HGMP : SUPERDRIFT MADNESS !!

1261

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (45)Dari balap touring ETCC Euro 3000 pada event ISSOM seri ke-2, HGMP Racing Team langsung kembali ke medan perang kejurnas drifting yang hanya berjarak 1 minggu selepas balap touring. Tak ada yang namanya lazy Sunday atau liburan bagi team yang disponsori oleh Hotel Grand Mutiara Pangandaran ini.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu SulistyoDengan menurunkan semua armada perang RWD carnya, yaitu mulai dari Nissan Silvia S15 Varietta, Subaru B2RZ, Nissan Cefiro A31, dan BMW E46 touring spec.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (209)Dan sepertinya Subaru BR2Z ini sudah siap untuk kembali medan perang drift, dimana R&D yang dilakukan oleh Akbar Rais dan Exclusive Garage sudah memberikan hasil yang lebih baik daripada event drift sebelumnya.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (2)Drift car paling sensasional di Indonesia ini memang mengalami berbagai macam cobaan diawal-awal debut perdananya ataupun setelahnya. Mulai dari braking systemnya, drive shaft, dan steering shaft. Maklum saja ini adalah clan GT86 atau BRZ yang pertama kalinya di Indonesia ber spec drift dengan standart scrutineering event sekelas Formula Drift. Dengan kata lain mobil ini tinggal di kirim ke luar negeri dan bisa mengikuti event sekeras Formula Drift Asia atau USA.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (214)Yang cukup unik di paddock HGMP, yaitu hadirnya sebuah BMW E46 seminggu sebelumnya baru saja mengaspal di balap touring Euro 3000 dan BMW STC 35000 Sentul International Circuit. Dan sang team owner Dede Muhaimin berhasil naik ke atas podium 1 di kelas Euro 3000 novice dengan mobil CBU ini.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (213)Bukan sang Dede Muhaimin lah yang akan mempiloti E46 touring spec ini, namun si Aria Ramadhan sang pembalap utama HGMP di balap touring. Well, kali ini kita akan lihat kerja kerasnya untuk membuat mobil yang tidak mempunyai e-brake atau hand brake ini berdansa di lintasan. Dan tentu saja rims kesayangannya sebuah super deep Work Meister S1 3P nya

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (170)Yang cukup surprise, HGMP ketambahan 1 lagi armada perangnya, yaitu Nissan 200sx yang dipiloti oleh pro drifter Denny Ferdito yang pada event kali ini bergabung ke HGMP Racing Team

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (239)Dan tentu saja ada sponsor baru yang menghiasi body dan rims ke-4 drift car HGMP, yaitu Achilles Radial dengan ban Achilles 123S

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (26)And the boys are ready to rumble in Super Drift 2017 yang merupakan kejurnas drift atau event kejuaran drift yang pertama di tahun 2017 ini

IMG_0995But first mereka harus menghadapi juri dari Malaysia, yaitu Wanbro yang akan membuat seluruh drifter HGMP dan juga drifter lainnya harus tunduk pada rules dan keinginannya sewaktu beraksi di dalam tracknya. Who’s your daddy?

