INDONESIA INTERNATIONAL MOTORSHOW 2016

1190

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (39)Indonesia International Motor Show akhirnya kembali digelar lagi di tahun 2016 ini oleh Dyandra Promosindo. Ini adalah IIMS jilid ke-2 semenjak 2 tahun yang lalu pisah ranjang dengan sang ratu penguasa otomotif Indonesia, Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia). But the show must go on with or without her. Ditahun yang ke-2 ini IIMS saya lihat jauh lebih baik daripada tahun lalu, walaupun masih tidak seheboh 3 tahun yang lalu.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (52)Motorshow yang digelar pada tanggal 7 hingga 17 April 2016 ini di ikuti oleh 36 APM (Agen Pemegang Merek). 8 merek mobil antara lain Chevrolet, Daihatsu, Honda, Hyundai, Mitsubishi, Nissan, Toyota, Tata Motors, BMW, Mercedes Benz, serta brand di bawah bendera Garansindo Chrysler, Dodge, Jeep, dan Fiat. 8 merek motor juga ikut serta meramaikan event ini di antaranya Honda, Yamaha, BMW, Ducati, Peugeot scooters, dan Zero Motorcycle. Dan 18 brand otomotif lainnya. Total pengunjungnya pun melebih target ekpetasi yaitu sebanyak 454.178 orang dari target pengunjung sebesar 380.000 orang. Dan berhasil berhasil membukukan total transaksi Rp 2.271.438.960.000.  Dengan jumlah total kendaraan terjual yaitu sebanyak 8.704 unit, terdiri dari  8.156 unit mobil dan 548 sepeda motor. Pencapaian tersebut melebihi dari target yang diharapkan, yaitu Rp 2 triliun.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (4)Beberapa APM atau brand mobil pun tak menyianyiakan kesempatan ini dengan nyolong start untuk memperkenalkan mobil barunya kepada masyarakat Indonesia, seperti salah satu senjata terbaru Toyota di MPV, yaitu Toyota Sienta yang sekilas mirip dengan Honda Freed ( bentuk dan sliding door nya). Tapi walaupun si Sienta muncul, dia tetap tidak bisa menggoyahkan dominasi mobil sejuta umat, yaitu Toyota Avanza.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (51)Disamping memperkenalkan MPV terbarunya, Toyota juga memperkenalkan salah satu double cabinnya yang tampak semakin gagah dari pada kakak-kakaknya, yaitu Toyota New Hilux lengkap dengan lantainya yang berlivery TRD. Toyota New Hi Lux ini merupakan generasi ke-8 dari keluarga Hilux semenjak pertama kali di luncurkan pada tahun 1968. Tampilannya pun semakin gagah dan macho berkat beberapa part TRD (Toyota Racing Development) yang dicomot dari Toyota Hi-Lux Revo TRD Sportivo Edition yang konon katanya hampir semua part TRD bersemayam didalamnya Mulai dari front bumper, grill, foot step, rims,rear bumper.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (50)Dan tentu saja sebuah TRD branded sports-type bar yang terlihat keren dan gagah. Ingin mem pimp my ride Toyota New Hilux Anda dengan TRD brand, sediakan dulu 20 juta rupiah.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (39)Jika tadi Toyota Sienta dibuat untuk head to head dengan Honda Freed, maka untuk bersaing dengan Honda BR-V, Toyota pun menciptakan Toyota Yaris Heykers yang sekilas saya lihat kok Cuma Toyota All New Yaris yang di semprot dengan cat warna lime green. Ternyata ini adalah SUV concept car buatan Toyota Astra Motor Indonesia yang didalamnya mampu menampung 7 orang penumpang. Tidak tahu apakah Yaris Heykers ini akan dibuat sebagai mobil produksi masal atau hanya berakhir sebagai concept car saja.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (6)Dari kubu Honda pun tak mau kalah dengan mengeluarkan produk mobil terbarunya yang merupakan mobil andalannya, yaitu keluarga Civic yang pada kali ini lahir dengan wajah, body, dan dapur pacu yang sangat berbeda daripada generasi-generasi sebelumnya. Ini adalah  Honda  All New Civic Turbo, yes its not all motor, tetapi sudah diberikan keong ajaib di dalamnya. Sebuah civic generasi ke-10 yang wajah dan dimensi bodynya, juga harganya  sudah mirip seperti si Accord. Namun Honda menawarkan sesuatu yang baru, sesuatu sensasi dalam merasakan i-vtec nya, yaitu mesin 1.5 liter VTEC Turbo yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 173 PS pada 5.500 RPM dan torsi maksimal 220 Nm pada 1.700 – 5.500 rpm. Dan hasilnya mobil ini  berhasil meraih penghargaan Best Car of The Show IIMS 2016. Harganya pun ngeboost menjadi Rp. 475 juta

