BACK TO THE FUTURE : THE ART OF GIIAS 2015

934

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (25)Beberapa hari yang lalu saya melihat timeline teman seprofesi senasib sepenanggungan saya alias sama-sama rekan media memphosting jika the most biggest motorshow di Indonesia akan segera dimulai, yaitu Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016. Saya yang membaca postingan itu pun langsung melotot dan menganga tanda kaget kalo saya punya file GIIAS 2015 yang masih bobo manis di dalam external hardisk saya. Saya pun langsung membongkar file nya, dan mencoba menghadirkan liputan tipis-tipis saya pada acara yang datang dan pulangnya saja butuh perjuangan extra keras karena jaraknya yang sangat jauh dan memakan waktu lama dari Jakarta Timur – BSD (Tangerang Selatan). Ditambah lagi sewaktu pulangnya saya stress berat karena menunggu 3 jam shuttle bus yang akan mengantarkan saya ke Jakarta Timur, dengan kata lain terancam tidak bisa pulang di tengah malam and in the middle of BSD city. Selamat menikmati photo natural yang saya abadikan dari Camera butut saya Canon 550D dengan pasangan cinta matinya berupa lens kit 18-55mm.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (57)Jika biasanya the biggest motorshow di adakan di kota Jakarta, tepatnya di JIEXpo daerah ex bandara udara Kemayoran Jakarta Utara. Maka pada kali ini GIIAS atau Gaikindo Indonesia International Auto Show diadakan di sebuah bangunan yang diberada diatas lahan seluas 222.000 meter persegi, yaitu ICE atau Indonesia Convention Exibition (ICE), Bumi serpong Damai, Tangerang Selatan. Bahkan ini adalah gedung exibition terluas di Asia