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (20)Early briefing dari panitia dan dewan juri pun dimulai, untuk memberi tahukan apa saja, rules, do and don’t, dan keinginan dewan juri dalam hal penilaian yang bisa mencapai nilai besar atau max 100. Beberapa pembalap HGMP pun menendengarkan dengan seksama aturan mainnya. Ada yang terkejut dan bingung, ada juga yang cool.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (14)Bagi Alinka mungkin sudah terbiasa dengan worst case scenario yang sering dihadapinya di lintasan balap touring, slalom, speedoffroad, dan touring. Tapi bagi Aria yang notabene seorang track guy, layout ini bukan lagi cukup tapi sangat merepotkan dirinya dan E46nya. Why? Karena E46nya adalah sebuah track/circuit car, yang notabenenya e-brake atau hand brakenya hanya sekedar hand brake mobil biasa, bukan yang super menggigit hingga mampu bisa mebuang pantat mobilnya.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (16)Bagi sang team owner, Dede Muhaimin. Ini adalah kejuaran drift yang ke-2 yang di ikutinya dengan S15 Varietta. Yang pertama adalah AMF seri 1 di Yogyakarta, dan akhirnya super drift 2017 ini. Ada beberapa part dari S14 yang belum datang, seperti angle kit yang masih custom hingga membuatnya kesusahan mempertahankan angle.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (21)Dan bagi Vito (kiri) yang merupakan drifter pemula yang baru kali ini menjalani debutnya di kejuaran drift dengan masuk di kelas rookie, bisa jadi akan menjadi hari yang sangat panjang dalam debut perdananya ini. Sementara bagi Danny Ferdito (ke-2 dari kanan) yang terakhir turun gunung pada event AMF Yogyakarta tahun lalu, track ini masih kurang lebih sama sperti track pada drift war tahun lalu.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (23)Termasuk juga bagi Akbar Rais. Tracknya kurang lebih masih sama dengan track drift war tahun lalu, namun tunggangan Akbar pun berubah dari jamannya BMW E36 ke Nissan Cefiro A31, lalu ke BMW E36 lagi, dan akhirnya pada event kali ini berubah menjadi Subaru BR2Z yang totally berbeda dengan ke-3 mobil sebelumnya. Jadi PR nya adalah memaksimalkan potensi yang ada pada mobilnya dan juga pengalamannya bertahun-tahun di drifting. Satu lagi, mulai seri event ini kelas Akbar tak lagi menjadi rookie class  tapi naik kelas menjadi pro class. Walaupun dia tak pernah memenangkan podium 1 atau umum rookie class. IMI menaikkan kelas Akbar karena jam terbangnya bertarung di luar negeri (Malaysia) sudah cukup tinggi, dan pernah menjuarai kejuaraan di sana.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (211)But afterall, the show must go on. Team ini pun siap untuk menghadapi event kejuaraan drifting pertama di musim balap 2017 ini.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (57)Team pun bersiap untuk melakukan konvoi bersama memasuki track untuk mengikuti opening ceremony. Kabar yang bertugas sebagai team leader HGMP Racing Team pun berada dibarisan terdepan dari ke-5 rekan satu teamnya.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (219)Sepertinya yang Anda lihat, bisa dibilang HGMP Racing Team merupakan team tergadun pada musim balap 2017 ini, mulai dari Gymkhana, Slalom, drifting, hingga touring.  Dengan line up drift carnya ang tergolong heboh dan rare pada front row atau barisan depan, seperti Subaru BR2Z, Nissan Silvia S15 Varietta, dan Nissan 200SX

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (221)Sementara di barisan belakangnya, di huni oleh 4-door sedan yang akan membuat para bimmer menggeleng-gelengkan kepalanya melihat E36 dan E46 nya. Terutama si E46 yang bonek mengikuti event drifting karena e-brakenya masih oem dan setingan kaki-kakinya masih touring car mode on.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (226)Tetapi yang paling ditunggu-tunggu adalah si 590 hp BR2Z, semua orang menantikan aksi dari mobil yang menjadi penerus generasi AE86 yang saat ini banyak digunakan oleh pro drifter kelas dunia kini ada di Indonesia, dan dibangun oleh bangsa Indonesia sendiri

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (65)Dan di piloti oleh salah satu putra bangsa Indonesia, yaitu Akbar Rais yang 2 tahun belakangan ini begitu on fire membawa nama dan bendera sang saka merah putih ke kejuaran drifting di Malaysia dan Thailand. Semua ini tak lepas dari dukungan sang team owner Dede Muhaimin yang memberikan full supportnya kepada Akbar selama bertarung di luar negeri.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (231)Boys will always be boys

