BUNG TOMO DRAGWAY SURABAYA

2687

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-13Indonesia akhirnya mempunyai sebuah drag way permanent yang sesuai dengan standard international, Yaitu Bung Tomo Drag Way yang terletak Benowo, Surabaya. Saya yang mulai mengikuti drag race Surabaya dari mulai tahun 1995 ini, merasa bangga dan senang akan hadirnya lintasan milik Pemkot (Pemerintah Kota) Surabaya. Pasalnya selama ini arek-arek Suroboyo pernah merasakan setidaknya 6 track, dengan rincian 3 track Jalan raya (Pakuwon dan Kalijudan), 1 track di dalam taman hiburan bermain (Kenjeran Park), 1 track di bandara lama Juanda (area drop off penumpang), dan 1 track di dalam markas militer AL (Bandara Juanda)

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-42Kini di tahun 2016, Pemkot Surabaya dan IMI Jatim akhirnya memberikan sebuah wadah atau tempat bagi arek-arek Suroboyo yang doyan kebut-kebutan, yaitu sebuah sirkuit Bung Tomo. Dimana letak dari sirkuit ini berada dalam Bung Tomo Sport Center yang merupakan kawasan olahraga terpadu di kawasan Benowo Surabaya. Sirkuit ini pun menyatu dengan stadion Bung Tomo yang menjadi markas baru Persebaya atau Bonek.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-8Bung Tomo International Circuit Surabaya memang diharapkan menjadi sirkuit international kebanggaan arek Suroboyo. Master plan nya adalah menjadikan sirkuit ini sebagai sirkuit yang bisa di mampiri oleh Moto GP. Ke depannya selain lintasan drag race, sirkuit ini akan terintegrasi dengan sirkuit road race dan gokart.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-5Dalam pembangunan tahap awal nya adalah lintasan lurus atau straight sepanjang 430 meter dengan lebar lintasan sebesar 20 meter. Dengan rincian 201 meter race zone, dan sisanya 229 meter braking zone untuk drag race ataupun drag bike. Lintasannya pun dilengkapi dengan penerangan yang memadai dengan pagar besi pembatas di kedua sisinya.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-46Drag way yang dibangun selama 1 tahun ini kalo saya lihat bawahnya menggunakan beton lalu di bagian atasnya memakai aspal. Yang jelas sepertinya lintasan ini akan kuat karena berada di atas daerah bekas tambak, dan juga aspalnya masih fresh from the oven jadi pasti akan sangat grip sekali.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-6Layaknya sebuah drag way, maka di belakang garis start terdapat sebuah bangunan jembatan yang berfungsi sebagai time keeper, ataupun ruangan VVIP. Di kiri kanan lampu start pun terdapat layar LED yang fungsinya menunjukkan hasil reaction time dan catatan waktu sang pembalap.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyoSurabaya juga sudah mulai bersiap-siap untuk menyambut mainan baru para Honda Boys, yaitu K-series engine. Seperti mobil yang menjadi tumpangan saya ke Bung Tomo, yaitu Tomehenk EG6 milik Rian Risky yang dipersenjatai dengan daily driven K20 yang dimana mengadopsi single tuner Spoon Sports mulai dari eksterior, interior, kaki-kaki, hingga mesin.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-41Pop quiz hot shoot? Mobil apakah ini? Jika Anda ingat yang namanya The Hulk Supernova EG6, maka inilah tampilannya saat ini. Hulk yang dulunya milik Chandra Supernova kini sudah cash keras ke pemilik barunya, yaitu Gunawan dari SAR Speed Solo. Dan namanya pun berubah dari tokoh superhero londo, menjadi toh superhero jowo, yaitu Werkudoro.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-38Dan akhirnya ke-3 pembalap yang pernah satu team dan pit di AP Speed berkumpul kembali di Bung Tomo Drag Way. Mereka adalah Rio Bramantio, Gunawan, dan Rian Risky. Dan karena mereka mempiloti sebuah monster all motor yang modifikasinya cukup heavy metal. Mereka pun menggunakan race suit sebagai pelengkap keamanan selain rollcage dan pemadam kebakaran.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-39Sebenarnya sirkuit ini sudah bagus, namun yang menjadi nilai minusnya adalah jarak antara paddock dengan lintasan yang cukup jauh. Membuat siapa saja yang ingin ke lintasan harus benar-benar memastikan tidak ada yang ketinggalan atau bolak balik. Saya saja sampai malas untuk balik ke paddock kalo tidak benar-benar penting seperti lapar.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-18Sistem startnya pun tidak mengenal kelas, alias siapa saja yang sudah siap untuk turun dipersilahkan masuk ke area garis start dan start. Sebanyak 298 pembalap di semua kelas diberikan waktu kalo tidak salah sekitar 3-4 jam untuk menyelesaikan heat 1, dan berlaku untuk  16 kelas yang dipertandingkan. Hal ini untuk mengantasipasi molornya pelaksanaan race akibat ketidak disiplinan para pembalap untuk start jika garis start dibuka sesuai dengan kelas (pengalaman drag race sebelumnya )

