ISSOM RD.4 2016 : THE RACE MUST GO ON

1860

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (35)Setelah sempat terjadi tarik ulur mengenai jalannya seri ke-4 ISSOM pada seri ke-3 yang lalu atau sebelum masuk bulan puasa. Akhirnya seri ke-4 dari gelaran Indonesia Sentul Series of Motorsport 2016 kembali di gelar pada 30-31 Juli 2016 yang lalu di Sentul International Circuit, Bogor. Dan setelah banyak rumor yang beredar tentang simpang siur akan renovasi sirkuit ini, akhirnya diketahui bahwa sirkuit yang diresmikan pada tahun 1994 ini tidak jadi di renovasi. Alias golden ticket untuk menyelanggarakan event MotoGP 2017 batal karena ketidak siapan pihak Sentul untuk mempersiapkan tempatnya guna menyambut event MotoGP yang pernah diaadakan disana pada tahun 1996-1997.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (60)Jika Anda ingin tahu keadaan atau kondisi sirkuit Sentul terkini pasca penerbitan surat balasan  dari  Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports selaku pemegang license Moto GP kepada kepada Menpora Imam Nahrawi,  yang menyatakan batalnya MotoGP di Sentul. 2 bangunan berupa warehouse atau gudang dan tempat peristirahatan driver di belakang sirkuit atau samping area parking lot sudah diratakan. Rencananya memang di daerah ini akan menjadi tempat pelebaran atau renovasi tikungan S kecil sesuai dengan rancangan terbaru Sentul dari Herman Tillke.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (2)Akibat kesimpang siuran atau maju mundurnya tentang renovasi Sentul ini, berdapak pada sepinya peserta ISSOM rd.4 ini. Karena memang di awal tahun yang lalu, semua kegiatan Sentul berakhir sebelum bulan Ramadhan atau Puasa. Namun setelah lebaran pihak Sentul pun mengeluarkan edaran yang menandakan hidupnya kembali sirkuit ini untuk event motorsport mulai dari roda 2 dan 4, bahkan Sentul Drag Race dihidupkan kembali. Barisan banteng bernama Super Trofeo yang biasanya jumlahnya 5-6 pun kini turun drastis menjadi hanya 3 ekor saja.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (4)Porsche Carrera dari team Jakarta Ban Motorsport yang biasanya turun full team dengan 3 Porschenya, kini menyisakan Rudy SL di balik kemudi si flat six engine ini. Saingan dari Rudy SL mengerucut menjadi 1 orang, yaitu Sunny TS dengan Porsche Carrera nya juga. Membuat saya kangen melihat dan mendengar raungan serta dogfight nya ke-4 Porsche ini ditahun 2015 yang lalu.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (6)ISSOM atau Euro 3000 juga kehilangan salah satu pembalap terbaik dan fenomenalnya, yaitu Hendy Prabowo dari Forza Auto Racing Team yang BMW 1:43.xxx ini sold out alias terjual kepada JS Garage dengan Haridarma Manopo yang akan mengisi hot seat di dalam cockpit BMW E36 M3 ini.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (7)Warna dari BMW E36 tercepat di Sentul ini juga berubah warna dari black matte menjadi orange yang merupakan livery baru dari JS Garage Gilabalap Racing Team yang merupakan rumah barunya M. Ichsan dengan Honda Civic Genio nya. Sementara Hendy Prabowo sendiri yang sudah melego R35 GTR dan E36 M3 nya, kabarnya sedang sibuk dengan bisnis nya, hingga membuatnya harus cuti dari balap touring. Namun tenang saja dia rencananya akan kembali dengan toy machinenya yang baru, yaitu berupa Lamborghini Gallardo Super Trofeo. Dan menurut saya ini adalah mobil paling gila untuk urusan downforce alias hungry for grip.