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (228)Dimanapun mereka berada, mereka hanya ingin bersenang-senang bersama rekan satu team mereka

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (235)Dan juga have fun dengan mobil perang mereka.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (238)Termasuk juga si big boss, Dede Muhaimin yang tampaknya sedang khilaf membakar bannya hingga benar-benar gundul.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (74)Masuklah kita ke babak QTT atau kualifikasi yang dimana Akbar Rais akan menjadi drifter pertama HGMP yang akan menjalani sesi kualifikasi ini. But 1st let me burn out. Akbar pun mulai memanaskan ban Achilles Radial 123S nya supaya mencapai suhu dan grip yang maksimal ketika diajak berdansa.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (242)Dan beginilah akibatnya jika Anda membakar ban dengan mobil berkekuatan 590 tenaga kuda, yang ada mobil Anda akan berubah dari yang namanya drift machine menjadi mesin fogging.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (248)Time to kick some ass..!!

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (52)Akbar pun mulai lepas ke garis start dan memulai faint atau scandinafian flicknya ketika hendak memulai initiate nya ke tikungan 1, dari tikungan pertama Akbar pun melebar keluar untuk masuk ke area clipping point yang juga merupakan throttle zone sehingga Akbar pun flat out di area ini sambil mengcounter steer BR2Z nya hingga benar-benar terlihat seperti seekor kepiting atau backward. Thanks to Wisefab angle lock kit, bisa membuat sudut bannya mencapai 60 derajat bahkan lebih.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (77)Tapi ketika momentum nya sudah pas ketika keluar dari tikungan, Akbar pun kembali membenamkan Tonnka pedal boxnya hingga membuat mesin 590 hp 2JZ nya kembali berteriak kencang

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (41)Dan tak lupa juga berkat Quaife sequential dogbox transmission, BR2Z ini semakin lincah dan agresif untuk diajak high speed sideways.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (44)Inilah penampilan paling spektakuler dari BR2Z dari HGMP dibanding AMF Yogya 2016 yang lalu,dan juga Drift Camp 2017. Akbar dan BR2Z nya tampaknya  sudah mendapatkan  chemistry antara mereka berdua. Ditambah lagi semenjak sering bertanding di Malaysia, driving skill si Akbar semakin melonjak naik.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (45)Apapun hasil race yang pernah diraih oleh Akbar, menang atau kalah itulah dinamankan jam terbang. Karena dari jam terbang atau pengalaman lah kita di push untuk keluar dari comfort zone kita supaya bisa setara dan mampu bersaing dengan lawan yang diatas kita.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (249)Bahkan juri atau Wanbro dari Malaysia pun menilai run yang dilakukan Akbar adalah run terbaik di babak kualifikasi ini

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (241)Next stop..the boss

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (87)Dede pun terlihat semakin agresif mempiloti S15 nya, speednya pun juga sudah cukup tinggi untuk masuk ke tikungan 1 dimana dia menggunakan faint atau Scandinavian flick

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (88)Tapi mungkin karena terlalu kencang dan juga angle kit nya masih custom, pengusaha hotel ini pun akhirnya sukses menyapu bersih cone-cone yang terletak di area initiate hingga membuat cone dan rear bumpernya bertebangan di udara.HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (38)

Tapi walaupun sudah menggasak cone serta membuat cone dan rear bumpernya berterbangan, bos aing yang satu ini  tak mau melepaskan kakinya dari pedal gas S15 nya.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (250)Dan akhirnya baru kali ini saya melihat si Varietta terluka

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (28)Just ain’t care…

HGMP Racing Team at Drift Camp 2017.Perfourm.com.Bayu Sulistyo (78)Next stop adalah Alinka yang akan akan menjadi sesi QTT.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (90)Sama seperti Dede Muhaimin yang juga flat out semenjak garis start, Alinka pun tampakny sedang on fire memacu E36 nya melewati area start dan initiate.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (91)Namun sayangnya nasibnya lebih buruk daripada si Boss. BMW E36 nya meluncur dengan kencang sewaktu initiate,semakin kencang lagi ditambah di area initiate licin karena berpasir dan debu, hingga membuat mobil cenderung oversteer, dan akhirnya bagian buritan belakang BMW Alinka mencium beton pembatas

