SAWADIKAP : GT ASIA TRIP WITH MOTUL INDONESIA – PT.1


GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (123)
Jika pada artikel sebelumnya Anda sudah saya ajak ngetrip atau piknik ke kota bangkok dan mengunjungi outlet-outlet atau store yang menjadi partner dari pihak Motul Thailand. Maka di artikel yang ke-2 ini kita sudah mulai masuk ke main course nya alias hidangan utama dari trip saya ke Thailand, yaitu memenuhi undangan pihak Motul Indonesia untuk menonton secara langsung event balap GT Asia dimana pihak Motul sendiri menjadi official lubricant partner nya.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu SulistyoPerjalanan saya dimulai pada siang hari dengan melalui udara. Dari kota Bangkok saya pun terbang menuju ke kota Buriram yang letaknya di Thailand bagian Utara atau sekitar 5 jam perjalanan darat. Selama 1 jam perjalanan lewat udara, sayapun melihat bahwa kontur dataran Thailand adalah dataran rendah alias flat tidak ada pegunungan. Mungkin saja disini masih musim kemarau, dibandingkan dengan Indonesia yang saat ini datarannya terlihat sudah kembali hijau semua. Dari atas juga saya bisa melihat kota Buriram yang hitungannya adalah sebuah kota kecil atau setingkat kabupaten, ya kalo di Indonesia mungkin seperti kota kecil sekelas Brebes atau Lamongan. Namun walaupun kota kecil tapi mempunyai fasiltas olahraga seperti stadium sepakbola dan sirkuit dengan grade atau level A dari FIA (stadart Moto GP dan F1). Anda bisa melihat sirkuit Chang International Circuit pada  daerah yang tertutup awan (kiri atas)

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (3)Dan akhirnya tibalah kami di Buriram Airport yang benar-benar airport kecil. Runawaymya pendek, dan shelter atau tempat parkir pesawatnya cuma muat 1, ya kalo di muat-muatin 2 pesawat sekelas Boeing 737 masuklah parkir menghadap ke airportnya. Mengingatkan saya akan Bandara di kota Jambi, ah tidak tidak masih terlalu besar. Mungkin seperti bandara di kota Palu atau Luwuk. Provinsi Buriram sendiri letaknya berdekatan langsung dengan perbatasan negara Kamboja. Dan Buriram dalam bahasa Thailandnya berarti  kota kebahagiaan.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (165)Dari Buriram Airport kami pun menuju ke kota Buriram. Airportnya cukup jauh dari kota nya, ya kurang lebih sekitar 30-40 menitan. Kota ini benar-benar kota kecil seperti Lamongan ataupun kalo dipantura (Pantai Utara) seperti kota Pekalongan. Namun amazingnya, kota ini mempunyai Stadium bertaraf internasional untuk local hero nya bernama Buriram United. Dan yang lebih amazing lagi club sepakbola ini adalah klub sepakbola tersukses di Thailand. mereka bahkan pernah memenangkan FA Cup,  League Cup dan mencapai babak 8 besar dari  Asian Champions League.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (166)Masih dalam satu kawasan atau blok dengan Stadium sepak bola tadi, terdapat arena gymkhana, restaurant fast food, motel, drift land, drag way, dan parkiran yang pasti lebih besar daripada parkiran pesawat atau apron di bandara tadi. Buriram memang dibuat menjadi tujuan wisata motorsport oleh pemerintah pusat  Bangkok, terkait letak geografisnya yang berada di tengah-tengah negara Thailand. Dimana kota tersebut kurang beruntung dan tidak se hype kota Phuket atau Pataya yang mempunyai pantai.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (167)Jadi mau tidak mau karena wisata alamnya kurang terkenal, dan  untuk mendapatkan atau menaikkan pendapatan daerahnya, kota ini pun membangun sebuah superblock yang komplit. Bukan superblock apartment berikut mall dan office seperti yang sedang kekinian di Indonesia, pemerintah kota Buriram malah membangun suatu kawasan Superblock Sports Multi-Complex yang berisi stadium sepakbola dan sirkuit balap berstandart internasional

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (6)Sampailah kami di sirkuit yang bernama Chang International Circuit. Chang sendiri bisa dibilang sebuah perusahan air minum (mineral water, bir, dll) yang menjadi sponsor utama dari club sepakbola Buriram United dan juga sirkuit ini. Kamipun ditemani oleh  Samuel Kang, Motorsport Specialist & Brand Guardian Motul Asia Pacific (kaos merah)

