TEAM MOTUL INDONESIA : GARUDA UNY TEAM GOT 3rd PLACE IN SHELL ECO-MARATHON 2017

IMG-20170331-WA0011Kompetisi selama 3 hari (17-19 Maret) di Changi Expo Center Singapura akhirnya membuahkan hasil menggembirakan. Garuda UNY Team (GUT) dengan mobil hemat energi Garuda Urban Gasoline 17 meraih juara 3 untuk kategori Urban Concept ICE (Internal Combustion Engine) dengan raihan 221 km/l. Capaian ini membuat banyak pihak terkesima karena GUT baru pertama kali mengikuti ajang kompetisi mobil hemat energi atau Shell Eco Marathon. GUT tidak sendiri dalam kategori ini. Setidaknya ada 18 tim lain yang berhasil sampai ke tahap race dan bersaing dengan GUT.

IMG-20170331-WA0027-1Indonesia sendiri boleh bangga dengan tim-tim mobilnya karena raihan 5 besar untuk kategori ICE diambil semua oleh tim-tim Indonesia. Tim-tim tersebut adalah tim Sadewa dari Universitas Indonesia, tim ITS Team 2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, tim Garuda UNY Eco Team dari Universitas Negeri Yogyakata, tim Bengawan Team 2 dari Universitas Sebelas Maret, dan tim Cikal Ethanol dari Institut Teknologi Bandung. Perolehan ini mengukuhkan bahwa tim-tim mobil dari Indonesia dapat diadu dan tidak kalah dari tim-tim mobil luar negeri.

Garuda-UNY-Team-Shell-Eco-Marathon-2017-1Untuk pelumas  atau minyak oli yang digunakan tim Garuda UNY Eco Team dari Universitas Negeri Yogyakata pada mesin Honda Revo FI (Fuel Injction) 110cc, yaitu Motul 4T 7100 10W-40 dan juga Motul DOT 3 & 4 Brake Fluid

Garuda-UNY-Team-Shell-Eco-Marathon-2017-3Oli Motul 4T 7100 10W-40 yang dimasukkan ke dalam mesin 110 cc tersebut memberikan performa yang sangat memuaskan. Suhu mesin yang bertenaga 9,7 hp tersebut bisa turun 5-15 derajat lebih dingin daripada oli merek lain. Yang mana dengan semakin dinginnya mesin maka pembakaran semakin sempurna dan meningkatkan performa mesin tersebut dalam hal top speed, juga menjaganya hemat bahan bakar.

Garuda-UNY-Team.-Shell-Eco-mArathon-2017-1Bantuan dan dukungan yang tidak berhenti mengalir dari berbagai pihak tidak dilupakan oleh GUT. Justru GUT mengingat semua bantuan yang diberikan sebagai motivasi untuk memenangkan kompetisi.  “Senang rasanya tidak bisa diungkapkan. It’s the best day of my life! Meskipun banyak miss-komunikasi dengan panitia dan banyak jadwal yang berubah tanpa diduga, namun motivasi dari Bapak advisor membuat kita dapat memandang masalah dari sudut pandang yang berbeda. Kami jadi lebih cekatan karena ingat harapan yang banyak dari Bapak rektor serta UNY.” kesan Driver GUT, Mustafit Septian, ketika GUT dinyatakan menang

Motul Indonesia

Photo by Garuda UNY Team and Motul Indonesia

Text by Garuda UNY Team

Editor : Bayu Sulistyo

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!