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (92)Dan beginilah hasil dari ciuman antara Alinka dengan beton pembatas di area clipping point

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (96)Next stop adalah Danny Ferdito dengan 200SX Rocket Bunny nya. Danny pun mulai menyerang area initiate dengan speed yang cukup tinggi

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (97)Tampaknya mesin 2JZ yang didukung oleh kaki-kaki standard D1 Grandprix Japan, yaitu DG-5 Coilover mampu membuat si Rocket Danny grip ke lintasan dan anteng.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (94)So far, menurut saya run yang dilakukan Danny pada babak QTT merupakan salah satu run terbaik dari ke-42 drifter lainnya. Baik dari segi line, angle, dan speednya. Termasuk juga urusan transisi, style, dan asapnya.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (6)Next stop is the ADAC boys, yaitu pembalap touring kita Aria Ramadhan yang akan mencoba peruntungannya di arena drifting dengan BMW E46 touring specnya.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (103)Meski agak kesusahan di initiate awalnya, karena hand brake mobil ini merupakan handbrake biasa atau OEM, namun begitu mendapatkan momentum yang pas, Aria langsung tancap gas mengeluarkan monster kecil dari dalam 3.0 Lt M54B30 stock engine. Hasilnya dia mampu membuat E46 yang suspensionya grip mode on ini berjalan seperti kepiting.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (105)Tapi harus saya akui si Juara Nasional ETCC Euro 3000 Master 2015 ini harus bekerja super duper extra keras untuk bisa membuat si E46 ini bersideways ria seperti dalam photo saya ini. Meskipun beberapa kali dia tak berdaya membuat mobilnya under steer atau tidak mau belok ketika dicoba untuk di loose grip.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (7)Line up pembalap yang terakhir adalah Vito yang akan menjalani debut perdananya di balap drifting mengikuti sang kakak, yaitu Alinka. Modal Vito sendiri adalah  sesi latihan di drift camp sebulan sebelum Super Drift, dimana dia pertama kalinya mendapatkan kesempatan untuk berkenalan dengan Nissan Cefiro A31 yang menjadi tunggangannya saat ini.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (106)Vito pun tampak benar-benar on fire pada sesi kualifikasi , bahkan benar-benar on fire untuk bisa membuat Cefiro ini mau loose grip, hingga membuat mesin RB25 nya mengeluarkan back fire.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (37)Namun untuk ukuran drifter yang baru pertama kali ikut drift competition dan harus dimasukkan ke rookie class bukan drift star karena spec mobilnya yang kelewat tinggi. Vito sudah mempunyai mental yang bagus untuk tidak kendor jika menghadapi situasi mobilnya yang kebanyakan tidak mau sideways. Hingga dia kembali berusaha untuk membuat Cefironya bisa driting. Dengan banyak berlatih dan minum jus yang banyak , someday dia akan bisa seperti sang kakak Alinka.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (125)Kelar babak kualifikasi, para drifter HGMP pun kembali mengikuti sesi latihan drift tandem yang diadakan dari sore hingga menjelang IIMS tutup. Mereka pun memanfaatkan waktu open tandem practice ini sebaik mungkin, termasuk Akbar Rais yang mengajak Rio SB sebagai rekan tandem nya.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (126)Mungkin karena saking bersemangatnya Akbar yang terlalu mempet membayangi Rio dari belakang (chase), tak sempat menghindar ketika Rio spin out karena hendak mendekati outer clipping point. Body contact pun tak dapat dihindari, pintu sebelah kanan BR2Z nya pun mencium front bumper Cefironya Rio yang menyebabkan body penyok termasuk kaca sampingnya pecah. Well, akhirnya si BR2Z ini tidak perawan lagi  jsetelah hampir setahun body nya masih BNIB alias Brand New In Box