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-11Beberapa monster all motor yang merupakn pendatang baru atau new kid on the block pun hadir di sini. Seperti 218.5 WHP OGGY GAR Power Customized EG milik dari Trio_ps Balikpapan. Honda Genio yang bodynya sudah dirubah menjadi mesin all motor ini memang dipersiapkan untuk ikut 2 alam yang berbeda, yaitu drag race dan contest car.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-27The oldschool atau living legend yaitu dr. Hery Agung  kembali ke medan perang 201 meter dengan menggunakan sebuah EG6 yang doboyongnya dari kota Semarang.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-24Saya sempat ngobrol sebentar dengan beliau, bahkwa aslinya dia pada weekend itu mengikuti 2 event balap sekaligus, yaitu sprint rally di kota Gresik, lalu malamnya cabut ke Bung Tomo untuk ikut drag race. Benar-benar the flying doctor

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-23Dan tentu saja 360 HP B22 Jericho AP Speed EG6 yang dipiloti oleh duo kakak beradik Rian dan Rio dari AP Speed Yoedha Tuning Surabaya.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-3Dan yang specialnya lagi, ibunya arek-arek Suroboyo, Ibu Tri Rismaharani, yang merupakan Walikota Surabaya datang dan meresmikan langsung sirkuit yang mulai dibangun pada tahun 2015 yang lalu. “Sirkuit Bung Tomo ini dibangun dengan tujuan untuk menyalurkan hobby para arek-arek Surboyo yang mempunyai minat di dunia balap. Rencana kedepannya akan diadakan program pembinaan lengkap dengan instruktur yang berpengalaman. Tapi untuk sementara ini hanya roda 2 atau balap motor dulu” ujar Ibu Tri Rismaharani, Walikota Surabaya.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-4Ibu Risma pun ikut melepas atau membuka drag race dengan mengibarkan bendera start kepada 2 pembalap sebagai tanda event balap drag race dimulai, dan juga Sirkuit Bung Tomo secara resmi dibuka.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-31

Lintasan selebar 20 meter terhitung sangatlah lega sekali bagi setiap pembalap yang memacu di dalam lintasan ini.

drag-race-surabaya-benowo-circuit-perfourm-com-bayu-sulistyo7

Bahkan lebar lintasan Sentul International Circuit sendiri hanyalah 15 meter. Mungkin dari lebar 20 meter ini, 5 meter nya dipakai sebagai jalan untuk kembali ke paddock atau garis start. Cuma yang perlu digaris bawahi disini, Anda harus berhati-hati ketika akan melewati garis finish. Beberapa kali ketika saya berada di ujung lintasan, banyak pembalap yang terlena akan bagusnya lintasan ini, hingga tak sadar di depan mereka end of the track. Sehingga mereka sampai hard brake. Dan perlu di catat  lagi putar balik ke arah jalan yang membawa kita kembali ke garis start juga sempi dan kecil, jadi beberap mobil sampai maju mundur cantik berkali-kali agar dapat masuk ke gang ini.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-17Untuk urusan penonton, tidak ada biaya tiket masuk alias gratis. Sementara area penontonnya sendiri berada di kiri kanan lintasan, berada di balik atau dibelakang besi pembatas. Jadi jika Anda ingin memphoto dari dari sisi ini, mungkin Anda akan kesusahan. Satu lagi, tidak ada tenda atau tempat berteduh sepanjang area penonton. Jadi kalo panas akan kepanasan, dan hujan akan misbar alias gerimis bubar.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-35Beberapa box car racer pun tampak ikut bersaing melawan mobil-mobil terbaru deengan mengandalkan engine swap seperti 4AGE 16 dan 20 valve. Sangat disayangkan kelas nostalgia yang dulunya selalu ramai dengan para pecinta mobil retro, kini hilang ditelan jaman.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-26Dedy Jepang dari Jepang Motor yang biasanya bertarung dengan All Motor Mpu Gandring EG6 di kelas 2.1 atau modified. Kini harus puas berada di EG6 standard dan bertarung di kelas bracket 10 detik dan sedan 1 s/d 1600 cc standard. Hasilnya?Ternyata masih saktindo. Di kelas bracket 10 detik arek SIdoarjo ini berhasil duduk dipodium ke-3 dengan best time 10.232. Dan di sedan 1 s/d 1600cc berada dipodium ke-2 dengan best time 9.997

