat apa saja uang sebanyak itu maka yang ada adalah cost dalam hitungan em..em..em an. Yang jelas saya sendiri belum pernah melihat langsung uang sejumlah em em eman tersebut.

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (13)Seperti kata si Uncle Ben, pamannya Spiderman, with great power, comes great responsibility. Rio pun mendapatkan banyak pertanyaan kepadanya mulai dari tes pra musim, insiden tabrakannya Rio dengan Roman Grosjean, dan D.N. F (Did Not Finish) gara-gara gearbox di GP Australia, stategi ban yang salah di GP Bahrain, hingga pertanyaan yang bernada gregetan mengenai performa mobil Rio yang sepertinya KW 1 nya mobil Pascal Wehrlein (rekan satu tim Rio di Manor)

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (12)Dan dengan gayanya yang khas, senyum ramah dan tenang, yang mungkin kalo seorang cewe melihatnya bisa melting atau klepek-klepek, Rio pun menjawab satu persatu pertanyaan para rekan media. Rio pun menjawab bahwa dia bersama Manor sedang bersama-sama mencari setingan yang pas atau sempurna hingga bisa bersaing dengan tim lainnya. Karena setingan atau karakter setiap pembalap berbeda-beda.

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (10)Disamping itu Rio juga masih harus banyak belajar dengan teknologi F1 yang lebih canggih dan njlimet daripada mobilnya dulu di GP2. Top Speed dan G-Force nya juga lebih besar daripada GP2.  Jadi bukan seperti seorang pembalap biasa yang mau latihan atau race langsung masuk ke dalam mobil dan langsung tancap gas. Ada sekitar ± 30 tombol pada streering wheel nya F1 yang dimana Rio harus utak-atik (menyeting) selama dia melaju diatas 250 km/jam atau pun tikungan selama 56 lap. Anda saja yang baru mengetik bbm atau chat di kecepatan dibawah 60 km/jam saja sudah menabrak, apalagi yang diatas 250 km/jam dalam keadaan menikung. Namun kata Rio dirinya dari setiap sesi latihan, qtt, hingga race mulai beradaptasi dengan tombol dan teknologi F1 itu sendiri yang dimana di mobil GP2 nya hanya ada 4 tombol saja. Termasuk juga dalam hal pemilhan jenis ban supaya tidak salah strategi lagi seperti di Bahrain GP

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (16)Dan tentu saja dibalik kesuksesan Rio bisa menembus Formula One karena adanya Pertamina yang sudah menjadi sponsor utamanya Rio semenjak dia berlaga di GP3 (2010). Pertamina pun mengucurkan dana sebesar 5 Juta Euro atau sekitar 75 Milyar supaya Rio bisa balapan di F1. Dan sebagai gantinya logo Pertamina ada di mobil Rio dan Pascal, race suit, dan apparel atau baju team Manor Racing. Sehingga bisa membuat perusahan minyak plat merah ini semakin mendunia. Saat ini saja PT. Pertamina Lubricants yang merupakan anak perusahan PT. Pertamina sudah menjadi technical partner Automobili Lamborghini. Dengan kerjasama ini, produk pelumas Pertamina Fastron Platinum SAE 10W-60, menjadi produk resmi yang akan digunakan oleh Automobili Lamborghini untuk setiap event motorsport yang ditangani oleh tim Lamborghini Squadra Corse serta dipasarkan melalui 129 outlet Lamborghini di seluruh dunia.

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (17)Jika biasanya ada pepatah yang mengatakan dibalik suami yang hebat terdapat istri yang hebat. Maka di balik Rio yang hebat terdapat Ibu yang hebat. Bagaimana tidak hebat, la wong Ibu yang satu ini mengurusi 5 laki-laki dalam rumahnya yang semuanya adalah pembalap (termasuk suaminya yang mantan pembalap nasional). Indah Pennywati selain sebagai seorang ibu bagi Rio, dirinya juga merangkap menjadi manager Rio walaupun Rio sendiri sudah mempunyai Piers Hunnisetts sebagai Manajernya. Namun Ibu dari 4 orang pembalap ini selalu terlihat mendampingi Rio dan mencoba meyakinkan pemerintah, pengusaha, hingga perusahaan nasional supaya mau mensponsori anak bungsunya ini berlaga di F1 demi Indonesia. Dan tampaknya jargon “doa ibu” benar-benar mujarab bagi Rio, atas kerja keras sang Ibunda bersama tim nya, Rio pun berhasil menjadi pembalap Indonesia yang pertama yang berhasil menjadi pembalap F1.