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (42)Disamping meluncurkan Honda All New Civic Turbo nya, PT. Honda Prospect Motor juga juga memperkenalkan 2 mobil yang bagaikan pinang dibelah 2, yaitu New Brio RS dan New Brio Satya (LCGC, Low Cost Green Car)yang menerima wajah baru atau face lift yang sama dengan Honda Mobilio. Dapur pacunya mengusung mesin 1.200 cc baru berteknologi Honda Earth Dreams. Tenaganya mencapai 88,7 hp pada 6.000 rpm dengan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm. Yang membuat Brio sebagai city car paling bertenaga di kelasnya. Dan juga sebagai pemberitahuan bahwa pihak Honda sudah tidak lagi memproduksi Brio bermesin 1300 cc.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (49)Selain membawa mobil barunya. Booth Honda juga memberikan bonus kepada para pembeli dan juga pengunjung IIMS 2016 dengan menyuguhkan live acoustic performance dari band Maliq &’D’Essentials yang sukses membuat seluruh pengunjung bernyanyi dan berjoget bersama..termasuk saya.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (41)Dan tak lupa para model apa spg yang semuanya JDM atau oriental look. JDM car with JDM girl..kawaii.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (63)Dari pabrikan Mitsubishi Motor lewat PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) pun tak mau kalah dengan menghadirkan Mitsubishi all new Pajero Sport yang merupakan generasi terbaru semenjak pertama kali diperkenalkan kepada publik dunia pada tahun 1982. Kini SUV legendaries juara rally legendaries Paris Dakar tampil dengan wajah yang benar-benar baru, fresh, dan sangat futuristic. Bahkan sekilas mirip dengan Acura NSX 2017. All New Sport ditawarkan dengan 2 pilihan, yaitu Dakar 4×2 dan Dakar 4×4.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (3)Dari kubu Daihatsu tak lupa juga memasang andalannya berupa Daihatsu Copen yang merupakan 2 door roadster dengan convertible roof generasi ke-2 dari keluarga Copen semenjak diperkenalkan pertama kali oleh Daihatsu pada tahun 2002. Copen yang berarti “Community of OPEN life” ini dipersenjatai dengan mesin 660 cc  3 cylinder yang didoping dengan turbo  yang mampu memuntahkan tenaga 64 dk.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (40)Dari Booth Nissan, PT. Nissan Motor Indonesia menhadirkan All New X-Trail 2.5 CVT, All New Serena HWS Autech, March 1.2 XS, dan Grand Livina HWS Autech. Tak lupa juga Nissan memboyong GT Simulator Academy Pod bagi para pengunjung yang ingin merasakan sensasi game Gran Turismo yang dipertandingkan dalam Nissan GT Academy