AP SPEED ISSOM Rd.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (128)Walaupun sempat terjadi kesimpangsiuran Sentul akan ditutup, hingga membuat para pembalap harus gantung setir dan menghentikan proyek mobil balapnya. Namun beberapa team atau pembalap tetap on schedule dalam menciptakan monster dog fight terbaru. Seperti AP Speed yang akhirnya memperkenalkan senjata terbarunya di kelas STC 1600 yaitu Honda Civic EG6 bermesin B16  (250 hp) yang akan dipiloti oleh pembalap HJSC dan ITCC AP Speed, yaitu Rian Risky. Yang perlu Anda ketahui ini adalah mobil hadiah ulang tahunnya yang baru saja dia liat wujudnya sewaktu QTT day.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (99)Dari EG6 milik Rian Risky, kita beralih ke new kids on the block terbaru di ISSOM rd.4 ini. Dimana ada Honda Integra DC5 Type R milik Radityo Mahendra dari team Asco Motorsport yang akan memulai debut perdananya di ISSOM STC 2100, dimana dia akan dog fight dengan Honda Civic lainnya.

TTI TRD is back.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (5)Namun dari beberapa new kids on the block yang memulai 1st debutnya di ISSOM rd.4 ini, ada satu team yang merupakan lagu lama kaset baru nya team pabrikan di scene motorsport Indonesia, yaitu TTI atau Toyota Team Indonesia yang akhirnya hidup lagi setelah 8 tahun absen dari balap touring Sentul dengan Toyota All New Yaris nya.

TTI TRD is back.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (15)TTI  akan di back up langsung oleh TRD Jepang (Toyota Racing Development) dengan dipersiapkan oleh Asco Motorsport jakarta.

TTI TRD is back.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (14)Dan yang akan mengisi hot seat di dalam cockpit Toyota All New Yaris TTI itu adalah pembalap nasional Hari Darma Manoppo. Selain Hari Darma yang akan tampil pada seri ke-4 ISSOM, TTI juga tengah menyiapkan kandidat pembalap andalan lainnya yaitu, Alinka untuk turun di ajang balap touring nantinya.  Namun, untuk kelas yang diikuti dan mobil yang akan digunakan Alinka Hardianti masih dalam persiapan

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu SulistyoDan di pagi hari itu yang masih tampak fresh dan kinyis-kinyis untuk dibuat menu breakfast bagi para pembalap yang lapar akan grip dan haus akan best time bahkan fastest lap, ada Achilles Radial ATR K-Sport yang mempunyai tread wear 140 atau semi slick. Achilles Radial ATR K-Sport dan 123S sendiri menjadi official tire supplier untuk balap ETCC di Euro 2000 dan Euro 3000.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (44)Race pada hari Minggu, 31 Juli 2016 itu dimulai dengan balapan one make race Mercedes Benz Club Indonesia Championship

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (71)Tomi Hadi dari Gazpoll Racing Team dengan mobil MB W202 nya harus puas finish di posisi ke-9 dengan best timenya 1:58.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (101)Masuk ke ETCC Euro 2000 dimana  sebanyak 17 pembalap yang semuanya menggunakan mobil dari pabrikan Eropa sekelas BMW, Mercedes Benz, dan Peugeot bertarung untuk menjadi yang tercepat di balapan yang menggunakan one make tires race, yaitu Achilles Radial ATR-K Sport, 123S, dan ATR Sport 2.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (100)Saya pun mendapatkan oleh-oleh dari Posma Panggabean ABM Motorsport berupa sticker salah satu sirkuit impian saya untuk dikunjungi dan meliput, yaitu Nurburgring a.k.a the green hell yang terletak di Jerman. Maklum saja juragan bengkel PAG ini baru pulang liburan Euro Trip. Thank you.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (102)Well, jika Anda mencari orang yang anti social club. Mungkin Anda bisa berkenalan dengan Ramadhan dari AHT Garage dengan Stilo helmetnya yang Anti Social Club.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (104)Sayangnya Ramadhan dengan BMW E36 nya harus puas finish di posisi ke-9 (umum), dan ke-4 di kelas master