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (18)Dan tentu saja seorang hero atau superstar tanpa adanya fans atau penggemar, dia akan menjadi zero atau nothing. Mereka lah orang dari terbit matahari sampai mau tidurpun kerjaannya selalu saja mengikuti, memantau, mencari tahu, berdoa bahkan bermimpi bisa bersama Rio.Kalo bahasa gaul anak jaman sekarang namanya kepo atau stalking pada segala hal yang berbau Rio (medsos atau berita). Para penggemar atau fans club nya Rio sendiri bernama Sahabat Rio. Dan pada kesempatan ini 5 orang Sahabat Rio berhasil memenangkan kontes selfie yang diadakan oleh Pertamina Fastron melalui akun twitternya @OfficialFastron.Selain mendapatkan hadiah utamanya bisa meet and greet, dan photo bersama, mereka juga bisa mendapatkan tanda tangan Rio secara eksklusif

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (19)Sebuah tanda tangan yang bagi saya dan para Sahabat Rio cukup berharga dalam sejarah motorsport dan bangsa Indonesia. Saya sendiri saja belum mendapatkan tanda tangan dan photo bersama dengan Rio, karena jadwal pada press con hari itu cukup padat. Jadi ingat Rio, kalo kamu membaca artikel saya ini, saya akan terus memburu tanda tangan, photo, selfie, dan merchandise mu sampai dapat. Meskipun sudah pindah team, atau bahkan pensiun dari balap F1. Why? Because you’re my hero. Indonesia’s first Formula One driver

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (20)Selepas press con bersama rekan media, dan juga sholat Magrib. Yes guys, setelah Rio melakukan sholat Magrib. Rio memang terkenal sebagai seorang muslim yang taat beribadah, bahkan banyak orang yang berdecak kagum pada kebiasaan cah Solo ini yang selalu membaca Ayat Kursi (ayat 255 surah Al-Baqarah), dan menempelkan ayat kursi didalam cockpit mobil GP2 dan F1 nya. Katanya biar tenang saat balapan. Maklum saja ada pepatah yang mengatakan balapan atau ngebut itu seperti ibadah, semakin kencang, semakin dekat dengan Tuhan. Benar-benar seperti tokoh film Indonesia tahun 90’an yaitu Mas Boy. Sudah ganteng, baik hati, ramah, pembalap, orang kaya, banyak fans wanita , alim, rajin sholat lagi. Benar-benar amazing. Dan itulah yang terjadi ketika Rio Haryanto keluar dan menyapa para masyarakat Indonesia di sebuah mall di kawasan Jakarta Timur. Semua orang menjadi histeris dan memanggil-manggil namanya berulang-ulang.

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (21)Dan malam itu menjadi malam yang indah untuk sang cah Solo ini. Semua handphone, kamera, dan mata tertuju ke padanya. Semua orang memanggil namanya. Ini adalah penampilan perdana Rio kehadapan publik Indonesia setelah menjalani 2 race di Australia dan Bahrain.

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (22)Tak ada Rio, tidak apa-apa, Manajer nya pun jadi untuk diajak berselfie ria. Tampak Piers Hunnisetts, sang manajer Rio sedang melayani ajakan untuk berselfie ria para Sahabat Rio.

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (24)Setelah keluar dan menyapa para fans dan pengunjung mall tersebut, masuklah kita ke acara pertama yang cukup sakral dan membuat mata Rio, bahkan saya sendiri, berkaca-kaca. Yaitu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dimana seluruh pengunjung mall dan juga Rio ikut mengumandangkan lagu kebangsaan tersebut. Rio sendiri terhitung berhasil mengibarkan 8 kali sang saka Merah Putih di podium GP3 dengan 3 kali lagu Indonesia Raya berkumandang. Sementara di GP2 pemuda berusia 23 tahun ini berhasil mengibarkan sebanyak 7 kali sang saka Merah Putih dengan 3 kali lagu Indonesia Raya berkumandang. Belum lagi ketika dia masih balapan gokart, dan lain-lain. “I love Racing because I love representing Indonesia”, kata Rio Haryanto

