PRIVATE DRIFT PARTY WITH SURABAYA DRIFT SOCIETY

2024

surabaya-drift-society-warehouse-drift-perfourm-com-bayu-sulistyo-5

Hari Minggu. Hari dimana orang-orang berhak untuk melakukan apa saja diluar rutinitas pekerjaan termasuk melupakan sejenak aktivitas kantor setelah berhari-hari sebelumnya bekerja, melepas penat dengan movie time, game time, berkumpul dengan rekan-rekan dan keluarga tercinta, dan apapun itu. Begitu juga dengan Surabaya Drift Society yang selalu memiliki cara sendiri untuk melepas penat dengan mengadakan latihan rutin hampir setiap bulan pada hari Minggu, namun kebebasan untuk mengadakan latihan rutin di Kenjeran Park sudah semakin sulit didapatkan karena alasan yang kurang jelas. Hingga kini, kami pun masih mencari tempat untuk latihan. Dan pada beberapa waktu lalu, latihan rutin pun digantikan dengan agenda private drift party.

surabaya-drift-society-warehouse-drift-perfourm-com-bayu-sulistyo-2Setelah berkumpul di meeting point kawasan Surabaya Barat, kami pun berangkat bersama menuju venue yang terletak di pinggiran kota Surabaya. Beberapa anggota Surabaya Drift Society yang hadir dalam private drift party hari itu adalah Evan dengan RX8, Verry dengan FT-86, Nauval dengan FT-86, Jorge dengan BMW F30 dan Bima yang tidak membawa drift car nya hari itu karena sedang proses engine swap. Sedangkan beberapa anggota lainnya langsung menyusul ke venue.

adhyasaka-hutama-perfourm-com-surabaya-drift-3Venue latihan untuk siang itu bukanlah lahan luas outdoor dengan aspal yang mulus, melainkan di gudang milik salah satu anggota Surabaya Drift Society yang sedang tidak dipakai. Bahkan alat-alat proyeknya pun masih ada.

adhyasaka-hutama-perfourm-com-surabaya-drift-9Beberapa cone yang menjadi alat inventaris Surabaya Drift Society pun segera disusun membentuk soal drift yang tidak terlalu rumit, dikarenakan keterbatasan tempat. Dan anggota Surabaya Drift Society yang hadir hari itu memutuskan untuk hanya bersenang-senang saja, like we said, private drift party.

surabaya-drift-society-warehouse-drift-perfourm-com-bayu-sulistyo-17Dan Verry yang sudah lama absen latihan drift langsung memulai drift party hari itu dengan FT-86 miliknya. Private drift party yang bertempat di gudang milik salah satu anggota Surabaya Drift Society ini tidak menggunakan aspal maupun paving block melainkan dengan cor semen sehingga lebih licin untuk drifting dan tidak memerlukan power yang besar untuk oversteer.

surabaya-drift-society-warehouse-drift-perfourm-com-bayu-sulistyo-11We all just gonna have fun.

adhyasaka-hutama-perfourm-com-surabaya-drift-2Jorge yang baru saja menjual FT-86 miliknya, sepertinya belum bisa move on dari drifting karena hari itu dia terlihat sangat antusias untuk melakukan latihan dengan F30 yang baru saja dibelinya. RWD FTW!

adhyasaka-hutama-perfourm-com-surabaya-drift-1Private drift party tagline “Sorry guys, no smoke for today….”

surabaya-drift-society-warehouse-drift-perfourm-com-bayu-sulistyo-4Hari itu Evan membawa seluruh peralatan balap lengkap seperti race suit, full face helmet, balaclava dan juga gloves. Why?

surabaya-drift-society-warehouse-drift-perfourm-com-bayu-sulistyo-9Karena dia ingin merasakan bagaimana rasanya drifting dengan race gear lengkap seperti drifter pada event kompetisi. Dan juga persiapan road to Achilles Motorsport 2016 yang akan diselenggarakan di Yogyakarta, dirinya berencana untuk ikut berkompetisi di kelas Rookie menggunakan 2JZ powered Nissan Cefiro A31.

surabaya-drift-society-warehouse-drift-perfourm-com-bayu-sulistyo-3Namun karena real drift car miliknya sedang dipersiapkan untuk Achilles Motorsport Festival 2016, jadi hari itu dia datang menggunakan Mazda RX8 nya.