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (8)Well mungkin orang yang paling berbahagia pada hari itu selain saya adalah M. Herdy yang akhirnya bisa move on dari Sentul International Circuit, tempat dia mulai bermain balap touring  dengan mobil Timornya pada awal tahun 2000-an.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (233)Tugas atau ritual wajib saya adalah laporan terlebih dahulu di media center yang terdapat sisi kanan gedung sirkuit ini. Saya pun cukup terkesima dengan penampilan media center di sirkuit ini, persis seperti yang di tipi-tipi ketika saya melihat event F1 atau balap mobil lainnya.  Deretan meja yang memanjang dengan colokan kabel dimana-mana. Layar monitor yang menampilan jalannya race secara live lengkap dengan catatan waktu,posisi, suhu, dan kondisi track serta cuaca disekitar circuit.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (10)Jika biasanya di Sentul saya harus naik ke tower dan meminta hasil race nya, maka yang saya lihat disini lebih rapid an terorganisir. Di samping Chang refrigerator yang menyajikan segala macam minuman made in Chang yang all you can drink dengan gratis dan juga meja makanan yang ada menu halal, dan vegetariannya. Ada rak yang berisi hasil race day, qtt, free practice, hingga entry list race dimasing-masing kelas. Saya pun membayar 500 bath atau sekitar Rp.200.000,00 untuk jaminan saya tidak membawa kabur rompi atau vest media Chang International Circuit sebagai cinderamata. (1 Bath sekitar Rp. 400,00). Uang saya akan dikembalikan setelah saya mengembalikan rompi

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (20)Selamat datang di Chang International Circuit, Buriram Thiland. Well rasanya seperti mimpi bisa datang ke sirkuit baru diresmikan pada tahun 2014 yang lalu. Ini adalah view dari teras VIP GT Asia  yang terletak di lantai 2 atau di atas pit, dimana kita bisa melihat area grid, pit lane, dan circuit view sambil menikmati hidangan yang disajikan dan ademnya AC.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (297)Semenjak dibuka pada tahun 2014 yang lalu berbagai macam balapan pun merasakan barunya lintasan ini. Seperti Japanese Super GT, GT Asia, TCR International Series (International Touring Car Championship), TCR Asia Series, WTCC (World Touring Car Championship), Porsche Carrera Asia Cup, dan akhirnya Asia LeMans Series. Sementara di roda 2 nya WBK atau World Superbike Championship. Sementara event skala Asia lainnya seperti AFOS (Asia Festival of Speed), Asia Formula Renault, Special AWD, dan Renault Clio Cup China Series mengisi slot dalam Buriram Festival of Speed.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (83)Dan kebetulan sekali saya bertemu teman saya,   Leona Chin  dari Malaysia, yang merupakan the one and only pembalap wanita yang ikut di Renault Clio Cup China Series.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (234)Well walaupun satu-satunya harim di balapan one make race ini, namun soal driving skill harim yang jago gymkhana dan drifting ini mampu memporak-porandakan dominasi pria di race kali ini. Leona pun berhasil finish dan naik ke podium ke-2

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (25)Rombongan Motul pun mengunjungi salah satu team balap yang di sponsori oleh Motul, yaitu Viper Niza Racing dari Malaysia dengan mobil Seat Leon Cupra TCR yang di piloti oleh Doughlas Khoo.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (123)Jujur saja saya baru kali ini ketemu dengan wujud asli atau face to face dengan sebuah SEAT León Cupra 280 5 doors yang merupakan saudara kembar dari Volkswagen Golf Mk7. Maklum saja saya dulunya cuma bisa melihat mobil pabrikan Spanyol ini beraksi di youtube. Chassis dari SEAT Leon generasi ke-3 inidiambil dari Volkswagen Group MBQ platform, yang juga digunakan pada Audi A3 Mk3, VW Golf Mk7, dan juga Skoda Octavia Mk3.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (79)Seat Leon Cupra versi TCR ini dipersenjatai dengan mesin 1984 cc DOHC 4 cylinder turbocharged yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 330 hp @ 6200 rpm dengan torsi 410 nm @ 2000/5000 rpm. Modifikasi dari  sedan FWD ini hanya terbatas pada Gearbox yang menggunakan Sadev 6-speed sequential with paddle shift, dengan Clutch: multi-disc oil cooled, dan Differential: VAQ electro-hydraulic. Mesinnya pun sekilas mirip dengan VW Golf GTi. Namun soal performance Seat Leon Cupra (versi oem) diatas Golf Mk7 GTi yang hanya mempunyai tenaga 230 ps/ 227 hp. Sementara Seat leon Cupra 290 ps/286 bhp. Seat ini hanya kalah dengan Golf Mk7 R (300 ps/296 hp)