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (86)Sementara Posma Panggabean dengan BMW E90 BTCC nya finish di posisi ke-10 (umum), dan ke-4 di kelas Pro.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (108)Salah satu yang saya benci dan sukai dari memphoto jalannya race di pagi hari adalah arah pantulan cahaya matahari yang backlight atau menyinari kita dari depan, hingga mau tidak mau objek photo kita menjadi under atau gelap, karena saya membuat langitnya ikut gelap. Ya sudah ssekalian saja saya bikin gelap semuanya. Gitu aja kok repot.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (109)Dogfight atau pertarungan hebat di kelas ETCC Euro 2000 pada hari itu terjadi antara Benny Santoso dari team Sigma Speed dengan BMW E36 nya melawan Denny Rommel dari team Bar Speed dengan BMW E30 nya. Beberapa kali 2 pembalap ini saling salip menyalip bergantian posisi 1, namun akhirnya Benny pun berhasil finish 1, sementara Denny pun tercecer diposisi ke-3 setelah disalip oleh Ahmad Fadil dari team Jakarta Ban Motorsport dengan Mercedes Benz nya yang finish ke-2 dibelakang Benny Santoso.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (127)Sang Mr. Perfecto alia raja kuliner dan bolang Baim FH dari team Bening Motorsport pun kembali ke ISSOM rd.4 dengan helm Arai barunya. Pembalap yang merupakan customer Speed Factory USA ini hadir dengan helm Arai yang diberikan sentuhan livery baru yang berupa perpaduan warna hitam, emas, dan putih. Next event saya akan memphoto helm garapan Caprin Racing Surabaya ini lebih detil lagi.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (97)Hanya di kelas Honda Jazz Speed Challenge dan Honda Brio Speed Challenge lah yang memberikan penghormatan dan penghargaan kepada mantan maestro scrutineering Sentul atau Indonesia, yaitu Bambang “Kancil” Wiryawan yang tutup usia pada hari Minggu, 26 Juni 2016. Dan untuk menghormati dan mengenang beliau, panitia dari HJSC dan HBSC membagikan sticker untuk ditempel dikaca belakang

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (111)Dan juga pita hitam yang di ikatkan di lengan para pembalap sebagai tanda ikut berbela sungkawa atas meninggalnya maestro scrutineering Indonesia yang juga arek Suroboyo itu.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (112)Meet the Super Trofeo guys yang mungkin dalam tugas penyamaran atau double agent di kelas HJSC. Dia adalah Andrew Haryanto pembalap dari team Honda Bandung Center Racing Team yang baru saja memenangkan dan mengibarkan bendera merah putih di atas podium 1 di AM Class (race 1 dan race 2)  pada balapan Lamborghini  Super Trofeo Asia yang diadakan di Chang International Circuit, Buriram Thailand pada akhir bulan Juli yang lalu sebelum ISSOM seri 4 diadakan.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (115)Mungkin karena terbawa mempiloti sebuah RWD Lamborghini Huracan yang cenderung over steer, Andrew pun tampak bersideways atau drifting ria ketika memasuki tikungan S besar di awal-awal lap HJSC. Andrew sendiri tampak flat out untuk mengejar ketertinggalannya dari barisan depan yang disi oleh Rio SB dan rekan satu teamnya Fitra Eri. Akhirnya Andrew pun berhasil finish ke-3 dan naik ke podium ke-3 di HJSC pro class.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (119)Ngomong-ngomong soal drifting atau sideways di arena balap touring. Saya pun menemukan rahasia atau dirty little secret nya mengapa duo pro drifter Indonesia sekelas Amandio dan Rio SB bisa begitu cepatnya di lintasan ini. Rahasinya ya ini? Menarik handbrake ketika akan memasuki tikungan, lalu kemudian sedikit membuang pantat, dan mengcounter steer. Lalu tampol gasnya sesuka hati. Saya sudah memergoki 2 kali teknik ini dipakai oleh Amandio dan Rio SB yang notabene pro drifter Indonesia. Hasilnya Rio pun keluar sebagai juara 1 HJSC pro class.

