PROJECT : THUNDERBOLT – GAR POWER CIVIC EF

1298

Thunderbolt GAR Power test (1)Setelah sempat terunda sekitar  6 bulan semenjak event drag tahun baru 2013 kemaren. Akhirnya project terbaru dari GAR POWER Surabaya yang di support oleh Yoedha Tuning, Perfourm.com, dan Royal Purple Full Synthetic Oil (SP Garage) kembali dimulai. Sekitar 2 minggu yang lalu saya mengikuti team GAR Power Surabaya ke Kenjeran Dragway untuk mengetest mobil yang saya namakan Thunderbolt untuk next event Kejurnas Drag race round 2 di Surabaya pada tanggal 30 Juni mendatang.

Thunderbolt GAR Power test (2)

Setelah berkumpul di bengkelnya GAR Power atau Yoedha Tuning di kawasan Kedung Asem, kamipun beriring-ringan menuju kawasan Kenjeran Park yang lokasinya sekitar 15 menit perjalanannya.

Thunderbolt GAR Power test (5)

This is where the magic happen.  Setelah pada beberapa waktu lalu EF berwarna kuning ini menggunakan mesin P08 SOHC V-tec, maka Mas Yoedha mekanik dari GAR Power memutuskan untuk bermain menggunakan head non V-tec nya beserta paket hematnya. Seperti   Bullfrog Gorilla HCCS 10, Weber 4 barrel ’48, Isky spring valves, Custom Daihatsu Zebra piston,  dan Honda Prestige conrods. Dengan kompresi yang tidak terlalu tinggi sekitar 12:4, yang di peruntukkan hanya untuk sesi practice atau latihan. Tapi jika race nanti maka kompresinya akan dinaikan ke angka 13:5

Thunderbolt GAR Power test (3)

Mas Yudha pun langusung  fire up the engine, dan inilah pertama kalinya saya mendengar suara dari mesin D16 yang mampu menghasilkan tenaga sekitar 212 horse power. Jujur saja terdengar seperti mobil standart, atau dengan kata lain suaranya exhaustnya tidak seberisik sewaktu menggunakan injection kengkap dengan suara brap..brap..brap.. nya. To quite for an modified car.

Thunderbolt GAR Power test (4)

Setelah beberapa kali digeber-geber, ternyata ada something wrong pada ignitionnya, setelah di cek, ternyata spark plugs nya lupa diganti, alias masih memakai spark plugs lama. Dan akhirnya diputuskan untuk meminjam NGK Iridium milik salah satu mobil anak GAR.

Thunderbolt GAR Power test (7)

Setelah dirasa agak lumayan mberebetnya ilang, maka Mas Yudha meminta Havid sang owner dari Civic EF ini untuk mencobanya. Dan yang perlu digaris bawahi, Havid belum pernah balapan dengan 4 barrel, dengan kata lain dia terbiasa dengan injection dan inilah 1st debut dia mencoba mobil balapnya dengan 4 barrel. Sewaktu masih menggunakan Honda City Type Z 3A3 dengan P08  injection best time Havid  adalah 8,908 detik (201m)

Thunderbolt GAR Power test (6)

Sementara adiknya Havin, berada di samping kakaknya, untuk memastikan si Thunderbolt ini lancer masuk ke area garis start. Baik adik kakak ini sama-sama belum pernah mencoba  balapan dengan 4 barrel, karena sebelum-sebelumnya mereka selalu memakai single throttle injection.

Thunderbolt GAR Power test (8)

Setelah beberapa kali mencoba start di area waiting zone, akhirnya Havid pun memulai debutnya dengan karburator 4 barrel. Kalo saya lihat startnya masih kurang mulus, karena Havid kurang mengegas-ngegas mesinnya yang berguna supaya businya tidak kebanjiran.  Civic EF yang menggunakan bahan bakar full avigas (oktannya tidak sampai 100) ini pun melesat meninggalkan garis start, terdengar beberapa kali ada mbrebet pada high rev. dan juga  shiftingnya terkesan santai. Maklum Havid baru kali ini mencoba mobilnya semenjak membelinya tahun lalu. Walaupun terlihat dan terdengar santai, tapi pada 1st run Havid mampu mencetak waktu 9.681 detik (201m). Lalu pada 2nd Run nya yang juga terlihat santai dan tidak niat ini malah mencetak waktu 9.229 detik. Malam itu Thunderbolt hanya di coba sebanyak 2 kali, untuk mengecek suspension, gearbox, steering correction, dan juga latihan bagi pembalapnya. Untuk target waktunya ketika saya tanyakan ke Mas Yudha, mas Yudha sambil malu-malu menjawab” 8,8 aja mas, ya alhamdullilah kalo bisa 8,7 detik, amin”. Nantikan Update berita mengenai project : Thunderbolt GAR Power Civic EF yang di support oleh Yoedha Tuning, Perfourm.com, dan juga Royal Purple Full Synthetic Oil (SP Garage).

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

*Like us on our Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

 

 

Comments

comments!