CAPRIN RACING : LIFE AND BREATH IN CUSTOM AUTO WORLD

caprin-racing-perfourm-com-bayu-sulistyo-3Somesay, bakat atau potensi seseorang bisa di lihat dari semenjak dia kecil atau remaja. Dan awalnya medianya dari sebuah papan skateboard, kini berubah menjadi big boy toys sekelas Harley Davidson hingga Lamborghini. His Name is Eric Caprin, dan Caprin Racing adalah nama workshop nya yang menggeluti di bidang cutting sticker, custom bike, dan akhirnya custom helmet.

the-goldmember-gold-chrome-aventador-lp700-4-surabaya-indonesia-16Proyek saya bersama teman skateboard SMA saya ini di mulai dari dia melakukan wrapping seluruh body Aventador ini dengan warna gold chrome sticker. Padahal Lamborghini Avnetador LP700-4 nya terbilang sebagai rare atau limited editions di Indonesia, yaitu the one and only banteng yang berwarna matte white atau putih dop. Hold your breathe guys. Yaa…itu memang benar Eric sedang berada di roof mobil seharga 12 Milyar dengan dibantu oleh si istri yang sedang hamil. Dan sang owner pun memperbolehkannya untuk nangkring diatas mobil kesayangannya

the-goldmember-gold-chrome-aventador-lp700-4-surabaya-indonesia-18The holly boy..Eric Caprin. God bless this guy. Jangankan untuk nangkring diatas mobil ini, kita deket-deket saja dengan mobil ini, bodyguard atau satpam sebuah mall mukanya sudah berubah menjadi angry birds.lol

the-goldmember-gold-chrome-aventador-lp700-4-surabaya-indonesia-162Dan akhirnya setelah perjuangan selama 7 hari pengerjaan, The Gold Member pun akhirnya jadi. Dan Aventador dari Surabaya ini menjadi the one and only Gold chrome Aventador di Indonesia, melengkapi Aventador dari Miami dan Dubai. Metode atau teknik pengerjaan yang dipakai Eric untuk sticker bubble free, tebal, dan pemasangannya tidak bisa menggunakan bantuan air. Adalah natural, tanpa melepas part-part mobil ini.

the-goldmember-gold-chrome-aventador-lp700-4-surabaya-indonesia-152The  Gold Member ini pun akan terkena sinar matahari di pulau Bali yang rata-rata panasnya se hot California girls yang berbikini on top.  Hot and silau man. Sekedar bocoran saja, untuk mem wrapping si banteng ini dengan warna emas, tagihannya juga akan membuat kantong Anda ikutan hot. Yaitu sekitar 20 juta rupiah. Mahal? Wajar, karena bahan stikernya yang mahal, disamping itu yang paling utama adalah proses pengerjaannya  penuh dengan resiko tinggi karena bahannya beda. Eric pun menghabiskan sekitar 25 meter pada lambo ini.

the-goldmember-gold-chrome-aventador-lp700-4-surabaya-indonesia-166Kenapa Bali, karena si banteng ini akan mewakili Surabaya dalam acara Bali Bull Run 2 2013 yang diadakan di pulau Bali dari tanggal 12 September – 15 September 2013 yang lalu

stencil-or-bomb-tires-mines-destrier-ultra-001001-gtr-perfourm-12Lalu dari The Gold member Aventador, kita beralih ke next projectnya, yaitu Bom sticker atau stencil yang saat ini sedang boming di scene car culture di berbagai belahan dunia. Namun pada kali ini pengerjaannya pada sebuah mobil yang cuma ada 1 di dunia. Dan juga mobil yang di tuning oleh tuner Sukairain atau GTR favorit saya..Mine’s Japan.

stencil-or-bomb-tires-mines-destrier-ultra-001001-gtr-perfourm-33Dan hasilnya…..Sugoi !!!!! Saya tidak percaya kalo hasilnya sebagus ini. Dan saya tidak percaya lagi mimpi saya akan bomb tires dengan logo Perfourm akhirnya bisa terwujud. Saya berpikir, bagaimana reaksi Niikura –san  (CEO Mine’s) melihat mobilnya ini di bomb tires.

caprin-racing-perfourm-com-bayu-sulistyo-9Salah satu yang menjadi andalann tau best seller nya Caprin racing adalah helm yang menggunakan cat chrome. Dimana untuk proses cat chrome menggunakan cat air dengan oven khusu. Dan helm yang sebelum masuk ke proses peng chrome an, harus di cat dasar warna hitam terlebih dahulu. Aktifitas membikin helm ini pun sudah dijabani mulai dari 3-4 tahun yang lalu. Harga jasanya pun bervariasi mulai dari 2-3 juta rupiah tergantung tingkat kesulitannya. Harga tersebut sudah termasuk jasa desain. Lama pengerjaannya pun sekitar 1 bulanan atau lebih, tergantung antrian line up schedule pengerjaan helm.