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (80)Walaupun ini hanya balap yang basicnya masih mobil masal, namun teknologi dan performancenya sudah seperti mobil balap touring sekelas GT Asia atau GT3. Tombol pada streering wheelnya pun sudah mulai cukup complicated ala tombol stick X-Box.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (31)Sebagai sponsor Viper Niza Racing, Motul pun menyuplai seluruh kebutuhan team dari Malaysia ini dengan produk unggulan mereka. Seperti 300V 5W30 yang sama digunakan oleh M. Herdy di EG6 nya, Gear 300 LS, Motul RBF 660 Factory Line Racing Fully Synthetic DOT 4, dan Motul parts clean untuk membersihkan part-part ny

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (23)Setelah kami berpuas-puas ria bermodus-modus ria dengan Race Queen nya Viper Niza Racing ini, Doughlas Khoo, pembalap dari Seat Leon Cupra TCR  ini (ke-2 dari kiri). Pria dari kewarganegaraan Malaysia ini bertarung di kelas Amatir TCR Asia dan saat ini berada di posisi ke-4  dalam hal pengumpulan point setelah seri 1 yang diadakan di Korea International Circuit, Korea Selatan.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (108)Dan inilah alasan utama saya beserta tim dari Motul indonesia dan Motul Asia Pasific (Singapura) datang ke Chang International Circuit di kota Buriram, Thailand. Yaitu untuk melihat secara langsung balapan GT Asia dimana Motul sebagai official lubricant partner nya.

GT ASIA TRIP with Motul Indonesia.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (2)Dimana di GT Asia ini Anda bisa melihat supercar-supercar yang di Indonesia biasanya cuma ngendon di garasi dan dipanaskan seminggu sekali atau hard parking di vallet sebuah mall atau kantor, dengan mata security yang “night vision”mengawasi kita. Kini berubah menjadi track machine yang buas tanpa AC, tanpa ampun. Seperti Ferrari 488 GT3 dari Billionaire Boyz Team. Nama teamnya greget banget..alias gadun.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (237)Kamipun memulai GT Asia pit tour dengan didampingi oleh Tarik Mokbel selaku Commercial Manager dari Motorsport Asia Limited selaku  Event Organizer GT Asia dan TCR Asia Series. Tour pada pit-pit team GT Asia ini merupakan salah satu privilege yang diberikan oleh Motorsport Asia kepada Motul yang merupakan official lubricant partner dari GT Asia.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (238)Pit stop kami yang pertama adalah berkunjung ke pit nya Billionaire Boyz Team dengan Ferrari 488 GT3. Si kuda jingkrak super yang baru diperkenalkan pada tahun 2015 yang bertugas menggantikan Ferrari 458 Italia GT3  ini dipersenjatai dengan twin-turbocharged 3.9-liter V-8 yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 660 hp. Sepertinya si kuda jingkrak ini sudah mulai meninggalkan tradisi lamanya yaitu all motor  atau natural aspirated menjadi force induction alias si keong ajaib turbo.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (263)Tarik Mokbel selaku Commercial Manager dari Motorsport Asia Limited pun menjelaskan bahwa team ini  atau Billionaire Boyz Team, merupakan salah satu team yang memboyong Ferrari 488 GT3 dari markas Ferrari di Italia beserta crew nya. Padahal mobil ini masih baru dan masih under development. Pria muslim berkenegaraan Inggris ini juga menjelaskan kepada kami tentang biaya operasional setiap team dalam 1 seri atau per event yang bisa mencapai £ 500.000 bahkan ada yang mencapai £ 750.000 poundsterling (1 Pound Sterling = Rp. 17.000,an). Berarti sekitar   Rp 8.570.838.026 hingga Rp. 12.856.257.039. Anda hitung sendiri nominalnya berapa dan juga satuannya. Saya terlalu puyeng untuk mengetahui dan memberitahukan kepada Anda.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (242)Em Em man jelas? Mahal tentu saja. Motorsport adalah cara paling gampang untuk merubah uang menjadi suara, semakin keras suara yang hasilkan maka semakin banyak intake mobil balap Anda menyedot uang dari kantong, dompet, dan tabungan Anda. Apalagi Anda menggunakan sebuah supercar sekelas Ferrari, Lamborghini, Porsche, Audi, ataupun Bentley.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (244)Oleh karena itu untuk balapan sekelas TCR Asia dan GT Asia kebanyakan di ikuti oleh para gentleman atau bahasa kalemnya dari para pengusaha atau pebisnis yang mempunyai biji dan budget besar untuk merasakan andrenaline dari pada memukul stick golfnya.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (124)Contohnya saja dari Thailand ada 3 team besar yang menggunakan Ferrari 458 Italia GT3, dan semuanya berasal dari anggota keluarga besar perusahaan Singha (perusahaan yang memproduksi minuman seperti bir, air mineral, dan lain-lain)