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (25)Acara pun dilanjutkan dengan sesi bincang-bincang bersama Rio dengan didampingi oleh Wianda Pusponegoro, VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) dan Munawar Chalil, wartawan otomotif senior

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (26)Terlepas dari hingar bingar dunia F1 yang berhasil di raih oleh Rio berkat dukungan dari Pertamina, pemerintah Republik Indonesia, dan juga saweran dari para Sahabat Rio. Ternyata masih menyimpan pro dan kontra menyangkut budget yang begitu besarnya yang harus dikeluarkan demi 1 WNI ini (Rp.227,1 Miliar Rupiah). Memang benar uang sejumlah ratusan M tersebut, bisa dipakai untuk program pemerintah yang lainnya seperti, membangun desa tertinggal, mengentaskan kemiskinan, listrik masuk desa, dan berbagai macam program pemerintah yang intinya membuat sluruh penduduk Indonesia merasakan pembangunan yang merata. Tapi jika Anda melihat di sisi atau angle yang berbeda, uang sejumlah Rp.227,1 Miliar Rupiah nanti akan kembali atau balik modal melebihi modal itu sendiri. Dan yang untung bukan cuma Pertamina saja, tapi juga bangsa Indonesia. Orang pasti kepo atau penasaran dengan stiker Pertamina di mobil,race suit, dan baju tim Rio. Juga sedikit-sedikit nama Indonesia disebutkan jika ada Rio, dan sedikit-sedikit Rio selalu menghiasi timeline sosmed ataupun media dalam dan luar negeri (termasuk sewaktu tayangan resmi F1 di TV dan rekan satu teamnya Pascal). Nah inilah yang disebut PR Value atau value yang dihasilkan dari hasil promosi Anda.

Rio Haryanto Pertamina Manor Racing F1.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (27)Setiap masa ada generasinya, dan setiap generasi ada masanya. Mungkin masa sepakbola dan bulutangkis sedang redup, namun generasi yang sekarang sedang mempersiapkan kejayaannya kembali. Kini generasi yang sedang meraih masa kejayaannya adalah motorsport (termasuk roda 2 yang tahun ini terlihat mengibarkan bendera merah putih dan juga mengumandangkan Indonesia raya di luar negeri).Ya walaupun performance Rio selama 4 seri ini berada di barisan belakang, namun terdepan atau tercepat dalam hal top speed (327.7 km/jam, Russian GP). Tapi percayalah Cah Solo yang berusia 23 tahun yang telah menghabiskan 14 tahun hidupnya (dari usia 9 tahun), dan mungkin menghabiskan dana yang totalnya mungkin mendekati jumlah uang maharnya ke Manor Racing. Tidak akan menyia-nyiakan dukungan dan pengorbanan yang dilakukan oleh sponsor, pemerintah Republik Indonesia, Sahabat Rio, orang tua, dan tentu saja masyarakat Indonesia. Dan ini adalah kesempatan yang mungkin saja tak datang untuk yang ke-2 kalinya, alias once in a lifetime. Masih ada 17 seri lagi dari putaran sirkus balap jet darat F1 ini. Semua hal bisa terjadi dalam balapan. In Motorsport, sometimes you win some, lose some, and wreck some. Mari kita mendoakan yang terbaik untuk Rio Haryanto, sang duta bangsa kita F1.

Half the population’s just waitin to see me fail
Yeah right, you’re better off trying to freeze hell
Some of us do it for the females
And others do it for the retail

But I do it for the kids, life threw the towel in on
Every time you fall it’s only making your chin strong

Give em hell, turn their heads
Gonna live life ’til we’re dead.
Give me scars, give me pain
Then they’ll say to me, say to me, say to me
There goes the fighter, there goes the fighter
Here comes the fighter
That’s what they’ll say to me, say to me, say to me,
This one’s a fighter

Gym Class Heroes Ft.Ryan Tedde – The Fighter

 

Good luck Rio, semoga saja suatu hari nanti saya bisa memphoto dan membuat artikel balapmu ketika beraksi di circuit internasional. Aamiin.

See you at the finish line.. Bismillah

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!