EVAN PRATAMA : THUG LIFE ON #AMFYK2016

2464

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-23Event Mogu Mogu Achilles Motorsport Festival atau yang lebih dikenal dengan nama AMF mempunyai daya tarik tersendiri yang membuat para pengunjung untuk datang dan menghabiskan weekendnya di event ini. Mulai dari car meet hingga tentu saja main shownya berupa drifting competition. Dan karena drifting competition merupakan acara besar tahunan dari sang tuan rumah Achilles Radial, jadi sang sponsor utama  ini juga akan go all out untuk promosi habis-habisan dan tampil cantik di eventnya sendiri ini. Termasuk juga untuk urusan line up drifternya beserta mobilnya.

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-3Mungkin kalo urusan drifter atau pembalapnya, seperti race suitnya pabrikan ban asal Indonesia ini tidak ikut campur, yang penting ada logo Achilles Radial di race suitnya. Tapi kalo urusan livery atau baju pada mobil balapnya. Haram hukumnya kalo tidak eye cathing bin kece ala Achilles Radial. Terhitung setiap event drifting nasional skala besar, pabrikan ban ini doyan gonta ganti livery pada mobil pembalapnya. Seperti Toyota Chaser Tourer V  JZX100 nya Evan Pratama dari Achilles Drift Team ini

mogu-mogu-achilles-motorsport-festival-2016-yogyakarta-adhyasaka-hutama-perfourm-com-6Lookin so bloody damn good

mogu-mogu-achilles-motorsport-festival-2016-yogyakarta-adhyasaka-hutama-perfourm-com-10Evan sendiri mulai kecemplung di drifting pada tahun 2012. Dan tak memakan waktu lama untuk dirinya di lirik oleh pabrikan ban asal Indonesia yaitu Achilles Radial untuk memperkuat squad driftingnya. Di akhir tahun 2012 Evan pun bergabung untuk memperkuat line up drifter di Achilles Drift Team.

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-4Ada salah satu ciri khas dari pria yang di juluki dengan sebutan Mr. Cuan ini sebelum dia mulai flat out di lintasan drift atau balap touring, yaitu mendengarkan MP3 di mobilnya. Mulai dari lagu emak emak 70’s hingga late 90’s song, sampai hop hip ala Ice Cub atau Tupac berkumandang di mobilnya melalui oem audio system yang terpasang di mobilnya.

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-5Mungkin ini adalah caranya untuk melepas ketegangan sebelum mulai start bagi sang juara 1 kelas pro di seri 3 Jakarta AMF 2015, dan juga  juara umum dari Mogu-Mogu Achilles Motorsport Festival 2015 yang lalu.

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-11Tapi begitu dia sudah mulai lepas dari garis start dan mulai initiate di clipping point pertama, maka dia akan full throttle.  Dan akhirnya JZX 100 standart nya bersideways ria di tengah lintasan yang basah. Namun karena body dan mesin nya masih stock (hanya mengganti coilover saja), Evan agak kesusahan untuk tampil agresif seperti di saat dia mengendarai Skyfiro miliknya dulu.

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-9Tapi bukan namanya Mr. Cuan kalo tidak bisa membuat 4 door  sedan ini berdansa sewaktu sesi free practice di stadion Maguwoharjo, Sleman-Yogyakarta.

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-15RACE DAY

Rahasia umum untuk menjadi show stopper pada suatu event otomotif adalah menggunakan rumus Mobil aneh bin ajaib + modif yang kece + livery yang eye catching namun pas dan nggak tabrak lari komposisinya = show stopper. Evan pun menggunakan rumus itu pada Toyota Chaser Tourer V JZX100nya yang memakai bodykit OEM series 2 kit  dengan warna dasar silver yang dibalut livery khas Achilles berwarna ungu, hijau muda, hitam dan silver.

amf-yogyakarta-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-118Dat license plate..Stupid Does. Tapi untuk urusan suspension, Evan hanya mengganti suspension bawaan pabrik dengan ISC coilover.

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-32Ingat yang saya katakan diawal tadi kalo X100 ini masih perawan ting ting? Coba lihat saja bagian interiornya yang masih lengkap dengan door trimnya. Interiror dari sedan seberat  ini dibiarkan stock tanpa ada program diet atau weight reduction. Yang ada cuma bolt on 6 point rollcage, fire extinguisher, dan Bride bucket seat beserta seat bealt ala F1 yaitu Willans racing harness supaya dia bisa lolos scrutineering di kelas pro.

amf-yogyakarta-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-117Untuk urusan style, pria yang satu ini cenderung terkesan gadun dan mevvah. Lihat saja bagian steering wheelnya yang menggunakan Nardi classic dimana para drifter lain menggunakan brand Sparco atau OMP dengan deep dish yang berlapiskan suede. Dia tetap classic guy as fuck.

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-31Ketika kita pop the hood, maka kita akan menemukan mesin 2.5 Lt 1JZ ori edisi TOM’S yang hanya mendapatkan sedikit saja sentuhan dari tangan AHT Garage berupa air filter, oil cooler, custom polyurethane dan general maintenance by AHT Garage. Ya kalo dibilang tenaga kuda, Evan hanya punya less than 300 hp di dalam mesin IJZ nya. Beda jauh dengan Nissan Skyfironya yang dulu, yaitu 500 HP (RB25DET)

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-35Mobil sudah kece, lalu untuk orangnya sendiri? Bagaimana dengan Deal With It Sunglass ala Thug Life. Well, nice sun glass nigga. “Drifting dengan menggunakan mobil JDM merupakan  impian saya yang terpendam dari dulu. Dapetnya Chaser Tourer V ini sangat susah, saya sampai menunggu mobil ini masuk dulu ke Indonesia baru bisa memilikinya sampai bela-belain meminangnya dengan sejumlah mahar.