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (241)Dan bagi Motul perusahaan oli asal Perancis, ini adalah tahun ke-2 semenjak 2015 bekerja sama dengan GT Asia untuk menjadi official lubricant partner. Motul memang terkenal di scene motorsport dunia dengan kerjasamanya dengan beberapa para tim R&D pabrikan kendaraan otomotif sebagai ‘Laboratorium Hidup’ di ajang balapan internasional, seperti MotoGP, World Superbike, Supercross, Motul FIM Ice Speedway Gladiators World Championship, Rallycross, 24 Hours of Le Mans, FIA World Endurance Championship, Super GT, Drift, GT Asia, dan masih banyak lagi ini. “Dan khusus untuk GT Asia, Motul memberikan penghargaan khusus berupa 2 piala Pole Position Challenge di kelas GT3 dan GT Challenge (GTC) bagi para pembalap yang sering mendapatkan P1 atau pole postion di setiap race nya dalam 1 musim balap (1 tahun). Pialanya sendiri cukup special karena di buat  secara handcrafted oleh Hozoi, seorang seniman yang berasal dari Perancis” ungkap Johan Wijaya selaku Business Development Manager Motul Indonesia

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (246)Selain kuda jingkrak dari Italia, GT Asia juga diramaikan oleh si kuda jingkrak dari Stuttgart Jerman, yaitu Porsche. Terhitung ada sekitar 4 Porsche GT3 R yang ikut meramaikan GT Asia rd.2 di Chang International Circuit ini. Salah satunya adalah dari team Gruppe M Racing.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (251)Dan juga team balap asal Hongkong, Craft Bamboo yang berduet langsung dengan Porsche Motorsport Jerman sebagai official technical partnernya. Well biasanya ketika saya melihat Porsche Carrera milik Sunny TS di Euro 3000 Pro saja sudah bilang wow, maka ketika saya melihat GT3 R ini saya langsung horny. Bisa dibilang Porsche ini adalah benar-benar versi hardcore nya dari kepunyaan Sunny TS. Lebih dari 500 hp pun di hasilkan dari mesin 4.0-litre direct injection flat six ini.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (249)Dan untuk urusan kerapian pit, pit di GT Asia ini sudah seperti pit di Formula one yang rapi dan terdapat tempat helm

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (135)Dan juga mereka membawa sendiri dinding  pit mereka yang berisi nama team dan sponsor serta official technical partner mereka. Bahkan lantai mereka juga membawa sendiri. Seperti pada team Phoenix Racing yang membawa Audi R8 LMS GT3. Dan lagi-lagi mereka di back up langsung oleh Audi Sport. Dude..this is money.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (137)Saya pun berkesempatan untuk masuk ke dalam pit Phoenix Racing dimana mereka sedang membongkar mobil seharga 2.7 M (versi 2015 All New Audi R8 V10 plus, 610 hp dan 650 Nm), sementara yang Anda lihat sedang di bongkar Sequential 6-speed gearbox with shift paddles dari  mobil balap seharga Rp. 5.856.360.000, yaitu all new Audi R8 LMS GT3 yang merupakan versi  hardcore nya dari Audi RB V10 plus.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (133)Tak hanya satu saja all new Audi R8 LMS GT3 yang diboyong oleh Phoneix Racing, tapi team balap yang bermarkas di Jerman ini juga memboyong 2 mobil balapnya Tony Stark si Iron Man.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (138)Apalagi si R8 yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 585 HP ini berwarna gold chrome. Sangat super stylish ala Tony Stark. And just for your info guys, hampir semua part atau bagian daripada mobil ini masih berbagi atau mengadopsi part standart dari versi  road car. Yang katanya si Audi seh biar tetap murah perawatannya dan juga terjangkau harganya.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (125)Walaupun mata saya sudah klepek-klepek melihat The All New Audi R8 LMS GT3, namun ketika melihat sebuah Bentley Continental GT3 sedang digiring masuk ke dalam pit nya.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (141)Tak hanya 1 Bentley saja yang dibawa oleh Team Absolute Racing, tetapi 3 biji Bentley Continental GT3. Team Absolute Racing yang bermarkas di kota Zhuhai¸China ini merupakan team yang memanage Bentley’s Customer Racing di  Asia dan Amerika. Ingat ketika si Tarik Mokbel selaku Commercial Manager dari Motorsport Asia Limited mengatakan ada team yang cost race nya per seri yang mencapai £ 750.000 poundsterling (1 Pound Sterling = Rp. 17.000,an). Berarti sekitar   Rp 8.570.838.026 hingga Rp. 12.856.257.039. Well, Anda sedang melihat tim itu. Biasanya setiap team atau mobil hanya membawa 7-10 crew, maka di sini setiap mobil membawa 15 crew.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (132)Hati saya pun langsung melting melihat si Bentley ini besar, panjang, elegant, namun buas.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (129)Apalagi melihat Continental GT3 yang berwarna putih ini. Saya sangat suka sekali dengan mobil sedan bertubuh bongsor namun di sulap menjadi monster circuit daripada hanya  parkir didepan valet mall atau pun parkir khusus direktur. Bentley Continental GT3 sendiri sudah mulai bertarung di dalam sirkuit pada tahun 2014