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (34)Tak hanya body pintu nya yang penyok dan kaca nya yang pecah, tapi rear bumper Rocket Bunny nya berhasil dibuat melayang-layang di udara akibat mencium beton pembatas. BR2Z ini benar-benar di gang bang depan belakang oleh Akbar Rais

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (127)Danny Ferdito pun bertandem ria dengan Armando atau Dido

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (136)Alinka pun berdansa dengan Allen Yong di tandem drift practice

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (137)Sementara sang big boss Dede Muhaimin bertango ria bersama Rendy Riupasa

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (142)Tapi yang menarik dari babak tandem practice ini adalah tandem antara duo BMW yang dipiloti oleh Alinka dan Aria, dimana pada saat Aria yang dalam posisi chase dan dalam posisi hot pursuit mendadak mobilnya melebar keluar hingga akhirnya rear bumpernya mencium beton pembatas.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (144)Tak hanya sukses mencium beton pembatas dengan rear bumper E46 nya, tapi pria pecinta mobil Porsche ini juga berhasil merubuhkan setidaknya 3 beton pembatas hanya dengan 1 kali ciuman.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (143)Lalu bagaimana keadaan E46 nya Aria setelah habis menumbangkan 3 beton pembatas? Well, this it. Your lovely touring car yang menjadi bad boys. Mungkin inilah yang membuat harga mobil Eropa selangit,disamping karena nyaman, dan mewah juga dalam hal keamanan safety rating nya tinggi.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (146)Bahkan Aria lovely Work Meister S1 3piece nya masih dalam keadaan utuh, alias tidak cacak sama sekali. Dan Aria pun masih tetap bisa melanjutkan sideways nya dengan mobil yang mendapatkan 4 bintang dalam hal keamanan Euro NCAP crash test (5 bintang berarti sempurna)

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (35)Just like the big boss said “ Just ain’t care (1)”

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (109)Sesi latihan pun berlangsung hingga malam. Vito dari siang berusaha menemukan ritme permainannya, akhirnya mulai mengusai track JIEXPO. Terima kasih kepada hujan yang mengguyur lintasan, Vitopun dengan cantiknya berdansa bersama Cefironya.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (110)Semakin malam pun semakin panas, akhirnya duo drifter terbaik HGMP pun melakukan tandem practice nya dalam kondisi cuaca gerimis.Danny Ferdito yang berada di posisi lead ditempel ketat oleh Akbar Rais yang berada di belakang.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (112)Bahkan beberapa kali Akbar mengetok pintu 200SX nya Danny karena saking dekatnya roda sebeah kanan Akbar dengan pintu Danny. Malam itu 2 orang drifter ini benar-benar on fire dan menyuguhkan aksi tandem ala pro drifter luar negeri

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (252)Mereka benar-benar fall in love alias cinlok atau cinta lokasi akibat tandem drift practice tadi. Bromance

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (116)Namanya bukan motorsport atau race car jika pada malamnya sang mekanik tidak begadang. Beberapa drift car HGMP pun mengalami masalah pada bagian driveshaft atau pun kaki-kaki hingga membutuhkan perbaikan dan penggantian dengan parts baru.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (117)Tapi ada satu masalah yang cukup serius terjadi pada Subaru BR2Z

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (118)Dan  membuat sang pilot Akbar Rais benar-benar pusing tujuh keliling

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (119)Mendadak setelah melakukan run tandem drift bersama Danny Ferdito mesin 590 hp 2JZ nya mendadak pincang, hingga mengeluarkan suara yang tidak balance. Cukup lama memang crew Exclusive garage mencari tahu penyebab pincangnya suara mesin ini. Mulai dari mengecek busi hingga kompresi. Namun hasilnya nihil, mesin masih saja pincang