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (60)ICE memiliki 10 exhibition  hall seluas 50 ribu meter persegi, ditambah 50 ribu meter persegi area pameran di luar ruangan, satu convention hall seluas 4.000 meter persegi yang terbagi menjadi empat ruangan, 33 meeting room dan lobi seluas 7.500 meter persegi.Untuk urusan parkir, jangan kuatir karena  area parkir yang cukup luas, cukup untuk 3.000 mobil dan 1.600 motor. Yang perlu Anda pikirkan Adalah mencari tempat parkir yang kosong , dan kemudian jalan kaki menuju vanue nya.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (3)Setelah menempuh hampir sekitar 1 jam 30 menit naik shuttle bus dari Kota Kasablanka, Jakarta Timur. Tibalah saya di ICE, saya pun langsung disambut sebuah mobilnya Mas Boy “Catatan Si Boy” BMW E30 yang sudah diberikan sentuhan livery pop art berupa superhero made in Indonesia si  Otot kawat balung besi, Gatot Kaca. Just for your info duo pelukis Hariprast dan Tribawa yang berasal dari kota Bandung inilah yang melukis bukan memwrappingnya dengan sticker.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (10)Ow Waw…saya pun langsung terpesona alias amazing melihat rumah barunya GAIKINDO atau Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia setelah pisah ranjang atau bercerai dengan Dyandra (IIMS atau Indonesia Internationa Motor Show). Jadi karena GAIKINDO bisa dibilang sebagai club nya para ATPM atau APM maka tak heran, jika rumah barunya ini full house. Terhitung sekitar 27 merek kendaraan penumpang dan 7 merek kendaraan komersial yang menjadi anggota GAIKINDO ikut juga pindah rumah dari IIMS di JIEXPO ke GIIAS di ICE. Saya yang sehari sebelumnya datang ke IIMS di JIEXPO merasakan, bahwa inilah baru yang namanya Motorshow atau Autoshow.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (13)Di GIIAS juga lebih banyak menampilkan dan memperkenalkan concept car dari masing-masing pabrikan mobil, seperti Nissan dengan mobil ramah lingkungannya Nissan Esflow. Nissan Esflow merupakan sebuah prototype electric sport car concept yang dapat berakselerasi 0–100 km/jam hanya dalam tempo kurang dari 5 detik. Sementara itu, untuk kemampuan baterainya, mobil ini mampu menempuh jarak 240 km dalam sekali isi.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (14)Selain banyak concept car, di GIIAS juga banyak terdapat SPG atau model yang ikut pindah rumah dari IIMS di JIEXPO. Harus saya akui dulu sebelum GAIKINDO bercerai dengan Dyndra, IIMS merupakan tempat berkumpulnya SPG atau Model cantik dari seluruh Indonesia. Namun kini GIIAS menjadi rumah baru bagi model atau SPG mobil ini.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (4)Know your roots alias how’s your daddy? Unik juga cara pihak Toyota Astra Motor yang memajang mbahnya mobil paling ngehits dan the real mobil sejuta umatnya orang Indonesia yang ternyata nama Kijang itu kepanjangan dari Kerjasama Indonesia Jepang. Peluncuran perdana dari Toyota Kijang generasi pertama ini pada tahun 1975 dalam acara Pekan Raya Jakarta 1975 dengan disaksikan oleh Mantan Presiden RI, Soeharto, dan Mantan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin. Dan uniknya mobil yang mempunyai konsep pickup dengan bentuk kotak mendasar. Selain dijuluki Kijang Doyok, Kijang ini juga mendapatkan julukan yang rada flamboyan yaitu  “Kijang Buaya” karena tutup kap mesinnya yang dapat dibuka sampai ke samping. Kini Kijang sudah mencapai generasi ke-6 nya tampangnya sudah berubah total.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (70)Dari Nissan Esflow yang merupakan prototype electric sport car concept, kita beralih ke Toyota Mirai yang merupakan mobil yang berbahan bakar hydrogen. Nama Mirai sendiri dalam bahasa Jepang berarti masa depan.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (71)Mobil yang sudah dipasarkan di Eropa dan Amerika ini memakai teknologi Fuel Cell Hydrogen Vehicle (FCHV) yang merupakan teknologi yang lebih tinggi daripada teknologi hybrid yang digunakan pada Toyota Prius. Mesin penggerak Toyota Mirai adalah Fuel Cell Sytem yang merupakan gabungan teknologi fuel cell dan hybrid yang terbukti lebih efisien. Menggunakan bahan bakar hidrogen, Mirai benar-benar ramah lingkungan karena Mirai sama sekali tidak menghasilkan CO2 atau zero carbon emission. Daya jelajahnya pun cukup jauh, yaitu 650-700 Km untuk satu kali pengisian bahan bakar. Pengisian bahan bakar juga tidak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar 3-5 menit untuk mencapai full tank.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (5)Selain membawa Toyota Mirai, TAM juga membawa Toyota i-Road yang merupakan mobil single seat alias personal mobility berbahan bakar listrik yang dimana desainnya sendiri menggabungkan antara fungsi mobil dan motor. Toyota i-Road menggunakan penggerak mesin listrik yang menggunakan baterai Lithium ion yang mempunyai top speed hingga 60 km/jam. Sementara jarak tempuh dari zero emission car ini mencapai 50 km untuk satu kali pengisian baterai.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (6)Honda pun tak mau kalah gengsi dengan Toyota, bahkan kali ini PT. Honda Prospect Motor yang merupakan APM Honda di Indonesia, mendisplay mobil F1 McLaren Honda MP4-30.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (7)Adapaun maksud dan tujuan dari PT.HPM mendisplay McLaren Honda MP4-30 ini adalah sebagai penanda CLBK atau Cinta Lama Bersemi Kembalinya antara Honda dan McLaren setelah putus lama semenjak terakhir pacaran pada tahun 1992.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (8)Disamping itu tujuan utamanya adalah memberitahukan kembalinya Honda ke medan pertempuran jet darat Formula 1 setelah sempat absen dari tahun 2008 bersama team Super Aguri. Kali ini CLBK antara Honda dan McLaren menghasilkan mobil F1 bernama McLaren MP4-30 dengan dipersenjatai mesin Honda berkode RA615H 1.6 Lt V6 Turbo yang mampu menghasilkan hingga 1.200 bhp

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (15)Beralih ke pabrikan Daithatsu. Kita bisa melihat transformer ala mobil sejuta umat, yaitu New Daihatsu Xenia. Yang dimana body nya dibagi dalam 3 bagian, yaitu chasing, interior, dan kemudian Chassis yang bisa naik untuk terpisah, dan turun lagi untuk bersatu .

