THE APRILOOSE , HELLYEA! : PERFOURM OPEN DRIFT PRACTICE

The Apriloose HellYea Perfourm Drift Practice 2016 Adhyasaka Hutama (11) copySurabaya Drifter is on the move. Selang 1 bulan dari latihan terakhir yang diadakan pada bulan Maret 2016 yang lalu, kini di bulan April Perfourm bersama Surabaya Drift Society (dulunya Showrockboyo Sideways mengadakan open drift practice yang bertempat di Kenjeran Park Surabaya. Walaupun di ikuti oleh hanya 9 mobil saja, dan rata-rata daily use car. Para drifter bonek Suroboyo ini tetap gas pol mengikuti sesi open practice yang berlangsung dari jam 11 siang hingga 5 sore ini.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu SulistyoTetapi sebelum kita memulai open drift practice pada siang hari itu, ritual pertama yang kami lakukan adalah makan bersama alias burger parteh. And thanks berat kepada Cefiro Chiu (paling kanan) untuk ton’s of burger nya.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (2)Dan good news is..Cefiro Chiu membawakan saya burger favorit saya. Double western beef bac westren. Dayum…

The Apriloose HellYea Perfourm Drift Practice 2016 Adhyasaka Hutama (5) copyWell, ada yang special pada hari itu. Kami pun kedatangan salah satu pro drifter Indonesia, yaitu Dika CH yang juga merupakan Kera Ngalam atau Aremania (Arek Malang). Kebetulan Dika sedang berada di Surabaya, jadi dia mampir sebentar untuk melihat dan memberikan semangat kepada para drifter Surabaya.

The Apriloose HellYea Perfourm Drift Practice 2016 Adhyasaka Hutama (1) copyDan sebelum acara latihan dimulai kami pun berphoto bersama Pro Drifter Indonesia, Dika CH, bersama para drifter lokal Surabaya.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (4)Dika CH sendiri cukup special bagi scene drift Surabaya.  Kembali ke tahun 2011 yang lalu, dimana Perfourm memulai movement untuk membuat scene drifting di kota Surabaya (yes we’re the pioneer atau pencetusnya). Dimana pada kala itu hanya terdapat 2 orang saja yang merupakan cikal bakal embrio drift di Surabaya, yaitu Andy Laksana (Nissan Skyline R34) dan Cefiro Chiu (Nissan Cefiro A31), yang saya kumpulkan satu persatu. Lalu sekitar akhir tahun 2011 Dika CH, Akbar Rais, dan Lucky Reza datang ke Surabaya membuat coaching clinic di Mako Armatim AL (Markas Komando Armada Timur Angkatan Laut).  Dan yang menjadi murid mereka hanya 2 orang saja, yaitu Andy dan Cefiro. Dari tahun 2011 tersebut Perfourm pun mulai menggalakkan RWD meet dalam rangka menjaring mobil RWD Di Surabaya yang nantinya akan di kompori untuk diajak drifting. Hingga akhirnya berkembang/bertambah anggotanya, dan akhirnya seperti yang Anda lihat saat ini, Dika CH memberikan arahan kepada 14 drifter Surabaya mengenai layout soal yang dibuat olehnya.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (3)Well, sebelum somebody mulai flat out dan menarik e-brake nya. Kami pun melakukan doa dan juga tos bersama agar diberikan keselamatan dan kelancaran serta semangat untuk menjalani latihan pada hari itu.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (5)Dan yang akan menjadi zero car atau test driver yang akan mencoba soal yang dibuat oleh Dika CH adalah Evan Santoso yang merupakan drifter muda berbakat asal kota Surabaya yang belum genap 1 tahun bermain drift. Sementara Dika CH akan berada disampingnya mengawasi pergerakan kaki dan tangan si Evan.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (6)Evan pun melakukantugasnya sebagai zero car yang mencoba pertama kali soal yang dibuat oleh Dika CH. Dengan Nissan Cefiro 2JZ nya, dia pun berdansa dengan seorang pro drifter yang duduk di sampingnya.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (7)Kini giliran Dika CH untuk menunjukkan who’s your daddy kepada Evan. Dika CH pun tampak sangat santai sekali mempiloti Cefiro milik Evan ini, alias tidak menggunakan 100 % kemampuan dirinya dan mesinnya karena track atau soal yang kecil ini.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (9)Namun bagi Evan yang baru kali ini di supiri atau taxi drift oleh pro drifter Indonesia, dirinya melihat kalo cara menyetir Dika sudah seperti orang kesetanan alias tangan dan kaki setan. “ Gendeng cuk nyetire Dika, koyo wong kesetanan” kata Evan  (gila banget cara nyetirnya Dika, kaya orang kesetanan). Jam terbang beibeh..jam terbang.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (22)Setelah Evan dan Dika menjadi zero car nya atau menunjukkan cara atau rute bermain di track Kenjeran ini. Para local heroes ini pun sudah mulai line up di garis start untuk memulai practice mereka bermain soal. Mulai dari si Grandpa Benz yang sudah didoping turbo, Dirty Thirty  (E30), hingga BRZ atau FT86.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (11)Inilah mobil tertua dan terbandel yang di miliki oleh squad Surabaya Drift Society, yaitu sebuah Mercedes Benz W124  yang dimiliki oleh Dani TJ dimana engine M104 6 cylindernya sudah di doping dengan turbo