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (120)That what friend are for. Memberikan semangat sekaligus menggodai temannya yang sedang pusing tujuh keliling. Ternyata setelah membuat Akbar dan crew Exclusive garage puisng tujuh keliling, akhirnya ditemukan bahwa salah satu kabel injectornya ada terpasang tidak sempurna, hingga menyebabkan supply bensin tersendat-sendat. Masalah pun selesai, dan semua orang bahagia.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (3)THE BATTLE

Hari Minggu, 7 Mei 2017 menjadi hari yang sangat bersejarah bagi Akbar Rais. Untuk pertama kali dalam hidupnya dia berhasil menjadi top qualifier dalam karir balapnya. Dia mendapatkan total score 91.96 yang menempatkannya di urutan teratas dari 42 drifter yang mengikuti event ini.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (121)“ Saya tidak menyangka pada event kali ini saya berhasil menjadi top qualifier. Dan selama saya main drifting dari tahun 2007, baru kali ini mendapatkan point tertinggi dan menjadi top qualifier.Saya masih tidak percaya, apalalagi saya sekarang naik kelas ke pro class

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (123)Terima kasih kepada Om Dede yang sudah memberikan kesempatan untuk bisa tampil kompeitif bersama Subaru BR2Znya. Nomero Uno” kesan Akbar Rais setelah namanya disebut paling terakhir diantara 42 drifter lainnya.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (240)Itu tadi good news nya, namun bad newsnya bagi Akbar dan Dede, mereka berdua akan bertemu atau head to head di babak Best 32 nantinya.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (64)Dimana Akbar Rais akan bertarung dengan sang Team Owner sekaligus pemilik Subaru BR2Z, Dede Muhaimin. Mungkin bisa dibilang pertarungan dengan title “buah simalakama” atau “who’s your Boss?”.

IMG_4723Sebuah dogfight yang mungkin terasa canggung bagi Akbar Rais karena dia harus melawan team ownernya sendiri, disatu sisi dia adalah top qualifier. Namun sewaktu race berlangsung, tandem pun berlangsung dengan sangat professional.  Akbar pun tetap meberikan tekanan kepada Dede sewaktu dia bertugas mengejar Dede yang berada di depan.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (165)Membayang-banyangi sang boss dengan juga memberikan tandem experience yang tidak akan pernah dilupakan oleh Dede yang baru kali ini turun di lintasan JIEXPO.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (188)Hasilnya, Akbar pun berhasil maju ke babak best 16.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (98)Di best 32, Danny Ferdito yang merupakan drifter terbaik ke-3 dalam babak kualifikasi melenggang kangkung atau away seorang diri saja. Namun walaupun run seorang diri tanpa ada teman tandem nya, Danny Ferdito pun tampak flat out dengan 200 SX nya.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (167)Namun sayangnya di run yang seharus nya dia bermain aman, malah menjadi tragedy, yaitu melebar hingga akhirnya under steer dan menghantam keras beton pembatas tepat di sebelah panggung juri.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (173)Hingga membuat roda sebelah kanannya terlepas. Poor that DG-5 coilover

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (168)Tapi untungnya Danny Ferdito tidak mengalami cidera, bahkan dia bisa berjalan keluar dari mobilnya lalu bercakap-cakap  dengan para juri dan marshall