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (253)Walaupun body nya bongsor alias fat bastard. Namun di dalam body nya yang seberat <1300 kg memiliki weight distribution yang cukup bagus untuk ukuran mobil jumbo ini, yaitu: 52 : 48. Untuk urusan performancenya, si fat bastard ini dipersenjatai dengan 4.0-litre twin-turbo V8 engine yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 608 PS (447 kW; 600 hp) yang disalurkan melalui Xtrac six-speed sequential gearbox  tersambung dengan Drivetrain Carbon fibre propshaft beserta LSD,  yang di operasikan melalui steering wheel yang dilengkapi dengan paddle operated pneumatic gear shift. Benar-benar amazing performance dari mobil yang pernah menjuarai Blancpain Endurance Series, Bathurst.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (258)Untuk urusan kaki-kakinya si fat bastard ini di lengkapi dengan Double wishbone suspension front and rear,dan four-way adjustable racing dampers. Dengan Brembo six-piston front calipers, four-piston rear caliper

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (261)Jika ada Ferrari maka so pasti ada juga Lamborghini. Pada GT Asia rd.2 ini hanya terdapat 1 ekor banteng saja. Namun bukan sembarang banteng, ini adalah banteng terbaru dari  sang Lamborghini, yaitu Lamborghini Huracan GT3 yang di piloti oleh Edoardo Liberati and Andrea Amici dari team FFF Racing Team.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (265)Kami pun melanjutkan tour kami bersama Tarik Mokbel menuju ke ruang press con dan merasakan langsung aura press con setelah race. Next question please…

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (266)Dari ruang press con kami semua menuju ke production room tempat dimana para crew Motorsport Asia membuat event ini menjadi hidup, seperti live streaming langsung pada website nya dan juga pada tv-tv yang tersedia di circuit. Disini juga terdapat time keeper atau ruang waktu.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (267)Dari production room dan time keeper, kami pun beralih ke ruang “God mode” atau Race Director room. Di sinilah tempat dimana Anda tak bisa lari dari kesalahan, ruang dimana Anda akan selalu di awasi selama jalannya race, ruang dimana terdapat 2 wakil dari FIA yang akan menentukan sah atau tidak sah nya Anda menjadi pemenang. Jujur saja saya belum pernah masuk ke dalam ruang race director nya Sentul Circuit, begitu saya masuk kesini orang-orang didalamnya langsung melirik kearah kita. Maklum saja ini adalah ruang yang bertuliskan “Yang tidak berkepentingan dilarang masuk”

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (85)Setelah GT Asia pit tour selesai, saya pun melanjutkan jalan-jalan saya di area pit Chang international Circuit. Di bagian samping atau sebelah kiri bangunan utama, terdapat sebuah pit tambahan yang berisi mobil Renault Clio yang digunakan untuk balap Clio Cup China Series 2016. Yang dimana balap ini merupakan supporting racenya GT Asia. Balapan one make race ini dipersiapkan oleh FRD Motorsport China dengan menggunakan Renault Clio yang dipersenjatai dengan 1. 6-litre turbo engine yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 220hp. Dan yang istimewanya lagi, untuk pertama kalinya semenjak diselenggrakan dari tahun 2009, mobil Clio ini steering-wheelnya dilengkapi dengan paddle  shift gear supaya perpindahan giginya bisa lebih responsive. Hasilnya diklaim mampu mempercepat waktu tempuh sebanyak 3 detik.

GT-Asia-Trip-with-Motul-Indonesia-2016-,ok.-PerfourmDari Clio Cup China Series kita beralih ke TCR Asia yang juga merupakan supporting race nya GT Asia. TCR Asia sendiri merupakan salah satu cabang atau regional dari induknya yaitu TCR International Series. Sementara TCR International Series sendiri adalah International Touring Car Championship yang di dirikan oleh mantan boss World Touring Car Championship (WTCC), Marcello Lotti.