AP SPEED ISSOM Rd.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (250)Dan sepertinya ini adalah debut perdana yang kurang memuaskan untuk Rian Risky dari team AP Speed dengan mobil barunya GK5. Dimana performance dari mobil barunya ini tidak bisa bisa mnegantarkannya bersaing di barisan depan lagi seperti pada saat dia menggunakan GE8. Problemnya adalah tenaga atau power terasa kosong ketika diatas rpm 5000 (gigi ke-3), sehingga Rian pun keteteran di barisan tengah, dan harus dogfight dengan para Brio. Rian pun harus puas finish di possi ke-13 (umum), dan ke-5 promotion class. Sementara di ITCC atau Indonesia Touring Car Championship, arek Suroboyo ini harus puas finish di posisi ke-12  dengan best time nya 1:59 (GE8 1:57)

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (53)Pembalap asal pulau Madura H. Machfud (#30) dari team Jakarta Racing.com pun mengalami kendala yang sama dengan Rian Risky Brio 1200. Performancenya pun turun sehingga membuatnya terlempar di barisan belakang, dan membuatnya harus finish di urutan ke-26 (umum) atau ke-7 Brio 1200

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (62)Nasib nahas menimpa Ferry Yanto dari team Gazpoll Racing Team yang menabrak beton pembatas di R1 sewaktu QTT. Di hari berikutnya atau race day, Ferry pun harus puas mengakhiri lombanya dengan titel D.N.F atau Did Not Finish.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (68)Satu persatu sepertinya Honda Brio 1200 atau 1300 diswap menjadi mesin perang STC 1600, dimana peraturannya memperbolehkan engine swap dengan mesin max 1.600 cc. Salah satunya adalah Irvan R dari team Hikari Garage dengan Honda Brio yang sudah di swap engine dengan mesin L15 milik Honda Jazz. Brio yang baru menjalani debut perdananya di STC 2 (1600-Retro) ini harus puas finish di posisi ke-10 (umum) atau ke-5 STC 1600 dengan best timenya 1:59.804, dan top speed nya 119.1 km/h

AP SPEED ISSOM Rd.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (217)Masih di STC 1600 terjadi pertarungan sengit atau dog fight antara Fino Saksono dari team GT Radial Selvis dengan Toyota Vios nya melawan pendatang baru di STC 1600 yaitu Rian Risky dengan mobil barunya Honda Civic EG6 bermesin B16. Terhitung mulai dari awal lap hingga pertengahan lap 2 pembalap berbeda kelas saling menempel. Rian yang merupakan pembalap pemula ini sempat membuat Fino kerepotan. Namun sayangnya pertarungan ke-2 pembalap  harus berakhir, dimana performance Vios Fino menurun akibat overheat. Hingga memaksa Fino finish dengan title D.N.F alias Did Not Finish akibat harus masuk ke dalam pit (best timenya 1:55.182)

AP SPEED ISSOM Rd.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (113)Sementara Rian Risky yang mempiloti “happy b’day EG6” nya ini, finish diurutan ke-5 akibat masalah pada mesin B16 nya yang mengalami over heat hingga membuatnya harus menjaga ritme mesin agar tidak terlalu di paksakan. Rian yang baru tahu kalo mobil ini adalah kado surprise ulang tahunnya dan baru pertama kali naik EG6 sehari sebelum race (QTT), berhasil membukukan best timenya 1:53.635, dan berhasil naik ke atas podium ke-3 STC 1600 di 1st debutnya bersama EG6 nya.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (37)Sementara  Alvin Bahar dari team Honda Racing Indonesia harus puas  finish di urutan 2 (umum), setelah kalah berduel dengan Ahmad Fadillah Alam dari team Jakarta Ban Motorsport dengan Mercedes Benz 190 nya. Sementara di STC 1600 Alvin finish di urutan 1 dengan best timenya 1:52.295

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (124)Dimas Dwi Sembodo dengan Toyota Corolla KE70 atau DX nya harus puas finish diurutan ke-8 (umum) dan ke-4 STC 2 Retro dengan best timenya 1:54.499

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (58)Masuklah kita di kelas SCC atau Super Car Championship dimana ada Jimmy Lukita dari team ABM Motorsport dengan Ferrari F430 nya yang berhasil finish di urutan ke-3 dengan best timenya 1:40.382