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (169)Namun yang jelas dia tampak shock atas kejadian tersebut. Pacar Danny pun langsung menjalankan tugasnya untuk menenangkan sang pacar yang terlihat shock berat akibat insiden tadi, yang juga menguburkan peluangnya untuk melanjutkan race ke best 16. Itu berarti 1 dari 3 drifter HGMP  sudah gugur di best 32.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (175)Sementara Alinka mendapatkan golden ticketnya berupa away atau melenggang kangkung seorang diri di Top 32.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (176)Setelah berhasil mengalahkan sang boss Dede Muhaimin di best 32, di best 16 Akbar rais pun bertemu dengan Rocca  Julian . Di run pertama dimana Akbar lead dan Rocca chase, Akbar pun berusaha meninggalkan Rocca yang berada di belakangnya semenjak start hingga initiate.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (181)Namun Rocca pun berhasil mendekati Akbar di throttle zone. Pertarungan sengit pun terjadi antara ke-2 drifter yang sama-sama menggunakan mesin 2JZ ini.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (182)Bisa dibilang Akbar v.s Rocca merupakan salah satu tandem battle terpanas dan terseru dari best 32 dan best 16. Pada run 1 ini Akbar tampaknya lebih advantage daripada Rocca yang karena mendapatkan speed, angle, dan run serta style lebih bagus dan agresif daripada Rocca.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (186)Namun di run ke-2 dimana Akbar Rais seharusnya bermain aman dengan hanya mengikuti dan membayangi Rocca yang berada di depannya, terpaksa langkahnya harus terhenti di top 16. Tepat di area throttle zone, dimana di daerah ini diwajibkan untuk para drifter untuk flat out atau full throttle, Akbar yang sedang full throttle  tiba-tiba menabrak Rocca yang berada di depannya karena gerakannya melambat. Walhasil juri pun memberikan advantage kepada Rocca, dan nilai kosong untuk Akbar.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (195)Dan hasilnya Rocca pun berhasil menaklukkan Akbar dan lolos ke best 8. Sementara sang top qualifier? Akbar pun terpaksa harus kembali ke area paddock, dan menguburkan mimpinya untuk bisa masuk ke babak best 8

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (25)“ Seharusnya insiden body contact yang berakibat mobil Rocca tidak  seharusnya terjadi jika Rocca tidak memperlambat mobilnya di area Throttle zone yang dimana di dareah ini semua drifter wajib gas pol ketika mendekati clipping point, saya sendiri kaget ketika sedang gaspol tahu-tahu menabrak mobil Rocca” terang Akbar Rais setelah selesai menjalani best 16 bersama Rocca

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (204)1 pembalap HGMP yang berhasil menembus masuk ke best 16 adalah Alinka Hardianti yang dimana di best 16 ini Alinka harus berhadapan dengan pro drifter Indonesia Amandio yang meladeninya dengan Nissan Cefiro A31 SR20DET. Namun karena jam terbang dan pengalaman Amandio diatas Alinka, Amandio berhasil menundukkan Alinka di best 16.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (205)Alinka pun harus puas kembali ke dalam paddock dan mengakhiri race nya di best 16

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (215)Well, langkah team yang berdiri pada tahun 2016 ini harus terhenti di best 16, dimana 2 drifternya yaitu Akbar Rais dan Alinka harus K.O di babak ini dan bergabung dengan rekan satu teamnya di tepi lintasan.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (208)Namun team ini tidak pulang dengan tangan hampa, salah satu drifternya yaitu Akbar Rais berhasil mendapatkan salah satu awards dari Super Drift, yaitu sebagai Best QTT

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (11)Akbar memperoleh award Best QTT karena berhasil menjadi top qualifier atau pengumpul point terbanyak diantara 42 drifter  sewaktu melakukan babak kualifikasi

IMG_060550 % of something, better than 100 % of nothing

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (206)Walaupun merasa gelo atau kecewa atas hasil yang diraihnya sewaktu tandem di best 16 bersama Rocca, namun Akbar pun belajar sesuatu dari hasil tandemnya tersebut yang akan dipergunakan pada next event.

HGMP Racing Team Superdrift rd.1 2017. Perfourm.com.Bayu Sulistyo (9)Yang pasti next time, si 590 hp Subaru BR2Z Bunny ini akan tampil lebih ganas dan beringas. Later…

HGMP RACING TEAM

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments

comments!