GT-Asia-Trip-with-Motul-Indonesia-2016.ok1-Perfourm.comDimana di TCR International Series ataupun TCR Asia Series menggunakan mobil produksi masal yang sudah detuned dengan bebeberapa aturan seperti, mobil sedan 4/5 pintu, menggunakan mesin 2.0L Turbo  dengan tenaga maksimal 300/300 Bhp, berat mobil 1285 termasuk racing gearbox plus pembalapnya, FWD, boleh menggunakan gearbox bawaan atau  atau TCR International Series sequential gearbox yang dilengkapi paddle shift. Dan harganya dibatasi dari € 70,000/90,000  (Euro)  sudah termasuk mesin. Atau sekitar Rp.1.021.769.945 hingga Rp. 1.313.704.215. Well, saya baru kali ini liat secara langsung VW Golf GTI TCR yang merupakan versi super rabbit GTI Mk VII lengkap dengan super aerokit nya.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (98)TCR International Series dan TCR Asia sendiri di ikuti oleh beberapa pabrikan mobil dengan produk terbarunya seperti VW, Skoda, Seat, Renault, Peugeot, Opel, KIA, Ford, Citroen, Alfa Romeo, Subaru, dan akhirnya Honda. Wait what. Maksudnya Honda Civic Type R Turbo terbaru yang harganya mencapai 1,5 Milyar Rupiah?

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (99)Yes guys it’s the FK2 New Civic Type R Turbo yang harganya sudah seperti sportcar sekelas R35 GT-R, dan dulu pernah menyandang gelar sebagai the fastest FWD di Nürburging Nordschleife (7:50) sebelum akhirnya dibungkam oleh si 305 Hp Rabbit VW Golf GTI Clubsport S yang mencetak 1.4 detik lebih cepat daripada si Type R (7:49.21)

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (90)What happen in Nürburging Nordschleife, stay in Nürburging Nordschleife sepertinya tidak berlaku lagi. Peta peperangan pun akhirnya pindah ke dalam circuit untuk membuktikan siapakah yang berhak menyandang gelar sebagai the fastest FWD. JAS Motorsport  pun akhirnya mempersiapkan Type R Turbo dengan mesin K20CR 2.0 liter turbocharged inline four-cylinder engine yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 330 HP/ 400 lbs-ft of torque (stock  306HP /295 lbs-ft ) lengkap dengan Sadev 6-speed, sequential dengan paddle shift utnuk bertarung kembali dengan VW Golf R

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (89)Masuk ke dalam cockpit dari Type R TCR seharga Rp. 1.508.738.025 (belum bla bla dan tetek bengek masuk ke Indonesia, yang OEM saja sudah 1, 5 M, mungkin bisa sampai diatas 2 M yang ini). Anda harus ingat ini adalah Type R Made in England, bukan Made in Japan atau JDM. Cocpitnya sendiri dilengkapi dengan OMP composite HTE seat, AIM Steering wheel dengan integrated dash dan  paddles, Safety Cage MSA certified Welded cage, sehingga membuat beratnya menjadi 1260 kg  (sudah termasuk pembalap)

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (42)Saya pun mulai masuk ke dalam grid Chang International Circuit ini. Atmosphere nya beda sekali dengan Sentul Circuit. Mungkin karena sirkuit ini masih baru, aspalnya pun mulus semulus pahanya Tata Young, kondisi cuacanya yang cerah dengan awan dimana-mana namun tetap camera friendly.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (56)Dari  one make race Clio Cup China Series 2016, kita beralih ke balapan one make race dari pabrikan yang sama dengan Clio, yaitu Asia Formula Renault Series

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (58)Asian Formula Renault Series sendiri merupakan one make race open wheel Formula Renault 2.0 yang menggunakan chassis Tatuus dan mesin 2.0 lt yang di comot dari  mesin mobil Renault Clio. Mesin 2.0 Lt ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 210 bhp/220 Nm yang di otaki oleh Cosworth/XAP dan Sadev 7 speed sequential + reverse gear gearbox.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (57)2016 Asian Formula Renault Series ini memasuki tahun ke-17 semenjak pertama kalinya diselenggrakan pada tahun 2000 yang lalu, dan di ikuti oleh sebanyak 21 pembalap dari negara Asia, Eropa, Australia, dan Amerika. Rio Haryanto pembalap F1 pertama asal Indonesia pun pernah merasakan sengitnya pertarungan di one make race ini (2008-2009), begitu pula  Darma Mangkuluhur Hutomo dari Humpuss Junior Racing Team