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (23)The one and only Evo yang bertarung di ISSOM, yaitu Dominic Devin dari team S Motorsport dengan Mitsubishi Lancer Evolution IX CT9A tampaknya harus merubah Evonya menjadi time attack car untuk bisa mengejar pasukan kuda jingkrak dan banteng di depannya. Devin pun finish di urutan ke-5 dengan best timenya 1:47.028

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (35)ISSOM pun di ikuti salah satu pembalap Asia Formula Renault 2.0 (AFR), yaitu Darma Mangkuluhur Hutomo. Darma yang tergabung dalam Humpuss Junior Racing Team mengendarai sebuah Lamborghini Gallardo Super Trofeo  pada ISSOM seri ke-4 ini. Namun sayangnya Darma  pun mengalami insiden masuk ke dalam gravel pada saat QTT, hingga membuatnya tidak bisa mengikuti race day ke esokkan harinya.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (148)Masuk ke medan perang mobil-mobil Eropa atau European Touring Car Championship atau ETCC dimana mobil dari pabrikan BMW mengusai jalannya balapan. Di Euro 3000 Master Podium 1 diraih oleh Silas Adrianto (ABM Motorsport), Podium ke-2 Suraj R Mukhi (D’Spec Motorsport), Podium ke-3 Posma Panggabean (ABM Motorsport), dan podium ke- IV Gerry Nasution (BMW Team Astra)

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (151)Di Euro 3000 Pro. Haridarma Manopo dari team JS Garage Gila Balap Racing Team dengan BMW E36 M3 ex Hendy Prabowo langsung tancap gas naik ke atas podium 1 di debut perdannya dengan pembalap barunya. Sementara di  Podium ke-2 ada  Sunny TS dengan Porsche Carrera nya,  Podium ke-3 Benny Santoso dari team Sigma Speed (BMW E46 M3),  Podium ke-4 Wing Bharoto dari team Jakarta Ban Motorsport (BMW E36 M3), dan akhirnya di Podium ke-5 ada  Rudy SL dari team Jakarta Ban Motorsport dengan Porsche Carrera nya.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (132)Di Indonesia Touring Car Championship atau ITCC dimana pasukan bermobil Honda Jazz GK5 merajai kelas ini atau ITCC 1600, Haridarma Manopo dari Toyota Team Indonesia atau TTI dengan Toyota Yaris nya berusaha membendung pabrikan Honda ini. Namun sayangnya Alvin Bahar dari team Honda Racing Indonesia yang start dari grid ke-17 langsung flat out mengambil P1 yang sebelumnya ditempati oleh Fitra Eri. Alvin pun finish terdepan

TTI TRD is back.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (22)Sementara Hari Darma Manopo yang start dari grid ke-3, memulai debutnya dengan sangat baik bersama TTI dengan berhasil mempersembahkan kado yang cukup special bagi team pabrikan Toyota ini setelah tidur panjangnya selama 8 tahun dari dunia balap touring Indonesia, yaitu podium ke-2 di ITCC.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (94)Baru kali ini saya liputan dan keliling Sentul bersama dengan boneka Teddy Bear yang saya namakan Chicha. Dia tampaknya suka sekali nonton balap touring langsung dari tepi lintasan. Thank you TTI for the TRD Teddy Bear.

AP SPEED ISSOM Rd.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (14)Di ITCC 1200 H.M Kurdi tampil begitu perkasa setelah di Honda Brio Speed Challenge atau Brio 1200 gagal finish atau D.N.F setelah harus out dari race setelah mobilnya ditabrak oleh peserta lainnya. Jikur pun berhasil finish terdepan atau pertama di ITCC 1200

AP SPEED ISSOM Rd.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (276)Bahkan saking optimisnya untuk bisa naik podium di seri ke-4 ini, pembalap asal pulau Madura ini membawa jersey club sepakbola andalan pulau Madura, yaitu MU. Bukan Manchester United tapi Madura United untuk dipakainya ketika naik ke podium 1 ITCC 1200. Sayangnya di HBSC dia tidak bisa memakai jersey ini.