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (66)Lupakan soal si Transformer New Xenia, saya pun tertarik dengan MPV mungil yang bernama Daihatsu Wake. Dimana Mobil Kei Car dipersenjatai dengan mesin 3 cylinder 658cc DOHC VVT-I turbocharger. Namun sayangnya Anda Cuma di PHP saja oleh Daihatsu, karena Kei Car ini tidak dijual di Indonesia.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (18)Di booth Mitsubishi, pabrikan asal Jepang ini memajang duo mobil terbaru mereka yaitu Mitsubishi All New Triton yang merupakan double cabin yang cukup tangguh.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (17)Tak hanya mobil komersil atau standart yang dipajang oleh PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), yaitu Mitsubishi Mirage Rally Spec yang dipiloti oleh Perally Nasional Subhan Aksa yang berpasangan dengan co-driver Hade Mboi di kelas N-15 atau 1.500 cc. Walaupun ccnya tergolong kecil yaitu 1.200 cc dengan 3 cylinder 12 valve, namun Mirage oem nya bertenaga 77 HP ini mampu menjadi yang terdepan di kelas yang di ikuti oleh mobil bercc 1.500.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (63)PT. Grandauto Dinamika (GAD) yang bertindak sebagai  sole distributor of Jaguar Land Rover di Indonesia pun telah meluncurkan Land Rover Discovery Sport pada saat Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015. Namun yang mampu menarik perhatian saya bukanlah si mobil baru yang barusan saja dilaunching, tapi sebuah Land Rover Defender yang merupakan mobil impian saya untuk beroffroad ria. Namun sayangnya si Defender ini sudah tidak lagi diproduksi semenjak  Januari 2016 yang lalu.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (65)Sementara bagi pabrikan asal Amerika Serikat, Ford malah menampilkan The All New Ford Everest yang merupakan Everest generasi ke-3 dari semenjak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003 yang lalu. Ford pun mnawarkan 2 option All New Everest yaitu 2.2L Duratorq 4 silinder TDCI dengan tenaga sebesar 118 kW/385 Nm. Sementara untuk varian kedua, Ford menghadirkan New Everest dengan bekal mesin 3.2L Duratorq 5 silinder TDCI. Mesin ini memiliki tenaga lebih besar, yaitu 147 kW / 470 Nm. Dengan powerya yang besar mesin 3.2 sepertinya bisa digunakan untuk medan off-road bersama keluarga.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (64)Salah satu pabrikan asal Korea Selatan yaitu Hyundai melalui PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) menampilakn desain booth yang cukup futuristic pada bagian atapnya, yang dimana booth Hyundai sendiri menampilkan tema eXplore & eXperience Hyundai @GIIAS 2015’. Tak lupa juga mereka menampilkan Hyundai akan menampilkan 11 unit mobil, yaitu  Santa Fe, Tucson, H-1, Grand i10,  Grand Avega, dan special vehicle abulance high roof.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (23)Dan tibalah kita di booth favorit saya pada event GIIAS 2015 kali itu, yaitu Porsche. PT Eurokars Artha Utama, selaku importer resmi merek Porsche di Indonesia menghadirkan berbagai macam produk andalan mereka mulai dari SUV hingga sport car andalan mereka. Dan yang specialnya lagi ini adalah 1st debut mereka tampil di gelaran Autoshow terbesar di Indonesia ini.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (25)Namun bagi saya yang istimewa adalah mereka memajang si oldschool yang timeless sekali, yaitu Porsche 356 yang berjuluk  Speedster ini. Dimana saya sangat menganggumi mobil 2 door roadster ini

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (28)Apalagi di Speedster disandingkan dengan si speedmaker Porsche 911 GT3RS. Benar-benar 2 mobil idaman yang berada dalam 1  tempat, atau andaikan berada di garasi rumah saya.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (26)Porsche 991 GT3RS sendiri merupakan sportcar Porsche yang dipersenjatai dengan flat six engine 4.0 Lt yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 600 HP/460 Nw yang mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam tempo 3,3 detik. Harganya juga terbilang cukup kencang, yaitu minimal Rp. 2,6 Milyar.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (30)Disamping menampilkan Porsche 911 GT3RS, Porsche juga menampilkan si banana Porsche Cayman GT4 yang didalam engine bay nya di jejali dengan mesin  911 Carrera S 3.8 Lt flat six engine (boxer 6 silinder) bertenaga 385 hp. Dengan kemampuan yang dibawah 911 GT3RS , yaitu  0-100 km/jam lebih lambat 1 deik atau hanya  4,4 detik. Dan  top speednya mencapai 295 km/jam. Ba na na….