caprin-racing-perfourm-com-bayu-sulistyo-31Dimulai dari helm motor, yaitu HJC helmet yang basicnya berwarna polos lalu di berikan corak atau livery seperti HJC Lorenzo speed machine

caprin-racing-perfourm-com-bayu-sulistyo-29Dari motor kita beralih ke balap roda emapt, yaitu drag race. Dimana ada carbon Simpson Bandit milik Bagoes Rizky dari team AtoZ Semarang yang akan digunakan pada event drag race di Sentul International Circuit dan kejuaraan daerah.

caprin-racing-perfourm-com-bayu-sulistyo-28Logo maskot belakang bergambar gajah dengan big block V8 engine dilakukan dengan proses menggunakan water decal. Karena  untuk mengejar detail yang sangat kecil dan jelas.

caprin-racing-perfourm-com-bayu-sulistyo-3Pada bagian samping kiri dan kanan, pengusaha ini merequest kepada Eric untuk dibuatkan inisial namanya, yaitu BR. Oleh Eric initial BR nya pun dibuat manis dan menyatu dengan grafis yang berwarna biru.

caprin-racing-perfourm-com-bayu-sulistyo-8Yang saya cukup salut kepada Eric dia bisa menerjemahkan keinginan sang customer yang keliatannya simple tapi njlimet, atau ruwet dalam prakteknya. Seperti request Bagoes kepada Eric supaya helmnya ini dominan  warna silver juga biru, namun motif carbonnya tetap eye catching. Dan akhirnya jadilah Bandit ini. Garis silver pada bagian bawah helm dan garis vertikal pada bagian tengah menurut saya ide yang simple namun tak terpikirkan, namun menyatu dengan helm yang sangat susah untuk di desain livernya ini.

ap-speed-sentul-drag-race-rd-2-perfourm-com-bayu-sulistyo-24Dan orang yang pertama kali memesan dan memakai custom helmet buatan Caprin Racing untuk balap adalah Rio R. Bramantio dari team AP Speed Jakarta dengan Arai Helmet nya.

ap-speed-sentul-drag-race-rd-2-perfourm-com-bayu-sulistyo-111Motif atau livery Arai GP5 nya mengadopsi livery pada Honda EG6 atau Estilonya Rio yang bernama The Flash. EG6 all motor B series bertenaga 360 HP ini mempunyai warna dominan merah dengan aksen petir atau lighting berwarna kuning sebagai cirri khas The Flash.

ap-speed-sentul-drag-race-rd-2-perfourm-com-bayu-sulistyo-112Ketika terkena sinar matahari, helm ini pun langsung stand out from the crowd alias menjadi sangat amat eye catching. Yang membuat helm ini menjadi show stopper di Sentul Drag race adalah pada teknik pembuatannya dengan menggunakan cat dasar chrome silver, lalu kemudian ditutupi dengan motif airbrush. Dan setelah motif nya selesai, chrome silvernya di overlay dengan smoke agar lebih gelap.

ap-speed-sentul-drag-race-2015-rd-3-perfourm-com-bayu-sulistyo-148Sementara untuk detail maskot di belakang helm ini yang berupa “Keinan/Baby Flash, menggunakan teknik airbrush.

ap-speed-issom-rd-2-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-41Helm yang ke-2 adalah sebuah Simpson Bandit milik Rian Risky, adik dari Rio R. Bramantio yang diberikan sentuhan warna camouflage dengan vocal pointnya yaitu garis merah dan kuning. Simple namun pembuatannya sangat rumit. Kesulitan dalam membuat Bandit ini adalah pada  motif camo abstark. Dimana pada bagian ini menggunakan teknik airbrus manual. Awalnya Eric menyarankan memakai motif camo denga teknik hydro printing, namun Rian kurang suka dengan motif film hydro print yang ada. Dan inovasi dalam helm ini ada 2 jenis clear coatnya, yaotu matte clear coat pada motif camo, dan gloss clear coat pada corak grafisnya.ap-speed-issom-rd-6-2015-perfourm-com-bayu-sulistyo-92

Dibagian belakang bandit ini terdapat gambar icon kota Surabaya, yaitu Suro dan Boyo yang merupakan maskot  kampung halaman Rian Risky. Dan untuk menggambar Suro dan Boyo ini menggunakan full airbrush manual.

