LOOK! DON’T TOUCH: HOT ROD WEEKEND PARTY 2016 YOGYAKARTA

hot-rod-weekend-party-2016-yogyakarta-adhyasaka-hutama-perfourm-com-1Yogyakarta…. Sebuah kota yang menjadi tujuan wisatawan lokal dan mancanegara yang sangat kental dengan nuansa seni dan tradisionalnya, kota tempat jutaan seniman lahir dan menghasilkan suatu karya dari apapun yang ada hingga memiliki arti dan nilai tersendiri, dan memberikan bukti bahwa seni tidak hanya mengenai patung tanah liat, kain batik, lukisan, bangunan, tetapi juga kendaraan roda empat. Car enthusiasts Yogyakarta bahkan dapat dikatakan memiliki selera yang tidak main-main dalam memodifikasi mobil nya untuk meramaikan scene car culture Indonesia mulai dari stance cars, race cars hingga hot rod dan custom cars.

hot-rod-weekend-party-2016-yogyakarta-adhyasaka-hutama-perfourm-com-13Belasan event motorsport, car contest, hingga sekedar car meet up digelar di Yogyakarta untuk menjaga car culture agar selalu terlihat di radar. Dan pada 19 November 2016 lalu, tepat sehari setelah Mogu Mogu Achilles Motorsport Festival 2016, sebuah event tahunan yang dinamai Hot Rod Weekend Party digelar di Yogyakarta. Honestly, saya adalah tipikal Japanese Car Enthusiast, I’m all about that stuff. Namun karena hari itu adalah hari terakhir saya di Yogyakarta, hati saya berkata bahwa saya akan sangat menyesal jika saya melewatkan event hot rod scene yang sangat terkenal di Yogyakarta sejak bertahun-tahun dan didominasi oleh American Muscle Cars.

hot-rod-weekend-party-2016-yogyakarta-adhyasaka-hutama-perfourm-com-6Event Hot Rod Weekend Party 2016 ini diselenggarakan oleh komunitas bernama Hotrodiningrat, sebuah komunitas asli Yogyakarta yang begitu menikmati United States influence berupa classic muscle cars dan custom cars. Pesertanya berasal dari Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Bali dengan lebih dari 50 mobil yang berpartisipasi pada event ini dan konon katanya ada juga hot rod enthusiast yang datang dari mancanegara hanya untuk meramaikan event yang digelar di Jogja Expo Center ini.

hot-rod-weekend-party-2016-yogyakarta-adhyasaka-hutama-perfourm-com-7Beberapa peserta yang menampilkan mobil kesayangannya mulai dari fully restored classic American Muscle with oem look yang terlihat very very shiny….

hot-rod-weekend-party-2016-yogyakarta-adhyasaka-hutama-perfourm-com-4Hingga full custom hot rod dengan mesin Chevy Smallblock dan 6 buah muffler pada kedua sisinya. Hotrodiningrat Rules!

hot-rod-weekend-party-2016-yogyakarta-adhyasaka-hutama-perfourm-com-2Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa Yogjakarta memang dikenal sebagai kota seni hingga menjadikan modifikasi mobil sebagai suatu karya yang patut diapresiasi, secara personal saya salut dan respect dengan para modifikator hot rod dan american muscle car di Yogyakarta yang sudah melakukan berbagai usaha untuk berkreasi dengan mobilnya dan turut berperan dalam memajukan car culture di Indonesia.

hot-rod-weekend-party-2016-yogyakarta-adhyasaka-hutama-perfourm-com-3Look at that gasoline tank…..

hot-rod-weekend-party-2016-yogyakarta-adhyasaka-hutama-perfourm-com-5Berbeda dengan motorsport event dan juga stance car meet up dimana anda akan melihat puluhan hingga ratusan car enthusiast mengenakan performance tees seperti Sparco, Recaro, Motul, Puma racing shoes hingga snapback Fatlace Illest. Pada event Hot Rod Weekend Party 2016 ini sama sekali berbeda, outfit of the day para hot rod enthusiast yaitu dengan straight jeans, vans shoes dengan kaos kaki yang tinggi, hingga snapback ala hip hop.

hot-rod-weekend-party-2016-yogyakarta-adhyasaka-hutama-perfourm-com-8Dan jangan lupakan kaos lowrider dan hot rod dengan ukuran sedikit lebih besar dari normal sehingga terlihat seperti hip hop amigo.

hot-rod-weekend-party-2016-yogyakarta-adhyasaka-hutama-perfourm-com-12Walaupun rata-rata panitia dan pengunjung yang datang merupakan anak seumuran saya alias 90s kids, yang bahkan belum lahir ketika puluhan mobil-mobil OKL (orang kaya lama) ini sudah beredar di jalanan Indonesia (sekitar tahun 1950 sampai 1970), saya salut atas antusiasme yang dimiliki dan kecintaannya terhadap event classic cars semacam ini.

hot-rod-weekend-party-2016-yogyakarta-adhyasaka-hutama-perfourm-com-9Namun terlepas dari semua itu ada satu hal yang sedikit mengganjal di hati saya, entah anda akan setuju dengan pendapat saya atau tidak tetapi mungkin ini dapat menjadi pertimbangan untuk anda pembaca setia Perfourm.com. Apabila suatu automotive event digelar baik car contest maupun sekedar car meet up, pemilik mobil tentu saja ingin tunggangannya selalu terlihat perfect, at any possible condition. Bahkan banyak sekali yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membayar car detailer beberapa hari sebelum event digelar demi menyempurnakan tampilan mobilnya.

hot-rod-weekend-party-2016-yogyakarta-adhyasaka-hutama-perfourm-com-14Sesuatu yang membuat saya heran adalah mengapa masih ada saja pengunjung (entah itu car enthusiast or just some random guys) yang dengan sengaja atau tidak sengaja meletakkan tangannya pada mobil yang sudah dipersiapkan secara sempurna untuk tampil dalam sebuah event…..

hot-rod-weekend-party-2016-yogyakarta-adhyasaka-hutama-perfourm-com-11Dan meninggalkan jejak disetiap bagian body mobil hanya demi sebuah foto. Come on guys… Jika anda the real car enthusiast, anda pasti memahami bahwa berjuta-juta uang yang dikeluarkan sang pemilik mobil untuk membayar car detailer tentu dengan harapan agar mobil tersebut terlihat mengkilap tanpa noda sedikitpun hingga akhir acara, bukan hanya pada waktu loading in saja.

hot-rod-weekend-party-2016-yogyakarta-adhyasaka-hutama-perfourm-com-10Jika anda real car enthusiast pasti anda paham bagaimana cara agar menghargai suatu karya seseorang, dan jika anda sangat mengagumi mobil tersebut dan ingin menyentuhnya pastikan bahwa anda membawa lap microfiber agar dapat langsung membersihkan jejak tangan anda yang menempel pada body mobil tersebut.

LOOK! DON’T TOUCH.

 

Adhyasaka Hutama

Instagram : @adhyasaka_h

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!