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (20)Tak mau kalah dengan Porsche, produsen minyak dan oli plat merah asah Indonesia, yaitu Pertamina juga memboyong supercar produksi pabrikan mobil asal Italia yang merupakan partner Pertamina di lintasan balap di seluruh belahan dunia, yaitu Lamborghini dengan Lamborghini Huracan GT3

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (21)Pertamina sendiri menjadi technical partner Automobili Lamborghini untuk kegiatan motorsport Lamborghini, yaitu 18 race Lamborghini Super Trofeo di Amerika, Eropa, dan Asia serta GT3 Series. Kerjasama ini mulai terjalin semenjak tahun 2015 yang lalu. Dimana setiap ajang balap yang dikuti tim Lamborghini Squadra Corse, Pertamina memasok kebutuhan pelumas Fastron Platinum, SAE 10W-60 dan bahan bakar Pertamax Racing untuk monster RWD 5.2 liter V10 602 hp/449 Kw seharga  369.000 Euro atau senilai Rp 5,2 miliar.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (22)General Motor Indonesia pun sampai-sampai memboyong sebuah sportcar lansiran Chevrolet yang beranama Corvette Stingray generasi  terbaru atau ke-7 semenjak pertama kali diperkenalkan ke hadapan publik di tahun 1953. Muscle car asal USA ini dipersenjatai dengan mesin V8 6.2 liter yang mampu memuntahkan tenaga sebesar  450 hp/ 620 Nm. 0-100 km/jam untuk mobil seharga Rp 8 miliar  yang mirip dengan Ferrari 458 atau 488 GT ini diklaim dibawah 4 detik.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (31)Dari dunia sportcar dan supercar yang penuh dengan horse power dimana mana, beralih kita ke dunia mobil yang penuh dengan stylish baik dari desain mobil dan juga brand image merek tersebut, yaitu Lexus. Bahkan demi mendapatkan soul atau taste dari brand Lexus yang elegan, mewah, dan stylish ini brand yang baru saja 1st debut di GIIAS ini mendesain boothnya dengan tampilan simple elegant namun tetap futuristik.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (62)Lexus pun tak ketinggalan memajang mobil konsep bernama  LF-SA yang merupakan singkatan dari Lexus Future-Small Adventure. Mobil konsep hybrid yang pertama kali diperkenalkan pada Maret 2015 lalu di Geneva International Motor Show ini mengadopsi teknologi automated driving (kemudi otomatis). Model itu memiliki panjang 3.450 mm, lebar 1.700 mm, dan tinggi 1.430 mm yang menjadikannya ultra-compact pertama dengan kursi 2+2 (dua penumpang utama dan 2 tambahan)

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (61)Lexus pun memberikan kesan yang mendalam untuk GIIAS 2015, yaitu menjadikan Indonesia sebagai Negara pertama di Asia Tenggara yang memperkenalkan RX generasi terbaru ini, yaitu The New Lexus RX yang merupakan generasi ke-4 dari keluarga RX semenjak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997.  Premium SUV seharga paling murah Rp.1,2 Milyar (New Lexus RX200 turbo), dan yang termahal New Lexus RX450 hybrid seharga Rp 1,8 miliar ini mendapatkan sentuhan trademark Lexus yaitu Spindle Grille yang membuat terlihat gagah dan powerful, namun tetap elegant. Mesin 8AR-FTS ini mampu menghasilkan 308 hp dengan sistem penggerak AWD. Dengan mesin hybrid yang dilengkapi dengan Ni-MH sebanyak 240 sel, Konsumsi bahan bakar RX450 Hybrid diklaim sebesar 5,7 liter per 100 km (perkotaan),  5,6 liter per 100 km (luar kota) , dan  5,7 liter per 100 km (lota dan luar kota)