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (5)Dari negeri K-Pop atau K-Drama nya pun tak mau kalah dengan menampilkan the All New Hyundai Tucson yang sekilas tampangnya mirip sekali dengan tampang mobil Mazda terbaru (Angry Bird Face). Yang jelas Hyundai berhasil membuat SUV nya sejajar dengan desain SUV SUV terbaru dari pabrikan mobil di dunia yang pada saat ini sedang kekinian menggunakan grill hexagonal yang seperti haus sekali akan fresh air. Desainnya pun lebih fresh, dan sporty namun elegant daripada kakak pertamanya yang mirip Teletubbies. Mesinnya dibekali dengan 2.0 liter 4 cylinder berkekuatan 168 PS.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (55)Dari negeri J-Pop dan K-Pop kita menyebrang ke benua Eropa, dimana di belahan bumi ini kebanyakan dilahirkan mobil-mobil mewah dengan tampilannya bak seorang top model..elegant. Dari desain boothnya saja sudah beda jauh dengan desain booth pabrikan mobil Jepang dan Korea yang condong futuristik. Namun ketika Anda beralih ke booth Euro Car sekelas Mercedes Benz, maka Anda seakan berada di sebuah peragaan busana di Paris atau Milan.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (56)Lengkap dengan sang top model  berupa  mobil dari pabrikan itu sendiri. Layaknya beberapa pabrikan mobil diseluruh dunia, Mercedes Benz pun mengikuti gerakan masal untuk merubah desain mobil mereka secara total, mulai dari  headlights, grill, serta front bumper (paling penting), bentuk body, interior, hingga dapur pacunya.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (58)Bagian buritannya juga berubah, lebih bulat, semok, dan aerodinamis untuk W212 E200 dengan LED tailights nya yang manis. E200  ini pun dipersenjatai dengan mesin 181 hp 2.0-liter 4 cylinder dengan torsi 135 kW. Trend yang berlaku sekarang adalah membuat mobil 4 cylinder bahkan 3 clylinder namun di doping dengan turbo kit hingga membuat mobil tersebut irit ala hybrid car namun ngacir ala sportcar.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (2)Ngomong-ngomong soal ngacir ala sportcar, saya punya jagoan dan juga idola alias mobil impian dari dulu, yaitu BMW M Series lengkap dengan warna kebangsaannya yaitu Monte Carlo Blue yang merupakan warna favorit saya dan warna yang paling M Series banget. So here I’am standing in the front of  560 dk (680 Nm) 4.400 cc V8 M TwinPower Turbo, asking her to love me. Sepertinya saya harus benar-benar kerja keras untuk bisa membayar mahar nya sejumlah Rp 3.549 M untuk bisa bercinta dengannya di Sentul International Circuit. Tapi jujur saja saya lebih suka M6 versi 4 door sedan nya. Lebih saya banget. But the bad news is, sepertinya mahar segitu tidak masalah bagi orang yang sudah kesengsem dengan mobil yang mampu berlari 0-100 km dengan waktu tempuh 4,2 detik ini. Buktinya M6 ini pun menghilang ke esokan harinya, karena sudah di pinang alias sold out.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu SulistyoTak mau kalah dengan rival abadinya, BMW pun juga ikut mem face lift mobil-mobil keluaran terbarunya. Dan jika Benz ada S-Class maka di 7 Series. Di IIMS 2016 BMW pun membawa 740Li Pure Excellence yang merupakan top of the linenya dari pabrikan asal kota Munich, Jerman. Sedan mewah full-size ini baru kali nongol alias 1st debutnya tampil di hadapan publik Indonesia. Karena embel-embel belakangnya ada Pure Excellence, jadi semua yang ada di luar dan didalam sedan seharga Rp 2,499 miliar off the road very very excellence.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (59)Masih dari daratan Eropa, yaitu United Kingdom atau Inggris, ada pabrikan mobil MINI yang tampaknya pada pameran kali ini tampilan boothnya menjadi lebih kalem dan minimalis dengan aksen woody yang homy namun tetap greget ala MINI style. Dengan menampilkan MINI Countryman, MINI Cooper, dan yang masih fresh from the oven MINI Clubman