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-33The one and only RWD Turbo, yaitu 240 HP Nissan Cefiro A31 dengan mesinnya RB25DET yang dipiloti oleh Eric Caprin dari Caprin Racing terpaksa harus pulang di heat 1. Masalah pada NOS dan brake out ketika bertarung di bracket 9 dan 10 detik.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-12Siapa bilang stance car tidak bisa diajak berolahraga di lintasan drag race. Reza dari Miyabi Racing dengan 270 dk VW Scirocco yang dilengkapi dengan body kit Voomeran, flare ki Voomeran, dan Air Rex air suspension ini. Berhasil naik ke atas podium ke-4 di kelas Turbo NOS dengan best timenya 9.329

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-32Waktunya untuk masuk kelas hardcore atau modified, peserta di kelas ini di ikuti oleh modified EG6 yang berasal dari kota Surabaya, Malang, Semarang, Solo, dan Yogyakarta.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-19Rio Bramnatio dari Yoedha Tuning akan memulai startnya di kelas sedan 1 s/d 1700 cc modified dengan Susu Bendera  Yoedha Tuning EG6. Dengan sebuah EG6 modified yang berada di garis start, rasanya saya seperti melihat drag malam di sebuah dragway di luar negeri.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-34Pada race kali ini Susu Bendera hanya mampu mengantarkan Rian Risky dari Yoedha Tuning AP Speed ke podium ke-5 sedan 1 s/d 1700cc modified (9.537), dan podium 1 di kelas sedan 1 s/d 2.000 cc ( non engine) dengan best timenya 9.386 detik. Masalah pada TPS atau throttle position sensor membuat EG6 bertenaga 155.5 hp / 141,7 kw ini mengalami mbrebet sewaktu start.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-43Dari kota Solo ada  team SAR Speed dengan Honda EF9 atau Nouvanya yang berhasil merebut podium ke-3 di kelas sedan 4 cylinder  N/A  1 s/d 2.500 cc modified dengan best timenya 8.668 detik yang diraih oleh Tatank

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-49The Flying Doctor a.k.a dr. Hery Agung dari Maju Makmur Auto Prima Semarang berhasil merajai kelas sedan 1 s/d 1700 cc modified dengan naik ke atas podium 1 nya dengan best time 8.902 detik.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-14Khresna GAR dengan 218.5 whp Honda Genio B20 dari GAR Power, berhasil menduduki podium ke-3 di kelas sedan 1 s/d 1.700 cc modified dengan best timenya 8.973 detik

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-29Gunawan Barbel dari SAR Speed Tralala SOLO dengan tubular chassus EG6 all motor bernama Werkudoro ini harus puas berada di podium ke-4 di kelas sdan 1.701 s/d  2.500 cc modified dengan best timenya 8.999 detik.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-37Fatahillah dari Capunk Malang dengan Red Devil EG6 berhasil mencetak waktu 9.460 detik, dan mengantarkan ustad ke podium ke-3 di kelas bracket 9 detik.

drag-race-surabaya-benowo-circuit-perfourm-com-bayu-sulistyo7-2Sama-sama menggunakan EG6 all motor berwarna merah dan berasal dari kota Malang, Dana Alamsyah dari MBR Malang berhasil duduk di podium ke-2 kelas sedan 4 cylinder N/A 1 s.d 2.500 cc modified dengan best timenya 8.694  detik.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-48Dan akhirnya Rian Risky  dari AP Speed Yoedha Tuning dan Jericho berhasil keluar sebagai juara  1 di kelas sedan 4 cylinder N/A 1 s.d 2.500 cc modified dengan best timenya 8.342 detik

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-50Tak hanya keluar sebagai juara pertama di kelas all motor ini, Rian Risky yang pada tahun ini berhasil menyabet gelar the fastest of the year di  event Sentul Drag Race 2016 ini (10.007), juga berhasil menjadi the fastest all motor di Bung Tomo Drag Way.

drag-race-surabaya-bung-tomo-circuit-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-45Matur suwun Bu Risma.

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!