JOYO MANDIRI MEET UP 2016 WITH BRIZZI

1718

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-50 Beberapa minggu yang lalu, tepatnya pada hari Minggu, 29 Oktober 2016 yang lalu saya diundang oleh panitia BMWCCI Surabaya Chapter untuk mengahdiri acara Joyo Mandiri Meet Up 2016 with BRIZZI di lapangan parkir Universitas Pembangunan Nasional Surabaya.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-42Terakhir kali saya datang dan meliput bimmer party adalah 100 thn nya BMW yang diadakan di bumi perkemahan Cibubur di bulan Maret yang lalu.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-2Saya sempat agak bingung dengan kata Joyo Mandiri pada judul acara meet ini, apakah ini nama sponsor utama yang semacam perusahaan transportasi atau pun malah rumah makan Jawa. Ternyata setelah saya bertanya kepada ketua panitia nya, Joyo Mandiri adalah Kumpulam chapter-chapter yang tergabung dari BMWCCI yang ruang lingkupnya berada di daerah Jawa Timur

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-7Joyo Mandiri sendiri merupakan singkatan dari Sidoarjo Suroboyo Malang Madiun dan Kediri. Dan acara meet up sendiri ini merupakan agenda tahunan yang diadakan untuk mempererat persaudaraan antara chapter-chapter yang tergabung di dalam Joyo Mandiri itu sendiri.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-43Dan untuk tahun 2016 ini BMWCCI Surabaya Chapter menjadi tuan rumah. BMWCCI Surabaya Chapter sendiri sudah berdiri semenjak tahun 2010 dengan jumlah anggota nya sekitar 80 member yang aktif.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-11“Kita ingin menunjukkan bahwa komunitas-komunitas otomotif ini terutama BMWCCI khususnya chapter Joyo Mandiri ini perduli akan lingkungan karena kita juga merasa ikut memberikan andil polusi udara. Jadi kita termotivasi untuk ikut peduli memberikan udara bersih dengan cara mengadakan acara menamam pohon atau penghijauan di lingkungan surabaya, dengan cara yang menyenangkan seperti car meet dan lain-lain” Terang Dicky Soelistyo ketua panitia dari Joyo Mandiri Meet Up 2016 with Brizzi

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-21Pada acara Joyo mandiri Meet Up 2016 with BRIZZI juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Surabaya, Wisnu Sakti Buana yang memberikan supportnya bagi gerakan penghijauan yang dilakukan oleh BMWCCI yang tergabung dalam chapter Joyo Mandiri. Bahkan sang Wawali mengatakan club otomotif atau komunitas di Surabaya termasuk yang paling anteng atau tenang dibandingkan dengan club atau komunitas otomotif dikota lainnya, atau geng motor yang meresahkan masyarakat. Oleh karena itu dia sangat mengapresiasi kegiatan positif ini.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-19Selain dihadiri oleh Wakil Walikota, Joyo Mandiri Meet Up 2016 with Brizzi ini di hadiri dan di support juga oleh perwakilan dari Bank BRI, Perhutani, UPN, dan Satlantas Polwiltabes Surabaya.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-20Acarapun dilanjutkan dengan penanaman bibit-bibit pohon di area kampus Universitas Pembangunan Nasional Surabaya yang dilakukan oleh para anggota BMWCCI dan juga para undangan.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-18Tak lupa juga mereka mengadakan acara bakti sosial berupa memberikan santunan kepada anak-anak panti asuhan

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-28Setelah acara utama selesai yaitu penanaman bibit pohon dan juga penyerahan sumbangan kepada anak-anak panti asuhan, acara pun dilanjutkan dengan lomba fun drag race yang berupa drag race mendorong mobil BMW E36 ke  garis finish. Siapa yang finish duluan dialah yang keluar sebagai pemenang.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-29Keluar sebagai pemenang lomba dorong mobil BMW adalah, juara 1 diraih oleh Brotherhood Jember, juara ke-2 BMWCCI Kediri Chapter, dan akhirnya juara ke-3 E30 register

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-32Selain para anggota BMWCCI yang tergabung dalam Joyo Mandiri atau Sidoarjo, Suroboyo, Malang, dan Kediri Chapter . Acara Meet UP kali ini juga dihadiri oleh para anggota dari chapter-chapter kota lainnya, seperti Purwokerto, Bandung, Semarang, Solo, dan beberapa club di luar BMWCCI