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (68)I love this cirucit and the atmosphere. Jujur saja saya sebenarnya berencana untuk backpacker ke sirkuit ini pada bulan Oktober besok bersama Adhyasaka (Perfourm) dan Bima yang merupakan salah satu drifter dari Surabaya Drift Society untuk melihat dan meliput balapan Super GT. Namun apa daya, pucuk dicinta GT Asia pun tiba. Saya pun terpaksa nyolong start ke sirkuit ini bersama Motul Indonesia untuk melihat GT Asia. Thank you so much Motul Indonesia.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (62)Termasuk juga para pembalap nya yang dari tegang berubah menjadi melting melihat para race queen tadi. Atau mungkin malah sebaliknya membuyarkan konsentrasi early brief yang sudah diberikan oleh chief engineeringnya… sibuk mengincar wanita idamannya.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (77)Yang jelas belum pernah saya lihat pemandangan seperti ini di Sentul ketika para pembalap mulai melakukan warm up lap.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (120)Namun sayangnya saya tidak bisa menyaksikan Asian Formula Renault Series karena di saat mereka berpacu dari garis start menuju lintasan, saya pun ikut bepacu start menuju ke toilet untuk dyno test. Exuse me guys…

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (103)Setelah finish di toilet, saya pun mulai start untuk kembali lagi bertugas menuju ke pit. Kali ini sedang bersiap-siap kelas Special AWD (All Wheel Drive) yang juga merupakn supporting race nya GT Asia.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (105)Special AWD Class ini di ikuti oleh 26 pembalap yang berasal dari Thailand dan juga Malaysia.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (106)Saya pun menemukan salah satu ritual yang hampir sama di Indonesia, yaitu berdoa terlebih dahulu sebelum masuk kedalam mobil balap. Dengan menyatukan ke-2 telapak tangannya dan berdoa sesuai agama Budha, merekapun memulai ritual sebelum race di mulai.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (109)Satu persatu dari mobil AWD seperti Mitsubishi Lancer Evolution dan Subaru WRX STI meninggalkan pit

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (117)Meet Bom Asavasangsidhi, pembalap dari team Mitsusport dengan Mitsubishi Lancer Evolution IX CT9A yang bertarung di Super AWD di class 1.  Pembalap asal kota Bangkok ini juga berhasil mencetak the fastest lap pada free fractice 2 dengan best time nya 1:46.0GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (50)Well jujur saja, saya rada minder atau malu dengan gear yang saya bawa pada saat itu, yaitu yang hanya berupa camera pemula Canon 550D denga lenskit  tele 55-250mm  yang kalo dizoom harganya dengan lensa EF series yang menyerupai bazoka atau termos itu 1:40. Alias Lensa yang mungkin jarak tembaknya 400mm atau 500mm itu bisa buat membeli lensa saya 40 biji. Belum lagi cameranya yang sudah level “god mode” alias pro 1D atau 5D, lengkap dengan embel-embel Mark II keatas.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (189)Tidak hanya 1 tele saja yang dibawa para photographer ini, namun 2. Mungkin 70-200 mm dan 500mm, yang harganya beserta kameranya mungkin bisa buat beli mobil LGCG atau DP rumah. Jika saya di Sentul dengan mudahnya wira wiri dengan motor scooter, maka di Chang circuit saya bisa naik shuttle bis yang akan mengedrop kita di dalam sirkuit. Namun sayangnya shuttle ini lebih banyak ngetem di area parkir, dan baru jalan kalo ada orang yang order atau setidaknya 30 menit sekali dia baru narik. Turun dari Shuttle kira-kira di R2, saya pun harus berolahraga berjalan kaki dari satu tikungan ke tikungan selanjutny. Jujur saja Sirkuit ini jauh lebih panas dan menyiksa daripada Sentul karena kondisi geografisnya yang merupakan dataran rendah, dan sangat-sangat terbuka.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (359)Saya pun mulai berjalan dari satu spot ke spot lainnya, dimana di beberapa spot menembak tersebut sudah dalam kondisi booked oleh para sniper dengab bazokanya. Jika di Sentul tembok pembatasnya hanya sekedar tembok saja, dan saya biasanya pakai acara naik atau memanjat lalu memphoto dari atas temboknya. Maka di Chang Circuit, tidak bisa melakukan adegan action tersebut, dan hanya bisa memphoto dari balik pagar pembatas yang range atau jarak tembak nya cukup jauh dari lintasan hingga membuat lenskit 55-250 saya berubah menjadi lens kit 18-55mm