AP SPEED ISSOM Rd.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (278)Jersey MU ini pun lengkap dengan bercorak khas Madura berupa sakera atau garis-garis merah putih dengan gambar Sapi atau Banteng dengan jargon Settong dere yang berarti satu darah.

AP SPEED ISSOM Rd.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (293)Dari ITCC  kita beralih ke STC atau Super Touring Car dimana sebanyak 30 pembalap yang terdiri dari 6 kelas didalamnya (STC 3500, BMW 3500, STC 2100, Peugeot STC 2100,  BMW STC 2100 dan Mercedes Benz STC 3500) berebut menjadi yang tercepat. Dan yang mejadi yang tercepat di QTT atau peraih pole position atau P1 pada seri ke-4 kali ini, yaitu M. Herdy dari team AP Speed dengan Honda Civic EG6 nya yang berhasil membukukan waktu 1:55.641 pada saat QTT kemaren. Di grid ke-2 ada Dodi Saputra dari team ABM Motorsport dengan BMW E46 M3 nya.

AP SPEED ISSOM Rd.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (294)Duel antara mesin vtec dan vanos pun terjadi di race yang berlangsung selama 10 lap itu. Dimana 2 Honda Civic EG  4 cylinder 1.800 cc di kepung oleh pasukan BMW yang menggunakan mesin inline-6  3.200 cc

AP SPEED ISSOM Rd.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (298)Namun setelah pertarungan selama 10 lap, akhirnya seleksi alam pun terjadi. 2 mobil dibarisan terdepan yang memisahkan diri dari rombongan ke-2 pun terlibat pertarungan cukup sengit, yaitu antara Dodi Saputra dengan BMW E46 M3 nya melawan M. Herdy dengan EG6 nya. Herdy yang kalah cc dan power pun terpaksa harus merelakan P1 nya direbut lagi oleh pembalap ABM Motorsport ini. Dodi pun finish 1 dengan best timenya 1:45.552

AP SPEED ISSOM Rd.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (303)Sementara M. Herdy pun harus puas finish ke-2 dibelakang Dodi Saputra (podium ke-2 STC Open), namun dia berhasil finish 1 di kelasnya yaitu STC 2100 (podium 1 STC 2100). Yang membuatnya berhasil 3 kali berturut-turut naik keatas podium 1 STC 2100 dan memimpin dalam perolehan total point di kelas STC 2100 dari rivalnya M. Ichsan. Pembalap yang di support oleh Achilles Radial, Motul, Perfections Window Film, Perfourm.com.dan AP Speed ini mendapatkan best time sewaktu race 1:46.037. Sementara yang hebohnya EG6 bertenaga 310 HP ini berhasil mencetak rekor baru, sebagai the fastest Honda Civic di Indonesia sewaktu melakukan official practice day ISSOM di hari Jum’at,29 Juli 2016. M. Herdy yang menggunakan Achilles Radial ATR K-Sport (140 Treadwear) dan Motul 300V 5W-40 berhasil mencetak waktu 1:44.938 (top speed 136.0 km/h) dengan menggunakan ban semi slick dan mesin B18 (1800 cc). Rekor The Fastest Honda di Indonesia sendiri masih  dipegang oleh Alvin Bahar dari Honda Racing Indonesia  dengan waktu 1:42.9 (qtt) dan 1:43.3 sewakru race  dengan Honda Integra Type R DC5 dengan mesin K20 (2.000cc) dan ban Advan Neova .Herdy pun kini memimpin perolehan point di kelas STC 2100 dengan total pointnya 61, yang hanya beda 9 point dari peringkat ke-2 STC 2100 yaitu M. Ichsan

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (91)Sementara M. Ichsan sendiri yang pada race kali ini start dari grid ke-4 (1:48.429),  Honda Civic Genionya harus puas finish diposisi ke-3 di belakang M. Herdy. Ichsan pun naik ke atas podium ke-3 di STC Open, dan ke-2 di STC 2100 dengan best timeya 1:46.785