ap-speed-issom-rd-6-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-72Pengerjaan helm bandit camouflage ini memakan waktu selama   karena prosesnya yang rumit akibat bentuk Simpson Bandit yang cenderung kotak-kotak dengan sudut yang susah.

ap-speed-issom-rd-4-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-192Helm ini lah yang menemani Rian selama balapan touring ISSOM Honda Jazz Speed Challenge dan Super Touring Car Championship. Beberapa kali pulalah mengantarkan Rian ke podium HJSC Promotion dan STC 1600.

ap-speed-issom-rd-2-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-154Terhitung dari tahun 2015, Rian menggunakan helm Banditnya di balap touring ISSOM dan juga Sentul Drag Race, Sentul International Circuit

sentul-drag-race-2016-rd-1-perfourm-com-bayu-sulistyo-104Lalu yang klien Caprin yang ke-3 adalah seorang dragster, yaitu Baim F.H dari team Supernova Jakarta. Caprin pun mengcustom corak pada helm Arai GP6 milik Baim dengan memadukan antara warna solid dengan warna chrome

sentul-drag-race-2016-rd-1-perfourm-com-bayu-sulistyo-58Perpaduan antara warna solid dan chrome membuat Arai GP6 milik Baim ini terlihat seperti helm yang dipakai oleh para pembalap Formula 1.

issom-rd-4-2016-perfourm-com-bayu-sulistyo-127Tak hanya 1 helm, namun Baim pun kembali mengorder sebuah helm lagi dengan liverynya yang memadukan 3 warna, yaitu gold chrome, hitam, dengan stripping putih. Helm Sparco nya ini menggunakan cat gold chrome, lalu di berikan motif airbrush dengan motif technographic bergambar cam gear, piston, tools, skid mark atau telapak ban dan lain-lain. Baim menggukan helm barunya ini untuk bertarung di balap touring ISSOM Honda Brio Speed Challenge 1300 2016.

caprin-racing-perfourm-com-bayu-sulistyo-15Kini ditahun 2016 Eric pun kembali lagi bersama ciptaannya di roda 2, yaitu sebuah custom bike dan tentu saja custom helm

caprin-racing-perfourm-com-bayu-sulistyo-17Eric sendiri mulai menggarap custom bike dari tahun . Dimana dari tahun tersebut berbagai macam motor mulai dari yang contest, daily, racing, hingga sport ataupun Harley tak luput dari sentuhan dinginnya. Mulai dari motor bebek hingga si fat bastard Boss Hoss diupgrade penampilannya mulai dari body, kaki-kaki, hingga engine.

caprin-racing-perfourm-com-bayu-sulistyo-13Helm gold bandit ini basicnya adalah helm made in Taiwan CRG. Pengerjaannya pun dilaukan dengan cat dasar dulu berwarna gold chrome. Lalu kemudian memainkan grafis dengan kombinasi motif honey comb dengan sistem airbrush.

caprin-racing-perfourm-com-bayu-sulistyo-18Pengerjaan helm ini pun kurang lebih memakan waktu 1 bulan lamanya. Mulai dari sanding cat asli, cat dasar, proses chrome, airbrush, dan akhirnya clear coat.

caprin-racing-perfourm-com-bayu-sulistyo-23Well.. gold chorme bandit ini pun tampak matching dengan Harley Davidson Sportster forty eighty yang dimodif ala café racer dengan sentuhan warna hitam, emas, dan aksen carbon fiber.

caprin-racing-perfourm-com-bayu-sulistyo-21Untuk custom bike sendiri, Eric Caprin menjadi satu kesatuan atau bagian dari Mawar Custom House atau MCH. Dan posisinya di dalam rumah modif tersebut adalah sebagai desainer.

caprin-racing-perfourm-com-bayu-sulistyo-22Kadang-kadang pria dari 2 orang putra dan putri ini juga mempiloti Nissan Cefiro A31 RB25DET + NOS dan sebuah moge di lintasan 201 meter. Racer + builder = awesome.

caprin-racing-perfourm-com-bayu-sulistyo-24“Kepuasan dari membuat helm custom ini adalah kalo request customer yang berbentuk lisan, bisa click dengan desain yang saya ajukan” terang pria penghobby koleksi helm ini.

caprin-racing-perfourm-com-bayu-sulistyo-2Di tahun 2017 ini beberapa motor custom mulai dari moge dan halery sudah masuk dalam schedule nya. Sementara beberapa helm juga sudah dalam area waiting zone untuk segera di modif.

 

Caprin Racing

Phone : 082234660158

IG : @ericcaprin

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

 

 

 

Comments

comments!