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (35)Bukan hanya di New Lexus RX saja Spindle Grille di sematkan, termasuk juga pada concept car terbaru dari Lexus yang bernama Lexus LF-LC (Lexus Future-Luxury Coupe). Sport car berwarna merah yang bentuknya sangat futuristik ini menggunakan The Advance Lexus Hybrid Drive System, dan didukung teknologi Atkinson Cycle Combustion Engine dan Advance High-Energy Battery Pack, mesin yang dipasang di LF-LC diharapkan akan mampu mencapai kekuatan 438 HP. Harganya pun cukup besar seharga performance dan teknologi khas mobil concept atau hybrid terbaru, yaitu US$ 200 ribu atau setara dengan RP 2,76 miliar. Ya cukup murah untuk mobil yang menggunakan platform dari Lexus GS dan penyempurnaan dari model Lexus LFA ini. Lexus LFA sendiri harganya sudah amazing untuk ukuran sebuah supercar Jepang dan mengalahkan harga supercar Italia yaitu Rp 9 miliar. Perbandingannya di Jepang sana, LFA dijual dengan harga 37.5 juta yen atau sekitar Rp 3,903 miliar.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (36)Dari produsen mobil mewahnya Jepang, kita beralih ke produsen mobil mewahnya asal daratan Eropa. Yaitu ada Mercedes Benz dengan booth yang di desain dengan lantai dari kayu dan tak ketinggalan pula salah satu chiri khas booth pabrikan asal Jerman ini, yaitu dinding kisi kisi yang menjulang ke atas menjadi atap dengan memainkan warna warna untuk memberikan ambience khusus bagi booth bertema ‘Lamella’ dan sama persis  dengan booth Benz di Paris Motor Show Januari 2015 yang lalu.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (34)Aaaah..Ba na na. Lagi lagi Ba na na. Ini adalah Mercedes-Benz AMG GT S yang merupakan pengganti SLS AMG. Walaupun kita tidak menemukan lagi pintu gull wing yang menjadi cirri khas SLS AMG, namun supercar seharga Rp 4,7 miliar di persenjatai dengan mesin 4.000cc V8-biturbo 503 dk/torsi 649 Nm. Performancenya pun cukup kencang, yaitu 0-100 km/jam hanya dalam 3.7 detik. Sementara sang kakaknya SLS AMG  performancenya sama juga yaitu 3.7 detik. Ba na na….

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (39)Dari Ba na na nya Mercedes Benz, kita akan beralih ke Ba na na nya pabrikan tetangganya Benz, yaitu Audi. Di booth Audi pun terpampang salah satu Sport car made in Germany, yaitu All New Audi TT Coupe berkelir kuning ini. Audi TT generasi ke-3 ini benar-benar baru daripada kakaknya yang cendrung lebih bulat. Sportcar coupe seharga Rp 1,425 miliar ini tampilannya lebih ngotak pada bagian depannya, meskipun ke belakangnya hampir sama dengan versi 1 dan ke-2 nya. Namun untuk urusan dapur pacu pihak Audi mempersenjatainya dengan mesin 2.0 lt TFSI 4-silinder bertenaga 230 hp/370 Nm yang disambungkan ke transmisi 6-Speed Steptronic. Si Banana ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/h dalam 5.9 detik.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (46)Dari pabrikan Audi Jerman, kita menyebrang ke Inggris untuk menjadi Englishman in Jakarta, yaitu MINI. Dari semenjak saya pertama kali melihat event IIMS 2012, booth MINI adalah booth terbaik di event itu, dan selalu menjadi menjadi langganan juaranya untuk the best booth. Ya bisa di bilang boothnya ini tampilannya paling ngehits, paling swag, dan paling kekinian daripada booth-booth lainnya. Yang cenderung modern dinamis, namun agak kaku alias formal.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (47)Di booth MINI bisa dibilang seperti kita mengunjungi sebuah art gallery  atau galeri seni dengan desain  boothnya yang merupakan point of view nya, sementara sang mobil menjadi pelengkapnya saja. Jadi untuk menampilkan aura atau brand image si adik mobil mungilnya Mr. Bean ini, para team kreatif MINI harus membuat rumah untuk si MINI se eye catching dan se swag mungkin agar aura stylish nya keluar.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (42)Dari si swag MINI kita beralih ke tetangganya atau bapak tirinya, yaitu BMW. Dimana satu-satunya yang membuat saya menjadi bengek atau asma saya kumat adalah ketika melihat si Monte Carlo Blue M5 F10 Competition Edition yang merupakan last edition dari M5 generasi ke-5 ini. Ini adalah mobil idaman saya, dimana bentuknya besar, gagah, 4 door sedan, dan dipersenjatai dengan mesin V8 4.4 liter twin-turbonya dengan power sebesar 592 Hp/ 699 Nm yang juga mendapatkan upgrade pada peningkatan boost pressure dan ECU yang di remapping ulang sehingga mampu berakselerasi 0-100 Km/h dalam tempo 3.9 detik saja (M5 F10 lama 4.4 detik). Harganya di USA sana mencapai $ 130.000 US Dollar, kalo dirupiahkan mencapai Rp. 1.750 Milyar belum pajak dan tetek bengeknya.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (44)Tak lupa juga BMW menampilakn BMW  seri 3 terbaru yang mempunyai tampang baru dari semenjak pertama kali diluncurkan  semenjak 40 tahun yang lalu. BMW 340i M Sport Individual terbaru yang dikenalkan oleh BMW Group Indonesia ini bermesin bensin 3.000 cc dilengkapi dengan teknologi BMW TwinPower Turbo menggantikan pendahulunya BMW 335i. Tenaganya sendiri mencapai 326 dk. Selain mesin dan tampangnya yang berubah karena facelift, harganya juga ikut berubah menjadi eM eMan..yaitu Rp. 1,2 Milyar. Mungkin kalo mobilnya kasih tak sampai, tapi kalo carbon fiber M Power suitcase bisa di PDKT atau diperjuangkan dengan kerja keras, berdoa, dan menabung.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (45)Ataupun merchandise dari BMW Motorsport atau M power. Ini adalah mercendise incaran atau idaman saya yang belum pernah saya dapatkan dari saya liputan otomotif. Satu yang pasti harga merchandise ini seperti arti dari logo ///M yaitu Mahal.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (43)Namun ada yang unik disini, BMW pun menampilkan sisi sentimentil dari sisi taglinenya Joy of BMW dan The Joy of Driving dari para owner BMW yang identik disebut para Bimmer di salah satu dinding booth mereka. Yaitu menampilkan sketsa para bimmer dan mobil mereka lengkap dengan driving experience mereka. Salah satunya yang saya kenal adalah teman saya si Bimmer sejati Aria Ramadhan yang merupakan Mantan Juara Euro Touring Car Championship Euro 3000 Master 2014 yang lalu dengan BMW E36nya.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (53)Masuklah kita ke hall agak ujung dari ICE ini yang dimana di dalamnya di isi oleh genk nya Optimus Prime Autobot Transformer, yaitu truck. Biasanya genk Optimus Prime sewaktu pameran pasti selalu mendapat jatah tempat di luar, namun di GIIAS 9 merek Truck pun berhak tampil dan bersolek ala mobil komersil pada umumnya.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (51)Walaupun space 1 truck mungkin culup untuk display 2 mobil biasa karena bodynya yang segede gaban. Namun para produsen truck dari berbagai negara ini tetap mempercantik dan menata booth mereka layaknya pameran mobil biasa. Saya cuma penasaran proses loading mereka ini, karena yang jelas-jelas diesel power berserta bau semerbak wangi solar yang kental memenuhi ruangan ini.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (50)Walaupun truck identik dengan dunia cowok yang keras dan panas demi mencari sesuap nasi karena sifatnya yang heavy duty, namun para produsen truck-truck ini tak lupa juga menampilkan SPG atau model yang tak kalah cantik dengan para SPG di area mobil biasa. Mungkin mba satu ini bisa menginspirasi lukisan dan tulisan di bak belakang trucknya dengan judul “Senyummu Tangisku” dengan gambar wanita semlohai.