surabaya-drift-society-warehouse-drift-perfourm-com-bayu-sulistyo-13Hari itu Evan juga mencoba belajar tandem drift, dengan Nauval. Yang paling penting adalah dia merasakan bagaimana drifting dengan pakaian lengkap ala kompetisi, bertahan dengan suhu yang sangat panas dan ketika menggunakan race suit, pandangan yang terbatas ketika menggunakan full face helmet yang juga berpengaruh dengan mental dan konsentrasi drifter itu sendiri.

surabaya-drift-society-warehouse-drift-perfourm-com-bayu-sulistyo-14Sampai-sampai Nauval dan Verry pun membantu Evan cooling down dengan menyiramkan air es ke wajahnya.

surabaya-drift-society-warehouse-drift-perfourm-com-bayu-sulistyo-10Ternyata hari itu dirinya juga sedang berulang tahun yang ke-20. Happy birthday boy!

adhyasaka-hutama-perfourm-com-surabaya-drift-7Keisengan hari itu pun berlanjut dengan saya memutuskan untuk ikut berbaur dengan private drift party dan mengajak Corolla DX KE70 milik saya bersideways ria. Sejak 2011 saya turut andil dalam perkembangan drifting di Surabaya sebagai bagian dari media Perfourm.com, dan tidak bisa dipungkiri hati kecil saya selalu berteriak ketika melihat wajah bahagia seseorang yang menikmati drifting dengan mobilnya baik saat latihan maupun street drifting. Dan saya pun juga menginginkan daily drift car yang bisa saya pakai untuk daily activity sekaligus bisa saya ajak drifting tentunya. I want to drift, I want to drift….

surabaya-drift-society-warehouse-drift-perfourm-com-bayu-sulistyo-6Hingga pada hari itu akhirnya urat malu saya putus dan mulai ikut turun dalam private drift party menggunakan Corolla DX KE70 dengan mesin 4K standart ini. Mobil dengan mesin 4K standart yang notabene sangat sangat underpowered ini akhirnya bisa sedikit-sedikit oversteer. Teman-teman dari Surabaya Drift Society pun seketika berteriak “Akhirnya dipakai ngepot juga ini mobil!!”.

surabaya-drift-society-warehouse-drift-perfourm-com-bayu-sulistyo-7Memang dari awal saya ingin sekali memiliki daily drift car namun setelah menjatuhkan pilihan pada Corolla DX KE70 ini saya masih ingin melakukan penyempurnaan dengan engine swap dengan mesin 4-AGE atau bahkan 3-SGE dan juga mematangkan sektor kaki-kaki. Tetapi entah mengapa hari itu saya merasa yakin sekali untuk mengajak mobil saya drifting. Feels like.. fuck this… fuck that…

surabaya-drift-society-warehouse-drift-perfourm-com-bayu-sulistyo-5Walaupun hanya membentuk angka 0 dan angka 8 yang tidak begitu sempurna, namun saya puas dan lega akhirnya saya bisa ikut drifting dengan mobil yang notabene merupakan mobil paling tua dan paling underpowered diantara mobil para Surabaya Drift Society itu sendiri. Finally my 30 years old Corolla DX KE70 goes sideways.

surabaya-drift-society-warehouse-drift-perfourm-com-bayu-sulistyo-8Namun setelah melakukan beberapa kali run, mimpi buruk pun dimulai, tiba-tiba mesin 4K saya mati. Dari situ perasaan saya mulai tidak enak….

surabaya-drift-society-warehouse-drift-perfourm-com-bayu-sulistyo-15Saya sendiri pun mungkin hanya mengira mesin tua 4K ini mengalami problem banjir yang merupakan hal biasa dialami mesin yang menggunakan karburator. Namun setelah didorong berkali-kali oleh teman-teman dari Surabaya Drift Society, tetap saja tidak ada respon.

surabaya-drift-society-warehouse-drift-perfourm-com-bayu-sulistyo-16Hingga Verry pun juga ikut membantu dengan mencoba jumper accu mobil saya. Namun masih saja tidak ada respon. Left to right, grandson and grandfather.

surabaya-drift-society-warehouse-drift-perfourm-com-bayu-sulistyo-22Hampir sekitar 1 jam kami semua mencari-cari apa penyebab mobil saya mati mendadak setelah saya ajak berolahraga drifting, tetapi tidak ditemukan penyebabnya. Akhirnya saya memutuskan untuk menggeret mobil dengan mobil Bima yang juga salah satu anggota Surabaya Drift Society. Dan dalam hati saya berkata.. Alright we’re done…. It’s time for 4-AGE or 3-SGE.

surabaya-drift-society-warehouse-drift-perfourm-com-bayu-sulistyo-20RIP 4K engine, see you next practice….

 

Adhyasaka Hutama

Instagram : @adhyasaka_h

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!