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-6Lovely cap..M Power.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-23Sekitar 90 mobil BMW dari berbagai generasi, mau muda dan tua, standard dan modifikasi semuanya memenuhi area parkir UPN. Saya sendiri baru kali ini melihat BMW sebanyak ini ngumpul di kota Surabaya.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-9Mulai dari BMW seri 5 generasi ke-2, yaitu BMW E28 yang 100 % OEM. Yang dimana versi M5 nya berhasil menjadi The fastest production sedan in the world (1984)

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-37Lalu ada generasi ke-4nya  yaitu BMW E39 pun terlihat di acara ini, mulai dari yang OEM dan sudah di modifikasi. Seperti E39 berwarna hitam ini yang sudah dimodifikasi dengan aliran single tuner Breyton mulai dari body kit hingga rimsnya Breyton Magic

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-40Lalu ada seri ke-3 generasi ke-3, yaitu BMW E36. Sebagai Bimmer di BMWCCI atau pun di luar BMWCCI Anda bisa memilih style atau aliran yang Anda inginkan pada BMW Anda. Jika Anda ingin tampil lebih eye catching, mungkin Anda bisa meniru style ala safety car nya BMW di Moto GP lengkap dengan liverynya. Atau jika Anda ingin terlihat kalem atau gadun, Anda bisa ganti rims saja dan biarkan aura sporty elegant nya keluar dengan sendirinya.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-4Bagi para Bimmer banyak cara untuk membuat BMW Anda semakin terlihat gadun atau mewah. Bisa dengan cara easy way or the hard and expensive way. Easy way, yaitu Anda bisa membeli fake atau replika, dan the hardest or the expensive way, Anda bisa membeli barang dari tuner BMW seperti Alpina, Breyton, Hamann, AC Schnitzer, Hartge, atau mungkin in house tuner nya M Power. Hasilnya, seperti yang And alihat sendiri sebuah E36 yang tampak manis antara M3 bodykit yang bersanding dengan Alpina rims.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-24Atau Anda ingin sedikit wild, young, and dangerous. Anda bisa merubah E36 Anda dari 4 door sedan menjadi sedan pickup 2 pintu lengkap dengan gullwing ala Lamborghini.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-25Beberapa orang jatuh cinta setengah mati dengan brand BMW hingga semuanya harus berbau BMW, termasuk juga mobil transpoternya untuk mengangkut atau menggendong motor BMW nya kemana-mana. Dan yang menjadi korbannya adalah sebuah BMW E36 yang dirubah menjadi pick up demi menjadi mobil transpoter motor BMW klasik kesayanganya. Well, that’s cool.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-10Agak lebih muda lagi ada sang adik dari BWM E36, yaitu BMW E46 yang kali ini udah dimodif dengan tampilan ala driftcar engkap dengan M3 body kit, turbo engine, dan rims besar dengan eye catching color.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-38Tapi bagi saya yang menjadi BMW iconic adalah dirthy thirty alias E30. Jika Anda merupakan anak kelahiran 60,70, dan 80’an. Anda akan mengenal mobil ini dengan sebutan BMW nya Mas Boy atau mobilnya Mas Boy yang merupakan mobil tunggangan sang tokoh utama Boy dalam film layar lebar paling hits dan gaul di tahun akhir 80’an dan di awal 90’an.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-39Dalam hal motorsport, BMW juga mengalami golden eranya di arena balap mobil diberbagai belahan dunia, terutama di kampung halamannya sendiri, alias balap tarkam (antar kampung ) di Jerman yang paling bergengsi, yaitu  DTM atau Deutsche Tourenwagen Meisterschaft (German Touring Car Championship. Yang dimana di tahun 1987 dan 1989 BMW M3 si mas Boy ini pernah merebut gelar juara umum nya.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-13Itulah mengapa menurut saya mobil ini ngehits sepanjang jaman atau abadi bentuknya, ya disamping juga tergolong murah untuk sebuah BMW. Apalagi  memodifikasinya juga terhitung gampang dan banyak partsnya. Mulai dari KW hingga ori.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-3Saya sendiri penggemar si dirthy thirty, dan ingin memilikiny karena bentunya yang evergreen dan memodifnya juga cukup simple, hanya bermain di body kit dan rims saja. Tapi kalo saya pasti merambat ke high performance engine. And bisa memilih berbagai macam rims seperti Borbet

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-35Racing Dynamics

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-5BBS RS akan selalu membuat dirthy thirty Anda terlihat selalu klasik, namun sporty , dan elegant.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-36Atau mungkin mau mencoba dengan BBS versi modern dan JDM, yaitu BBS LM