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-19Banyak orang menyayangkan Chaser ini saya pakai untuk drifting. “Tapi harus ta lakuin, la wong aku dari wes puengen buanget e ngedrift pakai Chaser”. Kata Evan ketika ditanya kenapa kok pakai Chaser. Bahkan kata Evan mobilnya pun sempat dijadikan ajang taruhan atau sayembara oleh teman-temannya berupa “ Siapa berani menabrak Chasernya Evan? “ yang hadiahnya mulai dari sponsor package Evan yang di tukar guling ke si penabrak, diskon ban baru untuk semua jenis tipe ban, hingga makan gratis nasi padang selama seminggu full sampai mabuk nasi padang Sederhana oleh Putra.

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-17Kalo di luar negeri atau katakanlah di negeri asal drifting atau si mobil ini, 4 door sedan seberat mungkin lebih dari 1.500 kg ini sangat populer digunakan sebagai drift machine di event sekelas D1GP Japan ataupun grassroots. Point plusnya adalah chassis yang panjang membuat mobil lebih halus dan lebih mudah di kendalikan. Dengan kata lainnya menurut Evan mobil ini handlingnya very very good handling dibandingkan dengan mobil yang pernah dia pakai untuk drifting di Indonesia. Bonus nya lagi, mobil ini cuma one and only di Indo. Sementara extra bonusnya lagi AC dingin dan Audionya mantap.

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-23Minusnya mungkin kata Evan adalah berat mobil yang mungkin lebih dari 1.500 kg dan juga mobil ini spec daily use bukan race car. Pengerjaan mobil ini saja hanya memakan waktu 7 hari saja sebelum si Chaser ini digendong untuk dibawa ke kota Yogya. Itu saja hanya AHT Garage yang menyanggupi bikin candi mobil drift agar ready untuk AMF Yogya dalam tempo waktu H-7. Caranya? ya Chaser ini di gang bang rame-rame pengerjaannya oleh seluruh crew AHT Garage selama 7 hari 7 malam. Tapi hasil gang bang 7 hari 7 malam crew AHT Garage dan Evan pun terbayarkan sewaktu QTT. Evan pun berhasil meraih total point 79.00, yang menjadikannya terbaik ke-8 dalam sesi QTT.

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-38Satu sisi Evan senang akan pencapaiannya sebagai terbaik ke-8 sewaktu kualifikasi. Namun di satu sisi, di best 32 dia harus dog fight dengan rekan satu team dan bengkelnya juga.

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-24Yaitu Ahmad Fadillah Alam dari Achilles AHT Garage Drift Team yang menggunakan Toyota Altezza IS200 yang merupakan terbaik ke-25 dalam sesi kualifikasi

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-33Ke-2 pembalap yang tergabung dalam Achilles Drift Team ini pun sempat melakukan pemanasan berupa membuat doughnut ketika acara opening ceremony Mogu-Mogu Achilles Motorsport Festival 2016 Yogyakarta

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-26Yang akhirnya membawa mereka untuk bertarung terlalu dini di best 32. Ke-2 drifter ini pun melakukan pertarungan yang cukup seru walaupun 2 mobil ini specnya berbeda cukup jauh. Di run yang pertama Evan yang berada di depan lead tidak berusaha sekeras tenaga untuk bisa drifting dengan halus dan mencoba melebarkan gap antara dia dan Fadil yang berada di belakangnya atau Chase.

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-27Namun petaka terjadi ketika Evan pun melakukan kesalahan berupa straiten pas di angka 8 sehabis clipping point 1 setelah switching yang membuat nilainya drop di depan para juri.

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-28 Di run ke-2 Evan yang sebagai Chase berusaha benar-benar menjadi Chaser  untuk bisa memperkecil gap antara dia dan Fadil.

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-29Pertarungan di run ke-2 di lakuakn Evan dengan cukup baik , ya walaupun dia harus ngos-ngosan mengejar Fadil. Namun kesalahan yang dilakukan di run pertama  membuatnya harus game over di best 32. Fadil pun meninggalakna Evan di best 32 dan melaju ke best 16.

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-25Dengan berat hati dia pun harus memberikan tiket best 32 ke Fadil. “ Saya banyak belajar. Belajar menerima apapun kondisinya, meskipun ya harus game over di awal race atau best 32. Yang penting saya sudah berusaha sekeras mungkin dengan persiapan dan mobil seadanya. Terima kasih sebesar-besarnya kepada Allah SWT,  kepada orang tua saya yang nggak dukung tapi sebenarnya mendukung, team Achilles Radial yang sudah mendukung saya selama ini, AHT Garage yang sudah ngebut banget mempersiapkan dan take care mobil saya selama di Yogya, dan juga teman-teman berikut sponsor lain yang mendukung saya” kata Evan.

evan-pratama-amf-2016-yogya-perfourm-com-bayu-sulistyo-20Bad news is, kita tidak akan melihat si Mr. Cuan ini drifting lagi dengan Chaser X100 nya ini karena ternyata sewaktu AMF Yogya  kemaren, mobilnya sudah cuan alias cash keras a.k.a sold out di pinang mahar oleh Anggana dari HTJRT. Very Very Thug Life x Cuan Life nigga.

Deal With It

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!