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (62)Inilah yang saya maksud dengan homy. Tumben sekali kali ini tim kreatif MINI mendesain boothnya dengan kesan rumah woody yang minimalis jauh dari kesan booth MINI yang sangat Britpop dengan Swag style everywhere. Yang jelas saya lebih suka dengan tema yang ini.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (61)Dari negeri 007, kita beralih ke negeri Pizza, ada Garasindo yang memboyong sebuah sport car mid-engine bernama Alfa Romeo 4C. Jika pada tahun lalu 4C nya berwarna merah Ferrari maka kali ini 4C nya berubah menjadi white matte. Walaupun bodynya kecil hanya seberat 900 kg, namun si burung kecil ini dipersenajatai oleh 1.742 cc 4-silinder turbo  yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 240 hp/ 350 Nm pada 2.200 rpm. Dan dengan bantuan six speed Alfa TCT Dual Dry Clutch Transmission nya , mobil seharga Rp. 2 Milyar ini bisa melesat dari 0-100 km/jam dalam tempo waktu 4,5 detik. Power to weight ratio beibeh..

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (60)Dari negeri Pizza, kita terbang ke negeri paman Sam alias burger. Ada pabrikan Jeep disana  lengkap dengan single tuner nya Mopar

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (53)Dan juga ton’s of beautiful model. Garasindo memang pada IIMS kali ini flat out dengan memboyong  tema “Garasindo World” yang berisi Chrysler, Jeep, Dodge, Alfa Romeo, Fiat, Peugeot Scooters, Italjet, Zero Motorcycles, dan Ducati. Tak tanggung-tanggung setiap boothnya berisi model model yang cantik jelita, yang apabila dikumpulkan sudah bisa membuat sendiri ajang miss IIMS 2016.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (54)Termasuk juga teman saya dari kota Surabaya ini.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (64)Tak hanya APM( Agen Pemegang Merk) atau pabrikan mobil saja yang ingin show off, beberapa club otomotif juga tampaknya sedang beradu menjadi show stopper pada eveny kali ini. Adalah FOCI atau Ferrari Owner Club Indonesia yang membawa hanya ke-4 kuda jingkraknya yaitu Speciale 458, 488 GTB, 458 Spider. Padang rumputnya juga terlihat kebesaran karena hanya di isi ke-4 kuda jingkrak tersebut. Backdropnya sendiri berisi gambar para pengurus FOCI.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (66)Lupakan soal M6 atau bahkan si kuda jingkraknya FOCI, saya cuma ingin bersama Porsche 911 Singer yang merupakan the one and only in Indonesia. Inilah mobil impian saya selain sebuah Gojira Mines Nissan Skyline R34 GT-R V-Spec II Nur. Saat ini memang ada 3 kekuatan besar privateer tuner Porsche yang tumbuh besar dan mendunia gara-gara media sosial ataupun media online. Yaitu Rauh Welt Begriff (RWB Japan), Urban Outlaw (Magnus Walker, USA), Singer (USA).