The Apriloose HellYea Perfourm Drift Practice 2016 Adhyasaka Hutama (6) copyDan terbukti Benz racikan SP Garage ini lebih mudah diajak berdansa daripada sewaktu masih NA atau Natural Aspirated. Dan Dani pun terlihat enjoy sekali berdansa dengan Benz nya bernama Grand Pa ini seperti di Gatebil.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (23)Its easy and fun job they said..Kelihatannya saja kita ngetrip sana sini, datang ke berbagai event otomotif atau motorsport. But the truth is, kita menikmati balapan tersebut dari dalam lensa kamera kita

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (43)Dengan cara panas-panasan, dan dengan cara jauh berbeda dengan Anda. Alia demi sebuah angle photo yang bagus, kami rela melakukan gaya yang lebih susah dan capek daripada Kamasutra.

Apriloose Hellyea! Perfourm Open Drift Practice.Pefourm.com.Bayu SulistyoDibelakang Dani ada Verry dengan FT86 manual nya. Verry pun mulai mencoba mengikuti teman-temannya untuk bermain soal. Meskipun dia agak kesusahan sewaktu switching, namun perlahan-lahan dia mulai menemukan feelnya.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (12)Darel pun tampil begitu agresif dengan FT86 maticnya yang sudah di doping dengan HKS Supercharger. Layout track yang berbentuk angka 8 besar itu bisa diselesaikan Darel dengan sempurna setelah beberapa kali mengalami understeer.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (24)Sementara Septa Zein dengan FT86 manualnya tampak dengan mudah berdansa dengan Hachirokunya. Track ini memang tidak memerlukan power yang berlebihan, bahkan sebuah FT86 standart saja bisa berdansa di dalamnya.

The Apriloose Hellyea! Perfourm Open Drift Practice.perfourm.com.Adhyasaka Hutama (5)Sementara Agung si Anak ajaib yang datang denga mobil barunya yaitu Subaru BRZ manual yang dipersenjatai dengan HKS Supercharger. Namun sayangnya Agung masih terkendala ketika akan switching karena rimsnya yang kelewat besar, yaitu 19 inch rims. Seharusnya 17’inch menjadi rims yang proposional untuk BRZ ini.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (29)Ada suatu kemajuan bagi para drifter yang menggunakan FT-86 manual yang tergabung dalam 86.id ini, mereka dari tiap latihan ke latihan selalu mencoba untuk tandem yang dimana mungkin bagi pemilik mobil sport itu sesuatu yang haram atau horor.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (30)Tapi bagi mereka adalah mencoba untuk push the tempo dari skill dan juga biji mereka masing-masing. Dan mereka selalu bergantian dari lead menjadi chaser.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (16)Beberapa pendatang baru seperti Felix Lintang tampak bersemangat untuk membuat BMW 4 Series  428i yang dilengkapi dengan Akrapovic Evolution Exhaust System. Walaupun Biem nya matic dan terpatah-patah dalam menyelesaikan soalnya, namun asap dan suara Akrapovic nya membuat saya terkesima.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (20)Waktunya untuk ke Dirty Thirty alias BMW E30 yang dipiloti oleh Mathew yang merupakan salah satu pendatang baru di scene drifting Surabaya. Ini adalah 1st debut nya berlatih bersama anak-anak Surabaya Drift Society.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (55)Matthew pun langsung melakukan inisiate ke kanan  dengan menggunakan 2nd gear nya, body E30 nyapun langung bersideway ria menuju ke hairpin turn atau u turn.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (53)Well, saya cukup terkesima akan kemampuan si new kids on the block ini yang konon katanya dia belajar drifting dari simulator video game di kantornya. Matthew pun berhasil menyelesaikan soal drift pada sore hari itu dengan baik.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (19)Evan pun kini mencoba seorang diri dengan Cefiro A31 2JZ nya. Hari demi hari skillnya pun semakin meningkat. Namun dia masih bermasalah dengan inisiate pertama dan juga pendekatan pada clipping point.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (21)Cefiro ke-2 pada sore hari itu dipiloti oleh peslalom Surabaya, Dicky ZU yang pada kali itu mempiloti Cefiro A31 dari Olimart Motorsport. Namun karena masalah pada bagian suspension Dicky pun tidak bisa memaksimalkan mobil yang suspensionnya kurang keras hingga terlihat drible. Dika CH pun menggantikan tugas Dicky , dan membuat mobil yang cenderung understeer ini menjadi oversteer walaupun dengan susah payah.