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-52Apapun rims, bodykit, ataupun standart yang jelas mobilnya mas Boy ini tetap ga pernah salah cing.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-31Ada satu hal yang membuat BMWCCI Surabaya Chapter berbeda dan mempunyai ciri khas daripada chapter-chapter yang lainnya, yaitu mereka mempunyai patwal special edition yaitu sebuah BMW 7 series E38 lengkap dengan rims yang sudah dimodifikasi. Dan ini asli mobil milik Polisi divisi Patwal  Polrestabes Surabaya.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-14Beberapa peserta mini contestnya pun datang dari beberapa club di kota Surabaya. Seperti BMW 6 series E64 dari club Asalvo Porsckit Surabaya

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-15Well E64 ini pun tak datang sendirian, E64 itu datang dengan 2 temannya yang merupakan succesor dari generasi-generasi sebelumnya atau pun new kids on the block, yaitu Asalvo BMW 4 Series F32 yang sudah dipermanis dengan Klassen M52R rims.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-54Dan juga BMW 3 Series F30 milik Rio Revenge Auto Club Surabaya yang sudah di modi mulai dari eksterior, interior, hingga engine bay. Bahkan bodynya pun sudah mendapatkan custom body kit yang sudah di wide body untuk 20 inch rims tersebut duduk manis di dalamnya.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-22Untuk menguatkan aura racingnya, sang owner pun memberikan sentuhan carbon fiber everywhere. Mulai dari grill, canard, hingga front spilitter. Bahkan bagian engine bay nya sendiri tak luput dari laburan warna Sunset Yellow.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-48Uniknya ke-3 owner mobil ini merupakan orang Manado semua nya.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-34Atau mungkin jika Anda merasa ribet dengan carbon fiber dan ganti warna pada body BMW Anda. Anda bisa tampil ganteng maksimal dengan BMW OEM Anda dengan hanya bermodalkan Hamann HM2 rims dan merendahkan sedikit suspension Anda hingga menjadi manis dan simple.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-26Tak hanya anggota BMWCCI saja yang menghadiri event kali ini, beberapa club juga ikut meramaikan. Seperti Galacy (Agya dan Ayla), Brionesia, Rally Look, Timor er, Stream, Corolla Twincam Indonesia, Volkswagen Surabaya , dan lain-lain.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-27Tak ada bisa tahan dari godaan si pantat kecil dari mobil iconnya  Mr. Bean yang bersanding dengan the dirthy thirty. Dua-dua nya sama sama mobil idaman sama, si Bean dan si Mas Boy.

img-20161116-wa0001Untuk para club yang sudah ikut hadir dan memeriahkan acara Joyo Mandiri Meet Up 2016 with Brizzi, panitia pun memberikan satu persatu club tersebut Certificate of Apreciation untuk club-club tersebut.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-45Di akhir acara, para panitia pun membagikan piala kepada para pemenang lomba mewarnai, mendorong mobil, dan tentu saja mini kontes yang diserahkan langsung oleh ketua panitias Joyo Mandiri Meet Up 2016 with BRIZZI yaitu Dicky Soelistyo. Mulai dari Best E30, Best E46, Best E36, Best E34, Best E39, Best Classic, Best Wawali, Best Kids Choice, Best BRI, dan Best People Choice.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-47Dan 2 gelar tertinggi di Joyo Mandiri Meet Up 2016 with Brizzi, yaitu Best BRI berhasil direbut oleh BMW F30 milik Rio Mawikere dari Revenge Auto Club Surabaya

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-46Sementara BMW favorit pilihan dari Wawali atau Wakil Walikota Surabaya, Wisnu Sakti Buana, yaitu BMW E36 pickup dengan pintu gullwing milik dari Wawan BMWCCI Purwokerto Chapter.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-33BMWCCI Surabaya Chapter sebenarnya mempunyai rencana ingin membawa rave party nya Bimmer se Indonesia yaitu Bimmerfest 2017 ke kota Surabaya. Namun mereka kurang beruntung, karena Bimmerfest 2017 akan berkunjung ke BMWCCI Malang Chapter.

joyo-mandiri-meet-up-2016-with-brizzi-and-bmwcci-surabaya-perfourm-com-bayu-sulistyo-53Walaupun gagal memboyong Bimmerfest ke Surabaya, namun chapter yang disahkan pada tahun 2010 akan terus berusaha untuk memboyong Bimmerfest ke kota Pahlawan ini. Kapan? Kita tunggu saja gebrakan dari BMWCCI Surabaya Chapter dan geng Joyo Mandiri nya.

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!