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (23)Dimana masing-masing tuner mempunyai pattern atau pakem sendiri dalam memodif Porsche. Jika RWB terkenal brutal dengan memakai acara potong bebek angsa (potong fender asli untuk wide body), Urban Outlaw minimalis namun tetap berbau racing, maka Singer lebih condong kearah classic dengan melakukan restorasi plus memodifnya (eksterior, interior, dan mesin) hingga tampak seperti mobil yang baru keluar dari pabriknya. Bahkan untuk urusan dapur pacunnya mesin 270 hp 3.6 Lt flat six (boxer) di bangun ulang Singer, yang dimana ECU, exhaust, dan beberapa part lainnya masih tetap mengandalkan bawaan pabrik. Transmisinya dibangun ulang lagi dengan menambahkan LSD untuk five-speed G50 transmission. Untuk braking systemnya Singer menambahkan 993 turbo 4 piston Brembo Calipers with large drilled rotors. Karena ini adalah mobil yang dikerjakan secara handmade atau bespoke, maka setiap mobilnya memakan waktu 4.000 jam (166 hari/5,5 bulan) untuk bisa terlihat seperti yang dalam photo saya ini. Sepertinya saya akan beralih dari RWB ke Singer jika kelak someday saya punya mahar yang cukup untuk bisa meminang sebuah Porsche 911. Doakan saya guys.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (24)Dari mobil gadun impian saya, kita akan beralih ke cinta pertama saya, yaitu Gojira atau GT-R.  IIMS juga menghadirkan Supercar Lounge yang memajang Super car killer dari daratan Jepang, yaitu Nissan Skyline R32 GT-R dan Nissan GT-R R35. Walaupun sang adik R35 roh Gojiranya lebih powerfull hingga bisa membuat si banteng, kuda, dan segala macam supercar bertekuk lutut di hadapannya. Saya tetap cinta dengan R32 berrwarna putih ini. Bentuknya timeless atau abadi, and it’s the real Gojira. Nama Godzilla diberikan pertama kali kepada R32 GTR oleh Wheels Magazine pada tahun 1989  (Australia) dan  2 tahun kemudian (1991)  Jim Richards dan mark Skaife berhasil finish 1 dan 2 di Australian Touring Car Championship ( Bathurst), dan juga 2 R32 berhasil memenangkan Australian Endurance Championship. Senasib dengan Mazda 787B yang di banned dari 24hr LeMans, R32 GT-R pun juga ikut di banned dari Bathurst.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (8)Dari Bathurst Australia, kita kembali lagi ke scene lokal Motorsport di Indonesia. Dimana terdapat 2 race car yang ikut bertarung di balap mobil ISSOM atau Indonesia Sentul Series of Motorsport, yaitu Ananda Mikola dengan Lamborghini Super Trofeo nya yang bertarung di Super Car Championship, dan Sunny TS dengan Porsche Carrera yang bertarung di European Touring Car Championship (Euro 3000 Pro)

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (11)Dan dalam rangka menyambut Ulang Tahun IMI atau Ikatan Motor Indonesia yang ke 116 tahun yang jatuh pada tanggal 27 Maret yang lalu (27 Maret 1906). Booth IMI pun diwarnai dengan pajangan berupa mobil dan motor jadul yang termasuk dalam sejarah perkembangan dunia motorsport di Indonesia. Mulai dari Alfa Romeo GTV (Indonesia Retro Race) milik Robert Paul  beserta Holden Torana Drag race ( Indonesia record 9,2 detik) /402 m) team Garden Speed.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (12)Hingga sebuah gokard bersejarah milik Rama Hoegeng yang merupakan go-kart milk Alm. Hoegeng. Go- kart Yamaha RK1  yang di buat pada tahun 1983 ini diproduksi oleh Yamaha dan bermesin Yamaha KT-135cc (Factory Spec). Yang berarti bahwa  go-kart jadul ini specnya sama dengan Go-kart yang digunakan oleh team pabrikan Yamaha Motor Jepang (Racing kart). Gokart ini pernah dipakai oleh juara dunia dan pembalap pabrikan Yamaha Mr. Sugiyama, yang dimana dengan go-kart ini Mr. Sugiyama sering menjuarai kejuaraan-kejuaraan go-kart.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (15)Di dinding booth IMI juga terpampang jelas memorabilia  kumpulan photo vintage atau classic hitam putih mengenai perjalanan motorsport di Indonesia, mulai dari roda 2 hingga roda 4. Terutama aktifitas motorsport di Sirkuit Ancol, Jakarta. Mungkin suatu hari nanti photo-photo ini akan digantikan oleh photo-photo dari Perfourm yang bercerita tentang scene motorsport di tahun 2000-an.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (16)Tapi yang paling greget adalah pada salah photo yang berisi mungkin peserta time rally dengan background yang kalo tidak salah Datsun 510 atau mungkin Corolla DX (KE70) yang sedang rusak atau mungkin mogok. Yang pasti si driver atau pilotnya lebih mirip si Jimi Hendrix daripada seorang pembalap…. The Datsuns