The Apriloose HellYea Perfourm Drift Practice 2016 Adhyasaka Hutama (4) copyCefiro ini pun hanya turun sekitar 3 kali run saja akibat suspensionnya yang tidak bersahabat. Padahal performance dari mesin RB25DET sudah cukup besar untuk track seperti di Kenjeran ini.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (28)Setelah melakukan latihan pada sesi ke-2, waktunya untuk break sebentar selalgi mendinginkan mesin mobil dan juga mengganti ban belakang mobil mereka yang sudah mulai tipis.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (42)Ternyata dibalik BMW E30 nya Matthew tersimpan mesin M20 2300cc 12valve SOHC yang dicomot dari BMW E30 323i yang standartnya saja mampu memuntahkan tenaga sebesar 137 hp.

The Apriloose HellYea Perfourm Drift Practice 2016 Adhyasaka Hutama (7) copyWaktu break bisa jadi digunakan oleh beberapa drifter yang membawa keluarga kecilnya ke Kenjeran untuk melihat sang papa beratraksi. Dan yang keluarga bisa menambah mood booster Anda ketika sedang berlatih atau penghapus rasa lelah ketika setelah berlatih.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (45)Sementara bagi kami dari Perfourm, ini adalah waktu yang tepat untuk put down the gun, sambil duduk beristirahat memegang sebuah botol minuman dan snack setelah beberapa jam di hukum berdiri  di tengah lapangan sambil memphoto dan berpanas ria.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (26)Sore hari pun menjelang, waktunya untuk menjalankan program pelatihan yang bernama Project Rookie. Yaitu sebuah program pelatihan yang dibuat oleh  Perfourm khusus untuk para local hero atau drifter lokal Surabaya yang ingin mengikuti event kejuaraan nasional di kelas driftstar ataupun rookie. Dan pada kali ini sebagai pesertanya adalah Evan Santoso yang rencana ke depannya akan mengikuti event drifting berskala nasional.  Dia pun mendapatkan quick tutor dari Pro Drifter Indonesia Dika CH.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (32)Karena ini bernama project : Rookie. Jadi saya pun membuat latihan ini menjadi neraka bagi si Evan. Mulai dia harus menggunakan seluruh racing gear mulai dari race suit, shoes, gloves, full face helmet, hingga balaclava. Bahkan saya membuat simulasi seperti event drifting, yaitu saya paksa dia menunggu line up start cukup lama, supaya dia merasa kepanasan dan pikirannya mulai bercabang atau tidak konsentrasi(tidak sabar). Tujuan saya disini selain melatih skill Evan, juga melatih mental dan juga fisiknya supaya kuat menghadapi kejuaraan.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (37)Dibawah panasnya terik matahari Evan pun memulai program latihannya. Memulai start dari sekitar 100 meter dari titik inisiate pertama, Evan pun tampak mengurangi throttle ketika dia akan memulai inisiate hingga membuat speednya pun berkurang. Satu-persatu kekurangan Evan pun terlihat disini, yaitu mengurangi gas ketika akan inisiate (speednya melambat), melakukan inisiate jauh dari titik inisiate yang ditentukan (dekat dengan tikungan pertama)

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (40)Karena speednya berkurang atau lambat, membuat Evan kesusahan dalam menentukan line nya, sehingga membuat dia tidak bisa membuat angle yang bagus. Pada akhirnya membuat dia kesusahan membuat  mobilnya ngesot. Alias beberapa kali dia mengalami understeer ketika dia hendak switching. Jaraknya dengan clipping point (outer) pun cukup jauh. Namun kata Dika CH, tidak masalah dia masih jauh dengan clipping point, yang penting dia sudah berani inisiate, switching nya mulus, masalah clipping point bisa dicari semakin dekat seiring sering sering berlatih (mendapatkan feeling terlebih dahulu)