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (202)Lihat, betapa jauhnya dan tidak berkutiknya camera saya bahkan sampai saya zoom in 250mm mentok njedog pol, saya tidak bisa menyentuh curb nya ataupun tepi lintasannya. Amsyiong pikir saya.  Tapi hikmahnya saya pun bisa melihat kemegahan dan keindahan sirkuit sepanjang  4.554 m atau 4.5 km  yang baru saja diresmikan pada 2014 yang lalu.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (326)Aspal dari sirkuit yang mempunyai 12 tikungan (clock wise), dengan 7 tikungan ke kanan, dan 5 tikungan ke kiri ini sangatlah super mulus. Ya semulus pahanya Tata Young. Lebar lintasannya pun mencapai 12 meter (lebih lebar Sentul 3 meter atau 15 meter)

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (358)Didalamnya juga terdapat flight pos yang berisi sekitar 2-3 marshal yang  gear dan equipment nya sudah standart FIA. Seperti seragam tahan api dan helm. Sekitar 2-4 traktor berada di dalam circuit untuk berjaga-jaga jika perlu mengevakuasi mobil dari lintasan. Dan ada beberapa mobil ambulance dan double cabin yang siaga  di beberapa titik jika terjadi insiden. Yang membuat saya senang adalah, disetiap pos terdapat toilet dan juga ice box yang berisi minumannya para marshal. Namun mereka pun malah menawarkan air mineral dingin tersebut kepada saya secara gratis, bahkan saya pun malah tidak sungkan-sungkan untuk minta lagi dipos lainnya. Dehidrasi dan kelelahan akibat cuaca yang panas dan olahraga mengelilingi sirkuit ini merupakan salah satu alasan kenapa profesi seperti kami ini sudah sepantasnya di hargai.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (216)Kelas Special AWD yang merupakan supporting race nya GT Asia pun sudah memulai racenya. Mobil-mobil AWD  atau All Wheel Drive sekelas Mitsubishi Lancer Evolution dan rivalnya tak lain tak bukan si Scoobie atau Subaru WRX STI meramaikan kelas ini.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (208)Senang rasanya bisa melihat  Evo sebanyak ini di dalam sirkuit saling dog fight di setiap tikungan dengan suara siulan turbo dan Anti Lag System yang saling bersautan. Kalo di Sentul setahu saya cuma ada 1 Evo CT9A yang dipiloti oleh Devin dari S Motorsport dan satu lagi Epo III dari Delta Garage.

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (220)Dan tak ketinggalan juga rival abadinya Evo yaitu STI. Tapi anehnya yang saya lihat disini banyak peserta yang menggunakan Evo daripada STI. STI nya pun generasi jadul atau pertama yaitu GC daripada GD ataupun GV atau GRB. Jika kita membandingkan siapakah yang memenangkan duel clash of titan 4 door sedan ini. Well masing-masing punya plus minus nya. Si STI menurut para perally yang merupakan tempat yang cocok untuk mengetes kesaktiannya karena musuh nya alam, STI lebih unggul soal handling atau sewaktu cornering (bahkan pada saat basah, STI rajanya akibat low center gravity mesin boxer, Symmetrical All Wheel Drive, dan DCCD nya atau Driver’s Control Centre Differential). Namun lemah di power atau akselerasi pada lintasan lurus. Salah satu Subaru terkencang pada hari race kali itu adalah Subaru WRX STI GC dari team Bendix Ultimate Singha P21 Racing Team. 1:57.629

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (227)Sebaliknya Evo cukup tampil superior ketika di lintasan lurus (performance), namun melempem disaat masuk di tikungan (tidak segrip STI). Makanya beberapa perusahan seperti Motec membuat program bernama MDC (Mitsubishi Diff Controller) supaya bisa mengalahkan AWD nya Subaru yang bernama DCCD atau Driver’s Control Centre Differential (alat yang dapat mendistribusikan torsi ke
differential depan dan belakang sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan, bisa mencapai 41 % depan dan 59 % belakang)

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (222)Dan akhirnya Bom Asavasangsidhi, pembalap dari team Mitsusport dengan Mitsubishi Lancer Evolution IX CT9A yang bertarung di Super AWD di class 1 berhasil keluar sebagai juara 1 atau finish terdepan dengan mencetak waktu tercepatnya 1:45.649 yang merupakan new record untuk Special AWD class

GT Asia Trip with Motul Indonesia 2016. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (347)Di part ke-2 nantinya, saya akan mengajak Anda melihat sengitnya pertarungan TCR Asia Series dan tentu saja GT Asia. Up next in part 2 guys. later

 

Sawadikap : Bangkok Trip With Motul Indonesia

 

GT Asia- Thailand trip powered by :

MOTUL INDONESIA

Motul Indonesia Fanpage

Motul Indonesia Instagram

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!