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (59)Yang menarik perhatian saya adalah truck racing dari produsen Iveco  asal Italia yang menampilkan Truck Iveco yang bertarung di ajang balapan atau reli paling ganas sedunia, yaitu Reli Dakar. Ini adalah replika Truck Iveco yang digunakan oleh pembalap  Pep Vila dari team Petronas De Rooy Iveco team dengan basic truck Iveco Trakker Evolution 3. Truck ini  mampu memuntahkan tenaga sebesar 840 hp/ 3600 Nm, sehingga berhasil mengantarkan si Gerard De Rooy  sebagai juara Dakar 2012 di kelas truck

GIIAS 2015.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (56)Well guys, itu tadi liputan flashback saya dari GIIAS 2015 yang kebetulan saja pada saat itu saya sedang berada di Jakarta dalam rangka transisi dari event Sentul Drag race menuju ISSOM yang dimana saya memanfaatkan jeda waktu tersebut untuk melihat autoshow terbaru dan terbesar di Indonesia yang memulai debutnya pertama kali di tempat baru yang cukup jauh dari kota Jakarta. Bahkan saya sendiri pulangnya molor dari jadwal keberangkatan shuttle bus yang dijadwalkan jam 10 malam (last trip untuk tujuan Kokas), yang akhirnya saya baru naik bis jam 12 malam akibat menunggu bis dari kokas yang terjebak macet di jalanan Jakarta.  Semoga saja GIIAS 2016 saya bisa kembali hadir untuk meliput event ini, mengingat saya tidak ada jadwal liputan ke Jakarta pada saat event ini berlangsung. Atau mungkin Anda mau mengundang saya. Just call me? maybe

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!