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (80)New Kids On The Block di ISSOM atau STC 2100, yaitu Radityo Mahendra dari team Asco Motorsport dengan Honda Integra DC5 Type R. Harus puas finish di urutan ke-9 (umum). Namun Radityo bisa dibilang orang yang cukup bejo atau beruntung. Walaupun dia finish ke-9 umum, namun dia bisa naik ke atas podium ke-3 di STC 2100. Best time dari Radityo dengan DC5 nya adalah 1:53.652

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (40)Pembalap senior Gerry Nasution dari BMW Team Astra dengan BMW E36 M3 nya berhasil finish diurutan ke-7 (umum). Founder BMWCCI (BMW Car Club Indonesia) ini berhasil naik ke atas podium ke-3 di kelas STC 3500 dan BMW STC 3500 dengan best timenya 1:51.214

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (153)Di kelas STC Peugeot 2100, Irvin Patmadiwira dari team yang menurut saya paling PeDe dan ganteng sendiri alias GRT atau Ganteng Racing Team dengan Peugeot 360 STI terpaksa harus puas finish di urutan ke-21 (umum) dan ke-4 di kelas STC Peugeot 2100. Irvin pun membukukan best timenya 2:00.072

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (90)Nasib nahas menimpa Constantin Telawang dari team ABM Motorsport. BMW E36 yang sekiranya akan digunakan untuk race di kelas BMW STC 2100, menabrak tembok pembatas di R2 pada waktu QTT (Sabtu, 30 Juli 2016). Sehingga memaksanya untuk D.N.S atau Did Not Start dari race Euro 2000 dan BMW STC 2100.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (156)Ada saatnya untuk put the rpm down dan merayakan kemenangan di podium dengan victory jump. STC atau Super Touring Car yang rata-rata pembalapnya di dominasi oleh pembalap muda ini, mempunyai cara tersendiri untuk meraayakan kemenangan podium mereka dengan cara victory jump. Bahkan pembalap senior yang lebih cocok dipanggil eyang Gerry Nasution ini diajak lompat-lompat oleh Dodi dan Silas di podium STC 3500 dan BMW STC 3500.

AP SPEED ISSOM Rd.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (313)Termasuk juga para pemenang STC 2100 dimana M. Herdy, M. Ichsan, dan Radityo merayan podium kemenangna  mereka dengan victory jump

AP SPEED ISSOM Rd.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (316)Ingin yang lebih dari sekedar perayaan kemenangan podium dengan cara victory podium? Well jika champagne  sudah terlalu mainstream, lalu bagaimana jika champagne itu diganti dengan air ledeng dan radiator coolent. Dan orang yang beruntung mendapatkan selebrasi kemenangan ala F1 itu adalah M. Herdy dari team B16 AP Speed. There goes my Motul 300V cap…basah.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (155)Ada satu kelas ya yang menurut saya kurang mendapatkan publikasi, yaitu Old School Racing Championship. Dimana di kelas ini di ikuti oleh mobil yang paling muda lahir ditahun 1978, dengan mesin standart bawaan pabrik yang boleh di modif. Di sini Anda bisa melihat mobil jadul bin klassik sekelas Mercedes Benz W108 (1972)  yang dipersenjatai dengan mesin inline-six 2.500 cc yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 130 bhp meraung-raung di tengah lintasan.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (157)Atau mungkin sebuah Datsun Sunny B10 (1969) yang kalo di Indonesia dikenal dengan nama Datsun Curut atau Datsun Tikus. Mungkin dinamakan Datsun Curut karena tampangnya mirip dengan curut atau tikus dalam bahasa Jawa. Datsun Curut yang dipersenjatai dengan mesin 988cc 4 cylinder yang orinya mampu muntahkan tenaga sebesar 66 hp ini dipiloti oleh Indra Sarjono atau Papito dari Gazpoll Racing Team. Papito dan Datsun Curut inipun berhasil keluar sebagai juara 1 di kelas OSRC 1300 padahal dia start dari grid paling belakang. Mungkin saking pelannya si curut ini di straight 900 m nya Sentul, Pipito sempat sempat nya dada-dada kepada para penonton dan media yang berada di pit wall. Old but Cool.

ISSOM RD.4 2016.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (21)See ya on  round 5 guys..

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!