The Apriloose HellYea Perfourm Drift Practice 2016 Adhyasaka Hutama (8) copySaya juga menerapkan aturan seperti di film Tokyo Drift, dimana si Han selalu ngomong “Again” dikala si Sean  selalu gagal drifting. Dengan kata lain jika si Evan gagal di tengah jalan, maka saya suruh dia kembali lagi ke garis start untuk memulai dari awal hingga dia bisa.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (36)Hasilnya..kemampunnya pun semakin membaik. Disamping itu dia juga beradaptasi dengan panasnya suhu cabin dan juga panas yang dihasilkan dari pemakaian race suit, gloves, balaclava , dan helm.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (27)Evan mengakui bahwa dirinya merasa tersiksa dengan pakaian perang berserta perlengkapannya ini. Membuatnya kepanasan dan hilang konsentrasi. Dirinya pun mengakui bahwa permainannya lebih bagus tidak memakai helm, race suit, dan lain-lain daripada  memakai race suit, helm, dan tetek bengeknya. Jadi mulai latihan berikutnya, dari awal latihan Evan saya akan mensimulasikan dia mengikuti sebuah event drifting.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (35)Perfourm pun dari tahun 2011  berkomitmen untuk memajukan drifting di kota Surabaya dengan cara mengadakan Perfourm Open Drift Practice bersama para drifter Surabaya. Disamping itu kami juga memperkenalkan drifting kepada publik kota Surabaya dengan cara memberikan drifting experience berupa taxi drift secara gratis.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (46)Anda tak akan pernah tahu bagaimana seru dan fun nya drifting dibandingkan motorsport lainnya, kalau cuma melihat video ataupun menontonya saja. Anda harus naik dan duduk disamping drifter untuk merasakan sensasinya.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (41)Dan kebetulan sekali para penonton kali itu sangat antusias sekali untuk datang menonton dan juga ingin merasakan sensasi naik mobil drifting dengan mengikuti sesi taxi drift yang sebagian besar penumpangnya di dominasi oleh wanita.

The Apriloose Hellyea! Perfourm Open Drift Practice.perfourm.com.Adhyasaka HutamaDan para drifter pun tahu how to tread a ladies atau memuaskan seorang wanita di atas mobil mereka. Yaitu membuat mobilnya berdansa hingga hingga membuat sang wanita berteriak.. yang pertanda.. puas.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (38)Namun bukan hanya kaum hawa saja yang ingin merasakan sensasi di atas mobil drifting, namun penonton kaum adam juga ingin merasakannya.

The Apriloose HellYea Perfourm Drift Practice 2016 Adhyasaka Hutama (11) copyJika para wanita berdansa dengan sport car baru yaitu BRZ dan FT86. Maka untuk para lelaki, mereka pun harus puas berdansa dengan dirty thirty

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (13)Selain sesi taxi drift, diadakan juga sesi tandem. Dimana para drifter lokal Surabaya mencoba untuk latihan tandem atau side by side dengan temannya. Selain untuk melatih skill juga melatih mental mereka berani apa tidak side by side.

The Apriloose HellYea Perfourm Drift Practice 2016 Adhyasaka Hutama (9) copySepta (FT86) dan Matthew (E30) pun bisa terbilang orang yang paling bersemangat dalam berlatih tandem. Jarak mereka berdua pun cukup dekat sewaktu bersideways ria.

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (49)Bahkan mereka pun melakukan switching position. Hasilnya saya seperti melihat video di internet dimana sebuah Hachiroku side by side dengan Dirty Thirty, bahkan melihat sebuah tandem di kelas rookie atau pro drifting di Indonesia.

The Apriloose HellYea Perfourm Drift Practice 2016 Adhyasaka Hutama (10) copyBaik Septa dan Matthew pun saling ngotot sama lainnya untuk saling mendekatkan, namun tetap dalam batas  jarak yang aman. Bahkan drift mereka pun terhitung bersih alias lancar dari start sampai finish. Jujur saja saya belum pernah melihat drift battle atau tandem yang dilakukan oleh drifter local seperti ini. Hellyea !

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (56)Well done bro..well done.Aweseome tandem Matthew and Septa

The Apriloose HellYea Perfourm Drift Practice 2016 Adhyasaka Hutama (3) copyWell semua orang senang pada hari itu. Everybody have a good times all around with friends

Hellyea Apriloose 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (50)See ya on the next Hellyea! Perfourm Open Drift Practice

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!