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (14)Selain menampilkan generasi tua, IMI juga ikut mengampanyekan program Save Kids Lives yang di canangkan oleh  Federation Internationale de l’Automobile (FIA) dengan hashtag-nya yang terkenal #SaveKidsLives. Program ini merupakan salah satu program kerja FIA yaitu FIA Action for Road Safety dimana Salah satu cara untuk melindungi hidup anak-anak itu adalah dengan mendengungkan aspek keselamatan mengemudi secara terus-menerus karena data kecelakaan lalu lintas di semua negara berkembang kini dalam kondisi memprihatinkan. erlebih karena IIMS sendiri punya program Safety Road Education to Children yang baru tahun ini diluncurkan.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (9)Jika pada tahun lalu IIMS kedatangan Movie Cars seperti Kitt dari Knight Rider, Bat mobile, dan General Lee. Maka pada tahun ini IIMS kedatangan beberapa mobil dari film hardcore Mad Max : Fury Road, yaitu Plymouth Rock dan FDK. Keduanya didatangkan langsung dari Movie Cars Museum yang ada di Amerika Serikat (AS)

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (10)Mungkin mobil ini adalah mobil paling brutal dan hardcore yang pernah saya lihat. Dan sangat tidak amat recomeded digunakan di jalanan kota Jakarta, terlebih lagi ketika jam macet. Yang jelas jika Anda menggunakannya, Anda tidak butuh lagi patwal, jalanan akan terbuka dengan sendirinya.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (45)Beberapa Electric car yang di buat oleh beberapa Universitas terkemuka di Indonesia juga turut ambil bagian dalam Electric Car Show dimana terdapat 6 unit mobil listrik karya murni para mahasiswa Indonesia.  Salah satunya adalah  Arjuna buatan anak-anak Universitas Gajah Mada Yogyakarta yang telah meraih 7 trofi di 7 ajang kompetisi berbeda. Dimana sistem operasional mobil listrik ini bisa diatur dan dikontrol melalui perangkat handphone berbasis android

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (30)Untuk para builder Indonesia, pihak IIMS pun meyediakan ruang untuk para builder roda 2 dan 4  untuk memamerkan hasil karya mereka., yaitu IIMS Indonesia Builder yang merupakan supportting Outdoor Program  IIMS 2016. Seperti BMW 6 Series E24 yang diproduksi pada tahun 1976 ini.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (29)Dan jika sudah berhubungan dengan builder, apa saja bisa terjadi dan dibuat oleh para builder ini. Termasuk mengganti BMW badges nya dengan OMG I’m So retro sticker.

IIMS 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (33)Atau bahkan menimbun harta karunnya dengan cara membuat pohon natal yang terbuat dari tumpukan TRD Tosco 13’inch. Sepertinya saya tahu siapa disini yang bertanggung jawab atas raibnya rimsnya ini dari toko-toko tambal ban di pinggir jalan.

Driftwar 2016 IIMS. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (71)Goal atau Gong dari  supportting Outdoor Program  IIMS 2016 adalah Drift War IV. Dimana sebanyak 49 drifter dari dalam dan luar negeri. Dan yang paling special semua jurinya adalah import supaya penilaian nya sesuai dengan kompetisi di luar negeri, sehingga skill drifter lokal bisa berkembang. Ada 4 juri yang semuanya berasal dari luar negeri, 1 dari Malaysia dan 3 diantara nya merupakan pro drifter dari Jepang (D1 GP Japan).

Driftwar 2016 IIMS. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (82)See you on IIMS 2017. Later…

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!